ikla

Thursday, 14 September 2017

Apakah yang dimaksud dengan eksposisi proses



Apakah yang dimaksud dengan eksposisi proses? Bagaimanakah contoh paragraf eksposisi proses ? Nah, www.kumpulansoalbahasa.blogspot.com akan menjelaskan pengertian dan contoh eksposisi proses secara detail. Baiklah, langsung saja kita mulai pembahasannya, ya ...

Paragraf eksposisi menurut Gorys Keraf adalah salah satu jenis teks atau keterampilan bahasa secara efektif yang berusaha untuk menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran. Sementara itu, proses merupakan sebuah jalan atau tahapan-tahapan tertentu dalam membuat atau terjadinya sesuatu. Jadi, paragraf eksposisi proses adalah paragraf eksposisi yang memaparkan informasi yang berupa sebuah proses terjadinya atau cara membuat suatu hal dengan sangat jelas. Fungsi dari paragraf eksposisi proses adalah untuk memberi informasi atau membantu para pembacanya dalam memahami suatu proses terjadinya, membuat atau menghasilkan sesuatu.

Nah, di bawah ini adalah contoh – contoh paragraf eksposisi proses. PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork
Contoh 1

Tempe merupakan makanan tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat karena proses membuatnya sangatlah mudah. Pertama -pertama kedelai dimasukan ke air untuk dipilih kedelai yang kualitasnya baik dengan cara membuang kedelai -kedelai yang mengambang. Kemudian, kedelai -kedelai yang telah lolos seleksi direbus dalam sebuah panci yang besar hingga matang. Setelah itu, kedelai diangkat dan didinginkan di dalam nampan. Setelah dingin, kedelai diberi campuran ragi dan diaduk hingga rata. Selanjutnya, kedelai dibungkus dan disimpan di dalam ruangan selama beberapa hari hingga ditumbuhi oleh jamur.  


Contoh 2

Kartu Tanda Penduduk (KTP) wajib dimiliki oleh seluruh warga Negara Indonesia yang telah menginjak usia 17 tahun. Namun, pada kenyataanya masih banyak warga yang belum memiliki KTP, padahal proses pembuatannya sangat mudah. Mula -mula kita harus meminta surat pengantar ke kecamatan di RT/RW dan Kelurahan tempat tinggal kita. Setelah itu, kita harus membawa persyaratan, seperti foto kopi KK, kutipan akta nikah bagi penduduk yang telah menikah dan bagi penduduk yang berusia 17 (tujuh belas) tahun harus membawa kutipan akta kelahiran. Setelah itu, datangi kantor kecamatan dan menghadap kebagian pencatatan kependudukan. Di sana kita akan diminta untuk menulis data-data pribadi dan juga akan difoto. Setelah itu, kita harus menunggu beberapa hari hingga KTP selesai dibuat. 


Demikianlah pengertian dan contoh paragraf eksposisi proses di atas. Intinya, paragraf eksposisi proses adalah paragraf yang memaparkan informasi berupa proses-proses tertentu. Sampai di sini penjelasan saya tentang contoh paragraf eksposisi proses. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat buat Sobat. Terima kasih telah berkunjung dan temukan artikel saya lainnya yang menarik Kumpulan soal dan pembahasan teks eksposisi

No comments:

Post a Comment