Tuesday 29 March 2022

usbn bahasa indonesia tahun 2019

 NASKAH SOAL USBN

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

(UTAMA)

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kurikulum : 2013

Program : IPA, IPS

Hari, tanggal : Rabu, 13 Maret 2019

Waktu : 10.00 – 12.00

Jumlah soal : 40 PG, 5 Esai

Petunjuk umum

  1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal

  2. Jawaban dikerjakan pada LJK dengan pensil 2B

  3. Jangan membuat coretan apapun di luar kotak besar LJK

  4. Jangan lupa menulis identitas pada LJK

  5. Naskah soal dikumpulkan kepada pengawas ruangan.


Petunjuk khusus

A. Pilih satu jawaban yang benar dengan mengarsir bulatan di bawah huruf yang dipilih!

  1. Bacalah paragraf berikut dengan!

Lebih dari 230.000 komputer di 150 negara terinfeksi virus ganas komputer WannaCry sejak 12 Mei 2017. Malware ini menyerang komputer melalui celah keamanan  sistem ‘berbagi file’ (server message block protocol) milik Windows. Pengguna komputer harus memperhatikan celah dari setiap pintu yang terdapat di komputer yang digunakan. Jika terdapat celah pada sistem operasi, segera tutup celah tersebut dengan melakukan update. Pastikan untuk tidak membuka surat elektronik atau membuka tautan dari pengirim tidak dikenal.


Informasi tersurat dalam paragraf tersebut adalah ...

  1. Malware ini menyerang komputer melalui celah keamanan. 

  2. Lebih dari 230.000 komputer di 150 negara tertulari virus.

  3. Tutup  semua celah keamanan tersebut dengan melakukan update.

  4. Jangan membuka surat elektronik atau membuka tautan dari pengirim tidak dikenal.

  5. Pengguna komputer harus memperhatikan celah dari setiap pintu yang terdapat di komputer.


  1. Bacalah  paragraf  berikut!

Marchus Hutchins, remaja 22 tahun dari Devon Utara, Inggris, berhasil menjinakkan virus ganas komputer WannaCry yang menyerang lebih dari 150 negara.  Keberhasilan Hutchins tersebut dilakukan secara tidak sengaja. Hutchins menemukan WannaCry  sebagai domain kacau yang tidak terdaftar di mana pun dan karenanya langsung dia daftarkan. Ternyata, begitu domain itu resmi dia daftarkan, virus ganas WannaCry langsung terkunci. Atas keberhasilannya itu, Hutchins diberi  hadiah 10 ribu dolar AS atau setara 150 juta rupiah.


Istilah virus dalam paragraf tersebut mengandung makna ….

  1. penyebar dan perusak program kerja yang ada di dunia maya

  2. penyebab dan penular penyakit, seperti cacar, influenza, dan rabies

  3. program ilegal yang dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui jaringan

  4. organisme yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop electron

  5. mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop biasa







  1.  Cermati paragraf berikut!

Kita tak dapat mencegah bunga yang satu tumbuh berbeda dari bunga lainnya. Sama juga halnya seperti kultur. Kita tidak dapat mencegah kultur yang satu tumbuh berbeda dari kultur lainnya. Menyeragamkan kultur tidaklah mungkin, setidakmungkinnya seperti kita menyeragamkan tumbuhnya bunga-bunga. Itulah kearifan budaya yang diberikan oleh keanekaragaman alami zamrud khatulistiwa bumi Indonesia ini.

Maksud dari kalimat yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...

  1. Pencegahan pertumbuhan kebudayaan saat ini sangatlah tidak mungkin.

  2. Perbedaan kebudayaan di Indonesia tidak dapat diseragamkan.

  3. Pertumbuhan kebudayaan sama seperti tumbuhnya bunga-bunga.

  4. Perbedaan kebudayaan di Indonesia sama seperti tumbuhnya bunga-bunga.

  5. Pertumbuhan kebudayaan saat ini tidak dapat dicegah oleh siapa pun.


  1. Cermati kedua kutipan berikut!

Teks 1

Bahan pengawet dari bahan kimia berfungsi membantu mempertahankan bahan makanan dari serangan mikroba pembusuk serta memberikan tambahan rasa sedap dan manis. Contoh beberapa jenis zat kimia, seperti cuka, asam asetat, fungisida, antioksidan, in-package desiccant, ethylene absorbent, dan wax emulsion digunakan untuk melindungi buah dan sayuran dari ancaman kerusakan pascapanen serta untuk memperpanjang kesegaran masa pemasaran. Nitrogen cair dengan takaran yang tepat sering digunakan untuk pembekuan buah dan sayur sehingga  kesegaran dan rasanya dapat dipertahankan.

Teks 2

Peredaran bahan pengawet saat ini sangat tak terkendali, terlebih bahan pengawet yang bernama formalin dan boraks. Banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui dampak negatif dari bahan-bahan tersebut menambah leluasanya barang tersebut beredar di sekitar kita, apalagi tidak adanya pengawasan yang ketat. Padahal dampak atau efek yang ditimbulkan bagi kesehatan manusia bila mengonsumsi produk pangan yang tercemar oleh formalin atau bahan-bahan pengawet makanan lainnya sangat berbahaya, antara lain tenggorokan dan perut terasa terbakar, sakit menelan, mual, muntah dan diare, kemungkinan terjadi pendarahan, sakit perut yang hebat, sakit kepala, hipertensi, kejang, tidak sadar, hingga koma. Selain itu juga dapat terjadi kerusakan hati, jantung, otak, limpa, pankreas, sistem susunan saraf pusat, dan ginjal.

Kontradiksi isi kedua kutipan teks tersebut adalah ...

  1. Bahan pengawet melindungi hasil pertanian dari serangan bakteri, selain itu bahan pengawet juga digunakan untuk produk makanan dan hasil perkebunan.

  2. Bahan pengawet dapat mempertahankan bahan makanan dari mikroba pembusuk dan menjaga kesegarannya, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada organ tubuh bagian dalam manusia.

  3. Bahan pengawet berdampak positif pada makanan dan produk pertanian dan hasil perkebunan, akan tetapi bahan pengawet berdampak negatif pada seluruh organ tubuh manusia.

  4. Bahan pengawet dapat mempertahankan kesegaran makanan dan hasil perkebunan, tetapi bahan pengawet dapat mengganggu stabilitas pertumbuhan organ tubuh manusia.

  5. Bahan pengawet dapat menambah rasa pada sebagian besar produk makanan, akan tetapi bahan pengawet akan merusak sistem saraf otak manusia.

  1. Cermati puisi berikut!

Tuhan, Kita Begitu Dekat

Karya Abdul Hadi W.M.

Tuhan

Kita begitu dekat

Seperti api dengan panas

Aku panas dalam apimu


Tuhan

Kita begitu dekat

Seperti kain dengan kapas

Aku kapas dalam kainmu


Tuhan

Kita begitu dekat

Seperti angin dengan arahnya

Kita begitu dekat


Dalam gelap

Kini nyala

Pada lampu padammu

Makna kata kapas dalam baris keempat bait kedua melambangkan ....

  1. Benang

  2. benda

  3. bunga

  4.  manusiaui

  5. tumbuhan


  1. Cermatilah kutipan cerpen berikut!

Teror di pagi buta itu berwujud tas jinjing – sebuah barang yang pernah ditemuinya di gerai khusus di Canton Road, Tsim Sha Tsui, Hongkong. Tas itu dibandrol dengan harga ribuan dolar. Bukan harga itu yang membuatnya jatuh hati. Itu cukup mahal untuk ukuran kantongnya. Tapi karena ia begitu khas, dengan pola tartan, dan warna dasar yang hampir selalu bernuansa khaki – paduan yang dianggapnya paling mewakili sosoknya.

Saat itu, ia ingat, musim dingin baru saja lewat. Ia tengah didera bimbang, mematut-matut tas koleksi terbaru musim semi itu, ketika mendengar suara rendah. “Kamu sudah bekerja keras, sayang. Dan jika suka, kamu berhak memilikinya.” Suara lunak tapi tegas. Ketika ia menoleh, ia menemukan sepasang mata penuh dukungan. Mata yang menenteramkan. Diam-diam, hatinya bersorak. Mereka memang pernah menyepakati satu hal: boleh membeli barang yang diinginkan untuk merayakan keberhasilan. Tak terkecuali barang mewah.

(Tas Jinjing, Ong Hari Wahyu)


Keterkaitan watak tokoh ia pada kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....

  1. Seseorang yang suka mengoleksi benda antik.

  2. Hidup seseorang yang suka berfoya-foya.

  3. Wanita umumnya mengutamakan penampilan.

  4. Suka dipuji-puji dan disanjung-sanjung.

  5. Menjaga gengsi dengan kemewahan.


  1. Cermati paragraf berikut!

(1) Budi akhirnya lolos dalam seleksi atlet yang diselenggarkan oleh sekolahnya. (2) Setelah berjuang keras melawan sakit akibat cedera yang dialaminya tahun lalu, dia merasa puas dengan hasil yang diperolehnya. (3) Dia sudah berlatih keras agar mampu lolos seleksi sejak bulan Februari. (4) Ajang olahraga antarsekolah ini akan menjadi saksi atas usaha kerasnya selama ini. (5) Itulah Budi, kalau punya kemauan segala usaha ia tempuh.

Yang merupakan kalimat bermajas dalam paragraf tersebut adalah nomor ....

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)


  1. Bacalah paragraf berikut!

      Mungkinkah selembar daun yang kecil dapat menutupi bumi yang luas ini? Menutupi telapak tangan saja sulit. Akan tetapi, jika daun kecil ini menempel di mata kita, tertutuplah bumi. Begitu juga bila diri kita ditutupi pikiran buruk sekecil apa pun, kita akan melihat keburukan di mana-mana.Bahkan, bumi ini pun akan tampak buruk.                     

       Jangan pernah menutup mata kita, walau hanya dengan daun yang kecil. Jangan menutupi diri kita dengan sebuah pikiran buruk, walau hanya seujung kuku.

        Bila diri kita tertutup, tertutuplah semua.


Ungkapan yang tepat untuk mengambarkan isi teks tersebut adalah ....

  1. menutup hati

  2. menepuk dada

  3. mencuci tangan

  4. mengunci mulut

  5. mencoreng muka


  1. Bacalah paragraf berikut!

Game Flappy Bird dibuat oleh Dong Nguyen, pemuda 29 tahun yang tinggal di Hanoi, Vietnam, pada 6 November 2012. Saat itu, Nguyen membagikan gambar di Twitter tentang game yang sedang ia kerjakan. Dan  pada 29 April 2013, Nguyen kembali membagikan gambar dari sebuah game yang dibuatnya dengan judul "Flap Flap" untuk platform Apple iOS. Sebulan berlalu, ternyata  nama aplikasi Flap Flap sudah ada di toko aplikasi Apple, App Store, alih nama  Flappy Bird pada 24 Mei 2013. Lalu sukses di platform iOS, Nguyen mengumumkan bahwa Flappy Bird tersedia di platform Android pada 22 Januari 2014. Hanya dalam waktu sepekan, Flappy Bird menjadi aplikasi paling banyak diunduh di Google Play Store.

Kata penghubung temporal yang tepat untuk membetulkan konjungsi bercetak tebal paragraf tersebut adalah ....

  1. selanjutnya, setelah

  2. kemudian, setelah itu

  3. sewaktu, selanjutnya

  4. sewaktu, kemudian

  5. kemudian, lantas


  1. Cermati kalimat berikut!

Demikian surat lamaran saya. Mohon maklum dan terima kasih

Penyebab dan perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut yang tepat adalah ...

  1. Frasa "Mohon maklum dan" diganti "Atas perhatian Bapak/Ibu, saya menyampaikankan".

  2. Frasa "Mohon maklum" diganti "Atas perhatiannya, saya menghaturkan”,

  3. Kalimat "Demikian surat lamaran saya" diubah menjadi "Demikian surat lamaran pekerjaan ini  saya buat" 

  4. Seluruh kalimat diganti menjadi "Atas perhatian dan diterimanya lamaran ini saya ucapkan terima kasih."

  5. Seluruh kalimat diubah menjadi "Demikian lamaran ini untuk mendapat perhatian dari Bapak/lbu dan kami ucapkan terima kasih."

 

  1. Cermati kalimat tidak efektif berikut!

Dalam rapat komite membicarakan besarnya sumbangan yang akan diberikan ke sekolah.

Perbaikan kalimat tersebut menjadi efektif adalah … . 

  1. Rapat komite membicarakan besarnya sumbangan yang akan diberikan ke sekolah.

  2. Pada itu rapat komite membicarakan besarnya sumbangan yang akan diberikan ke sekolah.

  3. Pada rapat komite membicarakan besarnya sumbangan yang akan diberikan ke sekolah.

  4. Dalam rapat komite pengurus  membicarakan besarnya sumbangan yang diberikan ke sekolah.

  5. Bagi rapat komite membicarakan besarnya sumbangan yang akan diberikan ke sekolah


  1. Bacalah paragraf berikut!

(1) Pendidikan luar sekolah sama pentingnya dengan pendidikan sekolah atau pendidikan formal. (2) Pernyataan ini memberi suatu gambaran bahwa tanggung jawab pendidikkan luar sekolah sama berat dengan pendidikkan formal atau mungkin lebih rumit daripada pendidikkan formal. (3) Pendidikan tidak hanya terjadi di lingkungan sekolah, tetapi juga di lingkungan masyarakat dan di lingkungan keluarga. (4) Pendidikkan tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, tetapi berlangsung sepanjang hayat (life long education). (5) Zaman dulu orang jarang memperoleh pendidikkan karena kesulitan biaya, tetapi sekarang sudah ada sekolah gratis. 


       Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah nomor ....

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)  


  1. Berikut ini penggunaan ejaan yang tepat berkaitan dengan penulisan gelar adalah …

  1. Karena kesibukannya merawat pasien, Dr. Ida Zulaiha mulai jarang terlihat di rumah.

  2. Hadi Wibowo, SH. merupakan pengacara ternama di Kota Semarang.

  3. Joko Susilo, SE ialah pemilik perusahaan roti terbesar di Semarang.

  4. Kepala SMA Maju Jaya saat ini adalah Subagyo Hararap, S.pd.

  5. Rektor Universitas Maju Jaya adalah Prof. Dr. Subhan Jayadi.



  1. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat terdapat dalam kalmat  ….

  1. Dr. Rudi mendapatkan gelar sarjananya dengan predikat memuaskan.

  2. Kutipan menarik itu diambil dari buku bersampul biru tua hlm. 5 dan 8.

  3. Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus  237.556.363 jiwa.

  4. M. Nasir menjabat sebagai Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

  5. Jalan M.H. Thamrin 8 Jakara Pusat 10340 menjadi ajang peledakan bom teroris.


  1. Bacalah paragraf berikut!


Di usianya yang ketiga belas tahun, Lyodra Margaretha Ginting dari Indonesia berhasil meraih juara pertama Festival Sanremo Junior 2017 di Italia. Lebih dari itu, Lyodra diberi gelar istimewa oleh Komite Sanremo sebagai “Prix of Sanremo Junior’s Committe”. Dalam festival yang diikuti oleh 18 negara itu, Lyodra –satu-satunya perwakilan dari Indonesia-- membawakan lagu “Dear Dream” ciptaan Erwin Gutawa, Gita Gutawa, dan Ria Leimena. Lagu “Dear Dream” diaransemen ulang oleh Erwin Gutawa dan diiringi musik Sanremo Symphonic Orchestra di Teatro Ariston, Italia. “Anak-anak Indonesia memang hebat-hebat, “ komentar Gita Gutawa. “Mereka harus diperlihatkan kepada dunia.”


Ide pokok paragraf tersebut adalah ....

  1. Lyodra Margaretha Ginting berasal dari Indonesia 

  2. Festival Sanremo Junior 2017 di Italia diikuti oleh 18 negara

  3. lagu “Dear Dream” ciptaan Erwin Gutawa, Gita Gutawa, dan Ria Leimena 

  4. Lyodra Margaretha Ginting diberi gelar “Prix of Sanremo Junior’s Committe

  5. Lyodra Margaretha Ginting meraih juara pertama Festival Sanremo Junior.


  1. Cermati paragraf berikut!

Peta gempa nasional idealnya terus dimutakhirkan seiring dengan adanya penemuan baru, kebaruan metodologi, serta teknik perhitungan. Dari data penambahan sumber-sumber gempa ini, pada akhirnya akan dibuat peta gempa nasional. Revisi data sumber gempa ini akan menjadi dasar perhitungan bagi penentuan Standar Nasional Indonesia untuk kekuatan … bangunan atau infrastruktur.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

  1. material

  2. kontrol

  3. mobilitas

  4. modifikasi

  5. konstruksi


  1. Cermati paragraf berikut!

Menata pola makan dan aktivitas fisik merupakan cara untuk menurunkan risiko strok, termasuk rutin mengonsumsi makanan kaya potasium. Buah dan sayur adalah sumber potasium yang baik. Tidak sulit mendapatkan potasium karena ia terkandung dalam berbagai buah dan sayuran. Hal itu diungkapkan para peneliti yang telah meriset 90.000 wanita dari usia 50 hingga 70 tahun selama 11 tahun. Dengan demikian, mengonsumsi makanan kaya potasium akan membantu mengurangi risiko terkena strok.

Frase hal itu dalam paragraf tersebut merujuk pada  ….

  1. aktivitas fisik dan resiko strok

  2. menurunkan risiko strok secara dini

  3. menata pola makan dan aktivitas fisik

  4. risiko strok dan makan buah-buahan

  5. buah kaya potasium dan kandungannya








  1. Cermati paragraf (tesis) dan kalimat-kalimat argumentasi berikut!

Tesis

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama Latin Aloe vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kalimat-kalimat argumentasi

(1)

Lidah buaya mempunyai efek antibakteri dan antijamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat karena memiliki aktioksidan yang kuat, mengangkat radikal bebas, dan melindungi tubuh.

(2)

Daun lidah buaya agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, bagian samping bergerigi, dan mempunyai bintik-bintik.

(3)

Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya menurunkan kadar gula.

(4)

Biasanya tanaman ini ditanam di dalam pot atau pekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias.

(5)

Daun lidah buaya mengandung air, oleh sebab itu tanaman ini dapat bertahan hidup di tempat yang memiliki suhu panas.

Kalimat argumentasi yang dapat mendukung tesis tersebut adalah ....

  1. (1) dan (2)

  2. (1) dan (3)

  3. (2) dan (3)

  4. (3) dan (4)

  5. (4) dan (5)

  1. Cermatilah paragraf berikut!

(1) Di antara penyair Indonesia yang muncul dan mulai dikenal publik pada era 1980 –an adalah Soni Farid Maulana. (2) Ia adalah penyair yang karya-karyanya banyak mendapat perhatian. (3) Selain itu Soni juga dikenal sebagai penyair yang relatif produktif. (4) Antara tahun 1976 – 2010 Soni telah menulis sekitar 420 sajak, yang berarti 12,35 sajak setahun atau rata-rata 1,02 sajak tiap bulan. (5) Konsistensi Soni dalam menulis sajak sebagai pertanggungjawaban kreatif dan profesinya sebagai penyair merupakan prestasi tersendiri.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat ....

  1. pertama 

  2. kedua

  3. ketiga

  4. keempat

  5. kelima






  1. Bacalah paragraf berikut! 

(1) Olahraga secara teratur bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. (2) Hal ini karena olahraga membantu proses metabolisme di dalam tubuh kita sehingga semua makanan tecerna dengan sempurna. (3) Sempurnanya proses pencernaan makanan ini akan menghasilkan energi yang cukup untuk mendukung segala aktivitas yang kita lakukan sehingga tubuh menjadi bugar sepanjang hari. (4) Berolahraga yang teratur juga menyebabkan tubuh menjadi sehat dan kebal terhadap penyakit yang mengintai. (5) Bahkan ada pepatah asing yang mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. (6) Oleh sebab itu, tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan.


Kalimat penjelas paragraf tersebut terdapat pada nomor ....

  1. (1), (2), (3), (4)

  2. (1), (3), (4), (5)

  3. (2), (3), (4), (5)

  4. (2), (4), (5), (6)

  5. (3), (4), (5), (6)


  1. Cermati kalimat tanya berikut!

Sudahkah Anda menggunakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil?

Kalimat perintah yang santun sebagai pengganti kalimat tanya tersebut adalah ...

  1. Gunakanlah sabuk pengaman saat Anda mengendarai mobil!

  2. Pakai sabuk pengaman kalau Anda mengendarai mobil!

  3. Ikatlah sabuk pengaman ketika Anda mengendarai mobil!

  4. Kencangkan sabuk pengaman kalau Anda mengendarai mobil!

  5. Tariklah sabuk pengaman jika Anda mengendarai mobil!


  1. Cermatilah paragraf eksposisi rumpang berikut!

          Kejujuran merupakan suatu kemuliaan di antara sekian banyak kemuliaan lain yang menjadi dasar ukuran kepercayaan seseorang di mata manusia. ... Kejujuran adalah kunci kehormatan para pejabat pemerintahan. Bagi seorang hakim, kejujuran adalah kunci kesaksian. Bagi para pedagang, kejujuran adalah kunci keberkahan dari hasil yang diusahakan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah ....

  1. Banyak orang mencita-citakan kejujuran dalam kehidupan sehari-harinya.

  2. Kejujuran adalah sumber kepercayaan bagi setiap orang.

  3. Kejujuran memiliki sifat dan akhlak yang terpuji bagi semua orang.

  4. Kejujuran memiliki nilai tersendiri bagi setiap orang sesuai dengan profesinya.

  5. Kejujuran memiliki syarat tersendiri bagi profesi setiap orang.


  1. Cermati paragraf narasi rumpang berikut! 

Watik terus tenggelam dalam pikirannya. Saat ini, ia seperti berada di persimpangan jalan. Di mana ia harus memilih salah satu di antaranya. Watik merasa bingung. ... Ah! Sekolah dulu yang tinggi! Kalau ilmu sudah di tangan, pekerjaan pasti datang sendiri. Dengan begitu, aku dan keluargaku bisa hidup dengan lebih sejahtera!' kata Watik dalam hati.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah ....

  1. Tidak bisa berpikir memilih salah satu pilihan.

  2. Memilih bekerja dulu supaya mendapat banyak uang.

  3. Biarkan pilihan datang sendiri, selesai sudah permasalahan.

  4. Meminta bantuan orang lain memecahkan masalah.

  5. Meneruskan pendidikan ke universitas atau mencari pekerjaan?


  1. Bacalah kalmat-kalimat berikut!

  1. Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena           

       tanah  yang terlalu basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang   

        jahe.

  1. Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan   

       menggenangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.

3)    Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan. 

4)    Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali, bergantung pada  keadaan cuaca dan kelembaban tanah.

    5)   Pengairan dilakukan dengan cara digenangi atau lebih sehingga tanah cukup basah.

Urutan kalimat untuk membentuk paragraf prosedur yang padu adalah ...

  1. 1), 3), 2), 5), 4)

  2. 2), 3), 4), 5), 1)

  3. 3), 1), 5), 2), 4)

  4. 4), 5), 1), 2), 3)

  5. 4), 1), 5), 2), 3)


  1. Cermati teks negosiasi berikut!

Wali kelas

:

“Anto, bagaimana rencana studi wisata ke Tanjung Bira, apakah semua temanmu setuju?”

Ketua kelas

:

“Saya sudah berbicara dengan teman-teman, Bu. Mereka ingin studi wisata ke Pantai Marina saja Bu.”

Wali kelas

:

“Wah kenapa bisa begitu?”

Ketua kelas

:

“Kalau Tanjung Bira sekolah kita sudah sangat sering berkunjung ke sana, Bu sedangkan Pantai Marina belum pernah sama sekali.”

Wali kelas

:

“Bagaimana ya, Ibu sudah membicarakannya dengan kepala sekolah. Beliau setuju.”

Ketua kelas

:

“Tapi kalau ke Tanjung Bira, teman-teman banyak yang tidak ikut.”

Wali kelas

:

“Anto, Ibu sudah mempersiapkan semuanya.”

Ketua kelas

:

“…”

Wali kelas

:

“Baiklah kalau begitu, laporkan ke ibu hasilnya.”

Ketua kelas

:

“Baik, Bu.”

Kalimat berupa pengajuan usulan yang santun untuk melengkapi teks tersebut adalah ...

  1. Ibu tidak usah susah-susah menghadapi persoalan ini biar kami yang menyelesaikan persoalan ini.

  2. Kalau begitu kita laporkan saja masalah ini kepada kepala sekolah biar kapok mereka pasti ada penghasutnya, Bu.

  3. Begini saja Bu, biar saya dan teman-teman yang menghadap ke kepala sekolah dan menceritakan rencana ini.

  4. Bu, teman-teman itu tidak mengerti kondisi kita sebagai panitia dan kesulitan Ibu, mereka mau enaknya sendiri.

  5. Bu, serahkan saja kepada saya soal mereka tidak setuju ke Tanjung Bira. Mereka nggak ada perasaan, memang mudah ngelolanya.

  1. Cermati paragraf berikut!


Usaha ... burung jalak Bali ... ancaman serius. Sejumlah lembaga penyelamat satwa liar dan pemerintah kini sulit menangkarkan dan mencarikan habitat yang tepat. Memang, beberapa waktu yang lalu, sebanyak limaratus burung jalak telah ... ke hutan.


Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang paragraf tersebut adalah ....

  1. menyelamatkan, berhadapan, kembalinya

  2. menyelamatkan, menghadapi, kembalikan

  3. keselamatan, menghadapkan, pengembalian

  4. penyelamatan, menghadapi, dikembalikan

  5. diselamatkannya, dihadapkan, mengembalikan


  1. Cermati ilustrasi berikut!


Sukses ditempuh orang dengan beraneka cara. Ada orang yang sukses karena  berhasil menunjukkan kerja kerasnya ... ada orang yang sukses karena memiliki keterampilan tambahan yang dibutuhkan oleh instansinya. Di samping itu, ada orang yang ingin lebih sukses dengan belajar lagi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ada juga orang yang sukses ... dia memiliki prestasi gemilang ... memiliki nilai akademis tinggi.


Kata penghubung yang tepat untuk mengisi bagian rumpang paragraf tersebut adalah ....

  1. dan, jika, tetapi

  2. dan, tetapi, atau

  3. dan, karena, atau

  4. hingga, jika, atau

  5. hingga, karena, tetapi


  1. Simaklah ilustrasi berikut!


OSIS SMAN 2, akan mengadakan pentas seni, Sabtu, 8 Maret 2019. Acara diadakan pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 13.00. Tempat acara di Aula SMAN 2.


Penulisan pemerian acara dalam surat undangan sesuai ilustrasi tersebut adalah….

A. hari, tanggal : Sabtu, 8 Maret 2019

pukul : 08.00 - 13.00

tempat : Aula SMAN 2

acara : Pentas Seni Siswa 




B. Hari, tanggal : Sabtu, 8 Maret 2019

pukul : 08.00 - 13.00

tempat : Aula SMAN 2

acara : Pentas Seni Siswa 


C. Hari/Tanggal : Sabtu, 8 Maret 2019

pukul : 08.00 - 13.00

tempat : Aula SMAN 2

acara : Pentas Seni Siswa 


D. hari/tanggal : Sabtu, 8 Maret 2019

pukul : 08.00 - 13.00

tempat : Aula SMAN 2

acara : pentas seni siswa 


E. Hari, tanggal : Sabtu, 8 Maret 2019

pukul : 08.00 - 13.00

tempat : Aula SMAN 2

acara : pentas seni siswa 


  1. Cermati kutipan dialog berikut!

Grenny: (1) “Fuhhh. . . !! Tugas apa’an sih ini? 

(2) Gila! Banyak banget! Mana susah     lagi! Eh, Ardita, lu udah selesai belom  tugas bahasanya?” (sambil membanting buku yang dibawanya di atas meja)

Ardita  : (3)  “ha? Tugas apa, ren?.

Grenny: (4) “Aduh, Ardita ...! Lola banget sih!” 

(5) Ini nih, tugas bahasa yang kemarin! Emang lu nggak tau?”

Penulisan dialog yang tidak tepat pada nomor ....

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (4)


  1. Cermati kedua kutipan berikut!

Teks 1

Salju merupakan salah satu fenomena alam yang menarik saat musim dingin tiba. Salju menjadi apik karena kristal-kristal es yang lembut dan putih seperti kapas ini hanya muncul secara alami di wilayah beriklim subtropis, yaitu yang memiliki empat musim. Salju juga dapat ditemukan di tempat-tempat tertinggi, seperti di Puncak Gunung Jayawijaya, Papua.

Teks 2

Tsunami terjadi karena adanya gerakan vertikal pada kerak bumi yang dapat diakibatkan oleh letusan gunung api, gempa bumi, longsor, maupun meteor yang jatuh ke bumi. Hal tersebut dapat mengakibatkan air di dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba sehingga mengganggu keseimbangan air yang berada di atasnya. Ketidakseimbangan ini menyebabkan terjadinya aliran energi air laut, ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar sehingga terjadi tsunami.

Perbedaan pola penyajian (struktur teks) yang sesuai dengan kedua kutipan tersebut adalah bagian ....


Teks 1

Teks 2

A.

pernyataan

interpretasi

B.

interpretasi

sebab akibat

C.

sebab akibat

interpretasi

D.

pernyataan umum

sebab akibat

E.

sebab akibat

pernyataan umum


  1. Bacalah dua teks berikut!

Teks 1

“Selalu saja chronisch? Penyakit chronisch berangsur-angsur akan merusak badan, seperti syphilis mengendap-endap dalam badan, pada suatu ketika terbit dengan hebat, atau seperti t.b.c.” kata Dokter Sukartono geram.

Teks 2

"Night club, Pak, pusat kehidupan malam di kota ini. Tempat orang-orang kaya membuang duitnya. Lampunya lima watt, remang-remang, perempuan cantik, minuman keras, tari telanjang, dan musik gila-gilaan. Pendeknya yahud," ujar penjaga sambil mengacungkan jempolnya.

Persamaan ciri bahasa kedua teks tersebut terletak pada ....

  1. sama-sama menggunakan dialek pedesaan

  2. sama-sama menggunakan kata/istilah modern

  3. sama-sama heran dengan gaya bahasa orang kota

  4. sama-sama tidak memahami gaya bahasa orang kota

  5. sama-sama canggung berkomunikasi dengan orang kota


  1. Bacalah paragraf berikut!


Adik-adik yang berbahagia,



Sebagai siswa baru, apalagi kelas X, kalian wajib mengikuti program ekstrakurikuler yang diadakan pihak sekolah, Program ekstrakurikuler wajib yang harus kalian ikuti adalah kegiatan Pramuka. Dalam kegiatan Pramuka, kalian akan mendapatkan banyak hal yang positif dan kelak membantu kehidupan kalian di masyarakat maupun di dunia kerja. Kegiatan Pramuka mengajarkan sikap cinta lingkungan, kebersamaan, toleransi, empati kepada orang lain, menanamkan cinta tanah air, dan masih banyak manfaat yang dapat digali dari mengikuti kegiatan Pramuka. 


Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ....

  1. Ekstrakurikuler pramuka hanya menambah waktu di sekolah.

  2. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka banyak bermanfaat di masyarakat kelak.

  3. Kegiatan ekstra pramuka hanya diikuti oleh kelas X jurusan MIPA.

  4. Kegunaan  ekstrakurikuler pramuka sangat sedikit di dunia kerja kelak.

  5. Banyak siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pramuka.


  1. Bacalah paragraf berikut!

Pada saat seseorang berpidato dalam situasi resmi, harus menggunakan bahasa Indonesia baku. Pemakalah yang sedang menanggapi pertanyaan peserta dan yang bertanya kepada pemakalah melalui moderator dalam mengisi acara resmi diharuskan pula menggunakan bahasa Indonesia baku. Guru yang mengajar di kelas itu digolongkan kepada situasi resmi yang juga diharuskan menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Jadi, dapat dikatakan bahwa dalam situasi resmi kita harus menggunakan bahasa Indonesia baku.

Yang merupakan bukti kalimat simpulan dalam paragraf tersebut adalah ....

  1. kata / harus/

  2. kata /pemakalah/

  3. frase /dikatakan bahwa/

  4. frase /dapat dikatakan/

  5. kata /jadi/


  1. Simaklah kutipan cerpen berikut!

Kata yang empunya cerita, adalah seekor kera duduk menjadi raja dalam suatu hutan. Setelah beberapa lamanya memerintah, raja itu pun tualah, lalu bangun seekor kera yang muda daripada keturunannya juga, mengalahkannya. Kera itu pun larilah mengasingkan diri ke pinggir laut, dan di situ ia diam pada sebatang pohon ara yang tumbuh di tepi pantai. Pada suatu hari, sedang ia duduk memakan buah-buah ara, tiba-tiba terlepas sebiji dari tangannya, jatuh ke dalam air. Amat merdu terdengar buah jatuh itu, lalu dipetiknya beberapa buah, dijatuh-jatuhkannya dengan sengaja. Sejak waktu itu menjadi suatu kesenangan baginya melempar-lempar buah ke dalam laut.

Dari: Kalifah dan Dimnah

Nilai moral dalam kutipan tersebut adalah ....

  1. Perilaku yang memperebutkan kekuasaan dengan tidak wajar.

  2. Tidak mampu menerima kekalahan sehingga mengucilkan diri.

  3. Saling mencela antara kaum tua dan kaum muda.

  4. Tindakan menyiksa diri karena merasa kecewa.

  5. Perasaan dendam yang tua terhadap yang muda.


  1. Cermati kedua teks berikut!

Teks 1

Banjir tidak mungkin datang begitu saja tanpa penyebab. Terjadinya banjir setidaknya disebabkan oleh dua faktor. Faktor yang memengaruhinya, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam dapat berupa curah hujan yang tinggi, letak geografis berada lebih rendah dari permukaan laut, adanya pasang naik air laut, dan daerah terletak pada cekungan, sehingga jalan keluar air jadi sempit. Kecerobohan manusia, seperti membuang sampah sembarangan dan penebangan hutan secara liar, merupakan faktor manusia yang dapat menyebabkan terjadinya banjir.

Teks 2

Tsunami terjadi karena adanya gerakan vertikal pada kerak bumi yang dapat diakibatkan oleh letusan gunung api, gempa bumi, longsor, maupun meteor yang jatuh kebumi. Hal tersebut dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, sehingga mengganggu keseimbangan air yang berada diatasnya. Ketidak seimbangan ini menyebabkan terjadinya aliran energi air laut yang ketika sampai dipantai menjadi gelombang besar, sehingga terjadi tsunami.


Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah ....


Teks 1

Teks 2

A.

bahasa tidak baku 

ejaan baku

B.

ejaan tidak baku

ejaan baku

C.

ejaan baku

ejaan tidak baku

D.

kata tidak baku

kata-kata baku

E.

struktur kalimat tidak baku

struktur kalimat baku


  1. Bacalah kutipan novel berikut!

          (1) Ayah melepas kami seperti takkan melihat kami lagi. (2) Bagi beliau Eropa tak terbayangkan jauhnya. (3) Ayahku yang pendiam, tak pemah sekolah, puluhan tahun menjadi kuli tambang. (4) Paru-parunya disesaki gas beracun, napasnya berat, tubuhnya keras seperti kayu. (5) Ia menatap kami seakan kami bertanya yang paling berharga, seakan Eropa merampas kami darinya. (6) Air rnatanya pelan, aku memeluk ayahku, ayah yang aku cintai melebihi apa pun, tangannya yang kaku merengkuhku.

(7) Pesawat kecil itu terangkat, dan jendela kulihat Ayah melambai-lambai dengan sapu tangan, sapu tangan yang dulu dipakainya untuk mengikat kakiku pada tuas sepeda Forefemnya, supaya kakiku tak terjerat jari-jari ban. (8) Aku tahu aku akan merindukan laki-laki pendiam itu, kulihat lambaiannya sampai jauh hingga tak tampak lagi, aku tersedu sedan.

(Edensor, Andrea Hinata)

Watak tokoh ayah dalam kutipan novel tersebut adalah ....

  1. ramah

  2. lemah

  3. pasrah

  4. pengertian

  5. penyayang



  1. Bacalah cerita berikut! 

Pada suatu petang matahari tiba-tiba memantulkan sinarnya menerobos awan dan seekor burung kesiangan mulai berkicau. Waktu Kyoto tiba di kebunnya, daun-daun sayur mengkilap seperti baru digosok layaknya. Awan berwarna merah muda yan menggumpal di puncak-puncak pegunungan itu memesonanya. 

Ia terkejut sewaktu mendengar suaminya tiba-tiba memanggilnya, dan tergesa-gesa ia ke atas, tanpa menunggu sampai tangannya yang penuh lumpur dicuci dulu. Suaminya terengah-engah karena pemusatan tenaga yang dibutuhkan untuk berteriak memanggilnya.

“Aku memanggil dan memanggil! Apa kau tidak dengar?”

“Aku sangat menyesal!”

“Berhentilah dengan kerjamu di kebun itu! Bila aku tiap kali harus berteriak memanggilmu, dalam sekejap saja aku akan mati. Lagi pula aku tidak bisa melihat di mana kau berada dan apa yang kau lakukan”.

“Aku bekerja di kebun sayur. Tapi kalau tidak suka aku akan berhenti bekerja.”

Suaminya menjadi agak tenang.

Keterkaitan tokoh istri yang patuh terhadap suami pada cerita tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....

  1. Seorang istri akan selalu menuruti kehendak suaminya.

  2. Suami yang membatasi kehidupan dan pekerjaan istrinya.

  3. Suami merasa tenang jika mengetahui keberadaan istrinya.

  4. Suami selalu memerlukan bantuan dari istrinya.

  5. Suami melarang istrinya bekerja di kebun orang lain.


  1. Bacalah kutipan resensi berikut!

Novel ini membuka nuansa baru pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaruan di bidang masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya, adalah pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah. Namun, STA  menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria bekerja, aktif di luar rumah dan memajukan kaumnya yang diwakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini sebagia teladan pada masa sekarang dan para pelajar (tokoh masa depan).

Kalimat resensi tentang keunggualn novel berdasarkan paragraf tersebut adalah ...

  1. Wajarlah novel Layar Terkembang  wajib dibaca oleh para siswa.

  2. Memang sepantasnya novel mendapat penghargaan dari dunia pendidikan.

  3. Masalah emansipasi wanitalah yang membawa novel ini dikenal di dunia pendidikan.

  4. Sutan Takdir Alisyahbana ahli mengemukakan permasalahan dunia pendidikan.

  5. Memang masih jarang novel yang membahas emansipasi dan perjuangan kaum wanita.






  1. Cermati paragraf berikut!

Kita tidak boleh langsung mempercayai berita-berita yang beredar saat ini. Mungkin saja berita itu tidak benar yang akhirnya akan mengganggu ketenangan kita. Oleh sebab itu, sebaiknya kita mencek kebenaran berita tersebut agar kita tidak terjebak keburukan-keburukan yang lebih jauh lagi.

Perbaikan kata berimbuhan yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....

  1. mempercayai, memcek

  2. memercayai, mengcek

  3. memercayai, mengecek

  4. menpercayai, mengcek

  5. memercayai, mecek

  1. Cermati paragraf berikut!

(1) Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. (2) Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker, sedangkan dampaknya tidak terlalu besar. (3) Teh juga dapat menguatkan tulang. (4) Teh dapat mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi, sehingga mencegah gigi berlubang. (5) Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air putih, teh juga dapat melawan penyakit jantung.

Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kesalahan kalimat tersebut yang disertai alasannya adalah ...

  1. Kalimat (1), kata mempunyai seharusnya dipunyai karena dapat diikuti objek.

  2. Kalimat (2), konjungsi sedangkan tidak tepat karena menyatakan klausa yang berlawanan seharusnya menggunakan konjungsi meskipun.

  3. Kalimat (3), struktur pola kalimat tidak tepat karena kata berimbuhan me-selalu diikuti pelengkap.

  4. Kalimat (4), penggunaan konjungsi sehingga tidak tepat seharusnya konjungsi dan karena klausanya sejajar.

  5. Kalimat (5), kata seperti seharusnya diletakkan di awal kalimat karena kata tersebut menyatakan perbandingan.








B. SOAL ESAI

Cermati teks anekdot berikut untuk menjawab soal nomor 41 - 46!

No.

Paragraf

(1)

Nasrudin berjalan di pasar sambil diikuti sekelompok pengikutnya.

(2)

Apapun yang dilakukannya, para pengikutnya segera mengikuti. Setiap beberapa langkah, ia akan berhenti kemudian melambaikan tanyanya ke udara, menyentuh kakinya, dan melompat sambil berseru, ”Hu Hu Hu!” Pengikutnya juga berhenti dan melakukan persis sama seperti yang ia lakukan.

(3)

Salah satu pedagang yang kenal dengan Nasrudin secara diam-diam bertanya kepadanya, ”Apa yang kamu lakukan, kawan lamaku? Mengapa orang-orang ini menirumu?” ”Aku menjadi Sheik Sufi,” jawabnya, ”Mereka ini adalah murid-muridku (pencari kebenaran spiritual). Aku menolong mereka untuk mencari pencerahan.”

(4)

”Bagaimana kamu tahu bilamana mereka telah mencapai pencerahan?” tanya si pedagang, ”Itu merupakan yang paling mudah!” jawab Nasrudin. ”Setiap pagi aku menghitung jumlah mereka.”

(5)

Setiap orang yang tidak datang lagi mereka telah memperoleh pencerahan!

 

  1. Siapakah partisipan utama dalam teks tersebut?

  2. Tuliskan nomor paragraf yang terdapat kalimat sindiran pada teks tersebut!

  3. Tuliskan nomor kalimat yang berupa abstraksi dari teks anekdot tersebut!

  4. Apa yang dipikirkan Nasrudin mengacu pada bagian teks nomor (4)?

  5. Apa isi sindiran dan siapa yang disindir?






KUNCI SOAL BHS IND 

K-13 UTAMA 

USBN 2019

NOMOR SOAL

JAWABAN

KETERANGAN

NOMOR SOAL

JAWABAN

KETERANGAN

1

B


21

A

Ankor

2

C


22

D


3

B

Ankor

23

E


4

B

Ankor

24

B


5

D


25

C

Ankor

6

E


26

D


7

D


27

C


8

A


28

C


9

A


29

A


10

A


30

D

Ankor

11

D


31

B


12

E


32

B


13

E


33

E


14

D


34

A


15

E


35

C

Ankor

16

E

Ankor

36

E


17

C


37

A


18

B

ankor

38

C


19

A


39

B

Ankor

20

C


40

D

Ankor


ESAI

41. Nasrudin dan pedagang

42. (2), (3)

43. (1), (2)

44. Semakin berkurang peserta yang mengikuti ritual berarti tanda semakin banyak pengikut yang sudah dicerahkan. 

45. Menyindir orang yang mudah percaya terhadap sesuatu ritual yang belum jelas kebenarannya.

Yang disindir adalah orang yang suka membeo tanpa mau susah-susah berpikir keras, ingin mudahnya saja.