Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Program : XII/MIPA- IPS
Hari,tanggal :
Waktu :
Kurikulum : 2013
PETUNJUK UMUM
1. Berdoalah sebelum Anda mengerjakan soal.
2. Bacalah dengan teliti petunjuk cara mengejakan soal sebelum Anda menjawab
3. Laporkan pada pengawas apabila terdapat tulisan yang kurang jelas
4. Jumlah soal sebanyak 50 butir.
PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan bulatan huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang telah tersedia !
Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama untuk menjawab soal nomor 1, 2, dan 3!
Rangkaian demonstrasi yang terjadi saat itu, tidak hanya terjadi di Amerika Serikat. Bahkan, menurut Rosa Luxemberg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856. Tuntutan pengurangan jam kerja juga singgah di Eropa. Saat itu, gerakan buruh di Eropa tengah menguat. Tentu saja, fenomena ini semakin mengentalkan kesatuan dalam gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah ...
A. demonstrasi tidak hanya terjadi di Amerika Serikat
B. demonstrasi diinspirasikan oleh demonstrasi yang terjadi di Australia
C. tuntutan pengurangan tenaga kerja singgah di Eropa
D. gerakan buruh di Eropa tengah menguat
E. gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan
2. Kata-kata berikut yang bukan merupakan nomina berimbuhan yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ....
A. pengurangan
B. tuntutan
C. menguat
D. kesatuan
E. perjuangan
3. Makna konjungsi bahkan dalam paragraf tersebut adalah ....
A. perbandingan
B. pertentangan
C. perlawanan
D. penguatan
E. tujuan
Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama untuk menjawab soal nomor 4, 5, dan 6!
Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia. Selain itu, kongres juga menyambut usulan delegasi buruh dari Amerika Serikat yang menyerukan pemogokan umum 1 Mei 1890 guna menuntut pengurangan jam kerja dengan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh sedunia.
4. Yang diperjuangkan kaum buruh pada penggalan teks tersebut adalah ....
A. penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889
B. hadirnya ratusan delegasi dari berbagai negeri
C. keputusan delapan jam per hari
D. penyeruan pemogokan umum 1 Mei 1890
E. pengurangan jam kerja dan menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh sedunia
5. Kata-kata berikut yang bukan merupakan verba transitif yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ....
A. memutuskan
B. menjadi
C. menyambut
D. menyerukan
E. menjadikan
6. Kata berikut yang tidak dibentuk dari proses nominalisasi adalah ....
A. persatuan
B. penyelenggaraan
C. tuntutan
D. menyerukan
E. pemogokan
Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama untuk menjawab soal nomor 7 dan 8!
Pertempuran 10 November merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur.
7. Teks tersebut merupakan isi salah satu struktur teks cerita sejarah. Struktur yang dimaksud adalah ...
A. abstraksi
B. orientasi
C. insiden/peristiwa
D. resolusi
E. reorientasi
8. Pronomina penunjuk ini pada paragraf tersebut merujuk pada ....
A. pertempuran
B. pertempuran 10 November
C. peristiwa sejarah
D. perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris
E. Kota Surabaya, Jawa Timur
9. Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama!
Mandela menjadi inspirasi dan nurani dunia bagi gerakan menentang diskriminasi. Dengan tegas, Mandela menolak dominasi kulit putih ataupun dominasi kulit hitam. Atas perjuangannya, Mandela tidak hanya meraih penghargaan bergengsi Nobel Perdamaian tahun 1993, tetapi juga kehormatan dan penghormatan luar biasa dari kalangan masyarakat dunia.
Informasi yang kita dapatkan dari penggalan teks cerita sejarah tersebut adalah ....
A. Mandela adalah pemimpin yang mengispirasi gerakan diskriminasi
B. Mandela adalah penentang diskriminasi yang berhati nurani
C. Mandela menolak dominasi kulit hitam
D. Mandela menolak dominasi kulit putih
E. Mandela penentang diskriminasi yang mendapatkan hadiah Nobel dan dihormati masyarakat dunia.
Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
Pembentukan ASA pada 1961 bertujuan memajukan kerja sama ekonomi dan kebudayaan di antara negara anggotanya, Malaya, Filipina, dan Thailand. Kemudian, pada 1963 dibentuk Maphilindo yang merupakan forum kerja sama antara Malaya, Filipina, dan Indonesia. Dasar pembentukannya berpegang pada Piagam PBB, Deklarasi Bandung, serta persamaan ras. ASA tidak dapat bertahan lama karena Indonesia tidak ikut di dalamnya. Maphilindo lebih singkat lagi umurnya karena sempitnya dasar kerja sama. Kegagalan kedua kerja sama tersebut juga dipengaruhi oleh adanya pertentangan dan saling curiga di antara negara anggotanya.
10. Konjungsi temporal yang terdapat dalam penggalan teks cerita sejarah tersebut adalah ....
A. kemudian
B. karena
C. antara
D. serta
E. dan
11. Kelompok nomina koordinatif yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ....
A. pembentukan ASA
B. kerja sama ekonomi dan kebudayaan
C. negara anggotanya
D. Deklarasi Bandung
E. sempitnya dasar kerja sama
12. Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama!
Bagaimanapun, rupiah merupakan sebuah cermin dari bangsa Indonesia. Ketika mendengar kata rupiah, hal yang langsung terpikirkan adalah Indonesia, jelas karena rupiah adalah milik Indonesia saja dan tidak ada negara lain yang memiliki rupiah. Sebagai salah satu kebanggaan negara, sudah semestinya rupiah juga dijunjung tinggi. Rupiah sudah selayaknya diakui, dibanggakan, dan dijaga oleh setiap warga negara Indonesia.
Dikutip dari berbagai sumber
Berikut informasi yang didapatkan dari penggalan teks cerita sejarah tersebut, kecuali ....
A. rupiah cermin bangsa Indonesia
B. mendengar kata rupiah terpikir tentang Indonesia
C. rupiah adalah milik Indonesia
D. bangsa Indonesia harus bangga terhadap rupiah
E. negara lain mengakui keberadaan rupiah
13. Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama!
Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara kapitalis Barat. Di Amerika Serikat misalnya, pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.
Yang bukan kelompok nomina adalah ....
A. tuntutan kaum buruh
B. perkembangan kapitalisme
C. pengetatatan disiplin
D. pengintensifan jam kerja
E. mengangkat fakta
14. Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama!
Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.
Makna kata direduksi dalam kalimat tersebut adalah ...
A. dikurangi
B. ditambah
C. diresmikan
D. disosialisasikan
E. dipertimbangkan
15. Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama!
Pesona sepak bola sebagai salah satu olahraga paling top sejagat memang tak pernah pudar. Di setiap generasi, selalu saja muncul gelombang penggemarnya. Baik itu dipandang sebagai olahraga kesukaan maupun sekadar tontonan untuk hiburan, sepak bola tidak pernah habis untuk diulik. Salah satu kompetisi akbar yang sayang dilewatkan adalah Piala Dunia.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Sepak bola merupakan olahraga paling top.
B. Sepak bola merupakan olah raga yang memesona.
C. Penggemar sepak bola ada di setiap generasi.
D. Piala Dunia merupakan sebuah kompetisi sepak bola akbar.
E. Sepak bola merupakan olah raga yang sekedar tontonan untuk hiburan.
16. Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama!
Bhumibol naik takhta pada 9 Juni 1946 menggantikan sang kakak, Raja Ananda Mahidol. Kala itu ia berusia 19 tahun dan tercatat menjadi raja ke-9 dari Dinasti Chakri atau dijuluki pula Raja Rama IX.
Ia berkuasa selama 70 tahun. Dan sepanjang monarkhi Thailand, sosok Bhumibol disebut sebagai satu-satunya raja terpopuler di kalangan rakyatnya.
Raja Bhumibol meninggalkan seorang istri, Ratu Sirikit dan empat orang anak. Mereka adalah putra mahkota, Pangeran Maha Vajiralongkorn, Putri Ubol Ratana, Putri Maha Chakri Sirindhorn, dan Putri Chulabhorn Walailak.
Era Bhumibol dimulai ketika Thailand tengah dilanda masa-masa kritis menyusul perkembangan negara itu menjadi monarki konstitusional. Kehadirannya kala itu dianggap sebagai pemersatu bangsa, membangkitkan kembali semangat monarkhi yang dinilai telah lama ditinggalkan.
Konstitusi Thailand menyebutkan, raja adalah kepala negara dan panglima angkatan bersenjata, namun ia juga memiliki sedikit kekuasaan di ranah politik. Faktanya pada hari ini, sosok Bhumibol adalah salah satu tokoh terkuat di negara itu. Ia merupakan pilar stabilitas utama yang terbukti mampu 'menenangkan' krisis politik berdarah di Thailand pada 1973 dan 1992.
Raja Bhumibol tak hanya dikenal dengan kalimat-kalimatnya yang memiliki pengaruh besar, namun juga kebijakan-kebijakannya juga sangat dihormati. Sementara gagasannya sangat mempengaruhi program pembangunan dan kehidupan rakyat Thailand.
Sepanjang memerintah, ia sangat dicintai dan dihormati rakyat Thailand. Bahkan, mereka menganggap sosoknya sebagai 'separuh dewa'.
Channel News Asia, Kamis 13 Oktober 2016
Berikut ini yang bukan merupakan nilai-nilai kearifan yang dapat dipetik dari penggalan teks cerita sejarah tersebut adalah ...
A. Bhumibol merupakan raja yang terpopuler.
B. Bhumibol merupakan pemersatu bangsa.
C. Bhumibol merupakan pilar stabilitas utama yang mampu memenangkan krisis polotik.
D. Kalimat-kalimat Bhumibol memiliki pengaruh besar dan kebijakan-kebijakan yang dihormati rakyatnya.
E. Bhumibol sangat dicintai dan dihormati rakyat.
17. Bacalah penggalan teks berita di bawah ini dengan saksama!
Raja Bhumibol Adulyadej wafat pada Kamis 13 Oktober 2016. Pemimpin monarkhi terlama di dunia itu menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 88 tahun, setelah sebelumnya sejak pekan lalu ia mendapat perawatan akibat menderita gagal ginjal.
Hasil penyuntingan paragraf di atas adalah ....
A. Raja Bhumibol Adulyadej Pemimpin monarkhi terlama di dunia itu menghembuskan nafas terakhirnya, Kamis 13 Oktober 2016, setelah sebelumnya sejak pekan lalu ia mendapat perawatan akibat menderita gagal ginjal.
B. Raja Bhumibol Adulyadej wafat pada Kamis 13 Oktober 2016. Pemimpin monarkhi terlama di dunia itu menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 88 tahun, sebe- lumnya sejak pekan lalu ia mendapat perawatan akibat menderita gagal ginjal.
C. Raja Bhumibol Adulyadej wafat pada Kamis 13 Oktober 2016. Pemimpin monarkhi terlama di dunia itu menghembuskan napas terakhirnya pada usia 88 tahun, sejak pekan lalu ia mendapat perawatan akibat menderita gagal ginjal.
D. Raja Bhumibol Adulyadej wafat pada Kamis 13 Oktober 2016. Pemimpin monarkhi terlama di dunia itu menghembuskan napas terakhirnya pada usia 88 tahun, sebelum pekan lalu ia mendapat perawatan akibat menderita gagal ginjal.
E. Raja Bhumibol Adulyadej wafat pada Kamis 13 Oktober 2016. Pemimpin monarkhi terlama di dunia itu menghembuskan napas terakhirnya pada usia 88 tahun setelah pekan lalu ia mendapat perawatan akibat menderita gagal ginjal.
18. Bacalah penggalan teks berita di bawah ini dengan saksama!
Dengan potensi ekonomi yang cukup besar, pemerintah memandang perlu untuk mengatur masalah tata niaga perdagangan rotan melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 35 Tahun 2011 tentang Larangan Ekspor Rotan dan Produk Rotan. Kebijakan ini tampaknya didasari keinginan pemerintah memaksimalkan nilai ekonomi dari rotan mulai dari hulu hingga hilir.
Kompas, 24 Mei 2016
Yang melatarbelakangi larangan ekspor rotan dalam paragraf tersebut adalah ….
A. rotan mempunyai potensi ekonomi yang tinggi.
B. pemerintah memandang perlu mengatur masalah tata niaga perdagangan rotan
C. adanya Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 35 Tahun 2011
D. adanya Larangan Ekspor Rotan dan Produk Rotan
E. keinginan pemerintah memaksimalkan nilai ekonomi dari rotan mulai dari hulu hingga
hilir.
19. Bacalah penggalan teks cerita sejarah di bawah ini dengan saksama!
Stasiun televisi Vietnam menayangkan rekaman video yang memperlihatkan sebuah kapal besar berbendera Tiongkok berada di belakang dua kapal nelayan Vietnam berukuran lebih kecil.
Verba material dalam paragraf tersebut adalah ....
A. menayangkan
B. memperlihatkan
C. berbendera
D. berukuran
E. menayangkan dan memperlihatkan
20. Subjek pada kalimat tersebut berupa ....
A. kata benda (nomina)
B. kata kerja (verba)
C. kelompok nomina
D. kelompok verba
E. kelompok ajektiva
21. Bacalah penggalan teks berita di bawah ini dengan saksama!
Tanaman rotan yang hidup secara alami di bawah tegakan pohon karet, damar dan lainnya merupakan pola tanam yang berfungsi sebagai mitigasi perubahan iklim. Karena itu, konversi perkebunan sawit akibat harga rotan rendah kelak dapat meningkatkan emisi gas rumah kaca. Padahal, Indonesia sendiri sudah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen.
Kompas, 24 Mei 2016
Makna kata mitigasi dalam paragraf tersebut adalah ....
A. rekayasa dalam bercocok tanam
B. menjadikan berkurangnya kekasaran tanah
C. menjadikan berkurangnya kesuburan tanah
D. tindakan untuk mengurangi dampak bencana
E. susaha dalam mengurangi emisi gas rumah kaca
Bacalah kalimat berita birikut ini dengan cermat!
Latihan PSS akhir-akhir ini sering berpindah lokasi karena lapangan yang biasa dipakai untuk latihan yaitu Stadion Tridadi digunakan untuk gelaran Piala Ramadan.
Jawa Pos, Senin 27 Juni 2016
22. Pernyataan yang sesuai dengan kalimat tersebut adalah ....
A. kalimat tersebut merupakan kalimat tunggal
B. kalimat tersebut mengandung konjungsi syarat
C. kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk setara
D. kalimat tersebut mengandung konjungsi perlawanan
E. kalimat tersebut mengandung konjungsi sebab dan tujuan
23. Bacalah kalimat berita birikut ini dengan cermat!
Hingga Rabu, pukul 15.00, total dana yang direpatriasi mencapai Rp128 triliun dari total pernyataan harta sebesar Rp2.515 triliun.
Kompas, 29 September 2016
Makna kata repatriasi dalam kalimat tersebut adalah ....
A. pengembalian uang pinjaman
B. pemulangan kembali ke tanah air
C. pengembalian pinjaman luar negeri
D. penanaman modal di dalam negeri
E. pemanfaat keuangan negara secara efektif
24. Bacalah kalimat berita berikut ini dengan saksama!
Tujuh puluh tahun yang lalu, di kediaman Ir. Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56, pukul 10.00 WIB Bung Karno dengan didampingi Bung Hatta membacakan teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan pidato singkat tanpa teks. Setelah itu, bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Fatmawati dikibarkan oleh S. Suhud dan Latief Hendraningrat yang diiringi lagu Indonesia Raya.
Bagian kalimat yang bukan merupakan keterangan waktu adalah ....
A. Tujuh puluh tahun yang lalu
B. pukul 10.00 WIB
C. kemudian dilanjutkan dengan pidato singkat tanpa teks
D. setelah itu, bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Fatmawati dikibarkan
E. diiringi lagu Indonesia Raya
25. Bacalah kalimat berita berikut ini dengan saksama!
Juan Carlos dihormati secara meluas karena melicinkan transisi Spanyol ke demokrasi setelah meninggalnya Jenderal Francisco Franco tahun 1975. Juan Carlos paling terkenal ketika menghadapi sebuah upaya kudeta militer pada Februari 1981. Namun, banyak orang Spanyol marah ketika mereka mengetahui raja mengambil liburan mewah safari berburu gajah di Afrika tahun 2002. Saat itu Spanyol sedang menderita krisis keuangan dan tingkat pengangguran meroket 25 persen. Kemarahan bertambah saat putri tertua raja, Putri Cristina, disebut sebagai tersangka dalam hubungan dengan praktik bisnis korup suaminya, Inaki Urdangarin, mantan atlet Olimpiade. Dalam sebuah kajian oleh lembaga jajak pendapat Sigma Dos yang diterbitkan Januari 2014, dukungan kepada raja menurun menjadi 41 persen. hanya 49 persen menyetujui kerajaan.
Kata-kata yang bermakna konotatif dari paragraf tersebut adalah ....
A. melicinkan – menghadapi
B. menghadapi – menderita
C. menderita – meroket
D. melicinkan – meroket
E. meroket – bertambah
Bacalah teks berita berikut untuk menjawab soal nomor 26 dan 27!
Dalam dua bulan terakhir, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis indeks harga konsumen mencetak deflasi, masing-masing 0,05 persen pada September dan 0,08 persen pada Oktober. ”Sebetulnya dilihat dari deflasi itu, ada ruang untuk turunkan tingkat bunga. Kenapa BI belum menurunkan, saya juga enggak ngerti kenapa kira-kira. Dia mungkin takut sama goyang-goyang rupiah,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (2/11/2016)
26. Arti istilah deflasi pada bagian peristiwa teks berita tersebut adalah . . .
A. pemberian nilai baru
B. menurunnya nilai mata uang
C. penambahan nilai mata uang
D. kenaikan nilai barang karena harga pasarnya naik
E. penurunan nilai uang yang dilakukan dengan sengaja
27. Penggalan teks berita tersebut merupakan peristiwa tentang . . .
A. Catatan BPS terhadap tingkat suku bunga Bank Indonesia.
B. Menko Bidang Perekonomian mengkritik hal yang dilakukan BI.
C. Deflasi di Indonesia mencapai 0,03 persen dari bulan sebelumnya.
D. Indeks harga konsumen deflasi yang dapat menurunkan tingkat bunga.
E. BI belum menurunkan tingkat bunga karena ketakutan nilai rupiah melemah.
28. Cermatilah paragraf berikut!
Oligosakarida tersebut juga bermanfaat untuk mencegah . . . , wasir, kanker kolon, dan bersifat . . . , yaitu merangsang pertumbuhan . . . yang baik bagi usus sehingga penyerapan zat gizi menjadi lebih baik dan usus lebih sehat.
Istilah yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah….
A. kontipasi, prebiotik, bakteri D. contipasi, pra-biotik, bakteri
B. konstipasi, prabiotik, bakteri E. chontipasi, prebiotik, bakteri
C. konstipasi, prebiotik, bakteri
Bacalah kedua teks berita berikut untuk menjawab soal nomor 29 dan 30!
Teks 1
JAKARTA, KOMPAS.com – Dewan Eropa mengkaji permintaan kebijakan bebas visa Schengen bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang diajukan Pemerintah RI, demikian keterangan pers dari Kementrian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Jumat (6/11/2015).
“Upaya Pemerintah Indonesia selama ini terus dilakukan, baik melalui masing-masing negara Eropa maupun melalui masing-masing negara Eropa maupun melalui komisi Eropa,” kata Mentri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, dalam keterangan Kemenlu.
Menurut dia, Dewan Eropa akan meminta tiga badan utama terkait pembebasan visa Schengen, yaitu Frontex, Europol, dan EASO untuk mengkaji kebijakan bagi WNI.
“Apabila hasil kajian positif, maka Dewan dan komisi Eropa akan mengusulkan Rancangan Regulasi Perubahan status Indonesia untuk mendapatkan bebas visa Schengen,” kata Retno, yang mantan Duta Besar RI di Kerajaan Norwegia & Islandia (2005-2008) dan kerajaan Belanda (2013-2015).
Teks 2
TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi mengupayakan pembebasan visa bagi warga negara Indonesia yang akan berkunjung ke negara-negara Uni Eropa yang merupakan area visa Schengen. Permintaan itu disampaikan Retno saat bertemu dengan Wakil Presiden Komisi Eropa dan Komisioner Eropa Urusan Regulasi, Hubungan Antar –Lembaga, Peraturan Hukum, dan Piagam Hak-hak Dasar Frans Timmermans.
“Saya menyampaikan data-data kepada Timmermans yang menjadi alasan kami untuk meminta bebas visa,” kata Retno saat ditemui di Gedung Pancasila, Kementrian Luar Negeri, Selasa, 14 Juli 2015.
Menurut Retno, Indonesia sudah memberikan kemudahan bebas visa bagi negara-negara Uni Eropa melalui Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2015. Dari 45 negara yang sudah bebas visa masuk ke Indonesia, 15 di antaranya negara wilayah Schengen.
29. Persamaan isi kedua berita tersebut adalah . . .
A. Pembahasan regulasi bebas visa
B. Pembebasan visa Schengen WNI ke Eropa
C. Aturan kebijakan bebas visa kunjungan
D. Rancangan regulasi kebijakan bebas visa Indonesia
E. Upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia kepada Dewan Eropa
30. Perbedaan pola penyajian kedua berita di atas adalah . . .
Teks 1 Teks 2
A. Diawali unsur siapa, apa, di mana, kapan Diawali unsur siapa, apa
B. Diawali unsur apa, siapa, di mana, kapan Diawali unsur siapa, apa. di mana
C. Diawali unsur apa dan di mana Diawali unsur apa, di mana, kapan
D. Diawali unsur mengapa, di mana Diawali unsur apa, mengapa, kapan
E. Diawali unsur kapan, siapa Diawali unsur di mana, apa
31. Perhatikan kalimat langsung berikut!
“Riz, kabarnya kamu mendapatkan penghargaan dari kepala sekolah karena kamu menang dalam lomba penulisan karya ilmiah remaja?”, tanya Tasya kepada temannya Rizki.
Kalimat tersebut dapat diubah menjadi kalimat tidak langsung yaitu . . .
A. Tasya berkata bahwa kabarnya kamu mendapatkan penghargaan dari kepala sekolah karena kamu menang dalam lomba penulisan karya ilmiah remaja.
B. Tasya bertanya kepada Rizki bahwa sesuai kabar Rizki mendapatkan penghargaan dari kepala sekolah karena kemenangannya dalam lomba penulisan karya ilmiah remaja.
C. Tasya menanyakan pada Rizki bahwa kamu mendapatkan penghargaan dari kepala sekolah karenanya menang dalam lomba penulisan karya ilmiah remaja.
D. Tasya pada Rizki berkata ia mendapatkan penghargaan dari kepala sekolah karena ia menang dalam lomba penulisan karya ilmiah remaja.
E. Tasya pada Rizki bertanya bahwa lomba penulisan karya ilmiah remaja itu dimenangkannya karena itu ia mendapatkan penghargaan dari kepala sekolah.
Teks berikut untuk soal nomor 32 – 35.
Peristiwa transit Planet Venus bisa disaksikan dari wilayah Indonesia, Rabu 6 Juni 2012. Transit tersebut terjadi saat sebuah planet melintas di antara Bumi dan Matahari. Peristiwa langka serupa ini baru akan bisa disaksikan kembali lebih dari satu abad lagi. Para pencinta astronomi dari Jakarta dan sekitarnya berkumpul di planetarium-observatorium Jakarta untuk menyaksikan peristiwa langka tersebut.
Semua orang ingin menyaksikan peristiwa langka transit Venus 2012. Sosok Planet Venus tampak melintasi cakram matahari. Diameter Planet Venus yang kali ini melintas terlihat hanya sekitar sepertiga puluh diameter cakram matahari. Kesempatan berikut untuk melihat hal seperti ini, baru bisa terulang lagi pada tahun 2017.
Sumber: http://tekno.liputan6.com/read/408735/transit-venus-bikin- warga-jakarta-penesaran
32. Pokok informasi yang ada dalam berita tersebut adalah . . .
A. Peristiwa transitnya Venus membuat para pecinta astronomi berkumpul di planetarium-observatorium untuk menyaksikannya.
B. Transit Venus membuat semua masyarakat Jakarta penasaran.
C. Warga Jakarta sangat antusias melihat transit Planet Venus.
D. Diameter Venus terlihat sangat kecil saat melintasi matahari.
E. Kesempatan berikut untuk melihat transitnya Venus dipastikan baru bisa terulang satu abad lagi.
33. Kalimat yang menyatakan ukuran Planet Venus saat melintasi matahari terdapat dalam . . .
A. Paragraf ke-1 kalimat ke- 2
B. Paragraf ke-1 kalimat ke- 3
C. Paragraf ke-2 kalimat ke- 2
D. Paragraf ke-2 kalimat ke- 3
E. Paragraf ke-2 kalimat ke- 4
34. Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam bacaan adalah . . .
A. Berapa jumlah orang yang ingin menyaksikan peristiwa transit Planet Venus?
B. Apakah peristiwa transitnya Planet Venus bisa disaksikan dengan mata telanjang?
C. Negara mana sajakah yang dapat menyaksikan transit Planet Venus?
D. Kapan peristiwa transitnya Planet Venus bisa disaksikan kembali?
E. Mengapa warga di luar Jakarta tidak ingin melihat transit Venus melalui planetarium?
35. Simpulan kutipan berita tersebut adalah . . .
A. Transit Planet Venus adalah hal yang sering terjadi dan bisa kita saksikan dengan mata telanjang.
B. Warga Jakarta penasaran melihat peristiwa transit Planet Venus karena hal itu akan terulang lebih dari satu abad lagi.
C. Transit Planet Venus terjadi saat sebuah planet melintas di antara bumi dan matahari.
D. Diameter Planet Venus yang melintasi matahari terlihat hanya sepertigapuluh diameter cakram matahari.
E. Para pecinta astronomi dari Jakarta dan sekitarnya berkumpul di planetarium-observatorium Jakarta.
Teks berikut untuk soal nomor 36 dan 37.
Ketika mereka kompak tugas dan tanggung jawab untuk menyejahterakan rakyat mereka akan lebih mudah ditunaikan. Syarat tersebut amatlah mendasar dan siapa pun, apalagi para menteri yang punya kapasitas intelektual tinggi, pasti memahami. Sayangnya, fakta yang telah terjadi tak sepenuhnya merefleksikan sesuatu yang ideal itu.
36. Perbaikan kalimat bercetak miring agar menjadi kalimat efektif adalah . . .
A. Mereka kompak ketika tugas dan tanggung jawab mereka untuk menyejahterakan rakyat akan lebih mudah ditunaikan.
B. Ketika mereka kompak tugas dan tanggung jawab, untuk menyejahterakan rakyat akan lebih mudah ditunaikan.
C. Untuk menyejahterakan rakyat akan lebih mudah kompak dan tanggung jawab ditunaikan.
D. Ketika mereka kompak, tugas dan tanggung jawab untuk menyejahterakan rakyat akan lebih mudah ditunaikan.
E. Ketika mereka kompak, tugas mereka dan tanggung jawab mereka untuk menyejahterakan rakyat mereka akan lebih mudah ditunaikan.
37. Kalimat bercetak miring tersebut tidak efektif karena . . .
A. Makna kalimat ambigu dan tidak logis
B. Makna kalimat tidak bisa diterima dengan nalar secara umum
C. Terdapat penggunaan kata yang berlebihan sehingga terjadi redusir.
D. Penggunaan imbuhan pada kata menyejahterakan dan ditunaikan menunjukkan ketidakparalelan.
E. Kurangnya tanda baca dan penggunaan kata ganti yang berlebihan.
Cermatilah kalimat berikut dengan saksama!
Seandainya ayah memberi modal dan ibu menyetujui, saya akan membeli kios yang menjual barang-barang elektronik.
38. Kalimat yang sepola dengan kalimat tersebut adalah . . .
A. Kalau kamu giat belajar dan mau belajar prihatin, kamu pasti akan menjadi orang yang sukses.
B. Ketika ibu akan membelikan kalung dan ayah membeli jam, seorang pencopet mengincar dompet ibu akan diambilnya.
C. Karena dia anak orang kaya dan dia pandai berkomunikasi akhirnya dia diberi proyek oleh bupati.
D. Walaupun pemerintah pusat telah mengeluarkan peraturan dan pemerintah daerah telah menjalankannya tetap saja tujuan belum tercapai.
E. Sewaktu saya menengok nenek dan ibu juga ikut, saya dapat melihat kebun kakek yang menghasilkan mangga itu.
39. Bacalah iklan berikut dengan saksama!
1) Jamu pelangsing Bidadari
2) Diet cepat cara sehat
3) Tanpa menyiksa diri
Maksud iklan tersebut adalah . . .
A. Menawarkan alat pelangsing yang aman bagi tubuh
B. Jamu untuk melangsingkan badan dengan diet alami
C. Meminum jamu cepat menyehatkan
D. Meminum jamu sama dengan menyiksa diri
E. Banyak cara melangsingkan badan tanpa diet
40. Bacalah iklan berikut!
1) Datang bersama, mengembangkan usaha cepat sukses
2) Narasumber 100% praktisi
3) Hanya empat ratus ribu rupiah, hadiahnya melimpah
4) Dijamin tidak rugi bergabung dengan kami
5) Klik kewirausahanews.com
Kalimat fakta dalam iklan tersebut bernomor . . .
A. 1 dan 2 D. 2 dan 5
B. 2 dan 3 E. 4 dan 5
C. 3 dan 5
41. Perhatikan iklan berikut!
1. Kunjungilah pameran Buku Kiat Ujian!
2. Berbagai jenis buku dipamerkan.
3. Peluang nilai ujian maksimal.
4. Harga buku murah terjangkau.
5. Pameran tanggal 2 Februari s.d. 10 Februari 2016 di Aula Serba Guna.
.
Kalimat yang berupa pendapat dalam iklan tersebut adalah . . .
A. 1 dan 2 D. 4 dan 5
B. 2 dan 3 E. 5 dan 1
C. 3 dan 4
42. Bacalah iklan lowongan kerja berikut!
DIBUTUHKAN SEGERA
1. Tentor / pengajar
2. Karyawan /karyawati
3. Staf administrasi
4. Marketing
Gaji besar 4 jutaan, bonus dan tunjangan lainnya
Syarat:
Pendidikan: SMA/SMK, D3, S1
Penampilan menarik dan bisa bekerja dalam tim
Kirim ke: Lembaga Pendidikan & Bimbingan Belajar
LPK JOB KARIER jalan Ringroad selatan nomor 57 Yogayakarta
Sumber: Tribun Jogja, 7 Oktober 2016
Berdasarkan iklan lowongan kerja tersebut, kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah . . .
A. Berdasarkan iklan di harian Tribun Jogja, 7 Oktober 2016, saya memenuhi persyarat menjadi Tentor pada Lembaga Pendidikan & Bimbingan Belajar Bapak.
B. Berdasarkan iklan di harian Tribun Jogja, 7 Oktober 2016, dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Karyawan di Lembaga Pendidikan & Bimbingan Belajar Bapak.
C. Berdasarkan iklan di harian Tribun Jogja, 7 Oktober 2016, kiranya saya dapat mengisi lowongan pekerjaan sebagai Staf Administrasi di Lembaga Pendidikan & Bimbingan Belajar Bapak.
D. Berdasarkan iklan di harian Tribun Jogja, 7 Oktober 2016, saya memenuhi syarat mengisi lowongan pekerjaan seperti yang Bapak maksud.
E. Dengan ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan pekerjaan di Lembaga Pendidikan & Bimbingan Belajar Bapak sesuai iklan tersebut.
Teks iklan untuk nomor 43 dan 44.
KOS PUTERI SRI KANDI
Kos-kosan Khusus Puteri
Fasilitas:
• Kos bergaya kontrakan (bulanan dan tahunan)
• Mushola
• Dapur
• Gratis listrik bulan pertama!
• Anda cukup bayar dengan Rp 500.000,00/bulan!
Alamat lengkapnya di Jalan Cemara 47 RT 03 Kotagede Yogyakarta (dekat pasar Kotagede)
Keterangan lebih lanjut, bisa hubungi Ibu Mita pada nomor 081325521123
43. Tujuan penulisan teks tersebut adalah . . .
A. Memberitahukan tentang kos-kosan khusus untuk puteri
B. Menawarkan dan merayu pembaca (calon penghuni kos) agar memercayai penawarannya
C. Menjelaskan pembaca (calon penghuni kos) untuk menyewa kamar
D. Memaparkan penjelasan tentang jasa (kos) yang ditawarkannya kepada pembaca (calon penghuni kos)
E. Memberikan informasi tentang kelebihan jasa (kos) yang ditawarkannya kepada pembaca (calon penghuni kos)
44. Opini yang terdapat pada teks tersebut adalah . . .
A. Kos puteri sri kandi memberikan gratis biaya listrik pada bulan pertama bagi penghuni kos.
B. Harga sewa di Kos Puteri Sri Kandi per bulan Rp 500.000,00
C. Kos Puteri Sri Kandi hanya dihuni oleh puteri
D. Kos Puteri Sri Kandi memiliki lokasi strategis dekat pasar Kotagede
E. Calon penghuni kos bisa memilih waktu pembayaran sewa, yaitu bulanan atau tahunan
45. Bacalah iklan berikut!
1) Kualitas hidup seseorang ditentukan oleh ketersediaan dan kecukupan nutrisi.
2) Nutrisi otak sangat penting dan perlu diwaspadai kecukupan asupannya.
3) Nutrilax mengandung: DHA, FOLIC ACID (Asam Folat)
4) Nutrilax memberikan Anda solusi lengkap guna memenuhi kebutuhan nutrisi.
5) Produk tersebut dapat dibeli di apotek.
Kalimat fakta dalam kalimat iklan tersebut adalah nomor . . .
A. 1) dan 2) D. 3) dan 5)
B. 1) dan 3) E. 4) dan 5)
C. 2) dan 3)
46. Perhatikan ilustrasi berikut!
Sebuah rumah murah dengan luas tanah 200 m2 dan luas bangunan 150 m2, terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar tidur pembantu, dan dua kamar mandi. Harga 300 juta bisa dinego. Terletak di Jalan Kenari 15 Yogyakarta. Pembeli yang berminat dapat menghubungi Bapak Tomi di nomor 081234532123.
Iklan baris yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah . . .
A. Djl rmh, Jln Kenari 15 YK, Lt/Lb 200/150, SHM IMB, strategis, 2 Kt+ 1 Ktpbm, 2 Km,300 jt Ng, Hub Tomi 081234532123.
B. Djl rmh mrh, Jln Kenari 15 YK, Lt/Lb 200/150, SHM, strategis, 2 Kt+ 1 Ktpbm, 2 Km,300 jt Ng, Hub Tomi 081234532123.
C. Djl rmh mrh,Jln Kenari 15 YK, Lt/Lb 200/150, SHM , strategis, 2 Kt+ 1 Ktpbm, 2 Km, Hrg mulai 300 jt Ng, Hub Tomi 081234532123.
D. Djl rmh, Jln Kenari 15 YK, Lt/Lb 200/150, strategis, 2 Kt+ 1 Ktpbm, 2 Km,300 jt Ng, Hub Tomi 081234532123.
E. Djl rmh mrh, Lt/Lb: 200/150, 2 Kt+ 1 Ktpbm, 2 Km, Jln Kenari 15 YK, 300 jt Ng, Hub Tomi 081234532123.
47. Perhatikan teks iklan berikut!
VIOS 2005, Birumet AC/PS/PW, Bnr2Bgs, Cat Int Ors, Km 60Rb,Pjk Br AnSndr, 90 Jt nego. Hub Tata : 082868521123.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks adalah . . .
A. Barang yang ditawarkan dalam teks tersebut adalah mobil dengan merek Vios.
B. Mobil yang ditawarkan sudah mencapai jarak penggunaan sejauh 60.000 km.
C. Cat interior mobil yang ditawarkan tersebut adalah modifikasi.
D. Pemilik mobil tersebut menawarkan harga jual mobilnya sebesar Rp 90 juta dan bisa dinego.
E. Mobil yang ditawarkan tersebut diproduksi pada tahun 1999 dan dalam kondisi benar-benar bagus.
48. Cermatilah kalimat berikut!
1) Mayor Jenderal TNI Bagaskara akan mendapat penugasan baru sebagai 2) Panglima Daerah Militer menggantikan 3) Mayor Jenderal Solehudin, hal tersebut berdasar pada 4) surat keputusan yang dikeluarkan 5) sepekan yang lalu.
Penulisan ejaan yang tidak tepat pada paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 1) D. 4)
B. 2) E. 5)
C. 3)
49. Perhatikan kalimat berikut!
Praklinik adalah masa kuliah yang dijalani selama 3,5-4 tahun dan setelah menyelesaikannya akan diberi gelar [ . . .] Sarjana Kedokteran.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut sesuai dengan ejaan adalah . . .
A. dr D. S.K
B. S,Ked E. S.ked.
C. S. dr.
50. Cermatilah kalimat berikut!
Dieng adalah salah satu tempat wisata yang mendapat julukan negeri di atas awan.
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca dalam kalimat tersebut adalah . . .
A. tidak menggunakan tanda petik di antara kata negeri di atas awan
B. tidak menggunakan tanda petik di antara kata tempat wisata
C. tidak menggunakan tanda petik di antara kata Dieng
D. tidak menggunakan tanda baca koma setelah kata wisata
E. tidak menggunakan tanda baca titik dua setelah kata negeri
KISI-KISI DAN KUNCI
KISI-KISI
Nama Sekolah :
SMA Jumlah
Soal : 50
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Kelas :
XII MIA Alokasi Waktu : 120 menit
Semester :
1 Penyusun :
MGMP BHS.INDONESIA
Jenis Tes :
TKM
KURIKULUM 2013
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
Kunci
|
1.
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/ opini, dan cerita
fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan.
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan penggalan teks cerita sejarah, siswa dapat menentukan bagian struktur penggalan teks tersebut
dengan tepat.
|
7
|
B
|
2.
|
3.3 Menganalisis struktur dan kaidah teks
cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/
opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik
melalui
lisan maupun tulisan.
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah yang
mengandung nomina berimbuhan, siswa dapat menentukan kata yang bukan
merupakan nomina berimbuhan dalam penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
2
|
C
|
3.
|
3.3 Menganalisis struktur dan kaidah teks
cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/
opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik
melalui
lisan maupun tulisan.
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah yang
mengandung konjungsi, siswa dapat menentukan makna konjungsi yang terdapat
dalam penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
3
|
D
|
4.
|
3.1 Memahami struktur dan
kaidah teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/
opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan.
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah yang mengandung verba transitif, siswa dapat menentukan kata yang bukan merupakan verba transitif
dalam penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
5
|
B
|
5.
|
3.3 Menganalisis struktur dan kaidah teks
cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/
opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik
melalui
lisan maupun tulisan.
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah yang mengandung pronomina penunjuk, siswa dapat menentukan kata yang dirujuk oleh pronomina penunjuk
tersebut dalam penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
8
|
B
|
6.
|
4.1 Menginterpretasi teks cerita seja-
rah,
berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah, siswa
dapat menentukan informasi dari dalam penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
9
|
E
|
7.
|
4.1 Menginterpretasi teks cerita seja-
rah,
berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah, siswa
dapat menentukan informasi dari dalam penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
12
|
E
|
8.
|
3.3 Menganalisis struktur dan kaidah teks
cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/
opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik
melalui
lisan maupun tulisan.
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah, siswa
dapat menentukan konjungsi temporal yang terdapat dalam penggalan teks tersebut
dengan tepat.
|
10
|
A
|
9.
|
3.3 Menganalisis teks
cerita sejarah,
berita, iklan,
editorial/opini, dan
cerita fiksi
dalam novel baik melalui
lisan maupun
tulisan.
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah, siswa dapat menentukan nomina koordinatif yang terdapat dalam penggalan teks tersebut
dengan tepat.
|
11
|
B
|
10.
|
3.3 Menganalisis teks
cerita sejarah,
berita, iklan,
editorial/opini, dan
cerita fiksi
dalam novel baik melalui
lisan maupun
tulisan
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah, siswa dapat menentukan frasa yang bukan merupakan kelompok nomina yang terdapat dalam
penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
13
|
E
|
11.
|
4.1 Menginterpretasi teks cerita seja-
rah,
berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah, siswa dapat menentukan makna kata (direduksi) yang terdapat dalam penggalan teks tersebut
dengan tepat.
|
14
|
A
|
12.
|
3.4 Mengevaluasi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah, siswa
dapat menentukan pernyataan yang tidak
sesuai dengan isi penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
15
|
E
|
13.
|
4.1 Menginterpretasi teks cerita seja-
rah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi
dalam novel baik melalui
lisan maupun
tulisan
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan penggalan teks cerita sejarah, siswa dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut.
|
1
|
E
|
14
|
4.1 Menginterpretasi teks cerita seja-
rah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi
dalam novel baik melalui
lisan maupun
tulisan
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan penggalan teks cerita sejarah, siswa dapat menentukan isi paragraf tersebut dengan tepat.
|
4
|
E
|
15.
|
4.1 Menginterpretasi teks cerita seja-
rah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi
dalam novel baik melalui
lisan maupun
tulisan
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan penggalan teks icerita sejarah, siswa dapat menentukan kata yang tidak termasuk proses nominalisasi
yang didapatkan dari penggalan teks
tersebut dengan tepat.
|
6
|
D
|
16.
|
4.1 Menginterpretasi teks cerita seja-
rah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi
dalam novel baik melalui
lisan maupun
tulisan
|
Teks cerita sejarah
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah, siswa
dapat menentukan niali-nilai kear ifan yang dapat dipeik dari penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
16
|
A
|
17
|
4.3 Menyunting teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks berita
|
Disediakan sebuah penggalan teks betari, siswa dapat menentukan
hasil suntingan dari penggalan teks
berita tersebut dengan tepat.
|
17
|
E
|
18
|
4.1 Menginterpretasi teks cerita seja-
rah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi
dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks berita
|
Disediakan sebuah penggalan teks berita, siswa menentukan
jawaban dari isi penggalan teks
tersebut dengan tepat.
|
18
|
E
|
19
|
3.3 Menganalisis teks
cerita sejarah,
berita, iklan,
editorial/opini, dan
cerita fiksi
dalam novel baik melalui
lisan maupun
tulisan
|
Teks berita
|
Disediakan sebuah penggalan teks cerita sejarah, siswa
menentukan verba material yang
terdapat dalam penggalan teks tersebut
dengan tepat.
|
19
|
E
|
20
|
3.4 Mengevaluasi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks berita
|
Disediakan sebuah penggalan teks berita, siswa menentukan
subjek pada penggalan teks tersebut
dengan tepat.
|
20
|
C
|
21
|
4.1 Menginterpretasi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks berita
|
Disediakan sebuah penggalan teks berita, siswa menentukan
makna kata (mitigasi) yang terdapat dalam penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
21
|
D
|
22
|
3.3 Menganalisis teks
cerita sejarah,
berita, iklan,
editorial/opini, dan
cerita fiksi
dalam novel baik melalui
lisan maupun
tulisan
|
Teks berita
|
Disediakan sebuah kalimat dari penggalan teks berita,
siswa menentukan pernyataan yang sesuai dengan kebahasaan dari penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
22
|
E
|
23
|
4.1 Menginterpretasi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks berita
|
Disediakan sebuah penggalan teks berita, siswa menentukan
makna kata (repatriasi) yang terdapat dalam penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
23
|
B
|
24
|
3.3. Menganalisi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks berita
|
Disediakan sebuah kalimat dari penggalan teks berita,
siswa menentukan keterangan waktu yang
terdapat penggalan teks tersebut
dengan tepat.
|
24
|
E
|
25
|
3.3. Menganalisi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
|
Teks berita
|
Disediakan sebuah penggalan teks berita, siswa menentukan
kata yang bermakna konotatif yang terdapat dalam penggalan teks tersebut dengan tepat.
|
25
|
D
|
26
|
Menganalisis teks berita
|
Teks berita
|
Menentukan arti istilah yang terdapat dalam paragraf
|
26
|
|
27
|
Menentukan peristiwa yang ada dalam teks berita
|
27
|
|
28
|
Melengkapi
paragraf dengan istilah yang tepat
|
28
|
|
29
|
Membandingkan teks
berita
|
Menentukan persamaan
isi kedua teks berita
|
29
|
|
30
|
Menentukan perbedaan
isi kedua teks berita
|
30
|
|
31
|
Mengevaluasi teks
berita berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
Kalimat efektif
|
Disajikan sebuah
paragraf, siswa dapat menentukan perbaikan kalimat bercetak miring menjadi kalimat efektif
|
36
|
|
32
|
Disajikan sebuah
paragraf, siswa dapat menentukan alasan kalimat bercetak miring tersebut tidak efektif
|
37
|
|
33
|
Disajikan sebuah
kalimat, siswa dapat menentukan kalimat yang sepola dengan kalimat tersebut.
|
37
|
|
34
|
Menganalisis teks iklan
|
Teks iklan
|
Disajikan sebuah iklan,
siswa dapat menentukan maksud iklan tersebut
|
39
|
|
35
|
Disajikan teks iklan,
siswa dapat menentukan kalimat fakta yang terdapat dalam iklan tersebut
|
40
|
|
36
|
Disajikan teks iklan,
siswa dapat menentukan kalimat opini
yang terdapat dalam iklan tersebut
|
41
|
|
37
|
Mengevaluasi teks iklan berdasarkan kaidah-kaidah
|
Disajikan sebuah iklan,
siswa dapat menentukan kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat
|
42
|
|
38
|
Menginterpretasikan
makna teks berita
|
Teks berita
|
Menentukan kalimat
tidak langsung dengan tepat
|
31
|
|
39
|
Menentukan pokok
informasi yang ada dalam berita
|
32
|
|
40
|
Menentukan kalimat
pernyataan yang sesuai dengan isi teks
berita
|
33
|
|
41
|
Menentukan kalimat
pertanyaan yang sesuai dengan isi teks
berita
|
34
|
|
42
|
Menentukan kalimat
simpulan yang sesuai dengan isi teks
berita
|
35
|
|
43
|
Menginterpretasikan
makna teks berita
|
Teks iklan
|
Disajikan sebuah iklan,
siswa dapat menentukan tujuan iklan tersebut
|
43
|
|
44
|
Disajikan sebuah iklan,
siswa dapat menentukan opini yang ada dalam iklan tersebut
|
44
|
|
45
|
Disajikan teks iklan,
siswa dapat menentukan kalimat fakta yang terdapat dalam iklan tersebut
|
45
|
|
46
|
Iklan Baris
|
Disajikan teks iklan baris, siswa dapat menentukan maksud
iklan tersebut
|
46
|
|
47
|
Disajikan iklan baris,
siswa dapat menentukan kalimat yang tidak sesuai dengan isi teks iklan tersebut
|
47
|
|
48
|
Menyunting teks berita, teks iklan
|
Ejaan
|
Disajikan sebuah
kalimat, siswa dapat menentukan penulisan ejaan yang tidak tepat
|
48
|
|
49
|
singkatan
|
Disajikan sebuah
kalimat, siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan singkata kata yang
tepat
|
49
|
|
50
|
Tanda baca
|
Disajikan sebuah
kalimat, siswa dapat menentukan alasan kesalahan tanda baca dalam kalimat
tersebut dengan tepat
|
50
|
|