Wednesday 26 September 2018

KUMPULAN SOAL Bahasa Indonesia / X SEMESTER 2



  
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
TAHUN 2017/2018

Mata Pelajaran/Kelas    :    Bahasa Indonesia / X SEMESTER 2
Kompetensi Dasar        :    3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
                                           3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
                                           3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
                                           3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
                                           3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
                                           3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
Hari/tanggal                  :   
Waktu                           :    07.30 s.d. 09.00 WIB
=====================================================================
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan ( ● )  huruf A, B, C, D, E pada LJK!

1.      Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
Pada hari Senin ada seorang pemuda menemui bagian personalia di perusahaan percetakan.
Paijo      : "Selamat pagi, Pak. Saya Paijo. Saya calon pegawai yang kemarin dipanggil untuk menjalani tes wawancara sebagai kepala gudang. Begini, Pak. Kebetulan pada hari Rabu, saya menghadiri upacara pernikahan adik saya. Bolehkah tes wawancaranya diundur?”
Pegawai: "Kalau tidak bisa besok berarti Bapak gugur sebagai calon pegawai di sini?”
Paijo       :   "Jangan, Pak, sebagai kompensasi Saya boleh ditempatkan di bagian mana saja
               asalkan saya tetap diterima di sini, Pak.”
Pegawai: " Baiklah akan saya catat di sini.”
Paijo       : "Baik. Terima kasih atas kebaikannya, Pak. Saya permisi dulu.”
Mereka berdua berjabat tangan dan Paijo berpamitan.


 
 












Hal yang dilakukan Paijo sehingga dia dapat terus mengikuti seleksi calon pegawai padahal dia tidak bisa mengikuti seleksi tes wawancara pada hari Rabu adalah....
a.       Paijo mengikuti tes wawancara pada hari Selasa.
b.      Paijo meminta ijin tidak mengikuti tes wawancara pada pegawai di perusahaan percetakan.
c.       Paijo membuat negosiasi bersedia ditempatkan di bagian mana saja dengan bagian personalia perusahaan.
d.      Paijo menjadi wakil keluarga pada pernikahan adiknya.
e.       Paijo memiliki jiwa kepribadian yang santun dan disiplin.




2.      Bacalah teks di bawah ini!
Latar tempat parkiran mal. Seorang gadis akan memarkirkan sepeda motornya.
Tukang parkir : “Permisi Mbak , boleh saya lihat STNK-nya?
Gadis               : “Astaga, saya lupa membawa Pak, ada di tas saya satunya.”
Tukang parkir : “Mohon maaf, Mbak, Anda tidak bisa parkir di sini karena tidak
                          membawa STNK.”
Gadis               : “Tolonglah, Pak, adik saya sedang mengikuti lomba menyanyi di
                          dalam!”
Tukang parkir : “Sebaiknya Anda parkir saja di luar, Mbak.”
Gadis               : “Begini, Pak. Ini KTP saya sebagai jaminan dan saya bersedia  
                           membayar denda dua kali lipat asalkan saya bisa parkir di sini.”
Tukang parkir : “Baiklah mari ikut saya ke kantor .”
Gadis               : “Iya, Pak. Terima kasih atas bantuannya.”

 
 














Menurut informasi di atas, syarat negosiasi yang harus dipenuhi gadis itu untuk dapat memarkirkan sepeda motornya adalah ....
a.       Membayar denda dua kali lipat.
b.      Memberikan KTP sebagai jaminan dan membayar denda dua kali lipat.
c.       Memberikan KTP sebagai jaminan.
d.      Menandatangani surat denda.
e.       Memarkir sepeda motor di luar mal.

3.      Cermatilah teks berikut!
Beberapa ketua OSIS dari berbagai sekolah sedang berdiskusi. Mereka akan mengadakan kegiatan bersama dalam rangka memperingati hari Pahlawan. Negosiasi berlangsung alot. Tumini, salah satu ketua OSIS, selalu berbicara dengan bahasa yang berbelit-belit sehingga perkataannya membingungkan peserta negosiasi lain.

 
 






Berdasarkan cerita tersebut, negosiator seharusnya ...
a.       mengucapkan salam pembuka.
b.      menggunakan kata yang tepat.
c.       intonasi suara harus jelas
d.      berbicara secara santun.
e.       memperhatikan giliran berbicara.

4.      Cermatilah teks berikut!
Mukidi            : "Jika upah buruh tidak dinaikkan, kesejahteraan mereka akan terganggu.
                Harga bahan bakar minyak baru saja naik. Faktanya, harga berbagai barang
                kebutuhan pokok juga telah menyusul naik. Akibatnya, kinerja mereka akan
                menurun."
Si Bos  : "Tapi kita tidak bisa melakukannya dalam waktu dekat ini. Mungkin tindakan
               itu baru bisa kita lakukan beberapa bulan lagi."

 
 








Berdasarkan percakapan negosiasi tersebut, yang dilakukan Mukidi adalah ...
a.       menyampaikan pendapat disertai dengan bukti atau fakta.
b.      menghindari tuturan yang mengandung ejekan atau sindiran.
c.       menyampaikan pendapat dengan bahasa yang santun.
d.      menyampaikan pendapat secara berbelit-belit.
e.       menyampaikan pendapat tanpa mempedulikan pendapat lain.





5.      Kalimat-kalimat berikut tidak mengandung santun dalam bernegosiasi ...
a.       Berdasarkan bukti-bukti yang telah Saudara kemukakan, saya dapat menarik kesimpulan sebagai berikut.
b.      Mohon pertanyaan Saudara dipersingkat, mengingat waktu yang sangat terbatas.
c.       Pendapat Anda sebenarnya baik, tetapi sebaiknya ditinjau ulang.
d.      Saya anjurkan agar negosiasi ini segera diakhiri karena tidak ada gunanya.
e.       Jika tidak salah pemahaman saya, kita sekarang tidak membahas masalah itu.

Bacalah teks di bawah ini
soal untuk nomor 6 – 8 !

Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1.

Guru : “Pagi anak-anak! Silakan dikumpulkan tugas projek pembuatan naskah
              drama yang bapak berikan satu minggu yang lalu.”
(Semua anak maju kecuali Elen).

Elen : “Pak, mohon maaf tugas saya tertinggal. Padahal tadi, saya sudah siapkan. Karena 
           terburu-buru berangkat, saya lupa memasukkannya ke dalam tas, Pak.”

Guru : “Makanya di malam hari itu dipakai untuk belajar, selesai belajar buku-buku disiapkan, lalu masukan ke dalam tas. Jangan nonton televisi saja. Kalau ada yang tertinggal di rumah, ini indikasinya di malam hari tidak belajar. Saya juga kan sudah bilang, siapa saja yang tidak mengumpulkan pada hari ini dengan alasan apapun nilainya 0.”

Elen : “Pada hari ini kan, Pak? Jadi, kalau saya kumpulkan nanti siang boleh, Pak? Saya
            izin telpon mamah papah saya untuk mengantarkan ke sekolah, setelah itu saya langsung  memberikan ke Bapak. Bagaimana, Pak?”

Guru : “Baiklah kalau begitu Elen. Bapak tunggu sebelum pukul 12.00 WIB, ya.”

Elen : “Baik, Pak terima kasih atas kemurahan hati Bapak.”
 
 
























6.      Kalimat simpulan dari teks negosiasi di atas ialah ....
a.       Tugas projek naskah drama Elen tertinggal di rumah.
b.      Bapak guru memberi nilai 0 bagi siswa yang tidak mengumpulkan tugas projek hari ini.
c.       Elen meminta orang tuanya untuk mengantarkan tugas projek ke sekolah.
d.      Elen akan memberikan tugas projek bapak guru sebelum pukul 12.00.
e.       Elen meminta izin untuk menghubungi mamanya.

7.      Penulisan judul teks negosiasi di atas salah, yang benar adalah ….
a.       Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1.
b.      Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia Di Kelas X IPA 1
c.       Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1
d.      Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1
e.       Suasana Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X IPA 1

8.      Negosiasi dapat dilakukan menggunakan bahasa persuasif. Bahasa persuasif adalah bahasa yang digunakan untuk…
a.       Bertanya
b.      Menjawab
c.       Meminta
d.      Menerima
e.       Membujuk


9.      Bacalah teks di bawah ini secara saksama!

Widjaksono dan Nunung Bingungwati serta Aziz Gagap sedang bernegosiasi dengan calon sponsor mereka. Mereka mewakili karang taruna untuk mencari dana. Dana tersebut akan digunakan untuk acara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan. Dalam negosiasi tersebut, Widjaksono merasa suasananya sangat formal dan tegang. Nunung Bingungwati dan Aziz Gagap tampak bingung dan gugup. Lawan negosiasi mereka juga tampak tidak ramah. Oleh karena itu, Widjaksono berusaha mendinginkan suasana dengan sedikit bergurau tanpa mengurangi keformalan negosiasi.

 
 









Trik negosiasi yang dilakukan oleh Widjaksono adalah ...
a.       berbicara dengan menggunakan bahasa asing agar terlihat cerdas.
b.      menggunakan kata ganti kami.
c.       melakukan kontak mata.
d.      mengambil kesimpulan dengan cepat
e.       membuat suasana menjadi santai.

10.  Cermatilah teks berikut!

Maskulin : "Untuk memperingati HUT sekolah kita, lebih baik kita menampilkan tari
                   kuda lumping."
Masbro    : "Lebih oke, kita menampilkan musik dangdut Sagitu saja, pasti ‘kan lebih
                    seru!"
Maskulin : "Tari kuda lumping juga bisa lebih seru, Masbro!"
Masbro    : "Penonton akan lebih menyukai musik dangdut daripada tarian."
Maskulin : "Tapi kita punya beberapa penari kuda lumping di kelas. Ini pasti
                   menarik."
Masbro    : "Kita juga punya beberapa penyanyi hebat."

 
 












Berdasarkan negosiasi tersebut, hambatan yang terjadi adalah ...
a.       komunikasi hanya satu arah.
b.      perbedaan pandangan.
c.       adanya kesalahpahaman
d.      umpan balik tidak tepat.
e.       topik tidak fokus.

11.  Cermatilah teks berikut ini!
Rudi bernegosiasi mewakili perusahaannya. Ia bernegosiasi dengan perwakilan perusahaan lain. Negosiasi tersebut bertujuan untuk mengadakan hubungan kerja sama antardua perusahaan tersebut. Akhirnya, negosiasi tersebut menghasilkan kesepakatan. Kedua pihak sepakat untuk menggabungkan kepentingan perusahaan masing-masing. Dengan demikian, kedua perusahaan akan sama-sama mendapat keuntungan.

 
 







Negosiasi tersebut termasuk dalam negosiasi ...
a.       kolaborasi
b.      dominasi
c.       akomodasi
d.      menghindari konflik
e.       kesamaan.


12.  Berikut ini yang bukan merupakan trik dalam bernegosiasi adalah ...
a.       mengambil kesimpulan secara tepat.
b.      melakukan kontak mata dengan lawan negosiasi.
c.       berbicara secara santun kepada lawan negosiasi.
d.      negosiator mengambil kesimpulan secara tepat.
e.       negosiator terus-menerus memuji lawan negosiasi.

13.  Bacalah kutipan teks negosiasi berikut ini!

“Baik, Pak. Terima Kasih. Boleh saya keluar?”

kalimat tersebut merupakan struktur negosiasi bagian dari....
a.       Orientasi
b.      Penutup
c.       Isi
d.      Persetujuan
e.      Persuasif

14.  Bacalah nukilan teks negosiasi berikut ini!
Pembeli         :  1,3 juta itu harga baru co, tetapi ini HP bekas boleh nego lagi?
Penjual          :  Bapak mau tawar berapa?
Pembeli         :  Bagimana kalau 9 ratus, soalnya layar sudah ada yang tergores.  

 
 





Unsur apa yang paling dominan dari penggalan teks negosiasi tersebut…
a.       Persetujuan
b.      Penawaran
c.       Pemenuhan
d.      Penutup
e.       Pembelian


15.  Bacalah penggalan teks negosiasi berikut ini!

Penjual          :  Terima kasih Pak atas kerja samanya. Semoga HP ini bisa membantu memudahkan aktivitas dan komunikasi Bapak dengan saudara maupun rekan bisnis.
Pembeli         :  Iya sama-sama, senang melakukan transaksi dengan Bapak.

 
 







Struktur negosiasi bagian apa yang mewakili dialog di atas
a.             Pembelian
b.            Persetujuan
c.             Penutup
d.            Penawaran
e.             Pemenuhan

16.  Orang yang bertindak memandu dan menengahi pembicaraan dalam debat disebut  ...
a.       Juri
b.      Pencatat waktu
c.       Tim afirmasi
d.      Tim oposisi.
e.       Moderator



17.  Perhatikan materi debat berikut ini!
Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri, kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi, kalau benar-benar kita mau berdisiplin, kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah, kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan meningkatkan teknologi bangsa kita. Untuk apa rekan-rekan? Untuk kejayaan bangsa kita pada masa yang akan datang. Mari kita buktikan itu!

Kalimat persuasif teks di atas adalah ….
a.    Untuk kejayaan bangsa kita medatang. Mari kita buktikan itu!
b.    Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri
c.    Kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi
d.    Kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah
e.    Kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan berteknologi tinggi.

18.  Simaklah teks di bawah ini secara saksama!
Seorang pendaki tebing memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain: ia harus kuat, penuh perhitungan, belajar dari pengalaman, hati-hati, pantang menyerah, dan disiplin. Hal ini sama dengan seseorang yang sedang belajar untuk meraih cita-cita. Cita-cita akan tercapai jika seseorang tersebut memiliki persyaratan yang hampir sama seperti seseorang yang sedang mendaki tebing.

Apabila permasalahan tersebut disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...
a.    Jadi, seorang pendaki gunung dan pelajar mempunyai persyaratan yang hamper sama.
b.    Jadi, syarat orang yang ingin sukses dengan pendaki gunung dapat dipastikan hamper sama.
c.    Jadi, persyaratan sukses seorang pelajar yang ingin meraih cita-cita; sama dengan seorang pendaki tebing.
d.   Jadi, keduanya harus memiliki persyaratan yang sama seperti hati-hati, pantang menyerah, dan hati-hati.
e.    Jadi, kesuksesan seorang pelajar dan pendaki gunung memiliki kesamaan persyaratan.

19.  Bacalah nukilan teks debat berikut dengan saksama!
Kecenderungan pada sebagian remaja adalah tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah. Wujud dari kecenderungan tersebut adalah munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan sering menyimpang dari aturan yang berlaku di sekolah. Penyebabnya, karena sejak kecil orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak. Wajarnya, orang tua harus mampu memberikan hukuman pada saat anak memunculkan perilaku yang salah dan memberikan pujian atau hadiah saat anak memunculkan perilaku yang baik atau benar.
Apa penyebab sebagian remaja tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah?
Jawaban yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah karena …
a.       Munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan menyimpang dari aturan.
b.      Orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak
c.       Orang tua tidak pernah memberikan hukuman kepada anak yang salah.
d.      Orang tua tidak pernah memberikan hadiah kepada anak yang baik.
e.       Anak yang sering melakukan kesalahan di sekolah orang tua tidak menghukumnya.






20.  Bacalah secara saksama teks di bawah ini!
Mosi: Mencintai dan Menekuni Pekerjaan
Kalimat persuasif:
(1) Oleh karena itu, saya anjurkan Bapak dan Ibu memiliki tujuan pekerjaan.
(2) Dengan demikian, semua pekerjaan hendaknya dilakukan sesuai dengan tujuan.
(3) Jadi, semua pekerjaan yang akan kita lakukan haruslah memiliki tujuan yang diharapkan.
(4) Karena itu, kita hendaknya mencintai pekerjaan yang akan kita lakukan.
(5) Dengan demikian, marilah kita tekuni setiap pekerjaan yang kita lakukan agar memperoleh hasil maksimal.

 
 










Kalimat persuasif yang sesuai dengan mosi tersebut terdapat pada kalimat nomor …
a.       (1) dan (2)
b.      (1) dan (3)
c.       (2) dan (3)
d.      (4) dan (5).
e.       (3) dan (4)

21.  Bacalah nukilan debat di bawah ini dengan saksama!
Saudara-saudara yang saya hormati,
Harus kita akui bahwa pembangunan pendidikan di Indonesia selama ini telah banyak mengalami kemajuan yang cukup berarti, tetapi kita juga menyadari bahwa masih terdapat banyak persoalan pendidikan yang harus diselesaikan secara bersama dan bertahap sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan di era global.

 
 








Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi nukilan debat di atas adalah …
a.       Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.
b.      Melalui proses pembangunan pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia seutuhnya.
c.       Sebaiknya kita harus membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
d.      Atas dasar itulah langkah kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.
e.       Marilah kita antisipasi arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.

22.  Bacalah teks di bawah ini dengan saksama!
November 2010, erupsi Merapi yang terletak di perbatasan DIY - Jawa Tengah mengakibatkan adanya perubahan ekosistem di kawasan tersebut. Akhir November itu pula, Gunung Sorik Marapi di Sumatera Barat memuntahkan lahar. Kerugian cukup besar akibat erupsi itu. Di Jawa Timur, Gunung Bromo dan Gunung Ijen memuntahkan material dari perutnya sehingga kerugian miliaran rupiah. Di Maluku Utara, tepatnya di Ternate, Gunung Gamalama pun meletus. Akibatnya, Bandara Baabullah tutup total karena tertutup abu vulkanik. Sementara Gunung Sindoro di Jawa Tengah mulai bergemuruh sehingga diberi status siaga. Begitupun Gunung Krakatau di Selat Sunda melontarkan abu vulkanik ratusan kali.

 
 











Kesimpulan paling tepat generalisasi di atas adalah …
a.       Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak gunung berapi.
b.      Di seluruh Indonesia terdapat gunung berapi yang masih aktif.
c.       Wilayah Indonesia kaya gunung berapi yang masih aktif.
d.      Di wilayah laut Indonesia pun terdapat gunung berapi.
e.       Di Indonesia sering terjadi bencana karena banyak gunung berapi yang aktif.
23.  Bacalah paragraf berikut!
Menurut Anton J. Supit, Ketua Aprisindo (Asosiasi Persepatuan Indonesia), pemerintah Cina memberikan dukungan penuh kepada para pengusahanya untuk melakukan ekspansi bisnis dan investasi. Para pengusaha dan asosiasi di Indonesia justru sibuk menyikapi kebijakan pemerintah yang berubah-ubah.

 
 







Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ...
a.       Sebaiknya, pemerintah Cina memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia.
b.      Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk menambah modalnya.
c.       Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan pemerintah Cina supaya ekonomi Indonesia maju.
d.      Pemerintah Indonesia sebaiknya tidak usah mencontoh kebijakan pemerintah Cina.
e.       Pengusaha Indonesia bergairah menanamkan modalnya karena perhatian pemerintah begitu besar.

24.  Bacalah paragraf berikut!
Bahasa sebagai alat komunikasi manusiawi yang otonom, tidak dapat dimanipulasi masyarakat pemakainya. Bahasa mempunyai daya kreatif bagi manusia. Bahasa bisa membentuk kebudayaan baru, sebagai contoh barangkali dapat disebut bahasa politis. Bahasa para politisi di meja perundingan dapat mengubah wilayah kebudayaan dari mana kedua politisi itu muncul menjadi medan perang kalau tidak tercapai kata sepakat. 

 
 





  


   Mosi bacaan di atas adalah ....
a.       bahasa dapat menimbulkan perang.
b.      bahasa dapat menjadikan manusia kreatif.
c.       bahasa dapat menciptakan kembali manusia dan kebudayaan.
d.      bahasa memiliki kuasa yang ampuh.
e.       bahasa sebagai alat komunikasi yang tidak dapat dimanipulasi pemakainya.

25.  Bacalah  nukilan materi debat berikut!
Produk-produk gorengan yang kini sudah menjadi industri besar baik di kota kecil maupun di kota besar antara lain adalah fastfood. Tidak ada yang jelek dengan makanan yang siap saji itu, kecuali bila dikonsumsi berlebihan. Bagaimanapun juga bahan dasar kelompok santapan ini adalah makanan bergizi seperti daging ayam atau daging sapi dan kentang atau nasi. Ketidakseimbangan gizi muncul karena porsi pangan hewannya yang di dalamnya terkandung cukup banyak kolesterol terlalu besar. Sebaliknya kandungan sayuran dalam makanan siap saji ini umumnya rendah.

 
    


           






Kalimat tanggapan yang tepat sesuai dengan materi debat di atas adalah ...
a.       Sebaiknya mengkonsumsi makanan siap saji tidak berlebihan karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.
b.      Sebaiknya produk-produk gorengan yang sudah             menjadi besar ditinggalkan.
c.       Makanan siap saji boleh saja dikonsumsi berlebihan.
d.      Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.
e.       Ketidakseimbangan gizi makanan siap saji disebabkan kurangnya kandungan sayuran.




26.  Perhatikan teks di bawah ini!
Pernyataan khusus:
1. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dari bahasa Arab terutama yang berkaitan dengan masalah agama, terutama agama Islam.
2. Contoh kosa kata hasil penyerapan dari bahasa Arab adalah musyawarah, hak, salat, dan taubat.
3. Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari bahasa Jepang, Jerman, Korea dan negara lainnya.
4. Kosa kata dan istilah teknologi hasil penyerapan dari negara-negara tersebut antara lain komputer, gadget, televisi, internet, dan astronot.
5. Tak hanya itu, bahasa Indonesia juga menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.
6. Contoh kosa kata hasil penyerapan terakhir antara lain  karate, dansa, bakso, cwimie, dan kimono.


 
 















Kesimpulan generalisasi teks di atas adalah ...
a.       Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.
b.      Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari negara asing.
c.       Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
d.      Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah dari Arab, Jepang, Jerman, Korea.
e.       Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.

27.  Bacalah teks di bawah ini secara cermat!
Orang tua mendidik kita di rumah dengan penuh kasih sayang. Mereka mengajari kita banyak hal. Tak jarang kita dimarahi ketika kita nakal dan tidak mematuhi nasihat mereka. Di sekolah para guru juga mendidik kita dengan penuh kasih sayang. Guru-guru kita mengajari kita berbagai ilmu pengetahuan dan ketrampilan, bahkan juga memberikan teladan akhlak yang baik. Demi menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab, para guru pun acapkali memberi hukuman pada kita.

 
 










Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...
a.       Jadi, dapat dikatakan bahwa orang tua adalah guru kita.
b.      Jadi, dapat dikatakan bahwa para guru adalah orang tua kita di sekolah.
c.       Jadi, para guru bukan orang tua kita.
d.      Jadi, orang tua selalu mendidik kita seperti guru.
e.       Jadi, kita dimarahi guru di sekolah seperti halnya orang tua kita.

28.  Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
Penyedotan air semakin berlebih saat pasokan air tidak mencukupi laju pertambahan aktivitas komersial. Penyedotan secara berlebihan, terutama oleh pengelola gedung-gedung bertingkat, tidak hanya dilakukan pada sumur dalam, tetapi juga sumur dangkal. ... .

 
 






Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran sebab-akibat maka jawaban yang paling tepat adalah ...
a.       Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai kering.
b.      Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dalam.
c.       Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dangkal.
d.      Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai berlebihan.
e.       Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai disedot.

29.  Bacalah kutipan paragraf sebab akibat berikut dengan baik!

Pendidikan kesenian di sekolah, hingga kini, masih belum mendapatkan perhatian serius. Sekolah-sekolah yang masih menunggu petunjuk di Depdiknas menempatkan kesenian bukan sebagi hal mendesak. ….

Kalimat akibat untuk mengisi pada bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah….
a.        Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah tak terlampau dapat diharapkan.
b.       Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah berjalan tanpa arah yang tak jelas.
c.        Maka, pendidikan di sekolah keseniannya tak dapat diandalkan warga sekolah.
d.       Maka, pendidikan kesenian di sekolah sama sekali tak berjalan dengan wajar.
e.        Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah hanya berjalan ala kadarnya.

30.  Baca nukilan debat di bawah ini!
Peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Baik pria maupun wanita, hendaknya selalu meningkatkan rasa tanggung jawab mereka terhadap kesejahteraan bersama. Kader-kader wanita diharapkan juga peduli terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Banyak kaum wanita yang terpaksa bekerja karena suami mereka terkena PHK.

 
 








Kalimat simpulan yang paling sesuai untuk nukilan debat  di atas adalah …
a.         Akan tetapi, kaum wanita selama ini masih dipandang sebagai objek, bukan sebagai subjek.
b.        Dengan demikian, bekerja atau tidaknya para wanita di luar rumah tetap berpengaruh terhadap kesejahteraan sebuah keluarga.
c.         Meskipun demikian, tidak serta-merta wanita harus ditempatkan sebagai pelaku tunggal dalam segala sesuatu.
d.        Untuk itu, pemerintah perlu memperhatikan nasib kaum wanita yang suami mereka terkena PHK.
e.         Oleh karena itu, sesuatu bisa terjadi bila wanita tidak diberikan kesempatan dalam menentukan kesejahteraan sebuah keluarga.

31.  Bacalah nukilan biografi di bawah ini!

Henry, pemain yang besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini sempat membuat kado perpisahan yang begitu manis di ajang Premier League.


 
 




Klausa nominal dalam kalimat tersebut adalah …
a.         Henry, pemain yang besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini
b.         pemain yang besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini
c.         besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini
d.        Henry yang begitu manis di ajang Premier League
e.         pemain yang besar di Arsenal yang begitu manis

32.  Cermatilah kalimat acak berikut!

(1)        Sajak ”Perempuan-Perempuan Perkasa” yang ditulisnya menggambarkan kehidupan rakyat yang bekerja keras.
(2)        Hartoyo Andang Jaya adalah seorang guru, penyair, esais, sekaligus penerjemah.
(3)        Ia menulis sajak tersebut karena kekaguman terhadap para perempuan yang bekerja dari pagi hingga petang.
(4)        Ia mulai menulis sejak sekolah menengah di Solo.
(5)        Dengan sajak yang satu ini nama Hartoyo disebut-sebut dalam dunia kepenyairan.

 
 












Urutan kalimat yang benar agar menjadi biografi yang bagus adalah ....
a.       (1), (3), (4), (2), (5)
b.      (4), (2), (3), (5), (1)
c.       (5), (3), (4), (2), (1)
d.      (2), (4), (1), (3), (5)
e.       (3), (1), (4), (5), (2)


33.  Bacalah nukilan biografi Arafat berikut secara saksama!

Arafat ... seluruh hidupnya untuk bangsa Palestina. Selama ini Arafat ... posisi paling depan dan paling berbahaya dalam menghadapi agresi Israel. Arafat merupakan ikon perjuangan bangsa Palestina. Sekarang Arafat ... rakyat yang dicintainya. Tentu semua merasa kehilangan.

 
 






Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a.       sudah mengambil, telah menduduki, sudah tiada.
b.      tiada mengangkat, telah berdiri, telah merangkul.
c.       sudah menyisihkan, selalu mengambil, telah menarik.
d.      telah menghabiskan, selalu mengambil, telah meninggalkan.
e.       hampir menyumbangkan, telah mengambil, telah tiada.


34.  Bacalah penggalan biografi di bawah ini dengan saksama!
Gelar sarjana sastra diraihnya pada 1957, dan doktor honoris causa, delapan belas tahun kemudian -- keduanya di Fakultas Sastra UI. Ia juga sempat mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS. Ia menguasai bahasa Inggris, Belanda, Prancis, dan Jerman.
Ada kisah unik saat ia menempuh pendidikan di UI. Saat itu, HB Jassin merangkap sebagai mahasiswa dan mahaguru sekaligus. Ketika kuliah sastra-lama, terutama mata pelajaran Jawa Kuno, Sanskerta, HB Jassin menjadi mahasiswa, tekun duduk bersama mahasisawa lainnya dan penuh perhatian pada mata kuliahnya. Akan tetapi, begitu berganti mata kuliah Sastra Modern, Masa Kekinian, HB Jassin berdiri dan maju ke depan, berdiri di podium lalu memberi kuliah, karena memang sebagai doktor Sastra Modern.

 
 















       Hal yang menarik dari biografi di atas adalah ...
a.       H.B. Jassin mendapat gelar doktor honoris causa.
b.         H.B. Jassin mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.
c.         Ia memberikan teladan kepada para mahasiswa untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi mahasiswa dan mahaguru sekaligus.
d.        Ia mengajarkan mata kuliah sastra modern.
e.         Ia tidak menguasai mata kuliah sastra lama.

35.  Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah …
a.         Mengapa H.B. Jassin memilih kuliah di UI?
b.         Bagaimana riwayat pendidikan dasar H.B. Jassin?
c.         Bahasa asing apa saja yang dia ajarkan?
d.        Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI?
e.         Kapan H.B. Jassin memperoleh gelar dokter?


36.  Perhatikan biografi berikut ini!
Ramadan K.H. yang nama lengkapnya adalah Ramadan Karta Hadimadja (lahir di Bandoeng, 16 Maret 1927 – meninggal di Cape Town, Afrika Selatan, 16 Maret 2006 pada umur 79 tahun) adalah seorang penulis biografi Indonesia. Ia meninggal setelah menderita kanker prostat selama ±3 bulan.
Kang Atun, panggilan akrab Ramadan, adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Ayahnya, Rd. Edjeh Kartahadimadja, adalah seorang patih Kabupaten Bandung pada masa kekuasaan Hindia Belanda. Ia dilahirkan dari perkawinan ayahnya dengan Saidah. Aoh K. Hadimadja (1911 - 1972) yang juga dikenal sebagai penyair dan novelis itu, adalah kakak kandung seayah Ramadan yang lahir dari rahim istri pertama ayahnya yakni Rd. Djuwariah binti Martalogawa. Ketika usia Ramadan masih belum genap tiga bulan, ayahnya terpikat perempuan lain dan menceraikan Saidah yang langsung dikembalikan ke kampung. Pengalaman tersebut membuat ia dekat dengan sosok ibu dan menghayati derita kaum perempuan.


 
 

















Masalah yang dialami Kang Atun dalam biografi tersebut adalah …
a.       Ia terlahir dari keluarga penyair
b.      Ramadhan K.H. pernah terpikat perempuan lain dan menceraikan istrinya
c.       Orang tuanya bercerai ketika ia masih balita
d.      Sejak kecil ia menderita kanker prostat
e.       Ia terlahir dengan sepuluh bersaudara
     
37.  Hal yang bisa diteladani dari tokoh dalam biografi tersebut adalah …
a.       Ayahnya adalah seorang patih Kabupaten Bandung
b.      Ia memiliki kakak yang juga seorang penyair dan novelis
c.       Ia hanya mampu menulis biografi
d.      Menjadikan masa lalunya menjadi pengalaman yang berharga
e.       Ia hanya akrab bergaul dengan kaum perempuan

38.  Bacalah penggalan biografi tokoh berikut ini!
Albert Einstein lahir hari Jumat, 14 Maret 1879, di sebuah kota yang makmur, di bagian selatan Jerman. Sejak masih bayi, Einstein sudah mengundang komentar. Ibunya merasa bentuk kepalanya tidak seperti bayi-bayi lain. Dan lebih dari itu, dia juga merasa takut kalau Albert Einstein menderita cacat mental karena dia terlambat bicara.

 
 







            Teks di atas menjelaskan tentang ....
a.       kelahiran Albert Einstein.
b.      ciri-ciri fisik Albert Einstein.
c.       Albert Einstein terlambat bicara.
d.      sisi lain dari nama Albert Einstein.
e.       tanggal dan tahun kelahiran Albert Einstein


39.  Bacalah penggalan teks biografi berikut!
Albert Einstein tak memerlukan uang, gelar-gelar dan pujian. Ia menciptakan kebahagiaan tersendiri dengan hal-hal yang sederhana, misalnya bermain bola atau bekerja. Walt Disney hanya mengendarai mobil bekas, Rolls Royce juga bisa mengendarai mobil mewah jika ia mau. Wright bersaudara si pencipta pesawat terbang sangat sederhana hidup dan tingkah lakunya, sampai-sampai enggan diberitakan dan dipotret. Thomas Alfa Edison senang bekerja di laboratorium semalam suntuk. Alferd Nobel mewariskan seluruh kekayaannya yang sangat besar untuk penghargaan bagi penemu atau ilmuwan yang berjasa bagi kehidupan manusia.

 
 










Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ...
a.         Banyak hal diteladani dari kehidupan tokoh dunia.
b.         Untuk menjadi tokoh ternama harus bekerja dengan keras.
c.         Para tokoh ternama menjalani hidupnya dengan sederhana.
d.        Tokoh ternama telah mendarmakan baktinya bagi kehidupan manusia.
e.         Keberhasilan hanya dapat tercapai dengan bekerja keras.

40.  Bacalah biografi tokoh berikut!
Pria itu selalu berpakaian “dinas” celana pendek jeans dan kemeja lengan pendek yang ujung lengannya tidak dijahit. Namun demikian, dia adalah salah satu sosok enterpreuner sukses. Dia memulai usahanya benar-benar dari bawah dan bukan dari keluarga wirausaha. Pendiri dan pemilk kem chicks supermarket ini, merupakan sopir taksi dan karyawan unilever yang kemudian menjadi pengusaha sukses. (Biografi, Bob Sadino).

 
 








            Hal menarik dari penggalan biografi di atas adalah ...
a.       Bob Sadino mendirikan usaha dari bawah.
b.      Bob Sadino merupakan enterpreuner sukses.
c.       Bob Sadino pemilik Kem Chicks supermarket.
d.      Bob Sadino merupakan mantan karyawan unilever.
e.       Bob sadino, pengusaha yang selalu berpakaian “dinas” santai.


























Kunci
1
C
11
A
21
A
31
B
2
B
12
E
22
C
32
D
3
B
13
B
23
C
33
D
4
A
14
B
24
E
34
C
5
D
15
C
25
A
35
D
6
D
16
E
26
C
36
C
7
E
17
A
27
B
37
D
8
E
18
C
28
A
38
A
9
E
19
B
29
E
39
C
10
B
20
D
30
D
40
E