Monday 28 October 2019

Kumpulan soal bahasa Indonesia kelas XII

advertise

Advertise
Kumpulan soal bahasa Indonesia latihan/ persiapan UNBK kelas XII

1. Cermati paragraf berikut!
Kita tak dapat mencegah bunga yang satu tumbuh berbeda dari bunga lainnya. Sama juga halnya seperti kultur. Kita tidak dapat mencegah kultur yang satu tumbuh berbeda dari kultur lainnya. Menyeragamkan kultur tidaklah mungkin, setidakmungkinnya seperti kita menyeragamkan tumbuhnya bunga-bunga. Itulah kearifan budaya yang diberikan oleh keanekaragaman alami zamrud khatulistiwa bumi Indonesia ini.
Maksud dari kalimat yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah … 
A. Pencegahan pertumbuhan kebudayaan saat ini sangatlah tidak mungkin.
B. Perbedaan kebudayaan di Indonesia tidak dapat diseragamkan.
C. Pertumbuhan kebudayaan sama seperti tumbuhnya bunga-bunga.
D. Perbedaan kebudayaan di Indonesia sama seperti tumbuhnya bunga-bunga.
E. Pertumbuhan kebudayaan saat ini tidak dapat dicegah oleh siapa pun.
Jawaban: B

Pembahasan:

Maksud dari kalimat menyeragamkan kultur tidaklah mungkin, setidakmungkinnya seperti kita menyeragamkan tumbuhnya bunga-bunga adalah perbedaan kebudayaan di Indonesia tidak dapat diseragamkan. Opsi jawaban A pencegahan pertumbuhan kebudayaan saat ini sangatlah tidak mungkin tidak sesuai dengan isi paragraf tersebut. Begitu pula opsi C, D, dan E. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.

2. Cermati kedua kutipan berikut!
Teks 1
Bahan pengawet dari bahan kimia berfungsi membantu mempertahankan bahan makanan dari serangan mikroba pembusuk serta memberikan tambahan rasa sedap dan manis. Contoh beberapa jenis zat kimia, seperti cuka, asam asetat, fungisida, antioksidan, in-package desiccant, ethylene absorbent, dan wax emulsion digunakan untuk melindungi buah dan sayuran dari ancaman kerusakan pascapanen serta untuk memperpanjang kesegaran masa pemasaran. Nitrogen cair dengan takaran yang tepat sering digunakan untuk pembekuan buah dan sayur sehingga  kesegaran dan rasanya dapat dipertahankan.
Teks 2
Peredaran bahan pengawet saat ini sangat tak terkendali, terlebih bahan pengawet yang bernama formalin dan boraks. Banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui dampak negatif dari bahan-bahan tersebut menambah leluasanya barang tersebut beredar di sekitar kita, apalagi tidak adanya pengawasan yang ketat. Padahal dampak atau efek yang ditimbulkan bagi kesehatan manusia bila mengonsumsi produk pangan yang tercemar oleh formalin atau bahan-bahan pengawet makanan lainnya sangat berbahaya, antara lain tenggorokan dan perut terasa terbakar, sakit menelan, mual, muntah dan diare, kemungkinan terjadi pendarahan, sakit perut yang hebat, sakit kepala, hipertensi, kejang, tidak sadar, hingga koma. Selain itu juga dapat terjadi kerusakan hati, jantung, otak, limpa, pankreas, sistem susunan saraf pusat, dan ginjal.
Kontradiksi isi kedua kutipan teks tersebut adalah … 
A. Bahan pengawet melindungi hasil pertanian dari serangan bakteri, selain itu bahan pengawet juga digunakan untuk produk makanan dan hasil perkebunan.
B. Bahan pengawet dapat mempertahankan bahan makanan dari mikroba pembusuk dan menjaga kesegarannya, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada organ tubuh bagian dalam manusia.
C. Bahan pengawet berdampak positif pada makanan dan produk pertanian dan hasil perkebunan, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada seluruh organ tubuh manusia.
D. Bahan pengawet dapat mempertahankan kesegaran makanan dan hasil perkebunan, tetapi bahan pengawet dapat mengganggu stabilitas pertumbuhan organ tubuh manusia.
E. Bahan pengawet dapat menambah rasa pada sebagian besar produk makanan, akan tetapi bahan pengawet akan merusak sistem saraf otak manusia.
Jawaban: B

Pembahasan:
Menurut KBBI arti kata kontradiksi ialah pertentangan antara dua hal yg sangat berlawanan atau bertentangan. Kontradiksi teks 1 dan teks 2 terdapat pada inti sari setiap teks. Teks 1 membahas sisi positif bahan pengawet, sedangkan teks 2 membahas sisi negatif bahan pengawet. Jadi, jawaban yang tepat adalah B Bahan pengawet dapat mempertahankan bahan makanan dari mikroba pembusuk dan menjaga kesegarannya, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada organ tubuh bagian dalam manusia.


3. Cermati paragraf berikut!
Peta gempa nasional idealnya terus dimutakhirkan seiring dengan adanya penemuan baru, kebaruan metodologi, serta teknik perhitungan. Dari data penambahan sumber-sumber gempa ini, pada akhirnya akan dibuat peta gempa nasional. Revisi data sumber gempa ini akan menjadi dasar perhitungan bagi penentuan Standar Nasional Indonesia untuk kekuatan … bangunan atau infrastruktur.
 Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. material
B. kontrol
C. mobilitas
D. modifikasi
E. Konstruksi.

Jawaban E

Pembahasan: Paragraf yang baik adalah paragraf yang memiliki keterpaduan makna dan isi. Agar paragraf tersebut kohesif dan koheren kita menggunakan istilah yang tepat sehingga akan menghasilkan keterpaduan makna dan isi dalam suatu pargraf. Jawaban yang tepat untuk mengisi paragraf di atas adalah E.


4. Cermati paragraf (tesis) dan kalimat-kalimat argumentasi berikut!
Tesis
Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama Latin Aloe vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Kalimat-kalimat argumentasi
(1)
Lidah buaya mempunyai efek antibakteri dan antijamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat karena memiliki aktioksidan yang kuat, mengangkat radikal bebas, dan melindungi tubuh.
(2)
Daun lidah buaya agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, bagian samping bergerigi, dan mempunyai bintik-bintik.
(3)
Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya menurunkan kadar gula.
(4)
Biasanya tanaman ini ditanam di dalam pot atau pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias.
(5)
Daun lidah buaya mengandung air, oleh sebab itu tanaman ini dapat bertahan hidup di tempat yang memiliki suhu panas.
Kalimat argumentasi yang dapat mendukung tesis tersebut adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5).
Jawaban B

Pembahasan:
Paragraf yang baik harus memiliki keterpaduan makna dan isi. Agar memiliki keterpaduan makna dan isi kita menggunakan kata dan kalimat yang berkaitan dengan Tesis paragraf eksposisi di atas. Jawaban yang tepat untuk soal nomor 4 di atas adalah B.

5. Cermati kalimat tanya berikut! 
Sudahkah Anda menggunakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil?
Kalimat perintah yang santun sebagai pengganti kalimat tanya tersebut adalah ...
A. Gunakanlah sabuk pengaman saat Anda mengendarai mobil!
B. Pakai sabuk pengaman kalau Anda mengendarai mobil!
C. Ikatlah sabuk pengaman ketika Anda mengendarai mobil!
D. Kencangkan sabuk pengaman kalau Anda mengendarai mobil!
E. Tariklah sabuk pengaman jika Anda mengendarai mobil!
Jawaban A

Pembahasan:

Kalimat perintah yang santun sebagai pengganti kalimat tanya adalah A gunakanlah sabuk pengaman saat Anda mengendarai mobil! Kalimat tersebut paling santun dan nyambung dengan kalimat tanya di atas. Opsi B, C, D, E kurang sesuai dan tidak nyambung dengan kalimat tanya di atas.

6. Cermati teks negosiasi berikut! 
Wali kelas
:
Anto, bagaimana rencana studi wisata ke Tanjung Bira, apakah semua temanmu setuju?”
Ketua kelas
:
Saya sudah berbicara dengan teman-teman, Bu. Mereka ingin studi wisata ke Pantai Marina saja Bu.”
Wali kelas
:
Wah kenapa bisa begitu?”
Ketua kelas
:
Kalau Tanjung Bira sekolah kita sudah sangat sering berkunjung ke sana, Bu sedangkan Pantai Marina belum pernah sama sekali.”
Wali kelas
:
Bagaimana ya, Ibu sudah membicarakannya dengan kepala sekolah. Beliau setuju.”
Ketua kelas
:
Tapi kalau ke Tanjung Bira, teman-teman banyak yang tidak ikut.”
Wali kelas
:
Anto, Ibu sudah mempersiapkan semuanya.”
Ketua kelas
:
…”
Wali kelas
:
Baiklah kalau begitu, laporkan ke ibu hasilnya.”
Ketua kelas
:
Baik, Bu.”
Kalimat berupa pengajuan usulan yang santun untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Ibu tidak usah susah-susah menghadapi persoalan ini biar kami yang menyelesaikan persoalan ini.
B. Kalau begitu kita laporkan saja masalah ini kepada kepala sekolah biar kapok mereka pasti ada penghasutnya, Bu.
C. Begini saja Bu, biar saya dan teman-teman yang menghadap ke kepala sekolah dan menceritakan rencana ini.
D. Bu, teman-teman itu tidak mengerti kondisi kita sebagai panitia dan kesulitan Ibu, mereka mau enaknya sendiri.
E. Bu, serahkan saja kepada saya soal mereka tidak setuju ke Tanjung Bira. Mereka nggak ada perasaan, memang mudah ngelolanya.
Jawaban C

Pembahasan:


Kalimat pengajuan usulan yang santun untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah opsi C  Begini saja Bu, biar saya dan teman-teman yang menghadap ke kepala sekolah dan menceritakan rencana ini.

Kalimat tersebut paling santun dan nyambung dengan paragraf tersebut. Opsi A, B, D, E kurang sesuai dan tidak nyambung dengan paragraf tersebut.

7. Cermati kedua kutipan berikut! 
Teks 1
Salju merupakan salah satu fenomena alam yang menarik saat musim dingin tiba. Salju menjadi apik karena kristal-kristal es yang lembut dan putih seperti kapas ini hanya muncul secara alami di wilayah beriklim subtropis, yaitu yang memiliki empat musim. Salju juga dapat ditemukan di tempat-tempat tertinggi, seperti di Puncak Gunung Jayawijaya, Papua.
Teks 2
Tsunami terjadi karena adanya gerakan vertikal pada kerak bumi yang dapat diakibatkan oleh letusan gunung api, gempa bumi, longsor, maupun meteor yang jatuh ke bumi. Hal tersebut dapat mengakibatkan air di dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba sehingga mengganggu keseimbangan air yang berada di atasnya. Ketidakseimbangan ini menyebabkan terjadinya aliran energi air laut, ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar sehingga terjadi tsunami.
Perbedaan pola penyajian (struktur teks) yang sesuai dengan kedua kutipan tersebut adalah bagian ....

Teks 1
Teks 2
A.
 pernyataan
 interpretasi
B.
 interpretasi
 sebab akibat
C.
 sebab akibat
 interpretasi
D.
 pernyataan umum
 sebab akibat
E.
 sebab akibat
 pernyataan umum
Jawaban D

Pembahasan:

Perbedaan pola penyajian (struktur teks) yang sesuai dengan kedua kutipan tersebut adalah D teks 1 pernyataan umum, teks 2 sebab akibat.


8. Cermati kedua teks berikut! 
Teks 1
Banjir tidak mungkin datang begitu saja tanpa penyebab. Terjadinya banjir setidaknya disebabkan oleh dua faktor. Faktor yang memengaruhinya, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam dapat berupa curah hujan yang tinggi, letak geografis berada lebih rendah dari permukaan laut, adanya pasang naik air laut, dan daerah terletak pada cekungan, sehingga jalan keluar air jadi sempit. Kecerobohan manusia, seperti membuang sampah sembarangan dan penebangan hutan secara liar, merupakan faktor manusia yang dapat menyebabkan terjadinya banjir.
Teks 2
Tsunami terjadi karena adanya gerakan vertikal pada kerak bumi yang dapat diakibatkan oleh letusan gunung api, gempa bumi, longsor, maupun meteor yang jatuh kebumi. Hal tersebut dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, sehingga mengganggu keseimbangan air yang berada diatasnya. Ketidak seimbangan ini menyebabkan terjadinya aliran energi air laut yang ketika sampai dipantai menjadi gelombang besar, sehingga terjadi tsunami.

 Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
bahasa tidak baku
ejaan baku
B.
ejaan tidak baku
ejaan baku
C.
ejaan baku
ejaan tidak baku
D.
kata tidak baku
kata-kata baku
E.
struktur kalimat tidak baku
struktur kalimat baku

Jawaban C.

Pembahasan:

 Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah C teks 1 ejaan baku, teks 2 ejaan tidak baku.

9. Cermati paragraf berikut! 
Kita tidak boleh langsung mempercayai berita-berita yang beredar saat ini. Mungkin saja berita itu tidak benar yang akhirnya akan mengganggu ketenangan kita. Oleh sebab itu, sebaiknya kita mencek kebenaran berita tersebut agar kita tidak terjebak keburukan-keburukan yang lebih jauh lagi.
Perbaikan kata berimbuhan yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. mempercayai, memcek
B. memercayai, mengcek
C. memercayai, mengecek
D. menpercayai, mengcek
E. memercayai, mecek.
Jawaban C
Pembahasan:

Perbaikan kata berimbuhan yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah memercayai dan mengecek.

Kata dasar memercayai adalah percaya, sedangkan mengcek kata dasarnya cek.
10. Cermati paragraf berikut!
(1) Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. (2) Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker, sedangkan dampaknya tidak terlalu besar. (3) Teh juga dapat menguatkan tulang. (4) Teh dapat mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi, sehingga mencegah gigi berlubang. (5) Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air putih, teh juga dapat melawan penyakit jantung.
Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kesalahan kalimat tersebut yang disertai alasannya adalah ...
A. Kalimat (1), kata mempunyai seharusnya dipunyai karena dapat diikuti objek.
B. Kalimat (2), konjungsi sedangkan tidak tepat karena menyatakan klausa yang berlawanan seharusnya menggunakan konjungsi meskipun.
C. Kalimat (3), struktur pola kalimat tidak tepat karena kata berimbuhan me-selalu diikuti pelengkap.
D. Kalimat (4), penggunaan konjungsi sehingga tidak tepat seharusnya konjungsi dan karena klausanya sejajar.
E. Kalimat (5), kata seperti seharusnya diletakkan di awal kalimat karena kata tersebut menyatakan perbandingan.


Jawaban D

3 comments:

  1. nomor 2 jawabanya A.Bahan pengawet melindungi hasil pertanian dari serangan bakteri, selain itu bahan pengawet juga digunakan untuk produk makanan dan hasil perkebunan.

    ReplyDelete
  2. 9 C, dalam kbbi ga ada mengcek adanya mengecek

    ReplyDelete