Kumpulan soal bahasa Indonesia kelas XII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII /IPA-IPS
Hari,tanggal : .................
Waktu : 120 menit
PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang telah tersedia.
Bacalah paragraf berikut dengan baik!
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
Semua itu bisa menyebabkan suatu bangsa mengalami kehancuran.
Ancaman di berbagai bidang militer, politik, ekonomi, sosbud dan teknologi.
Ancaman berisiko dan ketidakpastian tinggi, multidimensi, dan kompleks.
Bentuknya berupa serangan di dunia maya, terorisme, maupun separatisme.
Ancaman pertahanan negara bergeser dari ancaman militer ke nonmiliter.
Bacalah wacana berikut dengan teliti! (untuk soal no. 2 dan 3)
Kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah ….
Sistem penanggalan uranium-series berbeda dengan C 14 yang menggunakan karbon dalam penelusuran umur.
Melalui metode ini, peneliti bisa mendeteksi umur lebih tepat dengan cara menghitung usia uranium yang terperangkap dalam kapur kalsit dinding goa.
Penanggalan uranium-series ini dilakukan oleh Maxim Aubert, peneliti dari Unit Evolusi Peradaban dan Seni Cadas Universitas Griffith.
Sejak saat itu penanggalan uranium-series yang dilakukan oleh peneliti tak pernah terdengar kabarnya lagi.
Temuan ini merevisi anggapan selama ini bahwa lukisan goa tertua berasal dari Spanyol.
Kalimat penjelas yang tidak mendukung dalam paragraf tersebut adalah ….
Sistem penanggalan uranium-series berbeda dengan C 14 yang menggunakan karbon dalam penelusuran umur.
Melalui metode ini, peneliti bisa mendeteksi umur lebih tepat dengan cara menghitung usia uranium yang terperangkap dalam kapur kalsit dinding goa.
Penanggalan uranium-series ini dilakukan oleh Maxim Aubert, peneliti dari Unit Evolusi Peradaban dan Seni Cadas Universitas Griffith.
Sejak saat itu penanggalan uranium-series yang dilakukan oleh peneliti tak pernah terdengar kabarnya lagi.
Temuan ini merevisi anggapan selama ini bahwa lukisan goa tertua berasal dari Spanyol.
Bacalah wacana berikut dengan baik!
Fakta yang terdapat dalam wacana tersebut adalah ….
Temuan ini menerobos teori yang diungkapkan ahli mikroskop Ernest Abbe pada 1873.
Abbe menunjukkan, resolusi gambar yang dihasilkan mikroskop tak akan melebihi setengah panjang gelombang cahaya.
Patokan ini dipakai dan dipercaya banyak ilmuwan pada waktu itu; teori juga membatasi imajinasi.
Namun, teori itu tak membatasi imajinasi dan kreativitas mereka (Betzig, Hell, dan Moerner).
Betzig, Hell, dan Moerner akan berinovasi dengan memanfaatkan sifat perpendaran cahaya pada molekul.
Bacalah kutipan berita berikut dengan saksama!
Opini yang terdapat dalam wacana tersebut adalah ….
Sejumlah organisasi kemasyarakatan dan mahasiswa, Kamis (9/10), menggelar aksi meminta pemilihan kepala daerah kembali dilakukan secara langsung oleh rakyat.
UU no. 22 Tahun 2014 tentang Pilkada, yang menyatakan Pilkada melalui DPRD, akan membawa ke arah sistem oligarki dan menutup kesempatan lahirnya figure alternatif yang berkualitas.
Aksi menolak Pilkada oleh DPRD ini, kemarin, antara lain dilakukan Himpunan Mahasiswa Indonesia Majelis Penyelamat Organisasi serta jaringan masyarakat sipil pembela HAM dari Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.
Aksi serupa dilakukan mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di Jakarta, Depok, dan Bekasi, seperti mahasiswa Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Nasional, Universitas Paramadina, dan lain-lain.
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPI YAI Firda Priyanti mengatakan, aksi menolak pilkada oleh DPRD bukanlah untuk mendukung partai politik atau koalisi tertentu.
Bacalah kutipan artikel dengan teliti!
Kalimat yang sesuai dengan pernyataan dalam kutipan tersebut adalah ….
Selain berparas cantik, tumbuhan Sansievera mampu mengusir polutan.
Sansievera dapat meredam aroma tak sedap dan hawa tak segar.
Aroma cat yang menyengat akan hilang jika dalam ruang itu diberi Sansievera.
Setelah menyerap polutan Sansievera akan keihatan agak layu
Agar cantik, anda tinggal membersihkan permukaan daunnya dengan lap basah
Makna kata polutan pada kutipan paragraf tersebut adalah ….
bahan yang dihasilkan oleh polusi
bahan yang mengakibatkan polusi
berbagai pencemaran lingkungan
pencemaran darat, laut, dan udara
sisa pembuangan dari pencemaran
Bacalah kutipan biografi berikut dengan baik!
Hal yang menarik dalam kutipan biografi tersebut adalah ….
Pria kelahiran Solo ini, mengaku tak pernah berencana menjadi penyair
Ia memilih jurusan Sastra dan melanjutkan pendidikan di fakultas Sastra UGM.
Sejak masih belia sering membenamkan diri dalam tulisan-tulisan.
Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih SMAP.
Ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam.
Bacalah kutipan esai berikut ini dengan saksama!
Pendapat penulis yang berkaitan dengan kutipan esai tersebut adalah ….
Pembelajaran menyimak harus memperhatikan hal-hal tersebut karena masing-masing jenis dan tujuan menyimak menuntut kemampuan-kemampuan tertentu.
Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis informasi dapat diperoleh melalui berbagai sumber.
Proses pembelajaran menyimak terdiri atas tiga tahap pramenyimak, menyimak, dan pascamenyimak.
Penyusunan pembelajaran menyimak integratif perlu direncanakan dengan baik agar melalui keterampilan ini kemampuan mengolah informasi dapat dikembangkan.
Mengembangkan kemampuan menyimak, dengan menangkap detail-detil penting, memahami urutan peristiwa, memberikan prediksi, dan kemampuan apresiasi.
Yang dituju dalam kutipan esai tersebut adalah ….
pemerintah
masyarakat
pelajar
mahasiswa
pembaca
Perhatikan tabel berikut dengan saksama!
Tabel Nilai Ujian Nasional SMA Karakter Bangsa Tahun 2016
Pernyataan berikut sesuai dengan isi grafik tersebut adalah ….
Perolehan tertinggi nilai UN SMA Karakter Bangsa pada mata pelajaran bahasa Inggris.
Perolehan rerata nilai UN tertinggi SMA Karakter Bangsa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Perolehan rerata nilai UN tertinggi SMA Karakter Bangsa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.
Rerata nilai hasil UN 2016 tertinggi adalah mata pelajaran matematika diperoleh kelas XII IPS 3.
Nilai terbaik diperoleh oleh kelas XII IPA 3 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika.
Simpulan berdasarkan tabel tersebut adalah ….
Perolehan nilai rerata tertinggi dari kelas XII IPA paralel dan XII IPS paralel adalah nilai bahasa Inggris.
Perolehan nilai rerata tertinggi dari kelas XII IPA paralel dan XII IPS paralel adalah nilai bahasa Indonesia.
Perolehan nilai rerata terendah dari kelas XII IPA parllel dan XII IPS paralel adalah nilai biologi.
Peringkat pertama dan kedua dari keenam mata pelajaran yang di-UN-kan adalah Biologi dan Fisika.
Peringkat terendah dari keenam mata pelajaran yang di-UN-kan adalah bahasa Indonesia.
Bacalah kutipan hikayat berikut dengan teliti! (untuk soal nomor 13 dan 14)
Isi hikayat tersebut adalah ….
Khoja Bakti Jamal bersahabat baik dengan Alkis Menteri hingga akhir hayat.
Persahabatan dua orang yang saling pengertian dan saling menolong.
Persahabatan antara Khoja dan Alkis Menteri menjadi teladan bagi rakyat.
Alkis Menteri hendak membunuh sahabatnya Khoja Bakti Jamal karena harta.
Alkis Menteri terpaksa akan menghabisi sahabatnya demi menjaga rahasia.
Nilai yang terkandung dalam kutipan hikayat tersebut adalah ….
agama
kesopanan
kesusilaan
kebersamaan
moral
Bacalah kutipan novel berikut dengan baik! (untuk soal nomor 15 dan 17)
Sudut pandang dalam kutipan novel tersebut adalah ….
Aku tokoh utama
Aku tokoh tambahan
Dia mahatahu
Dia terbatas
Dia terarah
Watak tokoh dalam kutipan novel tersebut adalah ….
intelek, kurang peduli, perhatian
intelek, peduli, penuh perhatian
intelek, tinggi hati, kurang peduli
intelek, rendah hati,penuh perhatian
intelek, rendah diri, penuh perhatian
Cara penggambaran karakter tokoh dalam kutipan novel tersebut adalah ….
dialog antartokoh
pikiran-pikiran tokoh
penjelasan pengarang
konflik batin tokoh
komentar tokoh lain
Bacalah kutipan drama berikut dengan baik!
Masalah yang menjadi penyebab konflik dalam kutipan drama tersebut adalah ….
Kemarahan Maskun kepada Suhita
Kemarahan Maskun kepada Mardilah dan Suhita
Kecurigaan Maskun bahwa Suhita bukan anaknya
Tingkah laku Suhita tidak disukai Maskun
Perselisihan paham antara Maskun dan Suhita.
Simaklah kutipan puisi berikut dengan saksama!
Isi puisi baru tersebut adalah ….
Jiwa bergelora semasa masih berusia muda, berubah agak beringas menjelang dewasa, dan akhirnya tercapai ketenangan jiwa pada usia lanjut.
Jiwa bergelora semasa masih berusia muda, berubah agak tenang menjelang dewasa, dan akhirnya tercapailah ketenangan jiwa pada usia lanjut.
Jiwa bersemangat semasa masih berusia muda, berubah agak tenang menjelang dewasa, walaupun belum mencapai ketenangan jiwa pada usia lanjut.
Jiwa bersemangat semasa muda, berubah agak baik menjelang dewasa, dan akhirnya tercapailah kesabaran lebih baik pada usia lanjut.
Jiwa bergelora semasa masih muda, berubah agak menyenangkan menjelang dewasa, dan akhirnya tercapailah jiwa yang terpuji pada usia lanjut.
Suasana yang terdapat dalam puisi tersebut adalah ….
selalu berjuang tapi setengah-setengah
penuh tantangan dan perjuangan
melewati tantangan dan rintangan mudah
penuh teka-teki kehidupan bermasalah
menjelajah kehidupan alam baka
Simaklah kutipan pantun berikut!
Maksud pantun tersebut adalah ….
Sebaiknya jasa baik seseorang anggap saja itu amalnya, sisi kekurangannya jangan diingat.
Alangkah baiknya jasa baik seseorang kita kenang, sedangkan sisi kejelekannya tak perlu diingat-ingat.
Sebaik-baik manusia adalah yang mengerti kebaikan dan melupakan jasa baik seseorang tersebut.
Alangkah indahnya jika bisa melupakan kejahatan seseorang, melupakan semua kebaikannya.
Alangkah baiknya jika kita tak perlu mengingat kejahatan seseorang dan tak perlu mengingat-ingat kebaikannya.
Bacalah kutipan gurindam berikut!
Maksud gurindam tersebut adalah ….
Barang siapa mengisi kehidupan dengan berhura-hura kelak akan mendapatkan kerugian.
Barang siapa tidak berbuat kebajikan kelak akan menemui kesengsaraan dan kerugian.
Barang siapa mengisi kehidupan dengan kebajikan dan amal soleh maka akan selamat dunia akherat.
Barang siapa mengisi kehidupan dengan amal kebajikan maka akan diselamatkan akheratnya.
Barang siapa menyia-nyiakan kehidupan maka kelak akan memeroleh kesengsaraan dan penderitaan.
Bacalah kalimat-kalimat berikut denga baik!
Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi sebuah paragraf yang baik ….
(1), (2), (3), (4), (5)
(2), (1), (4), (5), (3)
(4), (5), (2), (3), (1)
(4), (5), (3), (2), (1)
(4), (5), (2), (1), (3)
Bacalah paragraf narasi berikut dengan baik!
Untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf narasi tersebut adalah ….
Tangannya lincah minta ampun.
Tangannya kelihatan panjang.
Tangannya lincah bergerak.
Kedua tangannya sangat lincah.
Kedua tangannya bak pedang bermata.
Simaklah kutipan paragraf deskripsi berikut!
Bagian rumpang pada kutipan tersebut dapat diisi dengan kalimat ….
Hutan yang ganas dapat diarungi dengan segenap jiwa raganya dengan semangat bajanya.
Hutan yang dahsyat dan ganas menjadi napas yang tenang dalam keikhlasan budinya.
Hutan yang lebat dan rindang dapat membuat sesuatu yang berarti dari seorang ksatria ini.
Hutan yang menjulang dan rerumputan liar turut menemani dalam setiap jengkal langkahnya.
Hutan yang rindang dan lebat adalah sorga dunia bagi seseorang yang senantiasa berbaik hatinya
Cermati paragraf berikut!
Kalimat persuasi dalam kutipan pidato tersebut adalah ….
Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri
Kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi
Kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah
Untuk kejayaan bangsa kita medatang. Mari kita buktikan itu!
Kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan berteknologi tinggi.
Simaklah paragraf analogi berikut dengan saksama!
Kesimpulan paragraf tersebut adalah ….
Jadi, persyaratan sukses seorang pelajar yang ingin meraih cita-cita; sama dengan seorang pendaki tebing.
Jadi, seorang pendaki gunung dan pelajar mempunyai persyaratan yang hamper sama.
Jadi, syarat orang yang ingin sukses dengan pendaki gunung dapat dipastikan hamper sama.
Jadi, keduanya harus memiliki persyaratan yang sama seperti hati-hati, pantang menyerah, dan hati-hati.
Jadi, kesuksesan seorang pelajar dan pendaki gunung memiliki kesamaan persyaratan.
Cermatilah paragraf rumpang berikut dengan saksama!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi awal paragraf tersebut adalah ….
Bila hujan turun, air cepat terserap ke dalam tanah.
Rumpu bambo tumbuh sangat rapat dekat tebing sungai.
Pipa-pipa bamboo dibuat orang untuk menyalurkan air.
Karangsoga adalah sebuah desa di kakii pegunungan vulkanik.
Pekarangan yang sejuk kebanyakan berbatas rumpun salak.
Bacalah kutipan paragraf sebab akibat berikut dengan baik!
Kalimat akibat untuk mengisi pada bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ….
Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah tak terlampau dapat diharapkan.
Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah hanya berjalan ala kadarnya.
Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah berjalan tanpa arah yang tak jelas.
Maka, pendidikan di sekolah keseniannya tak dapat diandalkan warga sekolah.
Maka, pendidikan kesenian di sekolah sama sekali tak berjalan dengan wajar.
Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ….
didesak, membangun, permukiman
terdesak, membangun, pemukiman
didesak, membangunkan, permukiman
terdesak, membangunkan, pemukiman
terdesak, membangun, permukiman
Bacalah kutipan paragraf persuasi berikut dengan baik!
Bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut dapat diisi dengan ….
Sungguh menyenangkan dan mengasyikkan berwisata ke pantai Myusindi.
Sungguh sesuatu sekali jika kita berwisata ke pantai Myusindi tersebut.
Sungguh membuat kita ketagihan dan terkenang selalu datang ke Pantai Myusindi.
Betapa kita merindukan dan mengenangkan pantai nan indah dan cantik, Myusindi.
Betapa indah dan asyiknya jika berwisata ke Pantai Myusindi nan indah dan asli.
Simaklah kutipan paragraf berikut!
Kosakata baku dalam bagian rumpang tersebut adalah ….
atlet, dinasihati, antarpulau, mentargetkan
atlit, dinasihati, antarpulau, mentargetkan
atlet, dinasihati, antarpulau, menargetkan
atlet, dinasihati, antar pulau, mentargetkan
atlet, dinasihati, antar pulau, menargetkan
Perhatikan paragraf berikut dengan baik!
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah ….
tuna grahita, degenerative, proaktif, para normal
tuna grahita, degeneratif, proaktif, para normal
tunagrahita, degeneratif, proaktif, paranormal
tunagrahita, degenerativ, proaktif, para normal
tunagrahita, degeneratif, pro aktif, paranormal
Cermati kutipan paragraf berikut dengan baik!
Kata berimbuhan untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ….
diperjuangkan, Pemantau, dinilai
diperjuangkan, Pemantauan, dinilai
diperjuangkan, Pemantau, dinilainya
memerjuangkan, Pemantau, dinilai
memerjuangkan, Pemantauan, dinilai
Bacalah kutipan paragraf berikut!
Bagian yang rumpang dalam kutipan tersebut dapat diisi dengan kata ulang ….
gorilla-gorila, beratus-ratus, berbeda-beda
banyak gorila, beratusan, berbeda-beda
banyak gorila,beratus-ratus, perbedaan
gorilla-gorila, ratus-ratusan, berbeda-beda
gorilla-gorilaan, berates-ratus, berbeda-beda
Simaklah kutipan paragraf berikut dengan saksama!
Bagian rumpang dalam paragraf tersebut dapat diisi dengan ungkapan ….
Tangan kanan jangan percaya akan tangan kiri
Digenggam takut mati, dilepaskan takut terbang
Selera tajam bagai taji, tulang lemah bagai kanji
Tali busur tidak selamanya dapat direnggang
Datang tampak muka, pulang tampak punggung
Perhatikan kalimat berikut!
Pembetulan kalimat yang belum efektif tersebut adalah ….
Para hadirin dipersilakan menikmati minuman dan snack.
Para hadirin dipersilahkan menikmati minuman dan snack.
Para hadirin dipersilakan menikmati minuman dan kudapan.
Hadirin dipersilakan menikmati minuman dan kudapan.
Hadirin dipersilahkan menikmati minuman dan kudapan.
Bacalah kutipan kalimat berikut!
Bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut dapat diisi dengan frase ….
sangat berpengaruh, lebih adil, dengan efektif, ramah lingkungan
sangat berpengaruh, lebih baik, dengan efisien, ramah lingkungan
sangat memengaruhi, lebih adil, dengan efisien, ramah lingkungan
sangat berpengaruh, lebih adil, dengan efektivitas, lingkungan ramah
sangat berpengaruh, lebih adil, dengan efektif, lingkungan ramah
Simaklah paragraf berikut dengan cermat!
Kata penghubung untuk melengkapi bagian yang rumpang tersebut adalah …
menjadi, dengan, dengan, atau
menjadi, dengan, atau, sama dengan
menjadi, dengan, sama dengan, atau
menjadikan, dengan, dengan, atau
jadi, dengan, sama dengan, ataupun
Perhatikan kalimat penutup surat balasan lamaran kerja berikut!
Perbaikan kalimat penutup tersebut yang tepat adalah ….
Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya menghaturkan terima kasih
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih
Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih
Atas perhatian Saudara-Saudara, kami ucapkan terima kasih
Cermatilah iklan lowongan kerja berikut!
Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah…
Berhubungan dengan iklan di harian Kedaulatan Rakyat, 13 Oktober 2016, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai marketing di perusahaan Bapak.
Setelah membaca surat harian Kedaulatan Rakyat, 13 Oktober 2016, maka saya berminat menjadi marketing pada perusahaan Bapak.
Saya mengajukan surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan Bapak di harian Kedaulatan Rakyat 13 Oktober 2016 yang mencari karyawan marketing.
Saya mengajukan lamaran pekerjaan melalui surat ini sesuai iklan di harian KR, 13 OKTOBER 2016 yang mencari marketing.
Sesuai dengan pendidikan dan kualifikasi saya, maka dengan ini saya bermaksud mengisi lowongan di harian KR, 13 Oktober 2016.
Perhatikan judul karya ilmiah berikut!
Penulisan judul karya ilmiah tersebut adalah ….
Metode Bii Bebi Upaya meningkatkan pembelajaran menulis puisi
Metode Bii Bebi Upaya meningkatkan pembelajaran menulis puisi.
Metode Bii Bebi upaya Meningkatkan Pembelajaran Menulis Puisi
Metode Bii Bebi Upaya Meningkatkan Pembelajaran Menulis Puisi
Metode Bii Bebi upaya Meningkatkan Pembelajaran Menulis Puisi.
Latar belakang karya ilmiah yang berjudul “Pemanfaatan Buah Murbei sebagai Pewarna Pakaian yang Ramah Lingkungan” adalah ….
Banyaknya penggunaan pewarna pakaian yang tidak ramah lingkungan
Banyaknya berbagai merk pakaian yang ditawarkan di dunia fashion
Adanya pewarna pakaian yang hampir merusak kontur dan kesuburan tanah
Adanya pewarna pakaian yang keras sehingga dapat merusak kulit tubuh.
Pewarna pakaian sintetis digalakkan untuk memenuhi permintaan pasar
Perhatikan topik karya ilmiah berikut!
Rumusan masalah yang tepat dengan topik tersebut adalah ….
Siapakah yang menggalakkan penulisan fiksi di kalangan pelajar SMA?
Mengapa penggalakan penulisan fiksi di kalangan pelajar SMA dilakukan?
Bagaimana cara penggalakan penulisan fiksi di kalangan pelajar SMA?
Dengan bagaimanakah penggalakan penulisan fiksi di kalangan pelajar SMA?
Di manakah dilaksanakan penggalakan penulisan fiksi di kalangan pelajar SMA?
Perhatikan kutipan puisi berikut dengan baik!
Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf kedua kalimat kedua adalah ….
Langit pesta warna di dalam senjakala
Langit pesta warna di dalam horison
Langit pesta warna di dalam alam raya
Langit pesta warna di dalam semesta
Langit pesta warna di hati sang pemuja
Cermati kutipan pantun berikut!
Larik yang tepat untuk mengisi bagian rumpang kutipan pantun tersebut adalah ….
Seperti badan datangnya sendiri
Seperti badan datang berdiri sendiri
Seperti badan datang sendirian
Seperti badan datang menyendiri
Seperti badan datang sendiri
Bacalah kutipan drama berikut dengan baik!
Bagian rumpang dalam kutipan tersebut dapat diisi dengan kalimat ….
Siapa yang bilang.
Beraninya Pak Tua.
Jangan menghina saya.
Saya tak punya uang.
Uang saya ketinggalan.
Bacalah kutipan resensi berikut dengan baik!
Kalimat resensi yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ….
Kehadiran kosakata Jawa menyelinap begitu saja dengan lincah di antara bahasa Indonesia. Maka tak berlebihan jika bahasa dalam Ranah Sembilan dengan baik, mengalir begitu saja.
Kehadiran kosakata Jawa menyelinap begitu saja dengan lincah di antara bahasa Indonesia. Maka tak berlebihan jika bahasa dalam novel Ranah Sembilan berkesan mengalir dan lancar.
Pemakaian kosakata Jawa seolah-olah dipaksakan menyelinap lincah di antara bahasa Indonesia. Maka tak berlebihan jika bahasa dalam Ranah Sembilan seperti mengalir dan lancar.
Pemakaian ada kesan bahasa Jawa terkesan dipaksakan menyelinap begitu saja dengan lincah di antara bahasa Indonesia. Maka tak berlebihan jika bahasa dalam Ranah Sembilan lincah, mengalir bak aliran sungai.
Bahasa Jawa sebagai bahasa ibu penulis, menyelinap dengan lincah di antara bahasa Indonesia. Maka tak berlebihan jika bahasa dalam novel Ranah Sembilan lincah, tanpa hambatan.
Bacalah kutipan esai kritik berikut secara saksama!
Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ….
Tokoh Aku merupakan gambaran tokoh yang manusiawi terbukti kelalaiannya mengabari kedatangan mereka kepada sang paman.
Tokoh aku merupakan tokoh yang wajar sekaligus manusiawi, namun agak berlebihan cara pandangnya dalam bersikap kepada pamannya.
Kekuranglengkapan kompleksitas penokohan terlihat pada kewajaran tokoh utama sekadar menikmati perjalanan malam.
Sudut pandang yang digunakan pengarang membuat perjalanan malamnya semakin berkesan dan mengasyikkan.
Sudut pandang tokoh utama terhadap kejadian yang dialaminya adalah dengan maksud tak ingin merepotkan sang paman.
Simaklah kutipan esai berikut!
Simpulan kutipan esai di atas adalah ….
Putu adalah dalangnya novel yang berupaya mendekonstruksi pakem dalam wayang-wayang yang diciptakan sesuai dengan situasi dan zaman sekarang; bukan berarti memalsukan kebenaran.
Putu adalah dalangnya novel yang berupaya mendekonstruksi pakem dalam wayang-wayang yang diciptakan sesuai dengan situasi dan zaman sekarang; tak lain agar masyarakat mengenal wayang.
Jika dalam perang, wayang-wayang itu dimainkan oleh dalang, maka Putu juga menjadi dalangnya wayang-wayang secara fiktif, sekaligus menjadi dalangnya dalang dalam novelnya.
Jika dalam perang, wayang-wayang itu dimainkan oleh dalang, maka Putu juga menjadi dalang wayang-wayang tersebut, sekaligus menjadi dalangnya dalang dalam novelnya.
Jika dalam perang, wayang-wayang itu dimainkan oleh dalang, maka Putu juga menjadi dalang dari segala dalang wayang-wayang tersebut, sekaligus menjadi dalang dalam novelnya.