Pages - Menu

Monday, 22 November 2021

soal Penilaian Akhir Semester 1 bahasa indonesia

 





1.      Cermati paragraf berikut!

 

Upacara adat tradisional Grebek yang diadakan setahun sekali, yakni pada Lebaran atau Lebaran hari kedua, berlangsung sekitar 40 menit, sejak pukul 09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Berbagai uborampe (barang) dan udik-udik (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan dan makanan tradisional yang ditata dan disusun seperti bentuk gunung, dikirab oleh para prajurit abdi dalem Kraton Yogyakarta dengan rute dari dalam kraton (Pagelaran).

 Paragraf tersebut menjelaskan hal-hal berikut, kecuali ..

A.    macam-macam kegiatan

B.     nama kegiatan

C.     manfaat kegiatan

D.    pelaku kegiatan

E.     proses pelaksanaan kegiatan

 

KUNCI: C

 

2.      Fakta dalam paragraf tersebut diperoleh melalui ….

A. perekaman

B. proses pencatatan

C. wawancara dengan narasumber

D. pengamatan lapangan

E. penyebaran angket

 

KUNCI: D

 

 

3.      Cermati paragraf berikut!

 

Pada saat dibawa keluar dari dalam Keraton Yogyakarta, dikirabkan di alun-alun utara kraton tersebut, dan dibawa ke Pengulon atau salah satu gedung yang berada di sebelah Masjid Besar keraton itu, gunungan (sesaji berbentuk gunung) menjadi tontonan menarik ribuan penonton. Sesampainya di Pengulon, sesaji berupa apel, jeruk, kacang panjang, telur rebus dan jadah (makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan) itu didoakan oleh para abdi dalem terlebih dahulu, baru selanjutnya diperebutkan oleh para warga yang menonton.

 

Dalam struktur laporan observasi, paragraf tersebut termasuk ke dalam bagian .

A. koda

B. abstrak

C. krisis

D. deskripsi umum

E. deskripsi perbagian

 

Kunci: E

 

4.      Bacalah teks laporan hasil observasi berikut ini dengan cermat!

Sendra Tari Ramayana

Sendratari Ramayana atau yang juga dikenal dengan istilah Ramayana Ballet merupakan sebuah pagelaran yang menggabungkan antara seni drama dan tari yang mengangkat cerita Ramayana. Cerita Ramayana merupakan sebuah legenda yang terpahat indah pada dinding Candi Siwa, salah satu candi yang ada di kompleks Candi Prambanan. Jika Anda berkunjung ke candi tersebut dan berjalan secara pradaksina (searah jarum jam), Anda akan menemukan alur cerita Ramayana melalui relief yang ada di sana.

Panggung yang megah dengan latar belakang Candi Prambanan yang menyala terang oleh lampu sorot berwarna kekuningan adalah hal pertama yang Anda lihat saat berada di lokasi pertunjukan. Di ujung panggung ada belasan niyaga (penabuh gamelan) dengan gamelannya. Paduan bunyi kenong, gambang, saron, kendang, dan sesekali gong akan menemani Anda selama pertunjukan. Alunan suaranya membius begitu dalam dan mampu mencipta imaji menuju Dunia Ramayana.

            Pertunjukan dilanjutkan dengan petualangan Rama, Shinta, dan Laksmana di Hutan Dandaka. Di hutan mereka bertemu dengan Rahwana yang ingin memiliki Shinta karena dianggap sebagai jelmaan Dewi Widowati, wanita yang telah lama dicarinya. Untuk menarik perhatian Shinta, Rahwana mengubah salah seorang pengikutnya menjadi seekor kijang yang cantik. Shinta terpikat kepada kijang tersebut, dan meminta Rama untuk memburunya. Setelah lama tak kunjung kembali, Laksmana berusaha mencari Rama dengan meninggalkan Shinta yang telah diberi perlindungan berupa lingkaran sakti. Namun, perlindungan itu gagal dan Shinta berhasil diculik oleh Rahwana.

            Dengan menyaksikan sendratari Ramayana ini, kita dapat melihat keindahan penari yang sedang menari di sebuah pentas. Di samping itu, kita seharusnya juga dapat melestarikan  budaya yang adiluhung ini. Selain itu, amanah dari cerita ini baik untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, jika kita mengambil  hikmah dari cerita itu.

Sumber : http://jogjatrip.com/id/200/Sendratari-Ramayana-Prambanan

 

Penulisan judul teks laporan hasil observasi tersebut salah, berikut ini pembentulannya …

A.    Sendratari Ramayana

B.     Sendra Tari Ramayana

C.     Sendera Tari Ramayana

D.    Sandera Tari Ramayana

E.     Sendra tari Ramayana

 

Kunci jawaban: A

 

 

 

 

5.      Berikut ini yang bukan deskripsi manfaat dari teks laporan hasil observasi tersebut adalah ….

A.    Kita dapat menyaksikan sendratari Ramayana.

B.     Kita dapat melihat keindahan penari yang sedang menari di sebuah pentas.

C.     Kita seharusnya juga dapat melestarikan  budaya yang adiluhung ini.

D.    Amanah dari cerita ini baik untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari

E.     Sendratari Ramayana merupakan sebuah pagelaran yang menggabungkan antara seni drama dan tari yang mengangkat cerita Ramayana.

 

Kunci jawaban: E

 

6.      Berikut ini adalah kalimat simpleks ….

 

A.    Dengan menyaksikan sendratari Ramayana ini, kita dapat melihat keindahan penari yang sedang menari di sebuah pentas.

B.     Di samping itu, kita seharusnya juga dapat melestarikan  budaya yang adiluhung ini.

C.     Selain itu, amanah dari cerita ini baik untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, jika kita mengambil  hikmah dari cerita itu.

D.    Di hutan mereka bertemu dengan Rahwana yang ingin memiliki Shinta karena dianggap sebagai jelmaan Dewi Widowati, wanita yang telah lama dicarinya. Untuk menarik perhatian Shinta,

E.     Jika Anda berkunjung ke candi tersebut dan berjalan secara pradaksina (searah jarum jam), Anda akan menemukan alur cerita Ramayana melalui relief yang ada di sana.

 

Kunci jawaban: B

 

 

7.      Bacalah kutipan teks berikut ini dengan cermat!

(1)              Motif batik Parang Kusumo mengandung makna hidup yang dilandasi perjuangan untuk mencari keharuman lahir dan batin. (2) Parang berasal dari kata Pereng yang berarti lereng. (3) Perengan menggambarkan sebuah garis menurun. (4) Ini menggambarkan dari tinggi ke rendah secara diagonal. (5) Susunan motif S jalin-menjalin tidak putus. (6) Ini melambangkan kesinambungan. (7) Bentuk dasar huruf S diambil dari ombak samudra yang menggambarkan semangat yang tidak pernah padam. (8) Kata kusumo diibaratkan sebagai keharuman bunga (kusuma). (9) Bagi orang Jawa, hidup di masyarakat yang paling utama dicari adalah keharuman pribadinya tanpa meninggalkan norma-norma yang berlaku agar dapat terhindar dari bencana. (10) Walaupun sulit untuk direalisasikan, namun umumnya orang Jawa berharap bisa menemukan hidup yang sempurna lahir batin.

 

Sumber:https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/03/28/makna-batik-parang-yang-tak-sembarangan

 

Berikut ini kalimat kompleks yang terdapat dalam paragraf tersebut ….

A.    (1), (2), (3)

B.     (1), (9), (10)

C.     (1), (5), (6)

D.    (1), (8), (9)

E.     (2), (8), (9)

 

Kunci jawaban: B

 

8.      Kalimat definisi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah...

A.    (5)

B.     (6)

C.     (7)

D.    (8)

E.     (9)

 

Kunci Jawaban: E

 

9.      Paragraf tersebut merupakan contoh laporan hasil observasi karena ...

A.    berdasarkan imajinasi penulisnya.

B.     Berdasarkan khayalan penulisnya.

C.     menggambarkan suatu kejadian yang sangat berkesan.

D.    menceritakan suatu kegiatan yang terjadi di lingkungannya.

E.     mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan

 

Kunci Jawaban: E

 

10.  Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

 

Labuhan adalah kebudayaan yang berasal dari daerah Yogyakarta. Labuhan merupakan adat istiadat yang telah dilakukan sejak zaman Mataram Islam abad ke-14 yang sampai saat ini masih lestari.

 

Dalam struktur teks laporan observasi paragraf tersebut tergolong ke bagian ….

A.        tesis

B.        abstrak

C.        definisi umum

D.        deskripsi bagian

E.         deskripsi manfaat.

 

Kunci jawaban: C

 

 

 

11.  Bacalah teks eksposisi berikut ini dengan cermat!

 

Perilaku remaja sekarang ini telah menyimpang jauh dari nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat. Hal ini karena beberapa faktor, seperti kurang tersaringnya budaya barat yang masuk ke Indonesia. Budaya-budaya yang masuk tersebut dinilai contoh kehidupan yang baik dan dijadikan suatu kebiasaan baru oleh kalangan remaja sekarang ini. Yang patut disayangkan adalah perilaku yang ditiru adalah perilaku buruk dari budaya barat tersebut, misalnya seks bebas, narkoba dan lain sebagainya. Faktor kedua yakni kurangnya pengetahuan akan ilmu agama oleh para remaja. Padahal, ilmu agama sangat penting dan bermanfaat, karena dapat mengontrol diri untuk menghindari suatu perbuatan yang tercela. Yang terakhir adalah kurangnya pengawasan dari orang tua. Orang tua sangat bertanggung jawab terhadap perilaku dan pergaulan anak-anaknya.

 

Permasalahan yang muncul dalam teks di atas adalah ....

A.       Budaya-budaya yang masuk dinilai contoh kehidupan yang baik dan dijadikan suatu kebiasaan baru oleh kalangan remaja.

B.        Kurangnya pengetahuan akan ilmu agama oleh para remaja.

C.        Penyimpangan prilaku remaja pada zaman sekarang.

D.       Orang tua sangat bertanggung jawab terhadap perilaku dan pergaulan anak- anaknya.

E.        Ilmu agama sangat penting dan bermanfaat, karena dapat mengontrol diri untuk menghindari suatu perbuatan yang tercela.

 

KUNCI C

 

12.  Bacalah teks eksposisi berikut ini dengan cermat!

 

Indonesia memiliki berbagai rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur. Salah satunya adalah kencur. Kencur selain sebagai bumbu dapur juga  bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional yaitu obat batuk herbal. Untuk obat batuk, kencur bisa dicampur dengan jeruk nipis, jahe, dan madu.

 

Isi teks eksposisi di atas adalah….

A.        Indonesia memilik beragam rempah

B.        Kencur bisa digunakan sebagai obat batuk

C.        Kencur salah satu rempah

D.        Jeruk nipis, jahe, dan madu harus dicampur kencur

E.         Kencur adalah bumbu dapur yang berkhasiat

 

Kunci E

 

 

 

13.  Bacalah teks eksposisi berikut ini dengan cermat!

 

Kita sebagai generasi muda harus bisa melestarikan serta membudayakan alat musik tradisional khususnya Karawitan. Kita adalah generasi penerus yang harus bisa mempertahankan sekaligus mengembangkan kebudayaan ini.

 

Kata ini pada paragraf di atas mengacu pada ….

A.    Generasi muda

B.     Karawitan

C.     Generasi penerus

D.    Alat musik modern

E.     Generasi modern

 

Kunci: B

 

14.  Tentukan manakah kalimat di bawah ini yang bukan merupakan kalimat persuasif!

A.    Para siswa justru harus menunjukkan kelas tersendiri dalam hal berbahasa.

B.     Dengan makna tersebut, kata gua seharusnya ditujukan untuk penyebutan nama tempat, seperti Gua Selarong, Gua Jepang, Gua Pemijahan, dan seterusnya; dan bukangganti orang (persona).

C.     Penerepan perdagangan bebas masih perlu kita pertimbangkan dan Indonesia harus lebih berhati-hati.

D.    Sebaiknya dicarikan solusi yang tepat untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.

E.     Motif batik kawung telah dikenal sejak abad ke-13 oleh Sultan Mataram.

 

Kunci: E

 

15.  Bacalah teks eksposisi berikut ini dengan cermat!

 

Kita cermati berbagai sisi dan … lain dari pengalaman baru itu. Di antaranya agar masyarakat dan pemerintah, termasuk pemimpin masyarakat, menangkap dan memahami perubahan dan pengaruh kehadiran …. informasi. Pemerintah dan masyarakat tak bisa bersikap lain, kecuali menangkap perubahan serta pengaruh yang hadir serta berperannya aneka macam teknologi dan …. baru  itu.

 

Penulisan kata teknis yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf di atas adalah . . .

A.   dimensi, tekhnologi, komunikasi

B.    dimensi, tehnologi, komunikasi

C.    dimension, teknologi, komunikasi

D.   dimensi, teknologi, komunikasi

E.    dimensi, teknologi, komunikation

 

Kunci: D

 

16.  Bacalah kutipan teks eksposisi berikut ini dengan cermat!

 

Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.

 

Kata bercetak miring pada kalimat di atas merupakan konjungsi…

A.    Kausalitas

B.     Korelatif

C.     Temporal

D.    Pertentangan

E.     Syarat

 

Kunci: C

 

 

17.  Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

 

Dilansir dari situs resmi Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta, sejarah Tari Serimpi tidak dapat terlepas dari kisah raja Mataram yakni Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Pada masa kekuasaan Sultan Agung, Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan dan sangat terkenal hingga ke penjuru nusantara. Salah satu bukti kejayaannya adalah berkembangnya kesenian tradisional dari dalam keraton, termasuk Tari Serimpi.

Sejak zaman dulu, kesenian ini memperlihatkan keindahan serta nilai estetika seni tinggi dan identik dengan keanggunan, kecantikan, serta kesopanan para penarinya.

Jenis Tari Serimpi pada masa Sultan ke-3 ini memiliki fungsi sakral yakni hanya dipertunjukkan pada acara-acara tertentu seperti acara pisowanan agung maupun acara peringatan hari penting kerajaan.

 

Judul yang tepat untuk wacana eksposisi di atas adalah….

A.    Tari Serimpi Masih Diminati Anak-Anak

B.     Tari Serimpi sebagai Seni Budaya  Yogyakarta

C.     Ikon Budaya Jawa Tengah

D.    Belajar Tari Serimpi

E.     Sejarah Tari Serimpi

 

Kunci jawaban: E

 

 

18.  Di bawah ini adalah kalimat yang dapat digunakan sebagai tesis dalam teks eksposisi adalah…

A.    Batik Motif parang kusumo merupakan batik tradisional asli berasal dari Daerah Istrimewa Yogyakarta.

B.     Pertama, siapkan seluruh alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat batik.

C.     Selanjutnya Anda bisa memulai untuk membuat pola batik parang kusumo di atas kertas.

D.    Gunakan alat bantu seperti penggaris untuk memudahkan membuat garis diagonal secara rapi.

E.     Jiplak pola kertas ke atas kain putih untuk segera tindaklanjuti.

 

Kunci jawaban: A

 

19.  Bacalah kutipan teks eksposisi berikut ini dengan cermat!

 

Menurut Sultan, abdi dalem yang masih aktif bertugas di pemerintahan wajib untuk merancang dan memanfaatkan dana keistimewaan (danais) untuk program kebudayaan masyarakat. Hal itu tentu saja harus sesuai dengan aturan yang ada.

Selain itu juga harus mengedepankan skala prioritas demi kesejahteraan masyarakat. Hal itu seperti yang tertera pada surat "ajipamasa". "Hal itu diharapkan bisa memacu berkembangnya kegiatan-kegiatan lain yang membangkitkan prakarsa masyarakat agar bisa mandiri," kata Sultan yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sultan mengatakan hal itu dilakukan dengan semangat "golong gilig" bertekad menjadi satu, manunggal dengan pemerintah, para empu, akademisi dan kaum cendekiawan, pemerhati budaya dan seni serta seluruh masyarakat.

Konjungsi setara yang terdapat di dalam teks eksposisi di atas adalah …

A.    dan

B.     Selain itu

C.     Juga

D.    bisa

E.     agar

 

Kunci A

 

20.  Bacalah kutipan teks eksposisi di bawah ini!

 

Adapun sanksinya bagi yang merokok di KTR (Kawasan Tanpa Rokok) diatur di Pasal 199 ayat (2) UU Kesehatan, yang bunyinya:

Setiap orang yang dengan sengaja melanggar kawasan tanpa rokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 115 dipidana denda paling banyak Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).

Sehingga terhadap murid dan guru yang merokok di lingkungan sekolah bisa dikenakan sanksi berupa pidana denda maksimal Rp 50 juta karena telah melanggar kawasan tanpa rokok yang seharusnya bebas dari asap rokok.

 

Sumber: https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5c9c5047793a7/hukumnya-jika-guru-dan-murid-merokok-di-lingkungan-sekolah/#_ftn2

 

Kata penghubung untuk menandai akibat yang terdapat di dalam teks di atas adalah ...

A.    Sehingga

B.     Adapun

C.     Yang

D.    Tetapi

E.     Namun

Kunci: A

 

 

21.  Cermatilah teks berikut ini!

 

Teks 1

Seekor kutu tinggal pada tanduk banteng. Setelah ada di sana sekian lama dan merasa ingin pindah, dia kemudian bertanya pada banteng apakah sang banteng memang ingin pindah. “Aku tak tahu kapan kau datang, jawab si banteng, “kurasa aku pun tak perlu memberi peringatan saat kau pergi.”

Teks 2

Sejak bertemu dengan dia, hidupku menjadi lebih berarti. Setiap hari aku mendapatkan wejangan-wajangan darinya. Salah satunya adalah wejangan bagaimana cara menikmati hidup agar tidak tamak dan selalu bersyukur. “Seandainya bisa, manusia pasti akan menggenggam dunia,” katanya suatu saat.

Teks 3

Saudara-saudara yang saya hormati, beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil presiden secara langsung. Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.

Sumber : http://masroniguru13.blogspot.com/2017/11/penilaian-harian-teks-anekdot- dan.html

 

Berdasarkan isi teks yang termasuk teks anekdot adalah...

A.    Teks 1

B.     Teks 2

C.     Teks 3

D.    Teks 1 dan teks 2

E.     Teks 2 dan teks 3

 

Kunci A

 

22.  Bacalah susunan teks anekdot berikut ini dengan saksama!

 

(1)  “Kita sudah memenuhi permintaanmu.” kata editor itu memberitahu si pengarang.

(2)  Artikel itu disertai dengan sepucuk surat dari pengarangnya : “Atur saja

pemberian tanda bacanya dengan benar dan terbitkan seluruh ceritanya.”

(3)  “Tapi di waktu yang akan datang, silakan kirimkan saja pemberian tanda bacanya.

Lalu kita terkenal karena menulis artikel kita sendiri.”

(4)  Gondolin, seorang penerbit dan editor yang terkenal dari harian Italia IL Mesagero, menerima sebuah artikel yang agak buruk dari seorang temannya yang sekaligus seorang politikus.

Sumber : https://www.materibindo.com/2019/10/contoh-soal-teks-anekdot-dan- jawabannya.html

Susunan potongan-potongan teks yang tepat agar menjadi anekdot yang utuh dan padat adalah...

A.   (4)-(1)-(2)-(3)

B.    (4)-(3)-(1)-(2)

C.    (4)-(2)-(3)-(1)

D.   (4)-(2)-(1)-(3)

E.    (4)-(3)-(2)-(1)

 

Kunci jawaban: D

 

23.  Bacalah teks anekdot berikut dengan cermat!

Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Lia bertanya pada dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP,Pak?”

Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Lia!” pinta beliau.

Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya.

Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, “Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?”

Dasar si Ahmad, pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.

Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian...

A.    Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara

B.     Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana

C.     Sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen

D.    Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad

E.     Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawa pertanyaan dosen

Kunci A

 

24.  Makna tersirat pada teks anekdot tersebut adalah...

A.    Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang Hukum Pidana.

B.     Mengkritik bapak dosen yang sedang memberikan kuliah hukum pidana

C.     Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap.

D.    Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik.

E.     Menyindir Lia yang bertanya kepanjangan KUHP

 

Kunci C

 

25.  Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

Kisah Pengadilan Tindak Pidana Korupsi

 

Pada puncak pengadilan korupsi politik, Jaksa penuntut umum menyerang saksi.“Apakah benar,” teriak Jaksa, “Bahwa Anda menerima lima ribu dolar untuk berkompromi dalam kasus ini?” Saksi menatap keluar jendela seolah-olah tidak mendengar pertanyaan.“Bukankah benar bahwa Anda menerima lima ribu dolar untuk berkompromi dalam kasus ini?” ulang pengacara.

Saksi masih tidak menanggapi.

Akhirnya, hakim berkata, “Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa!”

“Oh, maaf!”Saksi terkejut sambil berkata kepada hakim, “Saya pikir dia tadi berbicara dengan Anda.”

 

Kalimat yang menggunakan keterangan waktu pada teks anekdot tersebut adalah ….

A.       Hakim berkata agar saksi menjawab pertanyaan Jaksa.

B.       Saksi terkejut karena ia mengira jaksa tidak bicara kepadanya.

C.       Saksi menatap keluar jendela seolah-olah tidak mendengar pertanyaan.

D.       Bahwa ia menerima lima ribu dolar untuk berkompromi dalam kasus ini.

E.        Pada puncak pengadilan korupsi politik, Jaksa penuntut umum menyerang saksi.

 

Kunci E

 

26.  Kalimat yang menunjukkan kalimat seru adalah ….

A.       “Apakah benar,” teriak Jaksa,

B.       “Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa.

C.       “Saya pikir dia tadi berbicara dengan Anda.”

D.     “Oh, maaf! ”Saksi terkejut sambil berkata kepada hakim.

E.        “Bukankah benar bahwa Anda menerima lima ribu dolar?”

Kunci D

 

27.  Kalimat yang menujukkan kalimat imperatif?

A.    “Apakah benar,” teriak Jaksa,

B.     “Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa!”

C.     “Saya pikir dia tadi berbicara dengan Anda.”

D.    “Oh, maaf! ”Saksi terkejut sambil berkata kepada hakim.

E.     “Bukankah benar bahwa Anda menerima lima ribu dolar?”

 

Kunci B

 

28.  Kalimat yang menujukkan kata kerja mental adalah ….

A.       terkejut

B.       berteriak

C.       berbicara

D.       menyerang

E.        mendengar

Kunci A

 

29.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

Teks 1 

... Singkat cerita, Darman, seorang politikus yang tidak tulus tidak mau menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia mencari strategi agar tetap menjadi perhatian media. Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.

       Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman masih bisa diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa tertulis di dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!          

 

Teks 2

... Ketika Otong ditinggal teman-temannya di hutan,...

“Loh mana teman-teman guwe ya...”. Tapi Otong melihat jejak yang dibuat teman-temannya. Otong pun tanpa pikir panjang mengikuti jejak tersebut. Dan di tengah perjalanan, hutan itu penuh kabut yang mengakibatkan jejak itu menghilang. Dan, Otong pun panik.  Ia pun berdoa “Ya Tuhan lebih baik mati dimakan macan daripada saya tersesat di hutan ini.”  

        Tidak lama kemudian Otong melihat seekor macan di balik semak-semak. Otong kaget dan lari terbirit-birit. Dengan kencang Otong lari. Dia melihat sebuah gua dan ia pun masuk dan menutup gua tersebut dengan rumput. Di dalam gua Otong berdoa, Ya Tuhan gitu aja kok dibuat beneran sih...”

 

Perbandingan dua teks di atas antara lain adalah...

A.    Teks 1 berupa anekdot dan memiliki sindiran, teks 2 berupa teks humor tidak berisi sindiran.

B.     Teks 1 berupa anekdot dan tidak memiliki sindiran, teks 2 berupa teks humor berisi sindiran.

C.     Teks 1 dan teks 2 adalah anekdot yang memiliki sindiran.

D.    Teks 1 dan 2 sama-sama mengandung kelucuan dan sindiran.

E.     Teks 1 tidak mengandung unsur kelucuan, teks 2 tidak mengandung unsur kelucuan.

 

Kunci: A

 

30.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!

1)      Mahasiswa menjawab Mau Perjuangkan nasib Rakyat.

2)      Perkuliahan dimulai

3)      Pak Dosen menggelengkan kepala

4)      Pak dosen bertanya pada mahsiswa lain

5)      Mahasiswa lain menjawab “Majelis Permusyawaratan Rakyat”

6)      Pak guru bertanya kepada salah satu mahasiswa, kepanjangan MPR

7)      Suasana kelas tenang

8)      Kuliah berakhir.

 

Kalimat di atas jika disusun menjadi teks anekdot adalah ….

A.    2, 7, 4, 5, 3, 6, 8, 1   

B.     2, 7, 4, 6, 1, 3, 5, 8     

C.     2, 4, 5, 7, 3, 6, 1, 8   

D.    2, 7, 6, 1, 3, 4, 5, 8          

E.     5, 2, 7, 6, 4, 3, 1, 8

 

Kunci D

 

31.  Cermatilah kedua kutipan berikut dengan saksama!

 

Kutipan hikayat (1)

Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya. Setelah beberapa lamanya, mereka belajar pula ilmu senjata, ilmu hikmat, dan isyarat tipu peperangan. Maka baginda pun bimbanglah, tidak tahu siapa yang patut dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu sama-sama gagah.

Jikalau baginda pun mencari muslihat; ia menceritakan kepada kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda yang berkata kepadanya: barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yangdipegangnya, ialah yang patut menjadi raja di dalam negeri.

 

Kutipan cerpen (2)

“Memang ngapain sih Mas, ke Madura segala? Lama lagi!”

“Diajak survei sama salah satu profesor dan kontraktor, untuk perencanaan bangunan besar disana, Dik Manis! “Sekalian penelitian skripsi Mas….”Ah, soal bangunan dan penelitian skripsi. Lalu kenapa Mas Gagah bisa berubah jadi aneh gara-gara hal tersebut? Pikirku waktu itu.

“Mas ketemu kiai hebat di Madura,” cerita Mas Gagah antusias. “Namanya Kiai Ghufron! Subhanallah, orangnya sangat bersahaja, santri-santrinya luar biasa! Di sana Mas memakai waktu luang Mas untuk mengaji pada beliau. Dan tiba-tiba dunia jadi lebih benderang!” tambahnya penuh semangat.“Nanti kapan-kapan kita kesana, ya, Git.

 

Pernyatan berikut yang sesuai dengan penggalan hikayat dan cerpen di atas adalah….

A.     Kedua kutipan di atas menggunakan konjungsi di awal kalimat.

B.     Kedua kutipan di atas tidak menggunakan konjungsi di awal kalimat.

C.     Kedua kutipan di atas menggunakan konjungsi di awal dan akhir kalimat.

D.     Kutipan 1, menggunakan konjungsi di awal kalimat sedangkan kutipan 2 tidak menggunakan konjungsi di awal kalimat.

E.      Kutipan pertama menggunakan konjungsi diakhir kalimat sedangkan kutipan 2 menggunakan konjungsi di awal dan akhir kalimat.

 

32.  Persaman kedua penggalan di atas dilihat dari temanya adalah….

A.     Pendidikan

B.     Petualangan

C.     Kekuasaan

D.     Pengabdian

E.      Keadilan

 

33.  Persamaan kedua penggalan tersebut adalah…

A.     Kedua kutipan tersebut menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

B.     Kedua kutipan tersebut menggunakan bahasa yang tidak lazim digunakan.

C.     Kedua kutipan tersebut menggunakan dialog dalam mengungkapkan ceritanya.

D.     Kedua kutipan tersebut menceritakan manfaat dari mengaji yang dilakukannya.

E.      Kedua kutipan tersebut menceritakaa macam-macam ilmu yang dipelajari ketika mengaji.

34.  Kedua kutipan tersebut menjelaskan kebingungan antar tokohnya. Penyebab kebingungan tersebut adalah…

A.     Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan materi pengajian sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan dalam memahami ilmu.

B.     Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan materi pengajian sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan adik terhadap perubahan sikap kakaknya.

C.     Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan pengganti tahta sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan seorang adik dalam melihat perubahan sikap kakaknya.

D.     Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan kapan mulai mengaji sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan dalam memahami ilmu.

E.      Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan materi pengajian sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan dalam melihat perubahan sikap kakaknya.

 

35.  Nilai yang mendominasi pada kedua kutipa tersebut adalah….

A.     Sosial

B.     Budaya

C.     Religi

D.     Pendidikan

E.      Estetika

 

36.  Cermatilah kedua kutipan berikut!

Kutipan cerpen

Entah darimana asalnya, tiada seorang warga pun yang tahu. Tiba- tiba saja datang ke kampung kami dengan pakaian tampak lusuh. Kami sempat menganggap dia adalah pengemis yang diutus kitab suci. Dia bertubuh jangkung tetapi terkesan membungkuk, barangkali karena usia. Peci melingkar di kepala. Jenggot lebat mengitari wajah. Tanpa mengenakan kacamata, membuat matanya yang hampa terlihat lebih suram, dia menawarkan pijatan dari rumah ke rumah. Kami melihat mata yang bagai selalu ingin memejam, hanya selapis putih yang terlihat.

Kami pun penasaran ingin merasakan pijatannya. Maklum, tak ada tukang pijat di kampung kami, apalagi yang keliling. Biasanya kami saling pijat-memijat dengan istri di rumah masing-masing, itu pun hanya sekadarnya. Kami harus menuju ke dukun pijat di kampung sebelah bila ingin merasakan pijatan yang sungguh-sungguh atau mengurut tangan kaki kami yang terkilir.

 

Kutipan hikayat

Maka Si Miskin itupun sampailah ke penghadapan itu. Setelah dilihat oleh orang banyak, Si Miskinlakibinidenganrupakainnyasepertidimamah anjing rupanya. Makaorang banyak itupunramailah ia tertawa seraya mengambil kayu dan batu. Hikayat Si Miskin

 

Majas yang digunakan pada kedua kutipan di atas adalah…

A.     Alegori

B.     Simile

C.     Antonomasia

D.     Hiperbola

E.      Pleonasme

 

37.  Pendeskripsian tokoh pada kedua kutipan di atas menunjukkan kalau tokoh tersebut adalah seseorang yang berasal dari….

A.     Kaum bangsawan

B.     Kerabat kerajaan

C.     Orang kebanyakan

D.     Orang miskin

E.      Kaum terpelajar

 

38.  Nilai yang mendominasi pada kedua kutipan tersebut adalah nilai….

A.     Agama

B.     Sosial

C.     Pendiaikan

D.     Budaya

E.      Estetika

 

 

39.  Cermatilah kedua kutipan berikut!

Kutipan cerpen

Jam dinding rumahku menunjukkan pukul 19.00 WIB. Setelah shalat berjamaah, kami sekeluarga pun makan malam bersama. Ada ayah, ibu dan aku. Memang benar aku adalah anak tunggal. Sebelum kami menghabiskan makan malam, ibu berkata jika ibu akan menginap di rumah nenek selama 2 hari untuk merawat nenek yang sedang sakit. Perasan seprang Ibu.

 

Kutipan hikayat

Adapun Raja Kabir itu takluk kepada Buraksa dan akan menyerahkan putrinya, Puteri Kemala Sari sebagai upeti. Kalau tiada demikian, negeri itu akan dibinasakan  oleh  Buraksa.

Ditambahkannya bahwa Raja Kabir sudah mencanangkan bahwa barang siapa yang dapat membunuh Buraksa itu akan dinikahkan dengan anak perempuannya yang terlalu elok parasnya itu. Hatta berapa lamanya Puteri Kemala Sari pun sakit mata, terlalu sangat. Hikayat Indera Sri Bagawan.

 

Nilai budaya yang ada pada kedua penggalan tersebut adalah….

A.     Makan bersama dan membayar upeti

B.     Sholat berjamah dan membayar upeti

C.     Menengok orang tua dan membayar upeti.

D.     Shalat bersama dan mengadakan sayembara

E.      Makan bersama dan menyembuhkan penyakit.

 

 40.  Pada kutipan hikayat dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa bahasanya adalah….

A.     Menggunakan banyak majas majas

B.     Menggunakan kata penghubung di awal kalimat

C.     Menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari

D.     Menggunakan kata-kata arkais di setiap kalimat.

E.      Menggunakan kata penghubung di awak kalimat dan kata arkais.


41.  Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!

Text Box: Bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpahan air sungai yang kerap terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran sungai (DAS). Kawasan hulu hingga hilir perlu direhabilitasi pemerintah untuk mengatasi bencana hidrologi ini. Pertumbuhan penduduk yang bermukim di daerah aliran sungai telah melemahkan daya dukung lingkungan kawasan tersebut. Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS mendorong konversi hutan menjadi areal perkebunan dan pemukimam. Berkurangnya areal vegetasi akan mengurangi daya serap air. Perubahan lahan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan berupa erosi dan longsor. Data Kementerian Pertanian dan Kementerian pekerjaan Umum menunjukkan bahwa dari 458 DAS di Indonesia 282 dalam kondisi kritis, 176 DAS juga berpotensi kritis.Kekritisan kawasan dilihat dari cakupan vegetasi dan tingkat erosi.


 

Teks tersebut dapat diklasifikasikan teks eksposisi karena....

A.  mengandung sebuah rekomendasi kepada pemerintah

B.   mengungkapkan bencana banjir yang kerap terjadi

C.   berisi pendapat penulis diikuti argumentasi

D.  menjelaskan permasalahan banjir dan sebab-sebabnya

E.   menjelaskan sebuah permasalahan

 

42.  Bacalah kutipan teks di bawah ini !

Text Box: Pembangunan dan Bencana Lingkungan
Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana. Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai dampak pembagunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.
Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resanpan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.
Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera di atasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.


 

Argumen    mendukung     pendapat    yang    disampaikan     penulis    bahwa    masalah lingkungan merupakan masalah yang serius terdapat pada kalimat …

A.     Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana.

B.     Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.

C.     Setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.


 

 

D.     Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai dampak pembagunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.

E.      Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera di atasi.

 

43.  Bagian rekomendasi pada kutipan teks eksposisi Pembangunan dan Bencana Lingkungan terdapat pada paragraf …

A.     Paragraf pertama kalimat kedu

B.     Paragraf kedua kalimat pertama

C.     Paragraf kedua kalimat kedua

D.     Paragraf kedua kalimat ketiga

E.      Paragraf ketiga

 

44.  Kalimat argumen yang berisikan fakta di dalam kutipan teks eksposisi Pembangunan dan Bencana Lingkungan terdapat dalam kalimat ….

A.     Bencana alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana.

B.     Banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007.

C.     Debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.

D.     Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai.

E.      Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera di atasi.

 

45.  Bacalah teks eksposisi berikut!

Text Box: Anak yang terlalu sering menggunakan gawai akan menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Kemampuan dalam memahami perasaan orang lain juga berkurang karena seharusnya anak lebih banyak pembelajaran secara konkret.

 

Kutipan di atas pada struktur teks eksposisi merupakan bagian...

A.     tesis

B.     orientasi

C.     argumentasi

D.     abstrak

E.      penegasan ulang

 

46.  Kalimat di bawah ini menggunakan kata kerja mental, kecuali…

A.     Tak menyangka, salah seorang siswa di samping saya juga memperhatikan percakapan mereka.

B.     Meskipun begitu, tidak sedikit juga orang yang melakukan olahraga dengan salah hingga berakhir di ranjang rumah sakit

C.     Peristiwa tersebut mencerminkan bahwa ada dua kelompok siswa yang memiliki sikap berbahasa yang berbeda di sekolah tersebut.

D.     Proses tersebut melibatkan emosi, penalaran, dan keterampilan secara serempak dalam suatu komunikasi edukatif.

E.      Prasangka baik saya, bukannya mereka tidak memahami akan perlunya ketertiban berbahasa di lingkungan sekolah.


 

 

47.  Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.

Kata bercetak miring pada kalimat di atas merupakan konjungsi…

A.     Kausalitas

B.     Korelatif

C.     Temporal

D.     Pertentangan

E.      Syarat

 

48.  Cermatilah paragraf berikut ini dengan saksama!

Text Box: Kita cermati berbagai sisi dan . . . lain dari pengalaman baru itu. Di antaranya agar masyarakat dan pemerintah, termasuk pemimpin masyarakat, menangkap dan memahami perubahan dan pengaruh kehadiran . . . informasi. Pemerintah dan masyarakat tak bisa bersikap lain, kecuali menangkap perubahan serta pengaruh yang hadir serta berperannya aneka macam teknologi dan . . . baru  itu.

 

Penulisan kata teknis yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf di atas adalah . . .

A.     dimensi, tekhnologi, komunikasi

B.     dimensi, tehnologi, komunikasi

C.     dimension, teknologi, komunikasi

D.     dimensi, teknologi, komunikasi

E.      dimensi, teknologi, komunikation

 

49.  Tentukan manakah kalimat di bawah ini yang bukan merupakan kalimat persuasif!

 

A.     Para siswa justru harus menunjukkan kelas tersendiri dalam hal berbahasa.

B.     Dengan makna tersebut, kata gua seharusnya ditujukan untuk penyebutan nama tempat, seperti Gua Selarong, Gua Jepang, Gua Pemijahan, dan seterusnya; dan bukangganti orang (persona).

C.     Penerepan perdagangan bebas masih perlu kita pertimbangkan dan Indonesia harus lebih berhati-hati.

D.     Sebaiknya dicarikan solusi yang tepat untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.

E.      Bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpahan air sungai yang kerap terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran sungai.

 

50.  Cermati kalimat berkut ini!

Text Box: Menurut beberapa penelitian, kesantunan juga melekat dengan kepribadian suatu bangsa ataupun kelompok masyarakat.

 

Kata yang bercetak miring pada kalimat di atas bermakna…

A.     Rujukan

B.     Sebab-akibat

C.     Persuasif

D.     Imperatif

E.      Kausalitas

 

 

No comments:

Post a Comment