Thursday, 23 October 2014

Pendalaman Materi Kelas 10



PENDALAMAN MATERI
Mata pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas, Program           : X MIA & IIS
Hari, tanggal                :
Waktu                         : 45 menit

1. Pahami kutipan teks berikut!
Sejarah memang telah membuktikan bahwa konflik selalu menimbulkan hal-hal negatif. Lihat saja Perang Dunia I, Perang Dunia II, yang kemudian dilanjutkan Perang Dingin. Kesemuanya muncul akibat adanya konflik.
Dalam teks eksposisi, kutipan teks di atas lebih tepat jika dimasukkan ke dalam bagian….


a.          Tesis
b.         Pernyataan umum
c.          Argumentasi
d.         Penegasan ulang
e.          Orientasi



2. Perhatikan teks berikut!
Bahasa Indonesia sebenarnya mampu menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang menggunakan bahasa Indonesia di negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan Brunei Darusalam yang sudah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di Australia, bahasa Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi, sudah sewajarnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan ASEAN.
Kata hubung yang digunakan sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di atas adalah….


a.          Yang
b.         selain itu
c.          bahkan
d.         dan
e.          jadi



3. Perhatikan teks eksposisi berikut!
Buku sejarah banyak yang mencatat bahwa Perang Dunia II dimulai karena Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939. Sumber-sumber konvensional menyalahkan pihak Jerman yang memulai perang yang paling mematikan sepanjang sejarah ini. Akan tetapi, tahukah Anda jika Jerman hanya melindungi warganya dari penyiksaan yang dilakukan warga Polandia pada bulan April tahun 1939. Kita dan dunia bahkan tidak tahu bahwa ada laporan yang menceritakan terjadi penganiayaan warga Jerman di perbatasan Danzig tanggal 13 April tahun yg sama. Ada banyak laporan penganiayaan, pengusiran, dan pembunuhan terhadap warga Jerman di seluruh wilayah Polandia.
Data-data tersebut membuat saya berkesimpulan bahwa Jerman melancarkan serangan hanya untuk melindungi warga dan mengamankan wilayah mereka.
Pronomina yang digunakan dalam teks di atas adalah sebagai berikut, kecuali….


a.          Anda
b.         Saya
c.          Mereka
d.         Kita
e.          warga



4. Di bawah ini kalimat yang mampu digunakan sebagai tesis dalam teks eksposisi adalah….
a.      Selain konflik, salah satu sebab yang dapat memicu perang adalah kebutuhan akan sumber daya alam.
b.      Menurut John Rossa, hal yang tidak mungkin adalah wilayah kudeta yang hanya mencakup jakarta, padahal saat itu Partai Komunis Indonesia adalah partai yang cukup besar dengan simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
c.    Candi merupakan bangunan peribadatan pada masa purba yang merupakan peninggalan Hindu-Budha.
d.  Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi budaya masyarakatnya   
e.          Menurut para pakar geologi, Afghanistan ternyata menyimpan kandungan mineral yang melimpah yang mungkin menjadi penyebab diluncurkannya serangan ke Afghanistan oleh Amerika.



5. Perhatikan teks eksposisi berikut!

(1) Struktur bahasa akan memengaruhi pembentukan budaya serta tingkah laku.(2) Demikianlah teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf. (3) Satu contoh yang pernah penulis temukan adalah mengenai perbedaan struktur bahasa jerman dengan bahasa Indonesia. (4)Dalam banyak hal, Struktur kalimat kompleks bahasa Jerman menekankan posisi predikat ada pada bagian akhir kalimat. (5)Jika kita ingin membentuk kalimat saya mau meminum kopi di kafe dalam bahasa Jerman, bentuk yang muncul adalah Ich moechte im kaffee einen kaffee trinken. (6)Bentuk kata trinken ‘meminum’ muncul pada bagian akhir kalimat. (7)Proses seperti ini ternyata berpengaruh pada cara orang Jerman yang selalu berusaha untuk tidak memotong pembicaraan saat berkomunikasi antarsesama. (8)Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi budaya masyarakatnya.
Kalimat yang menunjukkan letak bagian argumen muncul pada nomor….


a.          1, 3, dan 4
b.         2, 3, dan 5
c.          3, 4, dan 5
d.         2, 5, dan 6
e.          2, 7, dan 8



6. Tawuran kerap terjadi antarsiswa pada sekolah yang berbeda. Penyebabnya kadang masalah sepele seperti saling menertawakan. Penyebab lainnya adalah ketika kalah dalam sebuah pertandingan antarsekolah.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....


a.          Proses
b.         Definisi
c.          Klasifikasi
d.         Perbandingan
e.          sebab-akibat



7. Perhatikan tesis berikut!
Bersikap Kritis dalam menerapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Kalimat yang tepat sebagai argumen yang mendukung tesis di atas adalah….
a.          Perlunya standardisasi pemakaian bahasa karena bahasa yang baik adalah bahasa yang konsisten dengan aturan yang telah dibuat.
b.         Benar salahnya bahasa bukanlah hal yang mahapenting menurut Kridalaksana.
c.          Sulit menerapkan aturan dan kaidah berbahasa dalam keseharian.
d.         Balai Bahasa tidak gencar dalam menyosialisasikan kaidah kebahasaan kepada masyarakat.
e.          Pembelajaran bahasa di sekolah selama ini tidak terfokus pada masalah tata bahasa.

8. Rencana penghapusan pilkada langsung menuai kecaman oleh sebagian besar masyarakat. Sebagian mengatakan bahwa penghapusan pilkada langsung bukanlah sebuah kemajuan, melainkan kemunduran berpolitik....
Teks yang tepat untuk melanjutkan eksposisi di atas ….
a.          Menurut beberapa anggota DPR, pilkada langsung hanya memboroskan anggaran negara.
b.         Sistem demokrasi keterwakilan rentan politik uang dan nepotisme.
c.          Sistem pilkada langsung yang selama ini dilaksanakan telah membuka ruang bagi aspirasi rakyat untuk menentukan sendiri kepala daerahnya.
d.         Pendemo akan mengancam menduduki gedung DPR jelang pengesahan RUU Pilkada.
e.          Demokrasi keterwakilan identik dengan sistem demokrasi.

9. Baca cermat teks berikut!
Ibu mengajariku bagaimana cara membuat pancake coklat hari Minggu yang lalu. Pertama, Ibu menyiapkan berbagai bahan dan alat untuk membuatnya seperti mentega, telur, susu fullcream, tepung pancake , dan keju. Setelah itu semua bahan dicampur. Kemudian siapkan wajan.Jika wajan sudah panas masukkan bahan yang telah siap dan panggang sampai mongering. Setelah kering ,ambil dari wajan lalu sajikan di atas piring bersih.
Ide utama teks di atas adalah….
a.          Pancake coklat
b.         Macam-macam bahan pancake
c.          Cara mencampur bahan pancake.
d.         Tahap membuat pancake coklat.
e.          Cara menyajikan pancake coklat.


10. Baca cermat teks berikut!
Tenis lapangan dan Bulutangkis memiliki beberapa perbedaan dan persamaan. Keduanya termasuk dalam olahraga perseorangan maupun beregu. Pada Tenis lapangan senar yang digunakan jauh lebih kuat dan tebal dibanding senar pada raket Bulutangkis. Bola yang digunakan pada Tenis lapangan juga lebih berat disbanding dengan shuttlecock pada Bulutangkis. Alkan tetapi, keduanya menggunakan net di antara pemain untuk membatasi dan garis pembatas untuk menentukan area lapangan permainan.
Pola pengembangan yang digunakan dalam teks tersebut….
a.          Ilustrasi
b.         sebab- akibat
c.          definisi
d.         perbandingan
e.          pengembangan proses

11. Baca cermat teks berikut!
Tahukah Anda cara untuk mengatasi rasa gugup saat Anda ingin memaparkan hasil kerja di depan publik. Pertama, persiapkan bahan yang akan Anda paparkan secara maksimal. Kedua, kuasailah materi sedetail mungkin. Ketiga, latihlah mimik wajah dan gerak tubuh Anda di depan cermin. Keempat, perhatikan benar penampilan Anda saat tampil di depan khalayak agar rasa percaya diri meningkat. Kelima, tarik nafar dalam dan tenangkan diri sebelum mulai.
Kutipan tersebut dikembangkan dengan pengembangan proses karena….
a.          Berisi cara tampil di depan umum.
b.         Berisi cara menguasai materi.
c.          Berisi tahap-tahap mengatasi rasa gugup di depan umum.
d.         Berisi cara menghapalkan materi di depan umum.
e.          Berisi cara melatih mimic wajah dan grtak tubuh di depan umum.

12. Baca cermat teks berikut!
Andi siswa kelas XII IPA 6 merupakan kapten tim basket SMA Nusa Bangsa. Hafiz merupakan striker andalan tim futsal SMA Nusa Bangsa. Sedangkan Luisa sebagai atlet renang SMA Nusa Bangsa. Boby atlet sepatu roda SMA Nusa Bangsa. Jadi, siswa- siswa kelas XII IPA 6 adalah atlet olahraga.
Teks di atas termasuk eksposisi generalisasi karena.…
a.          Menjelaskan pentingnya olahraga.
b.         Ada beberapa siswa yang atlit olahraga.
c.          Seluruh siswa XII IPA 6 gemar olahraga
d.         Membandingkan semua siswa XII IPA 6 sama seperti empat atlet tersebut.
e.          Menyatakan semua siswa kelas XII IPA 6 pandai berolah raga.

13. Hal yang dapat dibandingkan dari dua teks eksposisi adalah....
a.          Bahasa dan Struktur
b.         Struktur
c.          Bahasa
d.         Bentuk dan Struktur
e.          Bentuk dan Bahasa

14. Bacalah dengan cermat!
www.jogjasprei.com memang sangat mengerti dengan kebutuhan konsumennya. Hal ini terbukti dengan dikeluarkannya berbagai macam produk baru. Produk baru itu antara lain sprei, selimut bola, dan bedcover. Di sini, konsumen akan mendapatkan sprei dan selimut terkenal dengan harga yang murah. Menurut saya, inilah yang menjadi daya tarik www.jogjasprei.com
Kutipan di atas akan menjadi teks eksposisi jika kita menghilangkan kalimat nomor .…
a.          Pertama
b.         Kedua
c.          Ketiga
d.         Keempat
e.          Kelima



15. Langkah-langkah menulis sebagai berikut. Pertama, tentukan topik.Kedua, kumpulkan data.* Ketiga, buat kerangka karangan. *Keempat, kembangkan kerangka menjadi tulisan. Kelima, tentukan judul karangan.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
a.          proses
b.         definisi
c.          klasifikasi
d.         perbandingan
e.          sebab-akibat

16. Nelayan di pesisir pantai Sumatra Barat menghadapi musim paceklik. Keadaan ini berlangsung selama dua minggu disebabkan bulan terang dan gelombang laut tinggi. Akibatnya, produksi ikan hasil tangkapan menurun.
Jenis teks eksposisi tersebut adalah ....
a.          proses
b.         definisi
c.          perbandingan
d.         klasifikas
e.          sebab-akibat

17. Topik yang sesuai untuk karangan eksposisi adalah ...
a.          Indahnya Alam Pedesaan
b.         Sepotong Hati yang Hilang
c.          Bahaya Bermain Judi
d.         Cara Mengolah Kerupuk Nenas
e.          Generasi Muda Harapan Bangsa

18. Permusuhan antara keluarga kadang berawal dari masalah sepele. Biasanya yang menjadi pemicu adalah masalah anak-anak. Misalnya saja, anak si A dengan tidak sengaja memukul anak si B sehingga membuatnya menangis. Si B merasa kurang senang sehingga memarahi anak si A. Si A yang mendengar informasi bahwa anaknya dimarahi jadi naik pitam. Akhirnya terjadilah pertengkaran kedua belah pihak dan kadang berujung kekerasan fisik.
Inti permasalahan tersebut adalah ...
a.          Masalah sepele sebagai pemicu pertengkaran dalam keluarga
b.         Kekerasan fisik dalam keluarga harus dihindarkan.
c.          Permusuhan dalam keluarga banyak disebabkan oleh anak.
d.         Pemukulan anak menjadi pemicu pertengkaran.
e.          Solusi masalah dapat ditemukan dengan musyawarah.

19. Membersihkan kaca jendela juga ada seninya. Jangan mengusap-usap lap secara berputar-putar. Usahakan mengelapnya dengan gerakan dari atas ke bawah. Kalau perlu diulangi secara sistematis dari kiri ke kanan.
Hal yang tidak dikemukakan dalam teks adalah ...
a.          Membersihkan kaca jendela ternyata memiliki seni.
b.         Jangan mengusapkan lap ke kaca jendela dengan cara berputar-putar.
c.          Usahakan mengelap lantai dengan gerakan dari atas ke bawah
d.         Mengelap kaca jendela boleh juga dilakukan dari kiri ke kanan.
e.          Mengelap kaca jendela juga ada seninya.

20. Setiap orang memiliki perbedaan dalam pemilihan bahan untuk dibaca. Perbedaan itu muncul karena adanya perbedaan umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, atau profesi yang berbeda. Selain itu, dapat pula disebabkan oleh tujuan membaca yang berbeda.
Hal yang dibicarakan dalam teks tersebut adalah ...
a.          Perbedaan setiap orang dalam memilih tempat membaca.
b.         Alasan orang untuk membaca bermacam-macam buku
c.          Penyebab orang membaca bermacam-macam buku.
d.         Perbedaan usia menyebabkan perbedaan memilih bacaan.
e.          Perbedaan setiap orang dalam memilih bacaan.

21. Cermatilah paragraf acak berikut!
Tata Cara Makan di Restoran:
1) Makan dengan santai
2) Meminta struk pembayaran kepada pelayan
3) Duduk pada tempat yang diinginkan
4) Pesan menu favorit
5) Menuju meja kasir untuk melakukan pembayaran
6) Membayar makanan
7) Ke luar restoran
Urutan yang tepat sehingga menjadi paragraf yang padu adalah ...
a.          1, 2, 4, 5, 3, 6, 7
b.         2, 5, 6, 4, 1, 6, 7
c.          3, 4, 1, 2, 5, 6, 7
d.         3, 1, 2, 5, 4, 6, 7
e.          5, 3, 4, 1, 2, 6, 7

22. Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oleh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ...
a.          Pilihlah kentang yang berukuran besar.
b.         Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.
c.          Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
d.         Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
e.          Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.

23. Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah ....
a.          Ayahku adalah Pahlawanku
b.         Bahaya Minuman Beralkohol Tinggi
c.          Cintaku Tersangkut di Pohon Mangga
d.         Cara Merawat Tanaman Anggrek
e.          Ciri-ciri Sekolah yang Baik

24. Peraturan sekolah dibuat bukan untuk ... . Namun, masih banyak siswa yang tidak ... hal tersebut. Mereka lebih cenderung melakukan ... karena sanksi yang diberikan tergolong ringan.
Kata berimbuhan yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a.          dilanggar, pemahaman, pelanggaran
b.         dilanggar, dipahami, pelanggaran
c.          dilanggar, memahami, pelanggaran
d.         dilanggarkan, paham, pelanggaran
e.          dilanggari, memahami, langgaran

25. Setiap siswa yang melanggar peraturan sekolah sebaiknya diberikan sanksi. Sanksi yang diberikan sesuai dengan tingkat kesalahan yang dilakukan. Jika kesalahan tergolong besar, sanksi yang diberikan juga besar. Sebaliknya, jika siswa hanya melakukan kesalahan kecil maka sanksinya juga kecil.
Arti kata sanksi pada paragraf tersebut adalah ....
a.          nasihat
b.         hukuman
c.          aturan
d.         hambatan
e.          malapetaka





26. Bacalah secara cermat!
(1) Tubuh sehat merupakan dambaan semua orang.
(2) Agar tubuh tetap sehat ada beberapa hal yang harus kita lakukan. 
(3) Pertama, biasakan mengkonsumsi makanan yang alami. 
(4) Kedua, minum air putih minimal 8 gelas sehari. 
(5) Ketiga, olahraga secara rutin,
(6) Keempat, meluangkan waktu untuk beristirahat. 
(7) Jika keempat hal tersebut dapat kita lakukan mudah-mudahan harapan kita untuk selalu sehat dapat terwujud.
Kalimat berupa isi terdapat pada nomor ....


a.          1, 2, 3, 4, dan 5
b.         2, 3, 4, 5, dan 6
c.          3, 4, 5, 6, dan 7
d.         1, 2, 3, dan 4
e.          2, 3, 4, dan 5



27. Bacalah secara saksama!
(1) Memilih pemborong bangunan harus hati-hati. 
(2) Jika salah pilih dapat mengakibatkan kerugian. 
(3) Pemborong yang kurang baik suka asal-asalan dalam bekerja.
(4) Yang penting dapat tender, kerja selesai sesuai target dan mendapat keuntungan besar.
(5) Oleh karena itu, hati-hatilah dalam memilih pemborong bangunan.
Kalimat berisi penegasan ulang terdapat pada nomor ....


a.          1
b.         2
c.          3
d.         4
e.          5



28. Dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tidak harus mengeluarkan biaya yang besar seperti ikut sanggar aerobik, fitnes, dsb. Tanpa biaya mahal pun kita dapat memiliki tubuh yang sehat. Caranya antara lain: minum air putih minimal 8 gelas sehari, istirahat yang cukup, olahraga secara rutin, dan mengkonsumsi makanan yang alami.
Pernyataan yang tidak ada dalam paragraf adalah ...
a.          Minum air putih sebanyak 8 gelas sehari
b.         Melakukan olahraga setiap hari
c.          beristirahat yang cukup
d.         Mengonsumsi makanan yang alami
e.          Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

29. ... . Kelompok pertama terdiri dari siswa-siswa yang memiliki gaya hidup mewah, berkelas, tetapi tidak punya tata krama. Kelompok kedua terdiri dari siswa-siswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, tetapi memiliki kecerdasan yang luar biasa. Tentu saja kelompok yang kedua ini memiliki gaya hidup sederhana.
Pembukaan yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a.          Gaya hidup manusia berbeda-beda sesuai dengan tingkat ekonomi
b.         Manusia diciptakan Tuhan dengan memiliki dua gaya hidup.
c.          Ada dua kategori manusia berdasarkan gaya hidupnya
d.         Di kelasku ada dua kelompok yang bergaya hidup mewah.
e.          Di kelasku ada dua kelompok siswa berdasarkan gaya hidupnya.

30. Bacalah dengan cermat !
(1) Stres dapat terjadi pada siapa pun. 
(2) Gejala awal stres adalah memiliki semangat besar dan enerjik. 
(3) Setelah itu, keadaan berubah menjadi rasa letih atau gangguan pencernaan.
(4) Kemudian keluhan keletihan semakin tampak dan disertai otot kejang. 
(5) Tahapan akhir ditandai dengan badan gemetar, napas sesak, dan akhirnya pingsan.
Struktur teks berupa isi terdapat pada kalimat nomor ....
a.          1, 2, 3, dan 4
b.         1, 3, 4, dan 5
c.          2, 3, 4, dan 5
d.         2, 3, dan 4
e.          3, 4, dan 5

Pembahasan Pendalaman Materi Kelas 10



Kunci Dan pembahasan

Kunci dan Pembahasan
1. D

Petunjuk

Buang yang bukan bagian struktur eksposisi lalu pahami bahwa tesis hanya berupa pernyataan, argumentasi hanya berisi alasan atas tesis, dan penegasan ulang adalah pernyataan tesis yang dilengkapi oleh argumentasi.

Pembahasan

Ciri tesis biasanya singkat dan mengandung tema. Ia belum memiliki pembuktian dan alasan, sedangkan argumentasi biasanya hanya berupa penunjukan fakta dan alasan. Kutipan teks di atas justru mengandung dua hal (bisa jadi merupakan gabungan antara tesis dan argumentasi): pernyataan penulis dan pemberian alasan. Dengan demikian, ini adalah bagian dari penegasan ulang.

2. E

Petunjuk

Karena penegasan ulang muncul pada akhir teks, kalian dapat mencari kata hubung yang digunakan di dalam kalimat terakhir.

Pembahasan

Tesis dapat ditegaskan kembali pada akhir teks dengan menggunakan kata hubung yang menunjukkan hubungan sebab-akibat. Kata yang dimaksud muncul pada kalimat terakhir, yaitu kata jadi. Namun, yang dapat menjadi catatan adalah kata bahkan. Kata bahkan memang muncul untuk memberikan makna penegasan, tetapi penegasan yang dilakukan hanya sebatas menegaskan kembali contoh, bukan menegaskan tesis.
Pada opsi yang, kata yang digunakan sebagai penanda keterangan perluasan kemudian kata selain it serta dan digunakan sebagai penanda tambahan.

3. E

Petunjuk

Salah satu jenis pronomina adalah pronomina persona (kata ganti orang), cari yang bukan bagian dari jenis tersebut!

Pembahasan

Pronomina atau kata ganti adalah kata yang digunakan untuk menggantikan penggunaan nomina/kata benda. Ada tiga jenis pronomina di dalam bahasa Indonesia, yaitu pronomina persona, penunjuk, dan penanya. Anda, saya, mereka, kita merupakan bagian dari pronomina persona (kata ganti orang). Kata warga berjenis nomina (kata depan) dan bukan pronomina.

4. A

Petunjuk

Cari suatu kalimat yang berisi pendapat yang bisa dijadikam sebagai fondasi/dasar pemikiran! Pernyataan tersebut harus bisa dikembangkan dengan menambahkan alasan atau pembuktian.

Pembahasan

Tesis adalah suatu pernyataan/pandangan penulis tentang suatu permasalahan yang akan dibuktikan oleh argumen.Oleh karena itu, kalimat yang dapat menjadi tesis ada pada kalimat yang mengenai sumber daya alam sebagai alasan munculnya peperangan.
Menurut John Rossa, hal yang tidak mungkin adalah wilayah kudeta yang hanya mencakup jakarta, padahal saat itu Partai Komunis Indonesia adalah partai yang cukup besar dengan simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Menurut para pakar geologi, Afghanistan ternyata menyimpan kandungan mineral yang melimpah yang mungkin menjadi penyebab diluncurkannya serangan ke Afghanistan oleh Amerika.
Kedua kalimat tersebut berisi argumen karena menyajikan bukti berdasarkan pernyataan ahli.

5. C

Petunjuk

Carilah kalimat yang mengandung alasan untuk membuktikan tesisnya. Pahami dan perhatikan bahwa tesis akan muncul di bagian awal teks dan argumentasi muncul setelahnya.

Pembahasan

Kalimat argumen adalah kalimat yang berisi alasan atau pembuktian terhadap tesis yang ditawarkan. Kalimat nomor 1 dan 2 berisi tesis eksposisi. Tesis ini kemudian diperkuat dan dibuktikan oleh kalimat No 3 – 7. Kalimat No. 8 berisi penegasan ulang atas tesis yang telah disampaikan.

 

6. E

Petunjuk

Jenis teks eksposisi dapat diketahui dari kalimat-kalimat yang ada.

Pembahasan

Paragraf tersebut berjenis eksposisi sebab-akibat karena berisi penjelasan berupa sebab dan akibat sesuatu. Dalam paragraf tersebut dijelaskan penyebab siswa tawuran. Artinya, paragraf tersebut berisi satu pernyataan akibat dan 2 pernyataan sebab.

7. A

Petunjuk

Cari di dalam opsi, kalimat yang mengandung alasan. Pastikan alasan tersebut memperkuat bukan memperlemah ataupun menyangkal.

Pembahasan

Setiap lawan bicara yang mendengar pernyataan tesis kita biasanya akan mengajukan bentuk pertanyaan mengapa? Mengapa kita memiliki sudut pandang semacam itu? Dalam hal ini, kita membutuhkan suatu jawaban yang berisi alasan. Kita akan mencari pendapat yang menguatkan tesis kita. Alasan kita harus kritis dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar adalah adanya anggapan bahwa bahasa yang baik adalah bahasa yang taat pada aturan.

8. C

Petunjuk

Pahami dan ingat struktur teks eksposisi yang harus berurutan! Tesis-argumentasi-penegasan ulang/simpulan.

Pembahasan

Teks eksposisi di atas baru mengandung bagian tesis tanpa adanya argumentasi sehingga teks yang dapat melanjutkan teks tersebut dan memiliki informasi yang padu ada pada kalimat sistem pilkada langsung yang selama ini dilaksanakan telah membuka ruang bagi aspirasi rakyat untuk menentukan sendiri kepala daerahnya. Kalimat tersebut memberikan kita pemahaman mengenai alasan mengapa hal tersebut dianggap sebagai kemunduran dalam berpolitik.

9. D

Petunjuk

Ide utama biasanya adalah kalimat yang paling umum. Bisa berada di awal paragraf atau diakhir paragraf.

Pembahasan

Kutipan itu menenjelaskan beberapa tahap pembuatan pancake karena sesuai dengan yang dujekaskan dalam teks.Pilihan yang lain salah karena masih berupa ide pendukung atas ide utama yang ada dalam teks tersebut.

10. D

Petunjuk

Pada kalimat pertama sudah terlihat pola pengembangan yang akan diambil.

Pembahasan

Teks tersebut membandingkan permainan Bulutangkis dan Tenis lapangan.

11. C

Petunjuk

Pengembangan proses biasanya membutuhkan konjungsi tahapan atau lainnya.

Pembahasan

Teks itu menjelaskan tahap- tahap mengatasi rasa gugup di depan khalayak. Perincian setiap kalimat yang diawali dengan kata pertama kedua, dan ketiga merupakan bahasa penahapan sesuatu.

12. Petunjuk

Pola pengembangan dapat kita lihat dari makan atau konjungsi yang dipakai dalam teks.

Pembahasan

Teks tersebut menjelaskan empat siswa sebagai atlit olahraga di bidang masing- masing bukan seluruh siswa.

13. A

Petunjuk

Sebuah teks akan dibandingkan dan dianalisis mengenai isi atau kandungannya, strukturnya, serta penggunaan bahasa sebagai media.

Pembahasan

Hal yang bisa dibandingkan antara dua teks eksposisi yaitu bahasa dan strukturnya. Dalam perbandingan ini, kedua teks eksposisi akan ditelaah kelengkapan struktur isinya apakah lengkap atau tidak. Dalam hal bahasa yang digunakan pun teks eksposisi akan dibedah, apakah kalimat yang digunakan efektif, tanda baca yang digunakan sesuai, paragraf yang disusun padu dan apakah kalimat mengandung unsur kalimat yang benar.

14. E

Petunjuk

Baca teks dengan saksama dan temukan kejanggalan dalam teks tersebut. Kejanggalan ini bisa jadi merupakan ciri dari jenis teks lain.

Pembahasan

Dalam teks eksposisi di atas, penulis menginformasikan adanya mobil Mazda varian baru yang memungkinkan pengendara tetap eksis di media sosial dalam mobil. Teks eksposisi bersifat menjelaskan dan memaparkan tanpa adanya argumen pribadi. Sementara dalam teks tersebut sangat jelas penulis mengemukakan argumen pribadinya dan menggunakan pronomina “saya”.

15. A

Petunjuk

Teks memaparkan bagaimana cara menulis karangan

Pembahasan

Ekposisi proses menjelaskan tentang bagaimana mengerjakan sesuatu atau bagaimana sesuatu itu bisa terjadi. Teks tersebut menjelaskan bagaimana langkah-langkah menulis. Jadi, jawabannya benar yaitu eksposisi proses. Jawaban yang lain kurang tepat karena tidak sesuai dengan teks
16 E

Petunjuk

Isi teks dapat diamati dari kata hubung yang ada dalam teks.

Pembahasan

Jenis teks eksposisi sebab-akibat berisi tentang pernyataan sebab yang menimbulkan akibat. Dalam teks dijelaskan produksi ikan hasil tangkapan menurun. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi bulan yang terang dan gelombang laut yang tinggi. Oleh karena itu, jenis teks tersebut tergolong eksposisi sebab-akibat.
17. D

Petunjuk

Topik teks eksposisi harus menggunakan bahasa baku dan bukan kiasan.

Pembahasan

Cara mengolah kerupuk nenas adalah jenis eksposisi proses karena menjelaskan tentang bagaimana mengerjakan sesuatu atau lebih tepatnya cara mengolah nenas menjadi kerupuk. Topik tentang Indahnya Alam Pedesaan lebih sesuai jika dikembangkan menjadi karangan deskripsi. Topik tentang Sepotong Hati yang Hilang lebih tepat digunakan untuk karangan narasi. Jenis karangan argumentasi lebih tepat menggunakan topik Bahaya Bermain Judi. Selanjutnya, untuk topik Generasi Muda Harapan Bangsa alangkah bagusnya jika dikembangkan menjadi karangan persuasi.
18.  A

Petunjuk

Inti permasalahan adalah sesuatu yang sedang dibicarakan.

Pembahasan

Teks tersebut membicarakan tentang pemicu pertengkaran dalam keluarga yaitu karena masalah sepele. Pertengkaran kecil pada anak-anak merupakan salah satu contoh masalah sepele. Masalah sepele tersebut yang akhirnya merambat pada permasalahan besar karena sudah ada campur tangan orang tua. Hal inilah yang dijelaskan dalam teks.
19 C

Petunjuk

Topik pembicaraan dapat diketahui secara eksplisit dari kalimat-kalimat pembangun teks.

Pembahasan

Teks tersebut menjelaskan tentang cara membersihkan kaca jendela. Kata kuncinya adalah lap dan kaca jendela. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks adalah usahakan mengelap lantai dengan gerakan dari atas ke bawah. Pernyataan tersebut mengemukakan tentang cara mengelap lantai, sementara yang dibicarakan adalah kaca jendela. Tentu saja pernyataan tersebut menyimpang dari topik yang dibicarakan
20 E

Petunjuk

Topik pembicaraan dapat dikeltahui dari kalimat-kalimat yang membangun teks tersebut.

Pembahasan

Untuk mengetahui hal yang dibicarakan dalam teks, yang perlu kalian lakukan adalah membaca teks tersebut secara utuh. Pada kalimat awal dikemukakan tentang perbedaan setiap orang dalam memilih bahan bacaan. Kemudian, kalimat berikutnya menjelaskan penyebab terjadinya perbedaan tersebut. Hal yang dibicarakan dalam teks tersebut adalah pernyataan yang terdapat pada kalimat awal.
21  C

Petunjuk

Paragraf tersebut terdiri dari kalimat-kalimat yang menyatakan proses sesuatu itu berlangsung atau terjadi.

Pembahasan

Untuk mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf yang padu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencari urutan yang pasti. Contoh pada urutan 5, 6, dan 7, yaitu menuju meja kasir untuk melakukan pembayaran, setelah itu bayar makanan, dan ke luar restoran. Ke tiga kalimat tersebut tidak dapat dipisahkan. Jadi untuk memudahkan pengurutan, lihat pada opsion, manakah yang urutannya ada 5, 6, dan 7. Ternyata hanya opsion C saja yang urutannya seperti itu. Hal ini sangat menguntungkan bagi kalian untuk mencari jawaban. Untuk meyakinkan apakah urutannya sudah sistematis, maka perhatikan dari urutan awal yaitu 3, 4, 1, 2, 5, 6, 7. Jika sudah sistematis berarti jawabannya memang C.
22.  E

etunjuk

Untuk melengkapi paragraf rumpang, alangkah baiknya jika kalian lihat kalimat sebelumnya dan kalimat sesudahnya.

Pembahasan

Paragraf tersebut menjelaskan tentang pemilihan kentang. Untuk melengkapi paragraf tersebut agar padu, kalian harus mencari kata kuncinya. Kata kunci terdapat pada kalimat sebelumnya atau kalimat sesudahnya. Kalimat sebelumnya adalah Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang dan kalimat sesudahnya adalah Jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan.Kata kunci kedua kalimat itu adalah warna kentang. Tugas kalian adalah melihat kata kunci dalam masing-masing opsion. Opsion yang memakai kata kunci tersebut adalah Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan dan Warna kentang sangat menarik dan bervariasi.Namun, yang paling sesuai adalah yang Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
Paragraf tersebut menjelaskan tentang pemilihan kentang. Untuk melengkapi paragraf tersebut agar padu, kalian harus mencari kata kuncinya. Kata kunci terdapat pada kalimat sebelumnya atau kalimat sesudahnya. Kalimat sebelumnya adalah Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang dan kalimat sesudahnya adalah Jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan.Kata kunci kedua kalimat itu adalah warna kentang. Tugas kalian adalah melihat kata kunci dalam masing-masing opsion. Opsion yang memakai kata kunci tersebut adalah Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan dan Warna kentang sangat menarik dan bervariasi.Namun, yang paling sesuai adalah yang Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
23.  D

Pembahasan

Judul yang sesuai untuk teks berjenis eksposisi proses adalah cara merawat tanaman anggrek. Kenapa demikian? Alasannya judul tersebut bisa dikembangkan menjadi tulisan yang berbentuk proses, yaitu cara menanam anggrek. Sementara, jawaban pada opsion lain kurang mendukung untuk dijadikan tulisan berjenis eksposisi proses.
24. C

Petunjuk

Kata berimbuhan yang digunakan akan membuat kalimat tersebut mudah dipahami

Pembahasan

Mari kita bahas per kalimat. Kalimat (1) Peraturan sekolah dibuat bukan untuk ... . Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah dilanggar bukan dilanggarkan. Kalimat (2) Namun, masih banyak siswa yang tidak ... hal tersebut. Kata penghubung yang tepat untuk digunakan adalah memahami, bukan dipahami atau pemahaman. Jika kita menggunakan kata dipahami maka subyeknya (siswa) akan berubah posisinya sebagai obyek. Jadi kalimatnya akan seperti ini; Hal tersebut tidak dipahami oleh banyak siswa. Kalimat (3) Mereka lebih cenderung melakukan ... karena sanksi yang diberikan tergolong ringan. Kata penghubung yang tepat adalah pelanggaran bukan langgaran.
25. B

Petunjuk

Arti kata sanksi bisa kalian baca pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Pembahasan

Arti kata sanksi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hukuman. Dapat juga kita menggunakan arti yang bersinonim seperti tindakan. Pemaknaannya disesuaikan dengan kalimat yang dipakai. Namun, maknanya tetap sama yaitu balasan yang akan diterima seseorang atas perbuatan yang telah dilakukannya. Jika kita maknai sebagai nasihat, maka artinya akan berbeda.* Nasihat* artinya ajaran yang baik, bukan balasan atas perbuatan. Begitu juga dengan kata aturan yang artinya hasil perbuatan mengatur; hambatan memiliki makna sebuah rintangan. Sementara itu, kata malapetaka artinya bencana atau musibah.
26. B

Petunjuk

Kalimat berupa isi terletak setelah kalimat pembukaan.

Pembahasan

Kalimat 2 s.d. 6 merupakan pembahasan dari topik. Pembahasan berisi tentang penjelasan atau alasan dari kalimat pembuka. Kalimat pembuka mengungkapkan tentang keinginan orang untuk tetap sehat. Berdasarkan kalimat tersebut muncullah beberapa kalimat penjelas yaitu bagaimana cara agar tubuh tetap sehat

27 E

Petunjuk

Penegasan ulang artinya menegaskan kembali pernyataan yang telah dikemukakan pada pernyataan awal.

Pembahasan

Pada awal paragraf ada pernyataan tentang sikap hati-hati dalam memilih pemborong bangunan. Kalimat tersebut merupakan kalimat pembuka. Kalimat berikutnya berisi tentang penjelasan terhadap kalimat awal. Kalimat-kalimat tersebut merupakan pembahasan paragraf. Untuk mengingatkan pembaca terhadap apa yang hendak disampaikan, hal ini ditegaskan kembali pada kalimat terakhir. Kalimat tersebut dinamakan penegasan ulang.
28. B

etunjuk

Amati kalimat satu persatu agar menemukan jawaban pada pilihan.

Pembahasan

Pernyataan yang ada dalam paragraf terdapat pada keempat opsion jawaban, kecuali opsion melakukan olahraga setiap hari. Dalam teks hanya ada pernyataan melakukan olahraga secara rutin. Secara rutin maksudnya memiliki prosedur yang teratur dan tidak berubah-ubah. Jadi, melakukan olahraga tidak harus setiap hari. Bisa saja olahraga dilakukan 3 kali dalam seminggu atau 2 kali dalam seminggu
29. E

Petunjuk

Untuk menentukan kalimat pembuka, alangkah baiknya jika kalian baca paragraf tersebut dengan cermat. Setelah itu barulah kalian mengetahui apa yang ingin diungkapkan dalam paragraf tersebut.

Pembahasan

Kalimat pembukaan paragraf terdapat pada awal paragraf. Jadi, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah membaca keseluruhan isi paragraf. Kemudian, mencari kata kunci masing-masing kalimat. Kata-kata kunci paragraf tersebut adalah kelompok, siswa, gaya hidup. Berdasarkan kata-kata kunci itu kalian dapat mencari kalimat pembuka paragraf. Jawabannya adalah Di kelasku ada dua kelompok siswa berdasarkan gaya hidupnya.

30 C

Petunjuk

Kalimat berupa isi terletak setelah kalimat pembuka.

Pembahasan

Kalimat 2 s.d. 5 merupakan pembahasan dari topik. Pembahasan berisi tentang penjelasan atau alasan dari kalimat pembuka. Kalimat pembuka mengungkapkan tentang keadaan stres yang bisa terjadi pada siapa pun. Berdasarkan kalimat tersebut muncullah beberapa kalimat penjelas yaitu tahapan stres mulai dari awal sampai akhir.

Thursday, 9 October 2014

KISI-KISI SOAL PM BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 1



KISI-KISI SOAL PM BAHASA INDONESIA KELAS X

SEMESTER 1
                                                 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

                                                         Untuk download klik di sini
http://downloads.ziddu.com/download/24108370/Copy-of-KISI-kisi-PM-oktober-2014.rar.html


Thursday, 18 September 2014

Materi pembelajaran Analisis Bahasa Teks Eksposisi beserta latihan soal



Materi pembelajaran Analisis Bahasa Teks Eksposisi

Tujuan

Siswa dapat menulis teks eksposisi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.



Sebelumnya, kita sudah bisa menganalisis isi teks eksposisi. Dalam analisis isi teks eksposisi, kita mendapatkan jenis- jenis teks eksposisi, yaitu teks eksposisi definisi, teks eksposisi proses, teks eksposisi klasifikasi, teks eksposisi sebab-akibat, dan teks eksposisi perbandingan.

Eksposisi adalah uraian atau paparan tentang sesuatu. Sesuatu itu bisa berupa ide, pendapat, atau buah pikiran. Meskipun produknya berupa ide atau buah pikiran, penulisannya harus tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis teks eksposisi antara lain:

1. Penulisan Kata Penghubung
a. menyatakan penjumlahan, misalnya: di samping itu, selain itu, lagi pula, lagi
b. menyatakan perturutan, misalnya: dan, lalu, kemudian
c. menyatakan perlawanan, misalnya: tetapi, namun, padahal, walaupun begitu, walaupun demikian, meskipun begitu
d. menyatakan sebab-akibat, misalnya oleh sebab itu, karena itu, maka, akibatnya
e. menyatakan waktu, misalnya: sesudah itu, ketika itu, sebelumnya, sementara itu
f. menyatakan syarat, misalnya: jika demikian, jika begitu, apabila begitu

2. Penulisan Kata Berimbuhan

   a. awalan (prefiks) me-, bermakna:
     1) menjadi, contohnya membatu, mengeras
     2) menyerupai, contohnya membukit, menyemut
    3) menuju, contohnya menepi, melaut
    4) mengeluarkan bunyi, contohnya mengeong, meraung

   b. awalan (prefiks) ber-, bermakna:
      1) mengeluarkan, contohnya bertelur, bersuara
      2) memakai, contohnya berdasi, berbaju
      3) mempunyai, contohnya berkedudukan, berlantai
      4) melakukan perbuatan, contohnya berjalan, bersantai

 c. awalan (prefiks) ter-, bermakna:
      1) tidak sengaja, contohnya tersenggol, termakan
      2) paling, contohnya tertinggi, terpintar
     3) menjadi, contohnya tertidur, terjatuh
     4) dalam keadaan, contohnya terluka, terombang-ambing

d. awalan + akhiran (konfiks) ber- -an, bermakna:
    1) melakukan kegiatan, contohnya berlarian, bepergian
    2) timbal balik, contohnya bermusuhan, berjauhan

e. awalan + akhiran ke- -an, bermakna:
    1) dalam keadaan, contohnya kepanasan, kehausan
    2) tindakan, contohnya kejahatan
    3) proses, contohnya keamanan

f. akhiran (afiks) –kan, bermakna:
    1) menjadikan, contohnya manusiakan, uangkan
    2) menempatkan, contohnya penjarakan, sekolahkan

g. akhiran (afiks) –i, bermakna:
    1) memberi, contohnya garami, bumbui
    2) menjadikan, contohnya panasi, terangi
    3) melakukan perbuatan, contohnya tanami, pukuli

3. Penulisan Unsur Serapan
Bahasa Indonesia menyerap unsur dari berbagai bahasa lain baik dari bahasa daerah maupun dari bahasa asing. Penyerapan terbagi dua. Pertama, unsur pinjaman yang belum sepenuhnya terserap ke dalam bahasa Indonesia. Kedua, unsur pinjaman yang penulisan dan pengucapannya memenuhi kaidah bahasa Indonesia. Contoh kata serapan aksesori (berasal dari kata accessory), idealis (berasal dari kata idealist), kualitas (berasal dari kata quality), dsb.


Latihan soal Materi pembelajaran Analisis Bahasa Teks Eksposisi
1.      Bacalah secara cermat!
Pedagang yang menempati Pasar Raya tidak setuju jika dilakukan renovasi pasar. Alasannya, mereka takut jika setelah direnovasi tidak boleh berdagang lagi di pasar. Di samping itu, sebenarnya mereka mengharapkan ikut terlibat dalam perenovasian tersebut.
Makna kata penghubung di samping itu adalah menyatakan ....
a.          Syarat
b.         Waktu
c.          Perlawanan
d.         Penjumlahan
e.          Perturutan
Jawaban D

Petunjuk

Makna kata penghubung dapat diketahui dari hubungan makna kalimat sebelum dan sesudahnya.

Pembahasan

Dalam teks dijelaskan bahwa pedagang Pasar Raya tidak setuju adanya renovasi pasar. Mereka memiliki dua alasan. Pertama, mereka takut setelah direnovasi nantinya tidak boleh berdagang lagi di sana. Kedua, sebenarnya mereka mengharapkan ikut terlibat sebagai pekerja. Untuk menambahkan kedua alasan tersebut harus ditandai dengan kata penghubung. Tanda penghubung yang tepat adalah di samping itu. Makna kata penghubung tersebut adalah menyatakan penjumlahan.

2.      Bacalah secara saksama! Pada jam istirahat siswa diperbolehkan untuk bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain bola, bermain tali, atau hanya sekedar duduk di bawah pohon. Semua siswa menggunakan jam istirahat tersebut dengan kegiatan yang menyenangkan.
Makna awalan ber- pada kata bermain adalah ....
a.          Memakai
b.         Mengeluarkan
c.          Mempunyai
d.         Menggunakan
e.          melakukan tindakan
Jawaban : E

Petunjuk

Untuk mengetahui makna awalan ber- pada sebuah kata, yang harus kalian pedomani adalah mencocokkan makna awalan dengan kata yang mengikutinya

Pembahasan

Untuk mengetahui makna awalan ber- pada sebuah kata, yang harus kalian pedomani adalah mencocokkan makna awalan dengan kata yang mengikutinya. Contohnya kata bermain. Makna awalan ber- yang cocok dengan kata mengikutinya (main) adalah melakukan tindakan. Jadi, jika disatukan artinya melakukan tindakan main. Coba kita cocokkan dengan makna awalan ber- yang lain: memakai, jika disatukan makna dengan kata main menjadi memakai main. Makna katanya menjadi salah karena tidak ada main yang bisa dipakai. Contoh kata yang sesuai untuk menggantikannya adalah berpita yang artinya memakai pita. Begitu juga dengan makna mengeluarkan, mempunyai, dan* menggunakan* akan bermakna kurang tepat jika disatukan dengan kata main.

3.      Bacalah secara saksama!
www. jogjasprei.com adalah toko online yang melayani pembelian grosir sprei, selimut, bedcover  bermerk  di Indonesia serta berbagai perlengkapan untuk kenyamanan tidur Anda dengan harga yang sangat murah.
Di bawah ini yang bukan merupakan sinonim kata grosir adalah …
a.          Agen
b.          pusat perkulakan
c.          pedagang
d.          pedagang borongan
e.          pengecer
Jawaban E
  
4.  Bacalah secara saksama!
Bayi yang cerdik itu lebih banyak memandang ibunya ... mengatakan sesuatu. ..., sang ibu tersenyum, memeluk hangat buah hatinya, ... membisikkan kata sayang ke telinga sang bayi.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah
a.          dan, lalu, sehingga
b.         untuk, kemudian, dan
c.          agar, lalu, serta
d.         lalu, kemudian, serta
e.          untuk, dengan demikian, walaupun
jawaban B

Petunjuk

Sesuaikan kata-kata penghubung yang ada dalam opsion dengan kalimat yang tersedia

Pembahasan

Kata penghubung yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah untuk, kemudian, dan. Mari kita bahas per kalimat. Kalimat (1) Bayi yang cerdik itu lebih banyak memandang ibunya ... mengatakan sesuatu. Untuk mengisi titi-titik tersebut, kita bisa menggunakan kata penghubung untuk. Analisisnya seperti ini: si bayi lebih banyak memandang ibunya, apa tujuannya? Pertanyaan itu akan terjawab jika kita menambahkan kata untuk pada kalimat tersebut sehingga kalimatnya menjadi Bayi yang cerdik itu lebih banyak memandang ibunya untuk mengatakan sesuatu. Kalimat (2) ..., sang ibu tersenyum, memeluk hangat buah hatinya, ... membisikkan kata sayang ke telinga sang bayi. Kata penghubung yang tepat untuk menghubungkan kalimat tersebut dengan kalimat sebelumnya adalah kemudian. Lalu, kata penghubung apa yang kita gunakan untuk merincikan perlakuan si ibu? Tentu saja kata penghubung yang digunakan adalah dan.


5. Makna imbuhan me- -kan pada kata membisikkan adalah ....
a.          membuat jadi
b.         menyatakan saling
c.          tidak sengaja
d.         perbuatan terus-menerus
e.          melakukan perbuatan
Jawaban E

Petunjuk

Untuk mengetahui makna imbuhan me- -kan pada sebuah kata, yang harus kalian pedomani adalah mencocokkan makna awalan dengan kata yang mengikutinya.

Pembahasan

Untuk mengetahui makna imbuhan me- -kan pada sebuah kata, yang harus kalian pedomani adalah mencocokkan makna awalan dengan kata yang mengikutinya. Contohnya kata membisikkan. Makna imbuhan me- -kan yang cocok dengan kata mengikutinya (bisik) adalah melakukan perbuatan. Jadi, jika disatukan artinya melakukan perbuatan bisik. Coba kita cocokkan dengan makna imbuhan me- -kan yang lain: membuat jadi, jika disatukan makna dengan kata bisik menjadi membuat jadi bisik. Makna katanya menjadi salah. Contoh kata yang sesuai untuk menggantikannya adalah menghitamkan yang artinya membuat jadi hitam. Begitu juga dengan saling, tidak sengaja, dan perbuatan terus-menerus akan bermakna kurang tepat jika disatukan dengan kata bisik


6. Bacalah secara saksama!
Peraturan sekolah dibuat bukan untuk ... . Namun, masih banyak siswa yang tidak ... hal tersebut. Mereka lebih cenderung melakukan ... karena sanksi yang diberikan tergolong ringan.
Kata berimbuhan yang sesuai untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a.          dilanggar, pemahaman, pelanggaran
b.         dilanggar, dipahami, pelanggaran
c.          dilanggar, memahami, pelanggaran
d.         dilanggarkan, paham, pelanggaran
e.          dilanggari, memahami, langgaran
jawaban C
Kata berimbuhan yang digunakan akan membuat kalimat tersebut mudah dipahami

Pembahasan

7. Bacalah secara saksama!
Setiap siswa yang melanggar peraturan sekolah sebaiknya diberikan sanksi. Sanksi yang diberikan sesuai dengan tingkat kesalahan yang dilakukan. Jika kesalahan tergolong besar, sanksi yang diberikan juga besar. Sebaliknya, jika siswa hanya melakukan kesalahan kecil maka sanksinya juga kecil.
Arti kata sanksi pada paragraf tersebut adalah ....
a.          nasihat
b.         hukuman
c.          aturan
d.         hambatan
e.          malapetaka
Jawaban B

Petunjuk

Arti kata sanksi bisa kalian baca pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Pembahasan

Arti kata sanksi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hukuman. Dapat juga kita menggunakan arti yang bersinonim seperti tindakan. Pemaknaannya disesuaikan dengan kalimat yang dipakai. Namun, maknanya tetap sama yaitu balasan yang akan diterima seseorang atas perbuatan yang telah dilakukannya. Jika kita maknai sebagai nasihat, maka artinya akan berbeda.* Nasihat* artinya ajaran yang baik, bukan balasan atas perbuatan. Begitu juga dengan kata aturan yang artinya hasil perbuatan mengatur; hambatan memiliki makna sebuah rintangan. Sementara itu, kata malapetaka artinya bencana atau musibah.


8.      Penulisan kata serapan yang benar adalah ....
a.          resiko, chek, atlet
b.         risiko, ceck, atlit
c.          resiko, check, atlit
d.         risiko, cek, atlet
e.          resiko, cek, atlet
jawaban D

Petunjuk

Penulisan kata serapan yang baku atau benar dapat kalian lihat pada Buku Tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Pembahasan

Kata risiko dan cek berasal dari bahasa Inggris risk dan check. Kata tersebut diserap ke dalam bahasa Indonesia dengan mengalami perubahan tertentu. Misalnya risk menjadi risiko, bukan resiko, dan check menjadi cek. Huruh h dan huruf c (tengah) pada kata check dihilangkan karena tidak memiliki makna dalam bahasa Indonesia. Penulisan atlet benar karena cabang olahraganya adalah atletik. Jadi olahragawannya disebut atlet bukan atlit.


9.      Penulisan kata serapan yang benar adalah ....
a.          aksen, jadwal, psikologi
b.         aksen, jadual, psikology
c.          aksen, jadwal, sikologi
d.         eksen, jadwal, psikologi
e.          eksen, jadual, psikology
jawaban A

Petunjuk

Penulisan kata serapan yang baku atau benar dapat kalian lihat pada Buku Tata bahasa baku bahasa Indonesia.

Pembahasan

Kata aksen berasal dari kata accent, dan psikologi berasal dari kata psychology. Kata tersebut diserap ke dalam bahasa Indonesia dengan mengalami perubahan tertentu. Misalnya accent menjadi aksen, bukan eksen, dan psychology menjadi psikologi. Kata jadwal berasal dari bahasa Arab.


10. Pihak sekolah memberikan intimidasi kepada siswa yang sudah berulang kali melakukan pelanggaran terhadap aturan sekolah. Tujuannya untuk menumbuhkan efek jera bagi siswa tersebut. Jika tidak dilakukan hal demikian, siswa akan terus melakukan perbuatan semena-mena.
Arti kata intimidasi adalah ....
a.          penyelidikan
b.         perencanaan
c.          ancaman
d.         serangan
e.          pukulan
jawaban C

Petunjuk

Arti kata intimidasi bisa kalian baca pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Pembahasan

Arti kata intimidasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ancaman. Dapat juga kita menggunakan arti yang bersinonim seperti tindakan menakut-nakuti, gertakan. Pemakaiannya disesuaikan dengan kalimat yang digunakan. Jika kita maknai sebagai penyelidikan, perencanaan, serangan, dan pukulan, artinya akan berbeda.