Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI/IPA-IPS
Hari,tanggal : .................
Waktu : 120 menit
PETUNJUK UMUM
1
Berdoalah
sebelum Anda mengerjakan soal.
2
Laporkan
pada pengawas apabila terdapat tulisan yang kurang jelas
3
Jumlah
soal sebanyak 50 butir.
PETUNJUK
KHUSUS
Pilihlah
jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang telah tersedia!
1.
Bacalah kutipan
sambutan berikut dengan saksama!
Terima kasih saya ucapkan kepada panitia yang telah
memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan sambutan pada acara ini.
Tema acara ini adalah “Katakan Stop Global Warning dan jadilah sahabat Bumi”.
Oleh sebab itu, melalui sambutan ini saya mengajak rekan-rekan untuk
menyelamatkan bumi dari global warning. Kita dapat menyelamatkan bumi dengan
hal-hal yang kecil, misalnya menanam tanaman di sekitar rumah. Tanaman dapat
mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Dengan adanya tanaman, gas
efek rumah kaca dapat dikurangi. Selain itu, kita dapat menghemat energi.
Kita dapat berjalan kaki atau bersepeda untuk mengunjungi suatu tempat yang
jaraknya dekat. Sedapat mungkin kita harus mengurangi pembakaran, misalnya
membakar sampah atau tanaman.
|
Isi kutipan
sambutan tersebut adalah ....
A.
dampak pemanasan global
B.
penyebab pemanasan global
C.
cara sederhana mengurangi pemanasan global
D.
cara menghentikan pemanasan global
E.
mengurangi pemanasan global dengan menanam tanaman
2.
Bacalah penggalan khotbah
berikut dengan saksama !
…..
Sumber daya alam dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk
kemakmuran rakyat dengan tetap memperhatikan kelestarian fungsi lingkungan
hidupnya dengan
demikian,sumber daya alam memiliki peran ganda,yaitu sebagai modal
pembangunan(economic resource) dan
sekaligus sebagai penopang sistem kehidupan(life support system).Atas dasar fungsi ganda itu,sumber daya alam
senantiasa harus dikelola secara seimbang untuk menjamin keberlanjutan
pembangunan nasional. Berbagai
permasalahan masih banyak dihadapi dan harus diselesaikan. Permasalahan itu antara
lain tingginya potensi konflik kepentingan antarpihak,penipisan cadangan
sumber daya alam,masih lemahnya kelembagaaan,penegakan hukum yang tidak
selalu mudah dipecahkan,rentang waktu yang cukup panjang antara kegiatan
pembangunan dengan munculnya dampak lingkungan,serta rendahnya pemahaman dan
kesadaran masyarakat akan pentingnya penghematan sumber daya alam dan
pelestarian fungsi lingkungan hidup.
|
Ringkasan
dari penggalan khotbah di atas adalah….
A.
Sumber
daya alam sangat penting karena memiliki peran ganda
B. Pemanfaatan sumber daya
alam harus memperhatikan kelestarian lingkungan
hidup.
C.
Masyarakat
harus selalu meggunakan
sumber daya alam sehemat-hematnya
D.
Sumber
daya alam harus bisa menjamin
berkelanjutan pembangunan nasional
E.
Masih
banyak permasalahan yang harus dihadapi dalam melestarikan lingkungan hidup
3.
Bacalah kutipan sambutan berikut dengan saksama
!
Siswa-siswi yang saya cintai. Selama ini nama sekolah
kita dikenal masyarakat karena prestasi, baik dibidang intrakurikuler maupun
ekstrakurikuler. Saya merasa bangga karena kalian dapat bekerja sama untuk
memajukan sekolah ini. Misalnya, dalam program terbaru sekolah kita yaitu
penanaman pagar hidup di belakang sekolah. Program ini bertujuan untuk
menghijaukan sekolah kita. Selain itu, tanaman tersebut dapat mengurangi
karbonmonoksida yang dihasilkan oleh sepeda motor kita. Saya berharap program
seperti ini dapat dilakukan di tempat lain, tidak hanya di lingkungan
sekolah.
|
Inti kutipan sambutan tersebut adalah ….
A.
program penghijauan di sekolah
B.
keharuman nama sekolah
C. penurunan
prestasi siswa
D.
penghargaan terhadap prestasi siswa
E.
kebanggaan guru pada prestasi siswa
4. Bacalah penggalan
khotbah berikut dengan saksama !
Pendidikan budi pekerti perempuan semata-mata ditujukan
untuk keperluan laki-laki. Segala sifat lemah itulah dijadikan sifat
perempuan mesti pendiam. Berjalan perempuan tidak boleh lekas-lekas.
Berbicara dan tertawa tidak boleh keras-keras. Dalam segala hal ia harus.
Dengan jalan demikianlah, maka perempuan kita sekarang tidak berharga sedikit
jua pun. Segala sifat-sifatnya sebagai manusia menjadi lemah oleh didikan
masyarakat dan orang tua yang semata-mata menuju ke arah perkawinan. Dan dari
perempuan yang telah dimatikan semangatnya seperti itu, orang masih berani
berharap lahirnya sesuatu keturunan yang kuat. Adakah, saudara-saudara
permintaan yang lebih gila daripada itu ?
|
Kesimpulan
penggalan khotbah di atas adalah….
A.
Perempuan
bukanlah sosok manusia yang lemah, tetapi mereka adalah manusia yang dapat
bersemangat dalam hidupnya.
B.
Pendididkan
budi pekerti yang ditujukan khusus pada kaum perempuan adalah pendidikan yang
tergolong gila.
C.
Kaum
perempuan hanya akan dipersiapkan sebagai pendamping hidup kaum pria.
D.
Kaum
perempuan tidak bisa diberi pendididkan budi pekerti yang akan melemahkan
semangat hidupnya.
E.
Pendididkan
budi pekerti perempuan yang semata ditujukan untuk keperluan laki-laki
menjadikan perempuan sebagai manusia yang lemah.
5.
Bacalah kutipan
wawancara berikut dengan saksama !
Wartawan :
Apakah alternatif pengganti bagi
pengendara sudah siap ?
Narasumber: Pengadaan tambahan bus sedang dan bus
transjakarta paling cepat sekitar
bulan Oktober atau November.
Wartawan : Menurut Anda apakah program
ganjil-genap bisa dilaksanakan di tengah masyarakat Jakarta ?
Narasumber : Hal itu bisa dilaksanakan asal masyarakat
diberikan alternatif pengganti bagi pengendara. Jangan sampai seperti kartu
sehat kemarin. Sudah siap diterapkan sebelum sarana pendukungnya siap.
Wartawan : Apa
harapan Bapak dengan adanya program plat nomor ganjil-genap ?
Narasumber: Pemerintah berharap ini dapat mengurangi
kendaraan yang masuk ke Jakarta. Jadi, paling tidak kemacetan Jakarta dapat
sedikit teratasi.
|
Isi pokok wawancara tersebut adalah ....
A.
Program penambahan armada
B.
Program pengadaan kartu sehat
C.
Program memberikan alternatif
D.
Program penanggulangan kemacetan
E.
Program pelaksanaan plat nomor ganjil-genap
6. Bacalah kutipan wawancara berikut
dengan saksama
!
Wartawan
:Sebagai pemimpin, bagaiman cara Bapak mengerahkan warga untuk menanggulangi
sampah di desa ini ?
Narasumber :
Dalam menanggulangi sampah saya berkoordinasi dengan warga desa untuk memisahkan sampah organik dan sampah
anorganik.
Wartawan
: Untuk apa pemisahan itu dilakukan ?
Narasumber :
Sampah anorganik yang bermanfaat, dibuat karya oleh ibu-ibu seperti tas,
hiasan dinding, dan lain-lain. Sampah organik dikumpulkan untuk dibuat pupuk.
Wartawan
: Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap usaha ini ?
Narasumber : Mereka
antusias dan hasilnya pun cukup memuaskan. Bisa menambah pendapatan warga.
|
Rangkuman
wawancara tersebut adalah ....
A.
Pemanfaatan sampah.
B.
Sampah organik dan sampah anorganik.
C.
Sampah organik diubah menjadi pupuk.
D.
Tanggapan masyarakat mengenai cara mengatasi sampah.
E.
Penanganan sampah dengan cara pemilahan bermanfaat bagi
warga.
7.
Bacalah artikel
berikut dengan saksama !
Perkembanhgan
ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju. Di era globalisasi ini banyak
kemudahan, terutama dalam menyelesaikan pekerjaan dengan adanya handphone,
internet, kalkulator, mesin cuci, komputer dan alat tranportasi serta beragam
kemudahan lainnya yang membuat seseorang bergantung pada alat-alat tersebut.
Begitu pula dengan siswa di sekolah. Zaman modern serba instan ini membawa
dampak terhadap kehidupan sehari-hari siswa. Siswa ingin mendapat nilai bagus
tanpa berusaha belajar sungguh-sungguh misalnya, mustahil dapat berhasil.
|
Pokok isi artikel tersebut adalah
...
A.
Budaya instan di kalangan masyarakat dan pelajar.
B.
Perkembangan ilmu pengetahuandan teknologi membawa dampak
positif.
C.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak selalu
memberi dampak positif.
D.
Pelajar kurang memedulikan proses dalam mendapatkan hasil
belajar.
E.
Tanpa proses belajar yang sungguh-sungguh, mustahil bagi
pelajar menjadi orang sukses.
8.
Bacalah artikel
berikut dengan saksama !
Minat para siswa di bidang penelitian makin tinggi.
Terbukti tahun ini jumlah siswa di DIY yang memperoleh medali pada lomba
penelitian dan karya ilmiah tingkat nasional meningkat dibanding tahun lalu.
Bahkan, siswa yang memperoleh medali tidak melulu dari sekolah favorit di
wilayah kota tapi hampir merata di semua kabupaten. Siswa yang mendapat
medali tidak hanya dari sekolah di wilayah kota tapi merata ada dari sekolah
di Gunungkidul, Sleman, dan Kulonprogo.
Sumber: Kedaulatan Rakyat, 15 Oktober 2016
|
Pokok
isi artikel tersebut adalah ....
A.
Siswa bangga memperoleh medali.
B.
Tingginya minat siswa di bidang penelitian.
C.
Siswa yang memperoleh medali dari Sleman.
D.
Menurunnya minat para siswa untuk meraih medali.
E.
Medali pada lomba penelitian dan karya ilmiah tidak
merata.
9.
Bacalah artikel
berikut dengan saksama !
Masalah disiplin jika kita kaji merupakan persoalan
rasa yang dekat dengan spiritualitas seseorang. Jika disederhanakan disiplin
merupakan perilaku individu yang bias memenuhi janjinya. Orang yang
membiasakan diri berdisiplin kepada dirinya sedndiri dipastikan akan memiliki
nilai disiplin kepada pihak lain. Pendisiplinan(menurut Wikipedia) adalah
usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan
menaati sebuah peraturan.
|
Hal yang menarik
dari artikel tersebut adalah ....
A.
nilai-nilai
B.
kataatan
C.
kecerobohan
D.
kesederhanaan
E.
kedisiplinan
Bacalah paragraf
berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 10 dan 11 !
(1) Pendidikan
profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program sarjana yang
mempersiapkan peserta didik untuk memasuki suatu profesi atau menjadi
profesional. (2) Salah satu yang dikembangkan dalam pendidikan tinggi dalam
keprofesian adalah yang disebut program diploma, mulai dari D1 sampai dengan
D4 dengan berbagai konsentrasi bidang ilmu keahlian. (3) Konsentrasi
pendidikan profesi, yaitu para mahasiswa lebih diarahkan kepada minat
menguasai keahlian tertentu. (4) Dalam bidang keahlian dan keprofesian
khususnya Desain Komunikasi Visual terdapat jurusan seperti Desai Grafis
untuk D4 dan Desai Multimedia untuk D3 dan Desain Perikanan D3. (5) Pendidikan
biasanya berawal pada saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur
hidup.
|
10.
Kalimat utama
paragraf tersebut adalah kalimat
nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
11.
Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah nomor....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
12.
Bacalah paragraf
berikut dengan saksama !
Pertama yang perlu kita lakukan dalam mengarang adalah
menentukan topik. Kemudian langkah berikutnya adalah menyusun kerangka
karangan berdasar topik tersebut. Kerangka karangan yang sudah kita susun
tersebut lalu kita kembangkan menjadi
bentuk karangan utuh. Adapun langkah yang terakhir adalah melakukan
penyuntingan dan pemilihan judul yang tepat. Jadi, itulah langkah-langkah
yang perlu kita lakukan dalam menulis karangan.
|
Jenis paragraf di atas adalah ....
A.
deskripsi
B.
narasi
C.
argumentasi
D.
deduktif
E.
induktif
13.
Bacalah paragraf
berikut dengan saksama !
Manusia yang memiliki ilmu yang luas
akan merasa dirinya tidak memiliki apa-apa. Dia merasa dirinya banyak
kekurangan, banyak orang yang lebih pintar daripada dirinya. Ia pun merasa
kecil. Bila berjalan dia akan merunduk. Sama halnya dengan setangkai padi.
Padi itu bila butirnya makin berisi, makin berat sehingga tangkainya tidak
kuat menahan, dan akhirnya tangkai menjadi merunduk.
|
Kalimat kesimpulan yang tepat untuk mengakhiri
paragraf tersebut adalah ...
A.
Begitulah bila padi itu berisi, bulirnya semakin berat
dan tidak akan kuat tangkainya menahan.
B.
Contohlah ilmu padi bila Anda tidak dikatakan seorang
sombong dan tidak memiliki ilmu.
C.
Ilmu itu akan berguna bila diamalkan seperti halnya bulir
padi yang berbuah bernas (padat)
D.
Demikianlah kesamaan padi dan diri seseorang yang tidak
memiliki rasa sombong dan tinggi hati.
E.
Jadi, orang yang berilmu luas sama halnya dengan tangkai
padi yang berbulir bernas (padat) akan semakin merunduk.
Bacalah paragraf
berikut dengan saksama untuk menjawab soal
nomor 14, 15, dan
16 !
(1) Di bagian
belakang pasar berderet kios-kios yang
sebagian besar dibiarkan terbuka tanpa penutup. (2) Tidak jauh dari situ
tampak tumpukan sampah yang menggunung dan meluber hingga ke depan kios. (3)
Kotoran dan sampah pun menumpuk di dalam kios. (4) Kesibukan orang-orang
bertransaksi sudah terlihat. (5) Bau busuk sampah menyengat tercium di
mana-mana.
|
14.
Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat nomor ...
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
15.
Kalimat penjelas yang
tidak mendukung kalimat utama tersebut adalah kalimat
Nomor ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
16.
Jenis paragraf tersebut adalah paragraf ....
A.
narasi
B.
deskripsi
C.
deduktif
D.
induktif
E.
analogi
17.
Bacalah dengan cermat paragraf berikut !
Disiplin merupakan kata yang mudah diucapkan tetapi
sulit dilaksanakan apalagi menjadi perilaku. Di masa-masa Idul Fitri ini
sangat terasa kata disiplin itu ditunjukan dalam perilaku yang sering
menggambarkan suatu kenyataan yang kurang atau tidak mengenakkan. Disiplin
menurut KBBI adalah tata tertib, ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan. Oleh
sebab itu, banyak disiplin diartikan sebagai rasa atau perasaan patuh atau
taat terhadap ketentuan, peraturan dan melakukan tugas pekerjaan yang menjadi
wewenang dan tanggungjawab.
|
Kesimpulan dari paragraf di
atas adalah….
A.
Di
masa-masa Idul Fitri ini sangat terasa kata disiplin itu ditunjukan dalam
perilaku yang sering menggambarkan suatu kenyataan yang kurang atau tidak
mengenakkan.
B.
taat
terhadap ketentuan, peraturan dan melakukan tugas pekerjaan yang menjadi
wewenang dan tanggungjawab.
C.
Disiplin
merupakan kata yang mudah diucapkan tetapi sulit dilaksanakan apalagi menjadi
perilaku.
D.
Disiplin
menurut KBBI adalah tata tertib, ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan
E. Banyak disiplin diartikan
sebagai rasa atau perasaan patuh atau taat terhadap ketentuan, peraturan dan
melakukan tugas pekerjaan yang menjadi wewenang dan tanggungjawab.
18.
Perhatikan
bagian-bagian proposal berikut !
1.
Tujuan Kegiatan
2.
Tema kegiatan
3.
Waktu dan pelaksanaan kegiatan
4.
Nama kegiatan
5.
Sasaran / peserta
6.
Kepanitiaan
7.
Rencana anggaran
8.
Latar belakang
|
Susunan proposal yang benar adalah….
A.
4, 8, 1, 2, 5, 3, 6, 7
B.
1 ,2, 3, 4, 5, 6, 8, 7
C.
2, 1 ,3, 4, 5, 6, 7, 8
D.
1, 4, 2, 3, 5, 6, 8, 7
E.
4, 8 ,1, 2, 5, 3, 7, 6
19.
Bacalah dengan
cermat kutipan surat kuasa berikut !
PT Maju Lancar
Jalan Dewi Sartika 34,
Jakarta
Telpon
12345678
|
Surat Kuasa
Nomor: 152/SK/11/2016
Yang
bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Jiwa
Jabatan : Direktur
Memberikan kuasa penuh kepada:
Nama : Lovi
Jabatan : Bendahara
Untuk mengambilkan uang di BRI
sebesar Rp.100.000.000,00. Surat kuasa ini berlaku mulai tanggal 31 Oktober 2016 sampai dengan
tanggal 3 Nopember 2016.
Demikian surat kuasa ini untuk segera dipergunakan sebagaimana adanya.
|
Penutup surat kuasa yang benar adalah ....
A.
Demikian suratn kuasa ini kami limpahkan kepada saudara
agar segera dilaksanakan.
B.
Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sungguh-sungguh
untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
C.
Demikianlah kuasa ini kami limpahkan untuk saudara agar
segera dilaksanakan sebelum batas waktunya berakhir.
D.
Demikianlah surat kuasa ini kami sampaikan kepada saudara
agar segera dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
E.
Demikianlah surat
ini kami sampaikan kepada saudara agar saudara segera melaksanakan kuasa
ini dengan sebaik-baiknya.
20.
Bacalah dengan
cermat !
1. Ada pihak
penjual
2. Ada pihak
pembeli
3. Ada identitas
kedua belah pihak
4. Ada pihak
pemeberi kuasa
5. Ada pihak yang
diberi kuasa
6. Ada waktu dan
tempat pembuatan perjanjian
7. Ada pasal-pasal
perjanjian jual beli
|
Unsur-unsur surat perjanjian jual beli tersebut adalah
nomor ....
A.
1, 2, 4, 5, 6
B.
1, 2, 3, 6, 7
C.
1, 3, 4, 5, 6
D.
1, 4, 5, 6, 7
E.
1, 2, 3, 4, 5
21.
Bacalah dengan
cermat bagian dari surat perjanjian jual beli berikut !
Pasal 3
Perjanjian jual beli ini disepakati dengan harga Rp
17.000.000,00 (tujuh belas juta rupaih). Jumlah tersebut akan dibayarkan
secara tunai oleh pembeli kepada penjual pada waktu penandatanganan surat
perjanjian ini, dengan tanda terima/kuitansi tersendiri yang disaksikan oleh
beberapa orang saksi, dan selanjutnya penjual menyerahkan semua sertifikat
kepada pembeli.
|
Isi pasal perjanjian jual beli dalam kutipan di atas
mengemukakan ....
A.
penyerahan sertifikat jual beli
B.
uang biaya administrasi jual beli
C.
harga yang disepakati di depan saksi
D.
syarat-syarat yang harus dipenuhi pembeli
E.
pembayaran tunai yang diterima saksi-saksi
22.
Tema karya ilmiah : Belajar aktif dengan sistem kliping
Kalimat latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut
adalah ...
A.
Dewasa ini siswa hanya menerima ilmu pengetahuan dari
guru dan buku sumber.
B.
Kliping merupakan salah satu sumber pembelajaran yang
selalu up to date.
C.
Dengan sistem kliping, siswa akan lebih aktif dan
bersemangat dalam belajar.
D.
Konsep pembelajaran ini diterapkan agar orang tua tidak
mengeluhkan mahalnya buku.
E.
Kliping merupakan konsep pembelajaran yang mudah
dilaksanakan di setiap sekolah.
23.
Bacalah dengan
cermat sumber buku berikut !
Judul buku
: Linguistik Umum
Penulis : Abdul Chaer
Tahun terbit
: 2007
Kota terbit
: Jakarta
Nama penerbit
: Rineka Cipta
|
Penulisan daftar pustaka yang benar untuk sumber buku di
atas adalah ....
A.
Abdul, Chaer. Linguistik
Umum. 2007. Jakarta : Rineka Cipta.
B.
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik
Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
C.
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka
Cipta.
D.
Abdul, Chaer.
2007. Linguistik Umum. Jakarta
: Rineka Cipta.
E.
Abdul Chaer. 2007. Linguistik
Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
24.
Bacalah dengan cermat sumber buku berikut !
Judul
|
Penulis
|
Penerbit
|
Tahun
|
Kota
|
1.
Teknologi Komunikasi
|
Rahma Farida
|
Bima
|
2006
|
Surabaya
|
2.
Komunikasi Massa
|
Aris Tata
|
Sapta
|
2007
|
Jakarta
|
3.
Komunikasi Sosial
|
Dian Rana
|
Septina
|
2009
|
Medan
|
Penulisan daftar pustaka yang tepat adalah ...
A.
Rahma, Farida. 2006. Teknologi
Komunikasi. Surabaya : Bima.
Aris, Tata.
2007. Komunikasi Massa . Jakarta :
Sapta.
Dian, Rana. 2009. Komunikasi Sosial . Medan : Septina.
B.
Farida, Rahma.
2006. Teknologi Komunikasi. Surabaya
: Bima.
Tata, Aris. 2007. Komunikasi Massa . Jakarta : Sapta.
Dian, Rana. 2009. Komunikasi Sosial . Medan : Septina.
C.
Farida, Rahma.
2006. Teknologi Komunikasi.
Surabaya : Bima.
Rana, Dian. 2009. Komunikasi Sosial.
Medan : Septina.
Tata, Aris.
2007. Komunikasi Massa.
Jakarta : Sapta.
D.
Farida, Rahma 2006. Teknologi
Komunikasi, Surabaya : Bima.
Rana, Dian, 2009. Komunikasi Sosial , Medan : Septina.
Tata, Aris. 2007, Komunikasi Massa, Jakarta :
Sapta.
E.
Farida, Rahma.
2006. Teknologi Komunikasi.
Surabaya : Bima.
Rana, Dian. 2009. Komunikasi
Sosial . Medan : Septina.
Tata, Aris. 2007. Komunikasi Massa . Jakarta : Sapta.
25.
Bacalah dengan
cermat ilustrasi berikut !
Ketika membuat karya tulis, Riri mengutip sebuah
kalimat dalam buku Kitab Bahasa Indonesia karangan Asul Wiyanto di halaman
179. Buku tersebut diterbitkan oleh penerbit Jogja Bangkit Publisher di
Yogyakarta pada tahun 2012.
|
Berdasarkan ilustrasi tersebut, penulisan catatan kaki
yang benar adalah ...
A.
Asul Wiyanto, Kitab bahasa Indonesia (Yogyakarta:Jogja
Bangkit Publisher, 2012), hlm 179.
B.
Wiyanto, Usul, Kitab Bahasa Indonesia (Yogyakarta: Jogja
Bangkit Publisher, 2012), hlm 179.
C.
Asul Wiyanto, Kitab Bahasa Indonesia (Yogyakarta: Jogja
Bangkit Publisher, 2012, hlm.179).
D.
Asul Wiyanto, Kitab Bahasa Indonesia (Yogyakarta:Jogja
Bangkit Publisher, 2012), hlm 179.
E.
Wiyanto, Asul. Kitab Bahasa Indonesia
(Yogyakarta:Jogja Bangkit Publisher, 2012), hlm. 179.
Perhatikan
penggalan drama berikut untuk menjawab soal nomor 26 sampai dengan nomor 29 !
Ny. Pratomo : Seenaknya saja kamu tinggalkan kami mati. Dan,
lihat apa yang kamu wariskan! Uang pensiunmu sebagai direktur SMU kalah besar
dibanding gaji sopir bus malam. Lantas apakah hidupku mesti merosot? Dasar
lelaki cupet pikiran. Kamu ini moralis yang kaku. Kamu menolak hadiah karena
tidak mau dibilang koruspi. Apakah menerima hadiah itu mencuri? Inilah
akibatnya. Aku dan anakmu hidup serba kekurangan.
Pak Saleh
: (sambil menyapu)
Dan
sejak Bapak wafat sampai sekarang saya belum dibayar.
Ny.Pratomo : Kamu jangan ikut mengomel. Kami sudah
mengangkat derajatmu dari orang
goblok menjadi orang yang cukup pengetahuan.
Sekarang
kamu ikut mengomel lagi, hanya karena terlambat digaji beberapa bulan.
Pak Saleh
: Terlambat enam bulan, Nyonya.
Itu setengah tahun.
(Buku Harian Seorang Koruptor, W.S.
Rendra)
26. Konflik yang tergambar dalam
penggalan drama di atas adalah ….
A. Terlambat
membayar gaji pembantunya.
B.
Pegawai
yang berani mengomeli majikannya.
C.
Kesulitan
ekonomi akibat ditinggal mati suami.
D.
Kejengkelan
Ny.Pratomo kepada pembantunya.
E.
Ny.Pratomo mengeluh karena kematian suaminya.
27. Watak tokoh Ny. Pratomo dalam penggalan drama
di atas adalah ….
A. suka memarahi pembantu,
sewenang-wenang, pelit
B. pemarah,
menghalalkan segala cara, suka mengeluh.
C. kejam,
sewenang-wenang, suka mengeluh.
D. menghalalkan
segala cara, judes, pelit.
E. sewenang-wenang,
pemarah, judes.
28. Nilai moral yang sesuai dengan isi penggalan
drama di atas adalah ….
A.
Perlakukan
orang lain sesuai dengan kedudukannya.
B.
Seorang
pembantu tidak boleh membantah majikan.
C.
Istri
harus setia dan hormat kepada suami walaupun sudah meninggal.
D. Jangan
menghalalkan segala cara dalam mencari rezeki.
E.
Gajilah pembantu tepat waktu.
29. Latar yang tergambar dalam penggalan drama di
atas adalah ….
A.
di
kamar depan
B.
sebuah
kantor
C.
halaman
rumah
D.
rumah
pembantu
E.
rumah
Ny. Pratomo
Perhatikan pengalan hikayat berikut
untuk menjawab soal nomor 30 dan 31!
“Hai, Saudaraku, Menteri, tolonglah apalah
kiranya caharikan daku seorang tukang tenung yang pandai membuat guna-guna dan
yang tahu melembutkan hati orang, supaya jangan aku dimurkai oleh Sang ratu dan
supaya Sang Nata suka menurut kepada barang apa kata-kataku dan supaya ia kasih
sayang akan daku lebih daripada yang lain-lainnya dan supaya Sang Ratu suka
menurut pengajaranku dan boleh cinta akan daku.”
Setelah itu, Menteri pun diberinya beberapa
dinar dan harta benda. Setelah menerima itu, berangkatlah ia dengan segera,
hendak mencaharikan tukang tenung itu, lalu berjalan masuk hutan, keluar hutan,
masuk rimba, keluar rimba, serta melalui beberapa bukit dan padang. Di mana ada
ajar atau tukang sihir yang sakti lalu disinggahinya.Siang malam tiada henti
daripada berjalan dengan seorang dirinya.Berkawan tiada berani, karena takut,
nanti terbuka rahasianya. Dari sebab hendak menolong dan kasih sayang pada
saudaranya, lupalah ia akan takut, melainkan berjalan dengan seorang dirinya
dan tidur di dalam hutan di bawah pohon yang besar-besar, serta menanggung
kesengsaraan yang amat sangat. (Hikayat
Panji Semirang)
30. Watak tokoh Menteri yang tergambar dalam
penggalan hikayat di atas adalah ….
A.
rela
berkorban, pemberani, taat
B.
mata
duitan, pemberani, egois
C.
jujur,
pemberani, pendusta
D.
setia,
taat, dan pemberani
E.
rela
berkorban, pendusta, setia
31.Tema penggalan hikayat di atas adalah ….
A.
Kegigihan
meraih keinginan.
B.
Kecemburuan
terhadap orang lain.
C.
Kecerdikan
seseorang dalam berusaha.
D.
Kejahatan
yang terselubung.
E.
Kesungguhan
menjalankan tugas.
Cermati kutipan hikayat
berikut untuk menjawab soal nomor 32 dan 33!
Hatta, antara
beberapa tahun lamanya, Paya Tu Naqpa pun sakitlah, dan menyuruh memalu
canang pada segala daerah negeri: barang siapa cakap mengobati baginda
sehingga sembuh, akan diambil menantu oleh Baginda. Tujuh hari lamanya,
seorang pun tiada sanggup. Hatta, seorang Pasai yang bernama Syeikh Said pun
menyatakan dirinya sanggup mengobati baginda dengan syarat. Jikalau baginda
sembuh, Baginda mesti masuk agama Islam. Raja bersedia mengikuti segala
syarat itu. Akan tetapi, sesudah sembuh, janji itu dipungkirinya. Hikayat
Patani
|
32.
Isi kutipan hikayat tersebut adalah … .
A.
Raja
menyuruh memalu canang untuk mencari obat.
B.
Raja
sakit dan mengadakan sayembara
C.
Seorang
pasai sanggup mengobati Baginda dengan syarat, walaupun akhirnya dipungkiri
D.
Orang
yang sanggup mengobati akan mendapat hadiah.
E. Berbagai cara ditempuh Paya
untuk mencari obat.
33.
Amanat
yang terkandung dalam kutipan hikayat tersebut adalah ...
A.
Seorang
raja haruslah melindungi rakyatnya.
B.
Seorang
raja harus selalu dekat dengan rakyatnya..
C.
Seorang
raja harus percaya pada rakyatnya.
D.
Seorang
raja haruslah menepati janji yang
diucapkan..
E.
Seorang
raja jangan suka membohongi rakyatnya.
Perhatikan penggalan novel berikut
untuk soal nomor 34 s.d. 37!
Sejak kecil Abahnya sudah sering membangunkannya jam tiga
pagi. Abah menggendong dan mengajaknya menikmati keindahan surgawi.Keindahan
pesona langit, bintang gemilang, dan bulan yang sedemikian fitri.
“Di atas sana ada jutaan malaikat yang
sedang bertasbih.” Begitu kata Abahnya yang tak lain adalah Kiai Lutfi sambil
menggendongnya. Ia tidak mungkin melupakannya.
“Jutaan malaikat itu mendoakan penduduk
bumi yang tidak lalai. Penduduk bumi yang mau tahajud saat jutaan manusia
terlelap lalai.” Sambung Abah sambil membawanya ke masjid pesantren.
Abah lalu mengajaknya untuk akrab dengan
dinginnya mata air desa Wangen. Setelah mengambil air wudhu, Abah mengajaknya
keliling pesantren, mengetok kamar demi kamar sambil berkata, “Shalat, shalat,
shalat!” Setelah semua kamar diketuk, sang Abah mengajaknya kembali ke masjid
untuk shalat. Beberapa orang santri ada yang sudah shalat. Ada yang masih
mendengkur bersilmut sarung.
“Ayo Nduk, kita berdoa biar diamini
jutaan malaikat.” Dan tatkala fajar merekah kemerahan di sebelah timur, Abah
bertasbih dan mengajaknya menikmati keindahan yang menggetarkan itu. Lalu
dengan menggendongnya kembali, Abah mengajaknya keliling pesantren untuk kedua
kalinya. Kali ini Abah membangunkan para santri dengan suara lebih keras,
dengan nada sedikit berbeda.
Ketika
Cinta Bertasbih, Habiburrahman El Shirazi
34. Watak tokoh “Abah” pada penggalan novel di
atas adalah ….
A.
seorang kiai yang jujur dan disiplin
B.
disiplin
dan keras dalam mendidik
C.
kiai yang keras, tegas, dan kolot
D.
penyayang
kepada para santri
E.
penyabar,
lembut, dan rajin
35. Amanat
yang dapat dipetik dari penggalan novel di atas adalah ….
A.
Bangunlah
lebih awal supaya tidak dijauhkan dari rezeki Allah.
B.
Dalam mendidik diperlukan kesabaran, kegigihan, dan kekerasan.
C.
Janganlah
menunda-nunda pekerjaan yang dapat dikerjakan saat ini.
D.
Agar
tubuh kita sehat, sebaiknya kita bangun tidur setiap jam tiga pagi.
E.
Pendidikan
sebaiknya dilakukan sejak kecil dengan cara pembiasaan.
36. Unsur intrinsik yang dominan dalam
penggalan novel di atas adalah ….
A.
latar
B.
alur
C.
sudut
pandang
D.
penokohan
E.
tema
37. Nilai agama yang terkandung dalam penggalan
novel di atas adalah ….
A.
Ajakan
menjalankan salat malam.
B.
Membangunkan
santri lebih pagi.
C.
Kebiasaan
mengelilingi pesantren.
D.
Mempercayai
adanya malaikat.
E.
Banyak
berdzikir kepada Allah.
Penggalan resensi berikut ini untuk soal
nomor 38 s.d 39. Cermati dengan saksama!
Kisah-kisah yang ditulis dalam novel ini
sangat menarik.Namun, untuk memahaminya secara lebih mendalam,
diperlukan pengetahuan sosial, psikologis, dan sains modern yang memadai. Latar
belakang pengetahuan ini diperlukan untuk mendukung pemahaman perilaku tokoh
sebagai makhluk sosial yang dibesarkan oleh suatu budaya tertentu dan secara
psikologis dibesarkan oleh keyakinan, pengetahuan, harapan-harapannya. Tokoh
kadang muncul berdasarkan pemikiran manusia yang sangat rasional, tetapi pada
saat yang lain menjadi makhluk yang sulit dipahami.
38. Penggalan resensi di atas
mengungkapkan ….
A.
kelebihan
B.
kekurangan
C.
cara pengisahan
D.
penokohan
E.
kelebihan dan kekurangan
39. Kutipan
di atas adalah penggalan dari novel Supernova yang banyak bercerita
tentang kehidupan manusia. Novel ini mengungkap apa dan bagaimana manusia itu,
apa yang tersembunyi atau terlintas pada alam pikiran bawah sadarnya, juga
pemikiran-pemikirannya, dan apa yang sudah diperbuat manusia di atas bumi.
Masalah yang disoroti dalam
penggalan resensi novel di atas adalah ….
A.
bahasa
B.
tema
C.
isi
D.
konflik
E.
amanat
40. Cermatilah penggalan resensi berikut ini!
Siapa di antara kita yang tidak kenal Putu wijaya ? Ia
termasuk sastrawan Indonesia dengan banyak predikat : cerpenis, novelis, pemain
drama, penulis naskah drama, sutradara teater, penulis skenario film, dan –
terakhir juga menjadi – sutradara sinetron. Sebagai penulis drama, ia adalah
penulis yang handal. Ini telah dibuktikan dengan sejumlah dramanya (antara lain
Anu, Aduh, dan Dag Dig Dug) yang memperoleh penghargaan
dalam Sayembara Penulisan Naskah Drama yang diadakan Dewan Kesenian Jakarta
tahun 70-an.
Penggalan
resensi di atas mengungkap masalah ... .
A.
riwayat pengarang
B.
kelebihan pengarang
C.
pekerjaan pengarang
D.
sejarah pengarang
E.
kepengarangan pengarang
Bacalah kutipan resensi berikut untuk menjawab soal nomor 41!
Cerita ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah
yang aktual dan sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya
dapat diterima akal sehat serta tidak
membosankan. Pengarang menguraikan secara panjang lebar karakter tokoh-tokohnya.
Jadi, ceritanya tidak kabar. Sayang, pengarang sering mengulang-ulang kisah
yang porno. Dalam satu buku, mungkin lebih dari empat kisah
|
41. Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan buku
adalah....
A.
Cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan.
B.
Karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca
berulang-ulang.
C.
Pengarang menghidupkan cerita dengan cerita porno dan
mengulanginya.
D.
Cerita diungkapkan seperti lazimnya cerita yang lain.
E.
Kebosanan dapat diatasi oleh pembaca buku ini.
Bacalah kutipan novel berikut dengan cermat untuk soal nomor 42!
Gadis Mesir itu bernama Maria. Ia
juga senang dipanggil Maryam. Dua nama yang menurutnya sama saja. Dia putri
sulung Tuan Boutros Rafael Girgis. Berasal dari keluarga besar Girgis. Sebuah
keluarga Kristen Katolik yang sangat taat. Bisa dikatakan, keluarga Maria
adalah tetangga kami yang paling akrab. Ya, paling akrab. Flat atau rumah mereka
berada tepat di atas flat kami. Indahnya, mereka sangat sopan dan menghormati
kami, mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Al Azhar.
Maria gadis yang unik. Ia seorang
Kristen Katolik atau dalam bahasa asli Mesirnya qibti, namun ia suka baca Al Quran. Ia bahkan hafal
beberapa surat Al Quran. Di antaranya surat Maryam. Sebuah surat yang membuat
dirinya merasa bangga. Aku mengetahui
hal itu pada suatu kesempatan berbincang dengannya di metro. Kami tak sengaja
berjumpa. Ia pulang kuliah dari Cairo
University, sedangkan aku juga pulang kuliah dari Al Azhar University.
“Hei, namamu
Fahri, iya kan?”
“Benar.”
“Kau pasti tahu namaku, iya kan?”
“Kau benar.”
Ayat-Ayat Cinta, Habiburahman El Shirazy,
2007
|
42
Kalimat
resensi yang tepat untuk menyatakan keunggulan buku sesuai dengan kutipan di
atas adalah …
A. Hal
yang menarik diketengahkan oleh pengarang adalah nilai kerukunan beragama antarbangsa yang selayaknya dimiliki setiap manusia.
- Keunggulan
novel ini adalah menceritakan kehebatan anak Indonesia yang sanggup
mengikuti
pendidikan tinggi di luar negeri.
- Buku ini menceritakan pertemanan yang akrab antara
dua remaja, sehingga cocok untuk dibaca
para remaja, baik laki-laki maupun perempuan.
- Kelebihan buku ini adalah menampilkan karakter tokoh
Maria, yang suka
membaca AlQuran,
meskipun beragama Kristen Katolik.
E.
Buku ini bernilai positif dan dapat diteladani karena
menampilkan tokoh yang
kuliah di dua
perguruan tinggi ternama di kota
Kairo.
Bacalah
penggalan resensi berikut untuk menjawab soal nomor 43 !
1Burung-Burung Manyar
merupakan salah satu novel Romo Mangun yang terkenal.2 Novel ini mendapatkan
tanggapan positif dari kritikus terkenal, HB Jassin. 3Pengarang cerita ini
mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang banyak..4 Bahasanya segar, lancar,
menarik, dan kontemporer. 5Yang
agak renggang adalah penggunaan bahasa Jawa yang kadang sulit dipahami terutama
pembaca yang tidak berlatar budaya Jawa. 6Isinya penuh pengalaman
yang dahsyat, keras, dan kasar, tapi juga romantis penuh kelembutan dan
kemesraan.
|
43.
Di
dalam penggalan resensi di atas, berisi pengungkapan kelemahan novel, yakni kalimat ke…
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
E.
5
44. Perhatikanlah kutipan
dialog drama berikut.
Citra: (Bangga) Sungguh pintar
Mas…(Masuk Harsono, seorang pemuda perlente)
Harsono : (Duduk di atas meja Citra)
"Apa salahnya, aku berkata yang benar saja bukankah anak pungut kita
satu dapur ini sudah naik pangkat sekarang... jadi pelayan.
Sutopo : Harsono! Jangan bicara
begitu!"
Pak Bondo : Selamat siang Tuan
Muda." (kepada Citra) "Nak, persiapan rumah makan itu sudah
hampir selesai."
|
Tokoh antagonis yang
terdapat dalam kutipan dialog drama tersebut adalah ....
A. Citra
B. Sutopo
C. Pak Bondo
D. Harsono
E. Sutopo dan Harsono
45. Perhatikanlah kutipan
dialog drama berikut.
1) Bungsu
: "Oo, rupanya dia begitu rindu pada bumi kelahirannya. Seluruh penjuru
kota dipotreti semua. Tapi, kurasa Abang akan segera tiba. Dan sudahkah Bapak
menjawab usul yang diajukannya itu?"
2) Bapak : "Itulah,
itulah yang hendak kuputuskan sekarang ini, Nak."
3) Bungsu : "Nah,
itulah dia!"
4) Sulung : ....
5) Bapak :
"Begitulah, Nak, suasana kota yang sedang dicekam keadaan darurat
perang."
6) Sulung : "Ya
pertanda akan hilang keamanan, berganti huru-hara keonaran. Dan, mumpung
masih keburu waktu, bagaimana dengan putusan Bapak atas usulku itu?"
|
Dialog yang
tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam penggalan naskah drama di atas adalah....
A. "Huhuh, kota tercintaku ini rupanya
sudah berubah wajah.Dipenuhi penghuni baju seragam menyandang senapan.Dipagari
lingkaran kawat berduri.Dan wajahnya kini menjadi garang berhiaskan laras-laras
senapan mesin.Tapi, di atas segalanya, kota tercintaku ini masih tetap
memperlihatkan kejelitaannya."
B. "Bapak menjawab
dengan penolakan, bukan?"
C. "Kita sedang dalam
keadaan darurat perang, Nak. Dan dalam keadaan begini bagi seorang prajurit,
kepentingan negara ada di atas segala. Bukan saja seluruh waktunya, bahkan juga
jiwa raganya. Tapi, eh, mana abangmu sekarang?"
D. "Bapak yang baik.
Bertahun sudah aku hidup di daerah pendudukan sana bersama beribu bangsa awak
yang tercinta. Dan aku seperti juga mereka, tidak pernah merasa jadi budak
belian ataupun tawanan perang. Ketahuilah, ya, Bapak, di sana kami hidup
merdeka."
E. "Ah, tidak mengapa.
Kau hanya sedang keletihan. Mengasolah dulu, ya, Abang. Mengasolah, kau begitu
capek tampaknya. Bapak, biar aku pergi belanja dulu untuk hidangan makan siang.
46. Perhatikanlah kutipan
dialog drama berikut
Ibu : (tidak menoleh)
"Malam lebaran Narto, dengarlah tabuh itu bersahut-sahutan. Pada malam
lebaran seperti ini dia pergi, pergi dengan tidak meninggalkan kata..
Gunarto :
(Agak kesal) "ayahnya"
Ibu :
"Keesokan harinya, hari lebaran sesudah sembahyang aku memaafkan
dosanya."
Gunarto : "Kenapa
ibu ingat juga waktu yang lampau, mengingat kepada orang yang tak pernah lagi
mengingat kita."
Ibu :
(Memandang Gunarto) "Aku merasa ia masih ingat kita, Gunarto."
|
Konflik yang tergambar
dalam penggalan drama tersebut adalah konflik ....
A. sosial
B. fisik
C. batin
D. budaya
E. alam
47. Cermati teks drama berikut!
Hansip : Itu nanti saya
tanyakan pada Pak Lurah. Sekarang kalian harus bantu aku.
Paijo : Apa yang bisa kami
bantu Pak?
Hansip : Di mana Juragan
Bungkik?
Paijo : Juragan Bungkik?
Rantamsari: ....
Hansip : Kebiasaan perempuan
kalau ditanya balik bertanya. Di mana Juragan Bungkik?
Rantamsari : Tadi di sini, Pak,
tapi tadi dia ikut lari.
Hansip : Nah mestinya kalian
tahu, mengapa dia lari,padahal kebun ini milik Juragan Bungkik. Aneh, kan?
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah ...
A.
Tadi
lewat sini.
B.
Ada
apa dengan dia, Pak?
C.
Saya
dari tadi tidak melihat orang lewat.
D.
Juragan
Bungkik pergi bersama temannya.
E.
Juragan
Bungkik tadi ikut lari terbirit-birit?
Cermati
cuplikan novel berikut untuk menjwab soal nomor 48-50 !
“ Bangsat, siapa kau”, Haji Basuni
membentak dengan geramnya.Ia hendak mencengkeram aku. Setengah takut aku mundur
dan menjawab,” Aku teman Umi dan Latifah, Pak.”Dan tiba-tiba benciku timbul
pada haji itu.
“ “Tapi aku larang kau dekati
mereka,mengerti anak miskin?”
Betapa tersinggungnya aku mendengar
kata-kata terakhir Haji Basuni.Tapi aku tak bisa berbuat apa-apa selain kecut
dan mendongkol.Sesudah haji itu meninggalkan aku dan baru saja aku melangkah
dari rumah Umi Kalsum, terdengar suara gaduh diiringi tangis
perempuan, dan itu suara Umi.Ia
melolong-lolong dalam sela bentak dan rotan.
( Umi
Kalsum, Jamil Suherman )
48.
Konflik yang terjadi dalam kutipan novel tersebut adalah tokoh aku ….
A.
melarang
anaknya berhubungan dengan laki-laki miskin
B.
geram
dan tersinggung dengan ucapan Haji Basuni
C.
dilarang
berhubungan dengan anak Haji Basuni
D.
mendengar
Umi, kekasihnya dihajar bapaknya
E.
meninggalkan
rumah Haji Basuni dengan rasa marah
49.
Penyebab konflik dalam kutipan novel
tersebut karena tokoh aku ….
A.
membenci
Haji Basuni
B.
anak
orang miskin
C.
tersinggung
dengan perkataan Haji Basuni
D.
menyukai
Umi dan Latifah
E.
berteman
dengan Umi dan Latifah
50.
Peristiwa yang terjadi akibat konflik
adalah ….
A.
tokoh
aku dilarang berhubungan dengan Umi
B.
tokoh
aku dilarang berhubungan dengan Latifah
C.
Latifah
dan Umi dipukuli ayahnya
D.
Umi
dibentak dan dihajar dengan rotan
E.
Tokoh
aku meninggalkan rumah dengan marah
KUNCI JAWABAN SOAL TES KENDALI MUTU SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Program : XI/IPA-IPS
1. C
2. B
3. A
4. E
5. E
6. D
7. C
8. B
9. E
10. A
11. E
12. E
13. E
14. A
15. D
16. C
17. E
18. A
19. B
20. B
21. C
22. A
23. B
24. E
25. D
26. C
27. C
28. B
29. C
30. E
31. A
32. A
33. C
34. D
35. E
36. E
37. A
38. A
39. E
40. C
41. E
42. A
43. A
44. E
45. D
46. A
47. C
48. B
48.B
49.C
50.D
KUNCI JAWABAN SOAL TES KENDALI MUTU SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas/Program : XI/IPA-IPS