ikla

Wednesday, 17 September 2014

mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

Tujuan

Siswa dapat mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Sebelumnya, kita sudah membahas langkah-langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog. Dalam konversi tersebut tidak boleh ada perbedaan tema. Konversi bisa dilakukan dengan membubuhkan pronomina, kata hubung, sinonim, dan lainnya. Pada topik ini kalian akan belajar tentang bagaimana langkah-langkah konversi sebuah teks eksposisi menjadi teks drama pendek.
Definisi Singkat Teks Eksposisi dan Teks Drama Pendek
Teks eksposisi merupakan teks yang berisi informasi bermanfaat yang akan menambah pengetahuan pembaca juga berisi pendapat pribadi terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks tersebut. Teks drama pendek merupakan teks yang berisi percakapan drama yang pendek. Sedangkan konversi sendiri merupakan pengubahan jenis teks dari satu bentuk ke bentuk teks lainnya. Contohnya seperti konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek. Langkah-Langkah Konversi Teks Eksposisi Menjadi Teks Drama Pendek
Untuk melakukan konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek diperlukan beberapa langkah. Langkah-langkah tersebut di antaranya sebagai berikut.
1. Memilih teks eksposisi yang akan dikonversi menjadi teks drama pendek.
2. Pilihlah teks yang menarik, padat, dan cocok untuk dikonversi menjadi teks drama pendek.
3. Setelah memilih teks eksposisi yang dirasa menarik, kemudian ubahlah menjadi teks berupa dialog atau pembicaraan.
4. Setelah teks diubah menjadi bentuk dialog atau pembicaraan, kemudian bisa mulai diubah menjadi bentuk teks drama pendek.
5. Teks drama pendek yang dibuat tida melingkupi seluruh teks eksposisi.
6. Kegiatan konversi teks selesai, teks drama pendek bisa dikumpulkan kepada guru atau bisa dipentaskan di depan kelas.

Poin Penting dalam Drama

Di dalam teks drama pendek terdapat beberapa tanda baca yang digunakan, dua di antaranya adalah tanda titik dua (:) dan tanda petik (“...”). Tanda titik dua berfungsi untuk memisahkan antara nama pelaku dalam drama dengan kalimat dialog yang diucapkannya sedangkan tanda petik menandai kalimat yang diucapkan oleh si tokoh.

Perhatikan

Contoh Konversi Teks Eksposisi Menjadi Teks Drama Pendek
Contoh teks eksposisi
Kondisi Memprihatinkan Sekolah Dasar X Pendidikan merupakan hal yang penting untuk ditempuh oleh seseorang. Terutama untuk anak-anak dengan rentang usia 5 sampai 18 tahun. Pendidikan menjadi salah satu modal untuk anak-anak bangsa bisa berkarya dan memajukan bangsanya. Akan tetapi pada kenyataannya, peningkatan fasilitas sekolah tersebut tidak merata di seluruh daerah. Ada sebuah sekolah dasar di daerah X yang ternyata bangunan sekolahnya sudah hampir rubuh. Para siswa pun harus menerima kondisi lantai sekolah yang sudah rusak dan juga bangku serta meja yang sebenarnya sudah tidak begitu layak untuk digunakan. Sekolah dasar X tersebut seolah tidak tersentuh oleh bantuan dana dari pemerintah. Selain fasilitas bangunan sekolah yang mengkhawatirkan, ketersediaan tenaga pengajar pun ternyata sedikit. Sebaiknya setiap tingkatan kelas memiliki minimal satu pengajar, di sekolah ini hanya terdapat dua pengajar saja yang harus pintar-pintar membagi waktu mereka untuk bisa mengajar di enam tingkatan kelas. Kedua pengajar tersebut pun merupakan pengajar yang sudah lama mengabdi di sekolah tersebut. Salah satu pengajar ternyata adalah kepala sekolah. Bisa disimpulkan bahwa sekolah X tersebut hanya memiliki satu pengajar saja. Sang kepala sekolah sebenarnya sudah mengusahakan semaksimal mungkin untuk perbaikan fasilitas sekolah dan juga tambahan tenaga pengajar di sekolahnya. Akan tetapi, usahanya selalu menemui jalan buntu. Untuk masalah dana perbaikan sekolah, ia pada akhirnya hanya menerima janji-janji tanpa bukti cairnya dana perbaikan sekolah.
Melihat situasi yang terjadi pada situasi sekolah X tersebut, masihkah kita merasa bahwa kemajuan pendidikan bangsa ini sudah merata? Saya yakin bahwa kondisi menyedihkan dari sebuah sekolah negeri tidak hanya terjadi pada sekolah X ini saja, masih ada banyak sekolah-sekolah lainnya yang berada pada kondisi mengkhawatirkan tetapi seolah tidak terlihat sama sekali. Tidak ada bantuan dana sedikit pun yang mengalir. Kondisi memprihatinkan ini memang harus segera ditangani dengan baik. Bila tidak, kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya pada sekolah seperti sekolah dasar X tersebut di kemudian hari.
Contoh teks drama pendek dari konversi teks eksposisi di atas
Lokasi berada di sebuah sekolah dasar dengan fasilitas sekolah yang memprihatinkan.
Ibu kepala sekolah : “Beginilah Pak kondisi sekolah kami.”
Bapak paruh baya : “Sudah berapa lama ini berlangsung, Bu?”
Ibu kepala sekolah : “Sudah hampir sepuluh tahun.”
Bapak paruh baya : “Sepuluh tahun? Apa Ibu sudah meminta bantuan dari pihak tertentu?”
Ibu kepala sekolah : “Saya sudah berusaha Pak. Sudah cukup sering juga saya bolak-balik. Tapi apa daya, saya hanya menerima janji ini dan janji itu saja.”
Bapak paruh baya : “Jadi selama sepuluh tahun ini tidak ada dana untuk perbaikan sekolah?”
Ibu kepala sekolah : “Tidak ada Pak. Hanya kebaikan hati para orang tua dengan kemampuan terbatas saja. Sekolah ini sedikit demi sediki diperbaiki, walau pada akhirnya tetap kembali rusak.”
Bapak paruh baya : “Ooo...” (mengangguk-anggukan kepala)
Ibu kepala sekolah : “Kami juga kekurangan tenaga pengajar Pak. Hanya ada saya dan Pak Karto yang mengajar anak-anak mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.”
Bapak paruh baya : “Mengapa bisa seperti itu, Bu?”, “Apa harapan ibu untuk masa depan sekolah ini? Mungkin saya bisa sedikit membantu dengan menyebarkan informasi kondisi sekolah ini.”
Ibu kepala sekolah : “Saya hanya berharap ada pihak yang terketuk hatinya untuk membantu sekolah ini. Minimal untuk memperbaiki bangunan sekolahnya dulu. Supaya anak-anak nyaman belajarnya."

1 comment:

  1. Interesting post and thanks for sharing. Some things in here I have not thought about before. Thanks for making such a cool post.

    ReplyDelete