ikla

Friday, 29 January 2016

MENULIS SINOPSIS NOVEL

Tujuan Pembelajaran:
Siswa memahami cara menulis sinopsis novel.
Dalam materi ini, kita akan mempelajari cara menulis sinopsis novel. Sinopsis adalah karangan yang berisi ringkasan dari sebuah novel. Membuat sinopsis novel tidak seperti meringkas buku nonfiksi. Meringkas novel harus tetap memperhatikan karakter tokoh, latar, serta perkembangan alur peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam novel. Ada beberapa langkah cara membuat sinopsis novel. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.
1. Membaca terlebih dahulu novel. Tujuannya adalah untuk memahami isi novel dengan baik.
2. Memahami dan mengelompokkan berbagai peristiwa berdasarkan alur atau plot. Cerita umumnya tersusun atas beberapa tahapan alur.

  1. Memahami tokoh dan perwatakannya. Meski sinopsis berisi ringkasan novel, penulis novel tetap harus menampilkan karakter tokoh. Penjabaran karakter ini bisa ditampilkan dengan narasi pembuat sinopsis.
  2. Menentukan gagasan pokok cerita. Gagasan adalah ide-ide pokok cerita.
  3. Merangkai gagasan-gagasan pokok cerita menjadi sebuah sinopsis

Cermati sinopsis dan analisisnya di bawah ini.

Judul Buku: Air Mata Terakhir Bunda karya Kirana Kejora
  1. Novel menyentuh dan inspiratif yang mengisahkan tentang seorang ibu yang tinggal di desa kecil Renokenongo, yang sekarang ini menjadi Tanah Lumpur’, Sidoarjo. Seorang ibu yang hidup dengan kemiskinan, kesederhanaan, dan kekuatan batinnya berjuang sendiri menghidupi dan mengantarkan kesuksesan kedua anak laki-lakinya, Delta dan Iqbal. ( Abstraks: pengantar cerita)
  2. Sriyani menghidupi kedua anak mereka dengan berjualan lontong kupang dan kuli cuci. Meski mereka hidup di bawah garis kemiskinan, namun Sriyani selalu berpesan kepada kedua anaknya untuk tidak mengeluh kepada kemiskinan. ( Alur: orientasi berisi pengenalan latar dan tokoh cerita. Gagasan pokok cerita berupa Sriyani berusaha keras menghidupi kedua anaknya.)
  3. Dengan segala daya dan upaya, Sriyani tetap berjuang demi pendidikan anak-anaknya. Ia tidak ingin anak-anaknya berpendidikan rendah, seperti dirinya. Delta dan Iqbal adalah anak yang cerdas, terutama Delta. Setelas lulus SMA, ia diterima di Fakultas Teknologi Informatika ITS.
    ( Alur: komplikasi tahap awal masalah mulai terjadi. Masalah mulai muncul ketika Delta diterima di perguruan tinggi negeri. Gagasan pokok cerita berupa Sriyani berjuang untuk pendidikan kedua anaknya.)
  4. Selama menempuh pendidikannya di ITS, Delta mencari tambahan biaya kuliah dengan mengajar privat dan mengerjakan tugas mahasiswa-mahasiswa yang malas. Sriyani pun lebih giat bekerja agar dapat mengirimi Delta uang.Namun selama Delta kuliah di ITS, Delta jarang pulang kampung karena kesibukannya. Selama kuliah tidak seorang teman pun yang tahu ibu Delta. Sriyani tidak mau menunjukkan diri kepada teman-teman Delta. Sriyani tidak ingin Delta malu memiliki ibu seperti dia. Seperti yang ia lakukan ketika Sriyani datang ke kos Delta. Ia datang menitipkan lontong kupang, uang, dan sebuah buku kepada teman Delta. Hingga akhirnya ketika Delta tiba di kosnya, ia berlari mengejar Sriyani. Sriyani hanya berpesan belajarlah, jadilah orang pintar, dan baca buku yang ia berikan.

    (Alur: komplikasi tingkat perkembangan masalah. Peningkatan masalah terjadi ketika Delta mulai sibuk dan hampir jarang pulang. Teman-teman Delta pun tidak ada yang mengetahui ibu Delta. Sriyani pun tidak ingin jati dirinya diketahui teman-teman Delta karena ia khwatir Delta malu dengan keadaaan dirinya. Gagasan pokok cerita berupa Delta dan Sriyani berjuang demi keberlangsungan pendidikan Delta.)
  5. Sampai akhirnya Delta lulus dengan cum laude. Ia sudah menyiapkan baju kebaya dan kain untuk Sriyani di acara wisudanya. Ia memohon agar Iqbal mau membawa baju itu. Namun Iqbal menyampaikan pesan Sriyani bahwa baju itu tetap diletakkan saja di kos Delta. Sampai akhirnya acara wisuda berlangsung. Sriyani tidak datang. Yang datang justru kabar duka. Sriyani pergi selama-lamanya.
    (Alur: komplikasi berisi titik puncak masalah. Titik puncak masalahnya adalah kabar Sriyani meninggal. Gagasan pokok cerita berupa Delta lulus dengan nilai cum laude. Ia ingin ibunya ikut menyaksikan wisudanya.)
  6. Kini Delta sudah menjadi orang sukses. Ia seorang pengusaha sukses di bidang IT dan minyak. Ia menikah dengan wanita pilihannya, lauren.
    (Resolusi/ Penyelesaian masalah adalah solusi terhadap Masalah. Penyelesaian masalah berupa Delta menjadi sukses dan menikahi Lauren.
    Gagasan pokok cerita berupa Delta menjadi orang sukses.)
  7. Meski Delta sudah menjadi sosok yang sukses. Ia tetap tidak bisa melupakan ibunya. Ia menempatkan ibunya sebagai perempuan utamanya. Pesan ibunya diingatnya hingga akhir hayatnya, jangan pernah menjual derita masa lalu untuk sebuah masa depan.Kehidupan adalah sekarang, masa depan adalah rancangan.
    (Koda: pesan yang terkandung adalah menempatkan ibu sebagai sosok yan utama. Ajarannya diingatnya selalu, Kehidupan adalah sekarang, masa depan adalah rancangan. Gagasan pokok cerita berupa Delta menempatkan ibunya sebagai perempuan utama.)[/important)

    Poin Penting

Sinopsis adalah karangan yang berisi ringkasan dari sebuah novel. Membuat sinopsis novel tidak seperti meringkas buku nonfiksi. Ada beberapa langkah membuat sinopsis. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Membaca terlebih dahulu novel.
2. Memahami dan mengelompokkan berbagai peritiwa berdasarkan alur atau plot.
3. Memahami tokoh dan perwatakannya
4. Menentukan gagasan pokok cerita.
5. Merangkai gagasan-gagasan pokok cerita menjadi sebuah sinopsis

No comments:

Post a Comment