Wednesday 1 April 2020

Latihan soal bahasa indonesia semester 2

ADVERTISEMENT ADVERTISEMENT
1. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak!
Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut adalah....
A. Teks negosiasi antara perwakilan karyawan dan pengusaha.
B. Kemarahan karyawana terhadap pengusaha.
C. Pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.
D. Kekesalan karyawan terhadap kenaikan upah.
E. Keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah.
Jawaban: E
2. Kalimat berikut yang termasuk bagian isi dari teks negosiasi adalah
A. Karyawan: selamat siang, pak!
Pengusaha: Sian. Ada yang bisa saya bantu?
B. Karyawan:  saya mewakili karyawan lain ingin menyampaikan aspirasi kami kepada Bapak.
Pengusaha: ya, silakan.
C. Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: kami meminta kenaikan upah, karna kebuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
D. Karyawan: Saya meminta komitmennya, Pak!
Pengusaha: Iya saya janji, minimal 7 persen, akan diusahakan goal. Nanti perwakilan kalian akan kami libatkan dalam rapat direksi.
E. Karyawan: Baik pak, terima kasih. Selamat siang.
Pengusaha: Selamat siang.
Jawaban: C

Perhatikan dialog di bawah ini! Untuk soal nomor 3-6
Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”
Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”
Pembeli : “Boleh kurang kan, bang?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho, Bu. Ini bukan karbitan. Matang pohon.”
Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja ya?”
Penjual : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”
Pembeli : “Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?”
Penjual : “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”
Pembeli : “Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.”
Penjual : “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”
Pembeli : “Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.”
Akhirnya, penjual mempersilakan pembeli untuk memilih dan
menimbang sendiri mangga yang dibelinya.
3. Siapa pelaku dalam dialog tersebut?
A. Seorang Pedagang dan Seorang Ibu yang menjadi pembeli
B. Seorang anak dan seorang ibu
C. Seorang bapak dan seorang ibu
D. Seorang pedagang dan seorang nenek
E. Seorang pedagang dan seorang penyetor
Jawaban: A
4. Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?
A. Dengan alasan bahwa ibu sedang kekurangan uang
B. Dengan alasan bahwa lagi musim mangga sehingga tidak seharusnya pedagang tersebut menurunkan harga mangga
C. Dengan alasan bahwa pedagang sedang membutuhkan banyak uang
D. Dengan alasan bahwa mangganya banyak yang jelek
E. Dengan alasan bahwa pedagang ingin mendapatkan untung yang banyak
Jawaban: B
5. Bagaimana tanggapan penjualnya?
A. Setuju karena penjualnya ingin mendapatkan berkah yang lebih banyak
B. Tidak setuju karena pembelinya memilih mangga yang besar
C. Setuju karena penjualnya sudah mendapatkan untung yang banyak
D. Tidak setuju karena jika mangganya ditawar dengan harga begitu ia malah bukan untung melainkan rugi
E. Setuju karena penjual merasa kasian dengan si pembeli
Jawaban: D
6. Apakah pada akhir dialog terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli?
A. Akhirnya terjadi kesepakatan dengan si pedagang. Pedagang pun menjual barangnya dengan harga Rp 8.000
B. Akhirnya tidak terjadi kesepakatan karena pembeli tidak jadi membeli buahnya
C. Akhirnya terjadi kesepakatan dengan si pedagang. Pedagang pun menjual barangnya dengan harga Rp 28.000
D. Akhirnya terjadi keributan karena saling memaksa kehendaknya masing-masing
E. Tidak terjadi kesepakatan sama sekali
Jawaban: C
7. “Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja,”
Kalimat di atas termasuk ke dalam struktur....
A. Orientasi
B. Pengajuan
C. Penawaran
D. Persetujuan
E. Penolakan
Jawaban: D
8. “Yah...Rani benar benar perlu HP. Belikan ya Yah?”
Kalimat di atas termasuk ke dalam struktur....
A. Orientasi
B. Pengajuan
C. Penawaran
D. Persetujuan
E. Penolakan
Jawaban: B
9.      Perihal HP barunya itu, sesungguhnya sudah lama Rani menginginkannya, Beberapa kali ia membujuk Ayahnya agar dibelikan HP. Gagal meminta langsung pada Ayahnya, Rani pun minta bantuan ibunya. Namun, tetap saja usaha Rani gagal.
Paragraf di atas termasuk ke dalam struktur...
A. Orientasi
B. Pengajuan
C. Penawaran
D. Persetujuan
E. Penolakan
Jawaban: A
10.  “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang, kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja ya?”
Kalimat di atas termasuk ke dalam struktur....
A. Orientasi
B. Pengajuan
C. Penawaran
D. Persetujuan
E. Penolakan
Jawaban: C
 Bacalah teks di bawah ini! Untuk soal nomor 11-15
         Dewasaa ini bahasa Indonesia terus berkembang dan mulai diakui sebagai bahasa internasional. Namun, dalam perkembangannya terbukti bahwa bahasa Indonesia banyak menyerap kosakata asing. Untuk berkembang, bahasa Indonesia sangat tergantung pada bahasa asing. BahkanBahkan, ada yang beranggapan bahwa kosakata bahasa asing masuk ke dalam penggunaan bahasa Indonesia karena ketidakberdayaan bahasa Indonesia dalam interaksi antarbahasa.
          Anggapan inilah yang akan kita bahas dalam debat kali ini. Untuk putaran pertama saya persilakan secara bergantian Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral untuk menyampaikan pendapatnya.
11. Dari teks di atas, apa mosi yang akan didebatkan?
A. Bahasa Inggris sebagai alat yang penting di era globalisasi
B. Apakah ponsel berbahaya?
C. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional
D. Kosakata asing diperlukan di Indonesia
E. Penyerapan kosakata bahasa asing bukti ketidakmampuan bahasa Indonesia dalam berinteraksi dengan bahasa lain
Jawaban: E
12. Dari teks di atas, siapakah yang bertugas menyampaikan mosi di atas?
A. Tim afirmasi
B. Tim Oposisi
C. Tim netral
D. Moderator
E. Penonton
Jawaban: D
13.  Siapa yang akan mendukung mosi tersebut?
A. Tim afirmasi
B. Tim Oposisi
C. Tim netral
D. Moderator
E. Penonton
Jawaban: A
14. Siapa yang akan menolak/menentang mosi tersebut?
A. Tim afirmasi
B. Tim Oposisi
C. Tim netral
D. Moderator
E. Penonton
Jawaban: B
15. Siapa yang akan mendukung dan menolak mosi tersebut?
A. Tim afirmasi
B. Tim Oposisi
C. Tim netral
D. Moderator
E. Penonton
Jawaban: C


16. Pembanding 1:
Orangtua mendidik kita di rumah dengan penuh kasih sayang. Mereka
mengajari kita banyak hal. Tak jarang kita dimarahi ketika kita nakal dan tidak mematuhi nasihat mereka.
Hal yang dibandingkan 2:
Di sekolah, para guru juga mendidik kita dengan penuh kasih sayang. Guru guru mengajari kita berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan, bahkan juga memberikan teladan akhlak yang baik. Demi menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab, para guru pun acapkali memberi hukuman pada kita.
Simpulan :
Jadi, dapat dikatakan bahwa para guru adalah orangtua kita di sekolah
Berdasarkan penarikan simpulan di atas, cara apa yang digunakan untuk menarik kesimpulan di atas?
A. Generalisasi
B. Analogi
C. Sebab-Akibat
D. Temporal
E. Kausalitas
Jawaban: B
17.  Perhatikan tata cara debat berikut

1. Menyatakan argumen-argumen yang logis
2. Menyatakan argumen dengan bahasa yang santun
3. Mengumpulkan informasi berupa fakta yang mendukung argumen
4. Menyatakan sanggahan dengan bahasa yang sopan
5. Tidak menggunakan pernyataan negatif mengenai pribadi pihak lain

Urutan tata cara debat yang baik yaitu
A. 1-2-3-4-5
B. 3-2-4-1-5
C. 3-1-4-2-5
D. 4-2-1-3-5
E. 3-2-1-4-5
Jawaban: E
18. Pernyataan khusus:
1. Bahasa Indonesia menyerap kosakata dari bahasa Arab terutama yang berkaitan    dengan masalah agama, terutama agama Islam.
2. Contoh kosakata hasil penyerapan dari bahasa Arab adalah musyawarah, hak, salat, dan taubat.
3. Bahasa Indonesia juga menyerap kosakata dan istilah bidang teknologi dari bahasa Jepang, Jerman, Korea, dan negara lainnya.
4. Kosakata dan istilah teknologi hasil penyerapan dari negara-negara tersebut antara lain komputer, gadget, televisi, internet, dan astronot.
5. Tak hanya itu, bahasa Indonesia juga menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.
6. Contoh kosakata hasil penyerapan terakhir antara lain karate, dansa, bakso, mie, dan kimono.
Simpulan
Bahasa Indonesia menyerap kosakata dan istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosakata.
Berdasarkan penarikan simpulan di atas, cara apa yang digunakan untuk menarik kesimpulan di atas?
A. Generalisasi
B. Analogi
C. Sebab-Akibat
D. Temporal
E. Kausalitas
Jawaban: A
19. Sebab-sebab :
1. Konsep drainase saat ini dimaksudkan untuk mencegah yang diterapkan di seluruh pelosok tanah air saat ini untuk mencegah banjir.
2. Konsep yang dipakai adalah konsep drainase konvensional, yaitu drainase "pengaturan kawasan".
3. Drainase konvensional adalah upaya membuang atau mengalirkan air kelebihan secepat-cepatnya ke sungai terdekat.
4. Dalam konsep drainase konvensional, seluruh air hujan yang jatuh ke atau di suatu wilayah harus secepat-cepatnya dibuang ke sungai dan seterusnya mengalir ke laut.
5. Orang sama sekali tidak berpikir apa yang akan terjadi di bagian hilir, jika semua air hujan dialirkan secepat-cepatnya ke sungai tanpa diupayakan agar air mempunyai waktu cukup untuk meresap ke dalam tanah
6. Konsep mengalirkan air secepatnya berarti pengatusan kawasan atau menurunkan kesempatan bagi air untuk meresap ke dalam tanah.

Akibat:
Akibatnya, banyak terjadi kekeringan di mana-mana sebab air tidak diberi kesempatan meresap ke dalam tanah.
Berdasarkan penarikan simpulan di atas, cara apa yang digunakan untuk menarik kesimpulan di atas?
A. Generalisasi
B. Analogi
C. Sebab-Akibat
D. Temporal
E. Kausalitas
Jawaban: C
20. Ide yang diungkapkan harus benar sesuai dengan fakta dan dapat
diterima akal sehat (logis), harus tepat, dan hanya memiliki satu
makna, padat, langsung menuju sasaran, runtun dan sistematis. Hal
ini tergantung pada ketepatan pemilihan kata (diksi) dan penyusunan
struktur kalimat sehingga kalimat yang digunakan efektif.
Pernyataan di atas merupakan ... debat
A. Unsur-unsur
B. Tata cara
C. Struktur
D. Ragam bahasa
E. Bagian-bagian
Jawaban: D

Tuesday 17 March 2020

PEMETAAN KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL SMA/MA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

PEMETAAN KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL SMA/MA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020



PEMBAHASAN SOAL UNBK SMA TAHUN 2017/2018 MAPEL BAHASA INDONESIA PROGRAM IPA/IPS

PEMBAHASAN SOAL UNBK SMA TAHUN 2017/2018 MAPEL BAHASA INDONESIA PROGRAM IPA/IPS


SOAL UNBK SMA TAHUN 2017/2018 MAPEL BAHASA INDONESIA PROGRAM IPA/IPS


PEMBAHASAN SOAL UNBK SMA TAHUN 2017/2018 MAPEL BAHASA INDONESIA PROGRAM IPA/IPS 

NILAI UNBK SEMUA MAPEL NASIONAL, DIY TAHUN 2018 DAN 2019

NILAI UN SEMUA MAPEL IPS 2018 NASIONAL




NILAI UN SEMUA MAPEL IPS 2019 NASIONAL

 

NILAI UN BAHASA INDONESIA IPS 2018 DI DIY

 


NILAI UN SEMUA MAPEL IPA 2018 NASIONAL
 
NILAI UN SEMUA MAPEL IPA 2019 NASIONAL

Soal Bahasa Indonesia Kelas X

1. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak!
Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut adalah....
a. teks negosiasi antara perwakilan karyawan dan pengusaha.
b. kemarahan karyawana terhadap pengusaha.
c. pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.
d. kekeslan karyawan terhadap kenaikan upah.
e. keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah.
Jawaban: e
2.Perhatikan teks negosiasi di bawah ini!
(Irwan selaku ketua OSIS menghadap kepala sekolah untuk menyerahkan proposal kegiatan latihan dasar kepemimpinan)
(1) Irwan : Selamat siang, Pak.
(2) Kepsek : Siang, masuk Wan! Ada apa, Wan?
(3) Irwan : Ini Pak, ada proposal acara LDK untuk bulan depan.
(4) Kepsek : Coba Bapak lihat! (sambil membolak-balik halaman proposal)
Ini acara puncaknya di luar sekolah, Wan?
(5) Irwan : Iya, Pak. Rencana mau kami adakan di Kandang Badak, Gunung
Pangrango, Cibodas.
(6) Kepsek : Kalau untuk ini, mohon maaf, Bapak tidak bisa izinkan. Risikonya terlalu besar untuk dilaksanakan di luar sekolah, apalagi di gunung. Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja. Biaya sedikit dan tanggung jawabnya tidak terlalu berat.
(7) Irwan : Kami sudah memikirkan soal risiko itu, Pak. Pak Cuntawan sebagai pembina sudah sepakat. Kandang Badak tidak terlalu tinggi. Kami pun akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50 % ditanggung alumni, tetapi dengan syarat acara outbond diadakan di luar.
(8) Kepsek : Begitu ya? Baiklah, nanti akan Bapak pertimbangkan.
(9) Irwan : Terima kasih, Pak.
Proses tawar-menawar antara Irwan dan kepala sekolah terjadi pada nomor….
a. 1,2,3,4
b. 5,6,7,8
c. 7,8,9,10
d. 3,4,5,6
Jawab:B
3. Kalimat berikut yang termasuk bagian isi dari teks negosiasi adalah
a. karyawan: selamat siang, pak!
Pengusaha: Sian. Ada yang bisa saya bantu?
b. karyawan:  saya mewakili karyawan lain ingin menyampaikan aspirasi kami kepada Bapak.
Pengusaha: ya, silakan.
c. pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: kami meminta kenaikan upah, karna kebuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
d. karyawan: Saya meminta komitmennya, Pak!
Pengusaha: Iya saya janji, minimal 7 persen, akan diusahakan goal. Nanti perwakilan kalian akan kami libatkan dalam rapat direksi.
e. karyawan: Baik pak, terima kasih. Selamat siang.
Pengusaha: Selamat siang.
Jawaban: c


4. Bagian isi dalam teks negosiasi terdiri atas .... serta tawar-menawar dab penyelesaian masalah.
a. penyampaian materi
b. kalimat pembuka
c. kata sapa
d. paragraf pembuka
e. pengenalan kedua pihak
jawaban: a

5. Bagian yang berisi negosiasi hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian. Pernyataan tersebut terdapat pada bagian....
a. pembuka
b. penyampaian materi
c. tawar-menawar dan penyelesaian masalah
d. negosiasi
e. penutup
jawaban: c

6.Bagian terakhir dalam teks negosiasi akan biasanya berisi tentang basa-basi yang memiliki arti, seperti ucapan terima kasih dan sebagainya. Bagian yang dimaksud adalah....
a. pembuka
b. isi
c. penyampaian materi
d. tawar-menawar
e. penutup
jawaban:  e

7.Selain memprhatikan struktur, dalam membuat teks negosiasi juga harus memperhatikan kaidah....
a. penilsan
b. penyusun kata
c. keterampilan menulis
d. kebahasaannya
e. kemampuan merangkai kata
jawaban: d
8.Berikut ini kaidah teks negosiasi yang baik, kecuali....
a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu waktu.
b. Mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung dengan fakta.
c. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.
d. Menjelaskan pendapat orang lain.


e. Jabarkan kembali pokok bahasan pihak mitra negosiasi untuk menunjukan bahwa kamu telah mengerti.
Jawaban:  d

9.Berikut ini termasuk sturktur teks negosiasi secara kompleks, kecuali....
a. orientasi
b. permintaan
c. pemenuhan
d. penwaran
e. pemanfaatan
jawaban: e
10. Bagian teks negosiasi yang berisikan pernyataan mengenai barang atau masalah yang sedang dihadapi adalah....
a. uraian
b. permintaan
c. interaksi
d. penawaran
e. kesepakatan
jawaban: b


















Teks debat

26. Pada dasarnya, menulis menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus .... dengan baik.
a. terlihat
b. terstruktur
c. terakomodir
d. terencana
e. teramati
jawaban: b

27. Salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen untuk menyajikan argumen. Hal tersebut merupakan pengertian debat...
a. antartim
b. publik
c. formal
d. bebas
e. Lincoln-Douglas
jawaban: a

28. Dalam kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau snggahan yang ditujukan pada....
a. narasumber
b. lawan debat
c. moderator
d. pembicara
e. penengah
jawaban: b

29. Pentingnya membuat kerangka (bagan) untuk sebuah acara perdebatan merupakan salah satu kewajiaban seseorang .... sebelum melakukan debat.
a. tim debat
b. panelis
c. lawan debat
d. moderator
e. narasumber
jawaban: d
30. Dalam kegiatan debat, moderator layaknya seorang wasit dalam pertandingan. Untuk itu, moderator yang dipilih harus....
a. baik
b. memihak salah satu peserta
c. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
d. memebuat suasana memanas
e. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
jawaban: e

31. Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. simposium
jawaban: a

32. Kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota parlemen termasuk jenis debat....
a. informal
b. formal
c. terstruktur
d. ada aturannya
e. terencana
jawaban: b

33. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain....
a. membela kita
b. memberikan yang terbaik
c. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
e. membuat lawan debat mengamuk.
Jawaban: c

34. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode....
a. langka
b. menjatuhkan lawan
c. mengkritik lawan
d. terpatahkan
e. logika
jawaban: e

35. Salah satu manfaat membuat kerangka debat adalah....
a. memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. menilai kerja lawan
c. membuat argumen-argumen yang tepat
d. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
e. memilih cara damai
jawaban: d