Pages - Menu

Monday, 26 December 2016

SOAL TKM BAHASA INDONESIA KTSP KELAS XII


SOAL TES KENDALI MUTU 2016/2017

Mata Pelajaran               : BAHASA INDONESIA
Kelas/Program               : XII/ IPA IPS
Hari, Tanggal                 :
Waktu                            :  120 Menit

PETUNJUK UMUM
1.    Berdoalah sebelum Anda mengerjakan soal.
2.    Laporkan pada pengawas apabila terdapat tulisan yang kurang jelas
3.    Jumlah soal sebanyak 50 butir.

PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf A, B, C, D atau  E pada lembar jawaban yang telah tersedia!

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1-5!
………………..
Maraknya papan reklame di hampir seluruh sudut kota dirasakan sebagai perampasan ruang publik oleh para kapitalis karena publik seakan dijejali berbagai produk agar mau membelinya. Karena itu, maraknya seni mural di tembok-tembok kota dapat dirasakan sebagai aksi merebut kembali ruang publik itu agar terbebas dari penjajahan dunia industri. Dengan seni mural masyarakat dapat menemukan suasana baru yang lebih nyaman. Setidaknya seni mural memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat pemandangan baru yang bebas dari unsur bisnis.
Dominasi iklan pada berbagai billboard di pinggir-pinggir jalan terasa sangat represif. Perusahaan pemasang iklan dan pemerintah tidak pernah meminta persetujuan dulu kepada publik. Memang ada beberapa iklan yang masih memberi penghormatan kepada karya seni. Iklan Sampoerna, misalnya, tidak terlalu verbal mempromosikan produknya. Di luar negeri, di Prancis, bahkan hanya mencantumkan nama perusahaan pada karya seni pelukis ternama.
Ruang publik harus diperhatikan. Karena, bisa jadi tempat yang selama ini jadi ajang lukisan mural diubah menjadi tempat pemasangan iklan, seperti di berbagai tempat di Bandung. Beberapa bangunan gedung dekat jalan raya dimanfaatkan perusahaan setempat untuk papan iklan, padahal sebelumnya sebagai ajang seni mural.
Untuk itu, pemerintah harus memperhatikan kepentingan masyarakat dengan menyediakan ruang publik. Kalau pemerintah hanya memburu kepentingan ekonomi semata, masyarakat hanya akan dijejali dengan informasi bisnis, masalah ekonomi yang  dapat memupuk pola hidup konsumtif. Pikiran kreatif akan semakin kerdil.


1.    Gagasan utama paragraf pertama adalah ….
A.       papan reklame semakin marak di sudut-sudut kota
B.       maraknya papan reklame merupakan perampasan hak publik
C.      maraknya seni mural sebagai aksi merebut kembali ruang publik
D.      seni mural dapat menciptakan suasana baru bagi masyarakat
E.       seni mural dapat membebaskan masyarakat dari unsur bisnis

2.    Paragraf yang di dalamnya terdapat pernyataan faktual adalah paragraf ke- ….
A.    1 dan 2     
B.    2 dan 3     
C.   3 dan 4     
D.   4 dan 1     
E.    1 dan 3

3.    Judul yang paling tepat untuk wacana tersebut adalah …
A.    Mengembangkan Bisnis dengan Mural
B.    Perhatian Pemerintah terhadap Mural
C.   Perampasan Kapitalis terhadap Mural
D.   Merebut Kembali Ruang Publik dengan Mural
E.    Mengembangkan Kreativitas Seni Mural

4.    Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan wacana tersebut adalah …
A.    Seni mural dapat mengembalikan ruang publik.
B.    Pemerintah harus berperan dalam menyediakan ruang publik.
C.   Masyarakat harus diberi hak untuk ikut menentukan tempat reklame.
D.   Tanpa persetujuan publik pemasangan iklan termasuk tindakan represif.
E.    Seni mural juga dapat mengembangkan kepentingan bisnis.

5.    Makna istilah yang bercetak tebal  adalah…
A.    menekan
B.    mengangkhawatirkan
C.   menarik
D.   membosankan
E.    meriah

Bacalah teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada tahun 1925.

6.    Isi penggalan biografi tersebut adalah  … .
A.    riwayat pribadi tokoh
B.    pendidikan tokoh
C.   kehidupan orang tua tokoh
D.   karakter tokoh
E.    cita-cita tokoh

7.    Keistimewaan tokoh yang disampaikan dalam biografi tersebut adalah bahwa tokoh itu …
A.    keturunan bangsawan
B.    termasuk orang pandai
C.   akan mampu menjadi pemimpin
D.   menjadi seorang insinyur
E.    anak priyayi, guru dan bangsawan









Bacalah kutipan paragraf berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal no. 8-9!

(1)Musim kemarau tahun ini merupakan kemarau terparah dalam sepuluh tahun terakhir. (2) Tidak turunnya hujan slama lima bulan menyebabkan tanah-tanah  dan sumber air menjadi kering. (3) Menurut BMKG, tahun ini diperkirakan hujan akan turun memasuki bulan depan. (4) Jika hal itu terjadi, maka bisa dipastikan kemarau ini bukan kemarau biasa karena terjadi selama tujuh bulan. (5) Sedangkan, menurut  data yang dikeluarkan oleh BMKG tahun lalu, kemarau hanya terjadi selama lima bulan. (6) Maka dapat dipastikan kacaunya musim tahun ini bisa saja disebabkan oleh kesalahan manusia.

8.    Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A.    Akibatnya petani banyak yang memanen hasil persawahannya ketika tanaman padi masih muda.
B.    Akibatnya petani banyak petani yang berpindah profesi menjadi pedagang asongan maupun keliling.
C.   Alhasil, petani-petani berupaya sebisa mungkin untuk menyelamatkan tanamannya dengan berbagai cara.
D.   Alhasil, petani-petani banyak mengalami gagal panen karena tidak ada air yang mengairi persawahan mereka.
E.    Alhasil, petani-petani banyak yang melakukan sharing kepada ahli-ahli pertanian untuk menyelamatkan tanaman mereka.

9.    Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama adalah kalimat nomor ...
A.    ( 2 )
B.    ( 3 )
C.   ( 4 )
D.   ( 5 )
E.    ( 6 )

Bacalah kutipan berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 10-11!
Dalam era globalisasi, urbanisasi telah terjadi di berbagai daerah (1). Kenyataan menunjukkan, banyak warga di pedesaan merasakan bahwa agroindusri tak bisa memberi lapangan kerja. (2) Urbanisasi yang terjadi di kota ternyata tak bisa memberikan lapangan kerja. (3) Mereka pun lari ke negeri Jiran atau Timur Tengah. (4) Padahal di Indonesia terdapat sumber daya alam yang bisa menghidupi, bahkan meningkatkan kemakmuran. (5)


10.  Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah….
A.   1
B.   2
C.   3
D.   4
E.   5

11.  Permasalahan dalam tajuk tersebut ditujukan kepada….
A.    pemerintah negeri jiran
B.    masyarakat desa
C.   masyarakat kota
D.   kaum urban
E.    pemerintah





12.  Bacalah kalimat  berikut dengan cermat!
Ibu yang memasangkan saya dasi ini.


Imbuhan pada kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut sama dengan kalimat ….
A.       Kata-katanya justru mengecilkan nyali anak itu.
B.       Makanan ini akan segera memulihkan kondisimu.
C.      Siapa yang mencarikan kawan seperti dia?
D.      Tulisan itu melukiskan keindahan alam Sumatra.
E.       Rapat ini sedang membicarakan pegawai yang akan dimutasi.
\
              Bacalah kutipan hikayat dengan saksama untuk mengerjakan soal no. 13-14! 
   Setelah beberapa lamanya, mereka belajar pula ilmu senjata, ilmu hikmat, dan isyarat tipu peperangan. Maka baginda pun bimbanglah, tidak tahu siapa yang patut dirajakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu sama-sama gagah. Jikalau baginda pun mencari muslihat ia menceritakan kepada kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda yang berkata kepadanya barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yang dipegangnya, ialah yang patut menjadi raja di dalam negeri.
Setelah mendengar kata-kata baginda, Syah Peri dan Indera Bangsawan pun bermohon pergi mencari buluh perindu itu. Mereka masuk hutan keluar hutan,
naik gunung turun gunung, masuk rimba keluar rimba, menuju ke a suatu hari, hujan pun turunlah dengan angin ribut, kelam kabut, gelap gulita, dan tiada kelihatan barang suatu pun. Maka, Syah Peri dan Indera Bangsawan
pun bercerailah. Setelah teduh hujan ribut, merekapun pergi saling mencari.

13.  Isi cuplikan hikayat sastra Melayu Klasik tersebut adalah ...
A.    Pewarisan kedudukan raja dengan usaha kompetitif
B.    Pemberian kedudukan raja kepada putera mahkota
C.   Perpisahan jalan Putera mahkota, Syah Peri dan Indera Bangsawan
D.   Pembekalan putera mahkota dengan  ilmu senjata, hikmat, tipu peperangan
E.    Perjalan putera mahkota menuju negeri impian dengan keluar masuk hutan

14.  Karakteristik yang menonjol pada penggalan hikayat tersebut adalah...
A.    Istana sentris dan struktur kebahasaan
B.    Kemustahilan dan pelakunya dewa dewi
C.   Pelakunya dewa dewi dan struktur kebahasaan
D.   Berkaitan denga kesaktian dan kemustahilan
E.    Struktur kebahasaan dan kemustahilan


Bacalah penggalan novel berikut untuk mengerjakan soal 15-18!
Tidak banyak yang diingatnya dari rapat yang penuh bersemangat itu. Semua orang bersumpah berani mati, dan berani berkurban untuk kemerdekaan. Hazil yang berbicara paling banyak. Membawa bermacam-macam rencana tentang cara-cara mencari senjata. Dan alangkah terkejutnya dia ketika dipilih menjadi kurir –pengantar—senjata dan surat-surat di dalam kota Jakarta. Alasan pemuda-pemuda itu ialah karena dia guru sekolah maka orang tidak akan curiga kepadanya.
Isa  mencoba menolak dengan lemah, tetapi sebentar kemudian dia merasa tenggelam dalam desakan-desakan dari segala pihak.
Pulang dari rapat itu dia bercerita pada Fatimah
“Aku takut sebenarnya, Fat,”katanya,”tidak pernah aku berorganisasi seperti itu. Main senjata lagi. Memakai pistol saja aku tidak tahu. Tetapi kalau tidak ikut, apa kata orang.”
“Tidak perlu engkau takut, Is,” kata Fatimah, istrinya, membalas,”bukankah semua orang ikut. Jangan-jangan dicap jadi mata-mata musuh lagi (Mochtar Lubis, Jalan Tak Ada Ujung).


15.  Kaitan isi cerita dengan kehidupan sehari-hari adalah …
A.    Dalam berorganisasi diharuskan bersumpah berani mati jika memang benar.
B.    Seseorang yang berprofesi  sebagi guru  dianggap sebagai orang yang baik.
C.   Menjadi kurir  dianggap sebagai pekerjaan yang  berat dan berisiko.
D.   Suami  akan bercerita kepada istrinya jika mempunyai masalah di kantornya.
E.    Jika tidak mau melaksanakan tugas dianggap sebagai mata-mata musuh.

16.  Penyebab terjadinya konflik dalam novel tersebut adalah … .
A.    istrinya, Fatimah, tidak setuju bila guru Isa ikut organisasi
B.    dipilih menjadi kurir, tetapi tidak punya keberanian dalam hal perang
C.   tokoh utama didesak oleh pemuda-pemuda untuk bergabung
D.   tugas kurir tidak sesuai dengan profesinya sebagai seorang guru
E.    menolak tugas yang diberikan sebagai kurir karena dia seorang guru

17.  Karakter tokoh Isa dalam penggalan tersebut adalah … .
A.    sangat setia pada tugasnya
B.    setia pada istri
C.   bercita-cita tinggi
D.   takut pada peperangan
E.    berjiwa nasionalis
18.  Cara pendiskripsian watak tokoh ‘Isa’ tersebut adalah….
A.    analitik
B.    deskripsi fisik
C.   jalan pikiran tokoh
D.   tanggapan tokoh lain
E.    lingkungan tokoh

Perhatikan penggalan drama berikut untuk mengerjakan soal no. 19-20!
Atun       : Masih sakit, Pak Udin? (1)
Bapak    : (suara lemah) Yaa, rasanya makin parah saja.(2)
Atun       : (melihat sekeliling) Tapi, tunggakan sewa rumah yang sudah enam bulan akan dilunasi segera, kan? Aku lihat Amat sedang keluar, ia sedang berusaha, bukan?  (3)
Bapak    : Saya ... saya belum dapat melunasi sekarang. Untuk berobat juga tidak ada .... (batuk-batuk) (4)
Atun       : (mengejek) Saya tidak memaksa, Pak Udin, tetapi saya juga perlu uang. Kalau terus terang menunggu juga, kapan saya dapat hidup? Padahal, banyak orang lain yang mau menyewa rumah ini juga .... (5)
Bapak    : Kalau saya akan segera melunasinya (batuk-batuk) atau, ... kami akan pindah saja.( 6)
Atun       : (beridiri menuju pintu) Bagus, tapi yang enam bulan jangan lupa! (7)
Bapak    : (terbaring lemah, tangannya mengapai-gapai meja dekat tempat tidur akan mengambil gelas, tetapi gelas terjatuh).(8)

19.  Suasana yang menggambarkan kemarahan terdapat pada dialog nomor …
A.    1 dan 2
B.    2 dan 5
C.   3 dan 7
D.   5 dan 7
E.    5  dan 8

20.  Masalah yang diungkapkan dalam dialog drama tersebut adalah ….
A.    Bapak yang sakitnya semakin parah saja
B.    Bapak yang belum bisa membayar sewa rumah
C.   Atun yang menagih uang sewa rumah
D.   Atun yang sedang membutuhkan uang
E.    Ada penyewa  baru yang mau menggantikan

21.  Cermatilah teks gurindam berikut!

Keaiban orang jangan dibuka
Keaiban sendiri hendaklah sangka

Maksud gurindam tersebut adalah ...
A. Tidak baik membicarakan kesalahan/kejelekan orang lain di hadapan umum.
B. Tidak baik membuka kesalahan diri sendiri dan usahakan memperbaikinya.
C. Lebih baik mengoreksi diri sendiri daripada membicarakan kejelekan orang lain.
D. Hindarkan sifat ingin mengetahui kekurangan atau kejelekan  orang lain.
E. Kejelekan diri sendiri tidak pantas dibicarakan dengan orang lain.

22.  Cermati puisi berikut!
Hari depan Indonesia adalah dua ratus juta mulut yang menganga
Hari depan Indonesia adalah bola-bola lampu 15 watt
Sebagian berwarna putih dan sebagian hitam     yang menyala bergantian
                          (Taufik Ismail – Kembalikan Indonesia padaku)


Majas berikut ini yang tidak terdapat dalam puisi tersebut adalah ….
A.       repetisi                  
B.       paralelisme
C.      hiperbola              
D.      personifikasi
E.       metafora

23.  Berikut ini yang termasuk puisi lama jenis gurindam adalah

A.    Minum jamu daun asem
Lama tak ketemu, rasanya kangen
B.    Perkumpulan laki-laki dan perempuan
Di situlah syetan bakal punya jamuan
C.   Mendengarkan puputan menurutkan kerbau
Maulah aku menurutkan dikau
D.   Amboi, jalan sudah bertahun kutempuh
 perahu yang bersama ‘kan merapuh
E.     Aku bawakan bungaku padamu
Tapi kau bilang masih

Bacalah kutipan wacana berikut dengan teliti!
       Ular, buaya, dan cecak termasuk binatang melata yang sebaimana makhluk hidup lainnya memerlukan air. Semua jenis tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan hidupnya juga memerlukan air. Apalagi manusia, dalam kehidupan sehari-harinya tak bisa lepas dari air. ….

24.  Kalimat penutup yang berupa simpulan yang paling tepat adalah …
A.    baik manusia maupun binatang memerlukan air
B.    air dibutuhkan untuk kehidupan semuanya
C.   semua makhluk hidup membutuhkan air
D.   tumbuh-tumbuhan dan binatang  membutuhkan air
E.    makhluk hidup mengalami tumbuh dan berkembang





25.  Bacalah kutipan paragraf berikut dengan baik!
Kendaraan yang dapat menembus angkasa luar sudah dibuat. Berkali-kali sudah menusia meninggalkan bumi untuk membuka rahasia alam. …., rahasia angkasa luar belum bisa terkuak semuanya. …, tak henti-hentinya para ahli mengadakan penelitian tentang alam semesta.

Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah ….
A.       sehingga, oleh karena itu  
B.       akan tetapi, oleh karena itu
C.     namun demikian, jadi      
D.     oleh karena, untuk itu
E.      dengan demikian, akibatnya

Bacalah  penggalan novel berikut dengan seksama untuk mengerjakan soal no.26-29!
        Pilihannya mengambil jurusan Sastra adalah buah dari cita-citanya yang ingin jadi penulis dongeng. Pilihannya kuliah di kota lain adalah buah dari khayalannya untuk hidup mandiri  Di luar dari perilakunya  yang serbaspontan, Kugy merencanakan dengan matang perjalanan hidupnya. Ia tahu alasan di balik semua langkahnya, dan benar-benar serius menangani impiannya.
         Dari SD, Kugy rajin menabung, dan semua hasil tabungannya dibelikan buku cerita anak-anak, dari mulai cergam  stensilan sampai buku dongeng klasik yang mahal. Kemudian investasi itu ia putarkan lagi melalui usaha penyewaan, sampai bukunya bertambah banyak. Jadilah Kugy pemilik  taman bacaan termuda di kompleknya, sekaligus yang tergalak. Seperti  predator di hutan rimba, ia memburu para penyewa “nakal“ dengan sepeda mininya, hingga mereka tersudut dan tidak ada cara lain agar berhenti dikejar-kejar selain mengembalikan buku (Dee, Perahu Kertas)

26. Gaya bahasa  yang  digunakan dalam  penggalan  novel tersebut  adalah ….
    A. hiperbola
    B. personifikasi 
    C. metafora 
    D. perumpamaan 
    E. metonimia  

27. Tokoh Kugy  dalam penggalan novel tersebut berwatak ….
      A. sombong, pekerja keras
      B. periang, suka berkhayal
      C. jujur, disiplin, ramah
D. tegas, suka menolong
  E. rajin, tegas, pekerja keras

28. Penggambaran watak tokoh  Kugy dalam penggalan novel tersebut adalah ….
      A. dialog antar tokoh
      B. pikiran - pikiran tokoh
      C. paparan langsung pengarang
      D. keadaan di sekitar tokoh
      E. tanggapan tokoh lain

29. Sudut pandang dalam penggalan novel tersebut adalah ….
A.  Orang pertama tokoh utama
B.  Orang pertama tokoh tambahan 
C.  Orang ketiga terbatas
D.  Orang ketiga serbatahu 
E.  Orang ketiga terarah



Bacalah  penggalan novel berikut dengan seksama !
               Dari beranda depan rumahnya, Suamar menatap warna malam yang menghitam di lautan luas. Musim panas yang panjang, membuat udara yang menggenang di sekelilingnya terasa hangat. Ia duduk di kursi kayu, dan menyilangkan kedua kakinya di atas tumpukan rakitan bambu yang digunakan untuk penjemuran ikan. Beberapa kali, ia mendengar Suhada mendesah di sampingnya. Ia memnadang lekat wajah Suhada, dan ia seperti menemukan bulan yang layu, tanpa cahaya.
              “Ada apa?” tanyanya lembut.
              Suhada menggeleng, lalu merebahkan kepalanya di bahu Suamar.
              “Apakah kautahu, bahwa aku sangat mengkhawatirkanmu, Hada?”
              “Aku tahu, Amar,” jawab Suhada lemah.
               Mereka terdiam sekian lama, dan sama-sama mendengarkan ombak yang menngelinjang hebat, berdeburan. Suamar menatap wajah istrinya kembali dengan waktu yang lama. Seolah ia sedang menjelajahi sebuah kawasan tanpa peta, dan tak berjejak (Lintang Sugianto, Matahari di Atas Gilli: 156-157)

30. Permasalahan  yang terdapat dalam penggalan novel tersebut adalah ….
A. kesetiaan seorang istri
B.  kebaikan seorang istri 
C.  kecemburuan seorang istri
D. kekhawatiran seorang suami
E.  keingintahuan seorang suami
31.  Amanat penggalan novel tersebut adalah ….
A. Janganlah menyembunyikan rahasia di antara suami istri.
B.  Kita harus memperjuangkan cita-cita  hidup berbahagia.
C.  Hendaklah kita memperhatikan kata  orang lain bila hal itu baik.
D. Kita harus menghargai pendapat orang jika hal itu memang benar.
E.  Hendaklah  berterima kasih pada orang  yang memperhatikan  kita. 

32.       Bacalah pantun berikut dengan seksama !
Memakan garam meminum  peluh
Jangan coba meminum jamu
Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh
Agar menjadi orang yang berilmu

Pantun tersebut berisi  ….
    A. nasihat
    B. sindiran
    C. gurauan
    D. ejekan
    E.curahan isi hati

33. Bacalah pantun berikut dengan seksama !
Tak ada guna menebang semak belukar
Kalau  tidak sampai tangkai
….
Kalau moral tidak dipakai

Larik  yang tepat untuk melengkapi  pantun tersebut adalah ….
A.     Mari kita mencari damai
B.     Tak ada guna disebut pintar
C.     Janganlah berkata benar
D.     Lebih baik kita bersabar 
E.     Janganlah  suka bercerai berai
34.  Bacalah pantun berikut dengan seksama!
Besar awak besar badan
Tak berani tak melawan
Walau penampilan preman
Yang penting hati beriman
  Pantun tersebut bertemakan  ….
A.     kepahlawanan
B.     keagamaan
C.     kejenakaan
D.     pelipur lara
E.     adat istiadat

Bacalah puisi baru berikut dengan seksama!
Generasi Sekarang

Tersebut puncak gunung fantasi
Berdiri aku, dan dari sana
Mandang ke bawah, ke tempat berjuang
Generasi sekarang di panjang masa

Menciptakan kemegahan baru
Pantone keindahan Indonesia
Yang jadi kenang-kenangan
Pada zaman dalam dunia

                                                        Asmara Hadi

35. Maksud larik pertama puisi tersebut adalah ….
A.     puncak suatu perjuangan 
B.     puncak peristiwa yang terjadi 
C.     puncak suatu prestasi 
D.     perjalanan  generasi muda
E.     kenang-kenangan  generasi muda

36. Makna  kata  puncak gunung fantasi dalam puisi tersebut melambangkan ...
 A.   kebanggaan 
   B. perjuangan
   C. kesombongan
   D. kemegahan 
   E. kebahagiaan 

37.   Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut  ….
A.  bingung
B.  khawatir
C.  bangga
D.  gembira
E.  semangat

Perhatikan puisi berikut dengan seksama untuk mengerjakan soal no. 38-40!
Senja di Pelabuhan Kecil

Ini kali tidak ada yang mencari cinta
Di antara gudang, rumah tua, pada cerita
tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut
gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal pangkal akanan. tidak bergerak dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.
Tiada lagi. Aku sendiri.berjalan
Menyisir semenanjung, masih pengap harap
Sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
Dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap

                                                             Chairil Anwar 

38.  Puisi tersebut jika dibacakan ,dengan perasaan  …..
A.    sedih
B.    gembira
C.   marah
D.   kesal
E.    kasih

39. Imaji yang terdapat pada baris pertama hingga ketiga dalam kutipan puisi tersebut adalah  ….
     A. pendengaran
     B. penglihatan
     C. perasaan 
     D. penciuman 
     E. pengecapan

 40  .Majas yang terdapat  dalam puisi tersebut tersebut  adalah  ….
A.    paradoks
B.    personifikasi
C.   metafora
D.   litotes
E.    hiperbola

Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal no. 41-44!
           Farrel Akmal Hakim namanya. Dia satu angkatan dan satu kelas. Awalnya kami tidak dekat. Sifat yang bertolak belakang yang menjadi alasannya. Aku yang masih harus beradaptasi dengan lingkungan baruku (aku adalah anak pindahan), joker face-ku, selera humorku yang garing, dan rasa minderku karena aku merasa tidak seperti yang lain. Berbeda dengan Farrel yang popular, cakep pula (sedangkan aku nggak cantik, aku tahu) .
         Namun entah kenapa aku dan Farel masuk ke dalam sekbid yang sama dalam kepengurusan OSIS. Semenjak itu kami sering kerja bareng dalam membuat program. Dan entah kenapa kami menjadi sering meributkan hal-hal yang nggak penting, lebih parahnya lagi sampai terbawa-bawa ke kelas. Namun entah kenapa aku merasa senang berdebat dengan dia  walaupun dia anak popular  Bahkan hal yang paling nggak penting dan garing sekalipun (Mala Ulya, Sesungguhnya Aku Menyayangimu) 
41. Penggalan cerpen tersebut bertema ….
A.    lingkungan
B.    ketuhanan
C.   persahabatan
D.   pendidikan
E.    keluarga

42. Sudut pandang cerita tersebut adalah … 
     A  orang pertama pelaku utama
     B. orang pertama pelaku sampingan
     C. orang ketiga serba tahu
     D. orang ketiga terbatas
     E. orang pertama dan ketiga

43. Kutipan cerpen tersebut mengisahkan  ….
A.    Farrel Akmal Hakim sekrang telah menjadi ketua OSIS
B.    Sifat yang bertolak belakang antara  Aku dengan Farrel Akmal Hakim
C.   Aku dan Farrel Akmal Hakim yang merasa senang berdebat
D.   Persahabatan antara tokoh Aku dan Farrel Akmal Hakim
E.    Aku dan Farrel Akmal Hakim sering meributkan hal-hal nggak penting

 44. Perwatakan tokoh  Farrel dalam cerpen tersebut disampaikan secara  ….
A. fisik
B. psikis
C. analitik
     D. dramatik
     E. langsung

45. Bacalah penggalan resensi berikut dengan saksama !
        Buku kumpulan cerpen Mereka Bilang, Saya Monyet ini merupakan buku kumpulan cerpen yang pertama bagi Djenar. Cerpen-cerpen dalam buku ini tergolong unik. Tema utama yang digunakan Djenar dalam cerpen-cerpennya berkisar mengenai masalah keluarga–dengan menjadikan tokoh ibu, seorang wanita, atau anak perempuan sebagai pusat penceritaan dan masalah kehidupan masyarakat metropolis yang cenderung bebas. 

Penggalan resensi tersebut merupakan unsur resensi bagian ….
A.    identitas
B.    sinopsis
C.   keunggulan
D.   kelemahan
E.    simpulan

46. Bacalah penggalan resensi berikut dengan seksama!
             Selain menggunakan tema yang terkesan “liar dan vulgar“ dalam cerpen –cerpennya, Djenar pun menggunakan kalimat-kalimat yang cenderung lugas, bebas, apa adanya dan tidak peduli dengan kata-kata yang dianggap tabu. Diakui oleh penulis kelahiran Jakarta, 14 Januari 1973, bahwa gaya menulisnya itu dipengaruhi oleh ketiga gurunya, yang juga merupakan sastrawan, yakni: Sutarji Calzoum Bachri, Seno Gumira Ajidarma, dan Budi Darma. Jadi, tidaklah mengherankan jika dalam cerpen-cerpen Djenar tersebut terselip potongan cerpen atau novel dari gurunya itu, seperti dalam cerpen “ Lintah” dan “Durian“ Lebih menarik lagi, Sutardji  Calzoum Bachri memberikan “Sekapur Sirih Sekadar Djenar“ dalam buku anak pasangan Tutie Kirana  dan alm.Syuman Djaja ini .    
Kelebihan bagian resensi tersebut adalah ….
    A. gaya menulisnya itu dipengaruhi oleh ketiga gurunya
    B. menggunakan tema yang terkesan “ liar dan vulgar “ dalam cerpen-cerpennya
    C. menggunakan kalimat-kalimat yang cenderung lugas, bebas, apa adanya
    D. cerpen-cerpen Djenar tersebut terselip potongan cerpen atau novel dari gurunya
    E. Sutardji  Calzoum Bachri memberikan “Sekapur Sirih Sekadar Djenar“ dalam buku

47. Bacalah penggalan resensi berikut dengan seksama!
              Dalam novel ini, terdapat kata-kata yang membuat kita terinspirasi untuk semangat menjalani kehidupan. Ditambah lagi penggunaan  bahasa yang mudah dimengerti dan penempatan seting waktu dan tempat yang detail. Pada saat akhir cerita, keadaannya sangat begitu memaksakan, dengan pembentukan keluarga antar sahabat ditambah lagi dengan keturunan-keturunan mereka yang memunyai sifat dak karakteistik yang sama dari orang tuanya (Donny Dhirgantoro, 5 Cm).
Kelemahan  bagian resensi tersebut adalah ….
A. Terdapat kata-kata yang membuat kita terinspirasi untuk semangat menjalani kehidupan.
B. Cerpen-cerpen yang ada dalam buku ini menggunakan  alur cerita  memesona.
C. Pengarang sering menggunakan majas metafora dalam menyampaikan cerita.
D. Pada saat akhir cerita, keadaannya sangat begitu memaksakan.
 E. Bahasa mudah dimengerti, seting waktu dan tempat detail.

      Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan saksama untuk mengerjakan soal. No 48-49!
            
       Mohon diketahui bahwa selepas tugas belajar, saya tinggal di Perumnas, bagian perumahan dosen.(1)  Sebagai orang paling terpelajar, saya didaulat teman-teman jadi  Ketua RT, menggantikan Pak Trono yang pindah.( 2 ) Tentu saja saya menolak dengan banyak alasan: sering tak di rumah, mengajar di sana-sini, pekerjaan kantor bermacam-macam, masyarakat besar membutuhkan tenaga saya.(3) Tentu saja tidak saya katakan bahwa akan segera dipromosikan ke Jakarta .
      “Bapak tidak usah repot.(4 ) Ketua RT itu hanya kedudukan simbolis,” kata seorang pemondok dengan bahasa sekolahan.(5)
                                                                                (Kuntowijoyo, Jalan Asmaradana)

48. Pernyataan yang membuktikan latar tempat terdapat pada kalimat nomor  adalah ….
    A.  (1)
    B.  (2)
    C.  (3)
    D.  (4)
    E.   (5) 

49. Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.    beban yang berat
B.    kegagalan seseorang
C.   penyesuaian lingkungan 
D.   penolakan tugas
E.    ketakutan sesorang 

  50. Cermati kutipan cerpen berikut dengan saksama !
       “Jangan khawatir, urusan RT adalah urusan RT adalah urusan bersama, “ kata seseorang.
       “Gotong royong kita sudah bagus.“
       “Kita masih punya semangat empat-lima.”      
       Setelah semua mendesak, kata saya, “ Saya terima pekerjaan ini, dengan satu  syarat Ketua RT itu tugas kolektif keluarga. Saya dan istri. Kalau saya di rumah, saya akan aktif, kalau tidak, istri yang mengerjakan.” 
             Semua setuju. Jadilah saya Pak RT. Maka Indonesia punya ketua RT berijazah S3 dari universitas papan atas di Amerika. Ibu Pertiwi punya pengganti Pak RT, istri saya, lulusan universitas Kota New York. Sekali-sekali rapat bulanan RT saya pimpin, sekali-sekali istri saya.
                                                                                 Jalan Asmaradana, Kuntowijoyo
     Watak tokoh Saya  dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.  demokratis
B.  kolot
C.  sombong
D.  tidak tegas
E.  materialistis

Kunci Jawaban  


http://ojomumetbos.blogspot.co.id/2016/12/kunci-jawaban-soal-bahasa-indonesia-tkm.html

No comments:

Post a Comment