Thursday 12 November 2015

Anjuran Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar

Nama    : Yuli Untari
No        : 24
Kelas     : XII IIS 3

Teks berita
Anjuran Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar

JAKARTA- Berdoa merupakan hal yang penting bagi semua orang terutama umat yang beragama walaupun demikian diluar sana orang yang tak beragamapun juga berdoa. Berdoa juga menjadikan seseorang lebih percaya dengan apa yang mereka lakukan dan mengharapkan sesuatu yang lebih baik.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meluruskan beberapa argumen yang mengenai rencana evaluasi tata cara berdoa di sekolah. Hal ini didasarkan karena zaman yang semakin modern in para siswa mulai meninggalkan budaya-budaya positif seperti berdoa sebelum dann sesudah belajar. Ia mengatakan, ingin mewacanakan agar anak-anak sekolah di dalam negeri dididik untuk lebih religius. Antara lain, dengan membuka dan menutup proses belajar mengajar dengan doa.
"Kita menganjurkan agar sekolah itu dimulai dengan doa diakhiri dengan doa. Ini baru wacana, dan kita ingin ini didorong," kata Anies kepada ROL, Selasa (9/12).

Mengenai doa yang akan digunakan, Anies menyebut, itu bukan domian pemerintah. Kementerian akan terlebih dahulu mendiskusikan hal ini kepada kementerian agama.Ia membantah ide ini bertujuan untuk mengurangi dominasi satu agama di sekolah. Ia hanya menginginkan agar buka dan tutup proses belajar mengajar dihiasi denga doa.

"Di situ letak masalahnya. Pernyataan saya dianggap seakan-akan kita yang ngatur akan gunakan doa dari agama apa. Itu jelas-jelas bukan domainnya kita tapi di kementerian agama," ujar mantan rektor Universitas Paramadina itu.

Anies mengaku heran dengan pihak-pihak yang menjadikan wacana ini menjadi sebuah kabar miring. Seharusnya sebagai umat yang beragama kita harus mendukung wacana tersebut dengan menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/12/09/ngbfgw-soal-doa-di-sekolah-ini-klarifikasi-anies-baswedan

No comments:

Post a Comment