Sunday, 17 May 2020

Kinemasternya tanpa watermark

Apakah kinemaster itu?

Aplikasi kinemaster merupakan aplikasi editor video profesional yang sangat lengkap untuk Android. Kita dapat mengedit berbagai lapisan video gambar dan juga teks yang dilengkapi dengan pemotongan video yang tepat.

Kita juga dapat menggunakan multi track audio untuk mengontrol volume dengan tepat.

KineMaster menjadi aplikasi pilihan editor dan banyak disukai untuk diunggah ke YouTube, TikTok, dan Instagram. KineMaster juga disukai oleh para profesional seperti jurnalis, pendidik, marketing, dan vlogger . Jika Anda adalah pengguna gratisan tentu saja ada watermark yang bertuliskan ‘made with kinemaster’. Tentunya hal ini tidak tidak cocok untuk diterbitkan di berbagai sosial media. Sehingga Anda perlu berlangganan premium untuk menghilangkan watermark kinemaster.

Berikut ini keunggulan Kinemasternya:

  1. KineMaster bisa menambahkan berbagai video, gambar, stiker, efek khusus, teks, dan tulisan tangan.
  2. Memiliki program untuk menyesuaikan warna sehingga bisa memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas video dan gambar.
  3. Bisa langsung dibagikan video ke YouTube, Feed dan story Facebook, story Instagram, dan masih banyak lagi.
  4. Video bisa dibalikkan 180 derajat.
  5. Memiliki berbagai mode untuk menghasilkan efek yang indah
  6. Bisa menambahkan suara, musik latar, pengubah suara, dan juga efek suara
  7. Bisa untuk memisahkan, dan memotong video.
  8. Di dalam librarynya menyediakan musik, klip video, font, stiker, dan lainnya untuk mempercantik video Anda.
  9. Mampu mengontrol kecepatan sehingga bisa membuat gerakan lambat atau slow motion.
  10. Ekspor video hingga resolusi 4K.


Berikut ini saya sediakan kinemaster yang tidak menggunakan watermark, gratis lagi. hehehe.
Ayo langsung diunduh saja ya Gaes pada tautan di bawah ini


Download Kinemasternya tanpa watermark di sini

Monday, 13 April 2020

Latihan Soal bahasa Indonesia Kelas X

ADVERTISEMENT ADVERTISEMENT
Soal Teks Negosiasi
Teks negosiasi untuk soal nomor 1-3
Pembeli: “Pak saya mau beli gitar merk yamaha yang ini,kira-kira berapa harganya ?”
Penjual: “Kalau model gitar yang itu harga nya 900 ribu mas.”
Pembeli: “Harganya bisa kurang lagi enggak pak?”
Penjual: “Hmmm, boleh saja. Mau nawar berapa ya mas-nya?”
Pembeli: “700 ribu, bisa enggak pak ?”
Penjual: “Wah, kalau harga segitu rasanya tidak bisa mas.”
Pembeli: “Kalau 800 ribu gimana pak?”
Penjual: “Naikin sedikit lagi mas, 825 ribu saya lepas model gitar ini.”
Pembeli: “Oke pak, 825 ribu saya setuju, ini ya uangnya”
Penjual: “Terimakasih mas”
1. Orientasi dalam teks negosiasi tersebut yaitu pada bagian..
a. “Kalau 800 ribu gimana pak?”
b. “Pak saya mau beli gitar merk yamaha yang ini, kira-kira berapa harganya ?”
c. “Oke pak, saya setuju, ini ya uangnya”
d. “Hmmm, boleh saja. Mau nawar berapa ya mas-nya?”
e. “Wah, kalau harga segitu rasanya tidak bisa mas.”
2. “Oke pak, 825 ribu saya setuju, ini ya uangnya” merupakan bagian...
a. Orientasi
b. Penawaran
c. Pengajuan
d. Pembelian
e. Persetujuan
3. Berapa harga gitar pada keputusan akhir dalam teks negosiasi tersebut...
a. 700 ribu
b. 800 ribu
c. 825 ribu
d. 850 ribu
e. 900 ribu



Teks negosiasi untuk soal nomor 4-6
Pegawai Bank: “Selamat pagi, ada yang bisa kami bantu bu?
Nasabah: “Iya terimakasih, selamat pagi juga bu. Begini bu, saya ingin mengajukan  permohonan pinjaman uang untuk bisnis jual makanan.
Pegawai Bank: “Baik bisa saya lihat proposalnya?
Nasabah: silakan di lihat bu
Pegawai bank: “kami menghargai proposal yang ibu buat ini, isinya sangat bagus. Namun memang saat ini kami belum bisa mengucurkan dana segini
Nasabah: “Jadi, bank mampunya berapa bu?
Pegawai Bank: “Setelah saya hitung, kami hanya bisa memberikan dana sekitar 300 juta dengan bunga 5 %
Nasabah: “Tidak bisa ditambah lagi bu? Usaha ini sangat menjanjikan mengingat lokasi tempat saya strategis. Dana ini rencananya akan kami gunakan untuk menambah outlet.
Pegawai Bank: oke baiklah bu, akan saya hitung dulu
Pegawai Bank: “Yah, sayang sekali paling kami hanya bisa memberikan dana sebanyak 350 juta saja.
Nasabah: “apakah tidak bisa di naikan lagi bu? Gimana kalau 400 juta ?
Pegawai Bank: “Maaf pak, untuk saat ini belum bisa.
Nasabah: “yasudah kalau begitu 350 nggak apa apa saya setuju deh bu.”
4. “Tidak bisa ditambah lagi bu? Usaha ini sangat menjanjikan mengingat lokasi tempat saya strategis. Dana ini rencananya akan kami gunakan untuk menambah outlet.” Merupakan bagian...
a. Orientasi
b. Penawaran
c. Pengajuan
d. Pembelian
e. Persetujuan
5. Yang merupakan bagian persetujuan yaitu...
a. “Kami menghargai proposal yang ibu buat ini, isinya sangat bagus. Namun memang saat ini kami belum bisa mengucurkan dana segini’
b. “Maaf pak, untuk saat ini belum bisa.”
c. “Yasudah kalau begitu 350 nggak apa apa saya setuju deh bu.”
d. “Apakah tidak bisa di naikan lagi bu? Gimana kalau 400 juta ?”
e. “Tidak bisa ditambah lagi bu? Usaha ini sangat menjanjikan mengingat lokasi tempat saya strategis. Dana ini rencananya akan kami gunakan untuk menambah outlet.”
6. Teks tersebut bernegosiasi tentang...
a. Peminjman uang
b. Pembelian barang
c. Pembelian tanah
d. Perluasan tanah
e. Peminjman barang
Teks negosiasi untuk soal nomor 7-10
Calon Penumpang: “Bang, ke Pasar Kamis berapa?”
Tukang Becak: “15 ribu aja bu.”
Calon Penumpang: “Masyaallah bang, mahal bener, 10 ribu dah ya”
Tukang Becak: “Kemurahan itu bu, Pasar Kamis kan lumayan jauh.”
Calon Penumpang: “Yaudah saya tambahin deh jadi 12 ribu”
Tukang Becak: “Naikin dikit bu 13 dah”
Calon Penumpang: “Oke lah yaudah anter saya bang”
7. Yang merupakan bagian pengajuan yaitu..
a. “Oke lah yaudah anter saya bang”
b. “Kemurahan itu bu, Pasar Kamis kan lumayan jauh.”
c. “15 ribu aja bu.”
d. “Masyaallah bang, mahal bener, 10 ribu dah ya”
e. “Bang, ke Pasar Kamis berapa?”
8. “Bang, ke Pasar Kamis berapa?” Merupakan bagian...
a. Orientasi
b. Penawaran
c. Pengajuan
d. Pembelian
e. Persetujuan
9. Berapa ongkos becak pada keputusan akhir dalam teks negosiasi tersebut...
a. 10 ribu
b. 11 ribu
c. 12 ribu
d. 13 ribu
e. 15 ribu
10. Tukamg becak meyakinkan calon penumpang pada bagian...
a. “15 ribu aja bu.”
b. “Kemurahan itu bu, Pasar Kamis kan lumayan jauh.”
c. “Naikin dikit bu 13 dah”
d. “Masyaallah bang, mahal bener, 10 ribu dah ya”
e. “Oke lah yaudah anter saya bang”


Soal Teks Debat
Teks debat untuk soal nomor 11-13
DILARANG MEMBAWA HP KE SEKOLAH
Moderator : Dalam debat kali ini kami akan membahas tentang larangan membawa hp kesekolah. Seorang pelajar dilarang membawa hp kesekolah, Karena anak jaman sekarang banyak yang menyalahgunakannya untuk mencari sesuatu hal yang tidak. Saya persilahkan Tim Afirmasi untuk menyatakan pendapatnya terlebih dahulu, dilanjutkan Tim Oposisi, dan yang terakhir Tim Netral.
Tim Afirmasi : Seorang siswa memang harusnya tidak membawa alat komunikasi ke sekolah, di karenakan dapat mengganggu konsentrasi siswa tersebut. Masalah tersebut dapat menghambat adanya proses belajar-mengajar. Dan juga pihak sekolah menginginkan agar tidak ada siswa yang menjadi korban penculikan, penjambretan, dan lainnya.
Tim Oposisi : Seorang siswa seharusnya boleh membawa alat komunikasi , untuk digunakan searching tentang mata pelajaran yang akan dibahas dan juga sebagai sarana komunikasinya dengan orang lain khususnya orang tua dalam keadaan yang mendesak.
Tim Netral : Membawa alat komunikasi ke sekolah boleh saja asalkan tidak disalah gunakan. Gadget memang bisa membantu proses belajar-mengaja tetapi juga dapat menghambat, jadi gadget seharusnya hanya digunakan untuk hal-hal penting, bukan hanya di sekolah tetapi harus diterapkan disetiap tempat.
11. Mosi teks debat tersebut yaitu...
a. Larangan siswa membawa hp ke sekolah
b. Larangan memiliki hp
c. Larangan menggunakan hp saat mengerjakan pr
d. Larangan guru membawa hp
e. Larangan meminjamkan hp
12. Pendapat dari tim afirmasi yaitu...
a. Membawa hp dapat membuat siswa curang dalam mengerjakan ujian
b. Membawa hp menjadikan sisiwa sulit belajar
c. Membawa hp akan mengganggu konsentrasi belajar
d. Membawa hp membuat siswa bermain hp terus menerus
e. Membawa hp menjadikan siswa tidak bisa berkomunikasi dengan orang tua
13. Yang bukan merupakan pendapat tim netral yaitu...
a. Membawa alat komunikasi ke sekolah boleh saja
b. Gadget bisa membantu proses belajar mengajar
c. Gadget seharusnya hanya di gunakan untuk hal hal penting
d. Gadget juga dapat menghambar proses belajar mengajar
e. Membawa gadget dapat menghindari siswa dari penjabretan dan penculikan

Teks debat untuk soal nomor 14-15
Moderator : Berita mengenai ketetapan pemerintah untuk menerapkan full day school bagi semua sekolah, telah mengejutkan banyak pihak, terutama bagi orang tua siswa. Komentar-komentar positif yang mendukung dan komentar-komentar negatif yang menolak, membuat kita berpikir, apakah Indonesia sudah tepat menerapkan full day school untuk semua tingkat pendidikan?
Tim Afirmasi : Kami dari tim afirmasi sangat menyetujui keputusan pemerintah mengenai full day school bagi sekolah. Dengan ada full day school, siswa-siswa dapat belajar secara optimal dan diawasi langsung oleh guru pembimbing mata pelajaran siswa.
Tim Oposisi : Kami dari tim oposisi menolak ketetapan tersebut. Karena sebagai anak-anak, kami juga membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri sendiri dan bersosialisasi dengan keluarga dan masyarakat.
Tim Netral : Sebagai seorang siswa, kami memang butuh bimbingan dari pihak sekolah dan keluarga. Ilmu memang penting, tetapi begitu pula dengan keluarga dan bersosialisasi dengan masyarakat. Memang kami harus pintar-pintar membagi waktiu agar masa muda kami tidak berlalu begitu saja tanpa manfaat sama sekali.
14. Permasalahan debat tersebut yaitu...
a. Libur sekolah
b. Pembelajaran dalam sekolah
c. Full day school
d. Jam mulai pembelajaran
e. Waktu istirahat sekolah
15. Kesimpulan yang tepat untuk debat tersebut yaitu...
a. Dengan ada full day school, siswa-siswa dapat belajar secara optimal dan diawasi langsung oleh guru pembimbing mata pelajaran siswa
b. Pemerintah Indonesia masih perlu menyesuaikan beberapa hal dalam penerapan lima hari sekolah agar psikologi perkembangan anak-anak Indonesia tidak hanya dijejali dengan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga dapat menikmatinya dengan penuh bertanggung jawab.
c. Seorang siswa butuh bimbingan dari pihak sekolah dan keluarga.
d. Karena sebagai anak-anak, kami juga membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri sendiri dan bersosialisasi dengan keluarga dan masyarakat.
e. Siswa harus pintar-pintar membagi waktiu agar masa muda kami tidak berlalu begitu saja tanpa manfaat sama sekali.





16. Penyataan khusus:
Bencana yang paling sering dihadapi manusia akhir-akhir ini adalah banjir.
Penyebabnya terbesar adalah hilangnya lahan hijau
Membuang sampah sembarangan juga merupakan salah satu penyebab banjir.
Simpulan:
Penyebab utama terjadinya banjir adalah kelalaian manusia dalam menjaga alam.
Teks diatas merupakan contoh penarikan kesimpulan debat dengan cara...
a. Afirmasi
b. Sebab akibat
c. Analogi
d. Generalisasi
e. Oposisi
17. Selamat siang,
Siang ini kita akan mengikuti kegiatan debat antara Tim Afirmasi dari SMA N 12 Jogja, Tim Oposisi dari SMK 2 Ngaglik, serta Tim Netral dari MA Al-Amin.
Pagi ini kedua tim akan berdebat tentang “Tayangan sinetron berpengaruh buruk pada anak.”
Dalam teks tersebut merupakan debat bagian..
a. Penutup
b. Debat
c. Argumentasi
d. Pendapat
e. Pembuka
18. Demikianlah kegiatan debat antara Tim Afirmasi dari SMAN 12 Jogja, Tim Oposisi dari SMK 2 Ngaglik, serta Tim Netral dari MA Al-Amin.
Dalam teks tersebut merupakan debat bagian..
a. Penutup
b. Debat
c. Argumentasi
d. Pendapat
e. Pembuka
19. Dari berbagai pendapat yang dikemukakan oleh tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dapat disimpulkan bahwa pemutusan internet selama Hari Raya Nyepi perlu dipertimbangkan dengan baik dan dikonsultasikan dengan lembaga agama setempat. Hal ini perlu dilakukan agar tujuan baik pemutusan internet selama Hari Raya Nyepi dapat dipahami oleh masyarakat.
Dalam teks tersebut merupakan debat bagian..
a. Pembuka
b. Simpulan
c. Penutup
d. Argumentasi
e. Pendapat

20. Demikianlah kegiatan debat antara Tim Afirmasi dari SMAN 12 Jogja, Tim Oposisi dari SMK 2 Ngaglik, serta Tim Netral dari MA Al-Amin.
Dalam teks tersebut merupakan debat bagian..
a. Penutup
b. Debat
c. Argumentasi
d. Pendapat
e. Pembuka

Soal Teks Biografi
Teks Biografi soal nomor 21-25
B.J. Habibie
(1)  B.J. Habibie adalah salah satu tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau adalah Presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.
(2) Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas sejak masih menduduki Sekolah Dasar.
(3) Demi ibunya yang telah bersusah payah membiayai hidup dan pendidikannya, Habibie belajar dengan sungguh-sungguh. Tekadnya ia harus jadi orang sukses. Pada saat ia kuliah di Jerman itu, tahun 1955, di Aachean, 99% mahasiswa Indonesia yang belajar di sana diberi beasiswa penuh. Hanya beliaulah yang memiliki paspor hijau. Ketika musim liburan tiba, ia menggunakan waktunya untuk mengikuti ujian dan bekerja. Sehabis masa libur, ia kembali fokus belajar. Gaya hidupnya ini sangat berbeda dibandingkan teman-temannya yang memilih menggunakan waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman, tanpa mengikuti ujian.
(4) Di Indonesia, Habibie menjadi Menteri Negara Ristek/ Kepala BPPT selama 20 tahun, ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), memimpin perusahaan BUMN strategis, dipilih menjadi wakil Presiden RI dan menjadi Presiden RI ke 3 setelah Soeharto mundur pada tahun 1998. Pada masa jabatan Habibie, terjadi referendum di Timor Timur, sampai akhirnya Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia. Dalam masa jabatannya yang singkat, BJ Habibie telah meletakkan dasar bagi kehidupan demokrasi dan persatuan wilayah di Indonesia dengan disahkannya undang-undang tentang otonomi daerah dan undang-undang tentang partai politik, UU tentang Pemilu dan UU tentang susunan kedudukan DPR/MPR.
(5) Turun dari jabatan sebagai Presiden, Habibie kembali ke Jerman bersama keluarga. Pada tahun 2010, Ainun meninggal dunia karena kanker. Sebagai terapi atas kehilangan orang yang dicintai, Habibie membuat tulisan tentang kisah kasih dengan Ainun, yang kemudian dibukukan dengan judul “Ainun dan Habibie”. Buku ini telah difilmkan dengan judul yang sama.
21. Dari teks debat di atas, tokoh yang di ceritakan yaitu...
a. Alwi Abdul Jalil Habibie
b. RA.Tuti Marini Puspowardojo
c. Bacharuddin Jusuf Habibie
d. Ilham Akbar
e. Thareq Kemal.
22. Apa yang dapat diteladani dari biografi tokoh pada kutipan diatas?
a. Masa kecil yang dilalui bersama saudara-saudara
b. Sifat tegas dan selalu memegang prinsip
c. Punya kegemaran menunggang kuda
d. Terkenal karena suka membuat manga
e. Sikap suka berhemat
23. Yang merupakan bagian orientasi yaitu nomor...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
24. Bagian nomor 5 termasuk struktur teks biografi ....
a. Peristiwa dan masalah
b. Reorientasi
c. Orientasi
d. Koda
e. Pembuka
25. Permasalahan apa yang dialami tokoh tersebut?
a. Menjadi Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT
b. Memimpin perusahaan BUMN strategis
c. Dipilih menjadi wakil Presiden RI
d. Pada masa jabatan Habibie, terjadi referendum di Timor Timur
e. Meletakkan dasar bagi kehidupan demokrasi dan persatuan wilayah di Indonesia
Teks Biografi soal nomor 26-30
Albert Einstein
(1) Seorang anak laki-laki yang lahir pada tahun 1875 tanggal 14 Maret di Jerman dari pasangan Pauline dan Hermann Einstein, ia adalah Albert Einstein. Ia pun seorang fisikawan yang biasa dijuluki sebagai Bapak Fisika Modern, sayangnya Albert Einstein sudah tiada beberapa tahun silam yakni di Amerika Serikat pada tahun 1955 tanggal 18 April.
(2) Masa kecil Albert Einstein sering di anggap anak autisme dan memiliki keterbelakangan, hal ini dikarenakan kemampuan berbicaranya yang amat lamban, ia pun cenderung sangat pendiam terlebih beliau suka sekali menyendiri.
(3) Di usia yang masih belia yakni 5 tahun minat Albert Einstein pada bidang ilmu fisika ini timbul, ketika Hermann Einstein ayahnya memberikan hadiah Einstein sebuah kompas, ia sangat terpesona pada hadiah tersebut, hingga beliau ingin mengetahui apa saja misteri yang ada di alam semesta ini.
(4) Dan dari saat itulah Albert Einstein menjadi sangat gemar untuk mendalami dan mempelajari serta memahami tentang berbagai hal terutama yang berkaitan dengan ilmu fisika seperti halnya kompas dan lainnya.
(5) Dari kehidupan Albert Einstein banyak sekali hal-hal yang bisa diambil sebagai pembelajaran dari kehidupannya, terutama prinsip atau sifat pantang menyerah terhadap kegagalan. Walaupun dahulunya ia sering dibilang sebagai anak autis dan mempunyai keterbelakangan tetapi sekarang Albert Einstein di anggap sebagai manusia paling jenius dan juga diberi julukan Bapak Fisika Modern hingga saat ini..
26. Tokoh yang di ceritakan dalam  teks diatas yaitu...
a. Pauline
b. Hermann Einstein
c. B.J Habibie
d. Thareq Kemal.
e. Albert Einstein
27. Albert Einstein lahir pada...
a. 14 Maret 1875
b. 24 Mater 1875
c. 24 April 1875
d. 14 Maret 1785
e. 24 April 1785
28. Yang merupakan bagian reorientasi yaitu nomor...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
29. Sifat yang dapat di teladani dari tokoh di atas yaitu...
a. Pendiam dan suka menyendiri.
b. Terpesona dengan kompas
c. Ingin mengetahui apa saja misteri yang ada di alam semesta ini.
d. Sifat pantang menyerah terhadap kegagalan.
e. Gemar mempelajari fisika
30. Albert Einstein di berinjulukan...
a. Bapak Matematika Modern
b. Bapak Fisika Modern
c. Bapak Biologi Modern
d. Bapak Kimia Modern
e. Bapak Sosiologi Modern





Soal Puisi
Puisi soal nomor 31-32
Aku Ingin
    “Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
    dengan kata yang tak sempat diucapkan
    kayu kepada api yang menjadikannya abu

    Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
    dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
    awan kepada hujan yang menjadikannya tiada”
31. Tema puisi di atas yaitu...
a. Pendidikan
b. Cinta
c. Agama
d. Pahlawan
e. Lingkungan
32. Jenis rima dalam bait kedua puisi tersebut yaitu...
a. Rima sejajar berpola
b. Rima kembar berpola
c. Rima berpeluk berpola
d. Rima bersilang berpola
e. Rima berbaris berpola
33. Bunga-bunga bercengkerama riang di bawah terik hangat mentari
Merupakan contoh majas...
a. Hiperbola
b. Merafora
c. Persoifikasi
d. Eufemisme
e. Asosiasi
Puisi soal no 34-35
Matahari mulai terbit
Langit biru tersenyum lebar
Angin berhembus menyapu kulit
Pagi yang cerah
Membakar semangatku
Untuk menuntut ilmu
Meraih cita-cita
Meski jauh jalan yang ku tempuh
Tak gentar aku menghadapi
Tak ada kata menyerah dalam hati
34. Yang merupakan majas personifikasi yaitu bagian...
a. Matahari mulai terbit
b. Langit biru tersenyum lebar
c. Pagi yang cerah
d. Tak gentar aku menghadapi
e. Untuk menuntut ilmu
35. Tema puisi tersebut yaitu...
a. Kehidupan
b. Pendidikan
c. Pahlawan
d. Cinta
e. Lingkungan
36. Tak Puas
Tak Puas…
Hutan sudah mulai menguning
Sungai sudah teracun limbah
Ikan-ikan mati tak bersisa
Makhluk binasa tiada pangan

Uang sudah melimpah
Tak terhitung berapa jumlahnya Mataku silau melihat harta
Namun tak tahu apa bunganya
Tema puisi tersebut yaitu...
a. Kehidupan
b. Pendidikan
c. Pahlawan
d. Cinta
e. Lingkungan
37. Bicaranya yang lantang
Suaranya memenuhi dunia
Kalimat di atas terdapat majas...
a. Hiperbola
b. Merafora
c. Persoifikasi
d. Eufemisme
e. Asosiasi
38. Kalau saja Bram Stoker orang Indonesia di jaman kini
Inspirasi drakula adalah mereka para kelelawar berdasi
Menghisap darah sesama
Menyedot kering harga diri keluarga

Bagaimanapun juga mereka makhluk nokturnal bertopeng sahaja
Penjara tak membuat mereka jera atau menyerah
Kelelawar berdasi bukan manusia yang makan nasi
Mereka hanya butuh kursi untuk beraksi
Jenis rima dalam bait pertama puisi tersebut yaitu...
a. Rima sejajar berpola
b. Rima kembar berpola
c. Rima berpeluk berpola
d. Rima bersilang berpola
e. Rima berbaris berpola


Puisi soal 39-40
Sabda Bumi

Belum tampak mendung merenung bumi
Seberkas haru larut terbalut kalut dan takut
Terpaku ratap menatap Jiwa-jiwa penuh rindu
Hangatkan dahaga raga yang sendu merayu

Bulan tak ingin membawa tertawa manja
Kala waktu enggan berkawan pada hari
Saat bintang bersembunyi sunyi sendiri
Terhapus awan gelap melahap habis langit

Bulan memudar cantik menarik pada jiwa ini
Hitam memang menang menyerang terang
Tetapi mekar fajar bersama mentari akan menari
Bersama untaian senandung salam alam pagi.
39. Tema puisi tersebut yaitu...
a. Kehidupan
b. Pendidikan
c. Pahlawan
d. Cinta
e. Lingkungan
40. Kalimat “Bulan memudar cantik menarik pada jiwa ini” Termasuk majas...
a. Hiperbola
b. Merafora
c. Persoifikasi
d. Eufemisme
e. Asosiasi