ikla

Thursday, 15 October 2015

SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS 10



                                             SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER
Mata pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/ semester          : X MIA-IIS/ 2
Hari, tanggal              : Senin, 12 Oktober 2015
Waktu                          : 90  menit
 


SELAMAT MENGERJAKAN
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan ( ● )  huruf A, B, C, D, E pada LJK!
Untuk Kita Renungkan
(Ebiet G Ade)
Description: untitled

1. Apa yang harus kita lakukan menurut larik sajak  di atas?
a.          selalu mengenang kebaikan yang pernah kita lakukan
b.         Mawas diri, mengerti akan kesalahan diri kita dan menyadari bahwa kelak kita akan kembali padaNya
c.          Berubah menjadi tersenyum kalau sudah mendapatkan kebaikan dunia
d.         kita harus bisa membuat orang tua kita tersenyum
e.          Perubahan akan terjadi apabila kita sudah sampai pada akhir hayat

2. www.jogjasprei.com adalah toko online yang melayani pembelian grosir sprei, selimut, bedcover  bermerk  di Yogyakarta serta berbagai perlengkapan untuk kenyamanan tidur Anda dengan harga yang sangat murah.
Di bawah ini yang bukan merupakan sinonim kata grosir adalah …
a.          Agen                b. pusat perkulakan     c. pedagang     d. pedagang borongan   e.pengecer

3. Bacalah teks berikut ini!
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan melakukan  pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Teks laporan di atas adalah bagian pernyataan umum atau ...
a. deskripsi            b. definisi        c. klasifikasi    d. sebab-akibat            e. contoh

4.  Kaldera adalah kawah gunung berapi yg sangat besar
     Kaldera dan kawah adalah kata yang bersinonim.
     Tentukan pasangan kata di bawah ini yang bersinonim!
a.          Abadi, fana      b. Abdi, majikan         c. Abolisi, pemberatan           
d. Absen, hadir       e. Versus, lawan

5. Berikut ini adalah kata yang berantonim, kecuali
a.          Termin, tahap   b. Antagonis, searah    c. Antipati, simpati     
d. Antitesis, tesis     e. Apatis, aktif

6. Berikut ini merupakan kata yang berantonim ...
a.          Arbitrer, esensial     b. Transedental, kesinambungan   c. Trobadur, penyanyi lagu cinta
d. Somasi, gugatan         e.  Sosialisasi, pengenalan

7.
1. Sakit, sedih, alamiah
2. Sekarang, bacalah, tagihan
3. berbelanja, dibayar, mengisi
4. pembayaran, pengisian, membaca
5. menggunakan, bacalah, dengarkan
Kelompok kata di atas yang termasuk verba adalah ...
    A. 1 dan 3                  B. 5 dan 1                   C. 4 dan 5              D. 2 dan 3               E. 3 dan 5

8. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kiligram. Bulunya berwarna putih dan coklat keemasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi tarinya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.
Teks laporan di atas berbentuk...
            a. definisi         b. eksposisi           c. klasifikasi          d. deskripsi            e. argumentasi

9.  Karbon adalah unsur kimia nonmetal yang disimbolkan dengan huruf C. Karbon berada di alam dalam bentuk karbon murni (seperti berlian dan grafit) dan karbon terikat secara kimia dalam senyawa alam yang dapat berbentuk kristal murni. Karbon umumnya berada dalam senyawa organik. ...
Teks laporan di atas berbentuk...
a. definisi    b. eksposisi     c. klasifikasi      d. deskripsi     e. argumentasi

10. Berikut ini termasuk kelompok nomina penjenis kecuali
a.          hewan pemangsa
b.         pemakan daging
c.          pemakan rumput
d.         padang rumput
e.          hewan gemuk

11 Berikut ini termasuk kelompok nomina pendeskripsi …
a.          pemakan rakus b. buku tulis   c. buku Biologi                  
d.     lingkungan petani        e. hutan bakau



12. Tahukah kalian hewan melata apakah yang paling besar? Hewan itu adalah komodo. Hewan itu hidup di semak-semak belukar dan di daerah hutan di sejumlah pulau di Indonesia.
Teks laporan di atas adalah bagian ….
            a. deskripsi            b. definisi            c. klasifikasi       d. sebab-akibat          e. contoh

13. Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna abu-abu, moncong yang lancip, tungkai lengan yang kuat, dan ekor yang berotot. Komodo menggunakan indra penciuman yang tajam untuk mendeteksi keberadaan bangkai hewan yang terletak beberapa kilometer di kejauhan. Komodo memburu hewan melata lainnya, seperti hewan mamalia yang besar, bahkan kadang-kadang bertindak sebagai hewan kanibal.
Bacaan tersebut termasuk jenis paragraf …
  1. deskripsi
  2. persuasi
  3. argumentasi
  4. narasi
  5. b dan c benar

14. Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah
arteri adalah pembuluh darah yang lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan
darah ke seluruh bagian tubuh. Darah pada pembuluh arteri.

Teks laporan di atas adalah bagian ….
a. deskripsi  b. definisi     c. klasifikasi    d. sebab-akibat        e. aspek yang dilaporkan

15. Kalimat simpleks, yaitu kalimat yang hanya terdiri atas satu struktur dengan satu verba utama.
Di bawah ini yang termasuk kalimat simpleks adalah...
a.          Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup.
b.         Paijo menyirami tanaman sedangkan Paijem mencabuti rumput.
c.          Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
d.         Semua benda didunia ini dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
e.          Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak,bernafas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.

16. Kalimat kompleks, yaitu kalimat yang terdiri atas dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih.
Berikut ini termasuk kalimat kompleks …
a.          Pak Darwito itu selalu ramah setiap hari
b.         Murid-murid sedang berdiskusi di kelas.
c.          Harga buku itu tiga puluh empat ribu rupiah
d.         Paman mencarikan saya pekerjaan
e.          Kami pulang, tetapi mereka masih bekerja karena tugasnya belum selesai.

17 Bacalah pantun berikut ini!
Kapal berlayar tanpa muatan
Diiringi music orkes simponi
Bumi merana kehabisan hutan
Tanam pohon hanya seremoni

Makna seremoni dalam pantun di atas adalah...
   a. sementara    b. sebentar        c. terpaksa        d. selingan        e. upacara




18. Amanat dari pantun di atas adalah...
a. Janganlah melakukan perbuatan yang sia-sia
b. Janganlah menebang hutan sembarangan
c. Janganlah menanam pohon hanya sementara saja
d. Janganlah menanam pohon hanya sekedar upacara saja
e. Jagalah kelestarian bumi, laut, dan seisinya

19.  Di antara tumbuhan anggrek liar yang berhasil diidentifikasi merupakan endemik TN Babul (Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung).
Maksud endemik dalam kalimat tersebut adalah …
a.          Terancam punah
b.         Paling banyak jumlah populasinya
c.          Maskot atau simbol
d.         Koleksi khusus
e.          Tumbuhan khas.

20. Berikut ini adalah karakteristik bahasa teks laporan  hasil observasi, kecuali
a.          Menggunakan kata-kata denotatif
b.         kalimatnya efektif
c.          Banyak menggunakan kata-kata kajian
d.         Mengacu pada EYD
e.          Banyak menggunakan gaya bahasa.

A.    Remedi, analisis, setop, telanjur, telantar, hipotesis
B.     Remidi, analisa, stop, terlanjur, telantar, hipotesa
C.     Remedy, analisis, terlentang, terlanjur, hipotesis
D.    Remidi, analisa, stop, terlanjur, hipotesa
E.     Remidi, analisis, stop, terlantar., hipotesa

22. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Surya adalah siswa ........ di sekolah kami. Selain aktif pada kegiatan OSIS di sekolah, dia juga aktif pada kegiatan ........ bersama dengan teman-temannya. Setelah lulus SMA, Surya akan melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia mengambil jurusan .......sesuai dengan sifatnya suka membantu memecahkan masalah teman-temannya.

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A.     tauladan, sosial, psikologi
B.     teladan, sosialisasi, psycologi
C.     teladan, sosial, psikologi
D.    tauladan, sosialisasi, psikhologi
E.     teladan, sosial, psikhologi

23. Dalam perjalanan menuju lokasi Festival Seni di Jepang, saya melihat tulisan besar. Tulisan ini terus terang menggelitik imajinatif dan pikiran saya. Saya bertanya pada teman apa arti "Osama". Ternyata berarti raja. Jepang memang mempunyai beberapa obyek wisata menarik.
   Perbaikan kata-kata tidak baku dalam paragraf tersebut adalah .... ....
A.    Festifal, imaji, obyek
B.     festival, imajinasi, objek
C.      pestipal, imaji, objek
D.    festival, imajinasi, obyek
E.     festifal, imajinasi, objek





24. Pada dasarnya ada dua jenis keritik sastra, yakni kritik sastra intrinsik dan kritik sastra extrinsik. Kritik sastra intrinsik menganalisis karya berdasarkan bentuk dan gayanya, secara komplek.
Penulisan kata serapan dalam kutipan di atas tidak sesuai dengan EYD.
Perbaikan penulisan kata serapan yang sesuai EYD adalah ........
A.    kritik, ektrinsik, komplek
B.     kritiks, ekstrinsik, kompleks
C.     kritis, ekstrinsik, komplek
D.    kritik, ekstrinsik, kompleks
E.     kritis, ekstrinsik, komplek.

Bacalah teks berikut secara saksama!
        (1) Sepeninggal kedua orang tuanya, anak itu sering terlihat duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah riak air. (2) Benar saja seperti yang dikatakan oleh orang tuanya. (3) Pada suatu hari yang panas, hujan turun rintik-rintik dan ada pelangi. (4) Terlihat air di sungai berubah menjadi putih seperti air susu. (5) Itulah tanda bahwa kedua orang tuanya telah menang dalam perkelahian maut dengan naga putih. (6) Namun, anak itu tak dapat hidup sendiri tanpa orang tuanya. (7) Oleh karena itu, ia tetap duduk termenung sampai akhir hayatnya.
                     (Legenda Lok Si Naga: Cerita Rakyat dari Kalimantan, oleh James Danandjaja)
25. Nilai moral yang terkandung dalam kutipan karya sastra di atas adalah ....
A.    Seorang anak yang merasa bahagia atas kemenangan kedua orang tuanya
B.     Seorang anak yang sering duduk termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah air sungai
C.     Seorang anak yang setia menunggu kedatangan orang tua sampai akhir hayat
D.    Seorang anak yang selalu patuh dan menurut nasihat orang tua
E.     Seorang anak yang senang melihat air sungai berwarna putih seperti susu

26
Description: x
Description: Copy of x

Bacalah kutipan pantun berikut ini!
Asam pauh dari seberang
Tumbuhnya dekat tepi barat
Badan jauh dari rantau orang
Sakit siapa akan mengobat

27. Isi pantun di atas adalah …
A.   keluh kesah seorang transmigran
B.   duka seorang perantau di kala sakit
C.   bayangan menjadi orang perantau
D.   kesedihan seseorang di kala sakit
E.    suka duka anak yatim piatu


Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
… menyediakan alternatif baru bagi masyarakat untuk berbelanja. Di samping pasar tradisional warung, sekarang menjamur supermarket. Perbaikan … dan … pasar tradisional menjadi mutlak.

28.  Kata baku yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah …
A.   modernisme, kwalitas, vasilitas
B.   modern, kualitas, pasilitas
C.   modernisasi, kualitas, fasilitas
D.   modernisasi, kualitas, pasilitas
E.    modernitas, kualitas, fasilitas

Bacalah penggalan cerita di bawah ini dengan saksama!
Datuk Maringgih adalah saudagar tua yang sangat kaya. Tetapi, kekayaannya tidak dinikmatinya. Karena ia …, termasuk kepada dirinya sendiri. Ia tinggal di sebuah rumah tua yang kondisinya sudah tidak layak huni. Badannya …, tidak terurus karena kebakhilannya. Untuk membeli sesuatu, selalu dipertimbangkannya baik untuk kebutuhan pakaian maupun makanan. Kesenangannya hanya mengumpulkan uang. Ia lebih mencintai harta daripada orang tuanya, anak-istrinya, teman, dan sanak saudaranya. Dalam memperoleh harta benda, ia … berbuat hina dan melakukan segala cara.

29.  Frasa adjektif yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.   sangat kaya, gemuk sekali, tidak senang
B.   sangat senang, pelit sekali, kurang baik
C.   sangat kikir, sangat kurus, tidak malu
D.   sangat bakhil, kurang ramah, tidak malu
E.    sangat picik, sangat langsing, kurang baik

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Pak Haji dihormati orang di kampung … umurnya dan hajinya. …, orang kampung kurang mengerti dia. ... dia pulang dari pengembaraannya ke dunia luar, seakan dia mengasingkan diri. Dia tak hendak menikah … dipaksa-paksa oleh keluarganya.
30.  Kata hubung yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.   sebab, tetapi, ketika, meskipun
B.   karena, akan tetapi, sejak, meskipun
C.   karena, tapi, sejak, tetapi
D.   sebab, akan tetapi, karena, walaupun
E.    sebab itu, sedangkan, sejak, walaupun
           
Bacalah puisi di bawah ini!
             Tanah Kelahiran
Seruling di pasir ipis merdu
Antara gundukan pohon pina
Tembang menggema di dua kaki
Barangrang – Tangkuban Perahu
… di pucuk – pucuk
31.  Kata berlambang yang menggambarkan kesejukan dan tepat untuk melengkapi penggalan puisi di atas adalah …
A.  kumbang      B.  madu     C. embun        D. angina        E. kuning keemasan







Perhatikan kutipan puisi berikut ini!
Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta

32.  Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang …
A. waktu sore hari   B. kehidupan manusia    C. suasana senja  
 D. masa tua     E. perasaan manusia

33.  Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah …
A. sedih     B.duka       C. sepi       D. sunyi         E. gelisah

34.       Maksud puisi tersebut adalah …
A. Penyesalan seorang karena telah melewati masa mudanya
B. Seseorang yang menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga timbul penyesalan karena hidupnya menderita
C. Kehidupan seseorang tidak abadi
D. Seseorang yang miskin ilmu dan miskin harta dalam hidupnya
E. Seseorang yang menderita hidupnya karena tidak memiliki ilmu dan harta


Perhatikan kutipan pantun berikut ini!
Asam kandis asam gelugur
Ketiga asam riang-riang
Menangis mayat di pintu kubur
Teringat badan tidak sembahyang

35.       Maksud isi pantun di atas adalah …
A. Manusia akan menangis saat dibangkitkan dalam kubur
B. Jika tidak rajin sembahyang akan menangis di pintu kuburan
C. Jika tidak pernah sembahyang kelak akan menyesal di alam kubur
D. Orang-orang menangisi mayat yang dibawa ke pintu kubur
E. Setiap orang akan mati maka harus belajar sembahyang

Bacalah secara saksama!
Jika diumpamakan permata … . Namun, jika diibaratkan gadis, pesonanya laksana perawan kencur. Maklum, karena Pulau Nusa Penida yang terletak di sebelah selatan Pulau Bali itu memiliki hamparan pantai berpasir putih kekuning-kuningan. Dari Denpasar, Nusa Penida bisa ditempuh 1,5 jam setelah melalui jalur darat dan menumpang kapal motor sekitar 36 menit dari Pelabuhan Padangbai.
36.  Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskriptif di atas adalah …
A. Indahnya Pantai Nusa Penida seperti butir pasir di laut.
B. Keelokan Nusa Penida laksana surga di khatulistiwa.
C. Pesona Pantai Nusa Penida bak mutiara.
D. Keindahan Pantai Nusa Penida ibarat bidadari turun dari kahyangan.
E. Indahnya Pantai Nusa Penida laksana dewa dewi surga turun ke dunia.


37. Perhatikan drama berikut!
Orang 1 : Pagi, Pak. Saya mau perpanjang SIM.
Petugas : langsung ambil formulirnya Dek. Jangan lupa siapkan fotokopi KTP dan SIM yang asli.
(Orang 1 mengambil formulir, mengisinya, lalu menyerahkan kembali formulirnya)
Petugas : Silakan tunggu, nanti akan dipanggil sesuai nomor antrean di formulir.
(Orang 1 dipanggil oleh petugas)
Petugas : tunggu giliran di foto ya…mana fotokopi KTP dan SIM lamanya?
Orang 1 : Oh..ini Pak.
Petugas : Oh ya, mau bikin STNK atau ada yang mau bikin SIM baru? Kalo ada, ke saya saja, lima ratus ribu sudah tinggal foto...prosesnya cepet daripada harus ke polres.
Orang 1 : Oh, terima kasih Pak…Lain kali jika saya butuh.
(Orang 1 difoto, pengambilan sidik jari, dan menunggu)
Petugas : Ini Dek, SIM barunya, biayanya seratus lima puluh.
Berdasarkan dialog drama di atas, hal-hal yang tidak termasuk ke dalam langkah perpanjangan SIM adalah….
a.       Menyiapkan fotokopi KTP
b.      Menyerahkan SIM lama
c.       Mengisi formulir
d.      Membayar biaya lima ratus ribu.
e.       Pengambilan foto dan sidik jari

38. Unsur tokoh dalam drama sama dengan salah satu ciri unsur kebahasaan dalam teks prosedur kompleks. Unsur yang dimaksud adalah….
a.       Verba material
b.      Verba tingkah laku
c.       Konjungsi temporal
d.      Partisipan
e.       Imperatif
39. Perhatikan kutipan drama di bawah ini!
           1). Paijo          :  Eh, Tumtumini, sore-sore arep nang endhi?
           2). Tumtumini : Paijo, ada waktu gak? Minta ajarin melukis di atas kanvas dengan cat  
                                     Minyak, dong!
           3). Paijo            :  melukis di atas kanvas itu mengasyikkan, Tum. Teknik yang digunakan
                                      untuk melukis di kanvas dengan cat minyak juga gak sulit kok, hanya  
                                     butuh kesabaran dan ketelatenan walau dibutuhkan keberanian dalam
                                     aplikasi warna tentunya.
           4). Tumtumini  : Ah, masak sih, Jo? Keliatannya sulit? Jadi tambah penasaran nih. Saya
                                     sudah siapin semua peralatannya nih, kuas, palet, pensil gambar,
                                     penghapus, cat minyak…udah semua kan? Atau ada yang kurang?
           5). Paijo            : udah semua kok. Nah, pertama kamu coba gambar dulu sketsanya di
                                    kanvas. Jangan terlalu tebal biar nanti pas dicat tidak terlalu kelihatan  
                                    garis. Kalau sketsa sudah jadi, coba kamu mulai lakukan campuran warna.
                                   Ada teknik dalam mencampur warna….                                                                                                                      Bagian yang menunjukkan tujuan prosedur kompleks ada pada ….
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5
40. Kalimat yang mengandung konjungsi temporal di bawah ini adalah ....
a.       Ambil bagian batang kayu tersebut kemudian rendam sampai semua bagian tertutup air.
b.      Balik-balikan adonan sampai tercampur rata.
c.       Langkah kedua putar keran sampai batas putarnya.
d.      Perhatikan perubahan yang terjadi selama pemanasan dilakukan.
e.       Langkah-langkah tersebut di antaranya sebagai berikut.

1
B
2
E
3
C
4
E
5
A
6
A
7
E
8
D
9
A
10
E
11
A
12
C
13
A
14
E
15
A
16
E
17
E
18
D
19
E
20
E
21
A
22
C
23
B
24
D
25
C
26
B
27
B
28
C
29
C
30
B
31
C
32
D
33
A
34
B
35
C
36
C
37
D
38
39
40
D
C
A

No comments:

Post a Comment