UTS
Latihan
Soal
- Struktur
teks anekdot adalah….
a.
Pernyataan umum-deskripsi
bagian
b.
Pernyataan
pendapat-argumentasi-penegasan ulang
c.
Orientasi-argumentasi-penutup
d.
Pembuka-isi-penutup
e.
Abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda.
E
Petunjuk
Struktur teks
anekdot adalah cara bagaimana teks anekdot itu disusun.
Pembahasan
Teks anekdot
memiliki struktur sebagai berikut.
1. Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita
2.Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita
3.Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh
4. Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul
5.* Koda* yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita
1. Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita
2.Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita
3.Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh
4. Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul
5.* Koda* yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita
- Bagian yang
menunjukkan situasi awal cerita disebut ….
a.
Abstraksi
b.
Orientasi
c.
Krisis
d.
Reaksi
e.
Koda
B
Petunjuk
Situasi cerita
biasanya digunakan sebagai pembuka cerita.
Pembahasan
Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita
Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita
Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh
Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul
Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita
Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh
Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul
Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
- Bagian yang
menunjukkan konflik cerita disebut….
a.
Abstraksi
b.
Orientasi
c.
Krisis
d.
Reaksi
e.
Koda
C
Petunjuk
Konflik cerita
adalah masalah yang menjadi sebab cerita.
Pembahasan
Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita.
Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh.
Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul.
Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh.
Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul.
Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
- Bagian yang
menunjukkan tanggapan tokoh terhadap konflik disebut …
a.
Abstraksi
b.
Orientasi
c.
Krisis
d.
Reaksi
e.
Koda
D
Petunjuk
Tanggapan tokoh
terhadap konflik akan muncul setelah krisis.
Pembahasan
Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita.
Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh.
Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul.
Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh.
Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul.
Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
5.
Bacalah teks di bawah ini
dengan cermat!
Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang
tenang dan damai. “Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti
kebahagiaan yang ada”.Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga
kapalnya oleng hampir tenggelam. Kapalnya selamat setelah dia membuang
semua muatannya dengan bersusah payah .kejadiaan tersebut mengingatkan
padanya kalau dia seorang ‘pelaut ulung’. Badailah yang membuatnya ulung.
Pikirannya kembali kepada keluarganya.“Bagaimana kalau istri dan anakku
yang kubuang? Apakah saya akan memperoleh ketenangan dan merasakan
kebahagiaan?” ujar si pelaut. Si pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri
dan anaknya.
|
Kalimat yang
menunjukkan abstraksi adalah…
a.
Seorang pelaut berdiri di atas
kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai
b.
“Seandainya keadaan keluargaku
seperti ini pasti kebahagiaan yang ada”
c.
Tetapi kemudian badai ganas
menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam.
d.
Badailah yang membuatnya ulung
e.
Si pelaut tersenyum-senyum
memikirkan istri dan anaknya.
A
Petunjuk
Abstraksi adalah
awal cerita.
Pembahasan
Abstraksi
menunjukkan awal cerita yang dibangun. Pada paragraf tersebut, awal cerita
dibangun pada kalimat pertama, yaitu Seorang pelaut berdiri di atas kapal
melihat keindahan laut yang tenang dan damai.
6. Bacalah teks berikut ini!
Suatu hari guru menerangkan tentang
biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu
usaha menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian
untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel
di buku tugas dan berikan deskripsi”. Tiba-tiba seorang anak
berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya,
tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori
akibat sering banjir”. Mendengar itu semua anak dan Bu guru tertawa.
|
Kalimat yang
menunjukkan krisis adalah…
a.
Suatu hari guru menerangkan
tentang biopori di depan kelas.
b.
“Biopori itu bisa dijadikan
sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya.
c.
Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian
untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto.
d.
”Syukurlah Bu, jalan menuju
rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk
menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”
e.
Mendengar itu semua anak dan Bu
guru tertawa.
D
Krisis adalah
struktur anekdot yang menunjukkan konflik.
Pembahasan
Krisis adalah
struktur anekdot yang berisi konflik. Krisis pada paragraf tersebut adalah
ketika seorang anak berkomentar ”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah
banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir,
melainkan biopori akibat sering banjir”.
7. Susunlah anekdot berikut ini sesuai dengan
strukturnya!
1. Bu guru pun
tersenyum
2. Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu guru di depan kelas. 3. Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek 4. Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang 5. Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu. 6. Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat. |
a.
1-2-3-4-5-6
b.
2-4-5-3-6-1
c.
2-4-3-5-1-6
d.
1-2-4-5-3-6
e.
3-2-1-4-5-6
B
Petunjuk
Menyusun anekdot
dimulai dari abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda.
Pembahasan
Anekdot dimulai
dengan pertanyaan bu guru di depan kelas. Berlanjut pada komentar seorang anak,
kemudian dialog antara guru dan anak tersebut dan diakhiri dengan koda yang
menunjukkan sang guru tersenyum menanggapi penjelasan sang anak.
8. Bacalah teks berikut ini!
Suatu hari
guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “ Biopori itu bisa
dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya. “Sekarang,
Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu
kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi”.
Tiba-tiba seorang anak berkomentar.”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya
sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi
banjir, melainkan biopori akibat sering banjir”. Mendengar itu semua anak
dan Bu guru tertawa.
|
Pada anekdot
tersebut, reaksi yang menjadi koda adalah …
a.
Tiba-tiba seorang anak
berkomentar.
b.
Mendengar itu semua anak dan Bu
guru tertawa.
c.
Biopori itu bisa dijadikan
sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya
d.
Syukurlah Bu, jalan menuju
rumah saya sudah banyak bioporinya
e.
Fotonya nanti ditempel di buku
tugas dan berikan deskripsi
B
Pembahasan
Tanggapan terjadi
setelah konflik. Dalam paragraf tersebut tanggapan atau reaksi terjadi ketika
sang anak memaparkan bahwa di jalan menuju rumahnya sduah banyak biopori akibat
dari banjir yang maksud sesungguhnya adalah jalanan berlubang dan rusak.
Tanggapannya adalah semua anak tertawa termasuk bu guru.
9. Bacalah teks di bawah ini!
Seorang ayah mengajari anaknya
berenang. “Aku tidak mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang
anak. “Ayah akan ajari dari gaya tersulit sampai termudah Nak”, jawab
ayahnya. Sang anak gembira. Setelah beberapa hari latihan renang itu, sang
ayah tampak bersedih sementara sang anak tampak gembira. “Terimakasih yah,
akhirnya ayah dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi
kenapa ayah bersedih?” tanyanya. “Yang kamu kuasai itu gaya batu, Nak!”
|
Kalimat manakah yang menunjukkan
orientasi?
a.
Seorang ayah mengajari anaknya
berenang
b.
Aku tidak mau malu karena tidak
bisa berenang ayah”, kata sang anak.
c.
Ayah akan ajari dari gaya
tersulit sampai termudah Nak
d.
Terimakasih yah, akhirnya ayah
dapat mengajari gaya berenang yang paling aku kuasai, tapi kenapa ayah
bersedih?
e.
Yang kamu kuasai itu gaya batu,
Nak
B
Petunjuk
Orientasi adalah
peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun
konteks pembaca terhadap suatu cerita.
Pembahasan
Kalimat “Aku tidak
mau malu karena tidak bisa berenang ayah”, kata sang anak merupakan orientasi
karena kalimat tersebut menjadi gambaran situasi awal sekaligus alasan kenapa
peristiwa tersbut terjadi.
10. Berikut ini bukan merupakan ciri penanda bahasa teks anekdot .…
a.
memuat sindiran
b.
memanfaatkan kalimat retoris
c.
menggunakan bahasa yang puitis
d.
menggunakan peribahasa/ungkapan
e.
menggunakan konjungsi temporal
dan sebab akibat
C
Petunjuk
Penanda bahasa
teks anekdot adalah ciri bahasa yang bisa membedakan teks anekdot dengan teks
yang lain.
Pembahasan
Ciri bahasa teks
anekdot sebagai berikut :
• Menggunakan kata kias atau konotasi (tidak memiliki makna sebenarnya)
• Mengandung kalimat sindiran yang diungkapkan dengan pengandaian, perbandingan, dan lawan kata atau antonim
• Menggunakan pertanyaan retoris
• Memanfaatkan kalimat yang menyatakan ajaran moral/pesan kebaikan
• Menggunakan konjungsi temporal dan sebab akibat
• Menggunakan kata kias atau konotasi (tidak memiliki makna sebenarnya)
• Mengandung kalimat sindiran yang diungkapkan dengan pengandaian, perbandingan, dan lawan kata atau antonim
• Menggunakan pertanyaan retoris
• Memanfaatkan kalimat yang menyatakan ajaran moral/pesan kebaikan
• Menggunakan konjungsi temporal dan sebab akibat
11. Bacalah paragraf berikut ini!
Hari ini
Sekolah Bahagia mengadakan rekreasi ke Bali. Para siswa terlihat gembira
dan mengenakan pakaian yang terbagus. Diantara mereka ada yang membawa
tongsis. Tiba-tiba Nasrudin berkata, “Iya, tongsis itu memang cocok untuk
kita, supaya kita semua pandai berkaca diri”. Anak yang membawa tongsis
hanya tersenyum kemudian mengajak Nasrudin selfie.
|
Konjungsi temporal
terdapat pada kalimat ke….
a.
1
b.
2
c.
3
d.
5
e.
4
D
Petunjuk
Konjungsi temporal
adalah kata penghubung yang menandakan urutan waktu.
Pembahasan
Kata penghubung
yang menunjukkan waktu terdapat pada kalimat ke-5 yaitu kemudian.
12. Bacalah teks berikut ini!
(1) Matahari memancarkan sinarnya ke
bumi dan sebagai sumber cahaya. (2) Bintang pun iri terhadapnya.
(3)“Mengapa sinarmu begitu terang? Ajarkan aku agar aku sepertimu!” kata bintang kepadanya. (4) Matahari pun tersenyum menjawabnya, “Bintang, jika kau ingin sepertiku kumpulkanlah emas, batu bara, dan minyak sebanyak-banyaknya dari bumi karena benda itulah sumber cahayaku.” (5) Kemudian, bintang pun pergi dan mulai mengerahkan rakyatnya untuk menggali emas, batu bara, dan minyak sebagai sumber cahaya. |
Hubungan makna
antarkalimat dalam paragraf dinyatakan secara implisit melalui….
a.
Perbandingan
b.
Pertentangan
c.
sebab-akibat
d.
pengandaian
e.
umum-khusus
C
Petunjuk
Hubungan makna
antarkalimat membentuk sebuah jalinan paragraf yang memiliki satu kesatuan
makna.
Pembahasan
Hubungan makna
kalimat ke-1 sampai dengan kalimat ke-5 menggunakan hubungan sebab-akibat.
Kalimat ke-1 menyebabkan kalimat ke-2 dan seterusnya.
13. Bacalah paragraf berikut ini!
Keluarga Anis
makan siang bersama. Sambil makan mereka berbagi cerita. Mereka merasakan
kebahagiaan yang tak ternilai harganya.
Tiba-tiba Anis menanyakan lauk kepada ibunya, “Bu, lauknya apa nih?”. Ibunya menjawab, ”Mulai hari ini tidak ada lauk. Negara tetangga baru hajatan sehingga tidak sempat mengekspor kedelai, daging, maupun ikan.” “Maksudnya, apa, Bu?” anis tidak paham dengan perkataan ibunya. “Pikir aja sendiri!” jawab Ibu. Anis cemberut dan tetap makan tapi tanpa lauk, baik tahu maupun tempe. Benar-benar makan ala kadarnya. |
Bahasa yang
digunakan untuk menyampaikan sindiran adalah.…
a.
antonim
b.
sinonim
c.
ungkapan
d.
pengandaian
e.
perbandingan
D
Petunjuk
Bahasa yang
digunakan untuk menyindir adalah pengandaian, perbandingan, antonim, dan
ungkapan.
Pembahasan
Bahasa yang digunakan
dalam teks anekdot di atas untuk menyindir adalah pengandaian. Teks di atas
berandai-andai jika negara tetangga mementingkan kepentingan sendiri, negaranya
tidak bisa memenuhi kebutuhannya karena ada sebagaian bahan yang diimpor oleh
negara tetangga.
Suatu sore
dipadang rumput.
Kambing 1: mengapa rumputmu selalu hijau? Kambing 2: karena selalu kurawat dan kupupuk Kambing 1: rumputku juga kurawat dan kupupuk tapi tidak sehijau rumputmu. Kambing 2: karena kau melihatna tidak dengan hati sehingga rumput tetangga lebih hijau di matamu. Kambing 1 merasa tersindir kemudian tersenyum kecut. |
Bahasa yang
digunakan untuk menyampaikan sindiran dalam teks anekdot di atas adalah.…
a.
perbandingan
b.
pengandaian
c.
ungkapan
d.
sinonim
e.
antonim
C
Petunjuk
untuk menyindir
seseorang, bahasa yang digunakan adalah pengandaian, antonim, sinonim, dan
ungkapan.
Pembahasan
Bahasa yang
digunakan untuk menyindir adalah ungkapan “rumput tetangga lebih hijau” yang
artinya apapun yang dimiliki orang lain terasa indah dan nikmat.
Semut bertemu
lebah di ranting pohon.
(1) Lebah: Wah, maduku sangat bermanfaat. (2) Semut: Apa aku bisa mengambilnya sedikit saja (3) Lebah: tidak boleh (4) Semut: mengapa? (5) Lebah: karena kau tinggal dalam kolong jembatan Semut berlalu meninggalkan kecongkakan lebah. |
Sindiran terdapat
pada kalimat ke.…
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
E
Petunjuk
Sindiran dapat
diungkapkan melalui perbandingan, pengandaian, antonim, dan ungkapan.
Pembahasan
Kalimat sindiran
terdapat pada kalimat karena kau tinggal dalam kolong jembatan.
Sebelum
upacara bendera di sekolah Baik Sekali.
1) Siswa: upacara bendera itu tujuannya apa, Pak 2) Guru: agar kita selalu mencintai dan menjaga Negara kita, serta mengenang jasa pahlawan. 3) Siswa: ooo, tapi mengapa masih banyak kasus, seperti penggundulan hutan, ya? Atau mungkin mereka yang melakukannya tidak pernah upacara bendera atau sekolah, Pak. 4) Guru: (tersenyum) nah, kamu kan sekolah, jangan pernah melakukan hal itu, ya! 5) Siswa: tentu Upacara dimulai semua siswa dan guru diam. |
Sindiran dalam
teks di atas terdapat pada kalimat ke.…
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
C
Petunjuk
Sindiran dapat
diungkapkan melalui perbandingan, pengandaian, antonim, dan ungkapan.
Pembahasan
Sindiran
dituangkan dalam kalimat ke-3 yaitu menyindir pengeksploitasi hutan untuk
kepentingan pribadi yang tidak pernah mengenyam pendidikan.
17. Bacalah teks di bawah ini!
Kerbau
menanyakan kehidupan kutu loncat.
Kerbau : Mengapa hidupmu selalu berpindah-pindah Kutu: saya mencari makan Kerbau: apa tidak merasa capek? Dan mengapa kau selalu lompat? Kutu: aku tidak merasa capek dan aku harus melompat karena kalau saya tidak melompati orang, makananku akan habis karena aku harus memberi setiap orang yang kulewati. Kerbau: iya, juga. Sayang sekali, saya tidak bisa melompat. Kutu dan kerbau melanjutkan tugas masing-masing. |
Bahasa sindiran
diungkapkan melalui….
a.
Antonim
b.
Sinonim
c.
Ungkapan
d.
Pengandaian
e.
Perbandingan
Jawab D
Petunjuk
untuk menyindir
seseorang, bahasa yang digunakan adalah pengandaian, antonym, sinonim, dan
ungkapan.
Pembahasan
Kutu mengandaikan
jika dia harus jalan lurus, ia harus memberi sedekah setiap dia bertemu dengan
orang lain. Sindiran ini tentang kasus suap-menyuap.
18. Bacalah teks di bawah ini!
Seorang siswa
mendatangi penjahit karena baju yang dijahitnya kebesaran.
Siswa: Bu, ini bukan ukuran saya karena terlalu besar Penjahit: saya jahit berdasarkan ukuran (sambil mengambil buku yang berisi model dan ukuran pemesan) Siswa: salah ukuran mungkin, Bu Penjahit: setiap pelanggan yang datang, saya ukur 2X untuk menghindari salah ukur Siswa: tapi ini, tidak sesuai dengan ukuran saya Penjahit: O, itu mungkin salah kacamata saya. Karena kacamata saya sudah berumur 10 tahun. |
Cerita tersebut
bisa diungkapkan dengan peribahasa….
a.
celaka dua belas
b.
ada gula ada semut
c.
air di atas daun talas
d.
maling teriak maling
e.
kambing hitam
E
Petunjuk
Peribahasa adalah
kalimat yang mengandung makna kias.
Pembahasan
Kalimat sindiran
berupa ungkapan yaitu ketidakpantasan menyalahkan benda. Benda yang digunakan
untuk membantu menyelasaikan tugas kita tetapi malah disalahkan atau dijadikan
“kambing hitam”.
19. Bacalah teks berikut ini!
Seorang Bapak sedang memarahi anaknya karena bangun selalu siang. Ia
mendapat laporan dari guru anaknya bahwa anaknya selalu terlambat ke
sekolah. Namun, seperti menepuk air di dulang sang bapak kaget sekali
ketika anaknya bilang “Bagaimana Bapak tahu saya bangun jam 7? Kan bapak
bangun jam 8”.
|
Pesan yang disampaikan dalam anekdot tersebut disampaikan dalam bentuk….
a. Abstraksi
b. Peribahasa
c. Antonim
d. kalimat retoris
e. paparan
B
Petunjuk
Amati teks anekdot, bagian mana yang menyampaikan pesan sebagai akibat dari
sebuah perbuat.
Pembahasan
'Bagai menepuk air di dulang' menjadi pesan dari anekdot itu, bahwa
perbuatan buruk yang dilakukan mengenai diri sendiri.
20. Bacalah teks di bawah ini!
Teks 1
Matahari memancarkan sinarnya ke bumi dan sebagai sumber cahaya.
Bintang pun iri terhadapnya.
“Mengapa sinarmu begitu terang? Ajarkan aku agar aku sepertimu!” kata
bintang kepadanya.
Matahari pun tersenyum menjawabnya, “Bintang, jika kau ingin sepertiku
kumpulkanlah emas, batu bara, dan minyak sebanyak-banyaknya dari bumi
karena benda itulah sumber cahayaku.” Kemudian, bintang pun pergi dan mulai
mengerahkan rakyatnya untuk menggali emas, batu bara, dan minyak sebagai
sumber cahaya.
|
Teks 2
Suatu hari Nasrudin bertemu dengan Imron. Mereka bermain catur. “Aneh
dengan negeri ini, sedikit sedikit tawuran, ricuh, sudah panas kali ya
negeri kita” Imron diam saja sambil memindahkan pion kuda.” Seharusnya
negeri kita punya pendingin, orang-orang bijaksana yang kepala dingin
semua” Imron masih tiba-tiba berkata” di Negara kita orang berkepala dingin
sedikit Din, yang berdarah dingin yang banyak!”
|
Bagian struktur yang dimiliki oleh kedua teks di atas adalah.…
a. Abstraksi,
orientasi,krisis,reaksi
b. Abstraksi,orientsi,krisis,reaksi,koda
c. Abstraksi,orientasi,krisis,koda
d. Orientasi,krisis,reaksi,koda
e. Orientasi,krisis,reaksi
A
Petunjuk
Abstraksi adalah awal certa.
Orientasi adalah keadaan/suasana awal cerita.
Krisis adalah munculnya masalah.
Reaksi adalah tanggapan dari masalah.
Koda adalah penutup cerita.
Pembahasan
Teks 1 memiliki struktur abstraksi,orientasi,krisis,reaksi,koda.
Teks 2 memiliki struktur abstraksi,orientasi,krisis, reaksi.
21. Bacalah teks di bawah ini!
Teks 1
Matahari memancarkan sinarnya ke bumi dan
sebagai sumber cahaya. Bintang pun iri terhadapnya.
“Mengapa sinarmu begitu terang? Ajarkan aku
agar aku sepertimu!” kata bintang kepadanya.
Matahari pun tersenyum menjawabnya, “Bintang,
jika kau ingin sepertiku kumpulkanlah emas, batu bara, dan minyak sebanyak-banyaknya
dari bumi karena benda itulah sumber cahayaku.” Kemudian, bintang pun pergi
dan mulai mengerahkan rakyatnya untuk menggali emas, batu bara, dan minyak
sebagai sumber cahaya.
|
Teks 2
Di suatu kelas saat pendampingan penjurusan oleh wali kelas. Semua
siswa terlihat serius.
“Anak-anak, kau harus pilih jurusan yang sesuai dengan cita-citamu?”
kata Wali kelas dengan semangat. “Masa depan mu masih panjang,
keberhasilanmu ditentukan oleh pilihanmu hari ini, apa kau ingin mengambil
jurusan IPA atau IPS.”
“Bu, saya bingung menentukan pilihan. Sebenarnya saya ingin jurusan IPA
tapi saya senang IPS. IPS lebih praktis daripada IPA. Contohnya, kalau ada
kelapa jatuh kalau pelajaran IPA dihitung kecepatannya. Tapi kalau
pelajaran di jurusan IPS, kelapa yang jatuh diambil dan dijual.”
Seisi kelas tertawa memecahkan keheningan dan keseriusan guru dan siswa
saat penjurusan
|
Kedua teks di atas menggunakan bahasa yang digunakan untuk menyindir adalah
dengan ….
a. Antonim
b. konjungsi temporal
c. perbandingan
d. ungkapan
e. personifikasi
C
Petunjuk
Bahasa dalam teks anekdot adalah sebagai berikut.
• perbandingan adalah membandingkan dua hal atau lebih baik secara langsung
maupun tidak langsung.
• Antonim adalah menggunakan lawan kata
• Konjungsi temporal adalah konjungsi yang menandakan keterangan waktu:
lalu, kemudian, setelah, dll.
• Ungkapan adalah kelompok kata yang memiliki makna baru
Pembahasan
Teks 1 dan teks 2 meggunakan perbandingan. Teks 1 membandingkan matahari
dengan penguasa sedangkan teks 2 membandingkan ilmu praktis dan teoretis.
22. Bacalah teks di bawah ini!
Ketika hujan datang dengan deras, para petani bawang merah tidak suka.
Ketika tidak hujan, petani padi pun tidak suka.
“Tuhan berikan hujan agar padiku tidak kering!” pinta petani kepadanya.
“Tuhan, jangan turunkan hujan, nanti saya tidak akan memanen bawang
merah!” pinta petani yang lain.
Doa mereka pun dikabulkannya. Di daerah petani padi hujan turun, di
daerah petani bawang merah tidak turun hujan.
“Kok sekarang aneh ya, musimnya. Apakah Tuhan sudah murka dengan
manusia? Sehingga di sana hujan, di sini tidak hujan.” Kata petani sayur.
“Hujan kodok!!!” Teriak anak-anak.
|
Berikut ini bukan merupakan pernyataan yang benar mengenai teks di atas ….
a. teks di atas bukan termasuk
teks anekdot
b. Teks berupa monolog
c. Teks berisi cerita
d. Teks mengandung unsur lucu
e. Struktur teks tidak
terdapat bagian koda
jawab: a
23. Berikut ini adalah amanat yang sesuai dengan unsur
lucu: ‘UUD yang diplesetkan menjadi ujung-ujungnya duit’ dalam teks anekdot
adalah.…
a.
Sebagai warga Negara Indonesia,
kita harus menghormati UUD.
b.
Demi kenyamanan, peraturan
harus dilaksanakan bersama-sama.
c.
Peraturan harus ditegakkan,
tidak boleh kalah dengan uang.
d.
Semua peraturan yang ada harus
berdasarkan UUD.
e.
Penegak keadilan harus
menguasai UUD.
C
Petunjuk
Amanat adalah
pesan moral atau ajaran.
Pembahasan
Teks anekdot yang
memiliki unsur lucu ‘UUD yang diplesetkan menjadi ujung-ujungnya duit’ adalah
peraturan harus ditegakkan, tidak boleh kalah dengan uang.
24. Berikut ini unsur kelucuan yang sesuai dengan
topik ‘Buaya Dikadalin” adalah….
a.
Seorang pencuri yang kena tipu.
b.
Orang mancing yang jatuh di
sungai.
c.
Petugas sampah yang jatuh di
tumpukan sampah.
d.
Warga yang tidak bersalah
dihukum tapi dikatakan adil.
e.
Ada orang yang melihat buaya
yang mirip kadal.
A
Petunjuk
Unsur lucu adalah
hal yang menggelitik.
Pembahasan
Unsur lucu ‘Buaya
Dikadalin’ adalah seorang pencuri yang kena tipu.
25. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!
1. Mahasiswa menjawab Mau
Perjuangkan nasib Rakyat
2. Perkuliahan dimulai 3. Pak Dosen menggelengkan kepala 4. Pak dosen bertanya pada mahsiswa lain 5. Mahasiswa lain menjawab “Majelis Permusyawaratan Rakyat” 6. Pak guru bertanya kepada salah satu mahasiswa, kepanjangan MPR 7. Suasana kelas tenang 8. Kuliah berakhir. |
Kalimat di atas
jika disusun menjadi teks anekdot adalah ….
a.
2,7,4, 5,3,6,8,1
b.
2, 4,5, 7,3,6,1,8
c.
5,2,7,6,4,3,1,8
d.
2,7,4,6,1,3,5, 8
e.
2,7, 6, 1, 3, 4,5,8
E
Petunjuk
Topik yang bisa
dikembangkan menjadi teks anekdot adalah topik yang bisa dijadikan hal yang
lucu/konyol/jengkel.
Pembahasan
Kerangka karangan
teks anekdot tersebut adalah 2,7, 6, 1, 3, 4,5,8.
26. Berikut ini , yang termasuk teks anekdot
adalah….
a.
Harimau (Panthera tigris)
digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar”itu
adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5
meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan
cokelat keemasan-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam
b.
Saudara-saudara yang saya
hormati, Beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta
demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung.Saya berharap,
siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada
untuk menerima segala kebijakannya.
c.
Pernahkah Anda membuat SIM,
misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini
bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang
benar.
d.
Perdagangan bebas yang diusung
oleh sebuah negara dipastikan dapat menguntungkan atau merugikan negara yang
bersangkutan. Dampak negatif kebijakan politik negara di sektor ekonomi ini
mudah kita temukan di Indonesia.
e.
Ibu-ibu sedang kerja bakti
membersihkan jalan desa pada pagi hari. Suasana terkesan ramai, obrolan seputar
harga, gosip, dan anak. “Wah, bulan ini banyak pangeluaran. Anak saya masuk
kuliah dan adiknya masuk SMA,” kata Bu Tini “Semua ternak saya, saya sekolahkan
Bu biar pintar” sambung Bu Tini “He..he..he” tawa Bu Romlah renyah Mereka pun
melanjutkan membersihkan rumput di kanan dan kiri
E
Petunjuk
Teks anekdot
memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan moral, unsur
lucu/jengkel/konyol, dan ciri kebahasaan.
Pembahasan
• Teks berikut ini
termasuk teks observasi
Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar”itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemasan-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam
• Teks berikut ini termasuk teks pidato
Saudara-saudara yang saya hormati,
Beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta dmokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung.Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.
• Teks berikut ini termasuk teks prosedur kompleks
Pernahkah Anda membuat SIM, misalnya SIM C?Mengurus SIM tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar.
• Teks berikut ini termasuk teks eksposisi
Perdagangan bebas yang diusung oleh sebuah negara dipastikan dapat menguntungkan atau merugikan negara yang bersangkutan.Dampak negatif kebijakan politik negara di sektor ekonomi ini mudah kita temukan di Indonesia.
• Teks berikut ini termasuk teks anekdot karena memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan moral, unsur lucu/jengkel/konyol, dan ciri kebahasaan.
Ibu-ibu sedang kerja bakti membersihkan jalan desa pada pagi hari. Suasana terkesan ramai, obrolan seputar harga, gosip, dan anak.
“Wah, bulan ini banyak pangeluaran. Anak saya masuk kuliah dan adiknya masuk SMA,” kata Bu Tini
“Semua ternak saya, saya sekolahkan Bu biar pintar” sambung Bu Tini
“He..he..he” tawa Bu Romlah renyah
Mereka pun melanjutkan membersihkan rumput di kanan dan kiri
Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar”itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemasan-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam
• Teks berikut ini termasuk teks pidato
Saudara-saudara yang saya hormati,
Beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta dmokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung.Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.
• Teks berikut ini termasuk teks prosedur kompleks
Pernahkah Anda membuat SIM, misalnya SIM C?Mengurus SIM tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar.
• Teks berikut ini termasuk teks eksposisi
Perdagangan bebas yang diusung oleh sebuah negara dipastikan dapat menguntungkan atau merugikan negara yang bersangkutan.Dampak negatif kebijakan politik negara di sektor ekonomi ini mudah kita temukan di Indonesia.
• Teks berikut ini termasuk teks anekdot karena memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan moral, unsur lucu/jengkel/konyol, dan ciri kebahasaan.
Ibu-ibu sedang kerja bakti membersihkan jalan desa pada pagi hari. Suasana terkesan ramai, obrolan seputar harga, gosip, dan anak.
“Wah, bulan ini banyak pangeluaran. Anak saya masuk kuliah dan adiknya masuk SMA,” kata Bu Tini
“Semua ternak saya, saya sekolahkan Bu biar pintar” sambung Bu Tini
“He..he..he” tawa Bu Romlah renyah
Mereka pun melanjutkan membersihkan rumput di kanan dan kiri
27. Berikut ini, manakah yang termasuk teks anekdot
.…
a.
Sudah diketahui oleh semua
orang bahwa pendidikan formal itu penting. Akan tetapi, apakah seseorang akan
menjadi pemimpin sosial atau pemimpin politik yang bagus pada kemudian hari
tidak selalu ditentukan oleh pendidikan formalnya. Diyakini bahwa pengalaman
juga menjadi faktor penentu untuk menuju kesuksesan.
b.
Meskipun pemerintah melarang
transaksi spesies binatang langka, dalam praktiknya populasi binatang yang
dilindungi makin berkurang. Dengan beragam motif, manusia makin berusaha
memiliki secara pribadi binatang-binatang langka tersebut. Apalagi, ketika
pasar domestik atau pasar internasional berani membeli spesies binatang langka
dengan harga tinggi, makin tinggi pula pelanggaran terhadap larangan
memperjualbelikan binatang langka tersebut.
c.
Pertumbuhan penduduk di bumi
ini menimbulkan bertambahnya permukiman, pabrik, perkantoran, dan lain-lain.
Pembangunan permukiman, pabrik, dan perkantoran itu dilakukan dengan
memanfaatkan wilayah hutan tempat berbagai jenis binatang hidup. Ketika hutan
dirusak untuk tujuan-tujuan tersebut, habitat atau wilayah tempat
binatang-binatang itu hidup akan berkurang. Hal itu menyebabkan ketersediaan
pangan untuk binatang-binatang itu berkurang. Perubahan kondisi alam yang
demikian itu menyebabkan kepunahan beberapa spesies binatang yang hidup di
hutan tersebut.
d.
Program Akselerasi sangat
dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme belajar cepat. Meskipun sering
dikatakan terlalu mahal, itu tidak berarti bahwa program ini tidak diperlukan.
e.
Reuni berlangsung di sekolah
daun Irwan bertanya pada Rudi," Wah, kamu jadi pejabat, ya?". "
Kok tahu?" tanya Rudi lalu Irwan menjawab' " Ya, tahu lah…wajahmu kan
gambar uang." Mereka tertawa bersama, hanyut dalam suasana gembira.
E
Petunjuk
Teks anekdot memiliki
struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan moral, unsur
lucu/jengkel/konyol, dan ciri kebahasaan.
Pembahasan
Teks berikut ini
termasuk teks anekdot karena memiliki struktur
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan moral, unsur lucu/jengkel/konyol,
dan ciri kebahasaan.
Reuni berlangsung
di sekolah daun Irwan bertanya pada Rudi," Wah, kamu jadi pejabat,
ya?". " Kok tahu?" tanya Rudi lalu Irwan menjawab' " Ya,
tahu lah…wajahmu kan gambar uang." Mereka tertawa bersama, hanyut dalam
suasana gembira.
Teks yang lainnya
termasuk ke dalam eksposisi.
28. Amati teks berikut ini!
Teks 1
Seekor kutu tinggal pada tanduk banteng. Setelah ada di sana sekian lama dan merasa ingin pindah, dia kemudian bertanya pada banteng apakah sang banteng memang ingin pindah. “Aku tak tahu kapan kau datang, jawab si banteng, “kurasa aku pun tak perlu memberi peringatan saat kau pergi.”
Teks 2
Sejak bertemu dengan dia, hidupku menjadi lebih berarti. Setiap hari aku mendapatkan wejangan-wajangan darinya. Salah satunya adalah wejangan bagaimana cara menikmati hidup agar tidak tamak dan selalu bersyukur. “Seandainya bisa, manusia pasti akan menggenggam dunia,” katanya suatu saat.
Teks 3
Saudara-saudara yang saya hormati, beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung. Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya. |
Yang termasuk teks
anekdot adalah….
a.
Teks 1
b.
Teks 2
c.
Teks 3
d.
Teks 1 dan 2
e.
Teks 2 dan 3
A
Petunjuk
Ciri-ciri teks
anekdot:
1. Mengandung unsur lucu/konyol
2. Mengandung pelajaran/moral
3. Memiliki struktur, minimal orientasi-krisis-reaksi
1. Mengandung unsur lucu/konyol
2. Mengandung pelajaran/moral
3. Memiliki struktur, minimal orientasi-krisis-reaksi
Pembahasan
Teks 1 mengandung
unsur lucu dan konyol, mengandung pelajaran yaitu pahamilah keberadaan orang
lain, dan memiliki struktur teks abstraksi-orientasi-krisis-reaksi.
Teks 2 merupakan teks narasi
Teks 3 merupakan teks pidato
Teks 2 merupakan teks narasi
Teks 3 merupakan teks pidato
29. Bacalah teks anekdot di bawah ini!
Musim kemarau telah tiba. Semua
sumur di pegunungan kering. Warga mencari air di mata air di bukit atau
menunggu distribusi air dari pemerintah.
“Kemarau tahun ini begitu panjang, ya!” kata Deni. “Iya. Tenaga saya dah habis untuk membawa air turun dan naik di bukit sebelah.” Kata salah satu warga ketika menungu distribusi air dari pemerintah. “Den, kita bisa dapat air banyak dengan syarat kita harus membasahi petugasnya sehingga kita mendapatkan jatah yang banyak.” “Wah..kalau seperti ini terus, ktidak hanya sumur kita ang kering tapi kantong kita ikut kering. Bisa jadi perut kita hanya penuh air tanpa makan.” Jawab Deni. “biarkan sumur kita ang kering jangan sampai kantong kita ikut kering.” Kata warga lain. |
Berikut ini yang
bukan peristiwa dalam teks di atas adalah ….
a.
Musim kemarau tiba.
b.
Warga menunggu distribusi air.
c.
Warga membayar denda jika
terlambat.
d.
Jatah air warga dibatasi.
e.
Warga harus mengeluarkan uang
yang banyak jika ingin mendapat jatah air yang lebih.
C
Petunjuk
Peristiwa adalah
keadaan yang menimpa tokoh atau terjadinya sesuatu.
Pembahasan
Keadaan yang
menimpa tokoh adalah musim kemarau tiba, warga menunggu distribusi air, Jatah
air warga dibatasi, dan warga harus mengeluarkan uang yang banyak jika ngin
mendapat jatah air yang lebih. Yang bukan termasuk peristiwa dalam teks anekdot
di atas adalah warga membayar denda ketika terlambat datang mengambil jatah
air.
30. Bacalah teks berikut ini!
Suatu hari
cacing ketemu semut di permukaan tanah dekat dengan gua semut.
Semut: Cing, kenapa kau tidak takut gelap di dalam tanah? Cacing: Kenapa harus takut, Mut? Apakah kamu juga takut dimarahi manusia jika kau mencuri makanan mereka? Semut: tidak juga. Cacing: nah, itu jawabanya? Kenapa, Mut? Semut: karena kita dapat makan sehingga perut kita kenyang. Cacing: yup, tepat, seratus. |
Latar peristiwa tersebut adalah ….
a.
permukaan tanah dekat gua semut
b.
gua semut
c.
dalam tanah
d.
siang hari
e.
riang
A
Petunjuk
Latar adalah
tempat/waktu/suasana peristiwa terjadi.
Pembahasan
Latar yang
terdapat dalam teks di atas adalah latar tempat. Latar tempat peristiwa itu
terjadi adalah di permukaan tanah dekat gua semut.
31. Bacalah teks anekdot berikut ini!
Matahari
menyinsing di ufuk timur. Seekor burung merpati terbang meninggalkan
sarangnya untuk mencari makan. Ceriwit anak burung bersahut-sahutan membuat
suasana pagi har semakin indah.
“Aku kan mengambil seuli padi milik petani ini.” Kata burung merpati dengan yakin. “Tapi, mana aku kuat?” Petani mendengar perkataan burung merpati. “Rung, nanti saya bawakan saja, seuli padi ini ke tempatmu.” Kata petani tuk mengetahui sarangnya dan akan menangkap anak-anaknya. “Terimakasih Pak Tani, kau sungguh baik sekali.” Pak Tani pun pergi membawakan seuli padi dan menyerahkannya kepada merpati. “Bu, saya tidak mau makan padi ini.” “Mengapa? “Karena saya takut setelah kami besar nanti pak tani menangkap kami dan menjadikan kami santapan.” Induk merpati pun sadar, mengapa petani memberikan banyak padi. |
Berikut ini bukan merupakan pesan moral teks di
atas ….
a.
Jangan mudah percaya pada orang
lain.
b.
Sayangilah anak-anakmu.
c.
Mencari kelengahan seseorang.
d.
Bantulah orang lain dengan
ikhlas.
e.
Berbagilah dengan orang lain.
C
Petunjuk
Pesan moral adalah
ajaran atau hikmah ang bisa diambil dari sebuah cerita.
Pembahasan
Teks di atas
memiliki pesan moral sebagai berikut.
• Jangan mudah percaya pada orang lain
• Sayangilah anak-anakmu
• Bantulah orang lain dengan ikhlas
• Berbagilah dengan orang lain
• Hormatilah orang tuamu
Pesan moral di atas adalah hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil dari sebuah cerita.
• Jangan mudah percaya pada orang lain
• Sayangilah anak-anakmu
• Bantulah orang lain dengan ikhlas
• Berbagilah dengan orang lain
• Hormatilah orang tuamu
Pesan moral di atas adalah hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil dari sebuah cerita.
32. Bacalah teks berikut ini!
(1)Negeri awan termasuk negara yang
memiliki tingkat etika yang tinggi. Di setiap sudut kota pasti ada petugas
etika.
(2)Qiqi datang dari negeri bintang untuk tugas belajar. Qiqi merasa lapar, seharian dia belum makan karena harus mengurus izin belajar di negeri tersebut. Akan tetapi dia harus antre. Hati qiqi merasa tenang karena dia ingat kalau di dalam tasna ada sebuah pisang. Sambil menuju antrean Qiqi makan pisang. Semua mata menuju dirinya. Qiqi tetap tak peduli. (3)Petugas etika datang menegur Qiqi. (4)“Maaf, Mbak kalua makan silakan duduk di sofa sebelah sana!” kata petugas sambil menunjukkan keberadaan sofa di ruang itu. “Iya, Pak..saya tidak bisa duduk karena pantat saya bisulan, Pak. Wah, Pak rasanya sakit sekali. Bapak tidak percaya? ” jawab Qiqi dengan alasan. ”Eh, Pak…kulit pisang ini juga aku makan sebagai obat bisul.” Sambil menggigit kulit pisang. (5)Petugas etika terkejut lalu pergi meninggal Qiqi. |
Abstraksi teks di
atas adalah….
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
A
Petunjuk
Abstraksi adalah
keadaan awal cerita.
Pembahasan
Keadaan atau awal
cerita teks di atas terdapat pada no 1. Nomor 2 merupakan orientasi. Nomor 3-4
merupkan krisis. Nomor 5 merupakan reaksi dan koda.
33. Bacalah teks anekdot berikut ini!
Sungai di desa
Batu sangat jernih. Ikan berenang dengan senang.
“ Koi, kau nyaman tidak tinggal di sungai ini?” “Nyaman sekali. Tapi akhir-akhir ini saya sering dikejutkan” “Dikejutkan?” “Ya, dikejutkan ulah manusia dengan listrik.” “Pak, bulan Januari TDL nain, gas naik, dan sembako juga naik” Mendengar sura itu, pak Abu kaget dan jatuh pingsan. |
Peristiwa penting teks di atas adalah….
a.
Sungai terlihat bening.
b.
Ikan koi dan mas merasa nyaman.
c.
Penangkapan ikan dengan disetrum.
d.
Pak Abu pingsan mendengar
perkataan koi.
e.
Suasana kembali tenteram.
D
Petunjuk
Peristiwa penting
adalah peristiwa yang tidak bisa dihilangkan. Kalau dihilangkan, teks anekdot
tersebut tidak memiliki satu kesatuan makna.
Pembahasan
Peristiwa penting
yang terdapat dalam teks anekdot di atas adalah sebagai berikut.
• Pak abu cari ikan di sungai dengan setrum.
• Koi dan mas bercakap-cakap.
• Koi mengatakan bulan januari gas naik, TDL naik, dan sembako naik.
• pak abu pingsan mendengar perkataan Koi.
• Pak abu cari ikan di sungai dengan setrum.
• Koi dan mas bercakap-cakap.
• Koi mengatakan bulan januari gas naik, TDL naik, dan sembako naik.
• pak abu pingsan mendengar perkataan Koi.
Singapura
termasuk salah satu negara yang bersih. Siapa pun yang membuang sampah
sembarangan bisa didenda meskipun hanya membuang permen.
Suatu ketika si Azam sedang berlibur, tetapi tampaknya ia tak tahu akan adanya peraturan itu. Ia sendirian sambil duduk di bangku. Kemudian ia mengeluarkan permen kesukaanya. Karena permen sudah hampir habis, ia membuang permen itu begitu saja dan jatuh persis di sisi kaki kanannya. Tanpa disangka-sangka, tiba-tiba datang petugas dan menegur Azam dengan suara tegas. “Tahukah Anda bahwa Anda telah melakukan pelanggaran?” “Tidak tahu. Apa gerangan yang telah saya perbuat?” Jawab Azam. “Anda telah membuang sampah sembarangan”, tegas petugas itu. Dengan sigap Azam menjawab, “Oh…, maaf terjatuh.” Lalu, diambilnya permen itu serta langsung diisapnya lagi. Petugas itu hanya terbelalak keheranan. Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam. |
Kalimat yang
menunjukkan hal yang lucu/jengkel/konyol adalah ….
a.
Karena permen sudah hampir habis,
ia membuang permen begitu saja dan jatuh persis di sisi kaki kanannya.
b.
Tanpa disangka-sangka, petugas
datang dan menegur Azam dengan suara tegas.
c.
“Anda telah membuang sampah
sembarangan, tegas petugas itu.
d.
Petugas itu hanya terbelalak keheranan.
Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.
e.
Lalu, diambilnya permen itu serta langsung
diisapnya lagi.
E
Petunjuk
Hal yang lucu
adalah hal yang menggelitik.
Pembahasan
Hal yang
menggelitik dari cerita tersebut adalah Azam yang membuang permen tapi diambilnya
lagi dan diisapnya. Hal ini terdapat dalam kalimat ‘Lalu, diambilnya permen itu serta langsung
diisapnya lagi’.
35.
Bacalah secara saksama!
Harimau dapat mencapai tinggi 1,5
meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih
dan coklat keemasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi tarinya
kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar
yang kuat untuk menerkam mangsanya.
|
Teks
laporan di atas berbentuk...
a.
definisi
b.
eksposisi
c.
klasifikasi
d.
deskripsi
e.
argumentasi
D
36. Perhatikan
teks eksposisi berikut!
(1) Struktur
bahasa akan memengaruhi pembentukan budaya serta tingkah laku.(2) Demikianlah
teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf. (3) Satu contoh yang pernah
penulis temukan adalah mengenai perbedaan struktur bahasa jerman dengan bahasa
Indonesia. (4)Dalam banyak hal, Struktur kalimat kompleks bahasa Jerman
menekankan posisi predikat ada pada bagian akhir kalimat. (5)Jika kita ingin
membentuk kalimat saya mau meminum kopi di kafe dalam bahasa Jerman, bentuk
yang muncul adalah Ich moechte im kaffee einen kaffee trinken.
(6)Bentuk kata trinken ‘meminum’ muncul pada bagian akhir kalimat.
(7)Proses seperti ini ternyata berpengaruh pada cara orang Jerman yang selalu
berusaha untuk tidak memotong pembicaraan saat berkomunikasi antarsesama.
(8)Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi
budaya masyarakatnya.
Kalimat yang
menunjukkan letak bagian argumen muncul pada nomor….
a.
1, 3, dan 4
b.
2, 3, dan 5
c.
3, 4, dan 5
d.
2, 5, dan 6
e.
2, 7, dan 8
C
Petunjuk
Carilah kalimat
yang mengandung alasan untuk membuktikan tesisnya. Pahami dan perhatikan bahwa
tesis akan muncul di bagian awal teks dan argumentasi muncul setelahnya.
Pembahasan
Kalimat argumen
adalah kalimat yang berisi alasan atau pembuktian terhadap tesis yang
ditawarkan. Kalimat nomor 1 dan 2 berisi tesis eksposisi. Tesis ini kemudian
diperkuat dan dibuktikan oleh kalimat No 3 – 7. Kalimat No. 8 berisi penegasan
ulang atas tesis yang telah disampaikan.
37. Bacalah secara saksama!
(1) Sebagai
teks hasil produksi budaya, teks sejarah membutuhkan tiga hal: tesis,
antitesis, dan sintesis.
(2) Lihatlah bagaimana banyak sejarawan muncul untuk mengkritisi dan menolak anggapan orde baru mengenai peristiwa G 30 S dan bagaimana Sokarno dipaksa untuk lengser dengan menyalahgunakan Supersemar. (3) Sebuah teks sejarah sejatinya terbuka dalam menerima kritik dan koreksi. (4) Apa yang kita anggap benar pada masa lalu belum tentu bertahan hingga masa sekarang. (5) Itu semua adalah bentuk kritik dan koreksi terhadap konstruksi sejarah yang ada. |
Teks eksposisi di
atas tidaklah padu. Agar menjadi teks eksposisi yang baik, susunan yang tepat
adalah….
a.
3-1-5-2-4
b.
3-1-4-5-2
c.
3-1-4-2-5
d.
3-1-2-4-5
e.
3-1-5-4-2
C
Petunjuk
Cari terlebih
dahulu bagian tesis dan simpulan agar mudah melihat susunan yang tepat. Jika
tesis adalah 3 dan simpulan adalah 5, pilihan hanya tersisa dua opsi. Lalu
susun fakta/contoh yang muncul sehingga terbentuk penyajian fakta secara runut.
Pembahasan
Teks eksposisi
tersusun dengan urutan tesis-argumentasi-simpulan. Kalimat yang cocok untuk
menjadi tesis muncul pada No. 3 karena berisi pernyataan sudut pandang. Sudut
pandang ini harus diperkuat oleh argumen yang menyatakan alasan mengapa sejarah
dapat dikritisi. Informasi ini muncul pada No. 1 dan No. 4. Contoh kritik
terhadap sejarah diberikan oleh kalimat No. 2 dan diakhiri oleh simpulan yang
ditandai oleh pronomina penunjuk, yaitu kata itulah.
38. Perhatikan teks berikut!
Bahasa
Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa
Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan bahasa Indonesia di
negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah
menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di
Vietnam, bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan bahasa
Inggris. Bahkan, di Australia, bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata
pelajaran di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya
bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan ASEAN.
|
Kata hubung yang
digunakan sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di atas
adalah….
a.
Yang
b.
selain itu
c.
bahkan
d.
dan
e.
jadi
E
Petunjuk
Karena penegasan
ulang muncul pada akhir teks, kalian dapat mencari kata hubung yang digunakan
di dalam kalimat terakhir.
Pembahasan
Tesis dapat
ditegaskan kembali pada akhir teks dengan menggunakan kata hubung yang
menunjukkan hubungan sebab-akibat. Kata yang dimaksud muncul pada kalimat
terakhir, yaitu kata jadi. Namun, yang dapat menjadi catatan adalah kata
bahkan. Kata bahkan memang muncul untuk memberikan makna penegasan, tetapi
penegasan yang dilakukan hanya sebatas menegaskan kembali contoh, bukan
menegaskan tesis.
Pada opsi yang, kata yang digunakan sebagai penanda keterangan perluasan kemudian kata selain it serta dan digunakan sebagai penanda tambahan.
Pada opsi yang, kata yang digunakan sebagai penanda keterangan perluasan kemudian kata selain it serta dan digunakan sebagai penanda tambahan.
39. Pahami kutipan teks berikut!
Sejarah
memang telah membuktikan bahwa konflik selalu menimbulkan hal-hal negatif.
Lihat saja Perang Dunia I, Perang Dunia II, yang kemudian dilanjutkan
Perang Dingin. Kesemuanya muncul akibat adanya konflik.
|
Dalam teks
eksposisi, kutipan teks di atas lebih tepat jika dimasukkan ke dalam bagian….
a.
Tesis
b.
Pernyataan umum
c.
Argumentasi
d.
Penegasan ulang
e.
Orientasi
D
Petunjuk
Buang yang bukan
bagian struktur eksposisi lalu pahami bahwa tesis hanya berupa pernyataan, argumentasi
hanya berisi alasan atas tesis, dan penegasan ulang adalah pernyataan tesis
yang dilengkapi oleh argumentasi.
Pembahasan
Ciri tesis
biasanya singkat dan mengandung tema. Ia belum memiliki pembuktian dan alasan,
sedangkan argumentasi biasanya hanya berupa penunjukan fakta dan alasan.
Kutipan teks di atas justru mengandung dua hal (bisa jadi merupakan gabungan
antara tesis dan argumentasi): pernyataan penulis dan pemberian alasan. Dengan
demikian, ini adalah bagian dari penegasan ulang.
40.
Bacalah secara saksama!
Benda
di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan
melakukan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
|
Teks
laporan di atas adalah bagian pernyataan umum atau ...
a.
deskripsi
b.
definisi
c.
klasifikasi
d.
sebab-akibat
e.
contoh
jawab: C
Kuncis
1
|
E
|
11
|
D
|
21
|
C
|
31
|
C
|
2
|
B
|
12
|
C
|
22
|
A
|
32
|
A
|
3
|
C
|
13
|
D
|
23
|
B
|
33
|
D
|
4
|
D
|
14
|
C
|
24
|
A
|
34
|
E
|
5
|
A
|
15
|
E
|
25
|
E
|
35
|
D
|
6
|
D
|
16
|
C
|
26
|
E
|
36
|
C
|
7
|
B
|
17
|
D
|
27
|
E
|
37
|
C
|
8
|
B
|
18
|
E
|
28
|
A
|
38
|
E
|
9
|
B
|
19
|
B
|
29
|
C
|
39
|
D
|
10
|
C
|
20
|
A
|
30
|
A
|
40
|
C
|
No comments:
Post a Comment