ikla

Saturday, 10 October 2015

Siswa mampu menganalisis teks berita

ANALISIS TEKS BERITA



Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menganalisis teks berita.




(sumber gambar: dokumen pribadi)
Saat membuka internet, situs apa yang paling sering kamu buka?
Apakah kamu suka membaca berita di situs berita daring?
      Sebelum melanjutkan pembahasan ini, bukalah salah satu situs berita daring. Kemudian, bacalah sebuah berita sesuai minatmu, baik berita nasional, internasional, olahraga, ekonomi, maupun sains. Setelah dibaca secara saksama, catatlah apa yang kamu dapatkan dari berita yang telah kamu baca tersebut.
      Hal tersebut melatih kamu untuk menganalisis suatu teks berita. Pada materi ini, akan dijelaskan langkah-langkah menganalisis teks berita. Simak pembahasan berikut dengan baik!
      Teks berita harus bersifat fakta. Fakta dalam teks berita yaitu peristiwa yang ditulis harus benar-benar terjadi dan data yang diberikan harus berdasarkan keterangan narasumber yang relevan dengan peristiwa tersebut. Artinya, teks berita tidak ditulis berdasarkan pendapat pribadi penulisnya (opini). Pendapat narasumber dapat diperoleh melalui wawancara.
      Sebagai contoh, perhatikan kalimat berikut ini:

      Kalimat di atas merupakan opini, bukan berita. Pendapat yang diajukan (yaitu Bani lebih baik daripada Nabila merupakan pendapat pribadi penulis karena tidak ada narasumber yang menyatakan itu). Sekarang, perhatikan kalimat berikut ini!

      Kalimat di atas merupakan kalimat berita karena fakta yang disampaikan bukan pendapat pribadi penulis, melainkan pendapat narasumber. Pendapat yang menyatakan bahwa Bani lebih baik daripada Nabila diungkapkan oleh Danu. Dengan demikian, kalimat tersebut tidak termasuk opini pribadi penulis.
      Dalam penulisannya, teks berita ditulis berdasarkan unsur 5W + 1H, yaitu what (apa), where (di mana), who (siapa), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Keenam unsur tersebut harus muncul dalam sebuah berita sehingga informasi dalam berita disajikan secara lengkap kepada pembaca. Berikut penjelasannya:
1. What (apa), yaitu peristiwa yang terjadi,
2. Where (di mana), yaitu tempat terjadinya peristiwa,
3. Who (siapa), yaitu orang-orang yang terlibat dalam suatu peristiwa,
4. When (kapan),yaitu waktu terjadinya peristiwa,
5. Why (mengapa), yaitu alasan atau latar belakang terjadinya peristiwa,
6. How (bagaimana), yaitu proses terjadinya peristiwa.
      Dalam menganalisis suatu teks berita, diperlukan kejelian untuk menentukan keenam unsur berita di atas. Selain itu, analisis juga harus mampu menunjukkan tema atau topik utama dalam suatu berita. Tema atau topik utama adalah gagasan paling pokok yang dibicarakan dalam sebuah berita.


langkah-langkah menganalisis teks berita


  1. Membaca teks berita secara cermat;
  2. Menentukan tema atau topik utama berita tersebut;
  3. Menentukan unsur 5W + 1H dalam berita tersebut;
  4. Memperhatikan kalimat yang digunakan agar tidak bercampur dengan opini pribadi penulisnya;
  5. Mencatat informasi penting lainnya yang dibicarakan dalam teks berita tersebut.


Mari kita analisis teks berita berikut ini

Bogor (Kabar Kota);
Wilayah Kota Bogor dilanda hujan deras disertai angin kencang sejak Selasa (11/8/2015). Hujan mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di beberapa kawasan. Bahkan, sebagian besar pohon menimpa rumah warga. Hingga berita ini dilaporkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. “Kejadian berlangsung di empat lokasi berbeda, namun tidak ada korban jiwa,” ujar Djaya Thoha, ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor.
      Sejumlah pohon tumbang mengakibatkan kerusakan. Di antaranya, dua bus jurusan Bogor-Bandung rusak ditimpa pohon tumbang. Kedua bus tersebut sedang dalam kondisi terparkir. Selain itu, pohon tumbang juga menimpa rumah warga. Tasiah (46), warga Cimahpar, menyebutkan, pohon tumbang mengenai rumahnya sehingga mengakibatkan bagian depan rumah rusak parah.
Analisis
Berdasarkan berita di atas, analisis yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.
1. Topik utama : bencana hujan deras dan dampaknya
2. Unsur-unsur berita
- What (apa) : dampak tumbangnya pohon
- Where (di mana) : Kota Bogor
- When (kapan) : Selasa (11/8/20150
- Who (siapa) : Djaya Thoha (ketua BPBD) dan Tasiah
- Why (mengapa) : hujan deras disertai angin kencang membuat pohon tumbang
- How (bagaimana) : hujan deras yang disertai angin kencang membuat pohon tumbang sehingga mengakibatkan banyak kerusakan, seperti bis dan rumah warga
3. Teks di atas merupakan teks berita karena menyajikan informasi sesuai unsur 5W + 1H dan data yang disajikan bukan opini pribadi penulisnya.



Poin Penting


  1. Teks berita adalah teks yang berisi laporan atau informasi mengenai suatu peristiwa;
  2. Teks berita ditulis dengan memperhatikan unsur 5W + 1H, yaitu what (apa), where (di mana), who (siapa), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana);
  3. Tema atau topik utama adalah gagasan paling pokok yang dibicarakan dalam sebuah berita.

1 comment: