Pages - Menu

Tuesday, 20 October 2015

Latihan Ujian Nasional Kurikulum 13

Latihan Ujian Nasional

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Perpustakaan elektronik (PE) adalah suatu entitas yang sudah lama diprediksi, tetapi inovasi untuk membuatnya menjadi kenyataan baru terjadi beberapa tahun terakhir. Walaupun PE adalah suatu kenyataan, tetapi PE adalah suatu konsep yang tersebar yang dimanifestasikan dalam bentuk yang berbeda-beda. Para profesional dan pengguna menyadari pentingnya PE, tetapi PE mengandung ketidakpastian yang berkaitan dengan maknanya terhadap kebudayaan, pembelajaran, demokrasi, perdagangan, pekerjaan, dan masyarakat pada umumnya.

1.    Ide pokok paragraf tersebut adalah …
A.    Memprediksi perpustakaan elektronik (PE).
B.    Perpustakaan elektronik merupakan inovasi.
C.    Inovasi perpustakaan elektronik baru terwujud.
D.    Perpustakaan elektronik merupakan konsep yang manifestasinya berbeda-beda.
E.    Para profesional dan pengguna menyadari pentingnya PE.

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Penguatan kompetensi keahlian para siswa SMK tak sekadar mengandalkan perusahaan. (2)Sekolah juga sudah mulai mengembangkan unit produksi atau unit bisnis berstandar dunia untuk memperkuat kompetensi siswa. (3)Tumbuhnya unit produksi terlihat pada hampir di semua program keahlian di SMK. (4)Para guru dan siswa terlibat untuk mengembangkan produk andalan sekolah yang bisa dijual ke pasar. (5)Pasar memang tempat penjualan produk anak-anak SMK.

2.    Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf di atas adalah …
A.    kalimat (1)
B.    kalimat (2)
C.    kalimat (3)
D.    kalimat (4)
E.    kalimat (5)

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Dalam empat tahun terakhir ini, makin banyak pemerintah yang negaranya pernah dikuasai rezim zalim membuka kembali sebagian sejarah hitamnya. Jepang meminta maaf atas kekejaman tentaranya di masa lalu yang mengobarkan baik bangsanya sendiri maupun bangsa asing. Demikian juga Korea Selatan, Taiwan, dan Afrika Selatan secara serentak membuka kembali luka lama yang disebabkan kezaliman pemerintahannya di masa lalu.

3.    Makna kata rezim dalam teks di atas adalah …
A.    pemerintahan yang zalim
B.    pemerintahan yang dipilih
C.    tata pemerintah negara
D.    undang-undang
E.    peraturan negara

Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Wak Katok suka meminjamkan senapannya kepada Buyung karena dia tahu Buyung senang dengan senapan dan selalu menjaga dan membersihkannya dengan baik. Tiap kali setelah Buyung meminjamnya maka selalu senapan dikembalikan jauh lebih bersih dan diminyakinya pula. Buyung akan menggosok laras senapan berulang-ulang, beratus kali hingga laras besi bersinar biru tua berkilauan ditimpa cahaya.
4.    Nilai moral yang terdapat dalam penggalan cerita di atas adalah …
A.    suka menolong
B.    bertanggung jawab
C.    mencintai barang yang dimiliki
D.    percaya diri
E.    senang meminjam barang

Bacalah penggalan cerita  di bawah ini dengan saksama!
Pak Haji, Sanip, Sutan, Buyung, dan Wak Katok pun tidur gelisah. Meskipun mereka memicingkan mata, akan tetapi pikirannya tak berhenti. Ketukan Pak Balam terhadap hati nurani mereka masih berkumandang juga di dalam relung hati dan pikirannya, bergema ke bawah sadar. Pak Balam sendiri pun, entah karena lukanya, entah karena hatinya, tidur lebih gelisah lagi …
5.    Unsur intrinsik yang dominan dalam kutipan di atas adalah …
A.    penokohan
B.    latar waktu
C.    konflik
D.    sudut pandang
E.    amanat

Latihan Ujian Nasional Kurikulum 13

Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Terdengar bunyi langkah di beranda muka, kemudian suara mengucapkan, “Selamat malam.” Kus terkejut, sebab suara itu dikenalnya, dr. Hamzah. “Selalu saja ia memburu aku. Apa pula teorinya sekali ini.” Didengarnya dr Hamzah dengan orang tuanya bercakap-cakap dan sekali-sekali kedengaran namanya disebut meskipun kurang jelas benar percakapan itu ke kamarnya. Akhirnya Kus hendak serta duduk di sana. “Jangan-jangan yang tidak-tidak nanti dibicarakannya tentang aku.”
6.    Latar kutipan cerita di atas adalah …
A.    rumah sakit
B.    Rumah dr. Hamzah
C.    rumah Kus
D.    kamar Kus
E.    ruang praktik dokter

7.    Sudut pandang cerita di atas adalah …
A.    orang pertama pelaku utama
B.    orang pertama pelaku sampingan
C.    orang ketiga pelaku utama
D.    orang ketiga serba tahu
E.    orang ketiga terbatas

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Di dalam kehidupan masyarakat tradisional Jawa dikenal istilah sambatan. Sambatan merupakan  sejenis kegiatan gotong royong yang bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Biasanya pekerjaan yang dilakukan dengan gotong royong adalah membangun rumah. Tetangga kanan kiri berdatangan tanpa diundang untuk membantu membangun rumah tersebut. … Semua itu dilakukan dengan sukarela.

8.    Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.    Mereka tidak diupah, hanya mendapat makan dan minum.
B.    Mereka mendapatkan upah sekadarnya dari tuan rumah.
C.    Mereka mendapatkan upah layaknya tukang batu.
D.    Mereka menapatkan upah layaknya upah pada umumnya.
E.    UMR (upah minimum regional) patokan upahnya.

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
… menyediakan alternatif baru bagi masyarakat untuk berbelanja. Di samping pasar tradisional warung, sekarang menjamur supermarket. Perbaikan … dan … pasar tradisional menjadi mutlak.
9.    Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah …
A.    modernisme, kwalitas, vasilitas
B.    modern, kualitas, pasilitas
C.    modernisasi, kualitas, fasilitas
D.    modernisasi, kualitas, pasilitas
E.    modernitas, kualitas, fasilitas

 Latihan Ujian Nasional
10.    Dalam dunia pertinjuan, Muhammad Ali terkenal sebagai petinju bermulut besar.
Ungkapan bermulut besar dalam kalimat di atas adalah …
A.    orang yang gemar mengejek lawannya
B.    orang yang gemar membentak lawannya
C.    orang yang gemar membuka mulutnya lebar-lebar
D.    orang yang gemar memukul mulut lawannya
E.    orang yang gemar diwawancarai

11.    Kata tradisi digunakan secara tepat dalam kalimat-kalimat berikut KECUALI …
A.    Silaturahmi pada hari Lebaran sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia.
B.    Upacara itu bukan tradisi kami, hanya kebetulan saja diadakan di sini.
C.    Beberapa tradisi yang dahulu dilakukan oleh masyarakat Papua kini punah.
D.    Secara tradisi, dalam kegiatan ini diperlukan sesajian yang akan dipersembahkan kepada roh nenek moyang.
E.    Mengapa banyak orang melupakan tradisi yang sangat bernilai itu?

Latihan Ujian Kurikulum 13


Cermatilah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika media massa terus … memenuhi kebutuhan pembacanya akan sajian-sajian iptek. Dengan intensitas dan visi yang berbeda-beda, setiap media akan … tulisan-tulisan iptek sesuai dengan selera pembacanya. Namun, dalam fungsinya sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan tersebut … dengan bahasa dan gaya popular penulisan.

12.    Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.    dicoba, mensajikan, mentampilkan
B.    menyoba, menyaji, menampilkan
C.    mencoba, menyajikan, ditampilkan
D.    mencoba, menyajikan, menampilkan
E.    mencobakan, disajikan, ditampilkan

Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Datuk Maringgih adalah saudagar tua yang sangat kaya. Tetapi, kekayaannya tidak dinikmatinya. Karena ia …, termasuk kepada dirinya sendiri. Ia tinggal di sebuah rumah tua yang kondisinya sudah tidak layak huni. Badannya …, tidak terurus karena kebakhilannya. Untuk membeli sesuatu, selalu dipertimbangkannya baik untuk kebutuhan pakaian maupun makanan. Kesenangannya hanya mengumpulkan uang. Ia lebih mencintai harta daripada orang tuanya, anak-istrinya, teman, dan sanak saudaranya. Dalam memperoleh harta benda, ia … berbuat hina dan melakukan segala cara.

13.    Frasa adjektif yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.    sangat kaya, gemuk sekali, tidak senang
B.    sangat senang, pelit sekali, kurang baik
C.    sangat kikir, sangat kurus, tidak malu
D.    sangat bakhil, kurang ramah, tidak malu
E.    sangat picik, sangat langsing, kurang baik

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Pak Haji dihormati orang di kampung … umurnya dan hajinya. …, orang kampung kurang mengerti dia. ... dia pulang dari pengembaraannya ke dunia luar, seakan dia mengasingkan diri. Dia tak hendak menikah … dipaksa-paksa oleh keluarganya.

14.    Kata hubung yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.    sebab, tetapi, ketika, meskipun
B.    karena, akan tetapi, sejak, meskipun
C.    karena, tapi, sejak, tetapi
D.    sebab, akan tetapi, karena, walaupun
E.    sebab itu, sedangkan, sejak, walaupun

15.    Demikian surat lamaran ini saya sampaikan kepada Bapak. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
Perbaikan kalimat yang tercetak miring dalam penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah …
A.    Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.
B.    Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
C.    Atas perhatian Bapak diucapkan terima kasih.
D.    Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
E.    Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

16.    Penulisan judul berikut ini manakah yang benar?
A.    Pengantar Umum Pernikahan yang tidak Berisiko Tinggi
B.    Pengantar Umum Pernikahan yang Tidak Berisiko Tinggi
C.    Pengantar umum pernikahan yang tidak berisiko tinggi
D.    PENGANTAR UMUM PERNIKAHAN yang TIDAK BERISIKO TINGGI
E.    Pengantar Umum Pernikahan yang Tidak Berisiko Tinggi

 Latihan Ujian Nasional

17.    Seseorang akan mengembangkan karangan ilmiah dengan hipotesis berikut.
Peringatan jumlah kalori atau peringatan pemerintah yang tercantum dalam sebuah produk makanan atau rokok tidak membuat orang membatasi jumlah santapan konsumen, apalagi mengurangi porsi konsumsi.
Judul karangan ilmiah yang tepat adalah …
A.    Relevansi Minat Baca dengan Kesehatan Individu
B.    Kewaspadaan Individu terhadap Kesehatan Dirinya
C.    Pengaruh Iklan terhadap Tingkat Konsumsi Masyarakat
D.    Relevansi Kesadaran terhadap Produk dengan Kesehatan
E.    Ketidakefektifan Pengemasan Produk yang Dipasarkan

18.    Penulisan judul karya tulis yang sesuai dengan EYD adalah …
A.    Batu Gamping Kawasan Karts dan Permasalahannya.
B.    Batu Gamping Kawasan Karts dan Permasalahannya
C.    Batu Gamping Kawasan Karts Dan Permasalahannya
D.    Batu gamping kawasan karts dan permasalahannya
E.    Batu Gamping Kawasan Karts dan permasalahannya

19.    Tema karya tulis: Persamaan hak antara laki-laki dan perempuan
Rumusan masalah yang tepat berdasarkan tema di atas adalah …
A.    Bagaimanakah cara mengatasi kesenjangan hak laki-laki dengan perempuan?
B.    Apakah cara mengatasi kesenjangan antara laki-laki dan perempuan?
C.    Siapakah yang berhak mengatasi kesenjangan hak antara laki-laki dan perempuan?
D.    Apakah kewajiban kaum laki-laki hanya mencari nafkah untuk menghidupi keluarga?
E.    Bagaimanakah hak untuk mengurus rumah tangga antara suami dan istri itu sendiri?

20.    Tema karya tulis: Perlunya Penggunaan Pupuk Organik di Kalangan petani
Latar belakang yang sesuai dengan tema di atas adalah …
A.    Memperkenalkan pupuk pertanian yang berkualitas.
B.    Kesadaran konsumen atas produk pertanian yang aman dan sehat.
C.    Membangkitkan kesadaran petani untuk menggunakan pupuk organik.
D.    Memperkenalkan pupuk organik kepada petani.
E.    Mengajak petani menggunakan pupuk organik demi kesuburan tanah.

Latihan Ujian Nasional
 21.    Seseorang akan mengembangkan karangan yang bertema Upaya mengatasi kecanduan terhadap game online pada remaja.
Berdasarkan tema tersebut, topik untuk kerangka karangan yang runtut adalah …
A.    Masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja, langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja, saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game online bagi remaja.
B.    Pentingnya mengatasi masalah kecanduan game online pada remaja, masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja, langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja, saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja.
C.    Langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja, pentingnya mengatasi masalah kecanduan game online pada remaja, masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja, saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja.
D.    Latar belakang timbulnya kecanduan game online pada remaja, langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja, masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja, saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja.
E.    Pentingnya saran yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja, latar belakang timbulnya kecanduan game online pada remaja, masalah yang timbul akibat kecanduan game online pada remaja, langkah mengatasi kecanduan game online pada remaja

Bacalah teks berikut dengan cermat!
Teks 1
Gangguan kepribadian dibagi menjadi beberapa cluster. Gangguan kepribadian ini secara garis besar dibagi ke dalam tiga cluster berdasarkan simtom utama dan jenis pengalaman individu. Ketiga cluster tersebut adalah (1) cluster A (kepribadian ekstrensik) yang terdiri atas gangguan sizoid, zchizotypal, dan paranoid, (2) cluster B (kepribadian dramatik) yang terdiri atas gangguan kepribadian histrionik, narsistik, borderline, dan antisosial, dan (3) cluster C (kepribadian dengan kecemasan) yang terdiri atas gangguan kepribadian menghindar, dependen, dan obsessive-compulsive.
Teks 2
Individu yang mengalami gangguan kepribadian dan tidak segera melakukan pengobatan akan memiliki berbagai macam risiko. Risiko-risiko tersebut di antaranya adalah (1) isolasi sosial, kehilangan sahabat-sahabat terdekat yang disebabkan ketidakmampuan untuk menjalani hubungan yang sehat, rasa malu yang disebabkan putusnya hubungan dengan masyarakat (2) bunuh diri dan melukai diri sendiri bagi yang mengalami gangguan pada ambang dan cluster B, (4) depresi, (5) terlibat seks bebas berisiko, dan (6) pembunuhan

22.    Pernyataan yang paling sesuai dengan kedua teks tersebut adalah …
A.    Kedua teks tersebut mengungkapkan gangguan kepribadian.
B.    Teks 1 mengungkapkan jenis-jenis gangguan kepribadian, sedangkan teks 2 mengungkapkan risiko yang akan dialami oleh penderita gangguan kepribadian.
C.    Teks 1 mengungkapkan risiko yang akan dialami oleh penderita gangguan kepribadian, sedangkan teks 2 mengungkapkan jenis-jenis gangguan kepribadian.
D.    Kedua teks tersebut mengungkapkan gangguan kepribadian , jenis, dan risikonya.
E.    Teks 1 mengungkapkan pengertian gangguan kepribadian, sedangkan teks 2 mengungkapkan risiko yang akan dialami oleh penderita gangguan kepribadian.

5 comments: