SOAL TRY OUT TAHAP II
Tahun Pelajaran 2018/ 2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII /IPS
Hari, tanggal : Senin, 4 Februari 2019
Waktu : 07.30-09.30
=================================================================
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan ( ● ) huruf A, B, C, D, E pada LJK!
1. Cermati paragraf berikut!
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. Nila setitik rusak susu sebelahga.
B. Pagar makan tanaman.
C. Menggunting dalam lipatan.
D. Lempar batu sembunyi tangan.
E. Musang berbulu ayam.
2. Cermati kalimat-kalimat berikut!
Urutan kalimat tersebut yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah ….
A. (1), (2), (3), (4), dan (5)
B. (1), (2), (4), (5), dan (3)
C. (4), (2), (5), (1), dan (3)
D. (4), (3), (1), (5), dan (2)
E. (4), (3), (5), (1), dan (2)
3. Cermati paragraf berikut!
Perbaikan kalimat yang salah dalam paragraf tersebut berserta alasannya adalah .… b
Perbaikan Kalimat
|
Alasan
| |
A.
|
(2) ..., serta ikan bermacam-macam warna yang menyelinap di antara terumbu karang yang indah.
|
Kata bemacam-macam warna menyatakan makna banyak.
|
B.
|
(3) ..., matahari menjadi bola kemerah-merahan yang ditelan laut jingga.
|
Kata kemerah-merahan sudah menyatakan makna "agak"
|
C.
|
(4) Sayang, di sana juga berlangsung perusakan alam yang ...
|
Namun berfungsi sebagai kata penghubung antarkalimat.
|
D.
|
(4) ... dalam mencari ikan dengan membom terumbu karang.
|
Tidak terdapat awalan meng-dalam bahasa Indonesia.
|
E.
|
(5) Keinginan pemerintah pusat menjadikan taman nasional sulit terwujud.
|
Antara predikat dengan objek tidak adapat disisipi kata sebagai.
|
4. Cermati teks hasil observasi berikut!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks observasi tersebut adalah …B
A. Hiu paus memiliki 3000 gigi yang sangat kecil tetapi jarang digunakan.
B. Mulutnya berada di ujung moncongnya bukan berada pada bagian bawah kepala, seperti pada hiu lainnya.
C. Hiu paus memiliki warna tubuh dengan corak khas yaitu berupa garis berwarna kuning muda.
D. Ikan ini dapat hidup di dekat pantai maupun di lepas pantai dan laut.
E. Hiu paus menyaring makanannya menggunakan insangnya yang besar.
5. Cermati teks berikut!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A. Buatlah surat permohonan untuk membuat KTP.
B. Siapkan meterai Rp6.000,00 sebanyak 2 buah.
C. Petugas akan memverifikasi dan memvalidasi data kependudukan kita.
D. Siapkan pulpen hitam untuk mengisi formulir.
E. Masukkan formulir ke dalam amplop yang disediakan petugas.
E
6. Cermati kalimat berikut!
Kalimat tanya yang mempunyai tujuan sama dengan kalimat bercetak miring tersebut adalah …
A. Sudahkah Anda menggunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan?
B. Apakah Anda sudah menghentikan pendarahan dengan cepat dan tepat?
C. Apakah handuk atau sejenisnya dapat menghentikan pendarahan?
D. Mengapa handuk dan sejenisnya digunakan untuk menghentikan pendarahan?
E. Siapakah yang dapat menghentikan pendarahan pada saat kritis?
7. Cermati paragraf berikut!
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. atau, dan, serta
B. dan, atau, namun
C. tetapi, atau, jika
D. serta, atau, hingga
E. dan, serta, karena
E
8. Cermati paragraf berikut!
Perbaikan kata serapan yang tepat untuk kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah …. a
A. tradisional, modernisasi, pragmatis
B. tradisionil, modernisasi, fragmatis
C. tradisional, modern,fpragmatis
D. tradisional, moderen, pragmatis
E. tradisionil, moderen, pragmatis.
9. Bacalah teks berikut!
E
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dan bermartabat.
B. Korupsi harus diberantas sampai ke akar-akarnya.
C. Pemerintah harus segera mengambil kebijakan.
D. Pelaku korupsi harus dihukum seberat-beratnya.
E. Pemuda harus belajar dengan giat.
10. Cermati gurindam berikut!
Maksud isi gurindam tersebut adalah …
A. Jangan banyak bertanya kepada orang tua.
B. Jangan jemu mengenal orang di sekitarmu.
C. Jangan pernah bosan dan berhenti belajar.
D. Belajarlah dalam bertanya kepada orang berilmu.
E. Banyaklah mengenal orang yang berilmu.
C
11. Cermati paragraf berikut!
Perbaikan kalimat yang bercetak miring agar menjadi kalimat yang efektif adalah …
A. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh sangat membanggakan sekali.
B. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh membanggakan.
C. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat membanggakan sekali.
D. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam berbagai lomba-lomba internasional sangat membanggakan sekali.
E. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat membanggakan.
12. Cermati teks negosiasi berikut!
Hal yang disepakati dalam teks tersebut adalah …
A. Memilih hanya mangga yang besar-besar.
B. Membeli mangga hanya 3 kilogram.
C. Cara memilih mangga yang bagus.
D. Harga dan pilihan mangga sendiri.
E. Barang dagangannya tidak busuk.
13. Cermati kalimat-kalimat berikut!
Kalimat pendapat : Wortel mampu membantu kesehatan mata dan pencernaan.
Kalimat argumentasi :
(1) Wortel mengandung fiber atau serat tinggi yang baik untuk pencernaan.
(2) Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
(3) Wortel mengandung zat yang mampu melawan racun dalam tubuh.
(4) Wortel memiliki rasa yang manis sehingga membuat kita merasa selalu kenyang.
(5) Wortel mengandung antioksidan tinggi.
|
Kalimat argumen yang mendukung kalimat pendapat tersebut adalah ....
A. (1) dan (2) A
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (5)
14. Cermati pantun berikut!
Pergi ke pasar membeli mangga
Jangan lupa beli bakso urat
...
Agar bahagia dunia akhirat
|
Larik yang tepat untuk melengkapi isi pantun tersebut adalah ...
A. Cari ilmu selagi muda
B. Berbaktilah pada orang tua B
C. Selalu berdoa sebelum bekerja
D. Bersahabat kepada siapa saja
E. Menolong orang yang menderita.
15. Cermati cerita berikut!
Teman saya, Fakir, berkaca mata tebal (kadang) sangat menyebalkan. Dengan bentuk tubuh tinggi dan gigi depan yang pecah, ia terbilang bukan orang yang tampan. Setiap keberhasilan dan kebahagiaan orang lain, selalu diberi komentar oleh Fakir. Pokoknya kalau tidak berburuk sangka, ia cenderung melecehkan lawan bicaranya atau sahabat-sahabatnya. Begitulah Fakir.
|
Amanat yang dapat diambil dari cerita tersebut adalah ...
A. Jangan berprasangka buruk terhadap keberhasilan orang lain!
B. Orang yang suka meremehkan orang lain biasanya sombong!
C. Orang pendiam belum tentu ia bodoh!
D. Hendaklah ramah tamah dalam bergaul!
E. Janganlah pura-pura cemburu terhadap keberhasilan orang lain!
16. Cermati percakapan berikut!
Anto :“Wan, apakah kamu sudah mengerjakan PR Matematika?”
Iwan : “Belum, aku masih bingung.” (sambil menggaruk kepala)
Anto :”Mengapa harus bingung? Apa ada yang kurang paham?”
Iwan :”....”
Anto :”Baiklah, mari kita kerjakan PR Matematika itu bersama-sama.”
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah ...
A. Aku malas mengerjakannya.
B. Maukah engkau membantuku?
C. Tolong kamu kerjakan PR Matematikaku.
D. Tugas ini membuatku pusing.
E. Engkau pasti tidak mau membantuku.
F. D
G.
17. Cermati paragraf berikut!
UKM atau Unit Kerja Mahasiswa yang biasa terdapat di setiap perguruan tinggi bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk ... pengetahuan di luar mata kuliah. Mahasiswa bisa memilih UKM yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, misalnya ... bidang seni musik, teater, taekwondo, atau kepecintaalaman. Dengan mengikuti UKM, selain untuk ... minat dan bakat, mahasiswa juga akan mendapatkan pengetahuan serta pengalaman yang tidak akan didapat di dalam kelas perkuliahan.
|
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. mendapat, pilihan, tersalurkan
B. mendapatkan, pilihan, penyaluran
C. mendapatkan, memilih, menyalurkan
D. pendapatan, memilih, disalurkan
E. mendapati, pilihan, saluran.
C
18. Cermati kutipan puisi berikut!e
Penerbangan terakhir
Maka menangislah ruh bayi itu keras-keras
Kedua tangan yang alit itu seperti kejang-kejang
Kakinya pun menerjang-nerjang
Suara melengking dan menghiba-hiba
...
Taufiq Ismail
|
Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut adalah ....
A. Taufiq Ismail menggambarkan proses kehidupan manusia dengan ungkapan yang biasa.
B. Untuk pembaca yang kurang menyukai puisi, sulit menerima pesan yang disampaikan Taufiq Ismail.
C. Penyair menggambarkan peristiwa dalam puisi itu penuh dengan tafsiran makna dan pilihan kata yang sulit dipahami.
D. Diksi dan majas yang digunakan Taufiq Ismail untuk mengungkapkan maksud puisi tidak mudah dipahami pembaca.
E. Penggunaan diksi karya Taufiq Ismail terasa menggelitik pembaca karena ungkapan-ungkapannya hidup.
19. Cermati kalimat berikut!
Pak Budi mengoreksi karangan Andreas yang berjudul “faktor yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.”
|
Penulisan judul karangan yang sesuai dengan PUEBI adalah ....
A. Faktor yang Memengaruhi Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
B. Faktor yang memengaruhi Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
C. Faktor Yang Memengaruhi Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
D. Faktor yang Memengaruhi Proses Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan
E. Faktor Yang Memengaruhi Proses Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan.
a
20. Perhatikan paragraf berikut!
Sebelum melakukan gerak-gerik inti, senam harus didahului dengan pemanasan yang baik agar tidak terjadi cedera pada tubuh. Gerakan pemanasan sangat penting agar diperoleh hasil yang maksimal. Setelah selesai gerakan senam inti, perlu dilakukan juga gerakan pendinginan.
|
b
Perbaikan kata ulang dicetak miring pada pragraf tersebut adalah ....
A. gerak-gerak
B. gerakan-gerakan
C. gerak-gerakan
D. gerakan-gerak
E. gerik-gerak.
21. Cermati teks berikut!
Topik : Terima kasih Ibu Mia
Kata kunci : olahraga – Bu Mia – siswa – ulangan – usul – terima kasih
|
Pengembangan topik dan kata-kata kunci menjadi cerpen adalah ...
A. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja berolahraga lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa mengajukan usul kepada Bu Mia untuk menunda ulangan. Bu Mia menerima usul siswa. Semua siswa mengucapkan terima kasih.
B. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan, beberapa siswa, termasuk Lia, meminta, “Bu Mia menunda ulangan dong.” Bu Mia menerima usul siswa.
C. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa, mengajukan usul. Lia gembira dan mengucapkan terima kasih karena ulangan tetap berjalan.
D. Ibu guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan. Bu Mia tidak menerima usul seorang siswa. Semua siswa bertepuk tangan gembira karena usul itu tidak diterima.
E. Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan memberikan ulangan. Semua siswa bertepuk tangan gembira mengucapkan terima kasih karena Bu Mia memberikan waktu untuk berganti pakaian hingga rapi.
A
22. Cermati paragraf berikut!
(1)Warga Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan yang menolak direlokasi masih bertahan di rumah mereka. (2)Mereka mengatakan masih sulit meninggalkan rumahnya karena sejak 1960, mereka sudah bermukim di bantaran Kali Ciliwung di Bukit Duri. (3)Mereka menyatakan akan tetap bertahan di rumahnya hingga rumah itu dibongkar. (4)Mereka menolak pindah ke rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) rawa Bebek yang menjadi tempat relokasi. (5)Relokasi yang dijalankan Pemprov DKI memang melaluli sosialisasi, tetapi hanya sebatas pemberitahuan.
|
Penulisan nama geografi yang salah pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
d
23. Cermati kalimat berikut!
Kami berharap bahwa: kelak para wisatawan akan kembali lagi mengunjungi Bali, Lombok, dan Sumbawa.
|
Tanda baca yang salah beserta alasannya dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Tanda koma (,) setelah Bali karena bukan perincian.
B. Tanda koma (,) setelah Lombok karena diikuti konjungsi.
C. Tanda titik (.) karena merupakan sebuah klausa.
D. Tanda titik dua (:) karena menyatakan dialog.
E. Tanda titik dua (:) karena bukan menyatakan perincian.
E
24. Cermati paragraf berikut!
Sahara adalah siswa tauladan di sekolah kami. Selain aktif pada kegiatan OSIS di sekolah, dia juga aktif pada kegiatan social mengikuti jejak orang tuanya. Setelah lulus SMA, Sahara akan melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia mengambil jurusan psychologie sesuai dengan sifatnya yang suka membantu memecahkan masalah-masalah teman-temannya.
|
Istilah yang tepat untuk memperbaiki kata bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....
A. tauladan, social, psikologi
B. teladan, sosialisasi, psycologi
C. teladan, sosial, psikologi
D. tauladan, sosialisasi, psikhologi
E. toladan, sosial, psikolog.
C
25. Bavalah teks berikut secara saksama!
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. banting tulang
B. kerja keras
C. turun tangan
D. berjiwa besar
E. berlapang dada
C
26. Cermati paragraf berikut!
Maksud kalimat bercetak miring pada kutipan tersebut adalah ...
A. Ia selalu bekerja sesuai aturan.
B. Ia terbiasa bekerja di sepanjang rel.
C. Ia bekerja sesuai keinginannya.
D. Ia ingin meluruskan pekerjaannya.
E. Berlapang dada.
A
27. Makna simbolik rel dalam kutipan tersebut adalah ....
A. keputusan
B. ketentuan
C. keinginan
D. kebijakan
E. kebiasaan.
B
28. Bacalah paragraf berikut! Untuk menjawab soal nomor 28 s.d. 30
Bagaimana kota Salatiga mengantisipasi kelangkaan elpiji menjelang Lebaran?
A. Stok elpiji ditambah dua kali lipat di Pemprov Jawa Tengah.
B. Mulai Juni 2016 stok elpiji di Kota Salatiga akan ditambah dua kali lipat.
C. Pemesan elpiji pemerintah Salatiga ditambah dua kali lipat.
D. Pemerintah bekerja sama dengan pemasok.
E. Mengurangi penggunaan elpiji di lingkungan rumah tangga.
A
29. Makna kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah perhitungan ....
A. tentang hal-hal yang belum terjadi
B. tentang hal-hal yang sudah terjadi
C. rata-rata yang terjadi
D. rata-rata setiap bulan
E. permintaan yang akan datang
A
30. Ide pokok pararaf tersebut adalah .....
A. kerja sama pemerintah Salatiga dengan Pemprov Jawa Tengah
B. upaya menanggulangi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga
C. stok elpiji di Kota Salatiga
D. penambahan stok elpiji per Juni 2016
E. stok elpiji melon di Kota Salatiga
B yg benar A
31. Cermati paragraf berikut!
Kalimat simpulan yang sesuai isi paragraf tersebut adalah ....
A. Langkah-langkah yang dilakukan dokter untuk mencari informasi seputar penyakit yang diderita pasien sangat penting.
B. Langkah-langkah yang perlu dilakukan dokter untuk mencari informasi tentang riwayat penyakit batu ginjal si pasien.
C. Berbagai pertanyaan akan diajukan dokter kepada keluarga pasien yang dirawatnya agar penyakit pasien cepat dapat diatasi.
D. Diagnosis dokter tentang makanan dan minuman si pasien penderita batu ginjal akan menentukan pengobatannya.
E. Diagnosis dokter bahwa suplemen yang dikonsumsi pasien batu ginjal ternyata sangat membahayakan jiwanya.
kunciA= yg benar b
32. Akhiran-nya pada kata dialaminya mengacu pada kata ....
A. batu ginjal
B. pasien
C. dokter
D. keluarga
E. penyakit.
33. Bacalah teks berikut secara saksama!
C yg benar E
Kata tidak baku pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5).
34. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Opini penulis yang sesuai dengan isi kutipan paragraf tersebut adalah …
A. Orang tua murid harus menyumbang sekollah untuk sarana dan prasarana.
B. Sekolah dapat meminta sumbangan orang tua murid untuk sarana dan prasarana.
C. Kalangan luar sekolah jelas-jelas dilarang dimintai sumbangan sekolah.
D. Beberapa sekolah merintis kerja sama dengan yayasan atau sekolah luar negeri.
E. Kerja sama sekolah swasta dengan yayasan dapat ditiru oleh sekolah negeri.
35. Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Nilai moral yang terdapat dalam penggalan cerita di atas adalah …
A. suka menolong
B. bertanggung jawab
C. mencintai barang yang dimiliki
D. percaya diri
E. senang meminjam barang.
36. Bacalah hikayat di bawah ini dengan saksama!
Karakteristik hikayat di atas adalah …
A. istana sentris, dewa-dewa
B. istana sentris, pralogis
C. kesaktian, dewa-dewa
D. dewa-dewa, kemustahilan
E. arkais, logis.
37. Inti cerita di atas adalah …
A. Maharaja Bikrama memiliki seorang putra bernama Indraputera
B. Maharaja Bikrama Puspa adalah seorang raja yang arif dan sakti
C. Perjalanan Raja Syahsian mencari obat agar dianugerahi anak.
D. Perjalanan hidup Indraputera yang sangat arif bijaksana, perkasa, dan sakti
E. Kehebatan Berma Sakti yang terkenal
38. Nilai sosial yang terdapat pada kutipan cerita di atas adalah …
A. Kesaktian seorang pangeran
B. Karakter Indraputera yang arif dan bijaksana
C. Anak kijang yang menangisi ibunya yang mati terpanah
D. Baginda terharu melihat anak kijang lalu ingin berputera
E. Maharesi pertapa yang sakti dan suka menolong
39. Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Latar kutipan cerita di atas adalah …
A. rumah sakit
B. Rumah dr. Hamzah
C. rumah Kus
D. kamar Kus
E. ruang praktik dokter
40. Sudut pandang cerita di atas adalah …
A. orang pertama pelaku utama
B. orang pertama pelaku sampingan
C. orang ketiga pelaku utama
D. orang ketiga serbatahu
E. orang ketiga terbatas
41. Bacalah kutipan gurindam berikut ini!
Maksud gurindam di atas adalah …
A. Jika ingin pemerintahan yang kuat, kompaklah dengan menteri-menterinya.
B. Jika ingin pemerintahan kuat, pagarlah wilayahmu dengan jeruji besi.
C. Jika ingin pemerintahan kuat, pagarlah negaranya dengan jeruji besi.
D. Jika ingin pemerintahan kuat, pagarlah kebun dengan duri-duri.
E. Pemerintahan kuat tercipta karena persekongkolan dengan menterinya.
42. Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
Kalimat-kalimat di atas dapat diurutkan sehingga membentuk paragraf padu dengan susunan …
A. (1),(3),(4),(2),(5)
B. (2),(3),(4),(5),(1)
C. (3),(2),(1),(5),(4)
D. (4),(3),(2),(1),(5)
E. (5),(4),(3),(2),(1)
43. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi kutipan pidato di atas adalah …
A. Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.
B. Melalui proses pembangunan pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia seutuhnya.
C. Sebaiknya kita harus membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
D. Atas dasar itulah langkah kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.
E. Marilah kita antisipasi arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.
Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
44. Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah …
A. modernisme, kwalitas, vasilitas
B. modern, kualitas, pasilitas
C. modernisasi, kualitas, fasilitas
D. modernisasi, kualitas, pasilitas
E. modernitas, kualitas, fasilitas
45. Dalam dunia pertinjuan, Muhammad Ali terkenal sebagai petinju bermulut besar.
Ungkapan bermulut besar dalam kalimat di atas adalah …
A. orang yang gemar mengejek lawannya
B. orang yang gemar membentak lawannya
C. orang yang gemar membuka mulutnya lebar-lebar
D. orang yang gemar memukul mulut lawannya
E. orang yang gemar diwawancarai
46. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A. kera mendapat bunga
B. pungguk merindukan bulan
C. kerakap tumbuh di batu
D. kacang lupa akan kulitnya
E. tong kosong nyaring bunyinya
47. Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Frasa adjektif yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A. sangat kaya, gemuk sekali, tidak senang
B. sangat senang, pelit sekali, kurang baik
C. sangat kikir, sangat kurus, tidak malu
D. sangat bakhil, kurang ramah, tidak malu
E. sangat picik, sangat langsing, kurang baik
48. Bacalah nukilan surat lamaran pekerjaan berikut ini!
Perbaikan kalimat yang tercetak miring dalam penutup surat lamaran pekerjaan tersebut adalah …
A. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.
B. Atas perhatian Bapak, saya sampaikan ucapan terima kasih.
C. Atas perhatian Bapak diucapkan terima kasih.
D. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
E. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
49. Cermatilah data buku berikut ini!
Kalimat resensi pada bagian ringkasan buku yang sesuai dengan data tersebut adalah …
A. Karya Ibnu Hamid yang berjudul Sumber Energi dan Pencemaran Lingkungan secara garis besar tersusun dalam dua bagian, yaitu bagian satu membahas sumber-sumber energi dan bagian kedua membahas hal-hal yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan.
B. Buku yang berjudul Sumber Energi dan Pencemaran Lingkungan karya Ibnu Hamid ini membahas berbagai persoalan yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik.
C. Tak ada judul lain yang sedetail mempersoalkan lingkungan alam sebagaimana karya Ibnu Hamid yang berjudul Sumber Energi dan Pencemaran Lingkungan yang diterbitkan oleh penerbit baru Cahaya Timur pada tahun 2009.
D. Tidak sedikit karya Ibnu Hamid yang telah diterbitkan, tetapi buku yang berjudul Sumber Energi dan Pencemaran Lingkungan jauh lebih baik dalam sistematika, isi, dan referensi yang digunakan untuk melengkapi tulisannya.
E. Buku pengetahuan karya Ibnu Hamid yang berjudul Sumber Energi dan Pencemaran Lingkungan akan membuka wawasan baru bagi generasi muda untuk memandang kehidupan di masa depan yang penuh tantangan.
50. Bacalah kutipan resensi berikut ini!
Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan buku adalah …
A. Cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan.
B. Karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang.
C. Pengarang menghidupkan cerita dengan cerita porno dan mengulanginya.
D. Cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita yang lain.
E. Kebosanan dapat diatasi oleh pembaca buku ini.
Kunci Tryout Bahasa Indonesia Tahap 2
1
|
E
|
11
|
B
|
21
|
A
|
31
|
A
|
41
|
A
|
2
|
C
|
12
|
D
|
22
|
D
|
32
|
B
|
42
|
B
|
3
|
B
|
13
|
A
|
23
|
E
|
33
|
E
|
43
|
A
|
4
|
B
|
14
|
B
|
24
|
C
|
34
|
E
|
44
|
C
|
5
|
E
|
15
|
A
|
25
|
C
|
35
|
B
|
45
|
A
|
6
|
A
|
16
|
D
|
26
|
A
|
36
|
B
|
46
|
B
|
7
|
E
|
17
|
C
|
27
|
B
|
37
|
D
|
47
|
C
|
8
|
A
|
18
|
E
|
28
|
A
|
38
|
E
|
48
|
B
|
9
|
E
|
19
|
A
|
29
|
A
|
39
|
C
|
49
|
A
|
10
|
C
|
20
|
B
|
30
|
B
|
40
|
E
|
50
|
A
|
No comments:
Post a Comment