Thursday 18 September 2014

soal pilihan ganda Materi Analisis Teks Eksposisi



Kumpulan Soal Bahasa Indonesia SMA kurikulum 2013 

Analisis Teks Eksposisi

1. Bacalah teks eksposisi  berikut ini!
Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air di awan cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.
Isi teks tersebut adalah siklus ...
advertise
advertise
a.          terjadinya laut
b.         terjadinya hujan
c.          penyinaran matahari
d.         penggumpalan awan
e.          peresapan air
jawaban B
Teks tersebut menjelaskan tentang siklus yang dimulai dari penguapan, penggumpalan, penurunan air, peresapan air, sampai dengan penguapan kembali.

Pembahasan

Teks tersebut menjelaskan asal-usul terjadinya hujan yaitu mulai dari penguapan air, penggumpalan awan, kemudian turun menjadi air hujan, akhirnya diresap oleh tanah dan menuju permukaan laut, sampai dengan mengalami penguapan kembali. Jawaban lain tidak sesuai karena tidak ada penjelasan secara detail tentang proses terjadinya laut, proses matahari menyinari bumi, proses penggumpalan awan, ataupun bagaimana siklus peresapan air.


2. Bacalah secara cermat!
Langkah-langkah menulis sebagai berikut. Pertama, tentukan topik.Kedua, kumpulkan data.* Ketiga, buat kerangka karangan. *Keempat, kembangkan kerangka menjadi tulisan. Kelima, tentukan judul karangan.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
a.          proses
b.         definisi
c.          klasifikasi
d.         perbandingan
e.          sebab-akibat
jawaban A
Teks memaparkan bagaimana cara menulis karangan

Pembahasan

Ekposisi proses menjelaskan tentang bagaimana mengerjakan sesuatu atau bagaimana sesuatu itu bisa terjadi. Teks tersebut menjelaskan bagaimana langkah-langkah menulis. Jadi, jawabannya benar yaitu eksposisi proses. Jawaban yang lain kurang tepat karena tidak sesuai dengan teks.


3.  Bacalah secara cermat!
Nelayan di pesisir pantai Sumatra Barat menghadapi musim paceklik. Keadaan ini berlangsung selama dua minggu disebabkan bulan terang dan gelombang laut tinggi. Akibatnya, produksi ikan hasil tangkapan menurun.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
a.          proses
b.         definisi
c.          perbandingan
d.         klasifikas
e.          sebab-akibat
jawaban
E
Pembahasan
Isi teks dapat diamati dari kata hubung yang ada dalam teks.

Pembahasan

Jenis teks eksposisi sebab-akibat berisi tentang pernyataan sebab yang menimbulkan akibat. Dalam teks dijelaskan produksi ikan hasil tangkapan menurun. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi bulan yang terang dan gelombang laut yang tinggi. Oleh karena itu, jenis teks tersebut tergolong eksposisi sebab-akibat.


4. Bacalah secara cermat!
Permusuhan antara keluarga kadang berawal dari masalah sepele. Biasanya yang menjadi pemicu adalah masalah anak-anak. Misalnya saja, anak si A dengan tidak sengaja memukul anak si B sehingga membuatnya menangis. Si B merasa kurang senang sehingga memarahi anak si A. Si A yang mendengar informasi bahwa anaknya dimarahi jadi naik pitam. Akhirnya terjadilah pertengkaran kedua belah pihak dan kadang berujung kekerasan fisik.
Inti permasalahan tersebut adalah ...
a.          Masalah sepele sebagai pemicu pertengkaran dalam keluarga
b.         Kekerasan fisik dalam keluarga harus dihindarkan.
c.          Permusuhan dalam keluarga banyak disebabkan oleh anak.
d.         Pemukulan anak menjadi pemicu pertengkaran.
e.          Solusi masalah dapat ditemukan dengan musyawarah.
Jawaban A
Pembahasan
Inti permasalahan adalah sesuatu yang sedang dibicarakan.

Pembahasan

Teks tersebut membicarakan tentang pemicu pertengkaran dalam keluarga yaitu karena masalah sepele. Pertengkaran kecil pada anak-anak merupakan salah satu contoh masalah sepele. Masalah sepele tersebut yang akhirnya merambat pada permasalahan besar karena sudah ada campur tangan orang tua. Hal inilah yang dijelaskan dalam teks.


5. Bacalah secara cermat!

Membersihkan kaca jendela juga ada seninya. Jangan mengusap-usap lap secara berputar-putar. Usahakan mengelapnya dengan gerakan dari atas ke bawah. Kalau perlu diulangi secara sistematis dari kiri ke kanan.
Hal yang tidak dikemukakan dalam teks adalah ...
a.          Membersihkan kaca jendela ternyata memiliki seni.
b.         Jangan mengusapkan lap ke kaca jendela dengan cara berputar-putar.
c.          Usahakan mengelap lantai dengan gerakan dari atas ke bawah
d.         Mengelap kaca jendela boleh juga dilakukan dari kiri ke kanan.
e.          Mengelap kaca jendela juga ada seninya.
Jawaban C
Pembahasan:
Topik pembicaraan dapat diketahui secara eksplisit dari kalimat-kalimat pembangun teks.
Teks tersebut menjelaskan tentang cara membersihkan kaca jendela. Kata kuncinya adalah lap dan kaca jendela. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks adalah usahakan mengelap lantai dengan gerakan dari atas ke bawah. Pernyataan tersebut mengemukakan tentang cara mengelap lantai, sementara yang dibicarakan adalah kaca jendela. Tentu saja pernyataan tersebut menyimpang dari topik yang dibicarakan

6. Bacalah secara cermat!
Setiap orang memiliki perbedaan dalam pemilihan bahan untuk dibaca. Perbedaan itu muncul karena adanya perbedaan umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, atau profesi yang berbeda. Selain itu, dapat pula disebabkan oleh tujuan membaca yang berbeda.
Hal yang dibicarakan dalam teks tersebut adalah ...
a.          Perbedaan setiap orang dalam memilih tempat membaca.
b.         Alasan orang untuk membaca bermacam-macam buku
c.          Penyebab orang membaca bermacam-macam buku.
d.         Perbedaan usia menyebabkan perbedaan memilih bacaan.
e.          Perbedaan setiap orang dalam memilih bacaan.
Jawaban E

Petunjuk

Topik pembicaraan dapat dikeltahui dari kalimat-kalimat yang membangun teks tersebut.

Pembahasan

Untuk mengetahui hal yang dibicarakan dalam teks, yang perlu kalian lakukan adalah membaca teks tersebut secara utuh. Pada kalimat awal dikemukakan tentang perbedaan setiap orang dalam memilih bahan bacaan. Kemudian, kalimat berikutnya menjelaskan penyebab terjadinya perbedaan tersebut. Hal yang dibicarakan dalam teks tersebut adalah pernyataan yang terdapat pada kalimat awal.


7. Cermatilah paragraf acak berikut!
Tata cara makan di restoran:
1) Makan dengan santai
2) Meminta struk pembayaran kepada pelayan
3) Duduk pada tempat yang diinginkan
4) Pesan menu favorit
5) Menuju meja kasir untuk melakukan pembayaran
6) Membayar makanan
7) Ke luar restoran
Urutan yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu adalah ...
a.          1, 2, 4, 5, 3, 6, 7
b.         2, 5, 6, 4, 1, 6, 7
c.          3, 4, 1, 2, 5, 6, 7
d.         3, 1, 2, 5, 4, 6, 7
e.          5, 3, 4, 1, 2, 6, 7
Jawaban: C

Petunjuk

Paragraf tersebut terdiri dari kalimat-kalimat yang menyatakan proses sesuatu itu berlangsung atau terjadi.

Pembahasan

Untuk mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf yang padu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencari urutan yang pasti. Contoh pada urutan 5, 6, dan 7, yaitu menuju meja kasir untuk melakukan pembayaran, setelah itu bayar makanan, dan ke luar restoran. Ke tiga kalimat tersebut tidak dapat dipisahkan. Jadi untuk memudahkan pengurutan, lihat pada opsion, manakah yang urutannya ada 5, 6, dan 7. Ternyata hanya opsion C saja yang urutannya seperti itu. Hal ini sangat menguntungkan bagi kalian untuk mencari jawaban. Untuk meyakinkan apakah urutannya sudah sistematis, maka perhatikan dari urutan awal yaitu 3, 4, 1, 2, 5, 6, 7. Jika sudah sistematis berarti jawabannya memang C.


8. Bacalah secara saksama!
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ...
a.          Pilihlah kentang yang berukuran besar.
b.         Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.
c.          Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
d.         Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
e.          Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
Jawaban E

Petunjuk

Untuk melengkapi paragraf rumpang, alangkah baiknya jika kalian lihat kalimat sebelumnya dan kalimat sesudahnya.

Pembahasan

Paragraf tersebut menjelaskan tentang pemilihan kentang. Untuk melengkapi paragraf tersebut agar padu, kalian harus mencari kata kuncinya. Kata kunci terdapat pada kalimat sebelumnya atau kalimat sesudahnya. Kalimat sebelumnya adalah Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang dan kalimat sesudahnya adalah Jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan.Kata kunci kedua kalimat itu adalah warna kentang. Tugas kalian adalah melihat kata kunci dalam masing-masing opsion. Opsion yang memakai kata kunci tersebut adalah Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan dan Warna kentang sangat menarik dan bervariasi.Namun, yang paling sesuai adalah yang Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
Paragraf tersebut menjelaskan tentang pemilihan kentang. Untuk melengkapi paragraf tersebut agar padu, kalian harus mencari kata kuncinya. Kata kunci terdapat pada kalimat sebelumnya atau kalimat sesudahnya. Kalimat sebelumnya adalah Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang dan kalimat sesudahnya adalah Jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan.Kata kunci kedua kalimat itu adalah warna kentang. Tugas kalian adalah melihat kata kunci dalam masing-masing opsion. Opsion yang memakai kata kunci tersebut adalah Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan dan Warna kentang sangat menarik dan bervariasi.Namun, yang paling sesuai adalah yang Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.

9. Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah ....
a.          Ayahku adalah Pahlawanku
b.         Bahaya Minuman Beralkohol Tinggi
c.          Cintaku Tersangkut di Pohon Mangga
d.         Cara Merawat Tanaman Anggrek
e.          Ciri-ciri Sekolah yang Baik
Jawaban D

Pembahasan

Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah cara merawat tanaman anggrek. Kenapa demikian? Alasannya judul tersebut bisa dikembangkan menjadi tulisan yang berbentuk proses, yaitu cara menanam anggrek. Sementara, jawaban pada opsion lain kurang mendukung untuk dijadikan tulisan berjenis eksposisi proses.







3 comments:

  1. Dengan menyewa jasa pemasangan backlink, Anda bisa tetap bekerja offline sambil mengamati perbaikan peringkat dari website anda dari waktu ke waktu. kunjungi halaman web ini. Tentu saja anda tidak bisa meminta seseorang melakukan sesuatu pekerjaan tanpa biaya jasa, jadi silahkan cari jasa backlink yang sesuai dengan budget anda saat ini. Silahkan Googling dengan kata kunci JASA BACKLINK akan banyak Anda temukan. Tempat Backlink Berpagerank Tinggi Berkualitas Harga Murah


    Nabi Isa adalah putera Maryam yang tidak berbapak. lihat halaman Ketika itu, Maryam sedang beriktikaf di mihrabnya, bersolat, bersujud, bertasbih dan berzikir dengan penuh ketekunan sebelum tiba-tiba dihantui perasaan takut lalu dia berkeringat dingin. Manfaat membaca surat maryam bagi ibu hamil dan melahirkan



    Di dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan materi, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan ( inovasi). Kunjungi website kami. Dengan adanya pembaharuan tersebut seorang guru dituntu untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat untuk menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitar. Download contoh proposal pembuatan penelitian PTK dan PTS


    Buku cetak dapat memanfaatkan pemasaran secara online atau dalam jaringan (daring), sebagaimana ditawarkan Scoop sejak tahun 2010. lihat detail produk Sistem ini bakal memperkuat pemasaran konvensional lewat toko-toko online atau komunitas. Para penerbit bisa bergabung untuk bersama-sama mengembangkan pasar lewat jaringan yang lebih luas dan mudah diakses publik. Jual buku pendidikan perpajakan ekonomi akutansi untuk pelajar


    “Barangsiapa yang membaca surat yusuf tiap-tiap hari serta tiap-tiap malam, ia dapat dibangkitkan pada hari kiamat keindahan berwajah layaknya keindahan yusuf, tidak ditimpa azab besar pada hari kiamat, serta ia terhitung ke dalam hamba-hamba allah yang sholeh serta pilihan. lihat penjelasan selengkapnya ” beliau juga menyebutkan bahwa penyataan ini juga termaktub didalam kitab taurat. ( tafsir ats-tsaqalayn 2 : 408 ). Manfaat membaca surat yusuf bagi ibu hamil dan melahirkan


    Samsung memang menjadi raja smartphone Android, predikat ini didapatkannya setelah sukses mengalahkan para kompetitornya di segi penjualan smartphone berbasis Android. lihat penjelasan selengkapnya Harga HP Samsung Android yang beraneka ragam karena memang di tunjukan ke berbagai segmen masyarakat, menjadi faktor penting mengapa Samsung mampu menuai penjualan yang sangat banyak. Review Kamera Smartphone Asus Teknologi Samsung

    ReplyDelete