Monday, 17 July 2023

Manfaat siswa kelas XII Mempelajari Surat Lamaran Pekerjaan

 Ada beberapa manfaat bagi siswa SMA untuk mempelajari surat lamaran pekerjaan, meskipun mereka belum memasuki dunia kerja secara langsung. Berikut adalah beberapa manfaatnya:


1. Persiapan Karir: Memahami dan mempelajari surat lamaran pekerjaan memberikan siswa SMA pemahaman awal tentang proses mencari pekerjaan. Hal ini membantu mereka mempersiapkan diri untuk masa depan ketika mereka mulai mencari pekerjaan setelah lulus.


2. Keterampilan Komunikasi Tertulis: Surat lamaran pekerjaan merupakan bentuk komunikasi tertulis yang penting dalam dunia profesional. Dengan mempelajari surat lamaran pekerjaan, siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis yang baik, termasuk kemampuan dalam mengatur kata-kata dengan jelas, menggambarkan pengalaman dan kualifikasi mereka, serta menyampaikan pesan dengan efektif.


3. Penyadaran Tentang Diri Sendiri: Dalam menyusun surat lamaran pekerjaan, siswa perlu merenungkan diri mereka sendiri, mengidentifikasi kekuatan, keterampilan, dan pengalaman yang mereka miliki. Proses ini membantu siswa memahami diri mereka sendiri secara lebih baik dan mengenali apa yang membuat mereka unik dan berharga dalam konteks profesional.


4. Peningkatan Kepercayaan Diri: Melalui latihan menulis surat lamaran pekerjaan, siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menyampaikan pesan dan presentasi diri. Mereka belajar untuk menjual diri mereka sendiri dengan meyakinkan, yang dapat menjadi aset berharga ketika mereka berhadapan dengan wawancara kerja di masa depan.


5. Memahami Standar dan Etika: Surat lamaran pekerjaan memiliki aturan dan etika yang harus diikuti. Dengan mempelajari sistematika dan standar dalam menyusun surat lamaran pekerjaan, siswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang norma-norma profesional dan etika dalam mencari pekerjaan.


6. Kesempatan Magang dan Pengalaman Kerja: Memiliki pemahaman tentang surat lamaran pekerjaan dapat memberikan siswa kesempatan untuk melamar magang atau pengalaman kerja yang relevan dengan bidang yang diminati. Surat lamaran yang baik dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima dalam program magang atau pekerjaan sementara di masa sekolah.


Pemahaman tentang surat lamaran pekerjaan membantu siswa SMA mempersiapkan diri secara lebih baik untuk masa depan karir mereka. Meskipun mereka belum mencari pekerjaan sekarang, keterampilan ini akan bermanfaat ketika mereka memasuki dunia kerja nanti.

contoh verba material, mental, dan relasional

Berikut adalah contoh verba material, mental, dan relasional dalam bahasa Indonesia:


Verba Material:

1. Makan

2. Minum

3. Berlari

4. Menulis

5. Membaca

6. Memasak

7. Memanjat

8. Memainkan

9. Menggambar

10. Mengemudi


Verba Mental:

1. Berpikir

2. Mempertimbangkan

3. Mengingat

4. Merencanakan

5. Mengkhayalkan

6. Memahami

7. Menganalisis

8. Menafsirkan

9. Menghargai

10. Mempertanyakan


Verba Relasional:

1. Adalah

2. Menjadi

3. Terlihat

4. Merasa

5. Berada

6. Tampak

7. Terhubung

8. Mengenali

9. Mempercayai

10. Melibatkan


Contoh kalimat dengan menggunakan verba-verb tersebut:


Verba Material:

1. Saya makan nasi untuk sarapan.

2. Anak-anak minum jus jeruk di taman.

3. Dia berlari dengan cepat di lapangan.

4. Saya menulis surat kepada teman saya.

5. Ia sedang membaca buku di perpustakaan.

6. Ibu memasak makanan lezat untuk makan malam.

7. Anak itu memanjat pohon tinggi.

8. Mereka sedang memainkan permainan kartu.

9. Kakak perempuan saya menggambar gambar pemandangan.

10. Saya belajar mengemudi mobil.


Verba Mental:

1. Saya berpikir tentang rencana liburan.

2. Kami mempertimbangkan semua opsi sebelum membuat keputusan.

3. Saya mengingat wajah teman sekolah saya.

4. Ibu sedang merencanakan pesta ulang tahun adik saya.

5. Anak itu suka mengkhayalkan petualangan di luar angkasa.

6. Saya memahami konsep matematika yang diajarkan di sekolah.

7. Guru sedang menganalisis hasil ujian siswa.

8. Ahli bahasa menafsirkan arti dari teks sastra tersebut.

9. Kami menghargai bantuan yang diberikan oleh relawan.

10. Saya mempertanyakan kebenaran berita yang saya baca.


Verba Relasional:

1. Buku itu adalah novel terkenal.

2. Dia menjadi seorang guru setelah lulus kuliah.

3. Rupanya dia terlihat bahagia dalam foto itu.

4. Saya merasa senang setelah menyelesaikan tugas.

5. Rumah kami berada di pinggir kota.

6. Lukisan itu tampak indah di dinding.

7. Hubungan kami sangat terhubung melalui teknologi.

8. Saya mengenali suara itu sebagai teman lama.

9. Saya mempercayai kemampuan tim tersebut dalam proyek ini.

10. Diskusi ini melibatkan banyak orang dari berbagai latar belakang.


Verba-verba tersebut menggambarkan berbagai tindakan, kegiatan mental, dan hubungan antara objek atau subjek dalam kalimat.

Manfaat Projek penguatan profil pelajar Pancasila

 Manfaat Projek penguatan profil pelajar Pancasila


Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki pemahaman dan komitmen yang kuat terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat kesadaran, pemahaman, dan pengamalan Pancasila di kalangan pelajar sebagai pondasi yang kuat dalam pembentukan karakter dan moralitas mereka.


Proyek ini memiliki beberapa manfaat penting. Berikut adalah beberapa di antaranya:


1. Memperkuat Identitas Nasional: Pelajar yang memiliki profil yang kuat dalam Pancasila akan lebih terhubung dengan identitas nasional mereka. Mereka akan memahami nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang menjadi dasar negara Indonesia, seperti persatuan, keadilan sosial, demokrasi, dan keragaman budaya.


2. Pembentukan Karakter yang Baik: Pelajar yang mendalami Pancasila akan dikembangkan dengan karakter yang baik. Mereka akan memahami pentingnya integritas, rasa tanggung jawab, dan sikap saling menghormati. Ini membantu dalam membentuk kepribadian yang baik, berkomitmen pada kejujuran, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.


3. Penguatan Toleransi dan Persatuan: Pancasila mengajarkan nilai-nilai persatuan dan keragaman. Dalam mempelajari dan menghayati Pancasila, pelajar akan mengembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan suku, agama, ras, dan budaya. Hal ini penting dalam membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis di Indonesia.


4. Peningkatan Kepemimpinan: Pelajar yang memiliki profil Pancasila yang kuat akan lebih mampu menjadi pemimpin masa depan yang baik. Mereka akan menginternalisasi nilai-nilai kepemimpinan yang berdasarkan Pancasila, seperti keadilan, kebijaksanaan, keberanian, dan keadilan sosial. Ini akan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan kompleks dalam kepemimpinan di berbagai bidang.


5. Pengamalan Nilai-Nilai Moral: Pancasila juga mengandung nilai-nilai moral yang mendasar. Melalui penguatan profil pelajar Pancasila, pelajar akan diajarkan untuk hidup dengan jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan menghormati hak-hak orang lain. Hal ini membantu menciptakan generasi muda yang memiliki kesadaran moral yang tinggi.


Secara keseluruhan, proyek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki tujuan yang mulia dalam membangun generasi muda yang memiliki pemahaman mendalam, komitmen, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Dengan melibatkan pelajar dalam mempelajari Pancasila, diharapkan mereka akan menjadi warga negara yang bertanggung jawab, toleran, dan berkontribusi positif dalam membangun bangsa Indonesia.

Sunday, 16 July 2023

Analisis laporan hasil observasi Tonggeret

 Analisis laporan hasil observasi Tonggeret


Tonggeret (Cicadidae) merupakan serangga yang memiliki suara. paling nyaring. Terdapat lebih dari 2.000 jenis tonggeret yang hidup di dunia. Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang berbeda. 


Tonggeret mampu menghasilkan suara nyaring lantaran memiliki tymbal yang terdapat dalam perut. Organ itu berupa membran yang dilengkapi dengan otot-otot penggerak. Ketika otot- otot itu digerakkan, membran akan bergetar. Getaran itulah yang menghasilkan suara. Suara itu dapat semakin keras karena perut tonggeret memiliki rongga udara yang berfungsi seperti amplifier. Rongga itu memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.


Hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring. Mereka menge- luarkan suara begitu keras untuk menarik perhatian tonggeret betina. Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik. Tonggeret tidak dapat kawin dengan jenis yang berbeda. Selain untuk menarik perhatian betina, suara nyaring tersebut pun berguna untuk melindungi mereka dari serangan burung yang akan memangsanya.


Tonggeret dewasa hidup di pepohonan hanya selama 2 - 4 pekan. Beberapa hari setelah kawin, mereka akan mati. Beberapa spesies, bahkan cuma bertahan 3-4 hari. Saat bertelur, tonggeret betina menempelkan telur-telurnya di cabang atau batang pohon dan rerumputan. Namun setelah menetas, nimfa yang dihasilkan jatuh ke tanah. Mereka lalu menggali lubang sedalam 30-50 cm dan hidup dalam tanah selama 2-3 tahun. Namun, ada juga jenis tonggeret di Amerika Serikat yang dapat hidup di dalam tanah hingga 17 tahun. Tonggeret menyukai temperatur hangat, 24- 30°C untuk tumbuh optimal. Pada kondisi itu, nimfa akan keluar dari tanah dan tumbuh menjadi dewasa. Tonggeret termasuk jenis hewan herbivora. Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Saat masih berbentuk nimfa, tonggeret menghisap cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.


Petani kerap memanfaatkan suara keras tonggeret sebagai pertanda kemarau akan datang. Bunyi tonggeret ramai terdengar di penghujung musim hujan alias saat cuaca mulai panas. Saat tonggeret banyak bersuara, petani akan bersiap untuk bertanam palawija, seperti: jagung dan kacang, karena musim kemarau akan segera datang. Sayangnya, perubahan iklim menyebabkan suara tonggeret tidak lagi teratur sehingga tidak dapat lagi digunakan.


Analisislah struktur teks laporan hasil observasi tersebut!


Teks laporan hasil observasi mengenai tonggeret telah mencakup berbagai aspek yang relevan dengan subjek yang diamati. Berikut adalah analisis struktur teks laporan tersebut:


1. Pendahuluan:

   - Menyampaikan informasi umum tentang tonggeret sebagai serangga yang memiliki suara paling nyaring.

   - Menyebutkan jumlah jenis tonggeret yang ada di dunia dan bahwa setiap jenis memiliki suara yang berbeda.


2. Penjelasan Mengenai Suara Tonggeret:

   - Menggambarkan struktur dan mekanisme tymbal dalam perut tonggeret yang menghasilkan suara.

   - Menyebutkan bahwa suara tonggeret semakin keras karena adanya rongga udara yang berfungsi sebagai amplifier.


3. Suara Tonggeret Jantan:

   - Menjelaskan bahwa hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring untuk menarik perhatian tonggeret betina.

   - Menyebutkan bahwa setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik.

   - Menjelaskan bahwa suara nyaring tersebut juga berfungsi untuk melindungi tonggeret dari serangan burung.


4. Siklus Hidup Tonggeret:

   - Menjelaskan masa hidup tonggeret dewasa yang terbatas, hanya 2-4 pekan.

   - Menjelaskan bahwa setelah kawin, tonggeret dewasa akan mati.

   - Menggambarkan proses bertelur dan perkembangan nimfa tonggeret yang hidup dalam tanah selama beberapa tahun sebelum tumbuh menjadi dewasa.


5. Pola Makan Tonggeret:

   - Menyebutkan bahwa tonggeret merupakan hewan herbivora.

   - Menjelaskan bahwa tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon, sedangkan nimfa menghisap cairan dari akar pohon.


6. Peran Suara Tonggeret dalam Pertanian:

   - Menjelaskan bahwa petani menggunakan suara keras tonggeret sebagai pertanda kemarau akan datang.

   - Menyebutkan bahwa perubahan iklim telah mempengaruhi keberadaan dan pola suara tonggeret.


7. Penutup:

   - Mengakhiri laporan dengan menyampaikan analisis struktur teks laporan hasil observasi tersebut.


Secara keseluruhan, struktur teks laporan tersebut terdiri dari pendahuluan yang memberikan konteks, penjelasan mengenai suara tonggeret, peran suara tonggeret dalam komunikasi dan pertanian, serta deskripsi tentang siklus hidup dan pola makan tonggeret. Laporan tersebut diakhiri dengan penutup yang mencakup analisis struktur teks.

20 soal kumpulan soal bahasa Indonesia beserta kunci jawaban dan pembahasannya mengenai belalang anggrek

 Belalang Anggrek

Kumpulan soal bahasa


Teman-teman, kali ini saya akan menyampaikan laporan hasil observasi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Objek yang diobservasi adalah belalang anggrek. Pertama-tama, saya akan menyampaikan informasi umum terkait dengan belalang anggrek. Belalang anggrek atau Hymenopus Coronatus adalah salah satu jenis belalang sentadu atau belalang sembah yang hidup di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya. Seperti namanya, belalang ini memiliki bentuk dan warna yang menyerupai bunga anggrek.


Pada bagian berikutnya, saya akan menjelaskan ciri khas belalang anggrek yang terdiri atas bagian tubuh, bentuk tubuh, makanan, dan daur hidupnya. Bagian tubuh belalang anggrek terdiri atas kepala, toraks, dan abdomen. Di bagian kepala terdapat mata majemuk, mulut, dan dua buah antena seperti benang. Seperti jenis belalang sentadu lainnya, kepala belalang anggrek dapat berputar 360°. Di bagian toraks terdapat tiga pasang kaki. Kaki depan belalang anggrek yang panjang dan kuat dilengkapi dengan duri dan capit. Belalang anggrek memiliki dua pasang sayap yang menutupi bagian abdomennya. Sayap depan berfungsi melindungi sayap belakang sehingga teksturnya lebih keras.


Ukuran tubuh belalang anggrek berbeda antara jantan dan betina. Panjang tubuh belalang anggrek jantan sekitar 2,5-3 cm, sedangkan betina 6-7 cm. Tubuh mereka berwarna putih dengan aksen merah muda lembut atau cerah. Beberapa belalang, bahkan berwarna benar-benar putih atau merah jambu. Namun, belalang anggrek dapat mengubah warna tubuhnya dalam hitungan sehari, bergantung pada kondisi lingkungan, seperti kelembapan dan kondisi cahaya.



Belalang anggrek merupakan predator polifagus atau pemakan beberapa jenis mangsa. Mereka memangsa serangga lain yang ber- tubuh lebih kecil, seperti jangkrik, capung, lebah, dan lalat. Belalang anggrek menggunakan bentuk dan warna tubuhnya untuk menarik perhatian mangsa. Saat mangsa mendekat, mereka akan meng- gunakan kaki depannya untuk menangkapnya. Belalang sembah hanya memangsa hewan yang masih hidup.


Belalang anggrek merupakan hewan yang mengalami meta- morfosis tidak sempurna. Fase hidupnya terdiri dari telur, nimfa, dan dewasa. Belalang betina dapat bertelur sampai 300 butir. Telur tersebut diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut ooteka. Ooteka lama-lama akan mengeras dan melindungi telur-telur dari panas dan hujan. Telur-telur tersebut membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menetas. Saat menetas, nimfa belalang sembah sudah menyerupai belalang anggrek dewasa. Itulah mengapa belalang anggrek disebut mengalami metamorfosis tidak sempurna.


Sebagai penutup, saya akan menyampaikan manfaat belalang anggrek. Belalang anggrek berguna bagi manusia untuk membasmi hama berupa serangga. Karena keindahannya, belalang anggrek juga dijadikan peliharaan.


Demikian laporan hasil observasi saya. Terima kasih atas perhatian teman-teman semua.


Berdasarkan teks tersebut kerjakan soal berikut ini!


Tentulah! Berikut adalah 20 soal pilihan ganda beserta kunci jawaban dan pembahasannya berdasarkan informasi yang diberikan:


1. Apa yang dimaksud dengan belalang anggrek?

a. Jenis belalang yang hidup di Indonesia dan Asia Tenggara.

b. Belalang yang memiliki bentuk dan warna menyerupai bunga anggrek.

c. Belalang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari belalang lainnya.

d. Belalang yang hanya memakan serangga yang hidup di tanah.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: e. Semua jawaban di atas.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek adalah jenis belalang yang hidup di Indonesia dan Asia Tenggara, memiliki bentuk dan warna menyerupai bunga anggrek, dan memiliki ukuran tubuh yang berbeda antara jantan dan betina.


2. Bagian tubuh belalang anggrek terdiri atas...

a. Kepala, toraks, dan abdomen.

b. Kepala, sayap, dan kaki.

c. Kepala, thorax, dan ekor.

d. Kepala, kaki, dan ekor.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: a. Kepala, toraks, dan abdomen.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa bagian tubuh belalang anggrek terdiri atas kepala, toraks, dan abdomen.


3. Apa yang dimaksud dengan ooteka?

a. Bentuk tubuh belalang anggrek.

b. Sayap depan belalang anggrek.

c. Sarang berbentuk buih putih tempat meletakkan telur.

d. Bagian kepala belalang anggrek.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: c. Sarang berbentuk buih putih tempat meletakkan telur.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa ooteka adalah sarang berbentuk buih putih tempat belalang anggrek meletakkan telur.


4. Ukuran tubuh belalang anggrek berbeda antara jantan dan betina. Panjang tubuh belalang anggrek jantan sekitar...

a. 1-2 cm

b. 2,5-3 cm

c. 4-5 cm

d. 6-7 cm

e. 8-9 cm


Jawaban: b. 2,5-3 cm.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa panjang tubuh belalang anggrek jantan sekitar 2,5-3 cm.


5. Bagian tubuh belalang anggrek yang berfungsi melindungi sayap belakang adalah...

a. Mata majemuk.

b. Sayap depan.

c. Kaki depan.

d. Antena.

e. Capit.


Jawaban: b. Sayap depan.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa sayap depan belalang anggrek berfungsi melindungi sayap belakang sehingga teksturnya lebih keras.


6. Belalang anggrek memangsa serangga lain yang berukuran...

a. Lebih besar dari mereka.

b. Lebih kecil dari mereka.

c. Sama dengan mereka.

d. Bergantung pada spesies belalang anggrek.

e. Tidak ada informasi yang disebutkan.


Jawaban: b. Lebih kecil dari mereka.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek memangsa serangga lain yang berukuran lebih kecil dari mereka, seperti jangkrik, capung, lebah, dan lalat.


7. Dalam fase hidupnya, belalang anggrek mengalami metamorfosis...

a. Sempurna.

b. Tidak sempurna.

c. Parsial.

d. Bergantung pada kondisi lingkungan.

e. Tidak ada informasi yang disebutkan.


Jawaban: b. Tidak sempurna.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek mengalami metamorfosis tidak sempurna, dengan fase hidup yang terdiri dari telur, nimfa, dan dewasa.


8. Belalang betina anggrek dapat bertelur hingga...

a. 50 butir.

b. 100 butir.

c. 200 butir.

d. 300 butir.

e. 400 butir.


Jawaban: d. 300 butir.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang betina anggrek dapat bertelur hingga 300 butir.


9. Telur-telur belalang anggrek diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut...

a. Ooteka.

b. Antena.

c. Capit.

d. Capit.

e. Thorax.


Jawaban: a. Ooteka.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa telur-telur belalang anggrek diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut ooteka.


10. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menetasnya telur belalang anggrek?

a. 1 minggu.

b. 2 minggu.

c. 4 minggu.

d. 6 minggu.

e. 8 minggu.


Jawaban: d. 6 minggu.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa telur-telur belalang anggrek membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menetas.


11. Saat menetas, nimfa belalang sembah sudah menyerupai belalang anggrek...

a. Jantan.

b. Betina.

c. Tergantung pada jenis kelamin induk.

d. Tidak ada informasi yang disebutkan.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: e. Semua jawaban di atas.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, tidak disebutkan perbedaan antara nimfa belalang sembah yang menyerupai belalang anggrek jantan atau betina.


12. Manfaat belalang anggrek bagi manusia adalah...

a. Sebagai hewan peliharaan yang dapat menghibur.

b. Se


bagai pemangsa hama serangga.

c. Sebagai penghasil bahan pangan.

d. Sebagai hewan penyerbuk tanaman.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: e. Semua jawaban di atas.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek berguna bagi manusia sebagai pemangsa hama serangga dan juga dijadikan peliharaan karena keindahannya.


13. Bentuk tubuh belalang anggrek dapat berubah sesuai dengan...

a. Suhu lingkungan.

b. Kelembapan lingkungan.

c. Kondisi cahaya.

d. Semua jawaban di atas.

e. Tidak ada informasi yang disebutkan.


Jawaban: d. Semua jawaban di atas.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa bentuk tubuh belalang anggrek dapat berubah bergantung pada kondisi lingkungan seperti suhu, kelembapan, dan kondisi cahaya.


14. Fungsi sayap depan belalang anggrek adalah...

a. Melindungi tubuh belalang dari hujan.

b. Mempermudah belalang dalam bergerak.

c. Menarik perhatian mangsa saat berburu.

d. Menjaga keseimbangan saat terbang.

e. Menghasilkan suara untuk komunikasi.


Jawaban: a. Melindungi tubuh belalang dari hujan.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa sayap depan belalang anggrek berfungsi melindungi sayap belakang dari kerusakan dan kondisi lingkungan seperti hujan.


15. Belalang anggrek memangsa serangga yang masih...

a. Hidup.

b. Mati.

c. Tergantung pada jenis serangga tersebut.

d. Tidak ada informasi yang disebutkan.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: a. Hidup.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek hanya memangsa serangga yang masih hidup.


16. Belalang anggrek termasuk dalam kelompok pemangsa hama karena...

a. Mereka memangsa serangga yang lebih besar dari mereka.

b. Mereka hanya memangsa serangga yang hidup di tanah.

c. Mereka memakan beberapa jenis serangga yang berukuran lebih kecil.

d. Mereka dapat berputar kepala hingga 360°.

e. Tidak ada informasi yang disebutkan.


Jawaban: c. Mereka memakan beberapa jenis serangga yang berukuran lebih kecil.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek memangsa serangga lain yang berukuran lebih kecil daripada mereka, seperti jangkrik, capung, lebah, dan lalat.


17. Belalang anggrek mengalami metamorfosis...

a. Sempurna.

b. Tidak sempurna.

c. Parsial.

d. Bergantung pada kondisi lingkungan.

e. Tidak ada informasi yang disebutkan.


Jawaban: b. Tidak sempurna.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek mengalami metamorfosis tidak sempurna, dengan fase hidup yang terdiri dari telur, nimfa, dan dewasa.


18. Belalang betina anggrek dapat bertelur hingga...

a. 50 butir.

b. 100 butir.

c. 200 butir.

d. 300 butir.

e. 400 butir.


Jawaban: d. 300 butir.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang betina anggrek dapat bertelur hingga 300 butir.


19. Telur-telur belalang anggrek diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut...

a. Ooteka.

b. Antena.

c. Capit.

d. Capit.

e. Thorax.


Jawaban: a. Ooteka.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa telur-telur belalang anggrek diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut ooteka.


20. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menetasnya telur belalang anggrek?

a. 1 minggu.

b. 2 minggu.

c. 4 minggu.

d. 6 minggu.

e. 8 minggu.


Jawaban: d. 6 minggu.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa telur-telur belalang anggrek membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menetas.


Itu dia 20 soal kumpulan soal bahasa Indonesia beserta kunci jawaban dan pembahasannya mengenai belalang anggrek berdasarkan informasi yang diberikan. Semoga bermanfaat!