ikla

Friday, 29 July 2016

Mengidentifikasi Struktur Teks LHO, Ciri-Ciri Teks LHO, Kaidah Kebahasaan Teks LHO




Mengidentifikasi Struktur Teks LHO, Ciri-Ciri Teks LHO, Kaidah Kebahasaan Teks LHO

Pada pembelajaran kali ini akan di sajikan mengenai bagaimana cara mengidentifikasi teks laporan hasil observasi. 
Untuk melakukan kegiatan identifikasi harus memahami terlebih dahulu 
1. struktur teks LHO
2. ciri-ciri teks LHO
3. kaidah kebahasaan teks LHO

ketiga materi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. Struktur teks LHO
Struktur teks merupakan gambaran cara teks tersebut dibangun. Kalian dapat mengamati bahwa teks laporan disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan. Dalam menganalisis struktur teks, struktur itu biasanya ditulis dengan pernyataan umum atau klasifikasi^anggota atau aspek yang dilaporkan. Tanda “^” berarti 'diikuti oleh. Tanda itu menyatakan urutan tahap pada struktur teks.
Tahap pernyataan umum atau klasifikasi merupakan semacam pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasi berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan. Perhatikan bahwa kriteria itu ternyata digunakan untuk membedakan kelas dan subkelas.

 2. Ciri-ciri teks LHO
Ciri-ciri teks laporan hasil observasi :
      a. Harus mengandung fakta
  1. bersifat objektif
  2. harus ditulis sempurna dan lengkap
  3. tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan
  4. disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis. 

         3. Kaidah bahasa teks LHO
Kaidah kebahasaan dalam teks LHO antara lain:   
       a. kelas kata, antara lain:
1.       nomina : kata benda. contoh: kursi, makhluk hidup, dll
2.       verba: kata kerja. contoh: menggolongkan, menjeniskan, mengklasifikasikan, dll.

        b.      konjungsi adalah kata penghubung. Contoh; dan, tetapi, selanjutnya, dll.
        c.       kalimat:
1.       kalimat simplek: kalimat yang memiliki satu verba utama. contoh: Adi sedang mengklasifikasikan makhluk hidup.
2.       kalimat kompleks: kalimat yang miliki dua verba utama. contoh: Pandu sedang bermain bola, tetapi Parto sedang melamun di bawah pohon Cemara.
3.       kalimat definisi: adalah kalimat yang memiliki fungsi untuk mengartikan sesuatu. contoh Kambing merupakan hewan yang memamah biak.
4.       kalimat deskripsi adalah kalimat yang berfungsi untuk memberikan gambaran terhadap suatu hal secara terperinci.


Contoh Mengidentifikasi
Struktur teks laporan:
Pernyataan umum atau klasifikasi
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.

Anggota/aspek yang dilaporkan
Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.

Anggota/aspek yang dilaporkan
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.

Anggota/aspek yang dilaporkan
Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata mempunyai tulang belakang yang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak mempunyai tulang belakang yang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.

CONTOH DEFINISI UMUM DESKRIPSI BAGIAN DAN DESKRIPSI MANFAAT

Definisi umum 
   Dewi Sri atau Dewi padi merupakan tokoh mitos bagi dalam cerita rakyat Indonesia, Dewi Sri dianggap bisa mengendalikan tumbuhan di bumi, terutama padi yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia cerita Dewi Sri ini dikenali sebagai mitos,yaitu cerita yang berkaitan dangan kepercayaan.
Deskripsi bagian
  Dewi Sri dianggap Dewi tertinggi dan Dewi terpenting bagi masyarakat agraris seperti Indonesia, sosok Dewi Sri ini
Digambarkan sebagai putri kayangan dan menikah dengan lelaki di bumi, putri itu bersikap dan berperilaku bertanggung jawab dan percaya diri. Ia selalu menyediaka makanan untuk keluarganya tanpa proses memasak namun, pada saat janji dilanggar suaminya Dewi Sri kembali ke kayangan sejak pada saat itu, manusia harus menanam padi dan memasak untuk memenuhi kebutuhan pokok.
Deskripsi manfaat
  Mitos Dewi Sri ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam pelesarian lingkungan dalam masyarakat. Masyarakat memohon perlindungan  penguasa alam.


No comments:

Post a Comment