Sunday 1 December 2019

Soal tentang surat lamaran pekerjaan

Besar harapan saya dapat diterima bekerja di perusahaan bapak. Atas perhatiannya saya menghaturkan banyak terimakasih. 

Perbaikan kalimat yang tercetak miring tersebut adalah....

A. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

B. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

C. Atas perhatian, saya mengucapkan terima kasih.

D. Atas perhatian Bapak, saya menyampaikan terima kasih.

E. Atas perhatian Bapak. Saya mengucapkan terima kasih.

Jawaban: D

Pembahasan:

Jawaban A salah. Kata ganti -nya adalah kata ganti orang ketiga. Kata ganti orang ketiga sama dengan kata dia, ia, beliau, mereka. Penggunaan kata ganti orang ketiga akan menjadikan kalimat ini rancu. Kata atas perhatiannya sama dengan kata atas perhatian beliau. Ini anehkan?

Kesalahan juga ada pada kata mengucapkan. Bahasa dalam surat kurang tepat jika menggunakan kata mengucapkan. Kata yang tepat dalam bahasa adalah kata  menyampaikan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

No comments:

Post a Comment