ikla

Thursday, 12 November 2015

Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar Efektif.


 Nama : Yuyun Nur Azizah A
Kelas/ No.abs : XII IPS 3/ 25

Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar Efektif.

    JAKARTA - Pendidikan karakter pendidikan yang mengarahkan siswa tidak hanya mendapatkan poin nilai. Namun mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab dalam belajar. Pendidikan karakter inilah yang juga berperan dalam memacu belajar efektif pelajar.

Banyak para pelajar terutama pelajar SMA yang belajar mati-matian tetapi belum merasa mendapatkan hasil yang maksimal. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, utamanya mungkin belum menjalani pola belajar efektif. Nate kornell, seorang professor psikologi kognitif menegungkapkan, “ Terkadang orang memiliki kebiasaan buruk yang justru melemahkan bahkan merusak kemampuannya belajar efektif.” Ungkap Nate kornell.

Banyak orang terutama pelajar yang cepat merasa puas terhadap sesuatu yang dicapainya, ini merupakan salah satu penghalang untuk menjadi seorang pembelajar efektif. Padahal, seorang dapat dikatakan sebagai pemebelajar efektif ketika ia mau terus belajar tanpa batasan ruang waktu. Nate kornell juga  menambahkan ,“Setidaknya ada 3 poin untuk menjadi pembelajar yang efektif yaitu, bertahan pada ketidaknyamanan, hindari belajar sks (sistem kebut semalam), mencari benang merah.” Kata Nate.

Di kesempatan lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memaparkan ada lima fase pembelajaran guna meraih hasil yang baik, maksimal dan tentunya efektif. “ Fase pembelajarannya adalah kita ajarkan, kita biasakan, didisiplinkan sehingga menjadi kebiasaan, dan terakhir karena sudah terbiasa menjadi kebudayaan,” ujar Anies di Kemendikbud.

 Fase tersebut harus dijalankan secara bertahap, tidak bisa berlompat. Selain menerapkan lima fase tersebut sekolah hendaknya memperhatikan pendidikan karakter. “ Proses menumbuhkan karakter perlu memperhatikan tiga hal yaitu intrakulikuler, ekstrakulikuler dan non kulikuler.” Ujar Anies. Anies juga menambahkan, pada pendidikan karakter ini, ada pembelajaran budi pekerti, karakter positif serta karakter moral.

Keberhasilan pendidikan karakter ini akan mepengaruhi kualitas moral, mental seseorang. Efektif belajar siswa akan berhasil jika di imbangi dengan pendidikan karakter yang akan merubah cara pikir dan perilaku seseorang. Di sinilah terlihat bahwa pendidikan karakter juga berperan dalam mewujudkan keefektifan belajar siswa.

Sumber :
news.okezone.com
Anies Baswedan
Nate Kornell

No comments:

Post a Comment