Surat
Lamaran Kerja adalah salah satu jenis surat resmi yang ditujukan kepada
seseorang, perusahaan, atau instansi tertentu yang tujuannya adalah untuk
mengajukan diri guna menempati salah satu posisi pada perusahaan atau instansi
yang dimaksud. Ada beberapa ketentuan dan hal-hal yang harus dicantumkan dalam
suatu Surat Lamaran Kerja yang baik, antara lain sebagai berikut :
· Menyebutkan nama perusahaan yang dituju.
·
Menyebutkan posisi atau pekerjaan apa
yang diinginkan dalam perusahaan atau instansi tersebut.
·
Mencantumkan biodata diri secara
lengkap.
·
Mencantumkan pengalaman kerja (jika sudah
pernah bekerja sebelumnya).
·
Melengkapi persyaratan-persyaratan yang
diminta oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut.
·
Menyertakan daftar riwayat hidup, dan
sertifikat-sertifikat keahlian lain yang dimiliki sebagai berkas pendukung.
Karena
termasuk salah satu jenis surat resmi, maka dalam menyusun Surat Lamaran Kerja
kita tidak boleh sembarangan. Harus memperhatikan kaidah-kaidah serta
sistematika dalam penulisan surat resmi. Berikut ada beberapa tips yang dapat
dilakukan dalam menyusun Surat Lamaran Kerja :
·
Penulisan harus sesuai dengan
sistematika surat resmi agar tekesan lebih formal.
·
Menggunakan tata bahasa yang baik dan
benar, menggunakan kalimat yang sopan dan kata-kata yang digunakan harus baku.
·
Mencantumkan atau melengkapi persyaratan
yang diminta oleh perusahaan tersebut. Karena ini adalah salah satu syarat yang
terpenting agar kita dapat dipertimbangkan oleh perusahaan yang kita tuju.
·
Sertakan juga sertifikat-sertifikat
keahlian lain yang dimiliki sebagai syarat pendukung agar perusahaan lebih
yakin dalam mempertimbangkan kita untuk diterima.
Ada beberapa orang yang menyarankan agar
kita menulis manual Surat Lamaran Kerja kita dengan rapi. Hal ini dimaksudkan
agar para HRD perusahaan yang kita tuju lebih mudah dalam memahami kepribadian
kita.
Secara
garis besar Surat Lamaran Kerja ini dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :
1. Bagian
Pembuka
Pada bagian pembuka
surat ini hal yang paling utama adalah menyebutkan posisi pekarjaan apa yang
diinginkan.
2.
Bagian Isi atau Inti Surat
Pada bagian isi atau
inti surat ini menyebutkan biodata pelamar, serta menjelaskan berkas-berkas apa
saja yang telah dilampirkan untuk memenuhi persyaratan yang diminta oleh
perusahaan atau instansi yang bersangkutan.
3.
Bagian Penutup
Bagian penutup Surat
lamaran Kerja berisi harapan pelamar agar dapat dipertimbangkan untuk mengisi
posisi yang sedang dicari serta ucapan terima kasih dari pelamar.
Seperti
biasa, artikel ini tidak akan lengkap rasanya jika hanya membahas teorinya
tanpa mencantumkan Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar. Berikut
saya berikan beberapa contoh agar lebih memperjelas.
Contoh:
SURAT
LAMARAN KERJA
Hal
: Lamaran Pekerjaan
|
Kepada
Yth.,
Manajer
Sumber Daya Manusia
JOGJATV
Jalan Wonosari Km 9, Sendangtirto, Berbah, Daerah Istimewa Yogyakarta
|
Dengan
hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan
pekerjaan dari JOGJATV yang termuat di
harian Trubus tanggal 12 Januari 2016, Saya mengajukan diri untuk bergabung menjadi
Marketing di JOGJATV.
Data
singkat saya, seperti berikut ini.
Nama
: .........................................................................
Tempat,
tgl. lahir : .........................................................................
Pendidikan
Akhir : .........................................................................
Alamat
: .........................................................................
Telepon
(HP) : .........................................................................
e-mail
: .........................................................................
Status
Perkawinan : ......................................................................... (single/nikah)
Saya memiliki kondisi kesehatan yang
sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun
tulisan. Latar belakang pendidikan saya
sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik.
Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan
komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel,
Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Sebagai bahan pertimbangan, saya
lampirkan :
1.
Daftar Riwayat Hidup.
2.
Foto copy ijazah S-1 dan transkrip
nilai.
3.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4.
Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia
meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat
menjelaskan secara lebih terperinci
tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima
kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat
saya,
(
........................................ )