Tuesday 12 February 2019

PEMBAHASAN SOAL TRY OUT TAHAP I 2018/ 2019 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Program : XII /IPS

SOAL TRY OUT TAHAP I 2018/ 2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XII /IPS


PETUNJUK KHUSUS
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang huruf  A, B, C, D atau  E pada lembar jawaban yang telah tersedia.

1. Bacalah kutipan editorial berikut ini!

Debat Capres-Cawapres untuk Siapa?
ARIF NURDIANSAH
Kompas.com - 19/01/2019, 11:16 WIB
(…)
Secara keseluruhan, debat capres-cawapres belum mampu membayar ekspektasi publik akan suguhan pemaparan yang bernas dan visioner berkaitan dengan isu hukum, HAM, antikorupsi, dan  terorisme.
Sebaliknya, debat justru terkesan sebagai ajang curhat. Kedua paslon mungkin lupa bahwa penonton debat bukan hanya kelompoknya, tetapi juga ada generasi milenial, pemilih galau yang ingin diyakinkan kenapa harus memilih dia.
Hal itu berakibat kedua paslon lupa menggunakan ajang debat sebagai momentum untuk menarik simpati publik. Salah satu contohnya, mereka melewatkan sesi memberi apresiasi kepada lawan debat.
Padahal, Indonesia dewasa ini membutuhkan suri teladan serta komitmen dari para pemimpin untuk tetap menghargai serta menghormati perbedaan, untuk mencegah potensi terjadinya perpecahan.
(…)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Debat Capres-Cawapres untuk Siapa?", https://nasional.kompas.com/read/2019/01/19/11164461/debat-capres-cawapres-untuk-siapa

                                                            Editor : Laksono Hari Wiwoho

Makna kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah …
a. contoh yang baik, pantas untuk ditiru
b. contoh yang bagus
c. memberi teladan
d. hal yang dapat dimaklumi
e. hal yang dapat dipahami.

Jawab A


2. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!

(1)Tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. (2)Temanya pun selalu berbeda dari tahun ke tahun. (3)Pada 2012 secara nasional tema yang diusung Kementrian Pendidikan adalah "Bangkitnya Generasi Emas Indonesia". (4)Hal ini dimaksudkan selama periode 2010 sampai 2035 Indonesia harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, sebagai upaya menyiapkan generasi 2045, yaitu 100 tahun Indonesia merdeka. (5)Oleh karena itu, akses seluas-luasnya harus diberikan kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai ke perguruan tinggi.

Kalimat fakta pada teks di atas terdapat pada …
a. kalimat (1), (3), dan (4).
b. kalimat (1), (2) dan (4)
c. kalimat (1), (2), dan (3)
d. kalimat (2), (3), dan (5)
e. kalimat (2), (4), dan (5).
Jawab

Jawab : C

Kalimat fakta berisi pernyataan faktual, sesuatu yang telah terjadi.  Kalimat (1),(2), dan (3) merupakan kalimat fakta, sedangkan kalimat (4) dan (5) merupakan kalimat opini, yaitu berisi pendapat.

3. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!

Sekolah-sekolah masih membutuhkan sumbangan supaya bisa menyediakan sarana dan prasarana yang layak bagi murid-muridnya. Syukur-syukur tidak hanya sekadar layak, tetapi juga yang terbaik. Sumbangan tersebut tidak bersifat mengikat, baik jumlah maupun waktu. Jadi, harus dibedakan dari pungutan yang jelas-jelas telah dilarang. Sumber sumbangan itu tidak dari orang tua atau wali murid, bisa pula dari kalangan luar sekolah, misalnya swasta. Ada pula beberapa sekolah, khususnya swasta yang merintis kerja sama dengan yayasan atau sekolah luar negeri. Langkah seperti itu dapat ditiru oleh sekolah negeri. Dengan demikian, kerja sama sekolah swasta dengan yayasan dapat ditiru oleh sekolah-sekolah negeri.


Opini penulis yang sesuai dengan isi kutipan paragraf tersebut adalah …
a. Orang tua murid harus menyumbang sekollah untuk sarana dan prasarana.
b. Sekolah dapat meminta sumbangan orang tua murid untuk sarana dan prasarana.
c. Kalangan luar sekolah jelas-jelas dilarang dimintai sumbangan sekolah.
d. Beberapa sekolah merintis kerja sama dengan yayasan atau sekolah luar negeri.
e. Kerja sama sekolah swasta dengan yayasan dapat ditiru oleh sekolah negeri.
Jawab : E
Opini penulis adalah pendapat yang ditawarkan penulis.  Dalam paragraf tersebut opini penulis adalah kerja sama sekolah swasta dengan yayasan dapat ditiru oleh sekolah negeri.







4. Bacalah soal berikut ini secara saksama!


Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron.
Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat membuat beberapa novel dalam satu waktu. Ibarat makan, katanya, bosan jika harus makan satu menu terus dalam beberapa hari. Strategi selang-seling dalam menulis novel Islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.
Pria kelahiran Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan membuat novel dalam waktu bersamaan karena ia menulis sesuatu yang diketahui dan dekat dengan kehidupan.
Sejak sekolah, ia telah banyak membaca dan menulis. Bahkan ia sering mendapat penghargaan atas tulisan ilmiah kala itu. Saat kuliah S2 harus terus berlanjut, beasiswa yang diberikan sudah dihentikan. Ia memutar otak bagaimana cara mendapatkan uang. Pertama, ia menerjemahkan tulisan ilmiah dan non-ilmiah dari bahasa Arab ke Inggris. Pekerjaan dilakukan rutin dan tekun serta disiplin waktu.

Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah …
a. Karya-karyanya sudah banyak dibuat dalam bentuk film.
b. Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda.
c. Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
d. Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab. 
e. Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Inggris. 

Jawab C




5. Bacalah penggalan biografi di bawah ini dengan saksama!
Gelar sarjana sastra diraihnya pada 1957, dan doktor honoris causa, delapan belas tahun kemudian -- keduanya di Fakultas Sastra UI. Ia juga sempat mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS. Ia menguasai bahasa Inggris, Belanda, Prancis, dan Jerman.
Ada kisah unik saat ia menempuh pendidikan di UI. Saat itu, HB Jassin merangkap sebagai mahasiswa dan mahaguru sekaligus. Ketika kuliah sastra-lama, terutama mata pelajaran Jawa Kuno, Sanskerta, HB Jassin menjadi mahasiswa, tekun duduk bersama mahasisawa lainnya dan penuh perhatian pada mata kuliahnya. Akan tetapi, begitu berganti mata kuliah Sastra Modern, Masa Kekinian, HB Jassin berdiri dan maju ke depan, berdiri di podium lalu memberi kuliah, karena memang sebagai doktor Sastra Modern.

Hal yang menarik dari biografi tersebut adalah …
a. H.B. Jassin mendapat gelar doktor honoris causa.
b. H.B. Jassin mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.
c. Ia memberikan teladan kepada para mahasiswa untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi mahasiswa dan mahaguru sekaligus.
d. Ia mengajarkan mata kuliah sastra modern.
e. Ia tidak menguasai mata kuliah sastra lama.

Jawab: Jawab : C
Hal menarik dalam biografi tersebut adalah kebiasaannya rajin belajar, tekun, teliti, dan bersungguh-sungguh ketika menjadi mahasiswa dan mahaguru.



6. Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Bagi para perajin batik, membatik pada awalnya hanyalah pekerjaan sampingan. Pekerjaan itu dilakukan di sela-sela kesibukannya menjadi ibu rumah tangga, mengurus tanaman, mengurus ternak, atau kebutuhan pokok yang lain. Pendapatan mereka masih sangat tergantung orderan dari perusahaan batik. Mereka tidak bisa mengembangkan usaha batik tulis sendiri karena kendala modal dan pemasaran. Program-program pendampingan untuk mereka seperti yang ada sekarang IOM (International Organization for Migration) dan JRF (Java Reconstruction Fund) belum menjadi garapan pemerintah.

Ide pokok paragraf tersebut adalah …
a. program pendampingan perajin batik.
b. pekerjaan sampingan perajin batik.
c. membatik pekerjaan sampingan.
d. pendapatan para perajin batik.
e. kesibukan para perajin batik.

Jawab:
Jawab : C
Ide pokok paragraf tersebut adalah membatik pekerjaan sampingan.  Ide tersebut terdapat pada kalimat (1).






7. Cermati kalimat berikut!

Pada salah satu adegan, semua siswa tercengang ketika menonton adegan peristiwa di atas Hotel Yamato.

Inti kalimat tersebut adalah ....
a. siswa tercengang
b. menonton adegan
c. adegan peristiwa
d. siswa menonton 
e. salah satu adegan

Jawaban A
pada salah satu adegan=K waktu, bukan inti
semua siswa=S, intinya siswa
tercengang= P, intinya tercengang
ketika menonton adegan peristiwa di atas Hotel Yamato=K waktu, bukan inti 
Jadi, inti kalimatnya adalah siswa tercengang.






8. Bacalah teks berikut ini secara cermat!


 Aku dibesarkan di Kota Tegal. Di kota itu aku dibesarkan oleh kedua orang tuaku dengan penuh kasih sayang dalam rumah sederhana. Di sana tinggal aku bersama beberapa 3 orang kakakku yang siap melindungi. Meskipun berbeda ayah, mereka tetap memperlakukan aku selayaknya adik sendiri. Kerukunan terasa sekali dirasakan di rumah kami. Ini semua karena didikan ibuku. Beliau adalah orang yang penuh kasih dan sayang untuk kami anak-anaknya. Dari beliau kami belajar banyak hal seperti makna berbagi, hidup rukun, dan toleransi. Nilai tersebut sampai kini masih kami lakukan meski kami telah menjadi dewasa.

Rujukan kata yang tidak terdapat pada paragraf di atas adalah: 
a. Itu yang merujuk pada Tegal 
b. Di sana yang merujuk pada rumah sederhana 
c. Mereka yang merujuk pada kakak-kakakku 
d. Beliau yang merujuk pada ibu 
e. ini yang merujuk pada berbagi, hidup rukun, dan toleransi.

Jawab: E
Macam-Macam Kata Rujukan
Kata rujukan sendiri terbagi menjadi 3 jenis kata rujukan:
1.                  Kata rujukan benda atau hal : Ini, itu, tersebut
2.                  Kata rujukan tempat : di sini, di sana, di situ.
3.                  Kata rujukan orang atau personil atau yang kedudukannya sama seperti orang/makhluk hidup. Contohnya: dia, Ia, beliau, mereka.






9. Bacalah teks berikut ini secara cermat!



Satuan paling utama dalam sistem metrik adalah meter. Satuan panjang ini adalah satu persepuluh juta jarak antara Paris dan Kutub Utara. Pada abad ke-20, meter, sejalan dengan pengukuran-pengukuran lainnya dalam satu sistem metrik, telah diperbaharui sehingga cukup akurat untuk pengukuran ilmiah yang sangat cermat. Sekarang meter didefinisikan dalam ukuran gelombang-geolombang dari jenis sinar laser tertentu.

Kata ini  yang bercetak miring merujuk pada kata . . .
a. meter
b. metric
c. satuan
d. utama
e. system.

Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kata rujukan adalah kata yang menunjuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya sebagai pengganti dari kata aslinya. Kata rujukan pada teks tersebut adalah kata ini. Kata inipada kalimat Satuan panjang ini  adalah satu persepuluh juta jarak antara Paris dan Kutub Utara merujuk kata meter yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya, yaitu Satuan paling utama dalam sistem metrik adalah meter.
RINGKASAN MATERI
Pengertian Kata Rujukan 
Kata rujukan adalah kata yang menunjuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya sebagai pengganti dari kata aslinya. Kata rujukan umumnya menggunakan kata-kata seperti di sini, di sana, ini, itu, dia, ia, tersebut dan lain-lain. 
Macam-Macam Kata Rujukan
Kata rujukan terbagi menjadi 3 jenis sebagai berikut.

1.    Kata rujukan benda atau hal : Ini, itu, tersebut
2.    Kata rujukan tempat : di sini, di sana, di situ.
3.    Kata rujukan orang atau personil atau yang kedudukannya sama seperti orang/makhluk hidup. Contohnya: dia, Ia, beliau, mereka.
Contoh sederhananya adalah sebagai berikut:

1.    Tadi pagi Rina terlambat masuk kelas. Dia bangun kesiangan.
Kata dia dalam kalimat di atas merujuk pada bagian sebelumnya yaitu Rina. Singkatnya, KataRina dalam kalimat tersebut adalah kata yang dirujuk, sedangkan kata dia dalam kalimat tersebut adalah kata yang merujuk
Bila diperjelas kalimat tersebut bisa saja menjadi.
Tadi pagi Rina terlambat masuk kelas. Rina bangun kesiangan.
Namun karena menggunakan kata rujukan, kata Rina digantikan dengan kata rujukan “dia”dalam kalimat tersebut agar tidak terjadi pengulangan kata.









10.  Bacalah teks di bawah ini secara cermat!

Melalui layar televisi, kekerasan itu dapat disaksikan masyarakat mancanegara. Di tengah era globalisasi dan transparansi sekarang ini, praktis tidak ada kejadian yang bebas dari tembus pandang. Langsung atau tidak, dampak kekerasan itu ditanggung oleh seluruh masyarakat Indonesia karena dapat membuat kaum investor asing menjadi ragu menanamkan modal di Indonesia. Para investor membutuhkan ketenangan dan stabilitas keamanan agar usahanya berjalan lancar. Dunia usaha memang sangat sensitif atas gangguan keamanan. Lebih menyakitkan lagi kalau kekerasan itu digunakan negara-negara tetangga dalam kompetisi industri pariwisata dengan mendiskreditkan Indonesia sebagai negara yang tidak aman dikunjungi pelancong.

Opini penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah …
a. Tidak ada kekerasan yang tidak dapat menimbulkan dampak negatif terhadap investor asing.
b. Kekerasan dapat membuat kaum investor asing menjadi ragu menanamkan modal di Indonesia.
c. Kita bangsa Indonesia mau tidak mau harus menerima dampak kekerasan yang ditayangkan televise.
d. Negara-negara  tetangga dapat merebut perhatian negara lain untuk menanamkan modalnya.
e. Kekerasan dapat ditonton langsung oleh seluruh masyarakat Indonesia dan mancanegara.

Jawab B








11. Keberpihakan isi tajuk rencana tersebut adalah kepada … 
a. penindak kekerasan.
b. masyarakat Indonesia.
c. pemerintah Indonesia.
d. investor asing.
e. masyarakat asing.
Jawab B









12. Bacalah teks paragraf berikut dengan saksama!

(1) Sampah selamanya selalu membuat masalah. (2) Berkali-kali masalahnya diseminarkan dan berkali-kali pula jalan pemecahannya diperbincangkan. (3) Namun, keterbatasan-keterbatasan yang kita miliki tetap menjadikan sampah sebagai masalah pelik. (4) Pada waktu seminar-seminar itu berlangsung, penimbunan sampah terus terjadi. (5) Hal ini mengundang keprihatinan kita karena masalah sampah banyak berkaitan dengan masalah pencemaran air dan banjir.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
a. masalah sampah.
b. pencemaran air.
c. pencemaran sampah.
d. seminar sampah.
e. penimbunan sampah
 Kunci: A ===>





13. Cermatilah paragraf berikut!
Membudayakan kegemaran membaca bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan yang melatari pembudayaan gemar membaca. Di antaranya adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya buku. Buku masih dianggap sebagai kebutuhan nomor sekian. Kenyataan ini terlihat ketika kebutuhan pokok sudah terpenuhi, orang jarang menyisihkan uangnya untuk membeli buku.

Yang bukan ide penjelas pada paragraf  di atas adalah …
a. Banyak tantangan yang melatari pembudayaan gemar membaca.
b. Membudayakan kegemaran membaca tidaklah mudah.
c. Masyarakat kurang memahami pentingnya buku.
d. Buku masih dianggap sebagai kebutuhan nomor sekian.
e. Orang jarang menyisihkan uangnya untuk membeli buku walaupun kebutuhan pokok sudah terpenuhi.

Jawab : B
Pernyataan tersebut bukan ide penjelas, melainkan ide pokok   






14. Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!

Teks 1
Kita tidak pernah berpikir tentang berapa banyak racun yang kita kumpulkan dari udara tercemar dan makanan yang sudah diproses secara kimiawi. Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi tubuh mereka setiap hari. Kita tidak dapat melihat semua substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka benar-benar menyerang tubuh kita.
Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi tubuh kita (tanpa menggunakan mikroskop)? Cara terbaik adalah melakukan tes urin menggunakan ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah setelah minum jus ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir karena itu berarti bahwa Anda mungkin memiliki kebocoran saluran pencernaan.

Teks 2
Sebuah video menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi per  tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di dunia maya. 
Dalam video berdurasi 8 menit 23 detik itu, terlihat seorang pria berpakaian ala Ustaz terlihat sedang menggandakan uang. Namun anehnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah dari kantong plastik, dan tidak habis-habis! 
Si Ustaz hanya terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya terlihat beberapa pria dan seorang wanita dengan baju tank top, menghitung uang yang berhasil dikeluarkan. 
Tidak ada keterangan lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan informasi bahwa video ini nyata dan bukan rekayasa.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
a.
menggunakan kosakata asli bahasa Indonesia
menggunakan kosakata bahasa asing
b.
menggunakan bahasa resmi
menggunakan bahasa santai
c.
menggunakan bahasa bidang ilmu
menggunakan bahasa sehari-hari
d.
menggunakan perumpamaan
menggunakan bahasa lugas
e.
menggunakan bahasa lugas
menggunakan bahasa santai

Jawaban : A








15. Bacalah paragraf berikut !
Tentara Nasional Indonesia berulang tahun ke-73 tahun. Dengan usia 73 tahun ini, TNI telah menunjukkan sumbangsihnya menjaga keamanan bangsa dan Negara. Pengabdian TNI terutama  mereka yang bertugas di daerah perbatasan tak perlu diragukan. Tegaknya NKRI  bukti bahwa TNI tetap menjaga keutuhannya.
Tanggapan logis terhadap paragraf tersebut adalah…
a. Tentara Nasional Indonesia senantiasa menjaga keutuhan NKRI.
b. Ulang tahun TNI memang selalu dilaksanakan.
c. TNI perlu mendapat tambahan pendapatan.
d. Rakyat tidak perlu campur tangan terhadap TNI.
e. Masyarakat selalu ikut serta dalam ulang tahun TNI.

Jawab A





16. Bacalah paragraf berikut !
Minyak bumi adalah sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia saat ini hanya 8,4 milyar barel. Dengan laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia hanya tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
a. Bahan bakar minyak masih tersedia cukup untuk 35 tahun.
b. Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penggunaannya.
c. Produksi minyak bumi mencapai 500 juta barel per tahun.
d. Persediaan minyak bumi Indonesia masih tersedia banyak.
e. Cadangan minyak mentah selalu tersedia.

Jawab B





17. Bacalah artikel berikut ini secara cermat !  

Liliyana Tantang Penerus Berprestasi Cemerlang
Femi Diah - detikSport

Jakarta - Liliyana Natsir pensiun dari bulutangkis. Dia menantang juniornya untuk berprestasi lebih cemerlang ketimbang dirinya.

Liliyana pamitan dari bulutangkis menjelang final Indonesia Masters 2019 di Istora, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Minggu (27/1). Pebulutangkis asal Manado 33 tahun itu menangis saat menyampaikan salam perpisahan di hadapan media, fans, dan pengurus PBSI, serta sponsor.

Selain menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung kariernya, Liliyana juga menyodorkan harapan kepada pebulutangkis muda.

"Saya memberi kesempatan kepada pebulutangkis junior. Saya ingin adik-adik saya menjadi pemenang-pemenang baru ke depan," kata Liliyana dalam pidato perpisahan.

"Izinkan saya memberikan kata-kata motivasi buat junior saya,"Kekalahan itu bukan hal yang memalukan. Yang memalukan itu menyerah," kata dia.

Liliyana telah melewati 24 tahun karier di bulutangkis. Dia mengoleksi satu medali emas dan satu medali perak olimpiade, empat gelar juara dunia, tiga gelar juara BWF World Tour, 23 gelar juara, dan 10 gelar juara BWF Gold Grand Prix.
                     Artikel ini telah tanyang di: https://sport.detik.com/raket/d-4403278/liliyana-tantang-penerus-berprestasi-cemerlang


Makna kata apresiasi pada artikel tersebut adalah. . .
a. bekerja sangat keras
b. penghargaan
c. kesuksesan belajar
d. kemuliaan tujuan
e. keindahan hidup

Kunci Jawaban: B




18. Bacalah puisi berikut ini secara cermat!


Sebab Dikau

Kasihkan hidup sebab dikau
Segala kuntum mengoyak kepak
Membunga cinta dalam hatiku
Mewangi sari dalam jantungku

Hidup seperti mimpi
Laku lakon di layar terkelar

Aku pemimpi lagi penari
Sadar siuman bertukar-tukar

Maka merupa di datar layar
Wayang warna menayang rasa
Kalbu rindu turun mengikuti
Dua sukma esa-mesra

Aku boneka engkau boneka
Penghibur dalang mengatur tembang
Dilayar kembang bertukar pandang
Hanya selagu, sepanjang dendang

Golek gemilang ditukarnya pula
Aku engkau di kotak terletak
Aku boneka engkau boneka
Penyenang dalang pengarak sajak
                               Amir Hamzah

Maksud majas simile hidup seperti mimpi dalam puisi tersebut adalah ...
a. Hidup hanya sebentar
b. Hidup hanya semalam
c. Hidup dalam khayalan
d. Hidup adalah kenyataan yang harus dihadapi.
e. Hidup harus penuh dengan impian dan harapan.

Jawab : A  
Majas simile menggunakan kata pembanding (seperti, bagai, umpama, laksana) untuk membandingkan sesuatu dengan sesuatu lain




19. Cermatilah gurindam berikut!
Jika hendak mengenal orang mulia 
Lihatlah kepada kelakuan dia

Maksud isi gurindam tersebut adalah ...
a. Kemuliaan seseorang bergantung pada derajat sosialnya.
b. Kemuliaan dan derajat seseorang terlihat dari kelakuannya sehari-hari.
c. Lihatlah kelakuan sehari-hari orang mulia yang kita kenal.
d. Kenalilah kemuliaan seseorang dari kehidupannya setiap hari.
e. Bergaullah dengan orang yang mulia dan tirulah kelakuannya.
Jawab: B





20. Bacalah kutipan cerita berikut ini secara cermat!


  “Sebelum subuh mereka telah bangun. Siti Rubiyah ikut bangun pagi dan memasak kopi dan makanan pagi untuk mereka. Buyung merasa berat dalam hatinya berangkat. Dia teringat Siti Rubiyah yang ditinggalkan sendiri dengan Wak Hitam yang masih sakit. Kemarin malam panasnya naik lagi hingga dia mengerang-ngerang sepanjang malam dan sepanjang malam terdengar dia tak tertidur.” (Harimau! Harimau! Muchtar Lubis)

Watak Buyung seorang yang perhatian dan peduli kepada orang lain dideskripsikan pengarang dalam kutipan tersebut dengan .…
a. pikiran-pikiran tokoh
b. dialog antartokoh
c. reaksi/tanggapan dari tokoh lain
d. Tindakan tokoh
e. percakapan antartokoh
Jawab: a





Bacalah nukilan cerita berikut untuk soal nomor 21 – 23, cermatilah dengan saksama!

"Walaupun dengan sedih hati, tetapi terpaksa hamba akan membawa tuan ke dalam penjara, atas kemauan Datuk Maringgih." 
"Dan hamba terpaksa pula menyita rumah dan sekalian harta tuan hamba," kata pegawai yang lain. Ayahku tiada dapat menyahut apa-apa lain daripada, " Lakukan kewajiban tuan-tuan!" Tatkala kulihat ayah akan dibawa ke dalam penjara, sebagai seorang penjahat yang bersalah besar, gelaplah mataku dan hilanglah pikiranku dan dengan tiada kuketahui, keluarlah aku, lalu berteriak," Jangan dipenjarakan ayahku! Biarlah aku jadi istri Datuk Maringgih!" Mendengar perkataanku, tersenyumlah Datuk Maringgih dengan senyum, yang pada penglihatanku, sebagai senyum seekor harimau yang hendak menerkam mangsanya, dan terbanglah sukacitanya dan berahi serta hawa nafsu hewan kepada matanya, sehingga terpaksa aku menutup mataku. Ayahku tiada berkata apa-apa melainkan datang memeluk aku, sambil bertanya, "Benarkah katamu itu?" Seperti suatu perkakas mengangguklah aku, karena mengeluarkan perkataan tak dapat lagi.
                                                                                Siti Nurbaya, Marah Rusli

21. Konflik pada diri aku dalam kutipan tersebut adalah …
a. Mata si aku menjadi gelap dan pikirannya hilang.
b. Ketidaksanggupan si aku melihat nasib ayahnya.
c. Si aku menyimpan rasa dendam yang sangat besar.
d. Si aku menahan rasa sedih yang sangat dalam.
e. Ketidaksanggupan si aku mengeluarkan kata-kata.
Jawab: B
Konflik ialah sesuatu tekanan-tekanan yang terjadi dalam diri seorang tokoh dalam sebuah cerita (novel, cerpen, drama, atau hikayat). Tekanan pada diri tokoh tersebut sangat mengganggu jiwa/perasaan tokoh. Konflik dapat berupa perasaan marah, dendam, kesal, takut, tertekan, jijik, benci, tidak berdaya, was-was, dan sebagainya. Dengan kata lain, konflik hanya dirasakan oleh si tokoh sendiri dalam dirinya dan tidak berbentuk tindakan atau peristiwa. Jadi, pernyataan A, salah karena kalimat ”Mata si aku menjadi gelap dan pikirannya hilang” dan kalimat ini bukan merupakan konflik, tetapi merupakan akibat dari suatu tindakan. Pernyataan B, benar, karena merupakan konflik, yaitu Ketidaksanggupan si aku melihat nasib ayahnya (tidak berdaya dalam diri tokoh). Pernyataan C, salah karena kalimat ”si aku menyimpan rasa dendam yang sangat besar”, tidak dinyatakan dalam teks. Pernyataan D, salah, yaitu kalimat ”Si aku menahan rasa sedih yang sangat dalam”, hal tersebut tidak dinyatakan dalam teks. Pernyataan E, salah karena kalimat ”Ketidaksanggupan si aku mengeluarkan kata-kata”, juga tidak dinyatakan dalam teks.




22. Penyebab konflik pada diri si aku adalah ...
a. Si aku dipaksa kawin oleh ayahnya dengan Datuk Maringgih sebagai  pelunas hutangnya.
b. Si aku dipaksa menutup matanya oleh Datuk Maringgih sewaktu Datuk Maringgih memandang si aku.
c. Rumah si aku disita seraca kasar dan dipaksa untuk pembayar utangnya  kepada Datuk Maringgih.
d. Ayah si aku akan dibawa ke penjara oleh Datuk Maringgih sebagaiseorang penjahat yang bersalah besar.
e. Si aku kasihan melihat ayahnya tidak dapat berkata-kata sewaktu dibentak dan ditanya oleh Datuk Maringgih.

jawab.  D.
Penyebab konfik ialah sesuatu yang menjadi sebab terjadinya konflik atau tekanan pada diri tokoh dalam cerita (novel, cerpen, drama, atau hikayat). Tekanan itu terasa sangat mengganggu jiwa atau perasaan tokoh, tentu ada penyebabnya misalnya perasaan marah karena dihina seseorang, perasaan dendam karena disakiti, perasaan kesal karena diejek terus, perasaan takut karena dibayangi rasa berdosa, persaan tertekan karena diperlakukan tidak adil, dan sebagainya. Jadi, pernyataan A, salah karena si aku tidak dipaksa kawin oleh ayahnya dengan Datuk Maringgih sebagai pelunas hutangnya, tetapi Datuk Maringgih-lah yang memaksanya”. Pernyataan B, C, dan E juga salah karena hal yang dinyatakan dalam kalimat tersebut bukan penyebab konflik. Pernyataan D, benar karena hal yang dinyatakan dalam kalimat ”Ayah si aku akan dibawa ke dalam penjara oleh Datuk Maringgih sebagai seorang penjahat yang bersalah besar”. Kalimat tersebut merupakan pernyataan penyebab terjadinya konflik.


23. Peristiwa akibat konflik pada diri si aku adalah ...
a. Si aku berteriak mengatakan bahwa dia bersedia menjadi istri Datuk Maringgih.
b. Datuk maringgih memenjarakan ayah si aku karena tidak mau menjerahkan anaknya.
c. Si ayah menyerahkan si aku kepada Datuk Maringgih dan menyuruh memperistrinya.
d. Ayah aku tidak berkata apa-apa melainkan datang memeluk si aku, sambil bertanya.
e. Si aku mempertahankan rumahnya dan menolak dikawinkan dengan Datuk Maringgih.

Jawab: A.
Peristiwa akibat konflik pada diri tokoh dalam cerita (novel, cerpen, drama, atau hikayat), ialah kejadian atau peristiwa yang timbul setelah adanya konflik pada diri tokoh. Misalnya, karena dikhianati, akhirnya tidak mau percaya lagi pada orang tersebut, karena disakiti, terjadilah perkelahian, karena diejek, dibalas lagi dengan ejekan, karena dibayangi rasa berdosa, lalu bertobat dan minta ampun, atau taat beribadah, karena diperlakukan tidak adil, lalu mengadu kepada seseorang, dan sebagainya. Jadi, pernyataan A, benar karena ” Ayah si aku akan dibawa ke dalam penjara oleh Datuk Maringgih sebagai seorang penjahat yang bersalah besar”, akibatnya ” Si aku berteriak mengatakan bahwa dia bersedia menjadi istri Datuk Maringgih.” Pernyataan B, C, D, dan E, salah karena tidak relevan dengan konfik dan bukan merupakan peristiwa akibat konflik tersebut.





24. Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!
Teks 1
Cara Menghilangkan Ketombe pada Rambut
Ada dua bahan ampuh untuk menghilangkan ketombe pada mahkota kepala Anda. Ketombe bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda dan cuka apel. Kandungan basa pada baking soda bisa menjaga kelembapan rambut Anda. Sementara cuka apel bisa membersihkan kotoran yang ada di rambut.
Untuk menggunakan baking soda dan cuka apel, silakan Anda campur baking soda atau soda kue dengan setengah cangkir air putih. Gunakan baking soda tersebut untuk sampo rambut Anda. Di tahap ini, Anda boleh mencampur baking soda dengan sampo biasa. Kemudian, bilas rambut dengan campuran satu cangkir cuka apel dengan setengah cangkir air. Takaran air ini untuk menyeimbangkan tingkat Ph pada cuka apel. Gunakan perawatan rambut menggunakan baking soda dan cuka apel ini selama dua bulan. Tak hanya bersih dari ketombe, rambut Anda juga akan tampak sehat berkilau.
Teks 2
Manfaat Jamu Tradisional
Obat tradisional atau yang sering disebut  jamu masih mendapat tempat di hati kita, masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.
Berikut adalah kelebihan obat tradisional:
1. Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila digunakan secara tepat., baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi tertentu.
2. Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).
3. Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi.
4. Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti diabetes, kolestrol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik), dan penyakit degeneratif, seperti rematik, tukak lambung, ambeien, dan pikun.
Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan dengan obat modern lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus-menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut di atas adalah ….
           

Teks 1
Teks 2
a.
Tujuan - langkah-langkah
Pendapat – argumentasi
b.
Pengantar – langkah-langkah
Pendapat – penegasan pendapat
c.
Tujuan – langkah-langkah
Pendapat – argumentasi – penegasan ulang pendapat
d.
Pengantar – langkah-langkah
Argumentasi – penegasan ulang pendapat
e.
Abstraksi – langkah-langkah
Penegasan pendapat - argumentasi

Jawaban : C




25. Perhatikan kutipan cerita berikut!

(1)Boleh jadi, itu sikap angkuhnya seorang yang sukses dan kaya menghadapi pemuda kere macam aku. (2) Sebagai pimpinan sebuah bank papan atas di negeri ini, mungkin dia tak rela hati anak gadisnya kupacari. (3) Jadi, amat wajar dia kelihatan tidak suka terhadapku. (4) Apalagi tampangku tidak keren kayak aktor Nicholas Saputra, sementara wajah Mawar memang cakep. (5) Kamu sendiri bilang, Mawar mirip Dian Sastro dengan bodi semampai macam Luna Maya (padahal menurutku, Mawar lebih mirip penyanyi kesukaanmu, Mulan Jamila).


Bukti bahwa watak tokoh ‘dia’ pada kutipan cepen tersebut sombong terletak pada kalimat bernomor .…
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (1) dan (5).
Jawab: A




26. Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan saksama!
(1) Terdengar bunyi langkah di beranda muka, kemudian suara mengucapkan, “Selamat malam.” (2)Kus terkejut, sebab suara itu dikenalnya, dr. Hamzah.  (3)“Selalu saja ia memburu aku. (4)Apa pula teorinya sekali ini.” (5)Didengarnya dr Hamzah dengan orang tuanya bercakap-cakap dan sekali-sekali kedengaran namanya disebut meskipun kurang jelas benar percakapan itu ke kamarnya.

Kalimat pada paragraf di atas yang menandai latar waktu adalah kalimat nomor …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Kunci A



27. Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan saksama!

Sedari mudaku aku di sini,bukan.tak kuingat punya istri, punya anak, punya keluarga seperti orang-orang lain, tahu? Tak kupikirkan hidupku sendiri. Aku tak ingin jadi kaya, bikin rumah. Segala kehidupanku, lahir batin, kuserahkan kepada Allah subhanahu wata’ala. Tidak pernah aku menyusahkan orang lain. Lalat seekor pun aku enggan membunuhnya …
(Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis)

Nilai yang kurang baik pada penggalan cerpen tersebut adalah …
a. mengingat-ingat masa muda
b. melupakan kebutuhan diri dan keluarga
c. tidak menyusahkan orang lain
d. tidak pernah membunuh binatang
e. rajin beribadah
Jawab : B
Tokoh cerita dalam kutipan tersebut tidak memikirkan diri dan keluarga. Hal ini mencermikan nilai yang tidak baik   

28. Perhatikan data buku berikut!

Judul buku: Ayat-Ayat Cinta
Nama pengarang: Habiburrahman El Shirazy
Tempat dan penerbit buku: Jakarta, Penerbit Republika
Tahun Penerbitan: 2004
Tebal buku: 20,5x'13,5 cm
Keunggulan: Novel Ayat-Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta.
Kekurangan: Menggunakan terlalu banyak kata dalam bahasa Arab yang tidak mudah dipahami.

Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku berdasarkan data buku tersebut adalah…
a. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy adalah novel terlaris di Indonesia. Novel ini tampak memiliki banyak kelebihan. Kelemahan nyaris tidak terdapat dalam novel ini.
b. Novel terbitan tahun 2004 ini adalah novel penting yang mengajak pembaca untuk lebih jernih dan cerdas. Buku setebal 20,5x 13,5 cm ini sangat laris di pasaran.
c. Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy diterbitkan oleh Penerbit Republika. Novel ini disajikan dengan menggunakan bahasa campuran. Bahasa tersebut adalah bahasa Indonesia dan bahasa Arab.
d. Novel Ayat-Ayat Cinta terbitan tahun 2004 ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy ini mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta. Sayangnya, novel ini menggunakan terlalu banyak kata berbahasa Arab yang tidak mudah dipahami.
e. Novel Ayat-Ayat Cinta terbitan tahun 2004 ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy ini bagus sekali karena menggunakan banyak kata dalam bahasa Arab yang mudah dipahami.

Kunci D

29. Bacalah puisi berikut ini secara cermat!
.
BERJALAN DI BELAKANG JENAZAH

berjalan di belakang jenazah angin pun reda
jam mengerdip
tak terduga betapa lekas
siang menepi, melapangkan jalan dunia
di samping, pohon demi pohon menundukkan kepala
di atas : matahari kita, matahari itu juga
jam mengambang di antaranya
tak terduga begitu kosong waktu menghirupnya
Sapardi Djoko Damono

Isi puisi tersebut adalah...
a. Penyair menceritakan tentang perjalannya di belakang iringan jenazah.
b. Penyair ikut berduka ketika bertemu dengan iring-iringan jenazah.
c. Penyair mengungkapkan kesedihan ketika turut mengantarkan jenazah ke pemakaman.
d. Pohon-pohon dan matahari ikut bersedih dengan peristiwa kematian.
e. Peristiwa kematian akan dialami oleh siapa pun namun tetap meninggalkan perasaan duka cita.
Jawab : C
Puisi tersebut  menggambarkan kesedihan ketika turut mengantarkan jenazah ke pemakaman


30. Bacalah dengan cermat!

Alkisah pada suatu saat di sebuah negeri di timur tengah sana. Seorang saudagar yang sangat kaya raya tengah mengadakan perjalanan bersama kafilahnya...."Tidakkah benih pohon ara itu akan mati karena tertindih batu sebesar itu Bapa ?" 
"Tidak anak ku. Sepintas lalu memang batu itu tampak sebagai beban yang akan mematikan benih pohon ara. Tetapi justru batu yang besar itulah yang membuat pohon ara itu sanggup bertahan hidup dan berkembang sebesar yang kau lihat di tepi jalan kemarin".
"Bilakah hal itu terjadi Bapa ?"
"Batu yang besar itu sengaja diletakkan oleh penanamnya menindih benih pohon ara. Mereka melakukan itu sehingga benih itu tersembunyi terhadap hembusan angin dan dari mata segala hewan. Sampai beberapa waktu kemudian benih itu akan berakar, semakin banyak dan semakin kuat. Walau tidak tampak kehidupan di atas permukaannya, tetapi dibawah, akarnya terus menjalar.

Hikayat Batu dan Pohon Ara, Made Teddy Artiana

Isi kutipan hikayat tersebut adalah....
a. Saudagar bercerita kepada anaknya tentang cara menanam pohon ara.
b. saudagar menceritakan makna dibalik proses pertumbuhan pohon ara kepada anaknya.
c. saudagar menjawab keingintahuan anaknya tentang pohon ara.
d. batu menjadi tumpuhan pohon ara sehingga akarnya terus menjalar.
e. pohon ara berhutang budi pada batu yang memberinya penghidupan.
Jawab : B   
Isi kutipan hikayat tersebut adalah saudagar menceritakan makna dibalik proses pertumbuhan pohon ara kepada anaknya

31. Cermati paragraf berikut!

Hampir setiap hari perempuan itu berada di ujung jalan. Tepatnya di bawah pohon kersen dekat pos ronda, tak jauh dari rumahnya. Wajahnya tampak pucat. Kedua matanya menerawang jauh. Entah apa yang dipikirkannya. Raut mukanya menyiratkan kekhawatiran. Sebentar-sebentar matanya melihat ke arah jalan. Sepertinya ada seseorang yang sedang ditunggunya. Perempuan setengah baya itu sangat tidak tenang sesuai dengan peribahasa  ….
Bagian rumpang dalam paragraf tersebut dapat diisi dengan ungkapan ….
A. Busuk berbau, jatuh berdebuk
B. Digenggam takut mati, dilepaskan takut terbang
C. Ingat sebelum kena, hemat sebelum habis
D. Hati gatal mata digaruk
E. Indah kabar dari rupa



Busuk berbau, jatuh berdebuk = sesuatu yang jahat itu bagaimanapun disembunyikan suatu saat akan ketahuan juga
Ingat sebelum kena, hemat sebelum habis = berhati-hati
Hati gatal mata digaruk = sangat ingin, tetapi tak mempunyai syarat untuk mendapatkan keinginan tersebut
Indah kabar dari rupa = tidak sesuai antara berita dan kenyataan.
Digenggam takut mati, dilepaskan takut terbang=rasa gelisah, khawatir kacau-balau
                            

RINGKASAN MATERI
PERIBAHASA
Pengertian Peribahasa
Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan); 2 ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku (https://kbbi.web.id/peribahasa)

CONTOH 
Hancur badan dikandung tanah, budi baik dikenang jua. ( Budi baik itu tidak akan dilupakan orang).
Seperti air dengan tebing.(persahabatan yang kokoh dan tolong-menolong).
Langkah-langkah menentukan peribahasa yang tepat sesuai ilustrasi
1. Bacalah dengan cermat ilustrasi yang dimaksud.
2. Data kejadian-kejadian dalam ilustrasi.
3. Tentukan gagasan pokok sesuai dengan kejadian-kejadian dalam ilustrasi tersebut.  
4. Cari dan tentukan peribahasa yang sesuai dengan gagasan pokok ilustrasi. Untuk dapat menentukan peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi harus memahami makna peribahasa-peribahasa. 






32. Bacalah cerita berikut ini dengan saksama!


Peter seorang pelajar yang pandai, bahkan ia pernah meraih medali emas tingkat internasional di Bali dalam lomba fisika. Namun, ia tidak sombong dengan kepandaiannya itu. Ia selalu sopan dan baik kepada siapa saja.

Peribahasa yang tepat untuk menggambarkan kehidupan di atas adalah ...
a. Seperti ilmu padi kian berisi kian runduk.
b. Bagai air di atas daun talas.
c. Tak ada gading yang tak retak.
d. Bagai bumi dengan langit.
e. Karena nila setitik, rusak susu sebelanga.
Jawab A



33. Cermatilah kalimat berikut!

Kalimat pendapat  : Sekolah terus berupaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam ujian nasional tahun ini. 

Kalimat argumen:
1) Meningkatkan prestasi siswa merupakan tugas guru dan sekolah.
2)  Guru melatih siswa dengan mengerjakan soal-soal untuk menghadapi ujian.
3) Siswa seharusnya memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar.
4) Sekolah mengadakan beberapa kali ujicoba ujian nasional agar siswa terlatih menjawab soal.
5) Peran orang tua sangat penting dalan memotivasi siswa.

Kalimat argumen yang mendukung kalimat pendapat tersebut adalah . . .                           
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)                                                                                                       
c. (2) dan (4)                                                                                                                         
d. (3) dan (5)                                                                                                                         
e. (4) dan (5)

Kunci jawaban: C
Pembahasan

kalimat argumen yaitu, kalimat yang berisi alasan untuk memperkuat pernyataan.

Inti pernyataan atau pendapat tersebut adalah upaya sekolah meningkatkan hasil belajar siswa dalam ujian nasional. Kalimat argumen yang mendukung kalimat pendapat tersebut adalah kalimat nomor (2) dan (4) yang berisi cara atau bentuk upaya sekolah meningkatkan hasil belajar siswa dalam ujian nasional.

RINGKASAN MATERI

KALIMAT ARGUMEN

argumen/ar·gu·men/ /argumén/ n alasan yang dapat dipakai untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan; (https://kbbi.web.id/argumen)

Kalimat adalah wujud ujaran yang bermakna lengkap dan utuh dalam bentuk tulisan yang dimulai dengan huruf kapital/huruf besar dan diakhiri dengan salah satu tanda pemberhentian yaitu tandan titik (.), tanda tanya (?), dan tanda seru (!).
Jadi, kalimat argumen adalah wujud ujaran yang bermakna lengkap dan utuh atau kalimat yang bertujuan untuk meyakinkan penbaca atau pendengar bahwa gagasan atau ide tersebut adalah benar dan terbukti dengan disertai bukti dan fakta.
Ciri-Ciri kalimat argumen:
1. Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin.
2. Memerlukan alasan atau fakta untuk pembuktian berupa  peristiwa, gambar/grafik, dan lain-lain.
3. Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
4. Berfungsi mendukung tesis atau pernyataan penulis.



Contoh kalimat argumen pada teks eksposisi

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Tesis:
Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siwi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas.

Argumentasi:
Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan, petugas piket biasanya melakukan tugas untuk menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Di hari jumat semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid semakin akrab.

Penegasan Ulang: 
Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Sehingga kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.


Masa Depan Ekonomi Indonesia Tahun 2030

Tesis:

Indonesia menjadi buah bibir pada waktu pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF) atau World Bank (WB) 2012, Tokyo, 9-14 Oktober 2012 kemaren. Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada seluruh peserta sidang mengambil satu topik khusus berkaitan dengan Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standart Chartered yang berpendapat bahwa ekonomi negara Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.

Argumentasi:

Keyakinan itu pastinya beralasan. Indonesia diprediksikan mempunyai sekitar 90 juta jiwa yang berada di kelompok comsumming class. Angka itu ialah angka terbesar di dunia setelah China dan India. Indonesia sampai sekarang ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 Miliar dollar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingg mencapai 1,8 triliun dollar AS mulai tahun 2017.

Penegasan ulang:

Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang baik dilalui begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan pada di tangan kita semua sekarang ini.

(https://hidupsimpel.com/contoh-teks-eksposisi/)




34. Cermati paragraf berikut!

     Ia mencatat murid yang menunggak, menutup buku, kemudian meregangkan badan sambil menguap. Buku dimasukkan ke laci dan dan mengeluarkan bungkusan dari situ. Ia keluar, pergi ke tepian pangkal jembatan. … Guru tak mengira bahwa daerah ilalang dapat ditaklukkan begitu rupa.

Kalimat deskriptif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . .
a. Mereka kenal pada Guru, namun Guru tak mengenal mereka satu per satu hanya tahu bahwa mereka ialah tentara, yang ditempatkan sebanyak satu kompi di situ.
b. Sejak zaman Belanda ia sudah menjadi Guru, beberapa kali menjadi pengurus organisasi, jadi penghulu, tetapi belum pernah cukup untuk membeli sawah.
c. Semakin banyak orang yang mencontoh dia membuka kebun karet dan cengkeh di sini akan semakin jauh penduduk Tinjau Laut mencari perhumaan.
d. Mereka dahulu meninggalkan daerah perhumaan kemudian mereka pergi ke daerah gunung karena ingin mencari kehidupan yang layak.
e. Semak ilalang dekat jembatan yang dulu banyak ditumbuhi cerek-cerek, sejenis tumbuhan pemakan serangga, kini telah dibuat huma.


Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Teks deskripsi adalah teks yang bertujuan menggambarkan suatu objek atau suatu peristiwa. Teks di atas menggambarkan suasana sekolah dan lading/lahan pertanian.

Untuk melengkapi paragraf deskripsi yang rumpang haruslah memilih kalimat yang berhubungan dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kata-kata kunci untuk melengkapi paragraf tersebut terdapat pada kalimat sebelumnya yaitu ke tepian pangkal jembatan dan kata ilalang pada sesudahnya. Dengan mencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya maka kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Semak ilalang dekat jembatan yang dulu banyak ditumbuhi cerek-cerek, sejenis tumbuhan pemakan serangga, kini telah dibuat huma.  (opsi E).

 RINGKASAN MATERI

MELENGKAPI TEKS DESKRIPSI

Teks deskripsi adalah teks yang bertujuan memberikan gambaran atau kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan karangan ini,  pembaca dapat dibuat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam peristiwa yang diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi.

Langkah-langkah melengkapi teks deskripsi

1.    Cermati jenis teks dan tujuan teks. Teks deskripsi bertujuan menggambarkan suatu objek. Kalimat-kalimat dalam teks deskripsi berisi kata-kata yang bertujuan menggambarkan objek secara terperinci.

2.    Cermati isi kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Perhatikan pilihan kata yang digunakan

3.    Pilihlah kalimat yang berhubungan dengan kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang.

Contoh teks deskripsi

            Musim semi telah tiba dan salju mencair di ladang-ladang dan lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak gunung secara berangsur-angsur mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur memperlihatkan kesadaran alam.






35. Bacalah teks berikut!

Pemuda harus kembali mengambil peran dalam membawa arah bangsa ini kembali ke relnya. Budaya korupsi yang saat ini telah mengakar harus dihentikan. Bangsa ini membutuhkan pemuda yang sadar akan bahaya laten korupsi dan terkikisnya nilai-nilai kebangsaan. Pemuda harus menjadi pelopor pergerakan melawan korupsi. . . .

Kalimat simpulan akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . 
a. Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat.
b. Korupsi harus diberantas sampai seakar-akarnya.
c. Pemerintah harus segera mengambil kebijakan.
d. Pelaku korupsi harus dihukum seberat-beratnya.
e. Pemuda harus belajar dengan giat.

Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kalimat simpulan adalah pendapat terakhir yang didapatkan dari uraian yang telah disampaikan sebelumnya. Simpulan dapat diperoleh dari keseluruhan isi bacaan yang ada pada paragraf. Kataakibat memiliki arti sesuatu yang merupakan akhir atau hasil suatu peristiwa (perbuatan, keputusan) (https://kbbi.web.id/akibat).
Kalimat simpulan akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat (opsi A). Hal ini, berdasarkan isi pernyataan-pernyataan sebelumnya yang berisi upaya pemberantasan budaya korupsi. Jika korupsi dapat terkikis (sebab), Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat (akibat). 



36. Bacalah penggalan puisi di bawah ini dengan saksama!

HUJAN BULAN JUNI

tak ada yang lebih tabah
dari hujan bulan Juni
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu

tak ada yang lebih bijak
dari hujan bulan Juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu

tak ada yang lebih arif
dari hujan bulan Juni
dibiarkannya yang tak terucapkan
diserap akar pohon bunga itu
        (Sapardi Djoko Damono)

Kalimat kritik yang tepat untuk puisi tersebut adalah...
a. Untuk memahami makna puisi ini harus memahami pola berpikir penyair.
b. Puisi ini bagus sekali, kaya dengan imaginasi karena bulan Juni bukan musim penghujan.
c. Bait-bait yang digunakan dalam puisi ini menunjukkan penyair masih terikat dengan syarat puisi lama.
d. Persoalan hujan merupakan masalah yang masih sangat sederhana.
e. Penyair tidak mementingankan rima namun mementingkan imaginasi yang indah.

Jawab : C
Kritik adalah penilaian terhadap kekurangan suatu karya 

37. Cermati teks prosedur kompleks berikut!

Proses Pembuatan Kartu Pelajar di Sekolah.

(1)   Datanglah ke kantor TU di sekolah Anda!
(2)   mintalah blangko untuk kartu pelajar kepada petugas yang berjaga!
(3)   ….
(4)   Setelah blangko selesai Anda isi serahkan kepada petugas yang berjaga!
(5)   Setelah itu Anda akan memasuki ruang pengambilan foto!
(6)   Setelah berfoto kartu pelajar akan selesai kurang lebih 2 minggu.

Kalimat yang tepat untuk melengkapai teks tersebut adalah . . .                                             
a. Anda boleh memfotokopi blangko yang sudah diisi.                                                             
b. Isilah blangko dengan data yang benar dan jujur!                                                                 
c. Tempelkan foto di tempat yang telah disediakan.                                                                   
d. Pergilah ke kepala sekolah untuk meminta tanda tangan!
e. Cermati kelengkapan format dalam blangko!

Kunci Jawaban: B

Pembahasan
Teks prosedur adalah teks yang berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan tertentu.
Cara menentukan kalimat untuk melengkapi teks prosedur yang rumpang adalah dengan mencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya. Berdasarkan isi kalimat sebelum dan sesudah bagian rumpang pada teks di atas, kalimat yang tepat untuk melengkapi teks adalah Isilah blangko dengan data yang benar dan jujur! (jawaban B). Kalimat sebelum bagian rumpang adalah meminta blangko. Langkah berikutnya yang tepat adalah mengisi blangko. Kemudian, menyerahkan blangko yang telah diisi kepada petugas, dan seterusnya.
RINGKASAN MATERI
MELENGKAPI TEKS PROSEDUR

A.    Pengertian teks prosedur

Teks prosedur adalah teks yang berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu dengan urutan-urutan tertentu.

B.     Ciri-Ciri Teks Prosedur
Ciri-ciri teks prosedur antara lain sebagai berikut.

1. Umumnya menggunakan kalimat perintah atau imperatif.
2. Memakai kata kerja aktif.
3. Adanya penggunaan konjungsi guna mengurutkan kegiatan, seperti kemudian, setelah itu, kemudian, dan selanjutnya.
4. Ada istilah tentang waktu, tempat, dan cara secara akurat.
5. Teks prosedur terdiri dari 3 bagian yaitu bagian tujuan teks prosedur / mekanisme, material, dan langkah-langkah

C.    Struktur Teks Prosedur Kompleks

 Teks prosedur memiliki tiga struktur sebagai berikut.

Bagian tujuan, berisikan tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai jika kita melakukan tahapan pada teks prosedur tersebut.
Bagian bahan dan alat/material, berisikan bahan-bahan, alat-alat, atau material yang diperlukan. Bagian ini bersifat opsional.
Bagian langkah-langkah, bagian ini berisikan langkah-langkah yang urut dan harus ditempuh untuk memperoleh hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur.
D.    Tips melengkapi teks prosedur

1.      Cermati jenis teks dan tujuan teks. Teks prosedur teks yang berisikan tujuan dan langkah melakukan atau membuat sesuatu dengan urutan-urutan tertentu.

2.      Cermati isi kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Isi kalimat pada teks prosedur adalah urutan langkah-langkah melakukan atau membuat sesuatu.

3.      Pilihlah kalimat yang berhubungan dengan kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang. Kalimat-kalimat tersebut pada umumnya menunjukkan urutan logika berpikir.

E.       Contoh teks prosedur

7 Langkah Mudah Membuat Paspor Baru

Cara membuat paspor sekarang ini bisa dilakukan online maupun datang langsung ke kantor imigrasi. Semua orang pasti akan membutuhkan paspor, terlebih mereka yang sering ke bepergian. Karena paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang wajib kita bawa bila kita bepergian keluar negeri. paspor hijau yang dimiliki oleh warga negara biasa dan paspor biru yang dimiliki oleh para diplomat atau pejabat negara. Masa berlaku paspor adalah 5 tahun sejak masa diterbitkan dan kita wajib untuk memperpanjang paspor 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis atau kita akan dikenakan denda bila melebihi 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Untuk menghindari menggunakan calo, kita harus mengetahui betul cara membuat paspor.

Cara Membuat Paspor

Datang dahulu ke kantor imigrasi. Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau datang saja ke kantor imigrasi terdekat.
Kemudian anda beli formulir permohonan. Formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang anda miliki dan bawalah dokumen yang asli.
Serahkan formulir yang telah diisi ke loket pendaftaran.
Setelah itu ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari. Untuk pengambilan sidik jari dan jadwal foto bisa datang pada hari berikutnya jika nomor antrian anda masih lama.
Apabila anda sudah foto dan mengambil sidik jari, maka anda akan sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.
Setelah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor serta minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai.
Pada saat tanggal yang telah ditentukan, kita dapat datang kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu paspor baru anda sudah selesai dan bisa diambil. (http://caramembuat123.blogspot.co.id/2013/04/cara-membuat-paspor.html)




38. Cermatilah gurindam berikut!
Dengan bapak jangan durhaka
Supaya Allah tidak murka
Dengan ibu hendaklah hormat
Supaya badan dapat selamat
Maksud kutipan gurindam tersebut adalah ....
A. Seseorang akan bahagia hidupnya bila patuh dan berbakti kepada orang tua.
B. Allah akan memurkai seseorang yang durhaka kepada bapaknya.
C. Kesuksesan seseorang sering dikaitkan dengan kepatuhan kepada ibunya.
D. Seseorang yang sukses hidupnya akan selalu memuliakan kedua orang tua.
E. Seseorang akan selamat dan disayang Tuhan bila menghargai ibunya.



39. Cermati kutipan teks drama berikut!

(1) Parminem : “Begini, Bu. Di sini saya sebagai produsen nasi bungkus dari program Ibu Menteri. Saya kemari karena saya mengharapkan sejumlah uang dari Ibu.”

(2) Ibu Menteri            : “ Perasaan, saya bukanlah bendahara dari program itu. Jadi langsung saja kamu meminta uang kepada Pembantu Menteri yang telah merangkap menjadi ketua, sekretaris, dan bendahara.”

(3) Parminem : “(duduk di kursi/lantai dan  badannya lemas)” Tapi saya sudah mencarinya kemana-mana. Dari pagi, saya sudah siap-siap di kamar mandi umum, tempat Bu Pembantu Menteri buang air kecil. Tapi nyatanya nihil.” (memendam kekecewaan mendalam)

(4) Ibu Menteri            : “ . . .”

(5) Parminem : “Hah ... duh biyung! Nasib, nasib. Ya sudahlah Bu, saya mau pergi dulu. Permisi.” (meninggalkan panggung).

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah . . .                                     
a. Mungkin, itu sudah nasibmu. Sekali lagi, saya tidak bisa membantu. Itu bukan lagi urusan menteri seperti saya.
b. Menurut data memori yang ada dalam  otak saya, rasanya saya belum pernah berjumpa dengan kamu.                                                              
c. Baiklah,  nanti kutemui Bu Pembantu Menteri. Kusampaikan masalahmu kepadanya.
d. Kalau cuma masalah uang, aku bisa memberimu sekarang juga.
e. Jangan resah. Besok persoalan ini kita selesaikan bersama.


Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kutipan drama membahas masalah pembayaran uang nasi bungkus program menteri. Kalimat untuk melengkapi  isi drama haruslah sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat sebelumnya  menyatakan jawaban/tanggapan Ibu Menteri atas pernyataan Parminem. Kalimat sesudahnya menyatakan kekecewaan/rasa putus asa Parminem. Jadi, dialog dialog Ibu Menteri berisi pernyataan yang tidak bisa membantu permasalahan yang dihadapi Parminem. Kalimat tepat terdapat pada pilihan jawaban A. Pilihan jawaban B juga tidak sesuai jika digunakan untuk menjawab pernyataan Parminem. Sementara itu, kalimat pada pilihan jawaban C, D, dan E berisi kesediaan Ibu Menteri untuk membantu permasalahan sehingga tidak sesuai tanggapan Parminem yang putus asa dan kecewa.




40. Cermatilah kalimat-kalimat berikut ini!
1) Tidak sedikit kerugian yang dialami, termasuk nyawa manusia juga.
2) Ataukah manusia justru merasa lebih nyaman dengan sikap menghindar dan menyelamatkan diri dengan tidak memberikan solusi yang lebih baik dan lebih tepat lagi?
3) Namun, hal yang perlu dipertanyakan, apakah pengalaman tersebut sudah cukup menyadarkan manusia untuk melihat kesalahan dalam dirinya?
4) Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu terdengar mengemuka.
5) Kejadian demi kejadian yang dialami di dalam negeri telah memberikan dampak yang sangat besar.

     Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf padu adalah . . .                                              
a. (1), (3), (4), (2), (5)                                                                                                                   
b. (2), (3), (4), (1), (5)                                                                                                                  
c. (3), (4), (5), (2), (1)                                                                                                                  
d. (4), (3), (1), (5), (2)                                                                                                                  
e. (4), (5), (1), (3), (2)

Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Menyusun urutan kalimat suatu jenis teks artinya menyusun secara urut kalimat-kalimat dalam teks yang mungkin sebelumnya acak/tidak urut. Penyusunan kalimat dalam teks diurutkan secara logis dan berhubungan satu dengan yang lain.
Menyusun kalimat-kalimat dalam teks dapat dilakukan dengan menempatkan kalimat utama pada awal kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas. Pada soal tersebut kalimat utamanya  adalah kalimat (4) Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu terdengar mengemuka. Urutan kalimat-kalimat yang logis adalah (4), (5), (1), (3), (2) atau opsi E.  



41. Cermati paragraf berikut!                 
(1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.  

Kata tidak baku paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor . . .
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

Kunci Jawaban: E
Pembahasan
Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Sedangkan kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Kaidah bahasa Indonesia ini lebih dikenal sebagai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Kata tidak baku dalam paragraf tersebut adalah kata nafas yang terdapat pada kalimat bernomor (5). Kata nafas (tidak baku) seharusnya ditulis napas (baku).



42. Cermati kalimat berikut!

     Gedung itu dibangun di atas lahan seluas 1,732 meter persegi dengan biaya sebesar Rp2,95 triliun.

Kesalahan tanda baca koma (,) pada kalimat tersebut beserta alasannya adalah . . . .
a. Penulisan Rp 2,95 triliun karena menyatakan jumlah uang menggunakan tanda koma dan angka 00 di belakang jumlah.
b. Penulisan 1,732 meter karena untuk menunjukkan jumlah digunakan tanda titik setiap tiga angka dari belakang.
c. Penulisan Rp 2,95 triliun  karena hanya terdiri atas tiga angka sehingga tidak memerlukan tanda baca.
d. Penulisan 1,732 meter karena untuk menunjukkan jumlah tidak diperlukan tanda baca apapun.
e. Penulisan Rp 2,95 triliun karena kata rupiah merupakan singkatan harus diikuti tanda titik.

Kunci Jawaban: B
Pembahasan

Kesalahan penggunaan tanda baca koma (,) pada kalimat tersebut beserta alasannya adalah penulisan 1,732 meter karena untuk menunjukkan jumlah digunakan tanda titik setiap tiga angka dari belakang (opsi B). Pilihan jawaban tersebut benar karena sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Pilihan jawaban A, C, D, dan E tidak tepat karena tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.



43. Cermati paragraf berikut!

     Pembelajaran Bahasa Indonesia saat ini mulai dikembangkan dengan pendekatan komunikasi. Penerapan metode ini akan memberikan tambahan wawasan, baik kepada siswa maupun guru. Peran guru di dalam kelas hanya sebagai fasilitas dan motivitas, bukan lagi menjadi sumber informasi satu-satunya.

Perbaikan kata serapan yang tepat untuk kata bercetak miring tersebut adalah . . .
a. komunikasi, fasilitas, motivatior.
b. komunikan, fasilitas, motivasi.
c. komunikatif, fasilitator, motivasi.
d. komunikatif, fasilitator, motivator
e. komunikan, fasilitas, motivator.


Kunci Jawaban: D



44. Cermati paragraf  berikut!

Aku  menjauhi trotoar, berjalan beberapa langkah dengan wajah tengadah. Lalu dari tengah jalan seraya mengatupkan kedua tangan agar membentuk corong di sekitar mulut, aku berteriak sekeras-keras: “ Lihat saja, aku bisa lebih dari kalian. Aku bisa, aku pasti bisa!!” Semua orang melihatku, tapi aku tidak peduli. Aku lebih memilih melanjutkan berjalan menuju rumah dengan mata berkaca-kaca, sambil dalam hati memohon, “Ibu, tolong bantu aku.” Dengan perlahan-lahan, aku berbisik pada diriku sendiri.

Perbaikan kata ulang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah . . . .
a. keras-keras.
b. sekeras-kerasnya.
c. sekeras-keras.
d. keras-kerasan.
e. mengeras-keras.

Kunci Jawaban: B



45. Bacalah nukilan puisi berikut ini secara cermat!

KAMPUNG
(Subagio Sastrowardoyo)

Kalau aku pergi ke luar  negeri, dik
Karena hawa di sini sudah pengap oleh
Pikiran-pikiran beku
Hidup di negeri ini seperti di dalam kampung
Di mana setiap orang ingin bikin peraturan
Mengenai lalu lintas di gang, jaga malam
Dan daftar diri di kemantren

Makna kata pikiran-pikiran beku dalam kutipan puisi tersebut adalah ...
a. peraturan yang ketat
b. orang-orang yang pola pikirnya tidak berkembang
c. orang-orang yang merusak lingkungan hidup
d. orang-orang yang tidak menjaga lingkungan
e. orang-orang kampung yang enggan bepergian.

Jawab : B  
Makna kata pikiran-pikiran beku dalam kutipan puisi tersebut adalah orang-orang yang pola pikirnya tidak berkembang  



46. Puisi tersebut mengungkapkan …
a. Orang yang bertahan di kampung halamannya
b. Orang yang mencintai tanah airnya
c. Orang yang tidak betah menghadapi lingkungannya
d. Orang yang mengutuk penduduk kampong
e. Orang yang tidak suka bepergian
Jawab : C
Puisi tersebut mengungkapkan orang yang tidak betah menghadapi lingkungannya 


47. Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan saksama!


Nyonya Suryo tersenyum. Tiba-tiba dia ingat peristiwa di mana sifat-sifat Bawuk yang pemurah dan perasa menonjol jauh lebih nyata dari kakak-kakaknya. Waktu itu bawuk sudah duduk di kelas lI HIS. Suatu sore bapak dan ibunya mendapat undangan dari kanjeng bupati buat pesta ulang tahun bupati di kediaman kanjengan. Pesta itu boleh dikatakan besar-besaran juga. Semua onder dan wedana di daerah kabupaten itu mendapat undangan. Juga kontrolir dan tuan-tuan besar kedua pabrik gula yang ada di kabupaten itu, semua mendapat undangan. 
                                           (Sri Sumarah & Bawuk, Umar Kayam)

Penggambaran watak tokoh dalam kutipan di atas menggunakan teknik …
a. Analitik
b. Dramatik
c. tanggapan tokoh lain
d. dialog tokoh
e. tak langsung

Jawab: A

48. Bacalah paragraf berikut!
Lautan Indonesia adalah sumber kehidupan. Negeri ini memang kaya akan sumber kelautan yang seharusnya menyejahterakan. Bayangkan, luas laut 5,8 juta kilometer persegi menyimpan 6,26 juta ton ikan. Ironisnya, hingga kini masih tercatat 32% dari 16,42 juta jiwa masyarakat pesisir hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka tersebar di 8.070 desa pantai minim listrik, air bersih, saluran komunikasi, dan aspal. Tentu saja pengentasan kemiskinan tidak dapat dengan mudah diatasi dalam waktu singkat, kebijakan infrastruktur harus diakui belum menjangkau pesisir secara bermakna.
Opini dalam paragraf di atas adalah ...
a. Lautan Indonesia adalah sumber kehidupan.
b. Luas laut 5,8 juta kilometer persegi menyimpan 6,26 juta ton ikan.
c. Hingga kini masih tercatat 32% dari 16,42 juta jiwa masyarakat pesisir hidup di bawah garis kemiskinan.
d. Mereka tersebar di 8.070 desa pantai minim listrik, air bersih, saluran komunikasi, dan aspal.
e. Pengentasan kemiskinan memerlukan waktu, kerja keras karena komplikasi faktor struktural, kultural, dan natural sekaligus.

Jawab E



49. Cermati paragraf berikut!

              Plaza Amabarroso akan menggelar Jogja Fashion Festival (JFF)  pada bulan  Maret 2017.  JFF ke-10 ini akan menghadirkan sesuatu yang baru yang mana berupa “Fashion Show” busana pria dengan memiliki tema Mystique Man.  Peragaan busana ini akan menjadi  salah satu daya tarik pada kegiatan yang digelar untuk meramaikan ulang tahun Plaza Ambarroso. Kegiatan kali ini menampilkan peragaan busana pria. Lelaki pun memiliki gaya busana yang tidak kalah menariknya dengan gaya busana wanita. 

       Perbaikan kalimat yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah . . .
a. JFF ke-10 ini dihadirkan dengan sesuatu yang baru yang berupa fashion show busana pria dengan tema Mystique Man.
b. JFF ke 10 ini menghadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show  busana pria dengan memiliki tema Mystique Man.
c. JFF  ke sepuluh ini akan hadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show  busana pria dengan tema Mystique Man.
d.  JFF  kesepuluh ini akan menghadirkan fashion show yang baru berupa busana priadengan tema Mystique Man.
e. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan sesuatu yang baru berupa  fashion showdengan bertema  Mystique Man.

Kunci jawaban: D

Pembahasan
Perbaikan kalimat JFF ke-10 ini akan menghadirkan sesuatu yang baru yang mana berupa “Fashion Show” busana pria dengan memiliki tema Mystique Man adalah JFF  kesepuluh ini akan menghadirkan fashion show yang baru berupa busana pria dengan tema Mystique Man (opsi D). 
Alasan pilihan jawaban yang tepat adalah opsi D adalah sebagai Berikut.
1. Penulisan bilangan tingkat yang tepat adalah kesepuluh, tidak ke sepuluh. 
2. Kata dengan langsung diikuti kata benda bukan verba. Denga demikian, bentuk yang benar adalah dengan tema, tidak dengan bertema.

RINGKASAN MATERI

A. Penulisan Bilangan Tingkat

Penulisan bilangan tingkat dapat dilakukan dengan cara berikut.
Misalnya:
abad XX 
abad ke-20 
abad kedua puluh 
Perang Dunia II 
Perang Dunia Ke-2 
Perang Dunia Kedua
B. Penggunaan kata dengan
Kata dengan digunakan untuk menandai beberapa makna. Yang per tama ialah makna ‘kealatan’.
Makna itu terdapat pada ujaran yang me nyatakan adanya alat yang digunakan untuk melakukan sesuatu. Contohnya terlihat pada kalimat yang berikut.
(1) Pohon itu ditebang dengan gergaji mesin.
(2) Mereka memadamkan api itu dengan air seadanya.
(3) Dengan surat itu mereka melaporkan kejadian sebenarnya.
Alat yang digunakan itu tidak selalu berupa benda konkret, tetapi juga benda abstrak seperti yang terlihat pada dua kalimat yang berikut.
(4) Pemindahan penduduk tidak akan dilakukan dengan kekerasan.
(5) Peraturan itu ternyata dapat dilaksanakan hanya dengan pengawasan ketat.
Yang kedua ialah makna ‘kebersamaan’. Makna itu terdapat pada ujar an yang menyatakan adanya beberapa pelaku yang mengambil bagian pada peristiwa yang sama. Perhatikan contoh berikut.
(6) Ayah sedang bercakap-cakap dengan tamunya.
Pada kalimat itu, baik ayah maupun tamunya sama-sama aktif meng ambil bagian pada peristiwa percakapan. Contoh yang lain sebagai berikut.
(7) Adikku pergi berenang dengan teman-temannya.
(8) Para pemberontak bersedia berunding dengan pemerintah.
(9) Ayahnya melarang dia berteman dengan pemabuk.
(10) Kemarin saya bertemu dengan teman lamaku.
Yang ketiga, makna ‘kesertaan’. Makna yang mirip dengan ‘kebersama an’ itu terdapat pada tuturan yang menyatakan adanya benda yang menyertai pelaku. Penyerta itu umumnya benda yang tak bernyawa. Oleh karena itu, penyerta itu tidak ikut aktif mengambil bagian dalam peristiwa yang dinyatakan. Berikut ini adalah contohnya.
(11) Perampok itu pergi dengan barang-barang rampasannya.
(12) Peserta pertemuan itu pulang dengan kenangan manis.
Yang keempat ialah makna ‘kecaraan’ yang terdapat pada ujaran yang menyatakan cara peristiwa terjadi atau cara tindakan dilakukan. Berikut ini contohnya.
(13) Pertandingan itu berjalan dengan aman.
Selain itu, ada beberapa kata yang harus diikuti oleh pelengkap yang diawali dengan kata dengan. Makna yang terdapat pada konstruksi seperti itu adalah ‘kesesuaian’ atau ‘ketaksesuaian’. Contohnya seperti berikut.
(14) Penebaran benih dilakukan bertepatan dengan saat mulai musim hujan.
Kata bertepatan memerlukan pelengkap yang diawali dengan kata dengan. Kita tidak dapat membuat kalimat berikut.
(14) *Penaburan benih dilakukan bertepatan. Contoh yang lain disajikan berikut ini.
(15) Peraturan itu bertentangan dengan asas keadilan.
(16) Pemberian amnesti itu berkenaan dengan ulang tahun raja.
(17) Mereka tidak setuju dengan usul itu.
(18) Jangan membuat baju yang berbeda dengan pesanan.
(19) Orang tuanya sekampung dengan orang tua kami.
Banyak ditemukan contoh kalimat yang salah karena tidak menggunakan kata dengan, seperti berikut.
(20) Buatlah gambar yang sesuai contoh.
(21) Kini mereka dapat bertemu anaknya.
Kalimat itu seharusnya berbunyi seperti berikut.
(20a) Buatlah gambar yang sesuai dengan CONTOH
(21a) Kini mereka dapat bertemu dengan anaknya.
Jika kita tidak akan menggunakan kata dengan pada kalimat (21) itu, kata menemui dapat digunakan alih-alih bertemu.
(21b) Kini mereka dapat menemui anaknya.
Ada juga pemakaian kata dengan yang tidak pada tempatnya pada ragam resmi. Berikut ini contohnya.
(22) Kami berikan surat ini dengan staf Saudara.
(23) Dengan kemenangan itu mengantarkan Graf ke final.
Kalimat (22) salah jika mengungkapkan informasi bahwa surat itu diberikan kepada staf Saudara, tetapi benar jika mengungkapkan informasi bahwa kami dan staf Saudara bersama-sama memberikan surat itu. Kalimat (23) tidak bersubjek karena kata dengan tidak pernah menda hului subjek. Berikut ini perbaikannya.
(22a) Kami berikan surat itu kepada staf Saudara.
(23b) Kemenangan itu mengantar Graf ke final.
(http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/petunjuk_praktis/666) . 


50. Bacalah puisi berikut ini secara cermat

PERTEMUAN
Meniti tasbih
malam pelan-pelan
Dan burung kedasih
menggaris gelap di kejauhan
kemudian adalah pesona:
wajah-Nya tersandar ke kaca jendela
memandang kita, memandang kita lama-lama.
Demikian sunyi telah diturunkan
dan demikianlah Nabi telah dititahkan
dan demikian pula manusia
dikirim ke bumi yang terbentang,
dari sorga
yang telah ditutupkan. Dan kini tinggallah cinta
memancar-mancar dari sunyi kaca jendela.
(Sajak Pertemuan, Goenawan Mohamad)




Tema puisi di atas adalah ….
a. Ketuhanan
b. kebangsaan/ patriotism
c. kemanusiaan
d. keadilan social
e. protes sosial
A

No comments:

Post a Comment