Debat
1. Berikut ini yang bukan tujuan debat adalah
a. Diakhir debat dapat menghargai pendapat
b. Mendengarkan pendapat-pendapat yang berbeda
c. Berbicara secara meyakinkan
d. Membuat pihak lain mengakui kehebatanya
e. Memberikan informasi
2. Perhatikan tata cara debat berikut
1. Menyatakan argumen-argumen yang logis
2. Menyatakan argumen dengan bahasa yang santun
3. Mengumpulkan informasi berupa fakta yang mendukung argumen
4. Menyatakan sanggahan dengan bahasa yang sopan
5. Tidak menggunakan pernyataan negatif mengenai pribadi pihak lain
Urutan tata cara debat yang baik yaitu
a. 1-2-3-4-5
b. 3-2-4-1-5
c. 3-1-4-2-5
d. 4-2-1-3-5
e. 3-2-1-4-5
3. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. simposium
4. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain....
a. membela kita
b. memberikan yang terbaik
c. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
e. membuat lawan debat mengamuk.
5. Syarat untuk memilih seseorang calon moderator adalah salah satunya calon moderator tersebut harus yang….
a. cerdas dan pintar
b. boleh mengambil dari salah satu pendukung peserta debat
c. netral dan tidak memihak antara kedua belah pihak debat
d. pandai membuat suasana menjadi memanas
e. Berperilaku buruk
6. Paragraf Argumentasi adalah
a. paragraf yang digunakan untuk menceritakan
suatu peristiwa secara kronologis
b. paragraf yang digunakan untuk melukiskan atau
menggambarkan keadaan suatu hal secara terperinci
c. paragraf yang digunakan untuk menyampiakan
alasan dalam rangka memperkuat atau menolak suatu gagasan
d. paragraf
yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu agar apa yang dijelaskan itu diikuti
oleh orang lain
e. paragraf yang digunakan untuk memaparkan atau
menguraikan sesuatu gagasan
7. Pada dasarnya, menulis menulis kerangka sebuah
debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam
membuat kerangka debat harus .... dengan baik.
a. terlihat
b. terstruktur
c. terakomodir
d. terencana
e. Teramati
8. Pentingnya membuat kerangka (bagan) untuk
sebuah acara perdebatan merupakan salah satu kewajiaban seseorang .... sebelum
melakukan debat.
a. tim debat
b. panelis
c. lawan debat
d. moderator
e. Narasumber
9. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan
masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara
perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. Simposium
10. Salah satu manfaat membuat kerangka debat
adalah....
a. memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. menilai kerja lawan
c. membuat argumen-argumen yang tepat
d. memudahkan
dalam menentukan sebuah topik
e. memilih cara damai
Negosiasi
1. “Di tempat lain harganya bisa lebih mahal, Pak. Ini sudah paling murah jadi Bapak tidak akan rugi beli di sini. Bentuk di atas dalam negosiasi disebut kalimat .…
a. Interogatif
b. Eksklamatif
c. Persuasif
d. Deklaratif
e. Informatif
2. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi
mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi
kalau karyawan terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan
tanpa alasan, pak!
Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak!
Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat,
sementara penghasilan kami tetap!
Topik yang tepat untuk teks negosiasi
tersebut adalah....
a. teks negosiasi antara perwakilan karyawan
dan pengusaha.
b. kemarahan karyawana terhadap pengusaha.
c. pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.
d. kekeslan karyawan terhadap kenaikan upah.
e. keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan
pengusaha tentang kenaikan upah.
3. Teks negosiasi berikut yang termasuk bagian persetujuan adalah....
a. Anak: Uang sya tidak cukup, bagaimana kalo
Rp.48.000,00 Saja?
Penjaga: itu terlalu murah, bagimana kalau
Rp.55.000,00 saja?
b. Anak: Tapi uang saya hanya Rp50.000,00.
Penjaga: Begini saja, saya akan berikan bku ini
seharga Rp.50.000,00. Bagimana?
c. Anak: Baiklah, Pak! Saya beli bukunya.
Penjaga: ini bukunya.
d. Anak: Ini uangnya pas ya pak, terima kasih sudah
mau membatu saya.
Penjaga: iya, sama-sama. Terima kasih juga sudah
membeli buku di toko saya.
e. Anak: Selamat siang, Pak.
Penjaga: selamat siang.
4. Bacalah teks berikut!
Penjual: “Silakan mampir, lihat-lihat dulu Pak, baju-baju di toko kami”
Pembeli: “Saya suka baju lengan pendek yang berwarna biru muda, Mbak. Berapa kira-kira harganya?”
Penjual: “Yang ini harganya dua ratus ribu rupiah, Pak!”
Pembeli: “Boleh kurang tidak Mbak?”
Penjual: “Maaf Pak, harganya sudah tidak bisa ditawar lagi.”
Pembeli: “Ya.... sudah saya ambil satu, yang warna biru muda tadi.”
Penjual: “Baik, Pak!”
Isi teks tersebut adalah....
a. Penjual memberikan barang setelah harganya diturunkan.
b. Pembeli membeli baju sesuai harga yang ditawarkan.
c. Penjual memberikan harga yang sesuai dengan harapan pembeli.
d. Tawar-menawar baju seragam berwana biru muda lengan pendek.
e. Persetujuan penawaran harga baju lengan pendek.
5. Cermatilah teks perundingan berikut!
Guru : “Kenapa kau sering kesiangan?”
Tono : “Maaf, Bu! Rumah saya jauh dan di jalan selalu terjebak kemacetan kemudian lintas.”
Guru : “Ya baik, Nak! Hari ini ibu maafkan, tetapi tolong-menolong sanggup kau siasati bagaimana caranya biar kau tidak kesiangan. Pukul berapa kau berangkat dari rumah?”
Tono : “Pukul 06:00 pagi, Bu!”
Guru : “Nah, mulai besok dan seterusnya kau berangkat lebih pagi dari rumah, mungkin pukul 05.30 atau pukul 05.45 supaya kau di perjalanan tidak terjebak macet dan hingga ke sekolah lebih pagi.”
Tono : “ Baik Bu, akan saya usahakan, mulai besok saya akan berangkat dari rumah lebih pagi dari biasanya.”
Guru : “Bagus, Nak! Semoga kau berhasil.”
Hal yang disepakati sesuai dengan isi teks tersebut adalah . . .
a. Bentuk eksekusi untuk Tono kalau ia kesiangan lagi tiba di sekolah.
b. Bu Guru kesepakatan akan memberi hikmah kepada Tono.
c. Jam masuk sekolah Tono ditambah dari biasanya.
d.Tono sepakat berangkat lebih pagi dari rumah.
e. Tono berusaha tiba lebih awal di sekolah.
6. Perhatikan teks negosiasi di bawah ini!
(Irwan selaku ketua OSIS menghadap kepala
sekolah untuk menyerahkan proposal kegiatan latihan dasar kepemimpinan)
(1) Irwan : Selamat siang, Pak.
(2) Kepsek : Siang, masuk Wan! Ada apa, Wan?
(3) Irwan : Ini Pak, ada proposal acara LDK
untuk bulan depan.
(4) Kepsek : Coba Bapak lihat! (sambil
membolak-balik halaman proposal)
Ini acara puncaknya di luar sekolah, Wan?
(5) Irwan : Iya, Pak. Rencana mau kami adakan di
Kandang Badak, Gunung
Pangrango, Cibodas.
(6) Kepsek : Kalau untuk ini, mohon maaf, Bapak
tidak bisa izinkan. Risikonya terlalu besar untuk dilaksanakan di luar sekolah,
apalagi di gunung. Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja. Biaya sedikit dan
tanggung jawabnya tidak terlalu berat.
(7) Irwan : Kami sudah memikirkan soal risiko
itu, Pak. Pak Cuntawan sebagai pembina sudah sepakat. Kandang Badak tidak
terlalu tinggi. Kami pun akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50 %
ditanggung alumni, tetapi dengan syarat acara outbond diadakan di luar.
(8) Kepsek : Begitu ya? Baiklah, nanti akan
Bapak pertimbangkan.
(9) Irwan : Terima kasih, Pak.
Proses tawar-menawar antara Irwan dan kepala
sekolah terjadi pada nomor….
a. 1,2,3,4
b. 5,6,7,8
c. 7,8,9,10
d. 3,4,5,6
e. 4,5,6,7
7. Perhatikan kutipan dialog berikut!
Pramuniaga : Sebentar, Kak, saya cek dulu
barangnya. Ada Kak. Telepon merek Sambung Galaksih warna transparan. Harga lima
juta, gratis micro sd 8 GB, pelapis anticakar, dan garansi toko seumur hidup.
Calon pembeli : Wah, itu kemahalan, Mbak. Ini
kan tipe lama. Harga pasarannya empat juta. Empat juta saja ya…
Pasangan tuturan yang tepat berdasarkan kutipan
teks negosiasi di atas adalah….
a. Mengucapkan salam – membalas salam
b. Bertanya – menjawab /tidak menjawab
c. Meminta tolong – memenuhi/menolak permintaan
d. Menawarkan – menerima/ menolak tawaran
e. Menawarkan – menerima/ menerima tawaran
8. Bacalah teks negoisasi berikut dengan cermat !
Satpol PP : Maaf Pak, kami ditugaskan oleh pemerintah, akan menggusur wilayah ini.
Warga : Loh kok, Pemerintah tidak memberitahukan informasinya terlebih
dahulu, bahwa wilayah ini akan digusur.
Satpol PP : Memang begitu Pak, katanya tidak perlu diberitahukan kepada warga terlebih dahulu, jadi sekali lagi maaf ya pak.
Warga : Kalau begitu tidak bisa Pak, kami bakalan mencegah semua aktivitas penggusuran, sampai kami mendapatkan tempat tinggal baru yang bisa kami tempati.
Satpol PP : Oo, ya sudah, kami akan datang kembali jika semua warga sudah mendapatkan tempat tinggal.
Warga : Oke, terima kasih Pak.
Negoisasi tersebut dilakukan dengan alasan . . .
a. Warga ingin rumah mereka segera digusur.
b. Menghadang satpol PP agar tidak menggusur pemukiman mereka karena tidak ada pemberitahuaan terlebih dahulu.
c. Warga telah sepakat untuk meninggalkan pemukiman karena sudah diberi ganti rugi pemerintah.
d. Menolak penggusuran walaupun sudah diberi ganti rugi.
e. Menghalangi penggusuran pemukiman mereka.
9. Tahap negoisasi terjadi pada dialog . . .
a. Kalau begitu tidak bisa Pak, kami bakalan mencegah semua aktivitas penggusuran, sampai kami mendapatkan tempat tinggal baru yang bisa kami tempati.
b. Maaf Pak, kami ditugaskan oleh pemerintah, akan menggusur wilayah ini.
c. Loh kok, Pemerintah tidak memberitahukan informasinya terlebih dahulu, bahwa wilayah ini akan digusur.
d. Oo, ya sudah, kami akan datang kembali jika semua warga sudah mendapatkan tempat tinggal.
e. Memang begitu Pak, katanya tidak perlu diberitahukan kepada warga terlebih dahulu, jadi sekali lagi maaf ya pak.
10. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas
aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan
terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa
alasan, pak!
Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari
ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut
adalah....
a. teks negosiasi antara perwakilan karyawan dan
pengusaha.
b. kemarahan karyawana terhadap pengusaha.
c. pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.
d. kekeslan karyawan terhadap kenaikan upah.
e.
keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah.
Biografi
Bacalah kutipan biografi tokoh berikut! ( Untuk no 1-2)
Bacalah kutipan teks biografi berikut! (Untuk no 1-2)
B.J. Habibie adalah salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau adalah Presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.
1. Dari kutipan diatas, siapakah tokoh yang dibahas?
a. B. J. Habibie
b. Alwi Abdul Jalil Habibie
c. RA. Tuti Marini Puspowardojo
d. Hasri Ainun Habibie
e. Ilham Akbar dan Thareq Kemal
2. Kutipan diatas termasuk struktur teks biografi ....
a. Reorientasi
b. Peristiwa dan masalah
c. Orientasi
d. Koda
e. Reaksi
Bacalah kutipan biografi tokoh berikut! (Untuk no 3-4)
Demi ibunya yang telah bersusah payah membiayai hidup dan pendidikannya, Habibie belajar dengan sungguh-sungguh. Tekadnya ia harus jadi orang sukses. Pada saat ia kuliah di Jerman itu, tahun 1955, di Aachean, 99% mahasiswa Indonesia yang belajar di sana diberi beasiswa penuh. Hanya beliaulah yang memiliki paspor hijau. Ketika musim liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja. Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar. Gaya hidupnya ini sangat berbeda dibandingkan teman-temannya yang memilih menggunakan waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman, tanpa mengikuti ujian.
3. Hal yang dapat diteladani dari tokoh adalah ....
a. Tidak patuh pada orang tua
b. Belajar dengan sungguh-sungguh dan pekerja keras
c. Mencari pengalaman bekerja
d. Tidak mengikuti ujian
e. Menghamburkan uang dengan berfoya-foya
4. Isi peristiwa dan masalah dalam teks biografi adalah ....
a. Bagian penutup
b. Pesan dan kesan penulis
c. Gambaran awal tentang tokoh
d. Bagian pembuka
e. kejadian yang semuanya dialami tokoh
Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!
Ia dikenal sebagai Sang Jenius dari Papua. Ia lahir di Manokwari pada 22 September 1986. Sejak kecil, dia sering tinggal berpindah-pindah mengikuti orang tuanya. Bahkan, tak jarang dia hidup terpisah dari orang tua. Dia adalah seorang pemenang lomba First Step to Nobel Prize in Physics pada tahun 2004 dari Indonesia. Makalahnya berjudul Infinite Triangle and Hexagonal Lattice Networks of Identical Resisto. Rumus Penghitung Hambatan antara Dua Titik Rangkaian Resistor yang ditemukannya diberi namanya sendiri yaitu “George Saa Formula”.
5. Kutipan tersebut adalah bagian struktur biografi ....
a. Koda
b. Orientasi
c. Krisis
d. Isi
e. Peristiwa dan masalah
6. Berdasarkan kutipan tersebut, George Saa dikenal sebagai ....
a. Sang Jenius dari Papua
b. Presiden Amerika
c. Seorang anak yang yatim-piatu
d. Animator profesional
e. Pencetus teori Crack
Bacalah kutipan teks biografi tokoh berikut!
Ardian Syaf (31). Sosok komikus yang rendah hati ini memilih tinggal di kampung halamannya di Desa Tenggur, Kecamatan Rejotangan, Tulung Agung, bersama istri dan seorang anaknya. Dari kampung halamannya, karya Aan, sapaan akrabnya, mampu menembus dunia. Bahkan, ia disodori kontrak eksklusif sebagai penciller oleh penerbit raksasa Amerika, DC Comics. Artinya, ia tidak boleh membuat ilustrasi selain di DC Comics.
7. Tokoh yang diceritakan pada kutipan teks biografi di atas adalah
a. Ardian Syaf
b. George Saa
c. B. J. Habibie
d. Thareq Kemal
e. DC Comics
8. Kutipan di atas adalah struktur teks biografi bagian ....
a. Peristiwa dan masalah
b. Reorientasi
c. Orientasi
d. Koda
e. Krisis
Bacalah kutipan teks biografi tokoh berikut!
“Sejak tahun 2005, saya mulai melamar untuk menjadi ilustrator penerbit dunia. Caranya, saya memasang lamaran pekerjaan untuk menjadi ilustrator di berbagai web, dengan dilengkapi ilustrasi terbaik karya saya. Tapi, lama sekali enggak dapat order. Paling hanya order membuat komik tanpa imbalan. Meski begitu, tetap saya kerjakan, sambil mengasah kemampuan menggambar,” kata Ardian.
9. Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
a. Pantang menyerah
b. Berhemat
c. Giat belajar
d. Rajin ibadah
e. Suka menolong
10. Kutipan diatas adalah struktur teks biografi bagian ...
a. Krisis
b. Reorientasi
c. Koda
d. Peristiwa dan masalah
e. Orientasi
Puisi
Perhatikan puisi berikut ini! (Untuk no 1-2)
MENYESAL
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah dimasa muda
Kini hidup meracuni hati
Miskin ilmu miskin harta
…………………….
(A.Hasyim)
1. Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang …
a. Waktu sore hari
b. Kehidupan manusia
c. Suasana senja
d. Masa tua
e. Perasaan manusia
2. Maksud bait kedua puisi tersebut adalah…
a. Seseorang yang lengah dipagihari sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
b. Seseorang yang menderitahidupnya karena tidak memiliki ilmu dan harta
c. Seseorang yang miskin harta danmiskin ilmu pada masa muda karena ia lupa waktu
d. Seseorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidupnya menderita di hari tua
e. Seseorang yang melalaikan waktudimasa muda karena dia tidak memiliki ilmu dan harta
3. Perhatikan Puisi berikut ini!
Alamku ini
Awan bergerak
seiring waktuku yang kerontang
angin berdiri menepi
sejenak beri kesejukan
kuda berlari terkikik
tinggal jejak kaki
di antara rumputan misteri
alamku ini memang begini
dapat dipastikan
perubahan yang terhenti
Maksud puisi tersebut adalah...
a. seseorang yang tidak mau lagi memedulikan kehidupannya
b. ketidakpedulian seseorang terhadap kehidupan orang lain
c. kekecewaan seseorang atas nasib yang menimpa orang lain
d. penyesalan terhadap apa yang menimpa dirinya sendiri
e. keputusasaan menghadapi masalah hidup yang dialaminya
4. Cermati puisi berikut!
Bungaku Bersemi Kembali
Bungaku kini bersemi kembali
setelah seminggu terkurung di lembah sunyi
kini bertunas lagi daunnya yang dulu
menguning dan...
rantingnya yang dulu kering
kini segar kembali
Tidak sia-sia
kusiram bungaku hingga bersemi dan
mekar kembali
Diksi yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah.......
a. Berjatuhan
b. Bermunculan
c. Berguguran
d. Bertebangan
e. Berserakan
5. Cermati puisi berikut!
Jika bayang telah pudar
dan elang laut pulang ke sarang
angin bertiup ke benua
Tiap-tiap akan kering sendiri
dan nahkoda sudah tahu pedoman
boleh engkau dating padaku
(Surat dari Ibu,Asrul Sani)
Makna lambang dari dan nahkoda sudah tahu pedoman adalah . . . .
a. sudah mencari pedoman hidup
b. sudah menemukan arah dan tujuan
c. sudah mempunyai pasangan hidup
d. sudah berilmu dan berpengetahuan
e. sudah menjadi nahkoda berpengalaman
6. Bacalah puisi dibawah ini!
Pedang di kanan dan keris di kiri
Berselempang semangat tak bisa mati
Ini barisan tak bergenderung-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu
Penggalan puisi Chairil Anwar di atas melukiskan ....
a. semangat yang terbelenggu
b. sikap pasrah terhadap Tuhan
c. perjuangan tanpa senjata
d. semangat perjuangan yang pantang meyerah
e. perjuangan bangsa Indonesia yang penuh keprihatinan
Bacalah puisi memberikankut ini dengan seksama!
Sinar
Di sudut hitam itu
Kulihat betapa tajam
sinarmu
Menusuk hati dan
jiwaku
Namun apa daya
Ketika kucoba
menangkapnya
Sinar itu menghilang
bagai ditelan badai
Hari ini pun meredup
Bagai malam
ditinggalkan sang rembulan
Tak ada berharap
Tak ada sinar
Dan sinar itu tak akan
kembali
(Karya Rian Ardiani)
7. Puisi berjudul sinar di atas menggambarkan suasana ...
a. Kebimbangan
b.
Kekecewaan
c. Kebahagiaan
d. Ketakutan
e. Keheningan
8.
Maksud larik terakhir dari puisi pada
soal nomor satu di atas ialah ....
a. Harapan untuk mempunyai seseorang yang
dikagumi dan dicintai
b. Keinginan untuk mempunyai seseorang yang
menjadi dambaan hati
c. Keinginan untuk menyayangi seseorang, tetapi
banyak hambatan
d. Usaha untuk mempunyai orang yang dicinta
mendapat tantanga
e.
Kekecewaan seseorang alasannya ialah gagal mendapat sesuatu yang diinginkan.
Bacalah kutipan puisi memberikankut ini dengan seksama! (Untuk no 9-10)
Gerimis yang Diam-diam
Pada suatu temaram
subuh
Yang cuek oleh
perjalanan musim
Adakah kamu lihat di
atas atap rumah-rumah
Gerimis yang menyebar
diam-diam
Datang dari kelam
langit
Pada ketika itu
Adakah kamu cair
pikirkan
Bahwa sang mahadurjana
Fitnah yang merajalela
di mana-mana
Merasuki tiap jengkal
tanah-tanah di bumi
Dari kelam kehidupan
diam-diam
Seperti desis gerimis?
9.
Suasana yang digambarkan oleh kutipan
puisi tersebut ialah ....
a. Kekacauan
b.
Kekhawatiran
c. Kesunyian
d. Keraguan
e. Kesedihan
10. Maksud dari isi larik pertama puisi "Gerimis yang Diam-diam" di
atas ialah ....
a. Cuaca cuek yang tidak diperlukan oleh
masyarakat
b. Masyarakat supaya waspada akan datangnya
hujan deras
c.
Munculnya fenomena kehidupan yang tidak disadari masyarakat
d. Masyarakat supaya menjaga lahan dan rumahnya
masing-masing
e. Menyadarkan bahwa hidup ini penuh misteri
yang tak terduga.