Tujuan
Siswa memahami karakteristik teks anekdot.
Teks anekdot berbeda dengan teks lain. Ciri yang membedakan teks anekdot
dengan teks yang lain adalah sebagai berikut.
1. Struktur teks
Teks anekdot yang baik memiliki struktur
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda. Tidak selalau teks anekdot memiliki lima bagian tersebut.
Akan tetapi, bagian yang harus ada dalam teks anekdot adalah
orientasi-krisis-reaksi.
• Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita.
• Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi
akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
• Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau
terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh (terjadinya ketidakpuasan atau
kejanggalan).
• Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul.
• Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
- Kaidah teks • Memiliki ajaran
moral/mengandung pelajaran • Memiliki unsur lucu/konyol/menjengkelkan •
Menyindir • Bahasa, kebahasaan yang sering digunakan dalam penulisan teks
anekdot adalah perbandingan, perumpamaan, dan konjungsi temporal dan sebab
akibat.
Perhatikan!
Bandingkan kedua teks berikut ini!
Teks mana yang termasuk teks anekdot?
Teks 1
Tertib lalu lintas harus ditegakkan. Hari ini polisi menggelar operasi di Jalan
Was.
Polisi: Mengapa kamu tidak pakai helm
Pengendara: Helm saya hilang, Pak
Polisi: kalau hilang, beli atau bayar denda di sini?
Pengendara: kalau saya beli helm, saya tidak puna uang untuk bayar denda. Pasti
nanti saa juga disuruh baar denda karena saya juga tidak punya SIM.
Polisi:????
Polisi mengeluarkan surat
tilang. Motor pengendara harus ditinggal.
Teks 2
Sejak bertemu dengan dia, hidupku menjadi lebih berarti. Dia sahabat baikku.
Setiap hari aku mendapatkan wejangan-wejangan darinya. Salah satunya adalah
wejangan bagaimana cara menikmati hidup agar tidak tamak dan selalu bersyukur.
“Seandainya bisa, manusia pasti akan menggenggam dunia,” katanya suatu saat.
Mari kita ulas!
Teks 1berbentuk drama sedangkan teks 2 berbentuk cerita. Kedua teks di atas
memiliki ajaran/pesan moral. Akan tetapi, teks 1 adalah teks anekdot sedangkan
teks 2 bukan teks anekdot. Hal ini disebabkan oleh sebagai berikut.
- Teks 1 adalah teks anekdot
sebab memiliki struktur sebagai berikut. Abstraksi : Operasi tertib lalu
lintas Orientasi : tertib lalu lintas harus ditegakkan Krisis : pengendara
ditilang Reaksi : polisi mengeluarkan surat tilang Koda : pengendara harus
meninggalkan kendaraan di TKP
Teks 2 tidak memiliki struktur seperti teks 1.
- Selain struktur teks, hal
yang tampak berbeda dari kedua teks tersebut adalah unsur
lucu/jengkel/konyol. Teks 1 memiliki unsur tersebut, sedangkan teks 2
tidak memilikinya.
- Teks 1 berisi sindiran
terhadap seseorang yang tidak tertib lalu lintas. Sedangkan teks 2
memiliki amanat yang kuat yaitu hidup harus selalu bersyukur dan tidak
tamak.
Latihan Soal
Soal 1
Berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah….
a.
struktur teks orientasi-krisis-reaksi
b.
memiliki pesan moral
c.
memiliki unsur lucu
d.
berbentuk cerita
e.
menggelitik
D
Petunjuk
Ciri-ciri teks anekdot adalah memiliki struktur, unsur lucu/konyol/jengkel/,
pesan moral, menggelitik, dan menggunakan ciri khas bahasa anekdot.
Pembahasan
Teks anekdot yang baik memiliki struktur
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda. Tidak selalau teks anekdot memiliki lima bagian tersebut.
Akan tetapi, bagian yang harus ada dalam teks anekdot adalah orientasi-krisis-reaksi.
Soal 2
Kaidah teks meliputi….
a.
pesan moral, kelucuan/kekonyolan, sindiran, dan
kebahasaan
b.
struktur, pesan moral, sindiran, kelucuan/kekonyolan
c.
kelucuan/kekonyolan, sindiran, dan kebahasaan
d.
pesan moral, kelucuan/kekonyolan,sindiran
e.
pesan moral, sindiran, kebahasaan
A
Petunjuk
Kaidah adalah aturan teks anekdot.
Pembahasan
Kaidah teks
• Memiliki ajaran moral/mengandung pelajaran
• Memiliki unsur lucu/konyol/menjengkelkan
• Menyindir
• Bahasa, kebahasaan yang sering digunakan dalam penulisan teks anekdot adalah
perbandingan, perumpamaan, dan konjungsi temporal dan sebab akibat.
Soal 3
Struktur yang harus ada dalam teks anekdot adalah….
a.
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi
b.
orientasi-krisis-reaksi
c.
orientasi-krisis-koda
d.
orientasi-reaksi-koda
e.
abstraksi-reaksi-koda
B
Petunjuk
Struktur adalah cara teks anekdot disusun.
Pembahasan
Struktur teks anekdot meliputi:
• Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita.
• Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi
akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
• Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau
terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh (terjadinya ketidakpuasan atau
kejanggalan).
• Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul.
• Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
Soal 4
Bacalah teks di bawah ini!
Teks 1
Dono: Besok pagi coblosan, kamu pilih nomor berapa?
Wati: Bagiku semua nomor bagus, saya akan memilih wakil rakyat yang bisa
membawa Indonesia
ke kancah internasional.
Dono: Nomor satu atau dua?
Wati: Rahasia, dong!
Teks 2
Di gubuk pinggir sawah, ada seorang anak kecil dan bapaknya sedang menunggu
padi dari serangan burung.
Anak: Pak, kenapa burung tidak boleh makan padi kita?
Bapak: Kalau dimakan burung, nanti kita tidak bisa makan.
Anak: Kalau tidak boleh makan padi, nanti burung makan apa?Makan batu, Pak?
Hal yang membedakan kedua teks di atas adalah .…
a.
bahasa
b.
pesan moral
c.
unsur lucu/konyol/jengkel
d.
tidak menggunakan konjungsi
e.
tidak menggunakan perumpamaan
C
Petunjuk
Teks anekdot memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan
moral, unsur lucu/jengkel/konyol, dan ciri kebahasaan.
Pembahasan
Teks 1 tidak memiliki unsur lucu/konyol/jengkel sedangkan teks 2 memiliki
unsur jengkel.
Teks 1 bukan teks anekdot sedangkan teks 2 termasuk teks anekdot.
Soal 5
Bacalah teks di bawah ini!
Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila program akselerasi
ditutup karena program ini sudah banyak membuat siswa berhasil menyelesaikan
studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi. Mereka mengatakan bahwa
siswa-siswa dari program akselerasi juga dapat menyesuaikan diri dengan
siswa-siswa dari program reguler.
Berikut ini adalah alasan teks di atas bukan termasuk teks anekdot,
kecuali….
a.
tidak lucu/konyol
b.
tidak memiliki pesan moral
c.
tidak memiliki konjungsi sebab-akibat
d.
tidak menggunakan konjungsi temporal
e.
tidak memiliki struktur
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda
C
Petunjuk
Teks anekdot memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan
moral, unsur lucu/jengkel/konyol, dan ciri kebahasaan.
Pembahasan
Teks di atas bukan teks anekdot karena tidak memiliki struktur
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, tidak memiliki pesan moral, tidak
menggunakan konjungsi temporal, tidak lucu atau konyol.Teks tersebut
menggunakan hubungan makna sebab-akibat ditunjukkan dengan konjungsi karena.
Soal 6
Bacalah teks di bawah ini!
Agus : Siapa yang kalau jalan memiliki kaki dua dan kalau berhenti memiliki
kaki empat?
Sarjono: Ehm…apa, ya?
Agus : Nyerah? Orang jual es dawet pakai pikulan. Kalau dia sedang jalan,
kakinya hanya dua, tapi kalau dia berhenti kakinya empat.
Teks di atas tidak termasuk anekdot karena, kecuali.…
a.
Tidak menyindir
b.
Tidak lucu/konyol
c.
Tidak memiliki amanat
d.
Tidak memiliki pesan moral
e.
Tidak menggunakan konjungsi temporal
B
Petunjuk
Teks anekdot anekdot memiliki struktur
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan moral, unsur lucu/jengkel/konyol,
dan ciri kebahasaan.
Pembahasan
Teks di atas hanya memiliki unsur lucu/konyol dan tidak memiliki struktur,
pesan moral, sindiran, konjungsi.
Soal 7
Bacalah teks berikut ini!
Sebelum memilih jurusan, setiap siswa diwawancarai untuk menjaring data.
wanwancara berlangsung selama 10 menit.
Petugas: Aini!
Aini: ya, Pak
Petugas: silakan duduk. Bapakmu buruh, ya?
Aini: kok tahu, Pak
Petugas: pipimu tidak berstempel springbed tapi tikar
Aini: Maksud Bapak apa, ya?
Petugas: bercanda, Mbak…
Aini masih bersungut-sungut tapi ia harus menjawab pertanyaan petugas
selanjutnya.
Teks di atas termasuk teks anekdot karena, kecuali ….
a.
memiliki pesan/ajaran moral
b.
memiliki struktur
c.
lucu/konyol
d.
menyindir
e.
menggurui
E
Petunjuk
Teks anekdot memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan
moral, unsur lucu/jengkel/konyol, dan ciri kebahasaan.
Pembahasan
Teks anekdot memberikan pelajaran bagi pembacanya, tetapi tidak bersifat
menggurui.
Soal 8
Berikut ini , yang termasuk teks anekdot adalah….
a.
Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia,
yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar”itu adalah hewan pemangsa dan
pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan
berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemasan-emasan dengan
belang atau loreng berwarna hitam
b.
Saudara-saudara yang saya hormati, Beberapa hari yang
lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil
presiden secara langsung.Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan
wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.
c.
Pernahkah Anda membuat SIM, misalnya SIM C? Mengurus
SIM tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi
pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar.
d.
Perdagangan bebas yang diusung oleh sebuah negara
dipastikan dapat menguntungkan atau merugikan negara yang bersangkutan. Dampak
negatif kebijakan politik negara di sektor ekonomi ini mudah kita temukan di Indonesia.
e.
Ibu-ibu sedang kerja bakti membersihkan jalan desa pada
pagi hari. Suasana terkesan ramai, obrolan seputar harga, gosip, dan anak.
“Wah, bulan ini banyak pangeluaran. Anak saya masuk kuliah dan adiknya masuk
SMA,” kata Bu Tini “Semua ternak saya, saya sekolahkan Bu biar pintar” sambung
Bu Tini “He..he..he” tawa Bu Romlah renyah Mereka pun melanjutkan membersihkan
rumput di kanan dan kiri
E
Petunjuk
Teks anekdot memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan
moral, unsur lucu/jengkel/konyol, dan ciri kebahasaan.
Pembahasan
• Teks berikut ini termasuk teks observasi
Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang
menyusui. “Kucing besar”itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau
dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
Bulunya berwarna putih dan cokelat keemasan-emasan dengan belang atau loreng
berwarna hitam
• Teks berikut ini termasuk teks pidato
Saudara-saudara yang saya hormati,
Beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta dmokrasi—memilih
presiden dan wakil presiden secara langsung.Saya berharap, siapapun yang
menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima
segala kebijakannya.
• Teks berikut ini termasuk teks prosedur kompleks
Pernahkah Anda membuat SIM, misalnya SIM C?Mengurus SIM tentu memerlukan waktu
dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C
dengan jalan yang benar.
• Teks berikut ini termasuk teks eksposisi
Perdagangan bebas yang diusung oleh sebuah negara dipastikan dapat
menguntungkan atau merugikan negara yang bersangkutan.Dampak negatif kebijakan
politik negara di sektor ekonomi ini mudah kita temukan di Indonesia.
• Teks berikut ini termasuk teks anekdot karena memiliki struktur
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan moral, unsur lucu/jengkel/konyol,
dan ciri kebahasaan.
Ibu-ibu sedang kerja bakti membersihkan jalan desa pada pagi hari. Suasana
terkesan ramai, obrolan seputar harga, gosip, dan anak.
“Wah, bulan ini banyak pangeluaran. Anak saya masuk kuliah dan adiknya masuk
SMA,” kata Bu Tini
“Semua ternak saya, saya sekolahkan Bu biar pintar” sambung Bu Tini
“He..he..he” tawa Bu Romlah renyah
Mereka pun melanjutkan membersihkan rumput di kanan dan kiri
Soal 9
Berikut ini, manakah yang termasuk teks anekdot .…
a.
Sudah diketahui oleh semua orang bahwa pendidikan
formal itu penting. Akan tetapi, apakah seseorang akan menjadi pemimpin sosial
atau pemimpin politik yang bagus pada kemudian hari tidak selalu ditentukan
oleh pendidikan formalnya. Diyakini bahwa pengalaman juga menjadi faktor
penentu untuk menuju kesuksesan.
b.
Meskipun pemerintah melarang transaksi spesies binatang
langka, dalam praktiknya populasi binatang yang dilindungi makin berkurang.
Dengan beragam motif, manusia makin berusaha memiliki secara pribadi
binatang-binatang langka tersebut. Apalagi, ketika pasar domestik atau pasar
internasional berani membeli spesies binatang langka dengan harga tinggi, makin
tinggi pula pelanggaran terhadap larangan memperjualbelikan binatang langka
tersebut.
c.
Pertumbuhan penduduk di bumi ini menimbulkan
bertambahnya permukiman, pabrik, perkantoran, dan lain-lain. Pembangunan
permukiman, pabrik, dan perkantoran itu dilakukan dengan memanfaatkan wilayah
hutan tempat berbagai jenis binatang hidup. Ketika hutan dirusak untuk
tujuan-tujuan tersebut, habitat atau wilayah tempat binatang-binatang itu hidup
akan berkurang. Hal itu menyebabkan ketersediaan pangan untuk binatang-binatang
itu berkurang. Perubahan kondisi alam yang demikian itu menyebabkan kepunahan
beberapa spesies binatang yang hidup di hutan tersebut.
d.
Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh pelajar yang
mempunyai ritme belajar cepat. Meskipun sering dikatakan terlalu mahal, itu
tidak berarti bahwa program ini tidak diperlukan.
e.
Reuni berlangsung di sekolah daun Irwan bertanya pada
Rudi," Wah, kamu jadi pejabat, ya?". " Kok tahu?" tanya
Rudi lalu Irwan menjawab' " Ya, tahu lah…wajahmu kan gambar uang." Mereka tertawa
bersama, hanyut dalam suasana gembira.
E
Petunjuk
Teks anekdot memiliki struktur abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan
moral, unsur lucu/jengkel/konyol, dan ciri kebahasaan.
Pembahasan
Teks berikut ini termasuk teks anekdot karena memiliki struktur
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda, pesan moral, unsur lucu/jengkel/konyol,
dan ciri kebahasaan.
Reuni berlangsung di sekolah daun Irwan bertanya pada Rudi," Wah, kamu
jadi pejabat, ya?". " Kok tahu?" tanya Rudi lalu Irwan menjawab'
" Ya, tahu lah…wajahmu kan
gambar uang." Mereka tertawa bersama, hanyut dalam suasana gembira.
Teks yang lainnya termasuk ke dalam eksposisi.
Soal 10
Amati teks berikut ini!
Teks 1
Seekor kutu tinggal padatanduk banteng. Setelah ada di sana sekian lama dan merasa ingin pindah, dia
kemudian bertanya pada banteng apakah sang banteng memang ingin pindah.
“Aku tak tahu kapan kau datang, jawab si banteng, “kurasa aku pun tak perlu memberi
peringatan saat kau pergi.”
Teks 2
Sejak bertemu dengan dia, hidupku menjadi lebih berarti. Setiap hari aku
mendapatkan wejangan-wajangan darinya. Salah satunya adalah wejangan bagaimana
cara menikmati hidup agar tidak tamak dan selalu bersyukur. “Seandainya bisa,
manusia pasti akan menggenggam dunia,” katanya suatu saat.
Teks 3
Saudara-saudara yang saya hormati,
beberapa hari yang lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih
presiden dan wakil presiden secara langsung. Saya berharap, siapapun yang
menjadi presiden dan wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima
segala kebijakannya.
Yang termasuk teks anekdot adalah….
a.
Teks 1
b.
Teks 2
c.
Teks 3
d.
Teks 1 dan 2
e.
Teks 2 dan 3
A
Petunjuk
Ciri-ciri teks anekdot:
1. Mengandung unsur lucu/konyol
2. Mengandung pelajaran/moral
3. Memiliki struktur, minimal orientasi-krisis-reaksi
Pembahasan
Teks 1 mengandung unsur lucu dan konyol, mengandung pelajaran yaitu
pahamilah keberadaan orang lain, dan memiliki struktur teks
abstraksi-orientasi-krisis-reaksi.
Teks 2 merupakan teks narasi
Teks 3 merupakan teks pidato