Tuesday, 20 October 2015

Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris IPS/IPS/Keagamaan/Bahasa

Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris IPS/IPS/Keagamaan/Bahasa




Level Kognifif

Fungsi Sosial

Strutur Teks

Unsur Kebahasaan
Pengetahuan dan
Pemahaman
· Mengidentifikasi
Siswa dapat:
- Mengidentifikasi  topik/tujuan/ latar
belakang/alasan teks secara keseluruhan dari
teks fungsional pendek (announcement, letter,
berita pendek (news), biography, procedure) dan teks esei (recount, narrative, report, analytical exposition, new items, discussion).
Siswadapat:
- Mengidentifikasi langkah
kerja/urutan/alur/plot dari
kejadian/peristiwa/ tindakan dalam
teks.
Siswa dapat:
- Mengidentifikasi ungkapan/kata
yang
memiliki makna yang sama dalam
konteks.
- Menentukan ungkapan/kata yang
tepat untuk melengkapi teks/dialog.
- Menentukan bentuk gramatika yang
tepat
sesuai konteks
Aplikasi
· Mengklasifikasi
· Menentukan
· Menerapkan
Siswa dapat:
- Menerapkan fungsi detil dari setiap langkah
/alat/peristiwa/ bagian/aspek
yang ada disebutkan dalam teks.
Siswa dapat:
- Menjelaskan keterkaitan antara langkah
satu dengan yang lainnya
- Menentukan susunan kalimat yang tepat
- Menggunakan ungkapan/kata yg tepat
dalam teks

Penalaran
· Menyimpulkan
· Menganalisis

Siswa dapat:
- Meyimpulkan teks yg telah dibaca
- Menganalisis ide/gagasan
- Menganalisis gambaran umum





Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris IPS/IPS/Keagamaan/Bahasa

Monday, 19 October 2015

Makna Kata, Istilah dan Ungkapan dalam Teks Anekdot



Makna Kata, Istilah dan Ungkapan dalam Teks Anekdot

Tujuan

Siswa dapat menginterpretasi makna teks anekdot.
Sebelumnya, kalian sudah mengetahui bagaimana menginterpretasi teks anekdot. Dalam interpretasi, kita harus menyimak teks dengan saksama. Kita harus mengerti makna dari setiap kalimat dan hubungan di antara kalimat yang membangunnya. Interpretasi yang utuh dihasilkan dari pemaknaan yang utuh terhadap teks. Selanjutnya, sebagai pendalaman dari interpretasi, kita akan belajar tentang makna kata, istilah, dan ungkapan. Ketiga hal tersebut penting untuk diketahui dalam pemaknaan teks anekdot.
Makna kata
Makna kata terdiri dari makna denotasi dan makna konotasi. Makna denotasi dapat kita temukan dalam kamus bahasa. Namun, makna konotasi tidak dapat ditemukan dalam kamus bahasa. Makna konotasi adalah makna yang berdasarkan pada latar belakang emosi tertentu.
Perhatikan perbedaannya!
1. Pak Kamil memelihara 5 kambing hitam.
2. Dia merasa sudah dijadikan kambing hitam dalam peristiwa kebakaran semalam.
Kata kambing hitam pada kalimat pertama bermakna denotasi yang artinya kambing yang berwarna hitam.
Kata kambing hitam dalam kalimat kedua bermakna konotasi yaitu dipersalahkan atau dijadikan tumpuan kesalahan.
Istilah
Istilah dalam bahasa Indonesia adalah kata yang merujuk pada konsep yang khas dari bidang tertentu.
Contoh istilah:
benalu artinya tanaman yang menempel pada tanaman lain dan mengambil makanan dari tanaman yang dijadikan inangnya.
suku cadang artinya komponen kendaraan yang dicadangkan untuk perbaikan kerusakan.
Ungkapan
Ungkapan adalah gabungan kata yang menghasilkan makna baru.
Contoh
1. tangan besi artinya memerintah dengan keras
2.bertangan dingin artinya selalu berhasil dalam melakukan sesuatu
3.naik kuda hijau artinya dalam keadaan mabuk
Setelah mengetahui tentang makna kata, istilah, dan ungkapan. Perhatikanlah contoh anekdot berikut ini!

Perhatikan!

Di sebuah desa kecil. Banyak orang kehilangan ayam. Setiap malam mereka selalu berjaga untuk menangkap pencuri ayam. Tapi suatu hari, ada warga yang melihat tetangganya sedang mengurung ayam miliknya.
Pemilik ayam : Kau pencuri, ya?
Tetangga : Aku tidak mencuri ayammu. Ayammu yang datang kepadaku. Ayammu selalu buang kotoran di teras saya. Ayam siapa pun yang mengganggu kenyamananku, pasti akan saya kurung dan kujual.
Pemilik ayam: Padahal, saya sudah peringatkan kepada ayam-ayamku, jangan buang kotoran di teras tetangga kita. Bertelorlah di sana, pasti tetangga kita akan senang. Tapi ayam-ayamku tidak ada yang mau mendengar. Ternyata ayamku hilang ditangkap oleh serigala berbulu domba. Saya kira dicuri maling.

Mari kita ulas!

Dalam teks di atas terdapat kelompok kata serigala berbulu domba. Kelompok kata itu memiliki makna kelihatannya orang baik-baik tetapi memiliki perangai yang buruk.
Makna kelompok kata sesuai dengan teks anekdot di atas adalah tetangga yang selama ini dikenalnya baik tetapi ternyata jahat. Tetangga itu menyembunyikan dan menjual setiap ayam yang masuk ke halamannya.

Poin penting

1.Kita harus memaknai setiap kata, istilah, dan ungkapan secara utuh dalam konteks kalimat sehingga jelas pengertian dan maksudnya.
2.Istilah dapat bermakna denotasi atau konotasi sesuai dengan konteks kalimatnya.
Latihan soal
1.      Anekdot merupakan istilah bidang….
a.          Bahasa
b.         Pendidikan
c.          Kebudayaan
d.         media massa
e.          sastra
E

Petunjuk

Istilah adalah kata bidang tertentu

Pembahasan

Anekdot adalah cerita yang menarik karena lucu/konyol/jengkel sehingga anekdot merupakan istilah bidang sastra.
2.      Berikut ini kelompok kata yang merupakan ungkapan , kecuali...
a.          Berbadan dua
b.         Hati dingin
c.          Tinggi hati
d.         Buah tangan
e.          Hati manusia
E

Petunjuk

Ungkapan adalah kelompok kata yang memiliki makna baru.

Pembahasan

Berbadan dua:hamil
Hati dingin:sabar
Tinggi hati: congkak
Buah tangan: oleh-oleh
Hati manusi memiliki makna sebenarnya.
3. Bacalah teks berikut ini!
Setiap sore, duda beranak dua itu selalu melewati rumah bercat hijau. Dandanannya selalu rapi. Di rumah itu tinggallah keluarga yang memiliki gadis cantik yang menjadi bunga desa. Duda itu jatuh hati padanya.
Suatu sore, duda itu datang ke rumah bercat hijau untuk meminang anak gadis itu.
“Tujuan saya ke rumah Bapak, saya ingin memperistri anak bapak.” Katanya dengan sopan.
Bapak itu kaget, masak dia tidak berkaca dulu sebelum meminang anaknya.
“Kalau kau ingin daun muda, pergilah ke bukit sebelah di sana banyak pohon yang masih berdaun muda.” Jawab Bapak gadis itu dengan tegas.
Duda itu kaget, “Lho, Pak??”
“Maaf, saya tolak, pintu keluar ada di sebelah sana!” jawab bapak gadis itu dengan gelap mata sambil menunjukkan pintu.
Makna ungkapan daun muda dalam teks di atas adalah…
a.          Daun yang masih muda
b.         Daun yang berwarna hijau muda
c.          Gadis yang masih belia
d.         Gadis yang cantik
e.          Daun yang dimiliki gadis
C

Petunjuk

Ungkapan adalah kelompok kata yang memiliki makna baru.

Pembahasan

Daun muda memiliki makna gadis yang masih belia. Biasanya berumur dibawah dua puluh tahun.

Soal 4

Bacalah teks berikut ini!
Menjelang lebaran, anak-anak bermain petasan. Mereka bersaing dalam bunyi suara, semakin besar bunyi petasan, semakin mereka senang dan tersanjung. Mereka membuat petasan dengan bahan peledak sehingga menimbulkan bunyi yang luar biasa.
“Duaaar..duaar..duar..!!! bunyi petasan pada subuh hari. Pak Amat kaget mendengarnya. Sambil marah-marah dia mengatakan, “Ooalah..setiap hari kok dengar ledakan terus. Ledakan harga kebutuhan pokok, ledakan harga gas, ledakan TDL, dan kali ini benar-benar ledakan petasan..membuat merah telingaku.”
Makna ungkapan merah telinga dalam teks di atas adalah...
a.          Tidak menggunakan kaca mata
b.         Tidak bisa melihat
c.          Dijadikan bahan pembicaraan orang lain
d.         Marah
e.          Kurang beruntung
D

Petunjuk

Ungkapan adalah kelompok kata yang memiliki makna baru.

Pembahasan

Merah telinga artinya marah.

Soal 5

Bacalah teks berikut ini!
“Nah, mengertikan?” tanya Dodi sambil menyimpan pensilnya. Sudah dua jam dia menerangkan logaritma pada Yusuf. “Entahlah, saya masih ragu” jawab Yusuf, “aku benar-benar tidak bisa konsentrasi, Dod”
“Kamu ini kepala angin atau memang tidak konsentrasi? Kamu ini rupanya harus minum ramuan jahe dulu supaya tidak kepala angin!”kata Dodi sambil siap-siap menerangkan kembali teorinya.
Kepala angin memiliki makna…
a.          Bodoh
b.         sering lupa
c.          masuk angina
d.         pusing
e.          tidak konsentrasi
A

Petunjuk

Makna kata dapat dilihat dari konteks kalimat atau konteks wacana.

Pembahasan

Makna kepala angin adalah bodoh.

Soal 6

Bacalah teks di bawah ini!
Di sebuah desa tinggallah anak yatim. Hidupnya serba kekurangan. Ibunya bekerja sebagai buruh cuci dan sudah lama sakit-sakitan. Hari ini, pengumuman kelulusan SMP.
“Gimana Al, lulus tidak?” Tanya teman akrabnya
“Aku bersyukur, Alhamdulillah aku lulus!” jawabnya dengan hati berbunga-bunga.
“Kau mau melanjutkan kemana?” Tanya Anton
Wajah Aldi berubah jadi sedih. “Aku tak tahu, untuk bernafas saja susah…” jawabnya dengna suara pelan
“Tenang saja Al…kalau kau susah bernafas. Tinggal telepon ambulans suruh mengantar ke orang kaya. Siapa tahu dia membelikan oksigen.” Jawab Anton dengan canda


Hati berbunga-bunga memiliki makna, kecuali…
a.          senang
b.         bahagia
c.          suka
d.         ceria
e.          galau
E

Petunjuk

Hati berbunga-bunga merupkan ungkapan yang menunjukkan ekspresi.

Pembahasan

Hati yang berbunga-bunga bermakna senang; suka;ceria;bahagia. Galau bukan merupakan makna hati berbunga-bunga.

Soal 7

Bacalah teks di bawah ini!
Matahari memancarkan sinarnya ke bumi dan sebagai sumber cahaya. Bintang pun iri terhadapnya.
“Mengapa sinarmu begitu terang? Ajarkan aku agar aku sepertimu!” kata bintang kepadanya.
Matahari pun tersenyum menjawabnya, “Bintang, jika kau ingin sepertiku kumpulkanlah emas, batu bara, dan minyak sebanyak-banyaknya dari bumi karena benda itulah sumber cahayaku.” Kemudian, bintang pun pergi dan mulai mengerahkan rakyatnya untuk menggali emas, batu bara, dan minyak sebagai sumber cahaya.
Matahari memiliki makna, kecuali…
a.          penguasa
b.         orang kaya
c.          pemimpin
d.         penghangat
e.          pejabat

D

petunjuk

Matahari merupakan sumber kehidupan.

Pembahasan

Matahari dalam teks tersebut dapat diartikan sebagai pemimpin, orang kaya, penguasa, dan pejabat.

Soal 8

Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini!
1. Pak Broto menaiki kuda hitam di Lembang.
2. Rafael sangat bangga dengan kuda besi yang baru dibelinya.
3. Semua peserta lomba memanggil Darwan kuda hitam.
4. Paman Manuel membeli kuda besi yang dipajang di etalase koleksinya itu dari pengrajin Jerman.
5. Dia ditangkap polisi karena mengendarai mobil dengan naik kuda hijau.
6. Joni, kuda Pak Samad, jadi kuda hijau dalam acara karnaval kuda itu. Kain hijau yang dibutuhkan untuk menutup semua badannya lebih dari 2 meter.
Kalimat yang memiliki makna denotasi adalah…
a.          1,2,3
b.         1,2,4
c.          1,3,6
d.         1,4,6
e.          1,2,5
D

Petunjuk

Makna denotasi adalah makna sebenarnya.

Pembahasan

  1. Kuda hitam pada kalimat ke-1 artinya kuda berwarna hitam.
  2. Kuda pada kalimat ke-2 artinya motor.
  3. kuda pada kalimat ke-3 artinya peserta yang menang tanpa diperhitungkan.
  4. Kuda pada kalimat ke-4 artinya patung kuda yng terbuat dari besi.
  5. kuda pada kalimat ke-5 artinya dalam keadaan mabuk.
  6. Kuda pada kalimat ke-6 artinya Kuda berwarna hijau karena memakai kain hijau.

Soal 9

Bacalah teks di bawah ini!
Di sebuah desa tinggallah anak yatim. Hidupnya serba kekurangan. Ibunya bekerja sebagai buruh cuci dan sudah lama sakit-sakitan. Hari ini, pengumuman kelulusan SMP.
“Gimana Al, lulus tidak?” Tanya teman akrabnya
“Aku bersyukur, Alhamdulillah aku lulus!” jawabnya dengan hati berbunga-bunga.
“Kau mau melanjutkan kemana?” Tanya Anton
Wajah Aldi berubah jadi sedih. “Aku tak tahu, untuk bernapas saja susah…” jawabnya dengan suara pelan
“Tenang saja Al…kalau kau susah bernapas. Tinggal telepon ambulan suruh mengantar ke orang kaya. Siapa tahu dia membelikan oksigen.” Jawab Anton dengan canda
Bernapas memiliki makna…
a.          Mengambil udara
b.         Meninggal
c.          Pingsan
d.         Sakit asma
e.          Memenuhi kebutuhan pokok
E

Petunjuk

Bernapas adalah tanda kehidupan.

Pembahasan

Bernapas dalam teks tersebut memiliki makna memenuhi kebutuhan pokok, seperti makan.

Soal 10

Bacalah teks di bawah ini!
Suatu hari kacang dan kulit berbincang-bincang.
Kacang : Hei, apakah kamu bermanfaat bagi manusia?
Kulit : Jelas, lah. Aku kan bisa digunakan sebagai pengganti kayu bakar.
Kacang : Derajatmu lebih rendah daripada aku, aku ditempatkan di tempat yang indah dalam ruang tertutup dan dijaga agar tidak dimakan semut. Sedangkan kau di buang begitu saja menjadi sampah.
Kulit :Siapa yang menjadikan kau seperti ini? Siapa yang menjagamu sewaktu kamu kecil? Dasar, kacang lupa dengan kulitnya!
Kacang : itu nasib sialmu!
Kacang lupa dengan kulit memiliki makna…
a.          Melupakan dirinya sendiri.
b.         Melupakan kebaikan orang lain.
c.          Melupakan kesedihan.
d.         Melupakan bagian hidupnya.
e.          Melupakan asal daerahnya.
B

Petunjuk

Kacang lupa dengan kulitnya bisa diibaratkan dulu kacang dan kulit jadi satu. Kulit yang melindungi kacang.

Pembahasan

Kacang lupa dengan kulitnya meiliki makna orang yang melupakan kebaikan atau jasa orang yang telah menolongnya.

Tanda-Tanda Sahabat Anda Adalah Sahabat 'Palsu'

Menemukan seorang sahabat sejati bukanlah hal yang mudah. Kadang seorang sahabat yang paling Anda percaya pun bisa saja menusuk dari belakang. Anda harus benar-benar tahu mana kawan dan mana lawan. Kalau sahabat Anda memiliki tanda-tanda seperti ini, maka Anda harus berhati-hati dengan org seperti itu. Bisa jadi sahabat anda itu adalah sahabat yang palsu.

Berikut ini ciri-ciri atau tanda-tanda sahabat Anda adalah sahabat palsu:

1.    Selalu Mencari Kesalahan Anda
Seorang sahabat 'palsu' akan selalu mencari kesalahan-kesalahan Anda untuk membuktikan bahwa ia yang paling benar.


2.    Iri hati kepada Anda
Ia sering merasakan iri akan apa saja yang membuat Anda berbahagia. Contohnya ketika Anda sedang bahagia, sahabat sejati itu sewajarnya ikut bahagia. Ketika Anda memiliki pacar baru, maka sahabat Anda yaa mestinya ikut bahagia. Atau ketika Anda lulus suatu tes. Seorang sahabat sejati harusnya ikut berbahagia. Intinya, sahabat itu akan bahagia ketika sahabatnya bahagia.

3.    Menghilang saat dibutuhkan
Sahabat itu selalu Ada ketika Anda dalam suka dan duka. Yang namanya sabahat itu, bukalah seseorang yang ada ketika Anda sedang bersuka ria. Orang-orang yang ada ketika kamu sedang gembira, belum tentu dia itu adalah sahabatmu. Sahabat yang sejati itu, akan membantumu saat kamu sedang mengalami kesulitan. Jika sahabat Anda itu menghilang saat Anda minta tolong padanya, maka sahabat Anda itu adalah sahabat 'palsu'.

4.    Egois
Sahabat palsu itu selalu egois. Ia selalu mencoba menunjukkan ego yang tinggi. Tidak mau mengalah. Apa yang ia ingin harus ia lakukan saat itu juga. Ia jarang mengalah pada Anda.

5.    Suka Berbohong
Sahabat palsu itu sering berbohong untuk menutupi kekurangan mereka. Ia berbohong supaya tidak bisa kalah dari Anda.


6.    Bermuka dua
Seorang sahabat palsu selalu bermuka dua. Ia akan berbohong untuk menyenangkan hati Anda. Tetapi saat dia ada di belakang anda, sahabat palsu akan menjelek-jelekkan Anda.
Berhati-hatilah saat mencari sahabat. Anda harus berhati-hati dengan sahabat palsu seperti di atas. Karena nanti Anda pasti akan sakit hati.

Cara Belajar Berkualitas

Hai para siswa, sudahkah kalian belajar hari ini? jawabannya saya yakin sudah!, tapi apakah belajar kalian sudah efektif dan efisien?

Berikut ini 10 Trik Jitu Cara Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien

Belajar pagi para siswa adalah sebuah kewajiban, kewajiban yang melekat pada predikat yang disandangnya yaitu : Pelajar. Pelajar = belajar, Pelajar yang baik ya harus belajar yang baik, belajar yang baik adalah belajar yang menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan atau keterampilannya. Belajar yang baik seharusnya belajar yang dapat mendukung pencapaian tujuan-tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Belajar yang berkualitas bagi seorang pelajar adalah belajar yang efektif dan efisien.   Belajar  yang tidak bermutu sama dengan buang-buang energi. Buang-buang energi sama saja dengan menyia-nyiakan hidupmu. Kalau usia muda hilang ya bseok pasti akan menyesal guys.

Bagaimana  cara belajar yang efektif dan efisien itu?
Berikut 10 Trik Jitu Cara Belajar Berkualitas yang Efektif dan Efisien  yang dapat kalian praktikkan,

 1. Setiap melakukan segala sesuatu kalian harus berdoa. Berdoa sebelum dan sesudah belajar, doa menguatkan jiwa dan memberikan keberkahan pada usaha, karena itu jangan pernah dilupakan, usaha dunia tapi berpahala akhirat

2. Tentukan tujuan belajar, belajar untuk apa, untuk mencapai apa, untuk menguasai apa atau untuk tujuan apa? menentukan tujuan belajar akan membuat belajarmu bisa lurus di jalurnya dan tidak menggak-menggok

3. Tentukan target hidup yang ingin dicapai dari hasil belajar, misalnya nilai ulangan tinggi, nilai raport memuaskan atau lulus dengan prestasi. menentukan target hidup akan memberi motivasi agar belajar terus bersemangat. bila perlu tuliskan target hidup kalian sebagai cita-cita dan tempelkan di tempat yang bisa kalian lihat setiap hari.


4.    Buatlah jadwal belajar dan taati jadwal itu. Buatlah jadwal jam berapa saja kalian harus belajar dan berapa lama kalian belajar. Belajar yang terjadwal akan menjadi pedoman harian bagi kalian untuk tetap belajar setiap hari tanpa absen, berikan sanksi diri jika kalian melanggarnya, misalnya dengan menggantinya di jam yang lain hari itu dengan durasi yang sama persis dan ditambah menghafal lima suku kata bahasa Inggris dan lain-lain. Ingat : singkat OK  tapi rutin, jangan SKSan. Belajar singkat tapi rutin jauh lebih baik dari sistem kebut semalam,

5. Istirahatlah, berikan rehat bagi diri kalian sendiri dari aktivitas belajar, misalnya setelah belajar selama satu jam istirahatlah selama 5 sampai 10 menit dengan kegiatan santai yang kalian sukai, sekedar minum atau jalan-jalan sebentar

6.    Tuliskan dan tandai, tuliskan hal-hal penting dari yang dipelajari dari buku sumber belajar dalam buku catatan, buatlah ringkasan atau kata-kata kunci, kalau perlu buat jembatan keledai agar mudah diingat. Tandai bagian yang penting dari buku sumber dengan tanda-tanda yang menarik dan mudah dilihat, kalau buku itu milik sendiri bisa menggunakan stabilo atau pensil warna, kalau ingin buku tetap bersih bisa menggunakan potongan kertas warna-warni yang diselipkan di halaman buku yang diinginkan

7.    Kondisikan dan nikmati, kondisikan ruang belajar kamu agar nyaman untuk belajar, atur sedemikian rupa sehingga meja, kursi, rak buku, dan lampu pada posisi yang pas untuk mendukung kenyamanan belajar, berikan hiasan yang membuat kamu nyaman dan senang berada disana, bermainlah dengan warna-warna yang cerah dan lembut untuk cat tembok dan furniture, kalau memungkinkan berilah tanaman hijau dalam pot yang cocok untuk indoor agar suasana segar dapat kau rasakan, setelah itu nikmati

8. Jauhkan semua gangguan, kalau tidak bisa, maka kalian yang harus menjauhinya, misalnya televisi, yang terbaik terkait dengan televisi ini adalah adanya kesepakatan seluruh anggota keluarga yaitu dengan tidak menghidupkan televisi pada jam-jam belajar

9. Kenali tipe belajarmu, kalau kamu suka belajar dengan simbol, gambar dan visualisasi maka belajarlah yang melibatkan hal-hal visual yang akan membuatmu tertarik, misalnya dengan memperhatikan gambar-gambar pada buku sumber kemudian menelaah penjelasannya, gunakan ilustrasi dan warna yang bervariasi dalam buku catatanmu agar selalu berminat untuk mempelarinya. Kalau kamu suka belajar dengan mendengarkan suara kamu bisa membaca sambil bersuara, atau sambil mendengarkan suara lain yang kamu sukai

10. Baca, baca, dan baca, jangan bosan jangan malas untuk membaca dan terus giat membaca, karena membaca menjadi pintu masuk pengetahuan dan wawasan yang merupakan tahapan belajar dasar, semua sumber belajar sekarang ini kebanyakan berbasis teks, jadi jangan malas untuk membaca, kalau ada waktu luang diluar jadwal belajarmu gunakan untuk membaca agar wawasanmu makin luas dan pengetahuanmu terus bertambah.