Penilaian Akhir Semester 3
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Waktu : 120 menit
Hari, tanggal :
A. pilihlah jawaban yang paling benar!
1. Berikut yang bukan merupakan judul teks prosedur adalah ....
a. Menggunakan Bor Listrik
b. Hobi untuk Memanfattkan Waktu Luang
c. Mengurus Kartu ATM
d. Memperpanjang SIM
e. Mengkreasi Barang Bekas Menjadi Hiasan Rumah
Cermatilah teks berikut ini!
(1) Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara. (2) Paspor memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. (3) Berikut cara mengurus paspor dengan baik dan benar: (4) Pertama, datanglah ke kantor imigrasi terdekat atau sesuai dengan identitas pada KTP. (5) Kedua, Belilah formulir permohonan di loket yang sudah disediakan, kemudian isilah formulir sesuai dokumen yang dimiliki. ....
2. Struktur bagian pernyataan/tujuan teks prosedur tersebut ditunjukkan oleh kalimat ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
Cermatilah teks berikut ini!
(1) Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara. (2) Paspor memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. (3) Berikut cara mengurus paspor dengan baik dan benar: (4) Pertama, datanglah ke kantor imigrasi terdekat atau sesuai dengan identitas pada KTP. (5) Kedua, Belilah formulir permohonan di loket yang sudah disediakan, kemudian isilah formulir sesuai dokumen yang dimiliki. ...
3. Struktur bagian langkah-langkah/tahapan teks prosedur tersebut ditunjukkan oleh kalimat ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
Cermatilah teks berikut ini!
(1) Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara. (2) Paspor memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. (3) Berikut cara mengurus paspor dengan baik dan benar: (4) Pertama, datanglah ke kantor imigrasi terdekat atau sesuai dengan identitas pada KTP. (5) Kedua, Belilah formulir permohonan di loket yang sudah disediakan, kemudian isilah formulir sesuai dokumen yang dimiliki. ....
4. Jenis teks prosedur tersebut adalah ....
a. prosedur membuat sesuatu
b. prosedur humaniora
c. prosedur melakukan kegiatan
d. prosedur pelaksanaan kerja
e. prosedur menggunakan alat
5. Pernyataan yang tidak tepat tentang kebahasaan dalam teks prosedur adalah ....
a. Secara umum teks prosedur menggunakan kata kerja imperatif dan pernyataan persuasif.
b. Secara umum teks prosedur menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik.
c. Secara umum teks prosedur menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan.
d. Secara umum teks prosedur menggunakan pernyataan interogatif dan deklaratif.
e. Tek prosedur berupa resep dan petunjuk penggunaan alat menggunakan rincian tentang benda/alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
6. Penggunaan kalimat persuasif di dalam teks prosedur adalah untuk ....
a. memberikan kesan paksaan agar pembaca dapat melakukan kegiatan dengan baik dan benar
b. memberikan kesan perintah agar pembaca dapat melakukan kegiatan dengan baik dan benar
c. memberikan kesan larangan agar pembaca dapat melakukan kegiatan dengan baik dan benar
d. memberikan kesan saran agar pembaca dapat melakukan kegiatan dengan baik dan benar
e. memberikan kesan menggurui agar pembaca dapat melakukan kegiatan dengan baik dan benar
Cermatilah kalimat berikut ini!
(1) Aturlah suhu oven dengan panas 100° dan waktu satu jam.
(2) Masukkan adonan ke dalam loyang yang telah dilumuri margarin.
(3) Minumlah dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.
(4) Perhatikan nyala lampu suhu untuk menandakan bahwa listri telah masuk.
(5) Tunggulah di dalam antrean hingga nama Anda dipanggil petugas loket.
7. Ilustrasi yang menunjukkan jenis teks prosedur melakukan sesuatu ditunjukkan oleh ....
a. kalimat (1) dan (2)
b. kalimat (1) dan (5)
c. kalimat (2) dan (4)
d. kalimat (3) dan (5)
e. kalimat (4) dan (5)
Cermatilah kalimat berikut ini!
(1) Aturlah suhu oven dengan panas 100° dan waktu satu jam.
(2) Masukkan adonan ke dalam loyang yang telah dilumuri margarin.
(3) Minumlah dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.
(4) Perhatikan nyala lampu suhu untuk menandakan bahwa listri telah masuk.
(5) Tunggulah di dalam antrean hingga nama Anda dipanggil petugas loket.
8. Ilustrasi yang menunjukkan jenis teks prosedur membuat sesuatu ditunjukkan oleh ....
a. kalimat (1) dan (2)
b. kalimat (1) dan (5)
c. kalimat (2) dan (4)
d. kalimat (3) dan (4)
e. kalimat (4) dan (5)
9. Hal yang tidak terdapat dalam teks prosedur cara membuat sesuatu adalah ....
a. alat dan bahan
b. penegasan ulang tujuan
c. deskripsi benda/alat, ukuran, warna, dan jumlah
d. langkah-langkah pembuatan
e. tujuan pembuatan
10. Berikut yang bukan merupakan langkah-langkah menyusun teks prosedur adalah ....
a. Menentukan tema kegiatan dan mengumpulkan bahan-bahan.
b. Menginvetarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau dapat dilakukan.
c. Membuat kerangka alam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d. Menentukan kerangka dengan benar dan mudah dipahami.
e. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang jelas dan lengkap
Cermatilah teks berikut ini!
... Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu.
11. Objek yang dilaporkan dalam kutipan paragraf teks eksplanasi tersebut adalah ....
a. asal-usul bahasa Indonesia
b. asal-usul prasasti kuno
c. asal-usul bahasa Melayu
d. asal-usul prasasti Melayu
e. asal-usul lingua franca
Cermatilah teks berikut ini!
... Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu.
12. Kutipan paragraf teks eksplanasi tersebut memuat informasi tentang fenomena ....
a. agama
b. politik
c. budaya
d. sosial
e. alam
Cermatilah teks berikut ini!
... Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu.
13. Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ...
a. Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara.
b. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu Kepulauan Riau.
c. Banyak ditemukan prasasti kuno di Kepulauan Melayu yang dtulis berbahasa Indonesia.
d. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan.
e. Prasasti-prasasti kuno yang ditulis berbahasa Melayu menjadi bukti penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa pergaulan.
14. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri teks eksplanasi adalah ....
a. struktur teks secara umum berupa urutan pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi
b. informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual)
c. banyak menggunakan kata tugas sebagai penanda urutan dan hubungan sebab akibat
d. bersifat informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas
e. informasi yang dimuat bersifat ilmiah/keilmuan/sains
Cermatilah teks berikut ini!
Saat gempa terjadi dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan, saat itulah tsunami terbentuk. Patahan itu menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang yang besar juga. Sesaat setelah gempa terjadi, air laut akan mengalami surut dan akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami). Tsunami memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar daripada gelombang biasa, bahkan sampai 700km/jam yang hampir sama dengan kecepatan pesawat terbang. Tinggi gelombang tsunami 50–100 meter dan menyebar ke semua arah. Ketinggian tsunami juga dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai. Maka dari itu, gempa bumi di dasar laut sangat memungkinkan untuk terjadinya tsunami.
15.Paragraf tersebut akan diletakkan dalam struktur teks eksplanasi pada bagian ....
a. tesis
b. urutan sebab akibat
c. argumentasi
d. penegasan ulang
e. interpretasi
Cermatilah teks berikut ini!
Saat gempa terjadi dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan, saat itulah tsunami terbentuk. Patahan itu menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang yang besar juga. Sesaat setelah gempa terjadi, air laut akan mengalami surut dan akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami). Tsunami memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar daripada gelombang biasa, bahkan sampai 700km/jam yang hampir sama dengan kecepatan pesawat terbang. Tinggi gelombang tsunami 50–100 meter dan menyebar ke semua arah. Ketinggian tsunami juga dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai. Maka dari itu, gempa bumi di dasar laut sangat memungkinkan untuk terjadinya tsunami.
16. Deretan istilah teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahas dalam kutipan paragraf teks eksplanasi tersebut adalah ....
a. permukaan, seimbang, gelombang
b. pantai, bumi, pesawat
c. pasang, surut, daratan
d. gempa, patahan, gelombang
e. air laut, pantai,
Cermatilah teks berikut ini!
Saat gempa terjadi dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan, saat itulah tsunami terbentuk. Patahan itu menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang yang besar juga. Sesaat setelah gempa terjadi, air laut akan mengalami surut dan akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami). Tsunami memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar daripada gelombang biasa, bahkan sampai 700km/jam yang hampir sama dengan kecepatan pesawat terbang. Tinggi gelombang tsunami 50–100 meter dan menyebar ke semua arah. Ketinggian tsunami juga dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai. Maka dari itu, gempa bumi di dasar laut sangat memungkinkan untuk terjadinya tsunami.
17. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks tersebut adalah ...
a. Tsunami terbentuk saat gempa terjadi dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan.
b. Setelah gempa terjadi, air laut akan mengalami surut dan akan kembali ke daratan dalam bentuk tsunami.
c. Tsunami memiliki kecepatan gelombang yang melebihi kecepatan pesawat terbang.
d. Tinggi gelombang tsunami berkisar antara 50–100 meter dan menyebar ke semua arah.
e. Ketinggian gelombang tsunami dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai.
18. Pernyataan yang berupa interpretasi adalah ....
a. Gunung meletus merupakan fenomena alam yang terjadi akibat adanya endapan magma pada perut bumi dan disemburkan oleh gas yang memiliki kekuatan tinggi.
b. Oleh karena itu, sampai saat ini gunung berapi masih menjadi sebuah momok yang mengerikan karena kedahsyatan letusannya mampu membelah pulau dan membentuk danau.
c. Setelah semburan berhenti, kawah yang menyerupai mangkuk ini biasanya terbentuk pada bagian puncak gunung berapi. Sementara itu, lubang utama berada di dasar kawah tersebut.
d. Letusan gunung berapi merupakan salah satu bencana alam yang sangat dahsyat.
e. Fenomena gunung meletus diawali dengan aktivitas pada batas lempeng bumi yang mengalami perubahan tekanan dan suhu yang signifikan.
19. Perhatikan wacana berikut!
Anak-anak akan mempunyai bekal ilmu dan keterampilan yang bermanfaat jika lebih sering membaca buku dan berbagai sumber pengetahuan lainnya. Mereka akan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan yang akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga dapat memanfaatkan buku sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari.
Paragraf tersebut memaparkan tentang ....
a. kegunaan buku
b. nilai komersial buku
c. kekurangan isi buku
d. buku sebagai sarana pendidikan
e. kesesuaian kelompok umur pembaca
20. Perhatikan ilustrasi berikut!
Judul buku : Tips & Trik Jago main Rubik
Penulis Buku : Wiicaksono Hadi
Penerbit Buku : Gradien Mediatama
Cetakan : 1, 2009
Tebal Buku : 184 Halaman
Pernyataan yang benar berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...
a. Ilustrasi tersebut menunjukkan kelebihan buku.
b. Ilustrasi tersebut menunjukkan kualitas buku.
c. Ilustrasi tersebut menunjukkan identitas buku.
d. Ilustrasi tersebut menunjukkan isi buku.
e. Ilustrasi tersebut menunjukkan kelemahan buku.
Cermatilah teks berikut !
(1) Akan terlihat buku ini sangat kaya cakupannya. (2) Bahasannya mudah dimengerti dan dipahami. (3) Dalam buku ini banyak manfaat yang akan kita peroleh, seperti kompos yang bermanfaat bagi penyuburan tanah, penggemburan tanah, pengisian pot tanaman, mengurangi pencemaran lingkungan dan menambah pendapatan.
21. Buku tersebut membahas bidang ....
a. teknik bercocok tanam yang benar
b. wirausaha di bidang tanaman dalam pot
c. teknik melestarikan lingkungan
d. teknik pertanian bibit unggul
e. pendidikan dan penyuluhan pertanian
Cermatilah teks berikut ini!
(1) Akan terlihat buku ini sangat kaya cakupannya. (2) Bahasannya mudah dimengerti dan dipahami. (3) Dalam buku ini banyak manfaat yang akan kita peroleh, seperti kompos yang bermanfaat bagi penyuburan tanah, penggemburan tanah, pengisian pot tanaman, mengurangi pencemaran lingkungan dan menambah pendapatan.
22. Kelebihan buku ditunjukkan oleh kalimat ....
a. (1)
b. (1) dan (2)
c. (2)
d. (2) dan (3)
e. (3)
23. Cermatilah teks berikut!
Buku pelajaran ini materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahamioleh siswa. Selain itu, buku ini juga didukung.
Paragraf tersebut memaparkan tentang ....
a. judul buku dan ikhtisar buku
b. ikhtisar isi buku dan kelebihan buku
c. ikhtisar isi buku dan kekurangan buku
d. identitas buku dan kelebihan buku
e. identitas buku dan ikhtisar isi buku
Bacalah teks berikut ini!
... Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan keberhasilan guru dan kedua orang tua kita yang dengan susah payah telah membesarkan dan membimbing kita sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini. Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh sangat berarti, menjadi penguat dan penyegar hidup kita. Kasih sayang mereka telah menjadi butiran-butiran mutiara yang tak ternilai harganya.
24. Isi kutipan teks ceramah tersebut adalah ....
a. merenungkan perjuangan orang tua
b. mengenang jasa orang tua
c. hubungan antara orang tua dengan anak
d. kasih sayang orang tua kepada anak
e. berbakti kepada orang tua
Bacalah teks berikut ini!
... Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan keberhasilan guru dan kedua orang tua kita yang dengan susah payah telah membesarkan dan membimbing kita sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini. Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh sangat berarti, menjadi penguat dan penyegar hidup kita. Kasih sayang mereka telah menjadi butiran-butiran mutiara yang tak ternilai harganya.
25. Kalimat imbauan berdasarkan kutipan teks ceramah tersebut adalah ...
a. Bapak, Ibu Guru, dan hadirin yang saya cintai, hanya inilah yang saya bisa sampaikan pada pertemuan kita pada kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi kita sekalian.
b. Segala hal yang baik dalam hidup kita tak lepas dari keberhasilan kedua orang tua dan para guru kita yang dengan susah payah telah mendidik dan membimbing kita agar menjadi manusia yang bermanfaat.
c. Untuk itu marilah kita selalu berbakti kepada orang tua dan guru-guru yang telah mendidik kita sehingga hakikat ilmu yang telah diberikan kepada kita dapat kita serap dan kita praktikkan dalam kehidupan ini.
d. Kita bisa meraih apa pun yang kita cita-citakan tidak lepas dari doa dan perjuangan dari kedua orang tua kita sehingga jerih payah mereka menjadi semangat kita dalam membahagiakan mereka.
e. Kepadamu, ya, Tuhan, berilah kami kesempatan untuk berbakti kepada orang tua dan guru-guru kami agar kami tetap menjadi manusia yang berguna dan selalu bermanfaat bagi orang lain.
26. Peneramah menuliskan catatan-catatan penting saja sebagai pengingat dan agar kalimat dan sistematika penyampaiannya teratur dalam. Metode ini disebut ceramahnya disebut ....
a. impromptu
b. ekstemporan
c. memoriter
d. imporan
e. naskah
27. Umumnya, metode ceramah ini digunakan oleh penceramah yang sudah berpengalaman karena teknik ini membutuhkan daya ingat dan persiapan yang matang agar dalam penyampaiannya berjalan dengan lancar. Metode ceramah yang dimaksud adalah ....
a. ekstemporan
b. memoriter/menghafal
c. impromptu
d. imporan
e. naskah
28. Teknik atau metode ceramah yang serta merta, tanpa persiapan terlebih dahulu, bersifat mendadak dan disajikan menurut kebutuhan saat itu disebut ....
a. memoriter/menghafal
b. tanpa teks
c. naskah
d. impromptu
e. ekstemporan
29. Berikut yang bukan merupakan persiapan sebelum memberikan ceramah di depan umum adalah ....
a. mencari tahu/wawasan tentang latar sosial, pendidikan, dan budaya calon pendengar/audiensi
b. mencari tahu tentang tata cara, perlengkapan, dan aturan panggung ceramah yang akan dibawakan
c. menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti oleh audiensi
d. mencari tahu tentang jenis ceramah dan tema acara, serta durasi ceramah yang akan dibawakan
e. menyiapkan bahan-bahan/materi dan perlengkapan ceramah
30. Kalimat pendahuluan cermah yang tepat adalah ...
a. Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan berupa waktu dan tempat yang telah disediakan untuk saya menyampaikan pidato singkat tentang pendidikan berkarakter.
b. Harapan saya adalah agar kelak para generasi muda memiliki visi dan misi besar dalam membangun bangsa ini.
c. Saya juga berharap, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi saya pribadi, dan seluruh hadirin.
d. Untuk itu, marilah kita menanamkan pendidikan karakter dalam kegiatan kita di sekeolah ini kepada para anak didik kita agar nantinya mereka semua akan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.
e. Demikanlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, mohon maaf atas kesalahan dalam penyampaian dan hal-hal yang tidak berkenan di hati hadirin sekalian.
Cermatilah kutipan cerita berikut ini!
Pada suatu hari, Duryudhana meminta para Pandawa mencari anak panah yang jatuh kelubuk seekor naga dengan perjanjian jika anak panah itu didapati kembali, setengah kerajaan akan diberikan kepada para Pandawa. Para pandawa lalu terjun ke dalam lubuk naga itu dan ditelan oleh naga. Para Kurawa semuanya gembira mereka menyangka para Pandawa sudah mati. Sangka para Kurawa itu meleset. Sebenarnya yang mati bukanlah Pandawa, melainkan naga.
31. Unsur instrinsik yang menonjol pada kutipan cerita tersebut adalah ....
a. amanat
b. latar
c. tema
d. alur
e. penokohan
Cermatilah kutipan cerita berikut ini!
Pada suatu hari, Duryudhana meminta para Pandawa mencari anak panah yang jatuh kelubuk seekor naga dengan perjanjian jika anak panah itu didapati kembali, setengah kerajaan akan diberikan kepada para Pandawa. Para pandawa lalu terjun ke dalam lubuk naga itu dan ditelan oleh naga. Para Kurawa semuanya gembira mereka menyangka para Pandawa sudah mati. Sangka para Kurawa itu meleset. Sebenarnya yang mati bukanlah Pandawa, melainkan naga.
32. Nilai yang tampak dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
a. nilai moral
b. nilai religius
c. nilai sosial
d. nilai ekonomi
e. nilai pendidikanan
33. Konflik atau masalah cerita yang terjadi merupakan akibat dari ....
a. tema dan amanat
d. alur dan latar
c. watak atau karakter tokoh
d. sudut pandang penulis
e. gaya pengisahan
Cermatilah teks berikut ini!
Di tengah khusyuknya acara pemakaman ayahnya secara intern keluarga, tiba-tiba di dalam selimut hujan sore itu muncul kabut biru pekat. The Boy tiba-tiba tersungkur, terlontar dari lubang portal yang langsung hilang menutup. Si anak bernama asli Five −yang setelah 17 tahun hilang− itu kembali. Kelima saudaranya dan Pogo pun terhenyak. Ya, Five telah kembali dari petualangannya di masa depan. Ia kembali di saat yang paling tepat; ketika semua saudaranya −yang mau-tak mau− berkumpul di rumah setelah memutuskan meninggalkan rumah dan mencari jati diri di tengah kehidupan mereka masing-masing.
34. Konflik cerita yang tepat bersadarkan kutipan cerita tersebut adalah ....
a. terbukanya portal antardimensi yang membawa pulang anak yang hilang
b. misteri dari kematian seorang ayah
c. kembalinya seorang anak setelah menghilang selama 17 tahun
d. berkumpulnya semua anggota keluarga setelah lama berpisah
e. bersatunya kembali semua anggota keluarga
Cermatilah teks berikut ini!
Di tengah khusyuknya acara pemakaman ayahnya secara intern keluarga, tiba-tiba di dalam selimut hujan sore itu muncul kabut biru pekat. The Boy tiba-tiba tersungkur, terlontar dari lubang portal yang langsung hilang menutup. Si anak bernama asli Five −yang setelah 17 tahun hilang− itu kembali. Kelima saudaranya dan Pogo pun terhenyak. Ya, Five telah kembali dari petualangannya di masa depan. Ia kembali di saat yang paling tepat; ketika semua saudaranya −yang mau-tak mau− berkumpul di rumah setelah memutuskan meninggalkan rumah dan mencari jati diri di tengah kehidupan mereka masing-masing.
35. Latar yang menonjol dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
a. latar waktu
b. latar tempat
c. latar sosial
d. latar suasana
e. latar budaya
36. Contoh deskripsi latar suasana adalah ...
a. Akuwu sendiri tidak rela melepaskan putrinya dipersunting oleh orang yang sungguh jauh dari impiannya.
b. Tengah malam tak ada bintang di langit itu. Mendung hitam nampak mengumpal. Lolongan anjing bersahut-sahutan menyambut malam yang semakin larut.
c. Kumasuki pintu besar berwarna biru itu. Sekitar sepuluh langkah dari pintu, tangga besi menuju ke bawah menyapaku. Laboratorium itu sangat berantakan.
d. Setetes air mata jatuh dari wajah Sang Ratu. Tak sepatah kata pun terdengar dari bibirnya. Kamar yang megah ini terasa sunyi dan penuh kesedihan.
e. Sepulang sekolah, Ranti diam-diam mencari tempat berganti pakaian. Ia masukkan seragamnya ke dalam tas, lalu Ia sembunyikan tas itu di persembunyain favoritnya, kemudian segera menjajakan dagangannya.
Cermatilah teks berikut ini!
Aku menelan ludah, melirik peta bintang yang mengapung di atas proyektor. Catatanku berpendar di bawahnya: daftar nama empat planet lain. Nama yang berputar-putar di benakku yang membuatku tak bisa tidur. "Karantina" telah gagal. Keempat planet itu telah "dibersihkan". Hanya sumbernya yang belum. Dan aku sedang menempatkannya dalam target bidikanku. Ya, rumahku sendiri, tempat ibuku bersama seluruh warga yang mengenalku di sana.
37. Latar suasana yang dibangun melalui tokoh aku dalam cerita tersebut adalah ....
a. mencekam
b. terpuruk
c. dilema
d. genting
e. rapuh
Cermatilah teks berikut ini!
Aku menelan ludah, melirik peta bintang yang mengapung di atas proyektor. Catatanku berpendar di bawahnya: daftar nama empat planet lain. Nama yang berputar-putar di benakku yang membuatku tak bisa tidur. "Karantina" telah gagal. Keempat planet itu telah "dibersihkan". Hanya sumbernya yang belum. Dan aku sedang menempatkannya dalam target bidikanku. Ya, rumahku sendiri, tempat ibuku bersama seluruh warga yang mengenalku di sana.
38. Paragraf kutipan cerita tersebut berjenis ....
a. cerita sage
b. cerita detektif
c. cerita fabel
d. cerita parabel
e. cerita fantasi
Cermatilah teks berikut ini!
Setelah Isla Nublar porak-poranda akibat letusan gunung berapi, spesies dinosaurus yang tersisa dibawa ke perkebunan Lockwood. AS. Akan tetapi, di tempat tersebut, Owen dan Claire menyadari bahwa spesies dinosaurus malah dilelang, bukannya dilestarikan. bahkan, seekor dinosaurus hibrida yang sangat berbahaya yang bernama Indoraptor kabur dan mulai meneror semua penghuni perkebunan.
39. Berdasarkan paragraf, pernyataan yang tidak tepat terkait ide cerita adalah ....
a. ide cerita terbuka terhadap daya khayal/imajinasi penulis
b. ide cerita dibatasi oleh realitas/kehidupan nyata pengarangnya
c. ide cerita dapat berupa irisan dunia nyata dan dunia imaji
d. ide cerita mampu menitipkan pesan yang menarik
e. ide cerita berkaitan erat dengan tema dan amanat
Cermatilah teks berikut ini!
Setelah Isla Nublar porak-poranda akibat letusan gunung berapi, spesies dinosaurus yang tersisa dibawa ke perkebunan Lockwood. AS. Akan tetapi, di tempat tersebut, Owen dan Claire menyadari bahwa spesies dinosaurus malah dilelang, bukannya dilestarikan. bahkan, seekor dinosaurus hibrida yang sangat berbahaya yang bernama Indoraptor kabur dan mulai meneror semua penghuni perkebunan.
40. Sinonim meneror yang paling tepat berdasarkan kutipan cerita tersebut adalah ....
a. mengganggu
b. menggaduhkan
c. mengancam
d. mengintimidasi
e. mengacau
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas!
Buatlah Teks Prosedur “Membuat Puding Buah Mangga”, tentukan bahannya apa saja dan cara membuatnya!
Tuliskan langkah-langkah menyusun teks Eksplanasi !
Buatlah teks eksplanasi berdasarkan gambar di bawah ini!
Buatlah teks pidato dengan Tema bebas yang terdiri atas Pembuka, Pengantar materi(isi), dan Penutup!
Sebut dan jelaskan sudut pandang yang biasa dipakai dalam sebuah cerpen!
KUNCI JAWABAN DAN PENSEKORAN
PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kurikulum :
Kelas/Program : XI
Alokasi waktu : 120 menit
Jumlah soal : 40 PG dan 5 Esai
Jawaban Pilihan Ganda
ESAI:
Teks prosedur kompleks Membuat Puding Buah Mangga
Langkah-langkah menyusun teks eksplanasi:
Menentukan topik atau tema teks
Menentukan tujuan penulisan
Mengumoulkan datadari berbagai sumber
Menyusun kerangka teks
Mengembangkan kerangka teks menjadi karangan eksplanasi
Membuat teks eksplanasi berdasarkan gambar.
Membuat teks pidato
A. Sudut pandang orang pertama pelaku utama dan pelaku sampingan
B. Sudut pandang orang ketiga serba tahu dan orang ketiga terbatas
PENSKORAN :
SOAL PG :40 X 2 = 80
SOAL ESAI : 5 X 4 = 20
TOTAL :------------------ +
100