KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
1. Bahasa Indonesia IPA/IPS/Keagamaan
Level Kognitif
|
Membaca Nonsastra
|
Membaca satra
|
Menulis terbatas
|
Menyunting Kata, Kalimat,
dan Paragraf
|
Menyunting Ejaan dan
Tanda Baca
|
Pemahaman dan
Pengetahuan
· Mengidentifikasi
· Memaknai
|
Siswa mampu
- memaknai istilah
- mengidentifikasi
informasi tersurat
|
Siswa mampu
- mengidentifikasi kata yang bermakna
simbolik/majas/
kias dalam karya sastra
- memaknai isi tersurat
dalam karya sastra
|
Siswa mampu
- menentukan istilah/
kata yang tepat sesuai konteks
|
Siswa mampu
- mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
kata
- mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
konjungsi
- mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
kalimat
- mengartikan kata
|
Siswa mampu
- mengidentifikasi
kesalahan pengguanaan ejaan (judul
sapaan/gelar, nama kota, kata depan)
- mengidentifikasi
kesalahan penggunaan
tanda baca
|
Aplikasi
· Menginterpretasi
· Menangkap
· Menggunakan
|
Siswa mampu
- menemukan ide pokok
- menemukan inti kalimat
- menentukan makna rujukan
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
|
Siswa mampu
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel
(sebab onflik, akibat konflik, nilai moral)
- menyimpulkan hubungan antar bagian
cerpen/novel
|
Siswa mampu
- melengkapi unsur teks eksposisi
- melengkapi unsur teks deskripsi
- melengkapi unsur teks narasi
- melengkapi teks sastra
- melengkapi teks ulasan
- melengkapi teks prosedur
|
Siswa mampu
- menggunakan istilah
dalam kalimat
- menggunakan kata bentukan (mengisi
sesuai
kaidah bentukan kata)
|
Siswa mampu
- menggunakan ejaan
- menggunakan tanda baca
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
Level Kognitif
|
Membaca Nonsastra
|
Membaca satra
|
Menulis terbatas
|
Menyunting Kata, Kalimat,
dan Paragraf
|
Menyunting Ejaan dan
Tanda Baca
|
Penalaran
· Membandingkan
· Menunjukkan
Bukti
· Menganalisis
· Menanggapi/
Mengomentari
· Merefleksi
· Mengevaluasi
|
Siswa mampu
- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks
- menyimpulkan
perbedaan dan persamaan isi
- membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian
beberapa jenis teks (berita, eksposisi,
prosedur, editorial, ulasan/resensi)
- mengomentari
isi teks
- menunjukkan bukti suatu simpulan
|
Siswa mampu
- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra
(berdasarkan
gaya, tema, unsur)
- menganalisis hubungan antar bagian karya sastra
- membuktikan simpulan
dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
- mengaitkan isi dengan kehidupan
saat ini
- menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
- meringkas isi karya sastra
|
Siswa mampu
- mengurutkan unsur teks
- memvariasikan kata yang bermakna sama
- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
- menyusun paragraf
dari beberapa data
- menggabungkan
beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
|
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan
penggunaan kalimat
- memperbaiki kesalahan
penggunaan paragraf
- menentukan alasan
dari segi
pilihan kata, kalimat paragraf
|
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan
pengunaan tanda baca
- menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
2. Bahasa Indonesia - Bahasa
Level Kognitif
|
Membaca non sastra
|
Diksi
|
Struktur Kebahasaan
|
Pemahaman
· Mengidentifikasi
· Memaknai
|
Siswa mampu
- Mengidentifikasi kata
- Mengidentifikasi unsur teks
- Mengidentifikasi makna tersurat
|
Siswa mampu
- Menentukan kata/istilah sesuai konteks
- Mengidentifikasi struktur teks nonsastra
|
Siswa mampu
- Mengidentifikasi bentuk teks
- Mengidentifikasi
tata makna
- Mengidentifikasi tata bentukan
- Mengidentifikasi tata kalimat
|
Menafsirkan/aplikasi
· Menginterpretasi
· Menangkap informasi
implisit
· Menggunakan
|
Siswa mampu
- Menyimpulkan isi tersirat
- Menginterpretasi hubungan unsur
- Mengklasifikasi isi
|
Siswa mampu
- Melengkapi kata, kalimat, paragraf
|
Siswa mampu
- Menganalisis tata makna
- Menganalisis tata bentukan
- Menganalisis tata kalimat
- Menggunakan teori kebahasaan untuk mengklasifikasi teks
|
Penalaran
· Membandingkan
· Menunjukkan bukti
· Menganalisis
· Menanggapi/mengomentari
· Merefleksi
· Mengevaluasi
· Mengkreasi
|
Siswa mampu
- Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
- Menganalisis
hubungan antar
unsur
- Membandingkan pola penulisan
- Meringkas isi
- Menanggapi/mengomentari isi teks
|
Siswa mampu
- Mengurutkan unsur teks nonsastra
- Memvariasikan bagian teks (kata,
kalimat, paragraf)
- Memvariasikan/kalimat kritikan/pujian
|
Siswa mampu
- Memperbaiki kesalahan dari segi tata makna
- Memperbaiki kesalahan dari segi tata bentukan
- Memperbaiki kesalahan dari segi tata kalimat
- Membandingkan untuk menentukan
perbedaan dan persamaan teks
|
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016
3. Sastra Indonesia - Bahasa
Level Kognitif
|
Membaca sastra
|
Menulis sastra
|
Aspek Kesastraan
|
Pengetahuan
dan pemahaman
· Mengidentifikasi
· Memaknai
|
Siswa mampu
- mengidentifikasi kata yang bermakna
simbolik/majas/kias dalam karya sastra
- mengidentifikasi unsur karya sastra
- memaknai isi tersurat dalam karya sastra
|
Siswa mampu
- menentukan majas/makna simbolik
- mengidentifikasi struktur teks sastra
|
Siswa mampu
- mengidentifikasi bentuk karya
sastra
- mengidentifikasi aspek kesastraan pada puisi, prosa fiksi, dan drama
|
Menafsirkan/aplikasi
· Menginterpretasi
· Menggunakan
|
Siswa mampu
- menyimpulkan isi
tersirat dalam karya sastra
- menginterpretasi hubungan isi dalam karya sastra
- mengklasifikasi karya sastra
|
Siswa mampu
- melengkapi unsur karya sastra puisi
- melengkapi karya sastra
prosa fiksi
- melengkapi karya sastra
drama
|
Siswa mampu
- menganalisis aspek kesastraan pada puisi
- menganalisis aspek kesastraan pada prosa fiksi
- menganalisis aspek kesastraan pada drama
- menggunakan teori sastra
untuk mengklasifikasi
|
Penalaran
· Membandingkan
· Menunjukkan bukti
· Menganalisis
· Menanggapi/mengomentari
· Merefleksi
· Mengevaluasi
· Mengkreasi
|
Siswa mampu
- membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
- menganalisis hubungan antar unsur dalam karya sastra
- menganalisis
bukti
- mengaitkan isi dengan
kehidupan saat ini
- menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
- membandingkan pola karya sastra
(berdasarkan gaya, tema, unsur)
- meringkas isi karya sastra
- menanggapi/mengomentari isi karya
sastra
|
Siswa mampu
- mengurutkan unsur teks sastra
- memvariasikan unsur karya sastra
bebentuk puisi
- memvariasikan karya sastra yang berbentuk prosa fiksi
- memvariasikan karya sastra yang berbentuk drama
- menyusun kritik dan esai
- memvariasikan kalimat pada kritik dan esai
|
Siswa mampu
- mengkritik aspek kesastraan pada puisi
- mengkritik aspek kesastraan pada prosa fiksi
- mengkritik aspek kesastraan pada drama
- membandingkan untuk menentukan perbedaan
dan persamaan karya sastra
|