Add caption |
TES KENDALI MUTU / ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas,
Program : XI IPA, IPS
Hari,
tanggal : Senin, 6 Juni 2011
Waktu : 07.30 – 09.00
I.
SOAL PILIHAN GANDA
Jawablah
pertanyaan berikut dengan memilih salah satu jawaban yang Anda anggap paling
tepat dengan cara memberikan tanda silang pada
lembar jawab yang tersedia!
1. Bacalah kutipan diskusi berikut ini!
Hari-hari ini, hampir semua kita berpendapat bahwa
keterpurukan bangsa ini adalah akibat runtuhnya moralitas bangsa, terutama di
kalangan elit. Artinya, sesungguhnya kita masih mempunyai kesadaran
(pengetahuan) bahwa bangsa ini akan bangkit dari keterpurukan jika kita
(terutama para elit) mampu menjaga nurani dan moralitas masing-masing.
Tetapi, sayang, kesadaran tentang kekuatan nurani dan moral itu hanya berada
pada retorika di ujung lidah, tidak lagi berada di dalam jiwa dan perilaku
kita.
|
Isi pokok kutipan
tersebut adalah ….
a. Kesadaran tentang kekuatan nurani dan
moral hanya berada pada retorika di ujung lidah.
b. Kekuatan nurani dan moral tidak hanya berada
di dalam jiwa dan perilaku kita, namun juga pelaksanaannya.
c. Bangsa ini akan bangkit dari
keterpurukan jika para elit politik telah kembali ke jalan yang benar
d. Keterpurukan bangsa ini adalah akibat
runtuhnya moralitas bangsa terutama di kalangan elit.
e. Para elit hendaknya mampu menjaga
nurani dan perilakunya agar bangsa ini mempunyai jati diri yang kuat.
2. Bacalah kutipan diskusi berikut ini!
Irma : Kalau kita teliti dengan cermat dialog
dalam babak kelima, yaitu ketika Damarwulan diadili dan akhirnya dihukum mati
oleh punggawa dan menteri, saya cenderung mengatakan bahwa tema drama ini
ialah negara akan hancur apabila keadilan dan kebenaran tidak bisa ditegakkan
lagi. Sebenarnya, yang berwenang menjatuhkan hukuman adalah Dewi Suhita,
tetapi beliau seorang ratu yang lemah. Ia tahu kebenaran ada di pihak
Damarwulan, tetapi tidak dapat berbuat apa-apa sehingga ketika Damarwulan
sebagai lambang keadilan dan kebenaran musnah, kerajaan Majapahit pun hancur.
Yeni : Kepala negara yang lemah, tidak punya
pendirian, dan membiarkan para pejabat menyeleweng dan berbuat sewenang-wenang,
mengakibatkan negara mengalami kehancuran. Saya menyatakan bahwa tema drama
ini ialah negara akan mengalami kehancuran karena pejabat tidak jujur,
sedangkan kisah percintaan antara
Damarwulan dengan Anjasmara hanya merupakan tema minor. Karena tidak menjiwai
seluruh karangan.
|
Kalimat rangkuman yang
tepat sesuai kutipan diskusi di atas adalah …
a. Kisah percintaan antara Damarwulan
dengan Anjasmara tidak kesampaian karena Damarwulan dibunuh oleh
oleh punggawa dan menteri kerajaan yang
menyeleweng dan sewenang-wenang
b. Ratu atau
kepala negara yang lemah tidak dapat mengatur pejabat yang menyeleweng dan
berbuat sewenang-wenang sehingga keadilan tidak dapat ditegakkan, negara itu
akan hancur
c. Kisah percintaan dua manusia yang
tidak dapat menyatu karena adanya pemimpin yang tidak adil yaitu bertindak
menyeleweng dan sewenang-wenang mengakibatkan negara mengalami kehancuran
d. Ternyata tidak selamanya kebenaran itu
menang, terbukti Damarwulan sebagai lambang kebenaran mati dibunuh oleh
oknum pejabat yang menyeleweng dan sewenang- wenang
e. Sebagai pemimpin kerajaan, Dewi Suhita
tidak cukup berani dan wibawa, untuk mengadili keangkaramurkaan sehingga
cinta Damarwulan dan Anjasmara tidak kesampaian.
3. Bacalah kutipan diskusi berikut ini!
Maka, bangsa ini menghadapi berbagai permasalahan
moral, seperti korupsi, keserakahan, kebencian, iri hati, ketidakjujuran dan
sebagainya yang dilakukan oleh para manusia yang tidak bermoral. Masalahnya,
apa solusi untuk keluar dari kemerosotan moral ini? Komitmen dan keteladanan,
terutama di kalangan elit! Mungkin, timbul pertanyaan: Bukankah komitmen dan
keteladanan itu telah sirna? Ya! Tapi kita harus mulai masuk dari pintu
optimisme. Masih ada (mungkin banyak) tokoh dan elit yang punya komitmen dan
berperilaku teladan. Siapa saja mereka? Kolom ini terlalu sempit untuk
menyebutnya satu per satu.
|
Komentar yang relevan
dengan ilustrasi tersebut adalah …
a. Benar, kita harus optimis mengenai
permasalahan tersebut, semoga masih banyak tokoh dan elit yang mempunyai
komitmen dan berperilaku teladan, sehingga negara ini akan bangkit dari
keterpurukan.
b. Apakah para tokoh dan elit yang masih
komitmen dan berperilaku teladan ini akan terkena imbasnya juga oleh kelakuan,
sikap, maupun hasutan elit yang amoral. Besar kemungkinan memang seperti itu.
c. Sebagai warga Indonesia, memang rakyat
telah dibuat pusing olah para tokoh dan elit yang moralnya telah melenceng.
Oleh karena itu sebaiknya rakyat tak usah terlalu memikirkan kelakuan mereka.
d. Rakyat
bisa hidup makmur dan aman bila para tokoh dan elit mempunyai komitmen dan
berperilaku teladan. Tidak seperti saat ini banyak tokoh yang melakukan
korupsi, kolusi, dan nepotisme
e. Optimis memang wajib hukumnya. Namun,
apakah para tokoh dan elit itu memang benar-benar akhlak dan perilakunya telah
berada di jalan yang benar? Untuk apa jika mereka bersikap tak acuh, kita
memilih mereka.
4. Penyusunan daftar pustaka berikut yang
tepat adalah ….
a.
Tim.
2010. Berguru pada perempuan.
Estetika Mendiknas Dirjen Mandikdasmen: Jakarta.
b.
Tim.
2010. Berguru Pada Perempuan.
Estetika Mendiknas Dirjen Mandikdasmen: Jakarta.
c.
Tim.
2010. Berguru pada Perempuan.
Jakarta: Estetika Mendiknas Dirjen Mandikdasmen.
d.
Tim.
2010. Berguru pada Perempuan. Jakarta, Estetika Mendiknas Dirjen Mandikdasmen.
e.
Tim.
2010. Berguru pada Perempuan.
Estetika Mendiknas Dirjen Mandikdasmen: Jakarta.
5.
Bacalah kutipan hasil laporan karya ilmiah berikut !
Beberapa hasil penelitian ditunjukkan bahwa pemanasan
tentang uap atau pemasakan dengan tekanan menyebabkan kehilangan vitamin C
yang lebih besar daripada yang dididihkan di dalam air.
|
Penulisan pernyataan di atas yang
tepat adalah dengan cara ….
a. Kata beberapa dihilangkan dan tentang
diganti dengan
b. Kata ditunjukkan diganti menunjukkan,
kata tentang diganti perihal
c. Kata beberapa dihilangkan, kata bahwa diganti kata oleh
d. Kata ditunjukkan diganti menunjukkan,
kata tentang diganti dengan
e. Kata-kata seperti: beberapa,
bahwa, dan daripada dihilangkan
6. Bacalah kutipan hasil penelitian
berikut!
(1) Memanaskan hidangan beberapa kali
atau menghangatkannya sebelum disantap, menyebabkan kerusakan vitamin yang terdapat
di dalam hidangan tersebut.
(2) Sebaiknya terlebih dahulu didihkan
air di dalam panci, lalu memasukkan sayuran setelah air mendidih dan diberi
penutup panci.
(3) Merebus atau memanaskan bahan
makanan sumber vitamin C di dalam panci yang terbuka bukanlah cara memasak
yang dianjurkan.
(4) Adanya ion-ion (zat-zat yang
bermuatan listrik) yang dilepaskan oleh bahan logam dari panci tersebut juga
dapat mempercepat kerusakan vitamin C yang terdapat dalam bahan makanan karena terjadinya proses oksidasi.
|
Urutan kalimat yang tepat dalam
kutipan di atas adalah ….
a. (3), (2), ( 4), (1)
b. (1), (2), (3), (4)
c. (2), (3), (4), (1)
d. (4), (3), (2), (1)
e. (2), (3), (1), (4)
7. Bacalah kutipan resensi berikut! (untuk
soal nomor 7 dan 8)
Buku yang berjudul Ahmadinejad
! David di Tengah Angkara Goliath Dunia adalah buku biografi
Ahmadinejad yang ditulis dengan gaya
bahasa santai dan enak dibaca. Pemimpin yang dikenal sangat dekat dengan rakyat
ini kini telah meraih popularitas dan
kepercayaan di dunia Islam karena kegigihannya melakukan perlawanan terhadap
ketidakadilan global. Ahmadinejad adalah sang pemberani dari Iran yang
mewarisi keberanian presiden RI Sukarno pada tahun 1960-an dan mantan PM
Malaysia, Mahathir Muhammad pada tahun 1990-an yang secara terang-terangan
berani menentang dominasi negara superpower AmerikaSerikat. ….
Kehadiran Ahmadinejad di pentas perpolitikan dunia
merupakan respon atas intervensi Amerika yang amat berlebihan di berbagai
belahan dunia. Di samping menghadirkan sosok, visi, dan kiprah politik Ahmadinejad,
buku ini diharapkan pula menjadi pemantik akan lahirnya pemimpin-pemimpin
yang berwibawa di negeri ini. Kita masih membutuhkan pemimpin-pemimpin kuat
yang berani mengangkat martabat dan wibawa bangsa di mata dunia. Bukan pemimpin-pemimpin
kerdil yang sangat mengekor pihak asing serta tidak memiliki keberanian
menentang intervensi dan ketidakadilan global.
|
Kutipan resensi pada paragraf pertama
merupakan bagian ….
a. pendahuluan
b. keunggulan
c. kelemahan
d. kesimpulan
e. saran
8. Paragraf kedua kutipan resensi tersebut
merupakan bagian ….
a. pendahuluan
b. keunggulan
c. kelemahan
d. kesimpulan
e. saran
9. Bacalah kutipan paragraf berikut!
Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa adalah adanya
ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa
tidak menemukan pelampiasan atas ketidakpuasan yang mereka rasakan. Tekanan
amarah yang tidak akan menemukan celah untuk keluar itu akhirnya menjadi amuk
massa. Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung
pada anarkisme massa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin
aksi mereka diperhatikan.
|
Kalimat utama pada paragraf tersebut
adalah ….
a. Pengunjuk rasa tidak menemukan
pelampiasan atas ketidakpuasan yang mereka rasakan.
b. Tekanan amarah massa tidak menemukan
celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk massa.
c. Hal tersebut mengakibatkan berbagai
unjuk rasa yang sering berujung pada anarkisme massa.
d. Aspirasi mereka tidak tersalurkan
akibatnya terjadilah amuk massa yang berujung pada anarkisme.
e. Penyebab terjadinya unjuk rasa adalah
adanya ketidakpercayaan pelaksanaan berbagai aturan.
10. Bacalah kutipan paragraf ini!
Tidak hanya para generasi tua yang sempat menikmati
tulisan Karl May -ketika masih dalam bentuk naskah berbahasa Belanda- yang
jatuh cinta pada buku ini, tetapi juga para kalangan muda. Sebab buku ini
seolah-olah mengajak angan dan pikiran kita turut mengembara, berkelana di
antara ke pedalaman belantara Wild West.
Lewat hijaunya dedaunan, padang rumput yang terbentang luas hingga gemericik
air di sungai yang mengalir jernih.
|
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
a. Hanya generasi tua
yang mengerti bahasa Belanda saja yang suka Karl May.
b. Para generasi tua
maupun muda sekadar menikmati tulisan Karl May.
c. Lewat hijau
dedaunan, padang rumput terbentang luas hingga gemercik air.
d. Buku Karl May seolah-olah mengajak
angan dan pikiran kita turut mengembara.
e. Para generasi tua
dan muda jatuh cinta pada tulisan Karl May dalam bahasa Belanda.
11. Bacalah kutipan paragraf berikut!
(untuk soal no. 11 dan 12)
Tingkat pendidikan sangat memengaruhi kualitas
penduduk. Jika tingkat pendidikan rendah, kualitas penduduk juga rendah.
Keberhasilan seseorang dalam usaha memenuhi kebutuhan pokok hidupnya sangat bergantung
pada keadaan dan keterampilan yang dimilikinya. Kecerdasan dan keterampilan
itu hanya dapat dioptimalkan melalui pendidikan.
|
Pernyataan yang tidak sesuai dengan paragraf tersebut adalah ….
a. Tingkat pendidikan sangat memengaruhi
kualitas penduduk.
b. Jika tingkat pendidikan rendah maka
kualitas penduduk rendah.
c. Kecerdasan dan keterampilan dapat
dioptimalkan melalui latihan teratur.
d. Keberhasilan memenuhi kebutuhan pokok
bergantung pada keterampilannya.
e. Kecerdasan dan keterampilan dapat
dioptimalkan melalui pendidikan.
12. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ….
a. Mengapa tingkat pendidikan sangat
memengaruhi kualitas penduduk?
b. Bagaimana jika tingkat pendidikan
rendah, kualitas penduduk rendah?
c. Bagaimana cara mengoptimalkan sebuah
kecerdasan dan keterampilan?
d. Mengapa keberhasilan seseorang
dipengaruhi keterampilan yang dimilikinya?
e. Mengapa kecerdasan dan keterampilan
dioptimalkan melalui pendidikan?
13. Bacalah kutipan paragraf berikut!
Beberapa tahun terakhir, kota Yogya dihiasi dengan
lukisan dinding atau sering disebut mural. Di depan
dinding itu dipergunakan untuk jalan lalu lintas. Hanya saja, karya yang dibuat
menghabiskan dana jutaan rupiah tersebut ternyata tidak aman dari corat-coret
tangan-tangan jahil. Pembuat mural sering dibuat jengkel dan kesal. Mengapa
mereka gelap mata mencoret-coret karyanya? Apakah tidak mungkin karya mural
mendapatkan perlindungan hukum atau dibuatkan Perda (Peraturan Daerah)?
|
Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama paragraf
adalah ….
a. Beberapa tahun terakhir, Yogya dihiasi
dengan lukisan dinding.
b. Di depan
dinding itu dipergunakan untuk jalan lalu lintas.
c. Karya mural tidak aman dari
corat-coret tangan-tangan jahil.
d. Apakah tidak mungkin mural mendapat
perlindungan hukum?
e. Pembuat mural sering dibuat kesal dan
jengkel.
14. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!(untuk
soal nomor 14 dan 15)
Sudah puluhan tahun pendidikaan kita mendapat nilai
merah. Selama itu pula masyarakat mengeluhkan rendahnya mutu pendidikan kita.
Cukup banyak penyebab dikemukakan; seperti lemahnya pengabdian guru,
melencengnya kebijakan sekolah, dan terlalu besarnya campur tangan politik ke
dalamnya. Namun, kenyataan bahwa masyarakat sendiri ikut ambil bagian, jarang
sekali disebut.
|
Isi pokok tajuk rencana di atas adalah
….
a. Sudah puluhan tahun pendidikan kita
mendapat nilai merah.
b. Selama itu pula masyarakat mengeluhkan
rendahnya mutu pendidikan.
c. Penyebabnya itu lemahnya pengabdian
guru dan melencengnya pendidikan.
d. Kenyataan bahwa masyarakat ikut ambil
bagian, jarang sekali disebut.
e. Terlalu besar campur tangan politik
penyebab pendidikan terbelenggu.
15. Tujuan tajuk rencana di atas adalah ….
a. Membuka mata hati masyarakat bahwa
mereka pun turut ambil bagian menciptakan nilai merah pada pendidikan.
b. Menunjukkan kepada masyarakat bahwa faktor-faktor
yang memengaruhi nilai merah pendidikan itu banyak.
c. Kenyataannya masyarakat sendiri
bisanya hanya memojokkan dan melemparkan kesalahan pada kebijakan sekolah.
d. Lemahnya pengabdian guru, melencengnya
kebijakan sekolah, dan besarnya campur tangan politik merupakan penyebab.
e. Memperlihatkan kepada dunia bahwa
dunia pendidikan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang ada.
16. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!
(1)Banyak sentimen negatif yang dikemukakan para pelaku
pasar uang. (2)Misalnya, mereka menunjuk inflasi yang tinggi. (3)Nilai dolar
AS memang cenderung naik di pasar regional karena dipicu kenaikan suku bunga Bank
Sentral AS. (4)Lantas, harga minyak mentah di pasar internasional juga
melonjak hingga USD 41 per barel.
|
Kalimat fakta yang terdapat dalam
paragraf di atas adalah ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
17. Kalimat opini pada paragraf tersebut
adalah ….
a. (1),(3),(4)
b. (1),(2),(3)
c. (3),(4),(1)
d. (4),(3),(2)
e. (4),(1),(2)
18. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!
Salah satu persoalan lain, di samping soal pendanaan,
adalah sikap masyarakat terhadap pendidikan itu sendiri. Kebanyakan
masyarakat melihat pendidikan, terutama sebagai proses perolehan ijazah atau
sertifikat yang diperlukan siswa untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan kata
lain, masyarakat kita lebih berorientasi pada aspek formal pendidikan
dibandingkan aspek substansial. Mereka merasa cukup puas dengan nilai,
ijazah, atau tanda kelulusan lain, dibandingkan pada kemampuan dan
pengetahuan yang diperoleh siswa. Mereka cukup puas dengan laporan hasil
belajar yang disodorkan oleh sekolah tanpa pernah berpikir bahwa laporan
tersebut dibuat dan bisa dimanipulasi.
|
Simpulan tajuk rencana di atas adalah
….
a. Para orang tua cukup puas dengan
pemerolehan ijazah anak-anaknya, mereka bahkan bangga.
b. Persoalan lain, selain pendanaan, juga
sikap orang tua terhadap pemerolehan ijazah untuk mendapatkan pekerjaan.
c. Ijazah atau sertifikat diperlukan
siswa untuk mendapatkan pekerjaan, hal ini juga diyakini oleh para orang tua.
d. Kebanyakan masyarakat melihat
pendidikan, terutama sebagai proses perolehan ijazah atau sertifikat yang
diperlukan siswa untuk mendapatkan pekerjaan
e. Para orang tua cukup puas dengan
laporan hasil belajar yang bisa saja dimanipulasi dibandingkan
dengan kemampuan, pengetahuan siswa
19. Bacalah kutipan buku berikut!
Hentikan Metode Transgenik
Dengan merujuk referensi dari berbagai tulisan, dapat
dibuktikan bahwa proses perpindahan gen terjadi pada Vibrio cholerac (yang menyebabkan endemic kolera baru di India); Screptococcus (yang menyebabkan
perluasan infeksi di India, termasuk epidemic di Scotlandia tahun 1993); dan Mycoplasma genitalium (penyebab radang
saluran kencing, radang paru, radang sendi, dan meluasnya AIDS).
“Banyak bakteri pathogen yang tak berhubungan
menyebabkan penyakit, mulai dari Bubonic
pague (timbulnya benjolan pada pohon) hingga tree blight (proses layu pada jaringan tumbuhan dan akhirnya
menyebabkan kematian) kini dapat saling berpindah dan menyerang sel ‘inang’.
Hampir seluruh proses ini menyebar melalui pemindahan gen secara horizontal.
|
Kalimat ringkasan yang relevan dengan
kutipan buku di atas adalah ….
a. Dengan merujuk berbagai tulisan, dapat
dibuktikan bahwa proses perpindahan gen terjadi pada Vibrio cholerac, screptococcus, dan mycoplasma genitalium. Proses ini melalui pemindahan gen.
b. Banyak bakteri pathogen yang tak
berhubungan menyebabkan penyakit, mulai dari bubonic pague hingga tree
blight, kini saling berpindah dan menyerang sel inang yang menyebar melalui
pemindahan gen.
c. Metode transgenik dapat menyebabkan timbulnya
berbagai penyakit pada manusia, seperti infeksi, radang, saluran kencing,
radang paru-paru dan sendi. Metode ini pun dapat menimbulkan penyakit tertentu
pada tumbuhan.
d. Metode transgenic mempunyai dampak
yang dahsyat yang beerkaitan dengan berbagai penyakit seperti Vibrio cholerac, screptococcus, dan mycoplasma genitalium.
e. Metode transgenik dapat dilakukan dengan proses
perpindahan gen terjadi pada Vibrio
cholerac, screptococcus, dan
mycoplasma genitalium. Selain itu
juga menyebabkan berbagai penyakit.
20. Bacalah kutipan notulen berikut!
Setelah rapat dibuka, Bapak Drs. Hidayat, M.Pd. sebagai
Pembina OSIS yang telah terlaksana pada tahun 2009/2010. Kegiatan dan program
tersebut harus dilanjutkan oleh OSIS yang baru. Di samping itu,rupanya masih
perlu ditingkatkan program kerja OSIS lalu.
Ia mengharapkan agar pengurus OSIS 2010/2011
benar-benar dapat menyusun program kerja yang dapat dilaksanakan. Program
kerja harus disesuaikan dengan waktu dan dana yang tersedia. Ia menegaskan
bahwa OSIS tidak menyusun program kerja yang muluk-muluk. Semua pengurus OSIS
harus menaati peraturan yang berlaku di sekolah dan melaksanakan program
kerjanya masing-masing dengan baik.
|
Isi pokok notulen di atas adalah ….
a. OSIS 2010/2011 mempunyai tugas dan
beban yang tidak sedikit karena harus menyempurnakan program yang gagal
dilaksanakan.
b. OSIS 2009/2010 sudah mampu
melaksanakan programnya dengan baik, namun masih banyak program yang tak
terlaksana.
c. OSIS 2009/2010 lalu sebenarnya sudah
sangat baik, namun demikian masih ada kekurangannya, hal ini sebaiknya sebagai
introspeksi.
d. OSIS 2010/2011 perlu menyusun program
yang lain daripada yang lain agar mencapai peningkatan dibanding kerja OSIS
lama.
e. OSIS 2010/2011 harus menyusun dan
melaksanakan program kerjanya dengan baik serta menyesuaikan dengan waktu dan dana yang tersedia.
21. Perhatikan kutipan notulen berikut!
Tempat : Aula SMA Maju Terus Pantang Mundur
Tanggal :
30 Mei 2011
Waktu :
pukul 08.00-12.30
… :
Acara rapat :
1. Pembukaan
2. Penjelasan Pembina OSIS
3. Pebahsan Program Kerja OSIS
Periode 2010/2011
4. Tanya-jawab
5. Penutup
|
Bagian rumpang pada kutipan notulen di
atas adalah ….
a. pembicara
b. pemimpin rapat
c. peserta rapat
d. susunan acara
e. perihal
22. Bacalah kutipan sambutan berikut!
Satu hal yang telah hilang dari bangsa kita adalah
harga diri. Betapa kita sangat bergantung kepada negara lain untuk pinjaman
dan investasi. Tak aneh bila negara kita memiliki banyak hutang, sehingga
mudah dipermainkan oleh negara yang meminjami hutang tersebut.
Mengapa semua ini terjadi? Jawabnya, sebagian besar
kita terlalu sibuk membangun aksesoris duniawi yang dianggap serba berharga.
Kita tidak sibuk membangun harga diri.
Tidak mengherankan apabila ada orang yang jabatannya tinggi, tetapi
perbuatannya rendah dan nista. Ada pula yang hartanya banyak, tetapi jiwanya
miskin. Kita terlalu menganggap topeng dunia sebagai sumber kemuliaan dan
harga diri.
|
Kalimat ringkasan yang sesuai dengan
ilustrasi di atas adalah ….
a. Satu hal yang telah hilang dari bangsa
kita adalah harga diri. Kita sangat bergantung kepada negara lain dalam
pinjaman dan investasi.
b. Tidak mengherankan jika jabatannya
tinggi, tetapi perbuatannya rendah dan nista. Juga hartanya banyak namun jiwanya
miskin.
c. Kita sangat bergantung kepada negara
lain untuk pinjaman dan investasi. Tak aneh jika negara kita memiliki banyak
hutang.
d. Bangsa kita telah kehilangan harga
diri. Kita terlalu sibuk membangun aksesoris duniawi dan menganggap topeng
dunia sebagai sumber kemuliaan dan harga diri.
e. Kita terlalu sibuk dengan harga diri.
Kita terlalu menganggap topeng dunia sebagai sumber kemuliaan dan harga diri.
23. Perhatikan tema penelitian berikut!
Peran Warga Masyarakat Dalam Mengatasi Pemanasan Global
|
Latar belakang berdasarkan tema
tersebut adalah ….
a. Bumi berada dalam keadaan kritis.
Kalau bisa merintih dan menangis, mungkin bumi kita akan menangis dan merintih
sepanjang masa mengingat perilaku manusia di luar batas. Mereka menggunakan
listrik secara berlebihan, menambang secara besar-besaran, memanfaatkan barang
yang tak ramah lingkungan, serta menebang pepohonan secara liar.
b. Sebagai warga negara yang baik
sebaiknya kita menjaga bumi kita agar tetap lestari. Untuk itu alangkah
bijaknya jika sebagai warga negara kita berperan aktif dalam mengatasi
pemanasan global. Kapan lagi para warga berperan? Jika tidak dimulai dari
sekarang, meski hanya memulai dari hal-hal yang kecil, namun setidak-tidaknya
dapat membantu mengurangi proses alam tersebut.
c. Peran warga dalam mengatasi pemanasan
global sangat diperlukan. Sebaiknya kita berperan aktif dengan cara menanam
pohon. Entah itu di sekitar rumah, di tepi jalan, lapangan, perbukitan, atau
hutan. Yang jelas para warga harus benar-benar berperan dengan cara memanfaatkan
listrik dengan hemat, dan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan.
d. Bumi telah benar-benar mencapai titik
nadir. Penyebabnya tak lain manusia. Mereka itu berbuat sekehendak hatinya
mengakibatkan lapisan ozon menjadi berlubang. Oleh karena itu suhu bumi
memanas, sepanas hati manusianya. Tak mengherankan jika manusia saat ini cepat
tersulut emosi. Mereka tak lagi berpikir dengan akal sehat, namun emosional
yang didahulukan.
e. Saat ini bumi telah memanas. Di kala
siang hari akan terasa panas sekali. Jika dingin akan terasa sangat dingin.
Banjir, tsunami, air laut meninggi, tanah longsor, daerah kutub mencair,
merupakan akibat dari pemanasan global. Sedangkan proses itu disebabkan banyak
faktor terutama yang disebabkan oleh manusia sendiri. Dalam hal ini sebaiknya
pemerintah juga turun tangan.
24. Bacalah penggalan permasalahan berikut
ini!
Cadangan minyak Indonesia diperkirakan akan habis
sebelum kita siap dengan energi pengganti. Sampai berapa lama lagi Indonesia
dapat membanggakan minyak bumi hasil alamnya sendiri? Minyak, yang sering
dikiaskan sebagai emas hitam itu, telah satu abad mewarnai kehidupan anak
negeri ini. Tidak aneh bahwa apabila masyarakat berasumsi bahwa minyak bumi
akan menopang hidup mereka untuk selama-lamanya. Padahal, sekitar sepuluh
tahun lalu, majalah The Economicst
– dalam salah satu edisinya yang menerbitkan supleman khusus tentang
Indonesia_ telah memperkirakan bahwa cadangan minyak kita tersisa paling lama
sampai tahun 2010.
|
Judul yang sesuai dengan permasalahan
di atas adalah ….
a. Adanya Krisis , Adanya Energi
Pengganti
b. The
Economics, tentang
Indonesia
c. 2010 Tak Perlu Risaukan Krisis Energi
d.
Krisis Energi,
Perlukah Dikhawatirkan?
e.
Tahun 2010 Indonesia Krisis Energi
25. Penulisan judul berikut yang tepat
adalah ….
a. Blendok dan Busa Ancam Jeruk Keprok
Selayar dan Si Ompu
b. Terumbu Karang: Mutiara Dasar Laut
Yang Terancam Punah
c. Peluang Industri Kerajinan Rakyat
Dalam era Otonomi Rakyat.
d. Manusia Serakah, Alampun Juga Tak
Ramah
e. Pemanfaatan Limbah Kulit Kentang
Kuning Menjadi Sumber makanan
26. Bacalah kutipan karya ilmiah berikut!
Sidi (1999:2)
menyatakan bahwa guru sebagai ujung tombak dalam upaya peningkatan mutu
pendidikan masih perlu ditingkatkan kemampuannya, mengingat perubahan yang
terjadi begitu cepat dan pengetahuan terus berkembang begitu pesat.
|
Penggalan di atas merupakan bagian karya
ilmiahyang berupa ... .
a. latar belakang
b. pembahasan
c. kajian teori
d. kesimpulan
e. saran
27. Bacalah kutipan penelitian di bawah
ini!
Penelitian dilakukan
dengan memakai rancangan percobaan observasi kwalitatif. Hasil dari keripik kulit kentang
yang telah dibuat, diamati rasanya dengan cara diujicobakan kepada dua puluh
tujuh responden untuk percobaan tahap I dan 82 responden untuk tahap II.
|
Perbaikan untuk kalimat yang dicetak
miring dalam kutipan tersebut adalah ….
a. Hasil penelitian dilakukan menggunakan
rancangan uji percobaan observasi kualitatif.
b. Penelitian dengan menggunakan
rancangan hasil uji percobaan terhadap observasi kualitatif.
c. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan hasil penelitian dan percobaan observasi kwalitatif.
d. Hasil penelitian memakai dengan
rancangan percobaan observasi kualitatif terhadap objek penelitian.
e. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan rancangan percobaan observasi kualitatif.
28. Bacalah kutipan cerpen berikut! (untuk
soal nomor 28 dan 29)
“Coba kalau pohon itu jangan ditebang dulu ya, Yah?”
ucapku tiba-tiba.
Sementara mataku lurus kosong ke jalan yang akan
dilalui oleh mobil kami.
“Mama ini aneh-aneh saja. Tenanglah, Ma, barusan kan
papa telah membeli bibit pohon rambutan dan mangga. Papa jamin, kesejukan
rumah kita akan kembali lagi dengan pohon ini. Lebih dari itu, selain teduh,
setiap musim kita bisa panen.”
“Terus kalau ada yang protes lagi, bagaimana Yah?”
Suamiku yang sedang menyetir hanya menggeleng tenang.
“Tidak akan, dan aku tidak akan mendengarnya.”
Aku menarik nafas panjang. “Mestinya sebelum kita
tebang, pohon rambutan itu sudah kita tanam.”
“Sudahlah, Ma, tidak ada gunanya menyesal. Yang penting
kan belum terlambat untuk menanamnya kembali …”
Iis Wiati, “Pohon Kersen”
|
Alur yang digunakan dalam kupan di
atas adalah ….
a. tertutup
b. terbuka
c. campuran
d. mundur
e. maju
29. Watak tokoh ibu dalam cerpen tersebut
adalah ….
a. tidak mudah melupakan sesuatu yang
sudah terjadi
b. mudah melupakan kejadian yang telah
lampau
c. sabar menunggu pohon yang akan ditanam
membesar
d. suka
tempat yang teduh dan suka menanam pohon
e. banyak bicara yang tidak penting dan
suka berisik
30. Bacalah kutipan cerpen berikut ini!
“Lihatlah, Vin, cemara menderai sampai jauh. Terasa
hari akan menjadi malam.
Ada beberapa dahan ditingkap merapuh. Dipukul angin
yang terpendam”. Dia menunjuk pada pohon cemara di depan rumah. Daun-daunnya
meliuk ke sana kemari dihempas angin sore. Seperti inikah tubuh ringkihnya?
Atau jiwanya kini?
“Apa yang terpendam dalam hatimu? Angin apa?”
“Tak usahlah. Semua adalah proses. Hidup ini proses.
Bukan hidup yang memiliki kita tapi kitalah yang memiliki hidup. Apa yang
kita punyai dalam hidup adalah pilihan kita. Aku sekarang orangnya bisa
tahan. Sudah berapa lama bukan kanak lagi. Tapi dulu memang suatu bahan. Yang
bukan dasar perhitungan kini”
Vivin Novianti, “Dan Aku Bisa Lepaskan Lagi Kisah
Baru”
|
Cara penggambaran watak tokoh dalam
kutipan cerpen di atas adalah ….
a. digambarkan langsung oleh pengarang
b. dialog tokoh lain dalam cerita
c. dialog para tokoh-tokohnya
d. dialog batin tokoh
e. deskripsi langsung
31. Latar yang terdapat dalam cerpen
tersebut adalah ….
a. di antara pepohonan
b. di dalam rumah
c. di depan rumah
d. di taman kota
e. di taman rumah
32. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Hari ini adalah hari ke sebelas, Pak Wona pergi siang
dan pulang larut malam. Hati Bu Pangesti teriris. Perempuan bertubuh ramping
itu menatap kosong perbukitan kapur; beberapa jengkal dari halaman rumahnya.
Senja masih menyisakan sinar kemerahannya ketika cericit burung-burung di
atas Newi beranjak masuk ke dalam istananya. Sementara itu putaran angin sore
tak juga usai. Tiupannya bahkan semakin meliuk-liukkan pepohonan dan
rerumputan liar. Bu Pangesti menerawang jauh di antara pucuk pepohonan
menjulang.
Susi Purwani “Teratak Daun Rumbia”
|
Nilai yang terkandung dalam kutipan
cerpen di atas adalah …
a. kasih sayang
b. kebajikan
c. kesusilaan
d. kesetiaan
e. kemanusiaan
33. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Setan keparat!!!” teriak ibu itu sambil menghempaskan
anaknya ke bongkahan batu. Anak itu terguling dan tak sadarkan diri.
Bekakrak-an tertawa-tawa terbang mengitari tubuh yang molek penuh debu itu.
Sekeliling sepi.
Danarto, Armageddon
|
Nilai moral yang terdapat dalam
kutipan tersebut adalah ….
a. seorang ibu yang tega membunuh anaknya
b. ibu yang tidak ingin melihat anaknya
menderita
c. ibu yang sedang kesurupan makhluk
halus
d. anak yang durhaka kepada ibunya
e. seorang ibu yang tega melukai hati
anaknya
34. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kembang-kembang wangi ditabur. Tembok pelataran makam.
Berderet dari seberang utara, kamar-kamar penginapan: 4X3 meter buat semedi.
Tak ada lampu. WC mesti sewa, tikar pandan, satu bantal. Seluruh penghasilan
buat anak keturunan Kampung Hitut. Mutlak. Berpuluh tahun.
Joni
Ariadinata,”
Kita Mengadu kepada
Mayat”
|
Nilai
budaya dalam kutipan cerpen di atas ditunjukkan melalui peristiwa ….
a. Penghasilan
buat anak keturunan
b. pelataran
makam yang ditembok
c. kamar
yang digunalan untuk penginapan
d. semedi di
dalam kamar
e. penyewaan
tikar dan bantal
35. Bacalah kutipan biografi berikut! (untuk
soal no.35 dan 36)
Selain menekuni dunia teater dan menulis, Putu juga
menjadi sutradara film dan sinetron serta menulis skenario sinetron. Film
yang disutradarainya ialah film Cas Cis
Cus, Zig Zag, dan Plong.
Sinetron yang disutradarainya ialah Dukun
Palsu, Pas, None, Warteg, dan
Jari-jari. Skenario yang ditulisnya ialah Perawan Desa, Kembang Kertas, serta Ramadhan dan Ramona. Ketiga skenario itu memenangkan Piala
Citra.
|
Isi pokok biografi tersebut adalah ….
a. Putu menekuni dunia teater, sutradara
film dan sinetron, serta menulis skenario sinetron.
b.
Sinetron
yang disutradarainya adalah Dukun Palsu,
Pas, None, Warteg, Perawan Desa, dan
Jari-Jari.
c.
Skenario
yang ditulisnya ialah ialah Perawan Desa,
Kembang Kertas, serta Ramadhan dan
Ramona.
d.
Film
yang disutradarainya adalah film Cas Cis
Cus, Zig Zag, dan Plong; juga Perawan Desa dan Kembang Kertas.
e. Skenario yang ditulis Putu, ketiganya
memenangkan Piala Citra yang didambakan setiap insan film.
36. Hal yang dapat diteladani dari kutipan
tersebut adalah ….
a. Putu dapat menjalani beberapa profesi
sekaligus dengan serius.
b. Putu
memeroleh Piala Citra karena kedekatannya dengan orang film.
c. Putu lebih fokus dengan menulis skenario
film terbukti dengan Piala Citranya.
d. Putu pernah beberapa kali menjadi
sutradara film dan sinetron sekaligus.
e. Putu mempunyai darah seni yang luar
biasa karena bakat menulisnya.
37. Bacalah kutipan biografi berikut!
Putu mengaku belajar banyak dari Tempo dan Goenawan
Muhammad. “Yang melekat di kepala saya adalah bagaimana cara menulis sesuatu
yang sulit menjadi mudah. Menulis dengan gaya orang bodoh, sehingga yang
mengerti bukan hanya menteri, tapi juga tukang becak. Itulah gaya Tempo,”
ungkap Putu.
|
Hal yang menarik dari tokoh tersebut
adalah ….
a. Putu tidak malu bertanya dan belajar
kepada siapa pun.
b. Putu menulis dengan gaya orang bodoh
agar dipahami orang bodoh.
c. Putu menulis dengan kalimat yang sulit
dimengerti agar karyanya terkesan berkelas.
d. Putu terkesan gaya Tempo, bagaimana
menulis sesuatu yang sulit menjadi
mudah.
e. Putu mengaku belajar banyak dari Tempo
dan Goenawan Muhammad.
38. Bacalah kutipan hikayat dan novel
berikut!
“Sekali peristiwa adalah seorang raja bernama Balad,
dan wazirnya bernama Ilad. Wazir itu seorang yang taat beribadat dan saleh.
Pada suatu malam raja bermimpi yang menakut-nakutkan delapan macam banyaknya.
Setelah hari siang Baginda suruh panggil Pendeta Brahmana, hendak meminta
keterangan takdirnya.
Hikayat Raja Balad dengan Permaisuri Irah
Nyamuk pers, entah bagaimana jalannya, mencium asap di
rumah Aston. Dua orang wartawan dari sebuah Mingguan Kuning muncul pagi-pagi.
Kedua-duanya memakai jaket dan topi menaiki sebuah motor yang tidak mau dituntun
ketika memasuki gang. Anak-anak kampung terkejut, sedang beberapa orang warga
memerhatikan dengan mata melotot. Rambu-rambu di depan gang tak cukup wibawa
menahan anak muda itu, mesin motornya terdengar keras sekali di dalam gang.
Putu Wijaya, Pol.
|
Unsur intrinsik yang
membedakan antara hikayat dan novel adalah ….
a. bahasa, sudut pandang, alur
b. bahasa, penokohan, biografi
c. bahasa, penokohan, pendidikan
d. bahasa, filsafat, agama
e. bahasa, penokohan, latar
39. Bacalah kutipan drama berikut!
Bapak : Begitulah, Nak, suasana kota yang sedang
dicekam keadaan darurat perang.
Sulung : Ya, pertanda akan hilang keamanan,
berganti huru-hara. Dan, mumpung masih ada waktu, bagaimana dengan keputusan
Bapak dengan usulku itu?
Bapak : Menyesal sekali, Nak.
Sulung : Bapak menjawab dengan penolakan, bukan?
Bapak : Ya!
Bungsu :
Jawaban Bapak sangat bijaksana.
Sulung :
Bijaksana?! Ya, kau benar adikku. Setidaknya, demikianlah anggapanmu, karena
bukankah tunanganmu seorang Perwira TNI di sini. Maaf, bukan maksudku
menyindir, adik manisku.
Bungsu :
……….. Kau hanya kelihatan keletihan, mengasolah dulu Bang. Bapak, biar aku
yang pergi belanja untuk hidangan makan siang nanti.
|
Kalimat yang tepat untuk mengisi
bagian yang rumpang di atas adalah ….
a. Kau memang ada-ada saja
b. Kau memang mencari gara-gara
c. Kau mau menangnya sendiri
d. Kau perlu merasakan sindiran
e. Kau memang keterlaluan
40. Bacalah kutipan drama berikut!
Ring : “Tentu saja aku membacanya, tapi ….”
Bin : “Bapak Ateng Sujanggo masih kurang
puas dengan skenario film “Di
balik
Sinar Suram” yang sudah dalam proses
shooting itu!
Ring : Ada apa lagi dengan dia! Kemarin saja
ia begitu antusias!
Bin : Biasa saja, tapi Bapak Ateng Sujanggo
berpendapat bahwa penyusun skenarionya kurang berhasil menyusun penyelesaian
ceritanya.”
Ring : Apa mungkin ia sudah berani mengatakan
begitu, saat kami sendiri masih dalam
proses penyelesaiannya. Sebaiknya ia bersabar dulu.
|
Konflik yang terdapat dalam kutipan
drama tersebut adalah ….
a. ketidakpuasan penulis skenario yang
mendapat kritik dari sutradara
b. ketidaksabaran seorang sutradara
kepada penulis skenario film
c. ketidaksabaran penulis skenario film
menerima kritikan sutradara
d. ketidakpuasan sutradara kepada penulis
skenario film
e. seorang sutradara yang mencari-cari
kesalahan kepada penulis film
II.
Soal
Uraian:
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat
dan jelas!
41. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!
Yang juga harus dicatat, Amerika Serikat tak pernah
menemukan apa yang dicarinya, yang menjadi alasan Amerika Serikat melakukan
agresi militer. Irak tidak terbukti menyimpan senjata pemusnah seperti yang
dituduhkan. Faktanya, alasan untuk menjatuhkan Saddam Hussein tidak pernah
ditemukan, tetapi Saddam malahan telah dieksekusi mati. Padahal, hukuman mati
bertentangan dengan prinsip hak azazi manusia. Bukankah Amerika Serikat
menganggap dirinya selain kampiun demokrasi, juga kampiun HAM? Semua itu
jelas bukti sangat kuat yang menunjukkan betapa hipokritnya Amerika Serikat.
Hipokrit serta mau menang sendiri.
|
Setelah membaca kutipan di atas, maka
jelaskan dan sebutkan:
a. Isi tajuk
b. Dua buah kalimat fakta
c. Dua buah kalimat opini
42. Bacalah tema karya tulis berikut!
Peran pelajar dalam rangka menyelamatkan bahasa Jawa Krama
sebagai pendukung adab sopan-santun dan kepribadian bangsa.
|
Berdasarkan tema di atas, susunlah
latar belakang masalahnya! Minimal 2
kalimat
43. Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Ambilkan sapu lidi!” perintah Mbah Danu dengan sikap
Srikandi wayang orang. Kemudian ia mencengkeram lengan Nah dan menyeretnya
dari tikar ke lantai. Sapu lidi datang. Ukurannya istimewa besar, karena Pak
Jaksa mempunyai 60 pohon kelapa di pekarangannya. Mbah Danu memegang sapu
lidi itu pada ujungnya yang lunak, kemudian bongkotnya yang garis tengahnya
kira-kira 10 cm itu diayunkan ke atas dan dia pukulkan sekuat tenaga ke
pantat Nah yang terbaring miring. Segenap hadirin melotot matanya dan mekar
kupingnya melihat dan mendengar pukulan dahsyat itu.
“Ngeoooooong!” ke luar dari mulut Nah, mendirikan
bulu-bulu di kulit penonton.
“Mampus engkau sekarang!” teriak Mbah Danu bengis dan
sapu lidi terus-menerus menghantam pantat Nah dengan irama rumba. Nah tidak
mengeong lagi sekarang, melainkan mengaum seperti singa sirkus yang
marah. Sebagian hadirin mau lari.
“Minggat! Ayo minggat!” Teriak Mbah Danu dengan amat murka
dan dengan tendangan jitu Nah ditengkurapkannya. Kamudian deraannya menghujam
pula pada pantat Nah yang kini sadar, bahwa ia manusia Nah, bukan kucing,
anjing, kuda , atau singa.
Nugroho Notosusanto, “Mbah Danu”
|
Setelah membaca kutipan cerpen Mbah Danu
maka jelaskan hal-hal berikut!
a. sudut pandang yang digunakan
b. alur yang digunakan
c. watak para tokoh
44. Bacalah kutipan biografi berikut!
Saat ditanya pemikiran pengarang yang sehari bisa
mengarang 30 halaman, menulis empat artikel dalam satu hari ini tentang
tulis-menulis, Putu menjawab,”Menulis adalah menggorok leher tanpa
menyakiti,” katanya, “bahkan kalau bisa tanpa diketahui.” Kesenian
diibaratkan seperti baskom, penampung darah siapa saja atau apa pun yang
digorok: situasi, problematik, lingkungan, misteri , dan berbagai makna yang
berserak. “Kesenian” katanya, “merupakan salah satu alat untuk mencurahkan
makna, agar bisa ditumpahkan kepada manusia lain secara tuntas.”
“Saya sangat percaya pada insting,” kata Putu tentang
caranya menulis. “Ketika menulis saya tidak mempunyai bahan apa-apa. Semua
datang begitu saja ketika di depan komputer,” katanya lagi. Ia percaya bahwa
ada galaksi dalam otak yang tidak kita mengerti cara kerjanya. Tapi, menurut
Putu, itu bukan peristiwa mistik. Apalagi tindak kesurupan.
|
Setelah membaca kutipan di atas,
jelaskan hal-hal berikut ini:
a. Hal-hal yang dapat diteladani dari
tokoh
b. Hal-hal yang menarik dari tokoh
Selamat mengerjakan !
No comments:
Post a Comment