Tuesday 20 October 2015

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016 Bahasa Jepang

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016



Bahasa Jepang-Bahasa


Level Kognitif

Membaca

Kosa kata

Unsur kebahasaan

Huruf kanji
Pengetahuan dan pemahaman
·    Mengenal
·    Mengeja
·    Mengidentifikasi
·    Menentukan
Peserta didik memiliki kemampuan mengenal dan mengidentifikasi informasi berdasarkan wacana (tabel, gambar, dialog, teks kalimat yang berkaitan dengan materi, identitas lingkungan kehidupan sekolah, lingkungan kehidupan keluarga, kehidupan sehari- hari waktu senggang (hobi) wisata
Peserta didik memiliki kemampuan mengenal dan menentukan berbagai kosa kata dan kelengkapan komunikasi berdasarkan konteks identitas diri, lingkungan kehidupan sekolah, lingkungan kehidupan keluarga, lingkungan kehidupan
sehari-hari, waktu senggang
(hobi), wisata
Peserta didik memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menentukan struktur pola kalimat berdasarkan konteks yang berkaitan dengan identitas diri, lingkungan kehidupan sekolah, lingkungan kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, waktu senggang (hobi), wisata
Peserta didik memiliki kemampuan mengenal huruf kanji sesuai konteks yang bekaitan dengan identitas diri, lingkungan
kehidupan sekolah, lingkungan kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, waktu senggang (hobi), wisata
Aplikasi
·    Aplikasi
·    Menggunakan
·    Menerapkan
·    Menginterpretasi
·    Mengkonjugasikan
Peserta didik memiliki kemampuan mengartikan dan menginterpretasikan berdasarkan wacana (tabel, gambar, dialog, teks, kalimat yang berkaitan dengan identitas diri, lingkungan kehidupan sekolah, lingkungan kehidupan keluarga, kehidupan sehari- hari, waktu senggang (hobi), wisata)
Peserta memiliki kemampuan untuk mengartikan dan menerapkan kosakata dan ungkapan berdasarkan konteks yang berkaitan dengan identitas diri, kehidupan sehari-hari, waktu senggang (hobi), wisata
Peserta didik memiliki kemampuan menerapkan dan mengkonjugasikan  struktur/pola kalimat berdasarkan konteks yang berkaitan dengan identitas diri, kehidupan sehari-hari, waktu senggang (hobi), wisata
Peserta didik memiliki kemampuan mengartikan menerapkan (membaca/menulis)  huruf kanji yang sesuai konteks yang berkaitan dengan identitas diri, kehidupan sehari-hari, waktu senggang (hobi), wisata
Penalaran dan logika
·    Menganalisis
·    Mengevaluasi
·    Menyusun
·    Menyimpulkan
·    Menerjemahkan
Peserta didik memiliki kemampuan menganalisis dan menyimpulkan wacana (tabel, gambar, dialog, teks, kalimat) yang berkaitan dengan identitas diri,
Peserta didik memiliki kemampuan mengartikan dan menyusun kosa kata berdasarkan konteks yang berkaitan dengan identitas diri, lingkungan kehidupan
Peserta didik memiliki kemampuan menganalisis, menyusun dan menyimpulkan struktur kalimat berdasarkan konteks yang berkaitan dengan identitas diri, lingkungan
Peserta didik memiliki kemampuan menganalisis, menyimpulkan, menerjemahkan huruf kanji sesuai konteks yang berkaitan dengan identitas diri, lingkungan
kehidupan sekolah, lingkungan
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA 2015-2016





Level Kognitif

Membaca

Kosa kata

Unsur kebahasaan

Huruf kanji

kehidupan sehari-hari, waktu senggang (hobi), wisata
sekolah, lingkungan kehidupan keluarga, lingkungan kehidupan sehari- hari, waktu senggang (hobi), wisata
kehidupan sekolah, lingkungan kehidupan keluarga, lingkungan kehidupan sehari-hari, waktu senggang (hobi), wisata
kehidupan keluarga, lingkungan kehidupan sehari-hari, waktu senggang (hobi), wisata

Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris IPS/IPS/Keagamaan/Bahasa

Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris IPS/IPS/Keagamaan/Bahasa




Level Kognifif

Fungsi Sosial

Strutur Teks

Unsur Kebahasaan
Pengetahuan dan
Pemahaman
· Mengidentifikasi
Siswa dapat:
- Mengidentifikasi  topik/tujuan/ latar
belakang/alasan teks secara keseluruhan dari
teks fungsional pendek (announcement, letter,
berita pendek (news), biography, procedure) dan teks esei (recount, narrative, report, analytical exposition, new items, discussion).
Siswadapat:
- Mengidentifikasi langkah
kerja/urutan/alur/plot dari
kejadian/peristiwa/ tindakan dalam
teks.
Siswa dapat:
- Mengidentifikasi ungkapan/kata
yang
memiliki makna yang sama dalam
konteks.
- Menentukan ungkapan/kata yang
tepat untuk melengkapi teks/dialog.
- Menentukan bentuk gramatika yang
tepat
sesuai konteks
Aplikasi
· Mengklasifikasi
· Menentukan
· Menerapkan
Siswa dapat:
- Menerapkan fungsi detil dari setiap langkah
/alat/peristiwa/ bagian/aspek
yang ada disebutkan dalam teks.
Siswa dapat:
- Menjelaskan keterkaitan antara langkah
satu dengan yang lainnya
- Menentukan susunan kalimat yang tepat
- Menggunakan ungkapan/kata yg tepat
dalam teks

Penalaran
· Menyimpulkan
· Menganalisis

Siswa dapat:
- Meyimpulkan teks yg telah dibaca
- Menganalisis ide/gagasan
- Menganalisis gambaran umum





Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris IPS/IPS/Keagamaan/Bahasa