Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Program : X / IPA dan IPS
Hari, tanggal : ............................
Waktu : 06.30 s.d. 07.15
PETUNJUK
UMUM
1. Berdoalah
sebelum mengerjakan!
2. Kerjakanlah
dari soal yang paling mudah terlebih dahulu!
3. Isi
lembar jawab dengan identitas yang lengkap!
4. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
Bacalah penggalan hikayat di bawah ini dengan saksama!
Syahdan
akan permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputera laki-laki
yang baik parasnya. Maka kata Permaisuri, “Kakang Aji ingin pula rasanya
kita ini peroleh anak.”
Maka kata
Nata, “Sungguh seperti kata Tuan, Kakanda pun demikian juga. Bila gerangan
Kakang ini beroleh putera dengan Yayi akan jadi ganti Kakanda di dalam
dunia ini, kalau-kalau kita berdua dikehendaki Sang Yang Sukma, kembali ke
kayangan.”
Maka kata
Permaisuri, “Kakang Aji marilah kita memuja pada segala dewa-dewa memohon
kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewata mulia akan seorang anak.”
|
|
1.
Isi cerita kutipan di atas adalah
…
A. Permaisuri Kuripan menginginkan seorang anak.
B. Keinginan Raja Kuripan untuk segera
mendapatkan penggantinya.
C. Permohonan Permaisuri Kuripan kepada dewa.
D. Raja dan Permaisuri Kuripan menginginkan
seorang anak.
E. Raja Kuripan merasa akan segera dikehendaki
Sang Yang Sukma.
2.
Nilai kehidupan yang tersirat
dalam cerita di atas adalah …
A. nilai moral
B. nilai agama
C. nilai sosial
D. nilai pendidikan
E. nilai budaya
3. Bacalah dengan cermat!
Alkisah
pada suatu saat di sebuah negeri di timur tengah sana. Seorang saudagar
yang sangat kaya raya tengah mengadakan perjalanan bersama kafilahnya...."Tidakkah
benih pohon ara itu akan mati karena tertindih batu sebesar itu Bapa
?"
"Tidak
anak ku. Sepintas lalu memang batu itu tampak sebagai beban yang akan mematikan
benih pohon ara. Tetapi justru batu yang besar itulah yang membuat pohon
ara itu sanggup bertahan hidup dan berkembang sebesar yang kau lihat di
tepi jalan kemarin".
"Bilakah
hal itu terjadi Bapa ?"
"Batu
yang besar itu sengaja diletakkan oleh penanamnya menindih benih pohon ara.
Mereka melakukan itu sehingga benih itu tersembunyi terhadap hembusan angin
dan dari mata segala hewan. Sampai beberapa waktu kemudian benih itu akan
berakar, semakin banyak dan semakin kuat. Walau tidak tampak kehidupan di
atas permukaannya, tetapi di bawah, akarnya terus menjalar.
Hikayat Batu dan
Pohon Ara, Made Teddy Artiana
3. Isi kutipan hikayat tersebut adalah....
A. saudagar bercerita kepada anaknya tentang cara menanam
pohon ara.
B. saudagar menceritakan makna dibalik proses pertumbuhan
pohon ara kepada anaknya.
C. saudagar menjawab keingintahuan anaknya tentang pohon
ara.
D. batu menjadi tumpuhan pohon ara sehingga akarnya terus
menjalar.
E. pohon ara berhutang budi pada batu yang memberinya
penghidupan.
4. Unsur budaya yang terdapat pada kutipan tersebut adalah...
A. Saudagar di Timur Tengah selalu diiringi para kafilah
dalam perjalanannya.
B. Ayah yang melindungi anaknya apalagi dalam perjalanan.
C. Penanaman pohon ara di negara Timur Tengah.
D. Pertumbuhan pohon ara sering dijadikan alat untuk memberi
nasihat kepada seorang anak.
E. Pohon ara hanya tumbuh pada wilayah tertentu di Timur Tengah.
5. Pernyataan yang tidak masuk akal dari kutipan tersebut adalah...
A. Saudagar kaya dari Timur Tengah mengadakan perjalanan
bersama putrinya.
B. Benih pohon ara diletakkan di bawah batu agar terhindar
dari angin dan hewan.
C. Benih pohon ara tidak mungkin akan bisa
tumbuh di tanah yang banyak batunya.
D. Putri saudagar memahani makna dari proses pertumbuhan
pohon ara.
E. Putri saudagar sangat senang dengan perjalanan bersama
bapaknya.
6.
Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam
kutipan hikayat tersebut adalah …
A. orang ketiga terbatas
B. orang ketiga tidak terbatas
C. orang pertama tokoh utama
D. orang pertama tokoh sampingan
E. orang pertama dan orang ketiga.
7. Bacalah penggalan hikayat “Indera Bangsawan” berikut!
Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh
tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu
mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf,
tafsir sekaliannya diketahuinya.
|
|
Nilai yang terkandung pada penggalan hikayat di atas
yaitu...
A. nilai
moral
B. nilai
agama
C. nilai
budaya
D. nilai
pendidikan
E. nilai sosial.
8. Bacalah penggalan hikayat “Indera Bangsawan” berikut!
Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh
tahun dan dititahkan pergi
mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab
usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.
|
|
Kata arkais yang dicetak miring pada penggalan hikayat
di atas memiliki makna...
A. diusir
B. Diminta
paksa
C.
diperintah
D. diizinkan
E.
diharapkan.
9. Bacalah penggalan hikayat “Indera Bangsawan” berikut!
Adapun Raja Kabir itu takluk kepada Buraksa dan akan menyerahkan
putrinya, Puteri Kemala Sari sebagai upeti. Kalau tiada demikian, negeri
itu akan dibinasakan oleh Buraksa. Ditambahkannya bahwa Raja Kabir sudah
mencanangkan bahwa barang siapa yang dapat membunuh Buraksa itu akan
dinikahkan dengan anak perempuannya yang terlalu elok parasnya itu. Hatta
berapa lamanya Puteri Kemala Sari pun sakit mata, terlalu sangat. Para ahli
nujum mengatakan hanya air susu harimau yang beranak mudalah yang dapat
menyembuhkan penyakit itu.
|
|
Kata-kata arkais yang ditemukan pada teks diatas
adalah...
A. upeti
dan dapat
B. upeti,
hatta, dan nujum
C. raja,
ahli, dan nujum
D. susu
harimau, nujum
E. upeti,
putri, dan beranak
Diambilnya pisau, lalu ditorehnya gendang itu. Maka Putri Ratna Sari
keluar dari gendang itu.
|
|
10. Karakteristik hikayat pada penggalan teks di atas yaitu...
A.
kemustahilan
B.
kesaktian
C. anonim
D. istana
sentris
E. bahasa.
Maka beberapa di antara itu ia juga membeli seekor tiung betina, lalu dibawanya ke
rumah dan ditaruhnya hampir sangkaran bayan juga.
|
|
11. Kata arkais yang dicetak miring pada kalimat di atas memiliki makna...
A. burung
B. ayam
C. angsa
D. kayu
E. emas
12. Berikut ini adalah amanat yang sesuai dengan unsur lucu: ‘UUD yang
diplesetkan menjadi ujung-ujungnya duit’ dalam teks anekdot adalah.…
A.
Sebagai warga Negara Indonesia, kita harus
menghormati UUD.
B.
Demi kenyamanan, peraturan harus dilaksanakan
bersama-sama.
C.
Peraturan harus ditegakkan, tidak boleh kalah
dengan uang.
D.
Semua peraturan yang ada harus berdasarkan UUD.
E.
Penegak keadilan harus menguasai UUD.
13. Bacalah
teks di bawah ini dengan cermat!
Seorang pelaut berdiri di atas
kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai. “Seandainya keadaan
keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang ada”.Tetapi kemudian badai
ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam. Kapalnya selamat
setelah dia membuang semua muatannya dengan bersusah payah. Kejadiaan
tersebut mengingatkan padanya kalau dia seorang ‘pelaut ulung’. Badailah
yang membuatnya ulung. Pikirannya kembali kepada keluarganya.“Bagaimana
kalau istri dan anakku yang kubuang? Apakah saya akan memperoleh ketenangan
dan merasakan kebahagiaan?” ujar si pelaut. Si pelaut tersenyum-senyum
memikirkan istri dan anaknya.
|
|
Kalimat yang
menunjukkan abstraksi adalah…
A. Seorang
pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai
B.
“Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti
kebahagiaan yang ada”
C.
Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga
kapalnya oleng hampir tenggelam.
D.
Badailah yang membuatnya ulung
E.
Si pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri dan
anaknya.
14. Bacalah teks di bawah ini!
1. Bu guru
pun tersenyum
2. Siapa
yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu
guru di depan kelas.
3. Bu guru
bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek
4. Tidak
lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang
5. Hukum
kantong kresek Bu, kata anak itu.
6. Hanya
bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.
|
|
Susunlah teks anekdot tersebut sehingga menjadi
teks yang runtut dan
A.
1-2-3-4-5-6
B.
2-4-5-3-6-1
C.
2-4-3-5-1-6
D.
1-2-4-5-3-6
E.
3-2-1-4-5-6
15. Bacalah teks berikut ini!
Sekolah Bangun Negeri mengadakan upacara peringatan hari
Sumpah Pemuda. Para siswa sudah berbaris rapi.
1) Siswa: upacara bendera itu tujuannya apa, Pak
2) Guru: agar kita selalu mencintai dan menjaga Negara kita, serta
mengenang jasa pahlawan.
3) Siswa: ooo, tapi mengapa masih banyak kasus, seperti penggundulan hutan,
ya? Atau mungkin mereka ang melakukannya tidak pernah upacara bendera atau
sekolah, Pak.
4) Guru: (tersenyum) nah, kamu kan sekolah, jangan pernah melakukan hal
itu, ya!
5) Siswa: tentu
Upacara dimulai semua siswa dan guru diam.
|
|
Sindiran dalam teks di atas terdapat
pada kalimat ke.…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5.
16.
Adi nonton TV bersama bapaknya di ruang keluarga. Ia
mengikuti berita agar tidak ketinggalan informasi. Berita Politik
Adi: Pak, itu teman saya waktu kuliah dulu!
Bapak: yang mana?
Adi: Itu lho, Pak yang pakai baju mahal!
Bapak: tak ada, hanya pakai kaos KPK.
Adi: itu kan mahal, Pak. Kalau kita mana bisa pakai baju seperti itu?
Bapak: Kamu mau seperti itu?
Adi tertawa bersama bapaknya.
|
|
Bacalah teks di bawah ini!
Pertanyaan retoris yang terdapat
dalam teks di atas adalah .…
A. Pak,
itu teman saya waktu kuliah dulu!
B.
yang mana?
C.
Itu lho, Pak yang pakai baju mahal!
D.
itu kan mahal, Pak.
E.
Kamu mau seperti itu?
17. Bacalah teks berikut ini!
Seorang Bapak sedang memarahi anaknya karena bangun
selalu siang. Ia mendapat laporan dari guru anaknya bahwa anaknya selalu
terlambat ke sekolah. Namun, seperti menepuk air di dulang sang Bapak kaget
sekali ketika anaknnya bilang “Bagaimana Bapak tahu saya bangun jam 7? Kan
bapak bangun jam 8”
|
|
Pesan yang
disampaikan dalam anekdot tersebut disampaikan dalam bentuk….
A. Abstraksi
B.
Peribahasa
C.
Antonim
D. kalimat
tungal.
E.
Paparan.
18. Bacalah teks berikut secara cermat!
Karbon
adalah unsur kimia nonmetal yang disimbolkan dengan huruf C. Karbon berada
di alam dalam bentuk karbon murni (seperti berlian dan grafit) dan karbon
terikat secara kimia dalam senyawa alam yang dapat berbentuk kristal murni.
Karbon umumnya berada dalam senyawa organik.
|
|
Teks
laporan di atas berbentuk...
A. definisi B. eksposisi C. klasifikasi D. deskripsi E. argumentasi
19. Kalimat simpleks, yaitu kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur
dengan satu verba utama.
Di bawah ini yang termasuk kalimat
simpleks adalah...
A.
Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam
makhluk hidup.
B.
Paijo menyirami tanaman sedangkan
Paijem mencabuti rumput.
C.
Benda mati dibedakan dari benda
hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
D.
Semua benda didunia ini dapat
diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
E.
Benda hidup mempunyai ciri-ciri
umum, seperti bergerak,bernafas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.
20. Kalimat kompleks, yaitu kalimat yang terdiri atas dua struktur atau
lebih dengan dua verba atau lebih.
Berikut
ini termasuk kalimat kompleks …
A.
Pak Wicaksono selalu ramah setiap
hari.
B.
Murid-murid sedang berdiskusi di
kelas.
C.
Harga buku itu tiga puluh empat
ribu rupiah.
D.
Paman mencarikan saya pekerjaan.
E.
Kami pulang, tetapi mereka masih
bekerja karena tugasnya belum selesai.
21. Perhatikan paragraf berikut!
Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang terdiri
dari ribuan pulau. Setiap pulau di Indonesia memiliki beragam suku bangsa
dan juga bahasa. Begitu juga dengan budaya yang dimilikinya. Ada banyak
budaya dan tradisi dari setiap daerah dan pulau yang merupakan warisan
berharga yang wajib untuk dijaga dan dilestarikan.
|
|
Paragraf tersebut termasuk ke dalam
bentuk ... dari struktur teks laporan hasil observasi.
A. pernyataan
umum
B.
deskripsi
C.
induktif
D. deduktif
E.
pernyataan khusus
22. Kalimat yang tidak sesuai dengan ciri umum teks laporan observasi dan
tidak perlu ada dari paragraf di atas adalah ....
A. Permainan
tersebut memberikan kesempatan pada anak untuk banyak bergerak.
B.
Menurut saya, sudah saatnya kita menggalakkan
kembali permainan tradisional ini.
C.
Permainan tradisional merupakan salah satu
warisan berharga bangsa ini.
D. Di
antaranya permainan congklak, galah asin, petak umpet, loncat tinggi, dan masih
banyak lagi
E.
Ada berbagai jenis permainan tradisional yang
sebenarnya sangat menarik dan juga bermanfaat untuk melatih motorik anak.
23. Perhatikan teks berikut!
Bahasa
Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa
Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan bahasa Indonesia di
negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah menjadikan
bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa
Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di
Australia, bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di
sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya bahasa
Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan ASEAN.
|
|
Kata hubung yang digunakan sebagai penanda penegasan
ulang tesis dalam teks eksposisi di atas adalah….
A. Yang
B.
selain itu
C.
bahkan
D. dan
E.
jadi.
24.
Buku sejarah banyak yang mencatat bahwa Perang Dunia II
dimulai karena Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939.
Sumber-sumber konvensional menyalahkan pihak Jerman yang memulai perang
yang paling mematikan sepanjang sejarah ini.
Akan
tetapi, tahukah Anda jika Jerman hanya melindungi warganya dari penyiksaan
yang dilakukan warga Polandia pada bulan April tahun 1939. Kita dan dunia
bahkan tidak tahu bahwa ada laporan yang menceritakan terjadi penganiayaan
warga Jerman di perbatasan Danzig tanggal 13 April tahun yg sama. Ada
banyak laporan penganiayaan, pengusiran, dan pembunuhan terhadap warga
Jerman di seluruh wilayah Polandia.
Data-data
tersebut membuat saya berkesimpulan bahwa Jerman melancarkan serangan hanya
untuk melindungi warga dan mengamankan wilayah mereka.
|
|
Perhatikan teks eksposisi berikut!
Pronomina yang
digunakan dalam teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali….
A. Anda
B.
Saya
C.
Mereka
D. Kita
E.
Karena.
25. Cermati
teks di bawah ini!
(1) Sebagai teks hasil produksi
budaya, teks sejarah membutuhkan tiga hal: tesis, antitesis, dan sintesis.
(2) Lihatlah bagaimana banyak sejarawan muncul untuk mengkritisi dan
menolak anggapan orde baru mengenai peristiwa G 30 S dan bagaimana Sokarno
dipaksa untuk lengser dengan menyalahgunakan Supersemar.
(3) Sebuah teks sejarah sejatinya terbuka dalam menerima kritik dan
koreksi.
(4) Apa yang kita anggap benar pada masa lalu belum tentu bertahan hingga
masa sekarang.
(5) Itu semua adalah bentuk kritik dan koreksi terhadap konstruksi sejarah
yang ada.
|
|
Teks eksposisi tersebut tidak padu. Agar menjadi teks eksposisi yang
baik, susunan yang tepat adalah….
A. 3-1-5-2-4
B.
3-1-4-5-2
C.
3-1-4-2-5
D. 5-1-2-4-3
E.
3-1-5-4-2.
26. Perhatikan
tesis berikut!
Bersikap Kritis dalam
menerapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
|
Kalimat yang
tepat sebagai argumen yang mendukung tesis di atas adalah….
A. Perlunya
standardisasi pemakaian bahasa karena bahasa yang baik adalah bahasa yang
konsisten dengan aturan yang telah dibuat.
B.
Benar salahnya bahasa bukanlah hal yang mahapenting
menurut Kridalaksana.
C.
Sulit menerapkan aturan dan kaidah berbahasa
dalam keseharian.
D. Balai
Bahasa tidak gencar dalam menyosialisasikan kaidah kebahasaan kepada
masyarakat.
E.
Pembelajaran bahasa di sekolah selama ini tidak
terfokus pada masalah tata bahasa.
27. Bacalah
teks berikut ini!
Permusuhan antara keluarga kadang berawal dari masalah
sepele. Biasanya yang menjadi pemicu adalah masalah anak-anak. Misalnya
saja, anak si A dengan tidak sengaja memukul anak si B sehingga membuatnya
menangis. Si B merasa kurang senang sehingga memarahi anak si A. Si A yang
mendengar informasi bahwa anaknya dimarahi jadi naik pitam. Akhirnya
terjadilah pertengkaran kedua belah pihak dan kadang berujung kekerasan
fisik.
|
|
Inti
permasalahan tersebut adalah ...
A. Masalah
sepele sebagai pemicu pertengkaran dalam keluarga
B.
Kekerasan fisik dalam keluarga harus
dihindarkan.
C.
Permusuhan dalam keluarga banyak disebabkan oleh
anak.
D. Pemukulan
anak menjadi pemicu pertengkaran.
E.
Solusi masalah dapat ditemukan dengan
musyawarah.
28. Bacalah
teks berikut secara cermat!
Setiap
orang memiliki perbedaan dalam pemilihan bahan untuk dibaca. Perbedaan itu
muncul karena adanya perbedaan umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan,
atau profesi yang berbeda. Selain itu, dapat pula disebabkan oleh tujuan
membaca yang berbeda.
|
|
Hal yang dibicarakan dalam teks tersebut
adalah ...
A. Perbedaan
setiap orang dalam memilih tempat membaca.
B.
Alasan profesi orang untuk membaca
bermacam-macam buku
C.
Penyebab orang membaca bermacam-macam buku.
D. Perbedaan
usia menyebabkan perbedaan memilih bacaan.
E.
Perbedaan setiap orang dalam memilih bacaan.
29. Judul
yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah ....
A. Ayahku
adalah Pahlawanku
B.
Bahaya Minuman Beralkohol Tinggi
C.
Cintaku Tersangkut di Pohon Mangga
D. Cara
Merawat Tanaman Anggrek
E.
Ciri-ciri Sekolah yang Baik.
30. Bacalah
teks berikut secara saksama!
Peraturan
sekolah dibuat bukan untuk ... . Namun, masih banyak siswa yang tidak ...
hal tersebut. Mereka lebih cenderung melakukan ... karena sanksi yang
diberikan tergolong ringan.
|
|
Kata berimbuhan
yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. dilanggar,
pemahaman, pelanggaran
B.
dilanggar, dipahami, pelanggaran
C.
dilanggar, memahami, pelanggaran
D. dilanggarkan,
paham, pelanggar
E.
dilanggari, memahami, langgaran.
Kunci
1.
Jawab : D
Kutipan tersebut menceritakan keinginan
Raja dan Permaisuri Kuripan untuk memiliki seorang anak.
2.
Jawab : B
Nilai agama yang terkandung dalam kutipan cerita
tersebut adalah perkataan Permaisuri untuk memohon kepada Tuhan (dewa-dewa)
agar dianugerahi anak.
3.
Jawab : B
Isi kutipan hikayat tersebut adalah saudagar menceritakan makna dibalik proses
pertumbuhan pohon ara kepada anaknya
4.
Jawab : A
Unsur budaya yang terdapat pada kutipan
tersebut adalah saudagar di Timur Tengah selalu
diiringi para kafilah dalam perjalanannya
5.
Jawab : C
Pernyataan
yang tidak masuk akal dari kutipan tersebut adalah benih pohon ara tidak akan tumbuh di bawah himpitan batu
6.
B
7.
D
Penjelasan:
Konsep nilai yang terkandung pada penggalan hikayat di
atas adalah nilai pendidikan karena anakanda menjalankan kewajiban belajar ilmu
agama sejak usia kecil.
8.
C
Penjelasan:
Kata titah pada KKBI artinya perintah
9.
B
Penjelasan:
Kata-kata arkais yang ditemukan pada teks di atas
adalah upeti menurut KBBI artinya uang yang wajib dibayar, hatta menurut KBBI
artinya maka, dan nujum menurut KBBI artinya ramal.
10. A
Penjelasan:
Mustahil gendang yang dibelah keluar seorang putri.
11.
A
Penjelasan:
Makna kata tiung pada KBBI artinya burung.
12.
jawab C
Petunjuk
Amanat adalah pesan moral atau ajaran.
Pembahasan
Teks anekdot yang memiliki unsur lucu ‘UUD yang diplesetkan menjadi
ujung-ujungnya duit’ adalah peraturan harus ditegakkan, tidak boleh kalah
dengan uang.
13. A
Petunjuk
Abstraksi adalah awal cerita.
Pembahasan
Abstraksi menunjukkan awal cerita yang dibangun. Pada paragraf tersebut,
awal cerita dibangun pada kalimat pertama, yaitu
Seorang pelaut berdiri di
atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai.
14. B
15. C
Petunjuk
Sindiran dapat diungkapkan melalui perbandingan, pengandaian, antonim, dan
ungkapan.
Pembahasan
Sindiran dituangkan dalam kalimat ke-3 yaitu menyindir pengeksploitasi hutan
untuk kepentingan pribadi yang tidak pernah mengenyam pendidikan.
16. E
Petunjuk
Pertanyaan retoris adalah pertanyaan yang tidak perlu jawaban.
Pembahasan
Pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban adalah
Kamu mau seperti itu?
17. B
Petunjuk
Amati teks anekdot, bagian mana yang menyampaikan pesan sebagai akibat dari
sebuah perbuat.
Pembahasan
'Bagai menepuk air di dulang' menjadi pesan dari anekdot itu, bahwa
perbuatan buruk yang dilakukan mengenai diri sendiri.
18. A
19. A
20. E
21. A
Petunjuk
Cermati setiap kalimatnya, apakah ada pernyataan umum atau tidak.
Pembahasan
Paragraf tersebut termasuk ke dalam bentuk pernyataan umum dari teks laporan
observasi. Pernyataan umum mengenai Indonesia yang memiliki ribuan pulau dengan
banyak suku bangsa, bahasa, dan budaya.
22. B
Petunjuk
Ciri umum dari teks laporan observasi salah satunya adalah bersifat
objektif.
Pembahasan
Kalimat terakhir dari teks laporan observasi tersebut atau yang ada pada
kalimat
Menurut saya, sudah saatnya kita menggalakkan kembali permainan
tradisional ini
, merupakan kalimat yang sifatnya subjektif. Ada penggunaan pronomina “saya”
dan “kita” di dalamnya. Sedangkan dalam teks laporan observasi tidak ada
penggunaan pronomina dan isi teks harus objektif.
23. E
Petunjuk
Karena penegasan ulang muncul pada akhir teks, kalian dapat mencari kata
hubung yang digunakan di dalam kalimat terakhir.
Pembahasan
Tesis dapat ditegaskan kembali pada akhir teks dengan menggunakan kata
hubung yang menunjukkan hubungan sebab-akibat. Kata yang dimaksud muncul pada
kalimat terakhir, yaitu kata jadi. Namun, yang dapat menjadi catatan adalah
kata bahkan. Kata bahkan memang muncul untuk memberikan makna penegasan, tetapi
penegasan yang dilakukan hanya sebatas menegaskan kembali contoh, bukan
menegaskan tesis.
Pada opsi
yang, kata
yang digunakan sebagai penanda
keterangan perluasan kemudian kata
selain it serta
dan
digunakan sebagai penanda tambahan.
24. E
Petunjuk
Salah satu jenis pronomina adalah pronomina persona (kata ganti orang), cari
yang bukan bagian dari jenis tersebut!
Pembahasan
Pronomina atau kata ganti adalah kata yang digunakan untuk menggantikan
penggunaan nomina/kata benda. Ada tiga jenis pronomina di dalam bahasa
Indonesia, yaitu pronomina persona, penunjuk, dan penanya.
Anda, saya,
mereka, kita merupakan bagian dari pronomina persona (kata ganti orang).
Kata
warga berjenis nomina (kata depan) dan bukan pronomina.
25. C
Petunjuk
Cari terlebih dahulu bagian tesis dan simpulan agar mudah melihat susunan
yang tepat. Jika tesis adalah 3 dan simpulan adalah 5, pilihan hanya tersisa
dua opsi. Lalu susun fakta/contoh yang muncul sehingga terbentuk penyajian
fakta secara runut.
Pembahasan
Teks eksposisi tersusun dengan urutan tesis-argumentasi-simpulan. Kalimat
yang cocok untuk menjadi tesis muncul pada No. 3 karena berisi pernyataan sudut
pandang. Sudut pandang ini harus diperkuat oleh argumen yang menyatakan alasan
mengapa sejarah dapat dikritisi. Informasi ini muncul pada No. 1 dan No. 4.
Contoh kritik terhadap sejarah diberikan oleh kalimat No. 2 dan diakhiri oleh
simpulan yang ditandai oleh pronomina penunjuk, yaitu kata itulah.
26. A
Petunjuk
Cari di dalam opsi, kalimat yang mengandung alasan. Pastikan alasan tersebut
memperkuat bukan memperlemah ataupun menyangkal.
Pembahasan
Setiap lawan bicara yang mendengar pernyataan tesis kita biasanya akan
mengajukan bentuk pertanyaan
mengapa? Mengapa kita memiliki sudut
pandang semacam itu? Dalam hal ini, kita membutuhkan suatu jawaban yang berisi
alasan. Kita akan mencari pendapat yang menguatkan tesis kita. Alasan kita
harus kritis dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar adalah adanya anggapan
bahwa bahasa yang baik adalah bahasa yang taat pada aturan.
27. A
Petunjuk
Inti permasalahan adalah sesuatu yang sedang dibicarakan.
Pembahasan
Teks tersebut membicarakan tentang pemicu pertengkaran dalam keluarga yaitu
karena masalah sepele. Pertengkaran kecil pada anak-anak merupakan salah satu
contoh masalah sepele. Masalah sepele tersebut yang akhirnya merambat pada
permasalahan besar karena sudah ada campur tangan orang tua. Hal inilah yang
dijelaskan dalam teks.
28. E
Petunjuk
Topik pembicaraan dapat dikeltahui dari kalimat-kalimat yang membangun teks
tersebut.
Pembahasan
Untuk mengetahui hal yang dibicarakan dalam teks, yang perlu kalian lakukan
adalah membaca teks tersebut secara utuh. Pada kalimat awal dikemukakan tentang
perbedaan setiap orang dalam memilih bahan bacaan. Kemudian, kalimat berikutnya
menjelaskan penyebab terjadinya perbedaan tersebut. Hal yang dibicarakan dalam
teks tersebut adalah pernyataan yang terdapat pada kalimat awal.
29. D
30. C