Saturday 6 November 2021

Kumpulan soal teks editorial atau tajuk rencana

 Pilihlah jawaban yang paling benar!

(Cuplikan  di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1‑2)


Ribut-ribut seputar dunia pendidikan tak sekadar dihiasi mahalnya ongkos untuk jadi orang pintar, tapi juga diwarnai oleh pertarungan idealisme melawan arus kapitalisme.Tengok saja soal Bogor Agribusiness Center di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB).Tukar guling SLTP 56 di “daerah

emas” Melawai, Jakarta Selatan. Dan, niat sebuah yayasan menjual sekolah miliknya di Kota

Bandung.


1.    Isu yang diperkenalkan dalam cuplikan tersebut tentang ….

A.   kapitalisme dalam pendidikan

B.   seputar dunia pendidikan

C.   mahalnya biaya pendidikan

D.   idealisme melawan arus kapitalisme

E.   mahalnya mencetak orang pintar.


2.    Konjungsi pertentangan di dalam cuplikan tersebut adalah ….

A.

juga

D.   dan

B.

tapi

E.   saja

C.

tetapi

 

 

(Cuplikan  di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 34)

(1) Suka atau tak suka, disadari atau tidak, arus kapitalisme telah merasuk ke dalam urat nadi kehidupan manusia Indonesia. (2) Jadi, tak usah heran jika geliat hal yang sama masuk ke berbagai aspek, (3) termasuk menyentuh kegiatan pendidikan. (4) Mulai dari kewajiban murid membeli buku yang diwajibkan, (5) jalur khusus penerimaan mahasiswa lewat uang pangkal yang besar,

hingga Malang Town Square di area kampus Universitas Brawijaya Malang.

3.    Masalah yang pro dan kontra ditandai dengan nomor ….

A.

(1)

D.   (4)

B.

(2)

E.   (5)

C.

(3)

 

4.    Keberadaan fakta dalam cuplikan di atas ditandai dengan nomor ….

A.

(1) dan (2)

D.   (4) dan (5)

B.

(2) dan (3)

E.   (1) dan (5)

C.

(3) dan (4)

 

 

(Cuplikan  di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 56)

(1) Fenomena semacam ini yang akan terus mewarnai dunia pendidikan di sini. (2) Perlu perjuangan ekstra keras untuk melawan arus besar ini. (3) Bahkan pemerintah, dengan UU di pundaknya, seakan tak mampu mencegah. (4) Sebaliknya dengan dalih keterbatasan dana, seolah-olah melakukan pembenaran terhadap arus modal yang tak peduli sisi lain, kecuali demi kepentingan modal itu sendiri. (5) Bahkan, mungkin juga ikut menikmati iklim kapitalisme yang merambah dunia pendidikan?

 

5.    Kaidah kebahasaan sebagai karakteristik teks editorial tampak dalam cuplikan tersebut, yakni

….

A.   adanya penggunaan konjungsi kronologis

B.   adanya penggunaan konjungsi pertentangan

C.   adanya konjungsi kekecualian 

D.   adanya konjungsi penjelasan 

E.   adanya konjungsi temporal



6. Kalimat yang mengandung kata tunjuk tempat adalah ….


A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 6


(Cuplikan  di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 78)

Itulah antara lain yang diungkap oleh Tim Visi Indonesia 2033 melalui sebuah diskusi yang digelar kemarin. Sebagaimana dikemukakan salah satu pembicara dari ITS Surabaya, Daniel Rosyid, akibat lahirnya pimpinan korup dan tak kompeten ini, warga gagal mendapatkan pelayanan publik yang memadai.

7.    Cuplikan di atas mengangkat isu tentang ….

A.   visi Indonesia 2033

B.   kepemimpinan Indonesia

C.   kegagalan dalam pemerintahan

D.   kompetensi kepempinnan

E.   pelayanan publik

 

8.    Penanda kaidah kebahasaan sebagai teks editorial tampak pada ….

A.   penggunaan kata penunjuk

B.   penggunaan kata yang

C.   penggunaan konjungsi kronologis

D.   penggunaann konjungsi relasional

E.   pengunaan kata depan dari

 

(Cuplikan  di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomo 910)

(1) Banyaknya jumlah kepala daerah yang tersangkut perkara korupsi, (2) juga sudah lama menjadi isu yang mengusik perhatian publik. (3) Sejak 2004 hingga 2012, lebih dari 175 kepala daerah yang terdiri atas 17 gubernur dan 158 bupati dan wali kota menjalani pemeriksaan di lembaga antikorupsi ini. (4) Ini berarti lebih dari separuh (50 persen) kepala daerah tingkat satu terseret kasus korupsi. (5) Sampai November, angkanya terus bertambah, mencapai 309.

 

9.    Isu yang disampaikan dalam cuplikan di atas dinyatakan dengan nomor ….

A.

(1)

D.   (4)

B.

(2)

E.   (5)

C.

(3)

 

10.  Kata yang menyatakan hubungan secara kronologis (temporal) adalah ….

A.

sudah

D.   ini

B.

lama

E.   dengan

C.

sejak

 


(Cuplikan  di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1112)

Contoh, anak-anak yang nonpenduduk DKI, katakanlah Bekasi, yang ingin masuk ke SMA di Jakarta setelah lulus SMP, diberi kesempatan mengikuti tes hanya satu putaran. Jika dalam satu putaran tes mereka tak lulus, tak ada pilihan yang nyangkut, anak-anak itu selesai.Tak ada kesempatan untuk mengikuti tes lagi sebagaimana anak-anak penduduk DKI. Ke mana mereka akan bersekolah? Tak ada peluang, karena di Bekasi pun mereka ditolak karena SMP asalnya di Jakarta.



11.  Kaidah kebahasaan teks editorial yang tampak pada cuplikan di atas adalah ….

A.   adanya penggunaan argumentasi

B.   adanya pengenalan isu

C.   adanya pemakaian kalimat retoris

D.   adanya penggunaan konjungsi mempertentangkan

E.   adanya penggunaan kata kerja material

 

12.  Konjungsi kausalitas dalam cuplikan di atas dinyatakan dalam kalimat ….

A.

pertama

D.   keempat

B.

kedua

E.   kalimat

C.

ketiga

 

 

(Cuplikan  di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1314)

Setiap tiba musim hujan, warga Jakarta harap-harap cemas. Meskipun peringatan  dari  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut puncak musim hujan diperkirakan terjadi akhir Januari, hujan deras hari Minggu lalu menyebabkan banjir datang lebih awal.

 

13.  Permasalahan yang disorot di dalam cuplikan editorial di atas adalah tentang ….

A.   kecemasan warga Jakarta

B.   peran BMKG

C.   musibah pada musim hujan

D.   musim hujan yang mencapai puncaknya

E.   bahaya banjir bagi warga Jakarta

 

14.  Makna kata yang dominan di dalam cuplikan di atas merujuk pada ….

A.

tempat

D.   orang

B.

suasana

E.   aktivitas

C.

waktu

 

(Cuplikan  di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1516)

(1) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tentu tidak dapat bekerja sendirian. (2) Kerja sama dengan Pemprov Jawa Barat dan Banten perlu diintensifkan. (3) Daerah aliran sungai yang bermuara di Jakarta berada di provinsi tetangga. (4) Perlu solusi konkret mengatasi kerusakan daerah aliran sungai (DAS) di hulu. (5) Termasuk, wacana manfaat bagi penduduk sekitar DAS yang memelihara lingkungan, sementara manfaatnya dirasakan warga di tempat lain.


15. Kalimat yang menyatakan fakta ditandai dengan nomor ….


A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5


16. Kata yang tidak baku adalah ….

A. sendirian 

B. kerja sama 

C. Pemprov

D. Konkret 

E. di hulu


(Cuplikan  di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 17‑18)


Data yang disampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah, akhir pekan lalu, mencengangkan kita. Menurut Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi setempat, berdasarkan surat persetujuan ekspor kopi (SPEK) yang dikeluarkan, jumlah ekspor kopi arabika Gayo asal kabupaten ini mencapai 4.604 ton lebih.

 

17.  Fakta yang terungkap dalam cuplikan editorial di atas adalah ….

A.   data itu mencengangkan kita

B.   SPEK berkenaan dengan ekspor kopi arabika

C.   jumlah ekspor kopi arabika Gayo mencapai 4.604 ton lebih

D.   jumlah ekspor kopi di wilayah Aceh tengah jumlahnya sangat luar biasa

E.   Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi menyampaikan surat persetujuan ekspor kopi (SPEK)

 

18.  Kata penunjuk waktu dalam cuplikan di atas adalah ….

A.   akhir                               D.   asal B.   lalu                                  E.   ini C.   dan

19.  Sektor perkebunan dan pertanian sejatinya benar-benar bisa dikelola dan berperan besar untuk mengangkat derajat kehidupan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku sektor ini, untuk menjadi sejahtera. Bukan hanya pengusaha, melainkan petani itu sendiri. Paling tidak, nilai ekspor yang dinikmati petani kopi arabika Gayo ini bisa menjadi rujukan. Tingginya nilai jual tersebut terutama karena mutu dan kekhasan citarasa kopi ini.

Sikap kritis yang diperoleh setelah membaca teks di atas adalah …. A.   Nilai ekspor dinikmati petani kopi arabika Gayo.

B.   Tingginya nilai jual tersebut disebabkan oleh mutu dan kekhasan citarasa kopi ini.

C.   Sektor perkebunan dan pertanian bisa dikelola dan berperan besar untuk mengangkat derajat kehidupan perekonomian masyarakat.

D.   Pelaku sektor perkebunan dan pertanian harus dikembangkan agar menjadi sejahtera.

E.   Bukan hanya pengusaha, melainkan petani itu sendiri, dapat memperoleh keuntungan ekonomi dari pengelolaan itu.

 

20.  Contoh peristiwa yang layak menjadi soroton dalam editorial adalah ….

A.   Para  siswa  merayakan  tahun  baru  bersama  dengan  mengadakan  pentas  seni  di sekolahnya.

B.   Masyarakat Desa Sukamaju melakukan gotong royong dalam membersihkan selokan yang sering tersumbat ketika hujan.

C.   Para  pengendara  bermotor  mendapat  pelayanan  kesehatan  gratis  setelah  mereka terhambat perjalanannya gara-gara sebuah truk yang mogok di Tanjakan Nagreg.

D.   Terjadi tawuran antarkampung di wilayah tengah sehingga beberapa rumah ikut porak poranda.

E.   Acara kejutan ditiadakan dalam perayaan itu karena dikhawatirkan menimbulkan salah pengertian pada penduduk setempat.






No comments:

Post a Comment