Kunci Dan
pembahasan
Kunci dan Pembahasan
1. D
Petunjuk
Buang yang bukan
bagian struktur eksposisi lalu pahami bahwa tesis hanya berupa pernyataan,
argumentasi hanya berisi alasan atas tesis, dan penegasan ulang adalah
pernyataan tesis yang dilengkapi oleh argumentasi.
Pembahasan
Ciri tesis
biasanya singkat dan mengandung tema. Ia belum memiliki pembuktian dan alasan,
sedangkan argumentasi biasanya hanya berupa penunjukan fakta dan alasan.
Kutipan teks di atas justru mengandung dua hal (bisa jadi merupakan gabungan
antara tesis dan argumentasi): pernyataan penulis dan pemberian alasan. Dengan
demikian, ini adalah bagian dari penegasan ulang.
2. E
Petunjuk
Karena penegasan
ulang muncul pada akhir teks, kalian dapat mencari kata hubung yang digunakan
di dalam kalimat terakhir.
Pembahasan
Tesis dapat
ditegaskan kembali pada akhir teks dengan menggunakan kata hubung yang
menunjukkan hubungan sebab-akibat. Kata yang dimaksud muncul pada kalimat
terakhir, yaitu kata jadi. Namun, yang dapat menjadi catatan adalah kata
bahkan. Kata bahkan memang muncul untuk memberikan makna penegasan, tetapi
penegasan yang dilakukan hanya sebatas menegaskan kembali contoh, bukan
menegaskan tesis.
Pada opsi yang, kata yang digunakan sebagai penanda keterangan perluasan kemudian kata selain it serta dan digunakan sebagai penanda tambahan.
Pada opsi yang, kata yang digunakan sebagai penanda keterangan perluasan kemudian kata selain it serta dan digunakan sebagai penanda tambahan.
3. E
Petunjuk
Salah satu jenis
pronomina adalah pronomina persona (kata ganti orang), cari yang bukan bagian
dari jenis tersebut!
Pembahasan
Pronomina atau
kata ganti adalah kata yang digunakan untuk menggantikan penggunaan nomina/kata
benda. Ada tiga jenis pronomina di dalam bahasa Indonesia,
yaitu pronomina persona, penunjuk, dan penanya. Anda, saya, mereka, kita
merupakan bagian dari pronomina persona (kata ganti orang). Kata warga
berjenis nomina (kata depan) dan bukan pronomina.
4. A
Petunjuk
Cari suatu
kalimat yang berisi pendapat yang bisa dijadikam sebagai fondasi/dasar
pemikiran! Pernyataan tersebut harus bisa dikembangkan dengan menambahkan
alasan atau pembuktian.
Pembahasan
Tesis adalah
suatu pernyataan/pandangan penulis tentang suatu permasalahan yang akan
dibuktikan oleh argumen.Oleh karena itu, kalimat yang dapat menjadi tesis ada
pada kalimat yang mengenai sumber daya alam sebagai alasan munculnya
peperangan.
Menurut John Rossa, hal yang tidak mungkin adalah wilayah kudeta yang hanya mencakup jakarta, padahal saat itu Partai Komunis Indonesia adalah partai yang cukup besar dengan simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Menurut John Rossa, hal yang tidak mungkin adalah wilayah kudeta yang hanya mencakup jakarta, padahal saat itu Partai Komunis Indonesia adalah partai yang cukup besar dengan simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Menurut para
pakar geologi, Afghanistan
ternyata menyimpan kandungan mineral yang melimpah yang mungkin menjadi
penyebab diluncurkannya serangan ke Afghanistan oleh Amerika.
Kedua kalimat
tersebut berisi argumen karena menyajikan bukti berdasarkan pernyataan ahli.
5. C
Petunjuk
Carilah kalimat
yang mengandung alasan untuk membuktikan tesisnya. Pahami dan perhatikan bahwa
tesis akan muncul di bagian awal teks dan argumentasi muncul setelahnya.
Pembahasan
Kalimat argumen
adalah kalimat yang berisi alasan atau pembuktian terhadap tesis yang
ditawarkan. Kalimat nomor 1 dan 2 berisi tesis eksposisi. Tesis ini kemudian
diperkuat dan dibuktikan oleh kalimat No 3 – 7. Kalimat No. 8 berisi penegasan
ulang atas tesis yang telah disampaikan.
6. E
Petunjuk
Jenis teks eksposisi dapat
diketahui dari kalimat-kalimat yang ada.
Pembahasan
Paragraf tersebut berjenis
eksposisi sebab-akibat karena berisi penjelasan berupa sebab dan akibat
sesuatu. Dalam paragraf tersebut dijelaskan penyebab siswa tawuran. Artinya,
paragraf tersebut berisi satu pernyataan akibat dan 2 pernyataan sebab.
7. A
Petunjuk
Cari di dalam
opsi, kalimat yang mengandung alasan. Pastikan alasan tersebut memperkuat bukan
memperlemah ataupun menyangkal.
Pembahasan
Setiap lawan
bicara yang mendengar pernyataan tesis kita biasanya akan mengajukan bentuk
pertanyaan mengapa? Mengapa kita memiliki sudut pandang semacam itu?
Dalam hal ini, kita membutuhkan suatu jawaban yang berisi alasan. Kita akan
mencari pendapat yang menguatkan tesis kita. Alasan kita harus kritis dalam
penggunaan bahasa yang baik dan benar adalah adanya anggapan bahwa bahasa yang
baik adalah bahasa yang taat pada aturan.
8. C
Petunjuk
Pahami dan ingat
struktur teks eksposisi yang harus berurutan! Tesis-argumentasi-penegasan
ulang/simpulan.
Pembahasan
Teks eksposisi
di atas baru mengandung bagian tesis tanpa adanya argumentasi sehingga teks
yang dapat melanjutkan teks tersebut dan memiliki informasi yang padu ada pada
kalimat sistem pilkada langsung yang selama ini dilaksanakan telah membuka
ruang bagi aspirasi rakyat untuk menentukan sendiri kepala daerahnya.
Kalimat tersebut memberikan kita pemahaman mengenai alasan mengapa hal tersebut
dianggap sebagai kemunduran dalam berpolitik.
9. D
Petunjuk
Ide utama biasanya
adalah kalimat yang paling umum. Bisa berada di awal paragraf atau diakhir
paragraf.
Pembahasan
Kutipan itu
menenjelaskan beberapa tahap pembuatan pancake karena sesuai dengan yang
dujekaskan dalam teks.Pilihan yang lain salah karena masih berupa ide pendukung
atas ide utama yang ada dalam teks tersebut.
10. D
Petunjuk
Pada kalimat
pertama sudah terlihat pola pengembangan yang akan diambil.
Pembahasan
Teks tersebut
membandingkan permainan Bulutangkis dan Tenis lapangan.
11. C
Petunjuk
Pengembangan
proses biasanya membutuhkan konjungsi tahapan atau lainnya.
Pembahasan
Teks itu
menjelaskan tahap- tahap mengatasi rasa gugup di depan khalayak. Perincian
setiap kalimat yang diawali dengan kata pertama kedua, dan ketiga merupakan
bahasa penahapan sesuatu.
12. Petunjuk
Pola
pengembangan dapat kita lihat dari makan atau konjungsi yang dipakai dalam
teks.
Pembahasan
Teks tersebut
menjelaskan empat siswa sebagai atlit olahraga di bidang masing- masing bukan
seluruh siswa.
13. A
Petunjuk
Sebuah teks akan
dibandingkan dan dianalisis mengenai isi atau kandungannya, strukturnya, serta
penggunaan bahasa sebagai media.
Pembahasan
Hal yang bisa
dibandingkan antara dua teks eksposisi yaitu bahasa dan strukturnya. Dalam
perbandingan ini, kedua teks eksposisi akan ditelaah kelengkapan struktur
isinya apakah lengkap atau tidak. Dalam hal bahasa yang digunakan pun teks
eksposisi akan dibedah, apakah kalimat yang digunakan efektif, tanda baca yang
digunakan sesuai, paragraf yang disusun padu dan apakah kalimat mengandung
unsur kalimat yang benar.
14. E
Petunjuk
Baca teks dengan
saksama dan temukan kejanggalan dalam teks tersebut. Kejanggalan ini bisa jadi
merupakan ciri dari jenis teks lain.
Pembahasan
Dalam teks
eksposisi di atas, penulis menginformasikan adanya mobil Mazda varian baru yang
memungkinkan pengendara tetap eksis di media sosial dalam mobil. Teks eksposisi
bersifat menjelaskan dan memaparkan tanpa adanya argumen pribadi. Sementara
dalam teks tersebut sangat jelas penulis mengemukakan argumen pribadinya dan
menggunakan pronomina “saya”.
15. A
Petunjuk
Teks memaparkan
bagaimana cara menulis karangan
Pembahasan
Ekposisi proses
menjelaskan tentang bagaimana mengerjakan sesuatu atau bagaimana sesuatu itu
bisa terjadi. Teks tersebut menjelaskan bagaimana langkah-langkah menulis.
Jadi, jawabannya benar yaitu eksposisi proses. Jawaban yang lain kurang tepat
karena tidak sesuai dengan teks
16 E
Petunjuk
Isi teks dapat
diamati dari kata hubung yang ada dalam teks.
Pembahasan
Jenis teks
eksposisi sebab-akibat berisi tentang pernyataan sebab yang menimbulkan akibat.
Dalam teks dijelaskan produksi ikan hasil tangkapan menurun. Hal tersebut
disebabkan oleh kondisi bulan yang terang dan gelombang laut yang tinggi. Oleh
karena itu, jenis teks tersebut tergolong eksposisi sebab-akibat.
17. D
Petunjuk
Topik teks
eksposisi harus menggunakan bahasa baku
dan bukan kiasan.
Pembahasan
Cara
mengolah kerupuk nenas adalah jenis eksposisi proses karena menjelaskan
tentang bagaimana mengerjakan sesuatu atau lebih tepatnya cara mengolah nenas
menjadi kerupuk. Topik tentang Indahnya Alam Pedesaan lebih sesuai
jika dikembangkan menjadi karangan deskripsi. Topik tentang Sepotong Hati
yang Hilang lebih tepat digunakan untuk karangan narasi. Jenis karangan
argumentasi lebih tepat menggunakan topik Bahaya Bermain Judi.
Selanjutnya, untuk topik Generasi Muda Harapan Bangsa alangkah
bagusnya jika dikembangkan menjadi karangan persuasi.
18. A
Petunjuk
Inti
permasalahan adalah sesuatu yang sedang dibicarakan.
Pembahasan
Teks tersebut
membicarakan tentang pemicu pertengkaran dalam keluarga yaitu karena masalah
sepele. Pertengkaran kecil pada anak-anak merupakan salah satu contoh masalah
sepele. Masalah sepele tersebut yang akhirnya merambat pada permasalahan besar
karena sudah ada campur tangan orang tua. Hal inilah yang dijelaskan dalam
teks.
19 C
Petunjuk
Topik
pembicaraan dapat diketahui secara eksplisit dari kalimat-kalimat pembangun
teks.
Pembahasan
Teks tersebut
menjelaskan tentang cara membersihkan kaca jendela. Kata kuncinya adalah lap
dan kaca jendela. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks adalah usahakan
mengelap lantai dengan gerakan dari atas ke bawah. Pernyataan tersebut
mengemukakan tentang cara mengelap lantai, sementara yang dibicarakan adalah
kaca jendela. Tentu saja pernyataan tersebut menyimpang dari topik yang
dibicarakan
20 E
Petunjuk
Topik
pembicaraan dapat dikeltahui dari kalimat-kalimat yang membangun teks tersebut.
Pembahasan
Untuk mengetahui
hal yang dibicarakan dalam teks, yang perlu kalian lakukan adalah membaca teks
tersebut secara utuh. Pada kalimat awal dikemukakan tentang perbedaan setiap
orang dalam memilih bahan bacaan. Kemudian, kalimat berikutnya menjelaskan
penyebab terjadinya perbedaan tersebut. Hal yang dibicarakan dalam teks
tersebut adalah pernyataan yang terdapat pada kalimat awal.
21 C
Petunjuk
Paragraf
tersebut terdiri dari kalimat-kalimat yang menyatakan proses sesuatu itu
berlangsung atau terjadi.
Pembahasan
Untuk
mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf yang padu, hal pertama yang harus
diperhatikan adalah mencari urutan yang pasti. Contoh pada urutan 5, 6, dan 7,
yaitu menuju meja kasir untuk melakukan pembayaran, setelah itu bayar makanan,
dan ke luar restoran. Ke tiga kalimat tersebut tidak dapat dipisahkan. Jadi
untuk memudahkan pengurutan, lihat pada opsion, manakah yang urutannya ada 5,
6, dan 7. Ternyata hanya opsion C saja yang urutannya seperti itu. Hal ini
sangat menguntungkan bagi kalian untuk mencari jawaban. Untuk meyakinkan apakah
urutannya sudah sistematis, maka perhatikan dari urutan awal yaitu 3, 4, 1, 2,
5, 6, 7. Jika sudah sistematis berarti jawabannya memang C.
22. E
etunjuk
Untuk melengkapi
paragraf rumpang, alangkah baiknya jika kalian lihat kalimat sebelumnya dan
kalimat sesudahnya.
Pembahasan
Paragraf
tersebut menjelaskan tentang pemilihan kentang. Untuk melengkapi paragraf
tersebut agar padu, kalian harus mencari kata kuncinya. Kata kunci terdapat
pada kalimat sebelumnya atau kalimat sesudahnya. Kalimat sebelumnya adalah Hal
pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang dan kalimat
sesudahnya adalah Jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan.Kata
kunci kedua kalimat itu adalah warna kentang. Tugas kalian adalah melihat kata
kunci dalam masing-masing opsion. Opsion yang memakai kata kunci tersebut
adalah Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan dan Warna
kentang sangat menarik dan bervariasi.Namun, yang paling sesuai adalah
yang Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
Paragraf
tersebut menjelaskan tentang pemilihan kentang. Untuk melengkapi paragraf
tersebut agar padu, kalian harus mencari kata kuncinya. Kata kunci terdapat
pada kalimat sebelumnya atau kalimat sesudahnya. Kalimat sebelumnya adalah Hal
pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang dan kalimat sesudahnya
adalah Jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan.Kata
kunci kedua kalimat itu adalah warna kentang. Tugas kalian adalah melihat kata
kunci dalam masing-masing opsion. Opsion yang memakai kata kunci tersebut
adalah Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan dan Warna
kentang sangat menarik dan bervariasi.Namun, yang paling sesuai adalah
yang Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
23. D
Pembahasan
Judul yang
sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah cara merawat tanaman
anggrek. Kenapa demikian? Alasannya judul tersebut bisa dikembangkan
menjadi tulisan yang berbentuk proses, yaitu cara menanam anggrek. Sementara,
jawaban pada opsion lain kurang mendukung untuk dijadikan tulisan berjenis
eksposisi proses.
24. C
Petunjuk
Kata berimbuhan
yang digunakan akan membuat kalimat tersebut mudah dipahami
Pembahasan
Mari kita bahas
per kalimat. Kalimat (1) Peraturan sekolah dibuat bukan untuk ... . Kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah dilanggar bukan
dilanggarkan. Kalimat (2) Namun, masih banyak siswa yang tidak ... hal
tersebut. Kata penghubung yang tepat untuk digunakan adalah memahami, bukan
dipahami atau pemahaman. Jika kita menggunakan kata dipahami maka subyeknya
(siswa) akan berubah posisinya sebagai obyek. Jadi kalimatnya akan seperti ini;
Hal tersebut tidak dipahami oleh banyak siswa. Kalimat (3) Mereka lebih
cenderung melakukan ... karena sanksi yang diberikan tergolong ringan. Kata
penghubung yang tepat adalah pelanggaran bukan langgaran.
25. B
Petunjuk
Arti kata sanksi
bisa kalian baca pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Pembahasan
Arti kata sanksi
berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hukuman. Dapat juga kita
menggunakan arti yang bersinonim seperti tindakan. Pemaknaannya disesuaikan
dengan kalimat yang dipakai. Namun, maknanya tetap sama yaitu balasan yang akan
diterima seseorang atas perbuatan yang telah dilakukannya. Jika kita maknai
sebagai nasihat, maka artinya akan berbeda.* Nasihat* artinya ajaran yang baik,
bukan balasan atas perbuatan. Begitu juga dengan kata aturan yang
artinya hasil perbuatan mengatur; hambatan memiliki makna sebuah
rintangan. Sementara itu, kata malapetaka artinya bencana atau
musibah.
26. B
Petunjuk
Kalimat berupa
isi terletak setelah kalimat pembukaan.
Pembahasan
Kalimat 2 s.d. 6 merupakan
pembahasan dari topik. Pembahasan berisi tentang penjelasan atau alasan dari
kalimat pembuka. Kalimat pembuka mengungkapkan tentang keinginan orang untuk
tetap sehat. Berdasarkan kalimat tersebut muncullah beberapa kalimat penjelas
yaitu bagaimana cara agar tubuh tetap sehat
27 E
Petunjuk
Penegasan ulang
artinya menegaskan kembali pernyataan yang telah dikemukakan pada pernyataan
awal.
Pembahasan
Pada awal
paragraf ada pernyataan tentang sikap hati-hati dalam memilih pemborong
bangunan. Kalimat tersebut merupakan kalimat pembuka. Kalimat berikutnya berisi
tentang penjelasan terhadap kalimat awal. Kalimat-kalimat tersebut merupakan
pembahasan paragraf. Untuk mengingatkan pembaca terhadap apa yang hendak
disampaikan, hal ini ditegaskan kembali pada kalimat terakhir. Kalimat tersebut
dinamakan penegasan ulang.
28. B
etunjuk
Amati kalimat
satu persatu agar menemukan jawaban pada pilihan.
Pembahasan
Pernyataan yang
ada dalam paragraf terdapat pada keempat opsion jawaban, kecuali opsion melakukan
olahraga setiap hari. Dalam teks hanya ada pernyataan melakukan olahraga
secara rutin. Secara rutin maksudnya memiliki prosedur yang teratur dan tidak
berubah-ubah. Jadi, melakukan olahraga tidak harus setiap hari. Bisa saja
olahraga dilakukan 3 kali dalam seminggu atau 2 kali dalam seminggu
29. E
Petunjuk
Untuk menentukan
kalimat pembuka, alangkah baiknya jika kalian baca paragraf tersebut dengan
cermat. Setelah itu barulah kalian mengetahui apa yang ingin diungkapkan dalam
paragraf tersebut.
Pembahasan
Kalimat
pembukaan paragraf terdapat pada awal paragraf. Jadi, langkah pertama yang
harus kalian lakukan adalah membaca keseluruhan isi paragraf. Kemudian, mencari
kata kunci masing-masing kalimat. Kata-kata kunci paragraf tersebut adalah
kelompok, siswa, gaya
hidup. Berdasarkan kata-kata kunci itu kalian dapat mencari kalimat pembuka
paragraf. Jawabannya adalah Di kelasku ada dua kelompok siswa berdasarkan gaya hidupnya.
30 C
Petunjuk
Kalimat berupa
isi terletak setelah kalimat pembuka.
Pembahasan
Kalimat 2 s.d. 5
merupakan pembahasan dari topik. Pembahasan berisi tentang penjelasan atau
alasan dari kalimat pembuka. Kalimat pembuka mengungkapkan tentang keadaan
stres yang bisa terjadi pada siapa pun. Berdasarkan kalimat tersebut muncullah
beberapa kalimat penjelas yaitu tahapan stres mulai dari awal sampai akhir.