Sunday 7 March 2021

Latihan Soal Teks Negosiasi

  Latihan Soal Teks Negosiasi



Bacalah teks negosiasi berikut!

Suatu hari ada seorang siswa sekolah menengah pertama pergi ke toko buku bekas. Dia datang ke sebuah toko buku bekas untuk mencari buku dengan tahun yang lama. Setelah beberapa menit mencari, dia tidak juga menemukan buku yang ia cari. Karena bingung, tidak menemukan di rak buku, dia mendatangi seorang penjaga yang sedang menata buku di sudut ruangan.

Anak          : “Permisi, selamat siang”,

Penjaga      : “Iya, selamat siang juga, ada yang bisa saya bantu, nak”? Anak                  : “Iya, saya mencari buku novel Siti Nurbaya ada”?

Penjaga      : “Sudah mencari di rak novel”? Anak    : “Sudah Pak, tapi tidak ada”.

Penjaga      : “Baiklah, saya coba carikan di gudang silakan tunggu di ruang tunggu ya”.

Anak          : “Baik Pak, terima kasih”.

Penjaga      : “Kebetulan saya cari di gudang masih tersisa satu, ini bukunya”. Anak                  : “Berapa harga buku ini Pak”?

Penjaga      : “Rp. 58.000 saja nak”.

Anak          : “Harga itu terlalu mahal untukku Pak, bolehkan saya menawar”? Penjaga                  : “Boleh, silakan saja”.

Anak          : “Bisa tidak Pak harga jadi Rp 45.000 saja Pak”?

Penjaga      : “Buku ini sudah langka, jadi harga segitu terlalu murah”.

Anak          : “Uang saya tidak cukup, bagaimana kalau Rp 48.000 saja? Saya harap bapak maumembantu. Ini untuk tugas sekolah saya”.

Penjaga      : “Itu terlalu murah, bagimana kalau Rp 55.000 saja? Itu sudah termasuk murah. Mungkin kalau kamu cari di toko buku lain tidak akan ada lagi”.

Anak          : “Tapi uang saya hanya Rp 50.000”.

Penjaga      : “Begini saja, saya akan berikan buku ini seharga Rp 50.000.

Bagaimana”?

Anak          : “Baiklah Pak! Saya beli bukunya”. Penjaga                  : “Ini bukunya”.

Anak          : “Ini uangnya pas ya Pak, terima kasih sudah membantu saya”. Penjaga           : “Iya, sama-sama. Terima kasih juga telah membeli buku di toko saya”.


Anak          : “Selamat siang, Pak”. Penjaga   : “Selamat siang”.

 

1.        Tulislah tahap penyampaian pengajuan, penawaran dan persetujuan yang terdapat pada teks negosiasi di atas!

 

Tahapan

Kalimat yang menyatakan

 

 

 

 

 

 

2.        Berdasarkan teks negosiasi di atas, apakah tujuan akhir dari negosiasi dapat tercapai? Jika iya, tuliskan alasan-alasannya!




3.        Tuliskan tahapan pengajuan yang terdapat dalam teks negosiasi di atas!



4.        Tuliskan tahap penawaran yang terdapat dalam teks negosiasi di atas!



 

5.        Tuliskan tahap persetujuan yang akhirnya disepakati oleh kedua belah pihak dalam teks negosiasi diatas!



 

 

 

KUNCI JAWABAN KEGIATAN BELAJAR 2 LATIHAN SOAL

 

1.        Tulislah tahap penyampaian pengajuan, penawaran dan persetujuan yang terdapat pada teks negosiasi di atas!

 

Tahapan

Kalimat yang menyatakan

Pengajuan

Anak    : Berapa harga buku ini Pak? Penjaga: Rp. 58.000 saja nak.

Penawaran

Anak     : Harga itu terlalu mahal untukku Pak, bolehkan saya menawar?

Penjaga: Boleh, silakan saja.

Anak     : Bisa tidak Pak harga jadi Rp 45.000 saja Pak?

Penjaga : Buku ini sudah langka, jadi harga segitu terlalu murah.

Anak     : Uang saya tidak cukup, bagaimana kalau Rp 48.000 saja? Saya harap bapak mau membantu. Ini untuk tugas sekolah saya.

Penjaga: Itu terlalu murah, bagimana kalau Rp

55.000 saja? Itu sudah termasuk murah. Mungkin kalau kamu cari di toko buku lain tidak akan ada lagi.

Anak    : Tapi uang saya hanya Rp 50.000.

Persetujuan

Penjaga : Begini saja, saya akan berikan buku ini seharga Rp 50.000. Bagaimana?

Anak    : Baiklah Pak! Saya beli bukunya.

 

2.        Berdasarkan teks negosiasi di atas, apakah tujuan akhir dari negosiasi dapat tercapai? Jika iya, tuliskan alasan-alasannya!

Tujuan akhir dari negosiasi dapat tercapai yaitu dengan disepakatinya harga novel Siti Nurbaya seharga Rp 50.000. hal tersebut dapat terjadi karena sang anak mau menaikkan harga yang iya tawarkan dan sang penjaga juga mau menurunkan harga yang ia tawarkan sehingga mereka berdua mencapai kesepakatan.



 


3.        Tuliskan tahapan pengajuan yang terdapat dalam teks negosiasi di atas!




 Polisi: Ya, sudah lengkap mas, tapi mohon maaf masnya tetap saya tilang karena tidak menggunakan helm di jalan raya.

 

4.        Tuliskan tahap penawaran yang terdapat dalam teks negosiasi di atas!










 

5.        Tuliskan tahap persetujuan yang akhirnya disepakati oleh kedua belah pihak dalam teks negosiasi diatas!


Pengendara : Ya sudah, saya pasrah aja pak.

Polisi: : Ini surat tilang buat mas, nanti setelah transfer, silahkan ke pos jaga lagi buat ambil SIM punya masnya.

 



No comments:

Post a Comment