Wednesday 10 February 2016

membandingkan teks negosiasi, baik lisan maupun tulisan.

membandingkan teks negosiasi, baik lisan maupun tulisan.

Pada topik terdahulu telah dibahas tentang cara menginterpretasi teks negosisasi baik dari segi isi, makna kata, istilah, dan ungkapan yang ada di dalamnya. Pada pembahasan kali ini kita akan membandingkan isi dan ciri bahasa dari dua teks negosiasi yang berbeda.
Mari kita mengingat kembali ciri bahasa negosiasi yaitu mempengaruhi dan mengajak orang lain untuk mengikuti jalan pikiran kita. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan isi negosiasi dengan memakai kalimat negosiasi berupa permintaan, pemenuhan, penawaran, dan persetujuan. Proses negosiasi akan mengalami respon diterima atau ditolak. Banyaknya respon tersebut bergantung seberapa kuat argumentasi dan persuasi yang diberikan.

Perhatikanlah!

Perhatikan 2 contoh teks negosiasi di bawah ini!
Teks negosiasi I:
Percakapan terjadi di toko elektronik
Aisya : Ma jadi kan beliin aku VCD?
Mama : Setelah mama pikir-pikir lebih baik membeli laptop saja Ais, fungsinya banyak.
Aisya : Tapi tidak seru Ma kalau buat nonton film.
Mama : Lho kan di rumah ada sound, lagipula setelah ini kamu kuliah kan?
Aisya : Iya juga sih Ma, baiklah kalau begitu terima kasih Ma.
Mama : Sama-sama Ais.
Teks negosiasi II:
Percakapan di toko buku
Hana : Di, kamu jadi membelikan Sinta kado ulang tahun apa?
Dian : Novel saja, bacaan kesukaan dia.
Hana : Apa tidak sebaiknya kamus bahasa Indonesia saja, dia kan sedang membutuhkan.
Dian : Benar juga usulmu . Baiklah kalau begitu. Terima kasih ya
Hana : Sama-sama.

Mari bandingkan!

Pada teks negosiasi pertama bila kita perhatikan bagian isi terdapat dua kali negosiasi berupa penawaran respon ditolak dan penawaran respon diterima
Mama : … lebih baik membeli laptop saja Ais, fungsinya banyak. (Penawaran)
Aisya : Tapi tidak seru Ma kalau buat nonton film. (ditolak)
Mama : Lho kan di rumah ada sound, lagipula setelah ini kamu kuliah kan?(Penawaran)
Aisya : Iya juga sih Ma, baiklah kalau begitu terima kasih Ma. (diterima)
Sedangkan pada teks negosiasi kedua hanya terdapat satu tahapan negosiasi yaitu penawaran diterima.
Hana : Apa tidak sebaiknya kamus bahasa Indonesia saja, dia kan sedang membutuhkan. (penawaran)
Dian : Benar juga usulmu . Baiklah kalau begitu. Terima kasih ya (diterima)

Point Penting

Struktur isi teks negosiasi berupa pembukaan, isi (permintaan, pemenuhan, penawaran, dan persetujuan), dan kesimpulan. Untuk mencapai tujuan maka pada bagian isi setiap bahasa teks negosiasi berbeda bergantung argumen dan persuasi yang diberikan.

menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.

menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.

Pada topik yang lalu kalian telah mempelajari apa itu teks negosiasi dan cara menginterpretasikan maknanya baik secara lisan maupun tulisan. Pada materi kali ini kita akan mempelajari ciri khusus teks negosiasi yang berkenaan dengan makna kata, istilah dan ungkapan yang dipakai dalam teks negosiasi.

Perhatikan

Percakapan antara pimpinan dan bawahan di sebuah ruangan
Pimpinan : Konsumsi olahraga kita Sabtu besok masih tetap kan bubur kacang hijau?
Bawahan : Masak tiap minggu bubur kacang hijau terus Pak, sekali-kali nasi kotak gitu, Pak.
Serasa di posyandu kalau tiap minggu makan bubur kacang hijau hehehe.
Pimpinan : Nasi kan makanan berat takutnya nanti tidak ada yang makan.
Bawahan : Ya kalau tidak dimakan kan bisa dibawa pulang Pak, kita kan pulang siang.
Pimpinan : Baiklah kalau begitu sekali-kali makan nasi baik juga.
Bawahan : Bapak memang T O P deh.
Bila kita interpretasikan teks di atas berdasarkan ciri bahasa teks negosiasi adalah :
1. Pemakaian istilah kata yang berhubungan dengan teks. Pada teks di atas istilah yang dinegosiasikan adalah nasi kotak.
2. Pemakaian kalimat pembanding misalnya:
• Masak tiap minggu bubur kacang hijau terus Pak, sekali-kali nasi kotak gitu, Pak.
• Serasa di posyandu kalau tiap minggu makan bubur kacang hijau
• kalau tidak dimakan kan bisa dibawa pulang Pak, kita kan pulang siang
3. Pemakaian ungkapan yang khas dalam teks negosiasi contohnya:
• Baiklah kalau begitu sekali-kali makan nasi baik juga.

Contoh Soal

Percakapan ini berlangsung di sebuah toko sepatu
Pembeli : Mbak saya mau mencari sepatu bola ada?
Penjual : Kebetulan sedang kosong barangnya, adanya sepatu futsal.
Pembeli : Waduh kok pada kosong ya barangnya.
Penjual : Iya karena sepatu futsal sekarang lebih banyak digemari karena harganya lebih murah
daripada sepatu bola, tapi fungsinya sama hanya beda di gerigi sepatu saja.
Pembeli : Ya sudah deh saya ambil daripada muter-muter. Saya ambil 1 ya no 39.
Akhirnya pembeli pun meninggalkan toko sepatu dengan lega karena mendapatkan sepatu sebagai hadiah.
Ungkapan negosiasi adalah kalimat kesepakatan atau persetujuan dalam konterks bahasa teks negosiasi. Ungkapan ini muncul ketika telah mencapai kesepakatan dalam bernegosiasi.
Teks di atas mengandung 3 unsur bahasa negosiasi. Pertama istilah yaitu sepatu futsal, kedua kalimat pembanding sepatu futsal sekarang lebih banyak digemari karena harganya lebih murah daripada sepatu bola, tapi fungsinya sama hanya beda di gerigi sepatu saja, ketiga ungkapan yang mengatakan persetujuan yaitu, "Ya sudah deh saya ambil daripada muter-muter saya ambil 1 ya no 39."

Poin Penting

Ada tiga ciri bahasa teks negosiasi yaitu memakai istilah yang berhubungan dengan teks, memakai kalimat pembanding, dan memakai ungkapan yang berhubungan dengan teks.

menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

Pada topik kali ini kita akan mempelajari bagaimana menginterpretasi makna dari sebuah teks negosiasi. Sebelum mempelajari bagaimana cara menginterpretasi makna teks negosiasi, ada baiknya kita mempelajari dulu apa itu teks negosiasi.
Teks negosiasi adalah teks yang berisi kesepakatan antara dua belah pihak untuk menyelesaikan perbedaan dalam sebuah dialog atau percakapan sehari-hari. Interpretasi berarti menafsirkan atau mengartikan.
Jadi, menginterpretasi makna teks negosiasi adalah menafsirkan atau mengartikan isi kesepakatan yang sudah disepakati oleh dua belah pihak ketika terjadi sebuah perbedaan dalam kehidupan sehari-hari.
Cara mencari makna teks negosiasi adalah dengan cara berikut ini.
1. Menemukan topik pembicaraan dalam percakapan.
2. Menemukan kalimat negosiasi (kalimat untuk meyakinkan pendapat kita agar diterima)
Kalimat negosiasi dapat berupa permintaan, pemenuhan, penawaran, dan persetujuan
3. Menemukan kalimat simpulan.

Perhatikan dialog berikut!

Bapak : “Pagi Bu!”
Ibu : “Pagi Pak!”
Bapak: “Silakan, mau beli apa?”
Ibu : “Ada bumbu opor Pak?”
Bapak: “Ya, ada. Yang besar atau yang kecil?”

(penjual menunjukkan bumbu opor dua buah yang besar dan yang kecil)
Ibu : “Yang kecil saja Pak!”
bapak: “Nanggung Bu yang kecil enakan yang besar sekalian barangkali nanti ada kurangnya gak pusing-pusing beli lagi.”
Ibu : “Takutnya nanti anak-anak gak suka Pak, mubazir kan?”
Bapak: “Tenang saja Bu, kalau anak-anak tidak suka opor bumbunya bisa dipakai untuk memasak ayam goreng tinggal diungkep lalu digoreng tanpa diberi santan. Saya jamin lezat, Bu. Pelanggan di sini sudah banyak yang memakai teknik ini, Bu!”
Ibu : “Wah, betulkah Pak? Tapi kok mahal ya, Pak? Gak boleh kurang nih?”

Bapak: “Belum boleh, Bu. Lima Ribu sudah murah, Bu, di tempat lain lebih mahal.”

Ibu : “Kalau begitu saya beli yang kecil saja, Pak!”
Bapak: “Ya udah deh saya kasih Rp4.750 saja ya, Bu!”
Ibu : “Rp4.500 ribu.”
Bapak: “Ya sudah deh buat penglaris pagi-pagi?”
Ibu : “Gitu dong Pak. Ini uangnya Pak.”
(pembeli memberikan uang dan penjual membelikan barangnya)
Bapak : “Ya, terima kasih.”
Ibu : “Sama-sama.”

Mari Interpretasi!

Menurut kalian bagaimana mengetahui isi dialog negosiasi di atas?
Mari kita interpretasi bersama. Pertama-tama kita menentukan dulu topik apa yang sedang diperbincangkan yaitu membeli bumbu opor besar atau kecil. Selanjutnya, kita harus mencari kalimat argumentasi kenapa membeli bumbu opor yang kecil dan kenapa yang besar. Terakhir, kita menentukan kalimat simpulan tentang hasil dari negosiasi.

Point Penting

Teks negosiasi adalah teks yang berisi kesepakatan antara dua belah pihak. Untuk mencapai kesepakatan tersebut dibutuhkan kalimat argumentasi (kalimat yang meyakinkan).

mengenali dan menganalisis ciri kebahasaan teks negosiasi

mengenali dan menganalisis ciri kebahasaan teks negosiasi.


Setelah kalian mampu menganalisis struktur teks negosiasi, kini saatnya bagi kalian untuk mengetahui ciri-ciri kebahasaan teks negosiasi. Namun, sebelum itu, perhatikanlah contoh negosiasi tawar-menawar antara penjual dan pembeli di bawah ini!


perhatikanlah!

Penjual : Mari, sini, Kak, lihat-lihat dulu! Di sini murah-murah. Silakan, mau cari apa?
Pembeli : Ada HP Leknopo tipe S939, tidak?
Penjual : Ada, Kak.
Pembeli : Berapa harganya?
Penjual : 2, 9 juta, Kak.
Pembeli : Wah, kok mahal sekali? Di internet, saya lihat harganya 2, 5 juta.
Penjual : Harga segitu saya gak bisa balik modal, Kak.
Pembeli : Turunin lagi boleh ya? 2, 6 bagaimana?
Penjual : Belum boleh, Kak. Tipe ini baru keluar. Dua juta delapan ratus lima puluh deh.
Pembeli : Wah, cuma turun lima puluh? Dua juta tujuh ratus, bagaimana, Mbak.
Penjual : Waduh, masih rugi, Kak. Begini deh, Kak, Dua juta tujuh ratus lima puluh. Itu sudah
murah, lho, kak.
Pembeli : Hmm…tapi gratis lapisan antigores, ya?
Penjual : Ya... boleh lah… dua juta tujuh ratus lima puluh gratis antigores.
Pembeli : Baik, ini uangnya.
Penjual : Ini barangnya, kak. Silahkan diperiksa terlebih dahulu. Garansi toko tiga bulan ya, Kak.
Pembeli : Ya. Terima kasih ya.
Penjual : Sama-sama. Silahkan datang lagi!

Mari kita ulas!

Sudahkah kalian perhatikan contoh di atas? Setelah kita cermati, ternyata ada beberapa ciri kebahasaan teks negosiasi yang muncul. Berikut adalah ciri-ciri kebahasaan tersebut.
1. Bahasa Persuasif
Sebagian besar negosiasi dilakukan dengan menggunakan bahasa persuasif (persuade), yaitu bahasa yang dipakai untuk membujuk, mengajak, dan meyakinkan pihak lain. Perhatikanlah contoh-contoh bahasa persuasif berikut!
Contoh 1

Penjual : Mari, sini, Kak, lihat-lihat dulu! Di sini murah-murah. Silahkan, mau cari apa?
Contoh 2
Pembeli : Turunin lagi boleh ya? 2, 6 bagaimana?
Contoh 3
Penjual : Waduh, masih rugi, Kak. Begini deh, Kak, Dua juta tujuh ratus lima puluh. Itu
sudah murah, lho, kak.
2. Bahasa Interogatif
Bahasa interogatif adalah bahasa pertanyaan. Bentuk seperti ini tentu saja akan sering muncul dalam teks negosiasi. Ciri bahasa interogatif adalah penggunaan pronomina tanya, seperti apa, siapa, kapan, berapa, bagaimana.
Contoh 4
Pembeli : Ada HP Leknopo tipe S939, tidak?
Contoh 5
Pembeli : Berapa harganya?
3. Bahasa argumentatif
Untuk memperlancar negosiasi, bahasa persuasi terkadang tidak cukup. Untuk itu, diperlukan bahasa argumentasi, yaitu bahasa yang digunakan untuk menyampaikan alasan dan pemberian bukti. Dalam contoh di atas, bentuk argumentasi adalah sebagai berikut.
Contoh 6
Pembeli : Wah, kok mahal sekali? Di internet, saya lihat harganya 2, 5 juta.
Dalam tuturan di atas, si calon pembeli berusaha meyakinkan penjual dengan berargumentasi bahwa di internet, harga yang dimaksud hanya 2,5 juta.
4. Bahasa santun
Kesopanan adalah satu syarat keberhasilan negosiasi. Tanpa hal ini, pihak lain kecil kemungkinan untuk mau menerima permintaan kalian. Beberapa cara untuk menciptakan kesantunan dalam berbahasa adalah dengan menggunakan kalimat-kalimat bernada syarat atau pengandaian yang terlihat dari adanya penggunaan konjungsi pengandaian, seperti jika, kalau, bila, andai. Selain itu, pemilihan pronomina sapaan juga harus diperhatikan. Pronomina kamu seharusnya dihindari dan diganti dengan kata Anda atau sapaan hormat lain, seperti Bapak atau Ibu.
Contoh 7
Pembeli : Turunin lagi boleh ya?
Contoh di atas menunjukkan bahwa calon pembeli berusaha untuk menawar harga dengan menggunakan kesopanan, boleh ya. Bandingkan jika calon pembeli mengatakan, “Mahal amat? Turunin lagi dong harganya!” Tentu saja itu akan sangat tidak sopan.
Contoh 8
Kalau bisa, turunkan lagi harganya boleh?
Kalimat di atas adalah contoh kesantunan dengan menggunakan konjungsi pengandaian.
5. Kalimat deklaratif
Kalimat deklaratif adalah kalimat yang bertujuan memberitakan sesuatu kepada pihak lain. Kalimat deklaratif dapat juga disebut dengan kalimat berita atau kalimat pernyataan.
Contoh 9
Penjual : 2, 9 juta, Kak.
Penjual : Harga segitu saya gak bisa balik modal, Kak.

Poin Penting

Ciri-ciri kebahasaan teks negosiasi adalah
1. persuasif,
2. interogatif,
3. argumentatif,
4. santun, dan
5. deklaratif.

menganalisis bentuk/struktur teks negosiasi

Pada pelajaran kali ini, kalian diajak untuk mengenal dan menganalisis bentuk/struktur teks negosiasi. Sebagai langkah awal, marilah kita pahami terlebih dahulu definisinya.
Teks negosiasi adalah suatu bentuk interaksi sosial dua pihak atau lebih dan merupakan bagian dari proses komunikasi. Negosiasi atau perundingan diperlukan ketika ada perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak yang menimbulkan pertentangan. Oleh karena itu, negosiasi dilakukan untuk mencari kesepahaman antara kedua belah pihak, menghindari kerugian, dan mencapai kondisi yang saling menguntungkan. Contoh negosiasi yang sering muncul dalam keseharian adalah dalam kegiatan jual beli saat terjadi tawar-menawar.
Sebelum melakukan negosiasi, akan lebih baik jika kita mampu memahami kaidah-kaidahnya. Anggaplah kaidah ini mampu memberikan gambaran kepada kita tentang definisi yang lebih lanjut mengenai negosiasi.
Sebagai sebuah teks, negosiasi pun memiliki unsur atau struktur pembentuknya. Secara sederhana, teks negosiasi hanya memiliki tiga bagian: pembuka, isi, dan penutup. Negosiasi dengan bentuk seperti itu biasanya muncul akibat konflik. Akan tetapi, kadang kala negosiasi dapat bersifat kompleks, misalnya jual beli. Negosiasi yang cukup kompleks ini dapat memiliki tujuh bagian, yaitu orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, pembelian, dan penutup.
1. Orientasi : awal perbincangan antara kedua belah pihak
2. Permintaan : tahap pengutaraan keinginan masing-masing. Pada tahap ini dapat dilihat
apakah ada perbedaan kepentingan dan tujuan atau tidak? Jika ternyata kedua belah pihak memiliki persamaan tujuan/persepsi, proses dapat langsung masuk ke nomor lima. Dengan demikian, negosiasi tidak perlu dilakukan. Dalam jual beli, barang atau jasa yang diinginkan bisa disampaikan di tahap ini.
3. Pemenuhan : dalam tahap ini, setiap pihak menyatakan apakah ada kesanggupan dalam
memenuhi keinginan pihak yang lain atau tidak. (hal ini biasanya dilengkapi dengan adanya persyaratan. Dalam jual beli, misalnya, persyaratan yang dimaksud adalah harga awal yang ditentukan penjual.)
4. Penawaran : dalam tahap ini, satu pihak merasa keberatan atas tahap sebelumnya lalu
melakukan penawaran peringanan persyaratan.
5. Persetujuan : Jika penawaran pada tahap sebelumnya dapat diterima oleh kedua belah

pihak, muncullah kesepakatan. Dalam tahap ini diharapkan tercipta suatu kondisi yang saling menguntungkan dan kedua belah pihak mampu menyamakan persepsi.
6. Pembelian : pada tahap ini terjadi pembelian.
7. Penutup : Negosiasi telah berakhir dan kedua belah pihak berpisah.

Perhatikanlah

Contoh negosiasi konflik adalah seperti yang dilakukan oleh golongan muda kepada golongan tua pada Peristiwa Rengasdengklok. Dalam kasus ini, negosiasi akan memiliki tiga bagian. Pembuka-isi-penutup
(dialog dengan penggubahan tanpa mengubah jalan peristiwa)
(16 Agustus 1945, di rumah Djiaw Kie Siong, Rengasdengklok)
Pembuka
Soekarni : Jepang telah kalah. Sebaiknya kita mempercepat kemerdekaan kita.
Wikana : Betul, Bung. Kita harus proklamasikan kemerdekaan kita sebelum semua terlambat.
Isi
Soekarno : Hal itu tidak bisa kita lakukan. Jangan gegabah. Kita cek dulu perkembangan berita. Jepang masih terlalu kuat dan kita perlu waktu menyusun segala hal yang diperlukan. Ini sudah jadi rencana PPKI.
Wikana : PPKI buatan Jepang. Kita tidak mau kemerdekaan kita dianggap sebagai hasil pemberian Jepang, Bung. Proklamasikan secepatnya atau kita akan merebut kekuasaan. Kawan Chairul telah siap di Jakarta dengan anggota PETA.
Penutup
Ach. Soebarjo : Tidak perlu seperti itu, Kawan. Baiklah, kita akan proklamasikan kemerdekaan secepatnya. Bagaimana Bung Karno?
Soekarno : Baiklah, saya dan Hatta sepakat. Besok, tanggal 17 Agustus 1945, kita akan proklamasikan kemerdekaan kita. Istriku, Fatmawati akan menjahitkan benderanya.

Mari kita ulas!

Berdasarkan contoh di atas, kalian pun dapat menemukan pasangan tuturan yang muncul dalam teks negosiasi. Berikut adalah bentuk pasangan tuturan yang biasa terdapat dalam negosiasi.
a. Mengucapkan salam – membalas salam
b. Bertanya – menjawab /tidak menjawab
c. Meminta tolong – memenuhi/menolak permintaan
d. Menawarkan – menerima/menolak tawaran
e. Mengusulkan – menerima/menolak usulan.

Poin penting

Teks negosiasi adalah suatu bentuk interaksi sosial yang diperlukan ketika ada perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak yang menimbulkan pertentangan. Negosiasi bertujuan untuk mencari kesepahaman antara kedua belah pihak, menghindari kerugian, dan mencapai kondisi yang saling menguntungkan.

Friday 29 January 2016

MENGONVERSI PENGGALAN NOVEL KE DALAM TEKS DRAMA PENDEK


Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat mengonversi teks novel ke dalam teks drama pendek sesuai dengan struktur dan kaidah yang baik.
Kita main kuis-kuisan lagi yuk! Kali ini bayangkan kalian sebagai seorang calon penulis dengan sebuah ide yang sederhana. Mari kita mainkan games-nya!
Urutkanlah menjadi cerita yang paling horor sedunia.

Bagaimana kawan? Ternyata bermain menjadi seorang penulis itu cukup menyenangkan ya? Berbagai ide muncul tenggelam dalam benak kita, yang seolah-olah membuat kita membayangkan sebuah adegan film dengan banyak gambar yang berwarna. Itulah imajinasi!       Menulis merupakan salah satu pekerjaan kreatif yang menyenangkan. Dengan imajinasi, kita lebih bebas berekspresi tanpa harus terjegal hambatan-hambatan yang membatasi kehendak kita. Karena imajinasi tak punya batasan. Jadi mari kita melatih diri untuk bebas berkreativitas dengan menulis.
      Trik paling dasar untuk bisa menulis novel adalah sering-sering mencoba mengembangkan kalimat sederhana menjadi kalimat deskripsi yang hidup. Misalnya saja, kalimat gadis itu bermain bola menjadi gadis yang rambutnya dikepang dua itu bermain bola kasti di lapangan berdebu atau gadis berperawakan montok itu bermain-main dengan bola bekel di bawah pohon pinus sendirian. Coba bandingkan hasil perluasan deskripsinya, beda perluasan beda pula suasana yang terbangun kan?
      Maka dari itu latihan mendeskripsikan adegan itu penting dalam menulis novel, sama pentingnya dengan latihan memperluas interpretasi kita saat mengonversi teks novel itu sendiri menjadi teks drama. Apalagi, ketika menyusun sebuah teks drama, kita perlu memerinci adegan agar dapat mudah dipraktikan dalam akting. Untuk itu ketika mengonversi penggalan teks novel menjadi teks drama perlu memperhatikan hal-hal berikut.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat mengonversi ke drama.

1. Perdalam lagi karakter tokoh yang ada dalam cerita
Dalam drama, penggambaran tokoh dapat ditajamkan melalui berbagai cara, seperti penjelasan tokoh lain, dialog, atau penampilan ketika akting. Dalam penggalan novel belum tentu watak tokoh tersebut dinarasikan dengan jelas, maka seorang penulis naskah drama hasil konversi dari novel perlu berkreasi. Bisa jadi, karakter tokoh tertentu dalam teks drama hasil konversi teks novel sedikit berbeda, seperti penggarapan film Perempuan Berkalung Sorban berdasarkan novel dengan judul yang sama.
2. Membedakan sudut pandang cerita
Bisa jadi, teks drama tidak terlalu banyak mengeksploitasi sudut pandang penceritaan orang pertama seperti dalam novel. Karenanya, drama lebih banyak menggunakan sudut pandang orang ketiga dari berbagai sisinya.
3. Dialog-dialog kunci
Dalam novel, kita sering luput dalam membuat kata-kata khusus yang akan membuat pembaca terkenang. Nah, dalam drama kesempatan itu dapat terjadi dengan cara memperhatikan adegan yang terdapat dialog-dialog kunci, seperti dialog Romeo saat ditanya namanya menjawab “Apalah artinya sebuah nama, mawar pun akan tetap harum meski tanpa nama.”
4. Perkembangan cerita
Satu lagi, dalam konversi novel ke dalam drama, terkadang sang penyusun harus sedikit observasi dengan mengembangkan cerita, latar, alur, atau subkonflik agar terasa memikat. Karena bagi pembaca novel versi aslinya, menonton drama dengan konsep yang sama akan terasa membosankan.

Perhatikan latihan mengonversi berikut!

Ibu Muslimah yang beberapa menit lalu sembap, gelisah, dan coreng moreng, kini menjelma menjadi sekuntum crinum gigantium. Sebab tiba-tiba ia mekar sumringah dan posturnya yang jangkung persis tangkai bunga itu. Kerudungnya juga berwarna bunga crinum, demikian pula bau bajunya, persis crinum yang mirip bau vanili.
(Laskar Pelangi – Andrea Hirata. Hlm. 9)
Hasil konversi
Prolog
Ibu guru masuk ke dalam kelas dengan wajah yang lebih sumringah.
Dialog
Ibu Muslimah : Syukurlah semuanya sudah berkumpul. (Jemarinya memegang ujung kerudung jingganya)
Murid : Ya… Bu. (Menjawab serempak)
Ibu Muslimah : Terima kasih juga untuk bapak-bapak dan ibu yang berkenan hadir di hari pertama sekolah. (Bibir tersenyum sangat tulus)
Catatan
Inovasi cerita dalam drama akan membuat penggambaran latar lebih hidup. Apalagi ketika drama tersebut dipentaskan. Oleh sebab itu, imajinasi penyusun teks drama hasil konversi dari novel sangat diharapkan.

Poin Penting

Kekuatan perwatakan tokoh sangat penting dalam drama, maka buatlah konflik yang bombastis agar penokohan yang kuat akan teruji.

EVALUASI ISI PENGGALAN TEKS NOVEL

Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat membaca teks cerita fiksi dalam novel untuk memahami struktur dan isinya.
2. Siswa dapat mencermati teks cerita fiksi dalam novel untuk memahami isi dan pesan yang disampaikan dalam cerita.
3. Siswa dapat mengevaluasi isi penggalan teks cerita fiksi dalam novel.
Pencinta quippers semua, sebelum belajar mari kita sedikit refresing dengan games asah otak dan wawasan kita tentang novel ini!

      Bagaimana kawan-kawan? Permainan yang baru saja dimainkan cukupkah menguji wawasan kita mengenai perkembangan novel di Indonesia? Novel-novel dan penulis-penulisnya tersebut sudah demikian terkenal di benak pecinta sastra tanah air. Penulis-penulis tersebut menjadi populer, bukan saja karena penghasilan yang didapatkan dari royalti penjualan karya mereka, tetapi juga karena kualitas karya mereka yang mampu memotivasi banyak pembaca. Novel-novel yang berkualitas selalu berisikan harapan-harapan atau luapan cita-cita terhadap kondisi ideal sebuah persoalan.
      Pada dasarnya, sebuah novel merupakan opini atau pendapat yang hendak disampaikan penulis terhadap berbagai persoalan hidup yang ada di dunia. Solusi-solusi yang ditawarkan dalam sebuah novel tidak hanya berisikan angan-angan belaka. Banyak sekali, karya-karya novel yang berdasarkan kisah nyata dan menyediakan gambaran solusi permasalahan yang nyata. Adapun, sifat novel yang berisikan teks cerita fiksi tentu berisi juga hal-hal yang direkayasa. Meskipun demikian, solusi dalam novel tidak sedikit yang dijadikan referensi ilmiah dalam menyelesaikan permasalahan hidup. Misalnya saja, dalam novel Laskar Pelangi diutarakan pendapat mengenai kondisi belajar-mengajar yang manusiawi, sehingga banyak dijadikan rujukan penelitian tentang pendidikan.
      Pendapat-pendapat yang ada dalam teks cerita fiksi dibawakan oleh tokoh rekaan sang penulis. Keadaan tokoh dan keadaan sekitar tokoh menjadi media untuk menyampaikan informasinya. Keterangan tempat dan waktu, yang dalam hal ini adalah latar, menjadi bingkai dari keadaan faktual sekitar pembaca. Maka dari itu, seorang penulis fiksi akan memaparkan masalah sebagai konflik cerita. Sebelumnya penulis akan menggambarkan penyebab masalah dan di akhir cerita penulis akan menggambarkan akibat masalah atau solusi dari permasalahan yang dihadapi sang tokoh utama.
      Konflik dalam novel sangat kompleks atau dengan kata lain dapat terdiri lebih dari satu konflik, akan tetapi, terdapat satu benang merah sebagai ide cerita utama. Jalinan-jalinan masalah tersebut nantinya akan bermuara pada satu masalah utama di puncak rangkaian cerita.
      Nah, bagaimana jika kita dihadapkan pada satu penggalan novel saja? Seperti sudah diutarakan sebelumnya, bahwa novel adalah sebuah bentuk teks makro, di dalamnya terdapat teks-teks mikro. Sebuah penggalan tertentu dari novel tetap ada satu konflik yang diutarakan. Untuk itu, ketika kita mengevaluasi penggalan novel, perlu diperhatikan dengan saksama langkah-langkah berikut.

  1. Garis bawahi pernyataan umum berupa masalah awal yang muncul dalam penggalan novel.
  2. Urutkan sebab sampai akibat dari masalah tersebut. Adakalanya, kita bisa mengurutkan masalah hingga solusi yang disampaikan dalam penggalan novel.
  3. Daftar informasi-informasi penting yang muncul dalam penggalan novel.
  4. Tentukan informasi yang mendasari pikiran sang pengarang dalam penggalan novel tersebut.
  5. Berikan juga catatan-catatan lain untuk mendukung hasil evaluasi kita terhadap penggalan novel, seperti unsur intrinsik yang muncul, gaya bahasa yang menarik, serta kalimat-kalimat deskripsi perluasan. Contoh kalimat deskripsi perluasan: pelajar itu melamun menjadi pemuda berseragam abu-abu itu tenggelam dalam keheningan hingga pikirannya melayang tak karuan.

Mari kita praktik mengevaluasi isi penggalan teks novel berikut ini!


(Novel Ketika Cinta Bertasbih Part. 2, hlm. 16)

Evaluasi isi penggalan teks


Poin Penting

Tema adalah ide dasar sebuah cerita. Untuk memahami sebuah tema yang ada dalam teks mikro maupun makro sebuah novel, pembaca harus menguraikan alur peristiwa dengan runut.

EVALUASI STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN PENGGALAN TEKS NOVEL


Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat membaca teks cerita fiksi dalam novel untuk memahami struktur dan isinya.
2. Siswa dapat mencermati teks cerita fiksi dalam novel untuk memahami ciri kebahasaannya.
3. Siswa dapat mengevaluasi teks cerita fiksi dalam novel berdasarkan struktur dan kaidah-kaidah kebahasaannya.
Saatnya kita sampai di penghujung materi pembelajaran kelas XII. Tidak terasa, tiga tahun sudah kita berseragam putih abu-abu. Banyak sekali kepingan-kepingan kenangan yang sungguh berat untuk ditinggalkan. Apapun itu, belajar adalah kegiatan seumur hidup. Meskipun materi formal dalam pembelajaran hampir usai, pasti banyak sekali kesempatan bagi kita untuk terus mengasah diri dalam belajar.
      Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, kita telah banyak mengetahui dan memahami materi, terutama pembelajaran sastra. Bagi pembelajaran sastra dalam bahasa Indonesia, kegiatan yang harus sering kita lakukan adalah membaca. Apalagi di pembelajaran terakhir ini, kita dihadapkan pada teks cerita fiksi dalam novel. Mempelajari novel akan membuka wawasan kita terhadap permasalahan yang kompleks dari sudut pandang kreatif dan kritis. Kita dilatih lebih bijaksana ketika membaca permasalahan dalam novel, karena novel merupakan cermin kecil dari dunia nyata.
      Novel, yang di dalamnya berbentuk teks cerita fiksi, dibentuk dari sekumpulan unsur-unsur yang saling berkaitan. Hal ini sebagai jembatan ide yang hendak disampaikan sang pengarang kepada para pembacanya. Hakikatnya, teks cerita fiksi berjenis teks narasi. Dalam sebuah teks narasi, terdapat aspek-aspek berikut: penyampai cerita (sudut pandang), pelaku cerita (tokoh), rangkaian cerita (alur), permasalahan cerita (tema), serta ruang dan waktu cerita (latar). Oleh para ahli, aspek-aspek tersebut termasuk ke dalam unsur intrinsik cerita.
      Maka, untuk bisa menguraikan unsur intrinsik tersebut, kita harus membaca novel dengan saksama. Berikut ini adalah ikhtisar kaidah yang kita kenali dari sebuah novel.

  1. relatif lebih panjang dari cerpen (walaupun ada juga yang pendek),
  2. terdiri atas 45.000 kata atau lebih,
  3. novel bersifat expands (meluas) dan complexity (kompleks).       Kita tidak bisa dengan mudah begitu saja mengungkap inti permasalahan cerita (tema) yang ada dalam sebuah cerita novel. seperti sudah disampaikan pada poin ketiga, bahwa novel bersifat kompleks, sehingga di dalam novel terdapat banyak masalah yang diungkapkan. Masalah-masalah tersebut dicari benang merahnya dan dikelompokan secara hubungan kausalitasnya (sebab-akibat).       Selanjutnya, dalam bagian-bagian penting yang berhubungan secara kronologis dalam cerita itu disusun menjadi sebuah rangkaian cerita (alur). Secara umum, sebuah teks cerita fiksi mengandung lima bagian, yakni: abstraksi, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, koda. Bagian-bagian tersebut terkadang tidak selalu tersusun secara berurutan, sehingga terdapat bermacam alur, seperti alur maju, mundur, atau campuran. Bagian-bagian dari rangkaian cerita (alur) dalam novel, dikenali sebagai struktur pembangun teks. Namun, untuk sebuah penggalan novel tentu tidak semua bagian itu dapat dijelaskan secara rinci. Oleh sebab itu, bagian-bagian tersebut dikelompokkan lagi menjadi tiga kelompok utama, yakni bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir.       Untuk membawakan ide dalam novel, tentu diperlukan para penyampai yang terlibat sebagai pelaku cerita (tokoh). Para pelaku cerita ini dibuat sedemikian rupa sesuai dengan pesan yang hendak dibawa dalam cerita. Maka dari itu, para pelaku cerita ini dilengkapi juga dengan perwatakannya. Dengan demikian, penulis novel boleh berandai-andai sebagai pelaku langsung atau menggunakan tokoh rekaan. Hal tersebut bergantung sudut pandang pengarang dalam menyampaikan cerita.       Terakhir, ketika mengevaluasi teks cerita fiksi, kita harus memperhatikan ruang cerita yang dipakai pengarang dalam karyanya. Ruang ini berupa kondisi tempat, waktu, dan suasana cerita (latar).       Nah, mengenai kaidah kebahasaannya. Tentu ini berkaitan dengan cara penyampaian pengarangnya. Terkadang dalam menarasikan cerita, pengarang memilih alur yang cepat untuk genre aksi dan petualangan, seperti yang dilakukan oleh Dan Brown (The DaVinci Code) dan Zaynur Ridwan (The Greatest Design) atau alur lambat untuk genre roman dan religius, seperti Habiburahman ElShirazy (Ayat-ayat Cinta) atau HAMKA (Di Bawah Lindungan Ka’bah). Ciri kebahasaan novel juga dapat dilihat dari diksi yang dipakai dalam cerita yang dipengaruhi oleh idealisme sang penulis, seperti banyak menggunakan diksi-diksi metaforis (perlambangan) yang seringkali dipakai Iwan Simatupang (Ziarah) dan Paulo Coelho (The Alchemist), asosiatif (perumpamaan) yang sering dipakai oleh Tere Liye (Ayahku bukan Pembohong) atau Raditya Dika (Cinta Brontosaurus), atau bisa juga ciri kebahasaannya naturalis belaka seperti yang dipakai dalam novel-novel metropop dan teenlit.       Untuk lebih melatih kemampuan kita dalam mengevaluasi sebuah teks cerita fiksi dalam novel, berikut ditampilkan sebuah penggalan novel Bidadari-bidadari Surga karya Tere Liye sebagai bahan latihan.

    Perhatikan penggalan novel berikut.



Contoh Evaluasi Struktur dan Kaidah Kebahasaan


Poin Penting

Teks cerita fiksi dalam novel merupakan teks makro, sehingga penganalisisan atau pengevaluasiannya harus menyeluruh. Adapun, ketika mengevaluasi bagian tertentu dalam teks novel berarti kita hanya mengevaluasi teks mikronya saja.

MENULIS SINOPSIS NOVEL


Tujuan Pembelajaran:
Siswa memahami cara menulis sinopsis novel.

Dalam materi ini, kita akan mempelajari cara menulis sinopsis novel. advertise
advertise Sinopsis adalah karangan yang berisi ringkasan dari sebuah novel. Membuat sinopsis novel tidak seperti meringkas buku nonfiksi. Meringkas novel harus tetap memperhatikan karakter tokoh, latar, serta perkembangan alur peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam novel. Ada beberapa langkah cara membuat sinopsis novel. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.
1. Membaca terlebih dahulu novel. Tujuannya adalah untuk memahami isi novel dengan baik.
2. Memahami dan mengelompokkan berbagai peristiwa berdasarkan alur atau plot. Cerita umumnya tersusun atas beberapa tahapan alur.

  1. Memahami tokoh dan perwatakannya. Meski sinopsis berisi ringkasan novel, penulis novel tetap harus menampilkan karakter tokoh. Penjabaran karakter ini bisa ditampilkan dengan narasi pembuat sinopsis.
  2. Menentukan gagasan pokok cerita. Gagasan adalah ide-ide pokok cerita.
  3. Merangkai gagasan-gagasan pokok cerita menjadi sebuah sinopsis

Cermati sinopsis dan analisisnya di bawah ini.

Judul Buku: Air Mata Terakhir Bunda karya Kirana Kejora
  1. Novel menyentuh dan inspiratif yang mengisahkan tentang seorang ibu yang tinggal di desa kecil Renokenongo, yang sekarang ini menjadi Tanah Lumpur’, Sidoarjo. Seorang ibu yang hidup dengan kemiskinan, kesederhanaan, dan kekuatan batinnya berjuang sendiri menghidupi dan mengantarkan kesuksesan kedua anak laki-lakinya, Delta dan Iqbal. ( Abstraks: pengantar cerita)
  2. Sriyani menghidupi kedua anak mereka dengan berjualan lontong kupang dan kuli cuci. Meski mereka hidup di bawah garis kemiskinan, namun Sriyani selalu berpesan kepada kedua anaknya untuk tidak mengeluh kepada kemiskinan. ( Alur: orientasi berisi pengenalan latar dan tokoh cerita. Gagasan pokok cerita berupa Sriyani berusaha keras menghidupi kedua anaknya.)
  3. Dengan segala daya dan upaya, Sriyani tetap berjuang demi pendidikan anak-anaknya. Ia tidak ingin anak-anaknya berpendidikan rendah, seperti dirinya. Delta dan Iqbal adalah anak yang cerdas, terutama Delta. Setelas lulus SMA, ia diterima di Fakultas Teknologi Informatika ITS.
    ( Alur: komplikasi tahap awal masalah mulai terjadi. Masalah mulai muncul ketika Delta diterima di perguruan tinggi negeri. Gagasan pokok cerita berupa Sriyani berjuang untuk pendidikan kedua anaknya.)
  4. Selama menempuh pendidikannya di ITS, Delta mencari tambahan biaya kuliah dengan mengajar privat dan mengerjakan tugas mahasiswa-mahasiswa yang malas. Sriyani pun lebih giat bekerja agar dapat mengirimi Delta uang.Namun selama Delta kuliah di ITS, Delta jarang pulang kampung karena kesibukannya. Selama kuliah tidak seorang teman pun yang tahu ibu Delta. Sriyani tidak mau menunjukkan diri kepada teman-teman Delta. Sriyani tidak ingin Delta malu memiliki ibu seperti dia. Seperti yang ia lakukan ketika Sriyani datang ke kos Delta. Ia datang menitipkan lontong kupang, uang, dan sebuah buku kepada teman Delta. Hingga akhirnya ketika Delta tiba di kosnya, ia berlari mengejar Sriyani. Sriyani hanya berpesan belajarlah, jadilah orang pintar, dan baca buku yang ia berikan.

    (Alur: komplikasi tingkat perkembangan masalah. Peningkatan masalah terjadi ketika Delta mulai sibuk dan hampir jarang pulang. Teman-teman Delta pun tidak ada yang mengetahui ibu Delta. Sriyani pun tidak ingin jati dirinya diketahui teman-teman Delta karena ia khwatir Delta malu dengan keadaaan dirinya. Gagasan pokok cerita berupa Delta dan Sriyani berjuang demi keberlangsungan pendidikan Delta.)
  5. Sampai akhirnya Delta lulus dengan cum laude. Ia sudah menyiapkan baju kebaya dan kain untuk Sriyani di acara wisudanya. Ia memohon agar Iqbal mau membawa baju itu. Namun Iqbal menyampaikan pesan Sriyani bahwa baju itu tetap diletakkan saja di kos Delta. Sampai akhirnya acara wisuda berlangsung. Sriyani tidak datang. Yang datang justru kabar duka. Sriyani pergi selama-lamanya.
    (Alur: komplikasi berisi titik puncak masalah. Titik puncak masalahnya adalah kabar Sriyani meninggal. Gagasan pokok cerita berupa Delta lulus dengan nilai cum laude. Ia ingin ibunya ikut menyaksikan wisudanya.)
  6. Kini Delta sudah menjadi orang sukses. Ia seorang pengusaha sukses di bidang IT dan minyak. Ia menikah dengan wanita pilihannya, lauren.
    (Resolusi/ Penyelesaian masalah adalah solusi terhadap Masalah. Penyelesaian masalah berupa Delta menjadi sukses dan menikahi Lauren.
    Gagasan pokok cerita berupa Delta menjadi orang sukses.)
  7. Meski Delta sudah menjadi sosok yang sukses. Ia tetap tidak bisa melupakan ibunya. Ia menempatkan ibunya sebagai perempuan utamanya. Pesan ibunya diingatnya hingga akhir hayatnya, jangan pernah menjual derita masa lalu untuk sebuah masa depan.Kehidupan adalah sekarang, masa depan adalah rancangan.
    (Koda: pesan yang terkandung adalah menempatkan ibu sebagai sosok yan utama. Ajarannya diingatnya selalu, Kehidupan adalah sekarang, masa depan adalah rancangan. Gagasan pokok cerita berupa Delta menempatkan ibunya sebagai perempuan utama.)[/important)

    Poin Penting

Sinopsis adalah karangan yang berisi ringkasan dari sebuah novel. Membuat sinopsis novel tidak seperti meringkas buku nonfiksi. Ada beberapa langkah membuat sinopsis. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Membaca terlebih dahulu novel.
2. Memahami dan mengelompokkan berbagai peritiwa berdasarkan alur atau plot.
3. Memahami tokoh dan perwatakannya
4. Menentukan gagasan pokok cerita.
5. Merangkai gagasan-gagasan pokok cerita menjadi sebuah sinopsis