KUMPULAN SOAL BAHASA
INDONESIA KELAS X SEMESTER 1
Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf
A, B, C, D, atau E pada jawaban yang benar dan tepat!
1. Berikut ini termasuk kaidah-kaidah yang harus
diperhatikan dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kecuali....
A. bersifat global dan universal
B. merupakan hasil penelitian terkini
C. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
D. merupakan hasil kesepakatan bersama
E. objek yang dibicarakan atau yang menjadi pembahasan adalah objek tunggal
2. Teks laporan hasil observasi memuat informasi yang disajikan harus sesuai
dengan ..... yang didapatkan dari hasil penelitian. Kata yang tepat untuk
mengisi titik-titik di atas adalah....
A. opini
B. fakta
C. pendapat
D. argumentasi
E. penjelasan
3. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran
umum/melaporkan sesuatu berupa hasil dari..
A. pengamatan
B. penilaian
C. koreksi
D. penulisan
E. peluang
4. Jenis teks laporan hasil observasi mendeskripsikan atau menggambarkan
bentuk, ciri, atau sifat umum, seperti hal-hal berikut, kecuali....
A. benda
B. hewan
C. tumbuh-tumbuhan
D. peristiwa
E. keindahan bumi
5. Berikut ini termasuk ciri-ciri dari teks laporan hasil observasi,
kecuali....
A. bersifat objektif
B. mengandung pendapat tokoh ahli
C. harus ditulis sempurna dan lengkap
D. tidak memasukkan hal-hal
yang menyimpangm mengandung prasangka, atau pemihakan
E. disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya
berbobot, maupun susunan logis
6. Dalam teks laporan hasil observasi, informasi harus disampaikan secara.....
A. nyata
B. berdasarkan kenyataan
C. global atau menyeluruh
D. opini publik
E. baik dan terarah
7. Teks laporan hasil observasi harus disajikan dengan menggunakan bahasa yang
jelas, mudah dipahami, dan tidak berbelit-belit. Hal ini dilakukan untuk
menghindari....
A. kesalahpahaman pembaca
B. keterlibatan tokoh masyarakat
C. kesalahan penulisan
D. salah tafsir
E. salah menguraikan pendapat/opini
8. Salah satu tujuan pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk....
A. melaporkan hasil observasi
B. melaporkan hasil observasi secara sistematis dan objektif
C. menafsirkan hasil observasi
D. menginterpretasi hasil observasi
E. menganalisis teks laporan hasil obsrvasi
9.
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Alunan
nada yang membentuk harmonisasi lagu menggema di halaman kampus
Universitas Padjadjaran Jalan. Dipati Ukur Bandung, Senin (27/8) siang.
Lebih dari sepuluh ribu pasang tangan memainkan alat musik tradisional
angklung dan memanjakan ribuan pasang telinga yang mendengarnya. Ribuan
mahasiswa baru dan "civitas academica” Unpad memainkan alat
musik tradisional angklung. Mereka begitu kompak. Permainan mereka begitu memukau
para penonton. Acara yang merupakan rangkaian acara Dies Natalis ke-50
Unpad itu membuat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik itu ikut
terpukau.
Paragraf tersebut merupakan
contoh laporan hasil observasi karena ...
A. tidak berdasarkan imajinasi
atau khayalan penulisnya.
B. menggambarkan suatu kejadian
yang sangat berkesan.
C. mengungkapkan pendapat
penulisnya untuk suatu benda.
D. menceritakan suatu kegiatan
yang terjadi di lingkungannya.
E. mengemukakan fakta-fakta yang
diperoleh melalui pengamatan
10.
Fakta-fakta yang diungkapkan dalam paragraf tersebut diperoleh melalui ….
A. survey
B. pencatatan
C. wawancara
D. observasi lapangan
E. penyebaran angket
11.
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
Upacara
adat tradisional Grebek yang diadakan setahun sekali, yakni pada Lebaran atau
Lebaran hari kedua, berlangsung sekitar 40 menit, sejak pukul 09.50 WIB
hingga pukul 10.30 WIB. Berbagai uborampe (barang) dan udik-udik (sesaji),
berupa jenis sayuran, buah-buahan dan makanan tradisional yang ditata dan
disusun seperti bentuk gunung, dikirab oleh para prajurit abdi dalem
Kraton Yogyakarta dengan rute dari dalam kraton (Pagelaran).
Paragraf tersebut menjelaskan
hal-hal berikut, kecuali ..
A. macam-macam kegiatan
B. nama kegiatan
C. manfaat kegiatan
D. pelaku kegiatan
E. proses pelaksanaan kegiatan
12.
Fakta dalam paragraf tersebut diperoleh melalui ….
A. perekaman
B. proses pencatatan
C. wawancara dengan narasumber
D. pengamatan lapangan
E. penyebaran angket
13.
Cermati paragraf berikut!
Rombongan
ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan siswi-siswi
imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreografi menggunakan
benderanya masing masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching
band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka dengan
papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan
diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam
"selimut" berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda
tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung.
Dalam
struktur teks laporan observasi paragraf tersebut tergolong ke bagian ….
A. tesis
B. abstrak
C. definisi umum
D. deskripsi manfaat
E. deskripsi bagian
14.
Cermati paragraf berikut!
Setiap
malam berpuluh ribu tikus menyerbu desa-desa di Kecamatan Pracimantoro.
Segala macam tanaman, sampai kepada pohon petai cina yang sudah tua, habis
digerogoti tikus. Binatang piaraan seperti ayam, kambing, dan sapi, tidak
luput dari serangan tikus yang ganas itu. Apalagi bahan makanan. Memang
itu yang dicari. Habis tandas ditelan tikus. Bahkan, penduduk
beberapa desa terpaksa diungsikan karena ketakutan. Sampai sekarang masih
ada orang yang tidak mau pulang ke kampung halamannya.
Paragraf tersebut
melaporkan ....
A. keganasan ribuan tikus
B. ketakutan penduduk desa
C. keadaan suatu perkampungan
D. kondisi tanaman di suatu
tempat
E. kehidupan penduduk pedesaan
15.
Cermati paragraf berikut!
(1)Tempat
hidup, laut mempunyai kelebihan dibandingkan darat. (2) Kelebihan-kelebihan
laut, antara lain, suhu jarang berubah-ubah. (3) Dukungan yang lebih
banyak untuk melawan gravitasi bumi, air yang cukup tersedia. (3) Dengan
air yang cukup tersebut, makhluk hidup di laut dapat menyerap air langsung
masuk sistem tubuh. (4) Makhluk hidup di laut dapat memperoleh oksigen dan
karbon.
Gagasan utama
paragraf di atas dinyatakan dalam kalimat ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
16.
Cermati kalimat-kalimat berikut
(1)
Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dan Kalimantan Barat.
(2)
Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga
(3)
Tentu saja harga sudah tujuh atau delapan kali lipat harga di Kalimantan
Barat.
(4)
Kemudian dikirim ke Jakarta, dan terkenal sebagai kayu jati Singapura.
Susunan
kalimat tepat adalah ….
A. (1)-(2)-(4)-(3)
B. (1)-(2)-(3)-(4)
C. (1)-(3)-(4)-(2)
D. (2)-(3)-(4)-(1)
E. (3)-(2)-(1)-(4)
17.Cermati
topik dan gagasan pokok berikut!
Topik
: Pantai Natsepa
(1)
Pantai Natsepa terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari pusat kota.
(2)
Pantai ini terlihat jelas karena letaknya hanya seratus meter dari jalan utama
(3) Di Pantai Natsepa ini, terdapat dua tempat yang
telah dilengkapi fasilitas penginapan.
(4)
Di beberapa tempat yang agak condong ke laut mengalami kerusakan.
(5)
Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing.
(6)
Bahkan, biasanya pengunjung sampai ke Pantai Liang.
Kalimat laporan yang sesuai
dengan topik tersebut adalah ….
A. (1), (2), (3), dan (4)
B. (1), (2), (3), dan (5)
C. (1), (3), (5), dan (6)
D. (2), (3), (5), dan (6)
E. (3), (4), (5), dan (6)
18. Cermatilah
penggalan laporan berikut!
Setelah
diadakan survei ke suatu daerah pegunungan ternyata diperoleh suatu data
tentang kesehatan masyarakat di sana. Masyarakat yang mengalami penyakit gondok
55%, kataraks 20%, reumatik 10%, batuk 2%, dan asma 7%.
Simpulan yang tepat sesuai dengan penggalan laporan
tersebut adalah ….
A. Tak dapat disangkal lagi,
masyarakat di daerah pegunungan sangat terbelakang dan tidak sehat.
B. Patutlah di daerah pegunungan
masyarakat mendapat bantuan terutama bantuan medis.
C. Masyarakat di daerah
pegunungan sebagian besar menderita penyakit gondok.
D. Pada umumnya masyarakat di
daerah pegunungan mengalami penyakit gondok.
E. Masyarakat di daerah
pegunungan sangat rentan terhadap penyakit gondok.
Bacalah dengan saksama teks berikut ini! (untuk soal
nomor 11-12)
Prestasi
belajar peserta didik yang mendapat perhatian dari orang tua lebih baik
dibandingakan dengan prestasi peserta didik yang kurang mendapat perhatian dari
orang tua. Peranan perhatian orang tua dalam lingkungan keluarga yang penting
adalah memberikan pengalaman pertama pada masa anak-anak. Hal ini dikarenakan
pengalaman pertama merupakan faktor penting dealam perkembangan pribadi dan
menjamin kehidupan emosional anak. Peserta didik yang mendapat perhatian baik
dari orang tuanya mendapat prestasi belajar lebih baik dibandingkan peserta
didik yang kurang mendapat perhatian dengan baik dari orang tua.
19. Bagian definisi umum pada kutipan laporan
observasi di atas adalah ….
A. kalimat
pertama
B. kalimat
ketiga
C. kalimat
keempat
D. kalimat kedua
E. semua
kalimat
20. Bagian deskripsi pada kutipan laporan observasi di
atas adalah….
A. kalimat pertama
B. kalimat kedua
C. kalimat ketiga
D. kalimat keempat
E. kalimat kelima
21. Padatnya jadwal
pelajaran di sekolah menyebabkan aktivitas siswa untuk belajar tari tradisional
di luar jam sekolah semakin sulit. Meski demikian, tari Remo, salah satu ikon
produk seni dan budaya Jawa Timur, masih diminati anak-anak untuk belajar tari
Remo, “kata Dini Ariati, pemimpin sanggar tari Remo, “Laboratorium Remo” di
sela-sela pembukaan Festival Budaya di Surabaya, Kamis (31/5).
Judul yang tepat untuk wacana
eksposisi di atas adalah….
A. Tari Remo Masih Diminati
Anak-anak
B. Tari Remo sebagai Seni
Budaya Jawa Timur
C. Festival Budaya di
Surabaya
D. Ikon Budaya Jawa Timur
E. Belajar Tari Remo
22. Bacalah teks berikut dengan
saksama!
Indonesia memiliki berbagai
rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur. Salah satunya adalah kencur. Kencur
selain sebagai bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional
yaitu obat batuk herbal. Untuk obat batuk, kencur bisa dicampur dengan jeruk nipis,
jahe, dan madu.
Isi teks eksposisi di atas
adalah….
A. Indonesia memilik beragam
rempah
B. Kencur bisa digunakan
sebagai obat batuk
C. Kencur salah satu rempah
D. Jeruk nipis, jahe, dan
madu harus dicampur kencur
E. Kencur adalah bumbu dapur
yang berkhasiat
23. Di bawah ini kalimat yang
mampu digunakan sebagai tesis dalam teks eksposisi adalah….
A. Selain konflik, salah
satu sebab yang dapat memicu perang adalah kebutuhan akan sumber daya alam.
B. Menurut John Rossa, hal
yang tidak mungkin adalah wilayah kudeta yang hanya mencakup Jakarta, padahal
saat itu Partai Komunis Indonesia adalah partai yang cukup besar dengan
simpatisan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
C. Candi merupakan bangunan
peribadatan pada masa purba yang merupakan peninggalan Hindu-Budha.
D. D.N. Aidit adalah
pemimpin PKI pada saat terjadi peristiwa Gerakan 30 September.
E. Menurut para pakar
geologi, Afghanistan ternyata menyimpan kandungan mineral yang melimpah yang
mungkin menjadi penyebab diluncurkannya serangan ke Afghanistan oleh Amerika.
24. Perhatikan teks eksposisi
berikut!
(1) Struktur bahasa akan memengaruhi
pembentukan budaya serta tingkah laku. (2)
Demikianlah teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf. (3) Satu contoh yang pernah penulis
temukan adalah mengenai perbedaan struktur bahasa jerman dengan bahasa
Indonesia. (4) Dalam banyak hal,
struktur kalimat kompleks bahasa Jerman menekankan posisi predikat ada pada
bagian akhir kalimat. (5) Jika kita
ingin membentuk kalimat saya mau meminum kopi di kafe dalam bahasa Jerman,
bentuk yang muncul adalah Ich moechte im kaffee einen kaffee trinken. (6) Bentuk kata trinken ‘meminum’
muncul pada bagian akhir kalimat. (7)
Proses seperti ini ternyata berpengaruh pada cara orang Jerman yang selalu
berusaha untuk tidak memotong pembicaraan saat berkomunikasi antarsesama. (8)
Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi
budaya masyarakatnya.
Kalimat yang menunjukkan letak
bagian argumen muncul pada nomor….
A. 1, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 5
C. 3, 4, dan 5
D. 2, 5, dan 6
E. 2, 7, dan 8
Bacalah teks berikut dengan
cermat untuk menjawab soal nomor 25 dan 26
Air sangat penting bagi tubuh
kita. Anjuran agar kita minum air sedikitnya 8 gelas sehari atau sekitar dua
hingga dua setengah liter air benar-benar harus kita lakukan. Apabila asupan
air mencukupi, hal ini dapat membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh
menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan
nutrisi tersebut. Dengan minum air sesuai anjuran juga akan meringankan kerja
ginjal dan hati sehingga dapat membantu kita terhindar dari penyakit ginjal dan
hati.
25. Abstraksi yang sesuai dengan
kutipan teks eksposisi di atas adalah ...
A. Air didistribusikan tubuh
kita. Kita perlu minum 8 gelas sehari untuk membantu mencegah penyakit ginjal
dan hati.
B. Air sangat penting bagi
tubuh kita. Kita perlu minum 8 gelas sehari untuk membantu distribusi nutrisi
ke seluruh tubuh serta mencegah penyakit ginjal dan hati.
C. Air sangat penting bagi
tubuh kita karena air dapat membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh dan
mencegah penyakit ginjal dan hati.
D. Tubuh kita perlu air dan
nutrisi. Oleh karena itu, kita perlu minum 8 gelas sehari agar nutrisi ke
seluruh tubuh dapat didistribusikan
E. Kita perlu minum 8 gelas
sehari untuk membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh. Sehingga, penyakit
ginjal dan hati pun dapat dihindari.
26. Salah satu kutipan bentuk
dialog yang sesuai dengan teks eksposisi di atas adalah ..
A. Siswa: Berapa liter tubuh kita
memerlukan air?
Penyuluh kesehatan: kurang lebih
tiga liter sehari
B. Siswa: Bagaimana cara
memasak air yang benar?
Penyuluh kesehatan: Air
dipanaskan sampai benar-benar mendidih.
C. Siswa: Apakah air yang
kita minum harus berupa air putih saja?
Penyuluh kesehatan: Kita
memerlukan 8 gelas air putih dalam sehari. Tetapi, selain itu kita juga dapat
minum minuman lain, seperti teh, kopi, dan sebagainya.
D. Siswa: Mengapa air sangat
penting bagi tubuh kita?
Penyuluh kesehatan: karena air
membantu distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel
dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut.
E. Siswa: Mengapa tubuh kita
membutuhkan air?
Penyuluh kesehatan: karena air
dapat membuang racun dari hasil metabolisme tubuh kita.
27. Perhatikan teks berikut!
Bahasa Indonesia sebenarnya mampu
menjadi bahasa kedua ASEAN setelah bahasa Inggris. Ada banyak negara ASEAN yang
menggunakan bahasa Indonesia di negaranya. Sebut saja Malaysia, Singapura, dan
Brunei Darusalam yang sudah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa
sehari-hari. Selain itu di Vietnam, bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang
sama dengan bahasa Inggris. Bahkan, di Australia, bahasa Indonesia dijadikan
sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA. Jadi, sudah
sewajarnya bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa internasional di kawasan
ASEAN.
Kata hubung yang digunakan
sebagai penanda penegasan ulang tesis dalam teks eksposisi di atas adalah….
A.
yang B.
selain
itu C.
bahkan D.
dan E.
jadi
28. Beberapa pohon tanaman di
halaman rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenisnya yang lain. Tanaman
tersebut tiap hari disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk. Apa sebabnya? Ternyata
tanaman tidak mendapat sinar matahari, karena terhalang oleh pohon kayu besar
yang ditanam di pinggir jalan.
Gagasan utama paragraf di atas
adalah …
A. Beberapa pohon tanaman halaman
rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenisnya yang lain.
B. Beberapa pohon tanaman tidak
mau berbunga.
C. Tanaman tersebut tiap hari
disiram dan tak terlewatkan diberi pupuk.
D. Tanaman tidak mendapat sinar
matahari.
E. Tanaman terhalang oleh kayu
besar.
29. Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Tenaga kerja yang menjadi andalan
pada masa pembangunan ini adalah tenaga kerja yang memiliki profesionalisme,
mandiri, dan kreatif. Namun, kenyataannya perbandingan penawaran tenaga kerja
lebih besar daripada lapangan kerja yang tersedia. Seharusnya sejak pendidikan
formal di SD, anak didik sudah diarahkan…
Kalimat yang tepat untuk
melanjutkan paragraf di atas adalah…
A. ke arah yang lebih baik lagi
B. untuk menjadi manusia
terampil, ahli di bidangnya, dan mampu menciptakan lapangan kerja baru,
sehingga mereka menjadi manusia mandiri
C. untuk masuk ke sekolah yang
jenjang pendidikannnya lebih terarah
D. untuk menjadi calon tenaga
kerja yang bersedia ditempatkan di dalam dan luar negeri
E. untuk menjadi pekerja yang
tidak materialistis
30. Bacalah kalimat-kalimat berikut
dengan saksama!
(1) Budaya jalan pintas adalah
manifestasi etos kerja yang kurang baik.
(2) Seseorang yang memiliki etos
kerja yang baik selalu mempunyai kemauan yang kuat untuk menghasilkan yang
terbaik dalam pekerjaannya.
(3) Ada orang yang memiliki etos
kerja yang baik dan ada pula yang kurang baik.
(4) Sebaliknya, orang yang
memiliki etos kerja yang kurang baik selalu mempunyai keinginan untuk mencari
jalan termudah dalam melaksanakan suatu Pekerjaan.
Keempat kalimat di atas dapat
disusun menjadi paragraf yang baik dengan urutan…
A. 3 – 2 – 4 – 1
B. 2 – 3 – 1 – 4
C. 4 – 2 – 3 – 1
D. 1 – 4 – 3 – 2
E. 2 – 4 – 3 – 1
31. Bacalah dengan saksama
paragraf rumpang berikut ini!
Terakhir, profesionalisme sumber
daya manusia sangat penting. Kerja intelejen harus jernih, objektif, dan
akurat. Lembaga intelejen harus terbebas dari afiliasi partai politik agar bisa
netral. …
Kalimat penutup yang berisi
ajakan dan penekanan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah…
A. Marilah kita usahakan agar
badan intelejen tersebut kita jaga kenetralitasannya.
B. Oleh karena itu, sistem
rekruitmen harus diubah, termasuk pola pembinaan dan pendidikan.
C. Tentu saja sistem pembinaan
dan pola pendidikan intelejen harus bebas dari pengaruh politik.
D. Harapan kita, intelejen harus
bisa bekerja secara maksimal.
E. Dengan demikian, lembaga
intelejen kita lebih profesional.
Bacalah wacana berikut dengan
cermat!
32. Pemakaian batubara di negara
kita hingga saat ini masih terbatas hanya pada PLTU dan pabrik semen. Teknologi
pengolahan dan kualitas batubara yang dimiliki bisa dikatakan masih rendah.
Selain itu, masalah dana juga sangat terbatas. Di negara-negara maju, batubara
sudah bisa diolah menjadi sumber energi. Di samping itu, dengan teknologi
tinggi, batubara sudah bisa menghasilkan bahan baku industri kimia berupa gas
sintetis.
Berikut ini yang bukan merupakan
rincian gagasan yang dikemukakan pada wacana di atas adalah…..
A. teknologi pengolahan batubara
masih rendah
B. kualitas batubara masih rendah
C. batubara menjadi sumber energi
D. batubara bahan baku industri
kimia
E. pemakaian batubara masih
terbatas
33. Dalam bagian penutup suatu tesis terdapat
tentang struktur teks eksposisi. Penulisan teks eksposisi tersebut mengandung
beberapa unsur kebahasaan sebagai ciri kebahasaan yang membedakannya. Salah
satu ciri kebahasaan dalam teks eksposisi, yaitu.....
A. Menggunakan kalimat tanya
B. Menggunakan kalimat perintah
C. Menggunakan kalimat seru
D. Menggunakan kalimat kerja
E. Menggunakan kalimat pronomina
34. Bila istilah
“wiraswasta” diterima sebagai terjemahan enterpreneur atau sebagai pengganti
kata usahawan, maka hendaknya istilah wiraswasta tidak hanya berarti usahawan,
juga memiliki watak wira dan swasta. Jadi, seorang wiraswasta adalah seorang
usahawan yang mampu berusaha dalam bidang ekonomi/niaga secara tepat guna, juga
berwatak merdeka lahir batin serta berbudi luhur.
Paragraf di atas menggunakan pola
pengembangan ….
A.
analogi
B.
deduksi
C. definisi
D. sebab-akibat
E. klasifikasi
35. Bacalah paragraf berikut
dengan baik!
1) Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi dewasa ini berlangsung sangat cepat. Perkembangan
juga terasa dalam bidang telekomunikasi. 2) Telepon bukan lagi barang mewah. 3)
Bahkan telepon genggam pun sudah dimiliki oleh hampir semua orang, karena
komunikasi dan informasi merupakan hal yang diperlukan oleh setiap individu.
4) Bahkan, mungkin kini sudah menjadi kebutuhan
primer. ...
Kalimat yang paling tepat untuk
simpulan teks eksposisi tersebut adalah…
A. Dengan demikian
jelaslah, betapa besar peranan teknologi komunikasi dalam kehidupan.
B. Hal itu menandakan bahwa
perkembangan teknologi akan maju.
C. Oleh karena itu,
manfaatkanlah perkembangan teknologi dengan baik.
D. Hal itu membuat kinerja
telekomunikasi perlu ditingkatkan.
E. Sehingga teknologi
komunikasi menjadi dunia usaha yang diminati.
36. Tesis atau pernyataan
pendapat umum dalam kutipan teks tersebut adalah ...
A. Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi dewasa ini berlangsung sangat cepat.
B. Perkembangan juga terasa
dalam bidang telekomunikasi.
C. Telepon bukan lagi barang
mewah.
D. Bahkan telepon genggam
pun sudah dimiliki oleh hampir semua orang, karena komunikasi dan informasi
merupakan hal yang diperlukan oleh setiap individu.
E. Bahkan, mungkin kini
sudah menjadi kebutuhan primer.
37. Kalimat
utama : Merokok dapat mengganggu
kesehatan.
Kalimat
penjelas :
(1) Banyak penyakit telah terbukti menjadi akibat
buruk dan merokok, baik secara langsung maupun tidak langsung.
(2) Asap rokok dapat
menjadi polutan bagi manusia dan lingkungan sekitarnya.
(3) Cukai terbesar
untuk pendapatan negara adalah dari produksi rokok.
(4) Kebiasaan merokok bukan saja merugikan perokok,
melainkan juga bagi orang di sekitarnya.
(5) Para pengusaha rokok terus bersaing untuk dapat
memproduksi rokok yang bebas dari polutan.
Kalimat penjelas yang tidak
sesuai dengan kalimat utama teks eksposisi adalah ...
A. (l) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan
(5)
38. 1) Merokok berbahaya bagi
semua orang. 2) Asap rokok yang kita hirup mengandung racun yang berbahaya. 3)
Banyak penyakit yang ditimbulkan asap rokok, misalnya asma atau paru-paru. 4)
Asap rokok, merusak tubuh kita secara tidak langsung. 5) Oleh karena itu, kita
harus menghindari rokok.
Penegasan dari tesis kutipan teks
eksposisi di atas adalah pada kalimat ....
A.1
B.
2
C. 3
D. 4
E. 5
39. Isi argumentasi dari teks
eksposisi di atas adalah ...
A. Rokok berbahaya bagi semua
orang
B. Asap rokok mengadung
racun dan menyebabkan penyakit
C. Rokok beracun bagi semua orang
D. Kita harus menghindari rokok
E. Rokok menyebabkan asap beracun
40. Bacalah teks berikut dengan
saksama
(1) Sebagai teks hasil produksi
budaya, teks sejarah membutuhkan tiga hal: tesis, antitesis,
dan sintesis. (2) Lihatlah bagaimana banyak sejarawan muncul untuk
mengkritisi dan menolak anggapan orde baru mengenai peristiwa G 30 S dan
bagaimana Sokarno dipaksa untuk lengser dengan menyalahgunakan Supersemar. (3)
Sebuah teks sejarah sejatinya terbuka dalam menerima kritik dan koreksi. (4)
Apa yang kita anggap benar pada masa lalu belum tentu bertahan hingga masa
sekarang. (5) Itu semua adalah bentuk kritik dan koreksi terhadap konstruksi
sejarah yang ada.
Teks eksposisi di atas tidaklah
padu. Agar menjadi teks eksposisi yang baik, susunan yang tepat adalah….
A. 3-1-5-2-4
B. 3-1-4-5-2
C. 3-1-2-4-5
D. 3-1-4-2-5
E. 3-1-5-4-2
41. Cerita Lucu (Humor) berbeda dengan Teks Anekdot karena..
a. Humor
hanya mengandung kelucuan saja.
b. Humor tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang.
c. Humor tidak mengandung manfaat sama
sekali.
d. Humor tidak memuat sindiran atau kritik halus.
e. Humor hanya cocok untuk orang dewasa.
42.
Cerita dalam Teks Anekdot biasanya diangkat berdasarkan…
a.
Imajinasi bebas pengarangnya.
b. Perenungan mendalam tentang kehidupan.
c. Inspirasi yang datang dari hati.
d. Kejadian nyata atau kisah tokoh penting.
e. Pemikiran yang dangkal dan sembarangan.
43. Cerita
dalam Teks Anekdot umumnya bersifat rekaan. Rekaan yang dimaksud adalah…
a. Hal fiksi yang ditambahkan pada sesuatu
yang nyata.
b. Hal nyata yang ditambahkan pada sesuatu yang fiksi.
c. Kejadian nyata yang disebarluaskan dengan cepat.
d. Hal fakta yang digunakan untuk menyindir secara baik.
e. Hal fiksi yang digunakan untuk mengkritik dengan lembut.
44.
Kedua unsur yang wajib adalam Teks Anekdot adalah…
a. Humor
dan kritik sarkas (keras)
b. Humor dan kritik sindiran (halus)
c. Humor dan kritik sastra
d. Humor dan kritik ilmiah
e. Humor dan kritik produktif
45. Dalam
Teks Anekdot, biasanya terdapat makna tersirat. Makna tersirat adalah…
a.
Makna yang tersembunyi
b. Makna yang jelas
c. Makna yang terindera
d. Makna yang diketahui
e. Makna yang berdiri sendiri
46. Perbedaan
antara humor dan anekdot dari aspek isi adalah…
a.
Humor isinya penuh candaan yang menggelitik, sedangkan anekdot lebih
serius dari itu.
b.
Humor isinya hanya menghibur dengan kata-kata, sedangkan anekdot kurang
menghibur.
c.
lebih singkat dalam penceritaannya, sedangkan anekdot lebih panjang dari
humor biasa.
d.
Humor membahas kejadian fiksi yang imajinatif, sedangkan anekdot
kejadian fakta yang ilmiah.
e.
Humor
membahas masalah sehari-hari, sedangkan anekdot tentang tokoh publik yang
bermasalah.
47. Urutan
struktur Teks Anekdot yang tepat adalah…
a.
Abstraksi, krisis, reaksi, orientasi, koda.
b. Orientasi, abstraksi, krisis, reaksi, koda.
c. Orientasi, krisis, abstraksi, reaksi, koda.
d. Abstraksi, reaksi, orientasi, krisis, koda.
e. Abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, koda.
48.
“Akhirnya, Ia berjanji, setelah peristiwa ini, Ia akan menjadi sosok yang lebih
baik.”
Kutipan Teks Anekdot di atas merupakan struktur Teks Anekdot bagian…
a.
Orientasi
b. Abstraksi
c. Reaksi
d. Krisis
e. Koda
Jawablah
soal nomor 9-12 berdasarkan Teks Anekdot di bawah ini!
Seorang
warga bernama Budi melapor bahwa dirinya telah kemalingan. Ia mendatangi Kantor
Polisi.
Budi :
“Lapor Pak, Saya kemalingan!”(1)
Polisi:
“Kamu kemalingan apa memang?”(2)
Budi:
“Saya kemalingan Motor Pak, tetapi Saya beruntung sih..”(3)
Polisi:
“Lho, kok Kamu kemalingan, tetapi malah beruntung?”(4)
Budi:
“Iya soalnya Saya pasang CCTV dan punya rekamannya. Wajah malingnya bisa
kelihatan jelas Pak untuk ditindaklanjut.”(5)
Polisi:
“Memangnya Kamu sudah minta izin malingnya untuk merekam dirinya?”(6)
Budi :
“Belum pak, memangnya kenapa?” (Sambil keheranan)(7)
Polisi:
“Itu ilegal. Kamu salah. Kamu Saya tangkap. Sini Saya borgol dulu!”(8)
Budi
akhirnya pasrah tak berdaya.
49. Unsur
humor yang terdapat dalam Teks Anekdot di atas adalah…
a. Maling
kabur dan tidak bisa ditangkap lagi.
b. CCTV merekam aksi maling yang mencuri motor.
c. Polisi tidak mengurus maling tapi malah menangkap pelapor.
d. Polisi menganggap maling motor sesuatu yang biasa saja.
e. Pelapor tidak melaporkan kasusnya ke pengadilan.
50. Hal
atau sosok yang dikritik dalam Teks Anekdot di atas adalah…
a. Pelapor
b. Polisi
c. Maling
d. CCTV
e. Pengadilan
51.
Pola penyajian Teks Anekdot di atas menggunakan pola..
a.
Dialog
b. Monolog
c. Narasi
d. Deskripsi
e. Prolog
52.
Pada dialog nomor berapakah terdapat kalimat yang memiliki konjungsi?
a. 1 dan
2
b. 3 dan 4
c. 5 dan 6
d. 7 dan 8
e. 1 dan 3
53. Kalimat
di bawah ini yang bukan menunjukan peristiwa masa
lalu adalah…
a. Pada
suatu hari, Aku berbelanja di Mall dekat rumahku.
b. Kemarin, terjadi angin puting beliung yang menghancurkan rumah.
c. Ketika itu aku masih kecil jadi tak ingat banyak hal.
d. Seharusnya, besok akan menjadi hari yang menyenangkan.
e. Pada bulan Februari, aku sudah berhasil lulus sidang skripsi.
54.
a. “Oh,
Aku mohon maaf.”
b. “Wah, sepertinya makanan ini lezat.”
c. “Jadi, aku harus mengulanginya lagi.”
d. “Amboi, betapa indah pemandangan ini.”
e. “Eh, ternyata Kamu yang datang.”
55. Kalimat
di bawah ini yang tidak tepat menggunakan kalimat
perintah…
a. Tolong
ambilkan buah mangga itu!
b. Jangan sampai kasus ini terulang lagi!
c. Berikan dompet itu kepada pemiliknya!
d. Cintailah produk-produk dalam negeri!
e. Aku tak mau makan nasi goreng lagi!
56. Bacalah teks dibawah ini!
Reihan : Siapa yang kalau jalan memiliki kaki dua dan
kalau berhenti memiliki kaki empat?
Adit : Ehm... apa, ya?
Reihan : Nyerah? Orang jual es dawet pakai pikulan. Kalau
dia sedang jalan, kakinya hanya dua, tapi kalau dia berhenti kakinya empat.
Teks di atas tidak termasuk anekdot
karena, kecuali ...
a. Tidak memiliki amanat/pesan
b. Tidak memiliki struktur
c. Tidak menyindir
d. Tidak lucu
e. Tiak memiliki konjungsi tempora
57. Perhatikan teks dibawah ini!
Suatu ketika si Azam sedang
berlibur ke Singapura, tetapi tampaknya ia tak tahu akan adanya peraturan itu.
Ia merokok sendirian sambil duduk di bangku. Karena rokoknya sudah hampir
habis, ia membuang puntung rokoknya begitu saja dan jatuh persis di sisi kaki
kanannya. Tanpa disangka-sangka, tiba-tiba datang petugas dan menegur Azam
dengan suara tegas.
Abstraksi yang tepat untuk teks di
atas adalah ...
a. Pada suatu hari Zuki sedang berlibur.
b. Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.
c. Singapura termasuk salah satu negara yang bersih.
d. Tahukah Anda bahwa Anda telah melakukan pelanggaran?
Tidak tahu.
e. Diambilnya puntung rokok itu serta langsung diisapnya
lagi.
58. Bacalah teks dibawah ini!
Reihan : Siapa yang kalau jalan memiliki kaki dua dan
kalau berhenti memiliki kaki empat?
Adit : Ehm... apa, ya?
Reihan : Nyerah? Orang jual es dawet pakai pikulan. Kalau
dia sedang jalan, kakinya hanya dua, tapi kalau dia berhenti kakinya empat.
Teks di atas tidak termasuk anekdot
karena, kecuali ...
a. Tidak memiliki amanat/pesan
b. Tidak memiliki struktur
c. Tidak menyindir
d. Tidak lucu
e. Tiak memiliki konjungsi tempora
59. Perhatikan teks dibawah ini!
Suatu ketika si Azam sedang
berlibur ke Singapura, tetapi tampaknya ia tak tahu akan adanya peraturan itu.
Ia merokok sendirian sambil duduk di bangku. Karena rokoknya sudah hampir
habis, ia membuang puntung rokoknya begitu saja dan jatuh persis di sisi kaki
kanannya. Tanpa disangka-sangka, tiba-tiba datang petugas dan menegur Azam
dengan suara tegas.
Abstraksi yang tepat untuk teks di
atas adalah ...
a. Pada suatu hari Zuki sedang berlibur.
b. Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.
c. Singapura termasuk salah satu negara yang bersih.
d. Tahukah Anda bahwa Anda telah melakukan pelanggaran?
Tidak tahu.
e. Diambilnya puntung rokok itu serta langsung diisapnya
lagi.
60. Perhatikan teks dibawah ini!
Seorang dosen Fakultas
Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Ali
bertanya pada dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP,Pak?” Lalu dosen tidak menjawab
sendiri, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya
untuk menjawab pertanyaan saudara Ali!” pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad
menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya. Mahasiswa lain tentu
tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan
pada si Ahmad, “Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar si
Ahmad, pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris
mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas
tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.
Kelucuan teks anekdot terdapat pada
bagian ...
a. Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana.
b. Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen.
c. Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis
Perkara.
d. Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad.
e.
Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawab pertanyaan dosen.
61. Jika dilihat berdasarkan nilai historisnya, dalam
sastra Melayu (hikayat) dapat dikelompokkan dalam tiga jenis. Salah satunya
adalah….
a. Hikayat berunsur Hindu-Islam
b. Hikayat melayu Asli
c. Hikayat Hang Tuah
d. Hikayat Si Miskin
62. Tokoh merupakan pelaku dalam karya sastra.
Biasanya, dalam karya sastra ada beberapa tokoh, tetapi hanya ada satu yaitu….
a. Tokoh pembantu
b. Tokoh utama
c. Tokoh datar
d. Tokoh bulat
63. Alur merupakan rangkaian peristiwa yang memiliki
hubungan sebab akibat sehingga menjadi satu kesatuan yang padu atau bulat dan
utuh. Alur disebut juga….
a. Setting
b. Penokohan
c. Dialog
d. Plot
64. Untuk melakukan pendekatan terhadap unsur
ekstrinsik, diperlukan bantuan ilmu-ilmu kerabat, seperti….
a. Antropologi
b. Kearifan lokal
c. Kehidupan sosial
d. SosiOlogi
65. Tujuan dari menceritakan kembali isi hikayat adalah
untuk….
a. Menyimpulkan isi hikayat
b. Menyimpulkan nilai-nilai dalam hikayat
c. Menyimpulkan isi dan nilai-nilai dalam hikayat
d. Mengetahui isi hikayat
66. Berikut ini langkah-langkah yang harus
diperhatikan sebelum menceritakan isi hikayat, kecuali….
a. Mencari hikayat yang akan dibaca
b. Membaca seluruh isi hikayat
c. Memahami isi yang ada dalam hikayat
d. Mencatat nilai-nilai yang ada dalam hikayat
67. Pada hikayat penggunaan latar tempat sangat
menonjol, yaitu….
a. Istana dan lingkungan sekitar
b. Rumah orang kaya
c. Rumah orang miskin
d. Tempat keramaian
68. Tokoh dalam individu yang diciptakan pengarang
yang mengalami peristiwa dan lakuan dalam cerita. Pada hikayat, tokoh-tokohnya
terbatasnya berikut ini, kecuali….
a. Raja-raja
b. Ratu
c. Tokoh yang diciptakan pengarang tidak terbatas
d. Permaisuri
69. Alur terbagi atas alur maju (progresif), alur
mundur (flash back), atau alur campuran. Pada hikayat, alur yang digunakan
biasanya….
a. Alur
b. Alur maju
c. Alur mundur
d. Flash back
70. Cara pengarang mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan
yang diolah sedemikian rupa sehingga tercipta sebuah kesan bagi pembaca.
Pernyataan
tersebut merupakan pengertian dari….
a. Alur
b. Sudut pandang
c. Amanat
d. Gaya Bahasa
71. Pada hikayat, sudut pandang yang digunakan
biasanya diaan-mahatahu, karena hikayat bersifat anonim, yang artinya….
a. Tidak tersebutkan nama pengarangnya
b. Mencantumkan nama pengarang
c. Mengedepankan pengarang
d. Penulis yang disesuaikan dengan tokoh utama
72. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus
diperhatikan dalam mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen, kecuali….
a. Menilai hikayat yang sudah diubah menjadi cerpen
b. Meringkas atau membuat sinopsis sebuah penggalan
hikayat
c. Mendaftar konflik-konflik antartokoh dalam penggalan
hikayat
d. Memilih konflik yang menarik
73. Hikayat bersifat istana sentris, banyak
menggunakan gaya bahasa klise, dan alurnya mudah ditebak sehingga cenderung
monoton. Hal ini berbeda dengan karya sastra baru seperti cerpen yang
memiliki….
a. Gaya bahasa bebas
b. Alur lebih dinamis
c. Gaya bahasa teratur
d. Gaya bahasa bebas dan alur lebih dinamis
74. Gaya bahasa hikayat cenderung monoton dan klise
yang dapat diubah menjadi cerpen dengan gaya bahasa lebih….
a. Monoton
b. Indah
c. Mudah dipahami pembaca
d. Menarik dan disesuaikan dengan kondisi saat ini
75. Beragam jenis hikayat yang ada saat ini
dikemukakan dalam buku-buku berikut, kecuali….
a. Buku-buku Islami
b. Buku cerita anak-anak
c. Buku pelajaran
d. Buku-buku legenda Melayu
76. Salah satu bentuk karya sastra prosa lama yang
isinya berupa cerita, kisah, dongeng maupun sejarah. Penyataan tersebut
merupakan pengertian dari….
a. Dongeng
b. Cerita
c. Cerita rakyat
d. Hikayat
77. Dalam khazanah kesusastraan Indonesia kita
mengenal berbagai karya sastra, salah satunya hikayat. Tokoh yang dikisahkan
dalam hikayat biasanya….
a. Seorang raja
b. Presiden
c. Istana besar
d. Baginda dikerajaan
78. Salah satu ciri hikayat adalah anonim, yang
berati….
a. Mempunyai logika tersendiri yang tidak sama dengan
logika umum, ada juga yang menyebut fantastis
b. Menggunakan bahasa yang diulang-ulang
c. Pengarangnya tidak dikenali
d. Meneruskan budaya/tradisi/kebiasaan yang dianggap baik
79. Hikayat diyakini sebagai cerita rekaan yang hamper
menyerupai …. masa lalu.
a. Cerita fiktif
b. Dongeng
c. Cerita rekaan
d. Cerita rakyat
80. Hikayat termasuk dalam jenis karya sastra yang
usianya beratus-ratus tahun lamanya. Untuk pertama kalinya, karya ini
berkembang ditengah masyarakat bangsa….
a. Eropa
b. Persia
c. Mesir
d. Arab
Kunci
jawaban:
1.
D
2.
E
3.
A
4.
E
5.
B
6.
C
7.
A
8.
B
9.
E
10. D
11. C
12. D
13. E
14. A
15. A
16. A
17. B
18. A
19. D
20. A
21. B
22. E
23. A
24. C
25. B
26. D
27. E
28. B
29. B
30. A
31. A
32. C
33. E
34. C
35. A
36. A
37. B
38. E
39. B
40. C
41. D
42. D
43. A
44. B
45. A
46. E
47. E
48. E
49. C
50. B
51. A
52. B
53. D
54. C
55. E
56. A
57. C
58. A
59. C
60. C
61. A
62. A
63. D
64. D
65. C
66. C
67. A
68. C
69. B
70. D
71. A
72. A
73. D
74. D
75. C
76. D
77. A
78. C
79. B
80. D