Wednesday, 17 September 2014

membuat sebuah abstraksi dari suatu teks eksposisi

Tujuan

Siswa bisa membuat sebuah abstraksi dari suatu teks eksposisi.
Seperti yang sudah kalian pelajari pada topik sebelumnya, teks eksposisi adalah sebuah teks yang memaparkan suatu infrormasi atau permasaahan sehingga pengetahuan pembaca menjadi bertambah atau pembaca menjadi lebih memahami permasalahan tersebut. Tujuan dari teks eksposisi yaitu memberikan penjelasan atau keterangan yang mendalam tentang sesuatu. Teks eksposisi bisa juga berupa informasi tentang langkah, metode, cara melakukan, atau cara menggunakan sesuatu.
Sekarang, tahukah kalian apa itu mengabstraksi? Mengabstraksi bisa diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan untuk membuat garis besar dari suatu teks. Jadi, kalian akan membuat sebuah teks lain dengan isi yang lebih umum dari teks eskposisi yang sudah dibaca. Lalu, bagaimana cara mengabstraksi sebuah teks eksposisi?
Berikut ini langkah-langkah mengbastraksi teks eksposisi.
• Membaca teks eksposisi yang akan diabstraksi.
• Menentukan ide-ide pokok dalam teks eksposisi yang akan diabstraksi.
• Menentukan kalimat-kalimat utama dalam teks.
• Menentukan mana saja kata kunci dari teks.
• Merangkai kalimat dengan menggunakan kata kunci dalam teks.
• Menyusun teks menjadi abstraksi.

Perhatikan teks!

Setiap wanita tentu ingin memiliki kulit yang halus dan lembut. Ada banyak cara yang dilakukan untuk memiliki kulit yang halus. Misalnya saja dengan melakukan perawatan secara rutin di salon kecantikan. Perawatan ini tentu akan memakan biaya yang cukup banyak.
Tapi, tahukah Anda bahwa ada cara alami untuk membuat kulit menjadi halus dan lembut? Cara alami untuk menghaluskan kulit yaitu dengan membuat masker kulit dari bahan-bahan alami seperti alpukat atau jambu biji. Alpukat dan jambu biji termasuk buah-buahan yang banyak dimanfaatkan. Selain untuk kesehatan, kedua buah ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah untuk menghaluskan kulit. Kandungan vitamin C pada jambu biji dipercaya bisa membuat kulit menjadi tampak lebih cerah, sedangkan biji pada jambu biji bisa dijadikan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan terangkatnya sel kulit mati, kulit akan menjadi lebih halus. Belum lagi kandungan antioksidan yang bisa menunda penuaan dini pada kulit. Lalu bagaimana dengan alpukat? Alpukat mengandung banyak vitamin E yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Alpukat juga mengandung minyak esensial yang dapat melembabkan kulit. Dengan penggunaan yang teratur, akan diperoleh kulit yang halus dan lembut.
Memiliki kulit yang halus dan cantik memang tidak perlu dengan cara yang mahal. Buktinya, dengan cara yang mudah dan murah seseorang tetap bisa memiliki kulit yang halus dan lembut.

Mari kita abstraksi!

Setelah membaca teks di atas, selanjutnya adalah ditentukan ide-ide pokok dari tiap paragraf. Dari teks di atas, didapat ide-ide pokok sebagai berikut.
• Paragraf 1 : Wanita ingin selalu terlihat cantik.
• Paragraf 2 : Kulit halus dan lembut dengan alpukat dan jambu biji.
• Paragraf 3 : Cantik tidak harus selalu mahal.
Setelah ditentukan ide-ide pokoknya, tentukan kalimat-kalimat utama dalam teks tersebut.
• Paragraf 1 : Setiap wanita tentu ingin memiliki kulit yang halus dan lembut.
• Paragraf 2 : Cara alami untuk menghaluskan kulit yaitu dengan membuat masker kulit dari bahan-bahan alami seperti alpukat atau jambu biji.
• Paragraf 3 : Untuk terlihat cantik dan memiliki kulit yang halus memang tidak perlu dengan cara yang mahal.
Kemudian tentukan kata kuncinya. Kata kunci dari teks di atas antara lain : Kulit halus dan lembut, masker alami, alpukat dan jambu biji, kandungan alpukat, kandungan jambu biji, cantik tidak harus mahal. Dari kata-kata kunci ini, buatlah kalimat dan susun menjadi sebuat teks abstraksi seperti berikut.
Anda ingin memiliki kulit yang halus dan lembut? Anda bisa memanfaatkan alpukat dan jambu biji untuk dijadikan masker kulit. Alpukat mengandung berbagai nutrisi yang dipercaya bisa membuat kulit halus dan lembut seperti vitamin E. Begitupun dengan alpukat yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan dan kelembutan kulit. Jadi, untuk bisa cantik sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Dengan biaya murah juga seseorang masih bisa menjaga kecantikannya.
Itulah teks abstraksi dari teks eksposisi di atas. Hal yang paling penting dari abstraksi ini adalah pembahasan informasi yang secara global atau umum saja. Jadi, dalam abstraksi ini pembahasan dilakukan tidak secara detail.

Poin Penting

• Mengabstraksi teks adalah suatu proses penulisan kembali teks secara umum.
• Langkah-langkah mengabstraksi, antara lain:
1. Membaca teks eksposisi
2. Menentukan ide pokok
3. Menentukan kalimat utama
4. Menentukan kata kunci
5. Membuat kalimat berdasarkan kata kunci
6. Menyusun teks menjadi sebuah abstraksi

5 comments: