Kumpulan soal bahasa Indonesia
Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Perpustakaan elektronik (PE) adalah suatu entitas yang sudah lama
diprediksi, tetapi inovasi untuk membuatnya menjadi kenyataan baru terjadi
beberapa tahun terakhir. Walaupun PE adalah suatu kenyataan, tetapi PE adalah
suatu konsep yang tersebar yang dimanifestasikan dalam bentuk yang
berbeda-beda. Para profesional dan pengguna menyadari pentingnya PE, tetapi PE
mengandung ketidakpastian yang berkaitan dengan maknanya terhadap kebudayaan,
pembelajaran, demokrasi, perdagangan, pekerjaan, dan masyarakat pada umumnya.
1. Ide pokok paragraf tersebut
adalah …
A. Memprediksi perpustakaan
elektronik (PE).
B. Perpustakaan elektronik
merupakan inovasi.
C. Inovasi perpustakaan
elektronik baru terwujud.
D. Perpustakaan elektronik
merupakan konsep yang manifestasinya berbeda-beda.
E. Para profesional dan
pengguna menyadari pentingnya PE.
Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Penguatan kompetensi keahlian para siswa SMK tak sekadar mengandalkan
perusahaan. (2)Sekolah juga sudah mulai mengembangkan unit produksi atau unit
bisnis berstandar dunia untuk memperkuat kompetensi siswa. (3)Tumbuhnya unit
produksi terlihat pada hampir di semua program keahlian di SMK. (4)Para guru
dan siswa terlibat untuk mengembangkan produk andalan sekolah yang bisa dijual
ke pasar. (5)Pasar memang tempat penjualan produk anak-anak SMK.
2. Kalimat
penjelas yang tidak padu dalam
paragraf di atas adalah …
A. kalimat
(1)
B. kalimat
(2)
C. kalimat
(3)
D. kalimat
(4)
E. kalimat
(5)
Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Dalam empat tahun terakhir ini, makin banyak pemerintah yang negaranya
pernah dikuasai rezim zalim membuka kembali sebagian sejarah hitamnya. Jepang
meminta maaf atas kekejaman tentaranya di masa lalu yang mengobarkan baik
bangsanya sendiri maupun bangsa asing. Demikian juga Korea Selatan, Taiwan, dan
Afrika Selatan secara serentak membuka kembali luka lama yang disebabkan
kezaliman pemerintahannya di masa lalu.
3. Makna
kata rezim dalam teks di atas adalah
…
A. pemerintahan
yang zalim
B. pemerintahan
yang dipilih
C. tata
pemerintah negara
D. undang-undang
E. peraturan
negara
4. Paragraf
tersebut dikembangkan dengan pola …
A. pemberian
contoh
B. akibat
sebab
C. perincian
D. sebab
akibat
E. klasifikasi
Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan
Nasional. (2)Temanya pun selalu berbeda dari tahun ke tahun. (3)Pada 2012 secara
nasional tema yang diusung Kementrian Pendidikan adalah "Bangkitnya
Generasi Emas Indonesia". (4)Hal ini dimaksudkan selama periode 2010 sampai 2035
Indonesia harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan
sumber daya manusia, sebagai upaya menyiapkan generasi 2045, yaitu 100 tahun
Indonesia merdeka. (5)Oleh karena itu, akses seluas-luasnya harus diberikan
kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan mulai dari
pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai ke perguruan tinggi.
5. Kalimat
fakta pada teks di atas terdapat pada …
A. kalimat
(1), (3), dan (4)
B. kalimat
(1), (2) dan (4)
C. kalimat
(1), (2), dan (3)
D. kalimat
(2), (3), dan (5)
E. kalimat
(2), (4), dan (5)
Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Sekolah-sekolah masih membutuhkan sumbangan
supaya bisa menyediakan sarana dan prasarana yang layak bagi murid-muridnya.
Syukur-syukur tidak hanya sekadar layak, tetapi juga yang terbaik. Sumbangan
tersebut tidak bersifat mengikat, baik jumlah maupun waktu. Jadi, harus
dibedakan dari pungutan yang jelas-jelas telah dilarang. Sumber sumbangan itu tidak
dari orang tua atau wali murid, bisa pula dari kalangan luar sekolah, misalnya
swasta. Ada pula beberapa sekolah, khususnya swasta yang merintis kerja sama
dengan yayasan atau sekolah luar negeri. Langkah seperti itu dapat ditiru oleh
sekolah negeri. Dengan demikian, kerja sama sekolah swasta dengan yayasan dapat
ditiru oleh sekolah-sekolah negeri.
6. Opini
penulis yang sesuai dengan isi kutipan paragraf tersebut adalah …
A. Orang
tua murid harus menyumbang sekollah untuk sarana dan prasarana.
B. Sekolah
dapat meminta sumbangan orang tua murid untuk sarana dan prasarana.
C. Kalangan
luar sekolah jelas-jelas dilarang dimintai sumbangan sekolah.
D. Beberapa
sekolah merintis kerja sama dengan yayasan atau sekolah luar negeri.
E. Kerja
sama sekolah swasta dengan yayasan dapat ditiru oleh sekolah negeri.
Perhatikan
tabel berikut ini!
Kota |
Cuaca |
(0C) |
(%) |
Ambon |
hujan |
23 - 27 |
82 - 98 |
Bandung |
berawan |
18 - 29 |
64 - 92 |
Jakarta |
berawan |
24 - 32 |
55 - 89 |
Makassar |
berawan |
21 - 32 |
59 - 85 |
Palembang |
berawan |
23 - 33 |
52 - 97 |
Semarang |
berawan |
23 - 33 |
40 - 80 |
Medan |
hujan |
24 - 33 |
56 - 95 |
Denpasar |
berawan |
21 - 30 |
58 - 89 |
Jayapura |
hujan |
23 - 31 |
72 - 93 |
Yogyakarta |
berawan |
21 – 31 |
45 - 91 |
Pontianak |
berawan |
24 – 34 |
56 - 96 |
Surabaya |
berawan |
23 - 32 |
49 - 87 |
7. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah …
A. Kota mana
sajakah yang cuacanya berawan?
B. Mengapa
kota-kota besar selalu berawan?
C. Apa
penyebab terjadinya hujan di Medan?
D. Bagaimana
cara menangkal hujan yang deras?
E. Penyakit
apa saja yang disebabkan cuaca dingin?
8. Pernyataan
yang sesuai dengan isi tabel di atas adalah …
A. Cuaca
hujan hanya terjadi di Ambon dan Denpasar.
B. Yogyakarta
berawan dengan suhu 31 – 340C.
C. Hujan
terjadi di Medan dan Jayapura dengan suhu 24 - 330C
D. Makassar
berawan dengan suhu 21 - 320C.
E. Cuaca
berawan terjadi di semua kota-kota besar di Indonesia.
Bacalah hikayat di bawah ini dengan saksama!
Indraputera, putra Maharaja Bikrama
Puspa adalah seorang putera yang sangat arif bijaksana, lagi terlalu perkasa
dan saktinya. Tetapi nasibnya mula-mula tidak seberapa mujur. Semasa masih
kecil, ia telah diterbangkan oleh seekor merak emas. Ia jatuh di suatu taman
dan dipelihara oleh nenek kebayan. Sesudah beberapa lama ia diangkat menjadi
anak perdana menteri.
Tersebutlah perkataan Raja Syahsian
tiada mempunyai seorang anak. Pada suatu hari baginda pergi berburu dan melihat
seekor kijang menangisi ibunya yang telah dipanah mati. Baginda terharu dan ingin
berputera. Kemudian terdengar khabar bahwa di sebuah gunung yang jauh ada
tinggal seorang maharesi pertapa yang terlalu sakti, Berma Sakti namanya.
Barangsiapa ingin beranak boleh meminta obat daripadanya. Akan tetapi, karena
tempat gunung terlalu jauh dan harus melewati hutan rimba yang penuh dengan
binatang buas, tiada seorang pun yang sanggup pergi ke gunung itu. Indraputera
menawarkan diri untuk pergi ke gunung itu.
9. Karakteristik hikayat di atas adalah …
A. istana sentris, dewa-dewa
B. istana sentris, pralogis
C. kesaktian, dewa-dewa
D. dewa-dewa, kemustahilan
E. arkais, logis
10. Inti cerita di atas adalah …
A. Maharaja Bikrama memiliki
seorang putra bernama Indraputera
B. Maharaja Bikrama Puspa
adalah seorang raja yang arif dan sakti
C. Perjalanan Raja Syahsian
mencari obat agar dianugerahi anak.
D. Perjalanan hidup
Indraputera yang sangat arif bijaksana, perkasa, dan sakti
E. Kehebatan Berma Sakti yang
terkenal
11. Nilai sosial yang terdapat
pada kutipan cerita di atas adalah …
A. Kesaktian seorang pangeran
B. Karakter Indraputera yang
arif dan bijaksana
C. Anak kijang yang menangisi
ibunya yang mati terpanah
D. Baginda terharu melihat
anak kijang lalu ingin berputera
E. Maharesi pertapa yang sakti
dan suka menolong
Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Wak Katok suka
meminjamkan senapannya kepada Buyung karena dia tahu Buyung senang dengan
senapan dan selalu menjaga dan membersihkannya dengan baik. Tiap kali setelah
Buyung meminjamnya maka selalu senapan dikembalikan jauh lebih bersih dan
diminyakinya pula. Buyung akan menggosok laras senapan berulang-ulang, beratus
kali hingga laras besi bersinar biru tua berkilauan ditimpa cahaya.
12. Nilai
moral yang terdapat dalam penggalan cerita di atas adalah …
A. suka menolong
B. bertanggung jawab
C. mencintai barang yang dimiliki
D. percaya diri
E. senang meminjam barang
Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Pak Haji, Sanip, Sutan, Buyung, dan Wak Katok
pun tidur gelisah. Meskipun mereka memicingkan mata, akan tetapi pikirannya tak
berhenti. Ketukan Pak Balam terhadap hati nurani mereka masih berkumandang juga
di dalam relung hati dan pikirannya, bergema ke bawah sadar. Pak Balam sendiri
pun, entah karena lukanya, entah karena hatinya, tidur lebih gelisah lagi …
13. Unsur
intrinsik yang dominan dalam kutipan di atas adalah …
A. penokohan
B. latar waktu
C. konflik
D. sudut pandang
E. amanat
Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Terdengar bunyi langkah di beranda muka,
kemudian suara mengucapkan, “Selamat malam.” Kus terkejut, sebab suara itu
dikenalnya, dr. Hamzah. “Selalu saja ia memburu aku. Apa pula teorinya sekali
ini.” Didengarnya dr Hamzah dengan orang tuanya bercakap-cakap dan
sekali-sekali kedengaran namanya disebut meskipun kurang jelas benar percakapan
itu ke kamarnya. Akhirnya Kus hendak serta duduk di sana. “Jangan-jangan yang
tidak-tidak nanti dibicarakannya tentang aku.”
14. Latar
kutipan cerita di atas adalah …
A. rumah sakit
B. Rumah dr. Hamzah
C. rumah Kus
D. kamar Kus
E. ruang praktik dokter
15. Sudut pandang cerita di atas
adalah …
A. orang pertama pelaku utama
B. orang pertama pelaku
sampingan
C. orang ketiga pelaku utama
D. orang ketiga serba tahu
E. orang ketiga terbatas
Bacalah penggalan puisi di bawah ini dengan saksama!
Laut
Berdiri aku di tepi pantai
Memandang lepas ke tengah laut
Ombak pulang memecah berderai
Ke ribaan pasir rindu berpaut
Ombak datang bergulung-gulung
Balik lagi ke tengah segara
Aku takjub berdiri termenung
Beginilah rupanya permainan masa
Hatiku juga seperti itu
Bergelombang-gelombang memecah ke pantai
Arus suka beralih duka
Payah mendapatkan perasaan damai
Amal Hamzah
16. Latar suasana yang tergambar
dalam puisi di atas adalah …
A. damai D. suka
B. rindu E. pasrah
C. gejolak
17. Makna kata ke ribaan pasir dapat diartikan …
A. ke pesisir
B. kepada Tuhan
C. ke tengah laut
D. ke penguasa laut
E. ke penjaga pantai
Bacalah
kutipan pantun berikut ini!
Asam pauh dari
seberang
Tumbuhnya dekat
tepi barat
Badan jauh dari
rantau orang
Sakit siapa
akan mengobat
18. Isi
pantun di atas adalah …
A. keluh kesah seorang transmigran
B. duka seorang perantau di kala sakit
C. bayangan menjadi orang perantau
D. kesedihan seseorang di kala sakit
E. suka duka anak yatim piatu
Bacalah kutipan gurindam berikut ini!
Raja mufakat dengan menteri
Seperti kebun berpagar duri
19. Maksud
gurindam di atas adalah …
A. Jika ingin pemerintahan
yang kuat, kompaklah dengan menteri-menterinya.
B. Jika ingin pemerintahan
kuat, pagarlah wilayahmu dengan jeruji besi.
C. Jika ingin pemerintahan
kuat, pagarlah negaranya dengan jeruji besi.
D. Jika ingin pemerintahan
kuat, pagarlah kebun dengan duri-duri.
E. Pemerintahan kuat tercipta
karena persekongkolan dengan menterinya.
Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
(1) Katakan, uang adalah kebutuhan dan uang
adalah bagian hidup yang tak bisa dilepaskan dari setiap orang.
(2) Membiasakan diri mengelola keuangan sejak
dini akan sangat membantu seorang wanita kelak setelah dia dewasa.
(3) Karenanya, anak perempuan perlu belajar
mengelola keuangan.
(4) Termasuk belajar cara menawar dan
memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.
(5) Tapi tak perlu disampaikan bahwa uang
adalah kunci kebahagiaan, atau sebaliknya, uang adalah sumber kejahatan.
20. Kalimat-kalimat
di atas dapat diurutkan sehingga membentuk paragraf padu dengan susunan …
A. (1),(3),(4),(2),(5)
B. (2),(3),(4),(5),(1)
C. (3),(2),(1),(5),(4)
D. (4),(3),(2),(1),(5)
E. (5),(4),(3),(2),(1)
Bacalah paragraf di
bawah ini dengan saksama!
Di dalam kehidupan
masyarakat tradisional Jawa dikenal istilah sambatan.
Sambatan merupakan seejnis kegiatan gotong royong yang bertujuan
untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Biasanya pekerjaan yang dilakukan
dengan gotong royong adalah membangun rumah. Tetangga kanan kiri berdatangan
tanpa diundang untuk membantu membangun rumah tersebut. … Semua itu dilakukan
dengan sukarela.
21. Kalimat yang sesuai
untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A. Mereka tidak diupah, hanya
mendapat makan dan minum.
B. Mereka mendapatkan upah
sekadarnya dari tuan rumah.
C. Mereka mendapatkan upah
layaknya tukang batu.
D. Mereka menapatkan upah layaknya
upah pada umumnya.
E. UMR (upah minimum regional)
patokan upahnya.
Topik pidato: Mencintai
dan Menekuni Pekerjaan
Kalimat persuasif:
(1) Oleh karena itu, saya
anjurkan Bapak dan Ibu memiliki tujuan pekerjaan.
(2) Dengan demikian, semua
pekerjaan hendaknya dilakukan sesuai dengan tujuan.
(3) Jadi, semua pekerjaan yang
akan kita lakukan haruslah memiliki tujuan yang diharapkan.
(4) Karena itu, kita hendaknya
mencintai pekerjaan yang akan kita lakukan.
(5) Dengan demikian, marilah
kita tekuni setiap pekerjaan yang kita lakukan agar memperoleh hasil maksimal.
22. Kalimat persuasif yang
sesuai dengan topik tersebut terdapat pada kalimat nomor …
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)
Bacalah paragraf di
bawah ini dengan saksama!
Saudara-saudara yang saya hormati,
Harus kita akui bahwa
pembangunan pendidikan di Indonesia selama ini telah banyak mengalami kemajuan
yang cukup berarti, tetapi kita juga menyadari bahwa masih terdapat banyak
persoalan pendidikan yang harus diselesaikan secara bersama dan bertahap
sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan di era global.
23. Kalimat persuasif yang tepat
untuk melengkapi kutipan pidato di atas adalah …
A. Oleh sebab itu, marilah
kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.
B. Melalui proses pembangunan
pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia seutuhnya.
C. Sebaiknya kita harus
membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
D. Atas dasar itulah langkah
kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.
E. Marilah kita antisipasi
arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.
Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
… menyediakan
alternatif baru bagi masyarakat untuk berbelanja. Di samping pasar tradisional
warung, sekarang menjamur supermarket. Perbaikan … dan … pasar tradisional
menjadi mutlak.
24. Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat
rumpang di atas adalah …
A. modernisme,
kwalitas, vasilitas
B. modern,
kualitas, pasilitas
C. modernisasi,
kualitas, fasilitas
D. modernisasi,
kualitas, pasilitas
E. modernitas,
kualitas, fasilitas
25. Dalam dunia
pertinjuan, Muhammad Ali terkenal sebagai petinju bermulut besar.
Ungkapan
bermulut besar dalam kalimat di atas
adalah …
A. orang
yang gemar mengejek lawannya
B. orang
yang gemar membentak lawannya
C. orang
yang gemar membuka mulutnya lebar-lebar
D. orang
yang gemar memukul mulut lawannya
E. orang
yang gemar diwawancarai
26. Kata tradisi digunakan secara tepat dalam
kalimat-kalimat berikut KECUALI …
A. Silaturahmi
pada hari Lebaran sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia.
B. Upacara
itu bukan tradisi kami, hanya kebetulan saja diadakan di sini.
C. Beberapa
tradisi yang dahulu dilakukan oleh masyarakat Papua kini punah.
D. Secara
tradisi, dalam kegiatan ini diperlukan sesajian yang akan dipersembahkan kepada
roh nenek moyang.
E. Mengapa
banyak orang melupakan tradisi yang sangat bernilai itu?
Cermatilah paragraf di
bawah ini dengan saksama!
Pesatnya perkembangan iptek telah menggugah
keingintahuan masyarakat terhadap sains. Untuk itu, tidaklah mengherankan jika
media massa terus … memenuhi kebutuhan pembacanya akan sajian-sajian iptek.
Dengan intensitas dan visi yang berbeda-beda, setiap media akan …
tulisan-tulisan iptek sesuai dengan selera pembacanya. Namun, dalam fungsinya
sebagai media massa, tentulah tulisan-tulisan tersebut … dengan bahasa dan gaya
popular penulisan.
27. Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A. dicoba,
mensajikan, mentampilkan
B. menyoba,
menyaji, menampilkan
C. mencoba,
menyajikan, ditampilkan
D. mencoba,
menyajikan, menampilkan
E. mencobakan,
disajikan, ditampilkan
Bacalah paragraf di
bawah ini dengan saksama!
Dia masih tetap diam.
Perlahan ia mencoba mengangkat wajahnya. Harus aku akui ia memang cantik.
Banyak lelaki yang menghampirinya, demikian juga aku. Sering pikiranku
terganggu oleh kehadiran bayangan kecantikannya. Sangat ingin aku memilikinya.
Namun, mungkinkah itu? Karena aku hanyalah anak seorang petani dengan segala
keterbatasan. Kalau aku bercerita kepada teman, pastilah mereka akan mengatakan
aku bagai …
28. Peribahasa yang tepat
untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A. kera mendapat bunga
B. pungguk merindukan bulan
C. kerakap tumbuh di batu
D. kacang lupa akan kulitnya
E. tong kosong nyaring bunyinya
Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Datuk Maringgih adalah saudagar tua yang sangat
kaya. Tetapi, kekayaannya tidak dinikmatinya. Karena ia …, termasuk kepada
dirinya sendiri. Ia tinggal di sebuah rumah tua yang kondisinya sudah tidak
layak huni. Badannya …, tidak terurus karena kebakhilannya. Untuk membeli
sesuatu, selalu dipertimbangkannya baik untuk kebutuhan pakaian maupun makanan.
Kesenangannya hanya mengumpulkan uang. Ia lebih mencintai harta daripada orang
tuanya, anak-istrinya, teman, dan sanak saudaranya. Dalam memperoleh harta
benda, ia … berbuat hina dan melakukan segala cara.
29. Frasa
adjektif yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A. sangat kaya, gemuk sekali, tidak senang
B. sangat senang, pelit sekali, kurang baik
C. sangat kikir, sangat kurus, tidak malu
D. sangat bakhil, kurang ramah, tidak malu
E. sangat picik, sangat langsing, kurang baik
Bacalah paragraf di
bawah ini dengan saksama!
Pak Haji dihormati orang di kampung … umurnya
dan hajinya. …, orang kampung kurang mengerti dia. ... dia pulang dari
pengembaraannya ke dunia luar, seakan dia mengasingkan diri. Dia tak hendak
menikah … dipaksa-paksa oleh keluarganya.
30. Kata
hubung yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A. sebab, tetapi, ketika, meskipun
B. karena, akan tetapi, sejak, meskipun
C. karena, tapi, sejak, tetapi
D. sebab, akan tetapi, karena, walaupun
E. sebab itu, sedangkan, sejak, walaupun
31. Sehubungan dengan perayaan ulang tahun SMA
Bakti Negara, kami mengundang perwakilan OSIS SMA Sayang Bangsa. Acara akan
diadakan pada,
Penulisan
pemerian pelaksanaan acara untuk melengkapi kutipan surat tersebut adalah …
A. hari,
tanggal : Sabtu, 7 April 2012
waktu : pukul 08.00 – 13.00 WIB
tempat : aula SMA Bakti Negara
acara : pentas
seni siswa
B. Hari, tanggal :
Sabtu, 7 April 2012
Waktu : Pukul 08.00 – 13.00 WIB
Tempat : Aula SMA Bakti Negara
Acara : Pentas
Seni Siswa
C. Hari,
tanggal : Sabtu, 7 April 2012
Waktu : Pukul 08.00 – 13.00 WIB
Tempat : Aula SMA Bakti Negara
Acara : PENTAS SENI SISWA
D. hari,
tanggal : Sabtu, 7 April 2012
waktu : pukul 08.00 – 13.00 WIB
Tempat : AULA SMA BAKTI
NEGARA
acara : pentas seni siswa
E. HARI, TANGGAL : SABTU, 7 APRIL 2012
WAKTU : PUKUL 08.00 – 13.00 WIB
TEMPAT : AULA SMA BAKTI NEGARA
ACARA : PENTAS
SENI SISWA
32. Demikian
surat lamaran ini saya sampaikan kepada Bapak. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
Perbaikan kalimat yang tercetak miring dalam penutup
surat lamaran pekerjaan tersebut adalah …
A. Atas
perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.
B. Atas
perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
C. Atas
perhatian Bapak diucapkan terima kasih.
D. Atas
perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
E. Atas
perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
33. Penulisan judul berikut ini manakah yang benar?
A. Pengantar Umum Pernikahan
yang tidak Berisiko Tinggi
B. Pengantar Umum Pernikahan
yang Tidak Berisiko Tinggi
C. Pengantar umum pernikahan
yang tidak berisiko tinggi
D. PENGANTAR UMUM PERNIKAHAN
yang TIDAK BERISIKO TINGGI
E. Pengantar Umum Pernikahan
yang Tidak Berisiko Tinggi
34. Seseorang
akan mengembangkan karangan ilmiah dengan hipotesis berikut.
Peringatan jumlah kalori atau peringatan pemerintah yang tercantum dalam sebuah produk makanan atau
rokok tidak membuat orang membatasi jumlah santapan konsumen, apalagi
mengurangi porsi konsumsi.
Judul karangan
ilmiah yang tepat adalah …
A. Relevansi Minat Baca dengan Kesehatan
Individu
B. Kewaspadaan Individu terhadap Kesehatan
Dirinya
C. Pengaruh Iklan terhadap Tingkat Konsumsi
Masyarakat
D. Relevansi Kesadaran terhadap Produk dengan
Kesehatan
E. Ketidakefektifan Pengemasan Produk yang
Dipasarkan
35. Seorang lelaki berjalan-jalan malam hari
menyusur Malioboro
Ketika hiruk
pikuk reda dan engkau lelap dalam ninabobo
Suara gending
dari warung kopi, kendaraan yang melintas sesekali
Para lelaki,
perempuan, dan anak-anak yang tertidur di lantai
…
Larik bermajas yang
tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah …
A. Para
turis pergi dan Malioboro sepi karena semua kegiatan berhenti
B. Menjadi
tumbal nasib, dipeluk dingin kemarau yang bermulut sepi
C. Sunyi
selalu Malioboro, setiap lorong tidak terlihat seorang pun
D. Sesekali
kudengar dengkuran orang yang tidur di sana sini
E. Aku
tertidur dan bermimpi bertemu kekasih yang kucintai
Tanah
Kelahiran
Seruling di pasir ipis merdu
Antara gundukan pohon pina
Tembang menggema di dua kaki
Barangrang – Tangkuban Perahu
… di pucuk – pucuk
36. Kata
berlambang yang menggambarkan kesejukan dan tepat untuk melengkapi penggalan
puisi di atas adalah …
A. kumbang
B. madu
C. embun
D. angin
E. kuning
keemasan
Bacalah penggalan drama berikut ini!
Ibu : (Tidak menoleh benar) Malam lebaran Narto,
dengarlah tabuh itu bersahut-sahutan. Pada malam lebaran seperti ini dia pergi,
pergi dengan tidak meninggalkan kata.
Gunarto : (Agak kesal) Ayah?
Ibu : Keesokan harinya, hari Lebaran, sesudah
sembahyang aku memaafkan dosanya.
Gunarto : Kenapa Ibu ingat juga waktu yang
lampau, …
Ibu : (Memandang Gunarto) Aku merasa ia masih
ingat kita Gunarto.
37. Pernyataan
yang tepat untuk melengkapi dialog drama di atas adalah …
A. tidak mengingat Ayah tercinta.
B. sudah melupakan orang yang sangat kita
cintai.
C. mengingat kepada orang yang tak pernah
lagi mengingat kita.
D. masa-masa indah bersama Ayah.
E. (Tersenyum sambil memandang ke luar)
Cermatilah
data buku berikut ini!
Judul : Sumber Enegi dan Pencemaran
Lingkungan
Penulis : Ibnu Hamid
Bab I : Pencarian Minyak Bumi, Bab II:
Pengeboran Minyak Lepas Pantai, Bab III: Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, Bab
IV: Energi Matahari dan Angin, Bab V: Pencemaran Lingkungan, Bab VI: Memelihara
Lingkungan
38. Kalimat
resensi pada bagian ringkasan buku yang sesuai dengan data tersebut adalah …
A. Karya Ibnu Hamid yang berjudul Sumber Energi dan Pencemaran Lingkungan
secara garis besar tersusun dalam dua bagian, yaitu bagian satu membahas
sumber-sumber energi dan bagian kedua membahas hal-hal yang berkaitan dengan
pencemaran lingkungan.
B. Buku yang berjudul Sumber Energi dan Pencemaran Lingkungan karya Ibnu Hamid ini
membahas berbagai persoalan yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan
dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik.
C. Tak ada judul lain yang sedetail
mempersoalkan lingkungan alam sebagaimana karya Ibnu Hamid yang berjudul Sumber Energi dan Pencemaran Lingkungan yang
diterbitkan oleh penerbit baru Cahaya Timur pada tahun 2009.
D. Tidak sedikit karya Ibnu Hamid yang telah
diterbitkan, tetapi buku yang berjudul Sumber
Energi dan Pencemaran Lingkungan jauh lebih baik dalam sistematika, isi,
dan referensi yang digunakan untuk melengkapi tulisannya.
E. Buku pengetahuan karya Ibnu Hamid yang
berjudul Sumber Energi dan Pencemaran
Lingkungan akan membuka wawasan baru bagi generasi muda untuk memandang
kehidupan di masa depan yang penuh tantangan.
Bacalah kutipan resensi berikut ini!
Cerita ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang
menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya
dapat diterima akal sehat serta tidak membosankan. Pengarang menguraikan secara
panjang lebar karakter tokoh-tokohnya. Jadi, ceritanya tidak kabur. Sayang,
pengarang sering mengulang-ulang kisah yang porno. Dalam satu buku, mungkin
lebih dari empat kisah.
39. Kalimat
resensi yang mengungkapkan keunggulan buku adalah …
A. Cerita dapat diterima akal sehat dan tidak
membosankan.
B. Karakter tidak tergambar dengan cepat dan
membaca berulang-ulang.
C. Pengarang menghidupkan cerita dengan
cerita porno dan mengulanginya.
D. Cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita
yang lain.
E. Kebosanan dapat diatasi oleh pembaca buku
ini.
Cermati pernyataan berikut ini!
Seni dapat
memperkaya kehidupan seseorang karena dapat memberikan pengalaman emosi atau
pengalaman keindahan. Sebuah karya seni disebut bermutu jika pengalaman emosi
atau pengalaman keindahan yang khas dan bermakna, diberikan karya seni itu.
40. Kalimat kritik yang sesuai dengan pernyataaan
tersebut adalah …
A. Perlu diingat, pengalaman
emosi setiap orang berbeda dalam menikmati karya seni.
B. Namun, sayangnya tidak
semua karya seni memiliki kualitas yang bermakna.
C. Tetapi, pengalaman
keindahan yang didapat setiap orang berbeda.
D. Namun, sayangnya makna seni
tidak selalu bermakna khas.
E. Sayangnya, karya seni tidak
bermakna apa-apa bagi seseorang.
PAKET PREDIKSI – 2
Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Kejayaan bangsa tak lepas dari penerapan
konsep kepemimpinan yang ideal sebagaimana diajarkan para leluhur. (2)Seorang
pemimpin harus memiliki darma ksatria, yakni titik konsentrasi dalam konsep
kepemimpinan ideal. (3)Dengan begitu, ia
tidak lupa diri akan tugas pokoknya dalam membina masyarakat atau
rakyatnya. (4)Mental dan spirit harus terjaga agar tidak menjadi liar.
(5)Selain itu, pemimpin mudah terpengaruh atau sebaliknya menjadi lemah
41. Kalimat utama paragraf
tersebut adalah …
A. kalimat
(1)
B. kalimat
(2)
C. kalimat
(3)
D. kalimat
(4)
E. kalimat
(5)
Bacalah paragraf di
bawah ini dengan saksama!
Bagi para perajin batik, membatik pada awalnya hanyalah pekerjaan
sampingan. Pekerjaan itu dilakukan di sela-sela kesibukannya menjadi ibu rumah
tangga, mengurus tanaman, mengurus ternak, atau kebutuhan pokok yang lain.
Pendapatan mereka masih sangat tergantung orderan dari perusahaan batik. Mereka
tidak bisa mengembangkan usaha batik tulis sendiri karena kendala modal dan
pemasaran. Program-program pendampingan untuk mereka seperti yang ada sekarang
IOM (International Organization for
Migration) dan JRF (Java
Reconstruction Fund) belum menjadi garapan pemerintah.
42. Ide pokok paragraf tersebut
adalah …
A. program pendampingan
perajin batik
B. pekerjaan sampingan perajin
batik
C. membatik pekerjaan
sampingan
D. pendapatan para perajin
batik
E. kesibukan para perajin
batik
Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Indonesia adalah penghasil utama minyak sawit
mentah (CPO) dengan produksi 19,2 ton pada 2008. (2)CPO kini menguasai 27
persen pangsa pasar minyak nabati dunia, mengalahkan minyak kedelai dan kanola.
(3)Harga CPO pun kini menarik sehingga mendorong pengusaha terus berekspansi.
(4)Diperkirakan 2,8 juta hektar lahan gambut masuk konsesi kelapa sawit.
(5)Menurut Irsal, lahan dengan ketebalan gambut kurang dari tiga meter dapat
ditanami kelapa sawit selama dikelola taat asas. (6)Pemerintah akan menerbitkan
berbagai regulasi untuk itu.
43. Kalimat
fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor …
A. (1)
dan (2)
B. (2)
dan (3)
C. (3)
dan (4)
D. (4)
dan (5)
E. (5)
dan (6)
44. Makna
regulasi pada paragraf tersebut
adalah …
A. teratur
B. pengaturan
C. pengatur
D. persatuan
E. organisasi
45. Kata
tidak baku pada paragraf tersebut
adalah …
A. ton
B. persen
C. pangsa
D. konsesi
E. hektar
Bacalah penggalan biografi di bawah ini dengan saksama!
Gelar sarjana sastra diraihnya pada 1957, dan doktor honoris causa, delapan belas tahun kemudian -- keduanya di Fakultas
Sastra UI. Ia juga sempat mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale,
AS. Ia menguasai bahasa Inggris, Belanda, Prancis, dan Jerman.
Ada kisah unik saat ia menempuh pendidikan di UI. Saat itu, HB Jassin
merangkap sebagai mahasiswa dan mahaguru sekaligus. Ketika kuliah sastra-lama,
terutama mata pelajaran Jawa Kuno, Sanskerta, HB Jassin menjadi mahasiswa,
tekun duduk bersama mahasisawa lainnya dan penuh perhatian pada mata kuliahnya.
Akan tetapi, begitu berganti mata kuliah Sastra Modern, Masa Kekinian, HB
Jassin berdiri dan maju ke depan, berdiri di podium lalu memberi kuliah, karena
memang sebagai doktor Sastra Modern.
46. Hal yang menarik dari biografi
di atas adalah ...
A. H.B. Jassin mendapat gelar doktor honoris causa.
B. H.B. Jassin mendalami
ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.
C. Ia memberikan teladan kepada para mahasiswa
untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi mahasiswa
dan mahaguru sekaligus.
D. Ia mengajarkan mata kuliah sastra modern.
E. Ia tidak menguasai mata kuliah sastra lama.
47. Pertanyaan
yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah …
A. Mengapa H.B. Jassin memilih kuliah di UI?
B. Bagaimana
riwayat pendidikan dasar H.B. Jassin?
C. Bahasa
asing apa saja yang dia ajarkan?
D. Apa
kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI?
E. Kapan
H.B. Jassin memperoleh gelar dokter?
48. Untuk
mengembangkan topik pembinaan keamanan
lingkungan RT menjadi tulisan yang runtut, disusunlah kerangka sebagai
berikut…
1) sasaran pembinaan keamanan lingkungan RT
2) pentingnya
pembinaan keamanan lingkungan RT
3) langkah
pembinaan keamanan lingkungan RT
4) bentuk
pembinaan keamanan lingkungan RT
Urutan kerangka yang paling tepat untuk tema
karangan tersebut adalah …
A. 2-1-4-3
B. 1-2-3-4
C. 4-3-2-1
D. 2-3-1-4
E. 1-4-2-3
Bacalah penggalan tajuk
rencana di bawah ini dengan saksama!
Toko modern mulai menjamur di
sejumlah pelosok desa di DIY. Bahkan, tidak sedikit toko modern yang berbentuk
minimarket waralaba tersebut beroperasi 24 jam. Menjamurnya toko modern ini
dikhawatirkan dapat mematikan usaha para pedagang tradisional di sekitarnya. Masyarakat lebih
memilih berbelanja di toko modern karena lebih lengkap dan beroperasi 24 jam.
Hal ini harus segera diatasi. Peraturan pemerintah daerah yang mengatur
keberadaan toko modern harus terus disosialisasi dan dipatuhi semua pihak.
49. Penulis
dalam tajuk tersebut berpihak kepada …
A. pemerintah
B. pedagang tradisional
C. pemilik toko modern
D. semua pihak
E. masyarakat
50. Makna
kata waralaba dalam teks di atas
adalah …
A. cara mendapatkan keuntungan
B. sistem pembagian wilayah pemasaran
C. kerja sama di bidang usaha dengan sistem bagi hasil sesuai
dengan kesepakatan
D. kerja sama di bidang usaha dengan cara membeli merek dagang
E. keuntungan yang sama antara pemilik modal dan mitra
Kunci jawaban
PEMBAHASAN
1. Jawab : C
Ide pokok menjiwai keseluruhan isi paragraf dan dapat ditemukan dalam kalimat utama.
Kalimat utama paragraf tersebut terletak
di awal paragraf.
2. Jawab : E
Kalimat penjelas berfungsi menjelaskan ide pokok. Kalimat (5) Pasar memang tempat penjualan
produk anak-anak SMK tidak menjelaskan ide pokok paragraf yaitu Penguatan kompetensi keahlian siswa SMK
tak sekadar mengandalkan perusahaan.
3. Jawab
: C
Menurut KBBI, rezim berarti tata
pemerintah negara
4. Jawab : A
Paragraf contoh dikembangkan dengan
memberikan contoh. Pada paragraf tersebut dikemukakan contoh negara yang pernah
dikuasai rezim zalim membuka kembali sebagian sejarah hitamnya, yaitu Jepang,
Korea Selatan, Taiwan, dan Afrika Selatan.
5. Jawab : C
Kalimat fakta berisi pernyataan faktual,
sesuatu yang telah terjadi. Kalimat
(1),(2), dan (3) merupakan kalimat fakta, sedangkan kalimat (4) dan (5)
merupakan kalimat opini, yaitu berisi pendapat.
6. Jawab
: E
Opini penulis adalah pendapat yang ditawarkan
penulis. Dalam paragraf tersebut opini
penulis adalah kerja sama sekolah swasta dengan yayasan dapat ditiru oleh sekolah negeri.
7. Jawab : A
Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi tabel adalah
Kota mana
sajakah yang cuacanya berawan? Jawaban pertanyaan tersebut terdapat dalam
tabel.
8. Jawab : D
Pernyataan Makassar
berawan dengan suhu 21 - 320C sesuai dengan isi tabel.
9. Jawab
: B
Karakteristik
hikayat yang tergambar dari petikan tersebut adalah istana
sentris dan pralogis. Munculnya tokoh Indraputera, putra Maharaja Bikrama Puspa
dan Raja Syahsian merupakan bukti istana sentris. Adapun unsur pralogis
terdapat pada Semasa masih kecil, ia telah diterbangkan oleh seekor
merak emas.
10. Jawab : D
Kutipan hikayat tersebut mengungkapkan
kisah perjalanan hidup Indraputera yang
sangat arif bijaksana, perkasa, dan sakti
11. Jawab : E
Nilai sosial adalah nilai kehidupan yang
terkait dengan etika dalam berhubungan dengan sesama manusia. Dalam kutipan
tesebut terbukti dari sifat maharesi pertapa yang suka menolong.
12. Jawab : B
Nilai moral berkaitan dengan akhlak atau budi pekerti
luhur. Dalam kutipan tersebut Buyung memiliki rasa tanggung jawab.
13. Jawab
: C
Unsur intrinsik yang dominan dapam kutipan tersebut
adalah konflik, yaitu konflik batin yang
dialami para tokoh sampai-sampai tidurnya pun gelisah
14. Jawab : C
Latar cerita dalam kutipan tersebut adalah rumah Kus,
yaitu percakapan terjadi di beranda muka Kus mendengarkan dari dalam kamarnya.
15. Jawab : D
Sudut pandang cerita yang digunakan adalah orang
ketiga serba tahu. Pengarang di luar cerita, tetapi dapat menceritakan batin
tokoh.
16. Jawab
: C
Gambaran latar laut dengan ombak yang bergulung-gulung
dan memecah berderai menimbulkan suasana gejolak.
17. Jawab : B
Kata ke ribaan pasir dalam bait puisi tersebut
melambangkan makna kepada Tuhan.
18. Jawab : B
Isi pantun dapat ditemukan pada baris ketiga dan
keempat. Baris pantun tersebut mengemukakan duka seorang perantau pada saat
sakit.
19. Jawab
: A
Maksud gurindam tergambar dari kedua baris puisi,
yaitu jika ingin pemerintahan yang kuat, hendaknya kompak dengan para menteri.
20. Jawab : B
Urutan kalimat agar menjadi paragraf padu adalah
(2),(3),(4),(5),(1). Perhatikan kepaduan antarkalimat!
21. Jawab
: A
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah Mereka tidak
diupah, hanya mendapat makan dan minum. Kalimat tersebut melengkapi ciri-ciri sambatan.
22. Jawab
: E
Kalimat persuasif berisi ajakan. Kalimat persuasif
yang sesuai adalah kalimat (4) dan (5) dilihat dari kesesuaian isi dan bahasa
yang digunakan.
23. Jawab
: A
Kalimat persuasif yang tepat
untuk melengkapi kutipan pidato adalah Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya
peningkatan pelayanan pendidikan.
24. Jawab
: C
Modernisme: gerakan yang bertujuan
menafsirkan kembali doktrin tradisional
Modernisasi: proses pergeseran sikap dan
mentalitas sebagai masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa
kini
Modernitas: kemodernan
25. Jawab
: A
Ungkapan bermulut besar berarti orang yang gemar
mengejek lawannya
26. Jawab
: D
tradisi : adat kebiasaan turun
temurun (kata benda)
tradisional : menurut tradisi
(kata sifat)
27. Jawab : C
Kata berimbuhan yang tepat
untuk melengkapi paragraf di atas adalah mencoba, menyajikan, dan ditampilkan
28. Jawab : B
kera mendapat
bunga : orang yang tidak dapat menghargai pemberian
pungguk
merindukan bulan : orang yang memiliki keinginan yang terlalu tinggi dan tidak
mungkin dapat terpenuhi
kerakap tumbuh
di batu : sesuatu yang sangat sulit terjadi
kacang lupa akan
kulitnya : orang yang tidak ingat akan asal usulnya
tong kosong
nyaring bunyinya : orang yang tidak berilmu biasanya banyak bicara
29. Jawab
: C
Frasa adjektif adalah frasa yang intinya
berupa kata sifat. Untuk melengkapi paragraf tersebut, frasa adjektif yang
tepat adalah sangat
kikir, sangat kurus, tidak malu
30. Jawab : B
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi
paragraf di atas adalah karena, akan tetapi, sejak, dan meskipun. Perhatikan
fungsi dan makna hubungan.
31. Jawab
: A
Penulisan pemerian
pelaksanaan acara tidak menggunakan huruf kapital.
32. Jawab
: B
Penutup surat yang tepat adalah Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
33. Jawab
: E
Judul
ditulis dengan huruf kapital pada setiap awal kata, kecuali kata tugas yang
tidak terletak di awal judul. Jadi,
penulisan judul yang tepat adalah Pengantar Umum Pernikahan yang Tidak Berisiko Tinggi
34. Jawab
: D
Judul harus menggambarkan isi karangan dan harus menarik. Judul yang tepat adalah Relevansi
Kesadaran terhadap Produk dengan Kesehatan
35. Jawab
: B
Kalimat Menjadi
tumbal nasib, dipeluk dingin kemarau yang bermulut sepi mengandung majas personifikasi. Selain itu,
rima akhir sesuai dengan baris lainnya.
36. Jawab
: C
Kata embun
menggambarkan kesejukan sehingga dapat melengkapi larik puisi tersebut.
37. Jawab : C
Dialog Gunarto pada penggalan drama
tersebut mengungkapkan kekesalannya terhadap ayahnya yang dianggapnya telah
melupakan keluarganya.
38. Jawab : A
Kalimat resensi pada bagian ringkasan yang tepat berdasarkan data
adalah kalimat yang mengemukakan isi buku secaa singkat dan sistematis.
39. Jawab
: A
Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan berisi
kelebihan buku baik secara langsung maupun tiddak langsung.
40. Jawab : B
Kalimat kritik berisi tanggapan atas kekurangan suatu
karya. Kalimat Namun,
sayangnya tidak semua karya seni memiliki kualitas yang bermakna termasuk kalimat kritik.
41. Jawab
: A
Kalimat
utama berisi topik paragraf. Biasanya, isi kalimat utama dijelaskan pada
kalimat lainnya. Kalimat utama tersebut terapat pada kalimat (1).
42. Jawab
: C
Ide
pokok paragraf tersebut adalah membatik pekerjaan
sampingan. Ide tersebut terdapat
pada kalimat (1).
43. Jawab
: A
Kalimat fakta adalah kalimat yang berisi
peristiwa yang telah terjadi. Kalimat (1) dan (2) merupakan kalimat fakta.
44. Jawab
: B
Menurut KBBI, regulasi berarti pengaturan.
45. Jawab
: E
Hektar termasuk bentuk tak baku,
seharusnya hektare.
46. Jawab
: C
Hal menarik dalam biografi tersebut adalah
kebiasaannya rajin belajar, tekun, teliti, dan bersungguh-sungguh ketika
menjadi mahasiswa dan mahaguru.
47. Jawab : D
Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi adalah Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI? Pertanyaan
tersebut dapat dijawab, yaitu dia menjadi mahasiswa sekaligus mahaguru di UI.
48. Jawab : A
Kerangka karangan garis besar karangan. Urutan
kerangka karangan harus sistematis dan logis. Urutan yang logis adalah 2-1-4-3.
49. Jawab
: B
Dalam tajuk tersebut, penulis berpihak pada pedagang
tradisional. Penulis mengkhawatirkan nasib pedagang dan berpesan kepada semua
pihak agar menaati peraturan yang ada.
50. Jawab : C
Waralaba berarti kerja sama di bidang
usaha dengan sistem bagi hasil sesuai dengan kesepakatan