ikla

Friday, 9 October 2015

struktur isi teks prosedur kompleks

struktur isi teks prosedur kompleks

Teks prosedur kompleks adalah teks atau bacaan yang menunjukkan tahap-tahap atau langkah-langkah yang harus dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Tahap-tahap ini harus dilakukan secara benar dan runtut agar hasil yang diinginkan tercapai secara maksimal.
Pelaksanaan secara urut atas tahap-tahap ini menunjukkan bahwa seseorang itu tahu dan taat pada peraturan. Tahap atau langkah-langkah ini merupakan urutan yang tidak dapat diubah susunannya. Itulah sebabnya teks semacam ini disebut teks prosedur kompleks. Jika diubah urutannya akan menjadi tidak prosedural atau tidak sesuai dengan aturan.
Untuk memperjelas pengertian tersebut, berikut ini salah satu contoh teks prosedur kompleks untuk meminjam buku di perpustakaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Putra Bangsa. Langkah atau tahap-tahap yang harus dilakukan para siswa untuk meminjam buku, sebagai berikut.
Perhatikan!

Contoh
Prosedur meminjam buku di perpustakaan.
1. Berkunjung ke perpustakaan sekolah.
2. Mengisi daftar hadir pengunjung.
3. Melihat daftar buku untuk memilih buku yang diperlukan.
4. Mengambil buku yang dimaksud yang ada di rak perpustakaan.
5. Menyerahkan pada petugas untuk didata.
6. Menyerahkan kartu anggota perpustakaan pada petugas.
7. Buku di scan oleh petugas menggunakan barcode.
8. Petugas memeriksa data buku dan memasukkan ke data peminjam.
9. Menerima buku dari petugas perpustakaan.
Mari kita ulas!

Dalam contoh di atas terlihat ada sembilan langkah yang harus dilakukan seorang peminjam buku di perpustakaan SMA Putra Bangsa. Langkah 1- 2 merupakan langkah pendahuluan. Langkah 3- 8 merupakan bagian isi. Langkah nomor 9 sebagai penutup. Selain menggunakan model yang lebih sederhana seperti contoh tersebut, teks prosedur kompleks dapat pula ditulis dalam bentuk artikel. Dalam model artikel, bagian pendahuluan, isi maupun penutup terbungkus dalam tulisan yang lebih panjang karena dalam bentuk paragraf – paragraf. Intinya, entah dalam bentuk artikel atau bentuk langsung tahap-tahap, tetap ada bagian pendahuluan, isi, dan penutup.
Poin penting

Struktur teks prosedur kompleks terdiri dari:
1. pembukaan'
2. isi, dan
3. penutup.

No comments:

Post a Comment