1. Cermati paragraf berikut!
Upacara adat tradisional Grebek yang diadakan setahun
sekali, yakni pada Lebaran atau Lebaran hari kedua, berlangsung sekitar 40
menit, sejak pukul 09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Berbagai uborampe (barang)
dan udik-udik (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan dan makanan
tradisional yang ditata dan disusun seperti bentuk gunung, dikirab oleh para
prajurit abdi dalem Kraton Yogyakarta dengan rute dari dalam kraton
(Pagelaran).
A. macam-macam kegiatan
B. nama kegiatan
C. manfaat kegiatan
D. pelaku kegiatan
E. proses pelaksanaan kegiatan
KUNCI:
C
2. Fakta dalam paragraf tersebut diperoleh melalui ….
A. perekaman
B. proses
pencatatan
C. wawancara
dengan narasumber
D. pengamatan
lapangan
E. penyebaran
angket
KUNCI: D
3. Cermati paragraf berikut!
Pada saat dibawa keluar dari dalam Keraton Yogyakarta,
dikirabkan di alun-alun utara kraton tersebut, dan dibawa ke Pengulon atau
salah satu gedung yang berada di sebelah Masjid Besar keraton itu, gunungan
(sesaji berbentuk gunung) menjadi tontonan menarik ribuan penonton. Sesampainya
di Pengulon, sesaji berupa apel, jeruk, kacang panjang, telur rebus dan jadah
(makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan) itu didoakan oleh para abdi
dalem terlebih dahulu, baru selanjutnya diperebutkan oleh para warga yang
menonton.
Dalam struktur laporan observasi, paragraf tersebut
termasuk ke dalam bagian .
A. koda
B. abstrak
C. krisis
D. deskripsi umum
E. deskripsi perbagian
Kunci:
E
4. Bacalah teks laporan hasil observasi berikut ini dengan
cermat!
Sendra Tari Ramayana
Sendratari Ramayana atau yang juga dikenal
dengan istilah Ramayana Ballet merupakan sebuah pagelaran yang menggabungkan
antara seni drama dan tari yang mengangkat cerita Ramayana. Cerita Ramayana
merupakan sebuah legenda yang terpahat indah pada dinding Candi Siwa, salah
satu candi yang ada di kompleks Candi Prambanan. Jika Anda berkunjung ke candi
tersebut dan berjalan secara pradaksina (searah jarum jam), Anda akan menemukan
alur cerita Ramayana melalui relief yang ada di sana.
Panggung yang megah dengan latar belakang
Candi Prambanan yang menyala terang oleh lampu sorot berwarna kekuningan adalah
hal pertama yang Anda lihat saat berada di lokasi pertunjukan. Di ujung
panggung ada belasan niyaga (penabuh gamelan) dengan gamelannya. Paduan bunyi
kenong, gambang, saron, kendang, dan sesekali gong akan menemani Anda selama
pertunjukan. Alunan suaranya membius begitu dalam dan mampu mencipta imaji
menuju Dunia Ramayana.
Pertunjukan dilanjutkan dengan petualangan Rama, Shinta, dan Laksmana di
Hutan Dandaka. Di hutan mereka bertemu dengan Rahwana yang ingin memiliki
Shinta karena dianggap sebagai jelmaan Dewi Widowati, wanita yang telah lama
dicarinya. Untuk menarik perhatian Shinta, Rahwana mengubah salah seorang
pengikutnya menjadi seekor kijang yang cantik. Shinta terpikat kepada kijang
tersebut, dan meminta Rama untuk memburunya. Setelah lama tak kunjung kembali,
Laksmana berusaha mencari Rama dengan meninggalkan Shinta yang telah diberi
perlindungan berupa lingkaran sakti. Namun, perlindungan itu gagal dan Shinta
berhasil diculik oleh Rahwana.
Dengan
menyaksikan sendratari Ramayana ini, kita dapat melihat keindahan penari yang
sedang menari di sebuah pentas. Di samping itu, kita seharusnya juga dapat
melestarikan budaya yang adiluhung ini.
Selain itu, amanah dari cerita ini baik untuk diterapkan di dalam kehidupan
sehari-hari, jika kita mengambil hikmah
dari cerita itu.
Sumber : http://jogjatrip.com/id/200/Sendratari-Ramayana-Prambanan
Penulisan judul teks laporan hasil observasi tersebut
salah, berikut ini pembentulannya …
A. Sendratari Ramayana
B. Sendra Tari Ramayana
C. Sendera Tari Ramayana
D. Sandera Tari Ramayana
E. Sendra tari Ramayana
Kunci
jawaban: A
5. Berikut ini yang bukan deskripsi manfaat dari teks
laporan hasil observasi tersebut adalah ….
A. Kita dapat menyaksikan sendratari Ramayana.
B. Kita dapat melihat keindahan penari yang sedang menari di
sebuah pentas.
C. Kita seharusnya juga dapat melestarikan budaya yang adiluhung ini.
D. Amanah dari cerita ini baik untuk diterapkan di dalam
kehidupan sehari-hari
E. Sendratari Ramayana merupakan sebuah pagelaran yang
menggabungkan antara seni drama dan tari yang mengangkat cerita Ramayana.
Kunci
jawaban: E
6. Berikut ini adalah kalimat simpleks ….
A. Dengan menyaksikan sendratari Ramayana ini, kita dapat
melihat keindahan penari yang sedang menari di sebuah pentas.
B. Di samping itu, kita seharusnya juga dapat melestarikan budaya yang adiluhung ini.
C. Selain itu, amanah dari cerita ini baik untuk diterapkan
di dalam kehidupan sehari-hari, jika kita mengambil hikmah dari cerita itu.
D. Di hutan mereka bertemu dengan Rahwana yang ingin
memiliki Shinta karena dianggap sebagai jelmaan Dewi Widowati, wanita yang
telah lama dicarinya. Untuk menarik perhatian Shinta,
E. Jika Anda berkunjung ke candi tersebut dan berjalan
secara pradaksina (searah jarum jam), Anda akan menemukan alur cerita Ramayana
melalui relief yang ada di sana.
Kunci
jawaban: B
7. Bacalah kutipan teks berikut ini dengan cermat!
(1)
Motif batik Parang Kusumo mengandung makna
hidup yang dilandasi perjuangan untuk mencari keharuman lahir dan batin. (2) Parang
berasal dari kata Pereng yang berarti lereng. (3) Perengan menggambarkan sebuah
garis menurun. (4) Ini menggambarkan dari tinggi ke rendah secara diagonal. (5)
Susunan motif S jalin-menjalin tidak putus. (6) Ini melambangkan kesinambungan.
(7) Bentuk dasar huruf S diambil dari ombak samudra yang menggambarkan semangat
yang tidak pernah padam. (8) Kata kusumo diibaratkan sebagai keharuman bunga
(kusuma). (9) Bagi orang Jawa, hidup di masyarakat yang paling utama dicari
adalah keharuman pribadinya tanpa meninggalkan norma-norma yang berlaku agar
dapat terhindar dari bencana. (10) Walaupun sulit untuk direalisasikan, namun
umumnya orang Jawa berharap bisa menemukan hidup yang sempurna lahir batin.
Sumber:https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/03/28/makna-batik-parang-yang-tak-sembarangan
Berikut ini kalimat kompleks yang terdapat dalam paragraf
tersebut ….
A. (1), (2), (3)
B. (1), (9), (10)
C. (1), (5), (6)
D. (1), (8), (9)
E. (2), (8), (9)
Kunci
jawaban: B
8. Kalimat definisi yang sesuai dengan isi teks tersebut
adalah...
A. (5)
B. (6)
C. (7)
D. (8)
E. (9)
Kunci Jawaban: E
9. Paragraf tersebut merupakan contoh laporan hasil
observasi karena ...
A. berdasarkan imajinasi penulisnya.
B. Berdasarkan khayalan penulisnya.
C. menggambarkan suatu kejadian yang sangat berkesan.
D. menceritakan suatu kegiatan yang terjadi di
lingkungannya.
E. mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui
pengamatan
Kunci Jawaban: E
10. Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Labuhan adalah kebudayaan yang berasal dari daerah
Yogyakarta. Labuhan merupakan adat istiadat yang telah dilakukan sejak zaman
Mataram Islam abad ke-14 yang sampai saat ini masih lestari.
Dalam struktur teks laporan observasi paragraf tersebut
tergolong ke bagian ….
A. tesis
B. abstrak
C. definisi
umum
D. deskripsi bagian
E. deskripsi
manfaat.
Kunci jawaban: C
11. Bacalah teks eksposisi berikut ini dengan cermat!
Perilaku remaja sekarang ini telah menyimpang jauh dari
nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat. Hal ini karena beberapa faktor,
seperti kurang tersaringnya budaya barat yang masuk ke Indonesia. Budaya-budaya
yang masuk tersebut dinilai contoh kehidupan yang baik dan dijadikan suatu
kebiasaan baru oleh kalangan remaja sekarang ini. Yang patut disayangkan adalah
perilaku yang ditiru adalah perilaku buruk dari budaya barat tersebut, misalnya
seks bebas, narkoba dan lain sebagainya. Faktor kedua yakni kurangnya
pengetahuan akan ilmu agama oleh para remaja. Padahal, ilmu agama sangat
penting dan bermanfaat, karena dapat mengontrol diri untuk menghindari suatu
perbuatan yang tercela. Yang terakhir adalah kurangnya pengawasan dari orang
tua. Orang tua sangat bertanggung jawab terhadap perilaku dan pergaulan
anak-anaknya.
Permasalahan yang muncul dalam teks di atas adalah ....
A. Budaya-budaya yang masuk dinilai contoh kehidupan yang
baik dan dijadikan suatu kebiasaan baru oleh kalangan remaja.
B.
Kurangnya pengetahuan akan ilmu agama oleh
para remaja.
C.
Penyimpangan prilaku remaja pada zaman
sekarang.
D. Orang tua sangat bertanggung jawab terhadap perilaku dan
pergaulan anak- anaknya.
E.
Ilmu agama sangat penting dan bermanfaat,
karena dapat mengontrol diri untuk menghindari suatu perbuatan yang tercela.
KUNCI C
12. Bacalah teks eksposisi berikut ini dengan cermat!
Indonesia memiliki berbagai rempah yang digunakan sebagai
bumbu dapur. Salah satunya adalah kencur. Kencur selain sebagai bumbu dapur
juga bisa dimanfaatkan sebagai obat
tradisional yaitu obat batuk herbal. Untuk obat batuk, kencur bisa dicampur
dengan jeruk nipis, jahe, dan madu.
Isi teks eksposisi di atas adalah….
A. Indonesia
memilik beragam rempah
B. Kencur
bisa digunakan sebagai obat batuk
C. Kencur
salah satu rempah
D. Jeruk
nipis, jahe, dan madu harus dicampur kencur
E. Kencur
adalah bumbu dapur yang berkhasiat
Kunci E
13. Bacalah teks eksposisi berikut ini dengan cermat!
Kita sebagai generasi muda harus bisa melestarikan serta
membudayakan alat musik tradisional khususnya Karawitan. Kita adalah generasi
penerus yang harus bisa mempertahankan sekaligus mengembangkan kebudayaan ini.
Kata ini pada paragraf di atas mengacu pada ….
A. Generasi muda
B. Karawitan
C. Generasi penerus
D. Alat musik modern
E. Generasi modern
Kunci:
B
14. Tentukan manakah kalimat di bawah ini yang bukan
merupakan kalimat persuasif!
A. Para siswa justru harus menunjukkan kelas tersendiri
dalam hal berbahasa.
B. Dengan makna tersebut, kata gua seharusnya ditujukan
untuk penyebutan nama tempat, seperti Gua Selarong, Gua Jepang, Gua Pemijahan,
dan seterusnya; dan bukangganti orang (persona).
C. Penerepan perdagangan bebas masih perlu kita
pertimbangkan dan Indonesia harus lebih berhati-hati.
D. Sebaiknya dicarikan solusi yang tepat untuk mencegah
bertambah buruknya kondisi bumi.
E. Motif batik kawung telah dikenal sejak abad ke-13 oleh
Sultan Mataram.
Kunci: E
15. Bacalah teks eksposisi berikut ini dengan cermat!
Kita cermati berbagai sisi dan … lain dari pengalaman
baru itu. Di antaranya agar masyarakat dan pemerintah, termasuk pemimpin
masyarakat, menangkap dan memahami perubahan dan pengaruh kehadiran ….
informasi. Pemerintah dan masyarakat tak bisa bersikap lain, kecuali menangkap
perubahan serta pengaruh yang hadir serta berperannya aneka macam teknologi dan
…. baru itu.
Penulisan kata teknis yang tepat untuk melengkapi bagian
rumpang paragraf di atas adalah . . .
A. dimensi,
tekhnologi, komunikasi
B. dimensi,
tehnologi, komunikasi
C. dimension,
teknologi, komunikasi
D. dimensi,
teknologi, komunikasi
E. dimensi,
teknologi, komunikation
Kunci: D
16. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut ini dengan cermat!
Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang
tidak terelakkan.
Kata bercetak miring pada kalimat di atas merupakan
konjungsi…
A. Kausalitas
B. Korelatif
C. Temporal
D. Pertentangan
E. Syarat
Kunci: C
17. Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Dilansir dari situs resmi Pemprov Daerah
Istimewa Yogyakarta, sejarah Tari Serimpi tidak dapat terlepas dari kisah raja
Mataram yakni Sultan Agung Hanyokrokusumo.
Pada masa kekuasaan Sultan Agung, Kerajaan
Mataram Islam mencapai puncak kejayaan dan sangat terkenal hingga ke penjuru
nusantara. Salah satu bukti kejayaannya adalah berkembangnya kesenian
tradisional dari dalam keraton, termasuk Tari Serimpi.
Sejak zaman dulu, kesenian ini memperlihatkan
keindahan serta nilai estetika seni tinggi dan identik dengan keanggunan,
kecantikan, serta kesopanan para penarinya.
Jenis Tari Serimpi pada masa Sultan ke-3 ini memiliki
fungsi sakral yakni hanya dipertunjukkan pada acara-acara tertentu seperti
acara pisowanan agung maupun acara peringatan hari penting kerajaan.
Judul
yang tepat untuk wacana eksposisi di atas adalah….
A. Tari Serimpi Masih Diminati Anak-Anak
B. Tari Serimpi sebagai Seni Budaya Yogyakarta
C. Ikon Budaya Jawa Tengah
D. Belajar Tari Serimpi
E. Sejarah Tari Serimpi
Kunci
jawaban: E
18. Di bawah ini adalah kalimat yang dapat digunakan sebagai
tesis dalam teks eksposisi adalah…
A. Batik Motif parang kusumo merupakan batik tradisional asli
berasal dari Daerah Istrimewa Yogyakarta.
B. Pertama, siapkan seluruh alat dan bahan yang akan
digunakan untuk membuat batik.
C. Selanjutnya Anda bisa memulai untuk membuat pola batik
parang kusumo di atas kertas.
D. Gunakan alat bantu seperti penggaris untuk memudahkan
membuat garis diagonal secara rapi.
E. Jiplak pola kertas ke atas kain putih untuk segera
tindaklanjuti.
Kunci
jawaban: A
19. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut ini dengan cermat!
Menurut Sultan, abdi dalem yang masih aktif
bertugas di pemerintahan wajib untuk merancang dan memanfaatkan dana
keistimewaan (danais) untuk program kebudayaan masyarakat. Hal itu tentu saja
harus sesuai dengan aturan yang ada.
Selain itu juga harus mengedepankan skala
prioritas demi kesejahteraan masyarakat. Hal itu seperti yang tertera pada
surat "ajipamasa". "Hal itu diharapkan bisa memacu berkembangnya
kegiatan-kegiatan lain yang membangkitkan prakarsa masyarakat agar bisa
mandiri," kata Sultan yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.
Sultan mengatakan hal itu dilakukan dengan
semangat "golong gilig" bertekad menjadi satu, manunggal dengan
pemerintah, para empu, akademisi dan kaum cendekiawan, pemerhati budaya dan
seni serta seluruh masyarakat.
Konjungsi setara yang terdapat di dalam teks
eksposisi di atas adalah …
A. dan
B. Selain itu
C. Juga
D. bisa
E. agar
Kunci A
20. Bacalah kutipan teks eksposisi di bawah ini!
Adapun sanksinya bagi yang merokok di KTR (Kawasan Tanpa
Rokok) diatur di Pasal 199 ayat (2) UU Kesehatan, yang bunyinya:
Setiap
orang yang dengan sengaja melanggar kawasan tanpa rokok sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 115 dipidana denda paling banyak Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta
rupiah).
Sehingga terhadap murid dan guru yang merokok
di lingkungan sekolah bisa dikenakan sanksi berupa pidana denda maksimal Rp 50
juta karena telah melanggar kawasan tanpa rokok yang seharusnya bebas dari asap
rokok.
Kata penghubung untuk menandai akibat yang terdapat di
dalam teks di atas adalah ...
A. Sehingga
B. Adapun
C. Yang
D. Tetapi
E. Namun
Kunci: A
21. Cermatilah teks berikut ini!
Teks 1
Seekor kutu tinggal pada tanduk banteng. Setelah ada di
sana sekian lama dan merasa ingin pindah, dia kemudian bertanya pada banteng
apakah sang banteng memang ingin pindah. “Aku tak tahu kapan kau datang, jawab
si banteng, “kurasa aku pun tak perlu memberi peringatan saat kau pergi.”
Teks 2
Sejak bertemu dengan dia, hidupku menjadi lebih berarti.
Setiap hari aku mendapatkan wejangan-wajangan darinya. Salah satunya adalah
wejangan bagaimana cara menikmati hidup agar tidak tamak dan selalu bersyukur.
“Seandainya bisa, manusia pasti akan menggenggam dunia,” katanya suatu saat.
Teks 3
Saudara-saudara yang saya hormati, beberapa hari yang
lalu, masyarakat sedang merayakan pesta demokrasi—memilih presiden dan wakil
presiden secara langsung. Saya berharap, siapapun yang menjadi presiden dan
wakil presiden, kita harus berlapang dada untuk menerima segala kebijakannya.
Sumber
: http://masroniguru13.blogspot.com/2017/11/penilaian-harian-teks-anekdot-
dan.html
Berdasarkan isi teks yang termasuk teks anekdot adalah...
A. Teks 1
B. Teks 2
C. Teks 3
D. Teks 1 dan teks 2
E. Teks 2 dan teks 3
Kunci A
22. Bacalah susunan teks anekdot berikut ini dengan saksama!
(1) “Kita sudah memenuhi permintaanmu.” kata editor itu
memberitahu si pengarang.
(2) Artikel itu disertai dengan sepucuk surat dari
pengarangnya : “Atur saja
pemberian
tanda bacanya dengan benar dan terbitkan seluruh ceritanya.”
(3) “Tapi di waktu yang akan datang, silakan kirimkan saja
pemberian tanda bacanya.
Lalu
kita terkenal karena menulis artikel kita sendiri.”
(4)
Gondolin, seorang penerbit dan editor yang
terkenal dari harian Italia IL Mesagero, menerima sebuah artikel yang agak
buruk dari seorang temannya yang sekaligus seorang politikus.
Sumber
: https://www.materibindo.com/2019/10/contoh-soal-teks-anekdot-dan-
jawabannya.html
Susunan potongan-potongan teks yang tepat agar menjadi
anekdot yang utuh dan padat adalah...
A. (4)-(1)-(2)-(3)
B. (4)-(3)-(1)-(2)
C. (4)-(2)-(3)-(1)
D. (4)-(2)-(1)-(3)
E. (4)-(3)-(2)-(1)
Kunci jawaban: D
23. Bacalah teks anekdot berikut dengan cermat!
Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi
kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Lia bertanya pada dosen,
”Apa kepanjangan dari KUHP,Pak?”
Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi
dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab
pertanyaan saudara Lia!” pinta beliau.
Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang
Habis Perkara, Pak!” tegasnya.
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak
dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad,
“Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?”
Dasar si Ahmad, pertanyaan tersebut dijawabnya pula
dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang
terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali
tenang.
Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian...
A. Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis
Perkara
B. Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana
C. Sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen
D. Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad
E. Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawa
pertanyaan dosen
Kunci A
24. Makna tersirat pada teks anekdot tersebut adalah...
A. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab
Undang Hukum Pidana.
B. Mengkritik bapak dosen yang sedang memberikan kuliah
hukum pidana
C. Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap.
D. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru
terbaik.
E. Menyindir Lia yang bertanya kepanjangan KUHP
Kunci C
25. Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Kisah Pengadilan
Tindak Pidana Korupsi
Pada
puncak pengadilan korupsi politik, Jaksa penuntut umum menyerang saksi.“Apakah
benar,” teriak Jaksa, “Bahwa Anda menerima lima ribu dolar untuk berkompromi
dalam kasus ini?” Saksi menatap keluar jendela seolah-olah tidak mendengar
pertanyaan.“Bukankah benar bahwa Anda menerima lima ribu dolar untuk
berkompromi dalam kasus ini?” ulang pengacara.
Saksi
masih tidak menanggapi.
Akhirnya,
hakim berkata, “Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa!”
“Oh,
maaf!”Saksi terkejut sambil berkata kepada hakim, “Saya pikir dia tadi
berbicara dengan Anda.”
Kalimat
yang menggunakan keterangan waktu pada teks anekdot tersebut adalah ….
A.
Hakim berkata agar saksi menjawab pertanyaan
Jaksa.
B.
Saksi terkejut karena ia mengira jaksa tidak
bicara kepadanya.
C.
Saksi menatap keluar jendela seolah-olah
tidak mendengar pertanyaan.
D.
Bahwa ia menerima lima ribu dolar untuk
berkompromi dalam kasus ini.
E.
Pada puncak pengadilan korupsi politik, Jaksa
penuntut umum menyerang saksi.
Kunci E
26. Kalimat yang menunjukkan kalimat seru adalah ….
A.
“Apakah benar,” teriak Jaksa,
B.
“Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa.
C.
“Saya pikir dia tadi berbicara dengan Anda.”
D.
“Oh, maaf! ”Saksi terkejut sambil berkata
kepada hakim.
E.
“Bukankah benar bahwa Anda menerima lima ribu
dolar?”
Kunci D
27. Kalimat yang menujukkan kalimat imperatif?
A.
“Apakah benar,” teriak Jaksa,
B.
“Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa!”
C.
“Saya pikir dia tadi berbicara dengan Anda.”
D.
“Oh, maaf! ”Saksi terkejut sambil berkata
kepada hakim.
E.
“Bukankah benar bahwa Anda menerima lima ribu
dolar?”
Kunci B
28. Kalimat yang menujukkan kata kerja mental adalah ….
A.
terkejut
B.
berteriak
C.
berbicara
D.
menyerang
E.
mendengar
Kunci A
29. Bacalah teks berikut dengan
cermat!
Teks
1
...
Singkat cerita, Darman, seorang politikus yang tidak tulus tidak mau
menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia mencari strategi agar tetap menjadi
perhatian media. Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke
air. Sial baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman
berusaha sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.
Untung
regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman masih bisa
diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di bangsal. Waktu
itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget melihat orang yang ada
di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagi
ketika dia melihat doa tertulis di dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang
tak ikhlas”. Darman
pingsan!
Teks
2
...
Ketika Otong ditinggal teman-temannya di hutan,...
“Loh
mana teman-teman guwe ya...”. Tapi Otong melihat jejak yang dibuat
teman-temannya. Otong pun tanpa pikir panjang mengikuti jejak tersebut. Dan di
tengah perjalanan, hutan itu penuh kabut yang mengakibatkan jejak itu
menghilang. Dan, Otong pun panik. Ia pun berdoa “Ya Tuhan lebih baik
mati dimakan macan daripada saya tersesat di hutan ini.”
Tidak
lama kemudian Otong melihat seekor macan di balik semak-semak. Otong kaget dan
lari terbirit-birit. Dengan kencang Otong lari. Dia melihat sebuah gua dan ia
pun masuk dan menutup gua tersebut dengan rumput. Di dalam gua Otong berdoa, Ya
Tuhan gitu aja kok dibuat beneran sih...”
Perbandingan
dua teks di atas antara lain adalah...
A. Teks 1 berupa anekdot dan
memiliki sindiran, teks 2 berupa teks humor tidak berisi sindiran.
B. Teks 1 berupa anekdot dan
tidak memiliki sindiran, teks 2 berupa teks humor berisi sindiran.
C. Teks 1 dan teks 2 adalah
anekdot yang memiliki sindiran.
D. Teks 1 dan 2 sama-sama
mengandung kelucuan dan sindiran.
E. Teks 1 tidak mengandung
unsur kelucuan, teks 2 tidak mengandung unsur kelucuan.
Kunci: A
30. Perhatikan kalimat-kalimat
berikut ini!
1)
Mahasiswa
menjawab Mau Perjuangkan nasib Rakyat.
2)
Perkuliahan
dimulai
3)
Pak
Dosen menggelengkan kepala
4)
Pak
dosen bertanya pada mahsiswa lain
5)
Mahasiswa
lain menjawab “Majelis Permusyawaratan Rakyat”
6)
Pak
guru bertanya kepada salah satu mahasiswa, kepanjangan MPR
7)
Suasana
kelas tenang
8)
Kuliah
berakhir.
Kalimat
di atas jika disusun menjadi teks anekdot adalah ….
A.
2,
7, 4, 5, 3, 6, 8, 1
B.
2,
7, 4, 6, 1, 3, 5, 8
C.
2,
4, 5, 7, 3, 6, 1, 8
D.
2,
7, 6, 1, 3, 4, 5, 8
E.
5,
2, 7, 6, 4, 3, 1, 8
Kunci D
31. Cermatilah kedua kutipan berikut dengan saksama!
Kutipan hikayat (1)
Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia
tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji,
mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya
diketahuinya. Setelah beberapa lamanya, mereka belajar pula ilmu senjata, ilmu
hikmat, dan isyarat tipu peperangan. Maka baginda pun bimbanglah, tidak tahu
siapa yang patut dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu
sama-sama gagah.
Jikalau baginda pun mencari muslihat; ia menceritakan kepada kedua
anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda yang berkata kepadanya:
barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yangdipegangnya, ialah yang patut
menjadi raja di dalam negeri.
Kutipan cerpen (2)
“Memang ngapain sih Mas, ke Madura segala? Lama lagi!”
“Diajak
survei sama salah satu profesor dan kontraktor, untuk perencanaan bangunan besar
disana, Dik Manis! “Sekalian penelitian skripsi Mas….”Ah, soal bangunan dan penelitian
skripsi. Lalu kenapa Mas Gagah bisa berubah jadi aneh gara-gara hal tersebut?
Pikirku waktu itu.
“Mas ketemu kiai hebat di Madura,” cerita Mas Gagah antusias. “Namanya
Kiai Ghufron! Subhanallah, orangnya sangat bersahaja, santri-santrinya luar biasa!
Di sana Mas memakai waktu luang Mas untuk mengaji pada beliau. Dan tiba-tiba dunia
jadi lebih benderang!” tambahnya penuh semangat.“Nanti kapan-kapan kita kesana,
ya, Git.
Pernyatan berikut yang sesuai dengan
penggalan hikayat dan cerpen di atas adalah….
A. Kedua kutipan di atas menggunakan konjungsi di awal
kalimat.
B. Kedua kutipan di atas tidak menggunakan konjungsi di awal
kalimat.
C. Kedua kutipan di atas menggunakan konjungsi di awal dan
akhir kalimat.
D.
Kutipan 1, menggunakan konjungsi di awal
kalimat sedangkan kutipan 2 tidak menggunakan konjungsi di awal kalimat.
E.
Kutipan pertama menggunakan konjungsi diakhir
kalimat sedangkan kutipan 2 menggunakan konjungsi di awal dan akhir kalimat.
32. Persaman kedua penggalan di atas dilihat dari temanya
adalah….
A. Pendidikan
B. Petualangan
C. Kekuasaan
D. Pengabdian
E. Keadilan
33. Persamaan kedua penggalan tersebut adalah…
A. Kedua kutipan tersebut menggunakan bahasa yang mudah
dimengerti.
B. Kedua kutipan tersebut menggunakan bahasa yang tidak
lazim digunakan.
C. Kedua kutipan tersebut menggunakan dialog dalam
mengungkapkan ceritanya.
D. Kedua kutipan tersebut menceritakan manfaat dari mengaji
yang dilakukannya.
E.
Kedua kutipan tersebut menceritakaa macam-macam
ilmu yang dipelajari ketika mengaji.
34. Kedua kutipan tersebut menjelaskan kebingungan antar
tokohnya. Penyebab kebingungan tersebut adalah…
A.
Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam
menentukan materi pengajian sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan
dalam memahami ilmu.
B.
Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam
menentukan materi pengajian sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan
adik terhadap perubahan sikap kakaknya.
C.
Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam
menentukan pengganti tahta sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan
seorang adik dalam melihat perubahan sikap kakaknya.
D. Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam menentukan
kapan mulai mengaji sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan dalam
memahami ilmu.
E.
Pada kutipan pertama adalah kebingungan dalam
menentukan materi pengajian sedangkan pada kutipan ke dua adalah kebingungan
dalam melihat perubahan sikap kakaknya.
35. Nilai yang mendominasi pada kedua kutipa tersebut
adalah….
A. Sosial
B. Budaya
C. Religi
D. Pendidikan
E. Estetika
36. Cermatilah kedua kutipan berikut!
Kutipan cerpen
Entah darimana asalnya, tiada seorang warga pun yang tahu. Tiba-
tiba saja datang ke kampung kami dengan pakaian tampak lusuh. Kami sempat menganggap
dia adalah pengemis yang diutus kitab suci. Dia bertubuh jangkung tetapi terkesan
membungkuk, barangkali karena usia. Peci melingkar di kepala. Jenggot lebat mengitari
wajah. Tanpa mengenakan kacamata, membuat matanya yang hampa terlihat lebih suram,
dia menawarkan pijatan dari rumah ke rumah. Kami melihat mata yang bagai selalu
ingin memejam, hanya selapis putih yang terlihat.
Kami pun penasaran ingin merasakan pijatannya. Maklum, tak ada
tukang pijat di kampung kami, apalagi yang keliling. Biasanya kami saling pijat-memijat
dengan istri di rumah masing-masing, itu pun hanya sekadarnya. Kami harus menuju
ke dukun pijat di kampung sebelah bila ingin merasakan pijatan yang
sungguh-sungguh atau mengurut tangan kaki kami yang terkilir.
Kutipan
hikayat
Maka Si Miskin itupun sampailah ke penghadapan itu. Setelah dilihat
oleh orang banyak, Si Miskinlakibinidenganrupakainnyasepertidimamah anjing rupanya. Makaorang banyak itupunramailah ia tertawa
seraya mengambil kayu dan batu. Hikayat Si
Miskin
Majas yang digunakan pada kedua kutipan di
atas adalah…
A. Alegori
B. Simile
C. Antonomasia
D. Hiperbola
E. Pleonasme
37. Pendeskripsian tokoh pada kedua kutipan di atas
menunjukkan kalau tokoh tersebut adalah seseorang yang berasal dari….
A. Kaum bangsawan
B. Kerabat kerajaan
C. Orang kebanyakan
D. Orang miskin
E. Kaum terpelajar
38. Nilai yang mendominasi pada kedua kutipan tersebut adalah
nilai….
A. Agama
B. Sosial
C. Pendiaikan
D. Budaya
E. Estetika
39. Cermatilah kedua kutipan berikut!
Kutipan cerpen
Jam
dinding rumahku menunjukkan pukul 19.00 WIB. Setelah shalat berjamaah, kami
sekeluarga pun makan malam bersama. Ada ayah, ibu dan aku. Memang benar aku
adalah anak tunggal. Sebelum kami menghabiskan makan malam, ibu berkata jika
ibu akan menginap di rumah nenek selama 2 hari untuk merawat nenek yang sedang sakit.
Perasan seprang Ibu.
Kutipan hikayat
Adapun Raja Kabir itu takluk kepada Buraksa dan akan menyerahkan
putrinya, Puteri Kemala Sari sebagai upeti. Kalau tiada demikian, negeri itu akan
dibinasakan oleh Buraksa.
Ditambahkannya bahwa Raja Kabir sudah mencanangkan bahwa barang siapa
yang dapat membunuh Buraksa itu akan dinikahkan dengan anak perempuannya yang terlalu
elok parasnya itu. Hatta berapa lamanya Puteri Kemala Sari pun sakit mata,
terlalu sangat. Hikayat Indera Sri Bagawan.
Nilai budaya yang ada pada kedua penggalan
tersebut adalah….
A. Makan bersama dan membayar upeti
B. Sholat berjamah dan membayar upeti
C. Menengok orang tua dan membayar upeti.
D. Shalat bersama dan mengadakan sayembara
E. Makan bersama dan menyembuhkan penyakit.
A. Menggunakan banyak majas majas
B. Menggunakan kata penghubung di awal kalimat
C. Menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari
D. Menggunakan kata-kata arkais di setiap kalimat.
E. Menggunakan kata penghubung di awak kalimat dan kata
arkais.
41.
Bacalah
kutipan teks eksposisi berikut!
Teks tersebut dapat
diklasifikasikan teks eksposisi karena....
A.
mengandung
sebuah rekomendasi kepada pemerintah
B.
mengungkapkan
bencana banjir yang kerap terjadi
C.
berisi
pendapat penulis diikuti argumentasi
D. menjelaskan permasalahan banjir dan sebab-sebabnya
E.
menjelaskan
sebuah permasalahan
42.
Bacalah
kutipan teks di bawah ini !
Argumen mendukung pendapat yang
disampaikan penulis bahwa masalah lingkungan merupakan masalah yang
serius terdapat pada kalimat …
A.
Bencana
alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan
yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana.
B.
Akhirnya,
debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.
C.
Setidaknya
harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.
D.
Misalnya,
banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai
dampak pembagunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.
E.
Masalah
lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera di atasi.
43.
Bagian
rekomendasi pada kutipan teks eksposisi Pembangunan
dan Bencana Lingkungan terdapat pada paragraf …
A.
Paragraf
pertama kalimat kedu
B.
Paragraf
kedua kalimat pertama
C.
Paragraf
kedua kalimat kedua
D.
Paragraf
kedua kalimat ketiga
E.
Paragraf
ketiga
44.
Kalimat
argumen yang berisikan fakta di dalam kutipan teks eksposisi Pembangunan dan Bencana Lingkungan terdapat
dalam kalimat ….
A.
Bencana
alam yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan
yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana.
B.
Banjir yang
terjadi di Jakarta pada Februari 2007.
C.
Debit air
hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.
D.
Hal ini
diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat
serta tumpukan sampah dan limbah di sungai.
E.
Masalah
lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera di atasi.
45.
Bacalah
teks eksposisi berikut!
Kutipan di atas pada struktur
teks eksposisi merupakan bagian...
A.
tesis
B.
orientasi
C.
argumentasi
D.
abstrak
E.
penegasan
ulang
46.
Kalimat di
bawah ini menggunakan kata kerja mental, kecuali…
A.
Tak
menyangka, salah seorang siswa di samping saya juga memperhatikan percakapan
mereka.
B.
Meskipun
begitu, tidak sedikit juga orang yang melakukan olahraga dengan salah hingga
berakhir di ranjang rumah sakit
C.
Peristiwa
tersebut mencerminkan bahwa ada dua kelompok siswa yang memiliki sikap
berbahasa yang berbeda di sekolah tersebut.
D.
Proses
tersebut melibatkan emosi, penalaran, dan keterampilan secara serempak dalam
suatu komunikasi edukatif.
E.
Prasangka
baik saya, bukannya mereka tidak memahami akan perlunya ketertiban berbahasa di
lingkungan sekolah.
47.
Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana
banjir yang tidak terelakkan.
Kata bercetak miring pada
kalimat di atas merupakan konjungsi…
A.
Kausalitas
B.
Korelatif
C.
Temporal
D.
Pertentangan
E.
Syarat
48.
Cermatilah
paragraf berikut ini dengan saksama!
Penulisan kata teknis yang tepat untuk melengkapi
bagian rumpang paragraf di atas adalah . . .
A.
dimensi,
tekhnologi, komunikasi
B.
dimensi,
tehnologi, komunikasi
C.
dimension,
teknologi, komunikasi
D.
dimensi,
teknologi, komunikasi
E.
dimensi,
teknologi, komunikation
49.
Tentukan
manakah kalimat di bawah ini yang bukan merupakan kalimat persuasif!
A.
Para siswa
justru harus menunjukkan kelas tersendiri dalam hal berbahasa.
B.
Dengan
makna tersebut, kata gua seharusnya ditujukan untuk penyebutan nama tempat,
seperti Gua Selarong, Gua Jepang, Gua Pemijahan, dan seterusnya; dan
bukangganti orang (persona).
C.
Penerepan
perdagangan bebas masih perlu kita pertimbangkan dan Indonesia harus lebih berhati-hati.
D.
Sebaiknya
dicarikan solusi yang tepat untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.
E.
Bencana
tanah longsor, banjir bandang, dan limpahan air sungai yang kerap terjadi di
sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran sungai.
50.
Cermati
kalimat berkut ini!
Kata yang bercetak miring pada
kalimat di atas bermakna…
A.
Rujukan
B.
Sebab-akibat
C.
Persuasif
D.
Imperatif
E.
Kausalitas
No comments:
Post a Comment