Sunday 4 August 2019

latihan soal ulangan menulis surat lamaran pekerjaan

Halo pembaca Budiman. Kali ini saya akan membahas soal ulangan bahasa Indonesia dengan materi surat lamaran pekerjaan. Materi pelajaran ini untuk siswa SMA kelas XII.
Langsung disimak ya...

Cermatilah kutipan penutup surat berikut!
Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat tersebut adalah ….
A. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak
B. Atas perhatian, saya tak lupa mengucapkan terima kasih.
C. Atas perhatian Bapak, diucapkan terima kasih.
D. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.
E. Atas perhatian Bapak, saya sampaikan ucapan terima kasih.

Jawaban: E

Opsi A salah karena ada kata banyak. Seberapa banyak Om?
Opsi B salah karena ada kata tak lupa. 
Opsi C salah karena ada kata diucapkan. Jangan menggunakan kalimat pasif, ya!
Opsi D salah karena ada kata perhatiannya. Morfem -nya merupakan kata ganti orang ketiga. Kata ganti orang ketiga itu ada ia, dia, beliau, mereka. Adanya morfem -nya akan mengakibatkan kalimat menjadi rancu. Atas perhatiannya sama dengan kalimat atas perhatian dia/ mereka/ beliau/ ia. kalimat ini menjadi aneh bin rancukan?

No comments:

Post a Comment