Suatu
hari di sekolah dalam mata pelajaran kimia, seorang guru menguji murid -muidnya
dengan memberikan pertanyaan.
Guru : “Susi, sebutkan contoh reaksi kimia
yang sudah kamu tahu!”
Susi : “Dalam proses pembuatan bioetanol, glukosa
diubah menjadi alcohol melalui proses fermentasi dengan salah satu rumusan
C6H12O6 — > 2C2H5OH+2CO2+2NADH2+Energi”
Guru : “Bagus
sekali susi, sekarang Juki, sebutkan contoh yang lain!”
Pada waktu itu Juki sedang melamun, ia
belum sarapan karena bangun kesiangan padahal ibunya membuat nasi pecel yang
sangat enak untuk sarapan. Oleh sebab itu ia tidak berkonsentrasi dan menjawab
pertanyaan gurunya dengan seenaknya.
Juki : “beras dimasak menjadi nasi pak, lalu tempe mentah
dicampur garam, bawang, dan ketumbar kemudian digoreng rasanya sangat gurih. Bila nasi dan tempe ini dipadukan dan ditambah dengan
sambal pecel serta rebusan sayur dan kecambah, perbaduan beberapa unsur
tersebut menjadi sarapan yang istimewa pak!”
(spontan seluruh kelas riuh karena tertawa)
Guru : “ Tenang…tenang…jangan ramai. Juki,
kenapa jawabanmu demikian?”
Juki : “Itu reaksi kimiawi pak!”
Guru : “Maksudmu?”
Juki : “Bukankah bapak bilang bahwa semua
proses pembuatan makanan merupakan proses kimiawi? Saya kira jawaban saya tadi
merupakan jawaban yang paling mudah dimengerti tanpa harus menggunakan lambang
rumus kimia yang bikin lapar pak.”
(Sekali lagi semua murid tertawa melihat
kelakuan Juki yang spektakuler)
Pertanyaan :
1. Judul
yang tepat untuk teks tersebut ialah…
a. Keluarga
cemara
b. Pecel
ayam
c.
Reaksi kimia
d. Nasi
pecel ibu Juki
e. Tempe
2. Berdasarkan
teks diatas yang termasuk bagian reaksi yaitu…
a. Suatu
hari di sekolah dalam mata pelajaran kimia, seorang guru menguji murid-muidnya
dengan memberikan pertanyaan
b. Rumusan
C6H12O6 — > 2C2H5OH+2CO2+2NADH2+Energi
c. Pada
waktu itu Juki sedang melamun, ia belum sarapan karena bangun kesiangan padahal
ibunya membuat nasi pecel yang sangat enak untuk sarapan
d. Oleh
sebab itu ia tidak berkonsentrasi dan menjawab pertanyaan gurunya dengan
seenaknya.
e.
(spontan
seluruh kelas riuh karena tertawa)
3. Bagian
yang termasuk abstraksi yaitu …
a.
Suatu hari di
sekolah dalam mata pelajaran kimia, seorang guru menguji murid-muidnya dengan
memberikan pertanyaan
b.
“Itu reaksi kimiawi pak!”
c. Rumusan
C6H12O6 — > 2C2H5OH+2CO2+2NADH2+Energi
d. “Bagus
sekali susi, sekarang Juki, sebutkan contoh yang lain!”
e. Oleh
sebab itu ia tidak berkonsentrasi dan menjawab pertanyaan gurunya dengan
seenaknya.
4. Berdasarkan teks diatas kata yang digunakan untuk
menunjukan cerita masa lampau yaitu…
a. Pada
zaman dahulu
b. Suatu hari
c. Pada
tahun …
d. Kemarin
e. Suatu
saat
5. Berdasarkan
teks tersebut menggunakan kata seru untuk menegaskan hal-hal tertentu yaitu…
a. “Susi,
sebutkan contoh reaksi kimia yang sudah kamu tahu!”
b. “Bagus
sekali susi, sekarang Juki, sebutkan contoh yang lain!”
c. “beras
dimasak menjadi nasi pak, lalu tempe mentah dicampur garam, bawang, dan
ketumbar kemudian digoreng rasanya sangat gurih
d. “
Tenang…tenang…jangan ramai. Juki, kenapa jawabanmu demikian?”
e.
“Itu reaksi
kimiawi pak!”
No comments:
Post a Comment