Thursday, 13 February 2014

menentukan sudut pandang dan latar



Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Terdengar bunyi langkah di beranda muka, kemudian suara mengucapkan, “Selamat malam.” Kus terkejut, sebab suara itu dikenalnya, dr. Hamzah. “Selalu saja ia memburu aku. Apa pula teorinya sekali ini.” Didengarnya dr Hamzah dengan orang tuanya bercakap-cakap dan sekali-sekali kedengaran namanya disebut meskipun kurang jelas benar percakapan itu ke kamarnya. Akhirnya Kus hendak serta duduk di sana. “Jangan-jangan yang tidak-tidak nanti dibicarakannya tentang aku.”

1. Latar kutipan cerita di atas adalah …
A.   rumah sakit
B.    Rumah dr. Hamzah
C.   rumah Kus
D.   kamar Kus
E.    ruang praktik dokter
Jawab : C
Latar cerita dalam kutipan tersebut adalah rumah Kus, yaitu percakapan terjadi di beranda muka Kus mendengarkan dari dalam kamarnya.  

2. Sudut pandang cerita di atas adalah …
A.   orang pertama pelaku utama
B.    orang pertama pelaku sampingan
C.   orang ketiga pelaku utama
D.   orang ketiga serba tahu
E.    orang ketiga terbatas.
Jawab :E
Sudut pandang cerita yang digunakan adalah orang ketiga terbatas. Pengarang di luar cerita, dia tidak mengetahui semua tokoh cerita.
Akhirnya Kus hendak serta duduk di sana. “Jangan-jangan yang tidak-tidak nanti dibicarakannya tentang aku.” si pengarang tidak tahu apa yang terjadi pada Kus.

4 comments:

  1. sudut pandang dalam karya fiksi ada 3:
    1. sudut pandang orang pertama; ini dibagi lagi menjadi 2. 1) sudut pandang orang pertama pelaku utama; 2) sudut pandang orang pertama pelaku sampingan

    2. sudut pandang orang ketiga. ini dibagi menjadi 2. 1) sudut pandang orang ketiga terbatas; 2) sudut pandang orang ketiga tidak terbatas/ mahatahu.

    3. sudut pandang campuran

    ReplyDelete