PENILAIAN
AKHIR SEMESTER GASAL
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas, Program : X , MIPA/IPS
Hari, tanggal :
Waktu :
07.30-09.30 (120 menit)
Petunjuk umum
1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal.
2. Bacalah soal dengan teliti.
3. Kerjakan soal dengan penuh kesadaran dan
pertimbangan.
4. Bertanyalah pada pengawas bila mendapati lembar soal
cacat.
5. Berdoalah setelah selesai mengerjakan soal semua.
6. Kumpulkan lembar jawaban pada pengawas.
PETUNJUK
KHUSUS
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang pada huruf A, B, C, D atau E pada lembar jawaban yang telah tersedia!
Bacalah teks laporan hasil
observasi berikut dengan saksama untuk menjawab soal no.1 dan 2 !
Hanya sebagian
kecil (antara 50-100 spesies) bambu yang relatif aman populasinya karena telah
dibudidayakan secara luas. Sementara, sekitar setengah dari jumlah spesies
bambu rawan kepunahan karena kelestariannya bergantung pada keberadaan
tutupan hutan, yang terus menyusut hari demi hari. Sekitar 250
spesies di antaranya bahkan hanya hidup di area berhutan kurang dari 2000
km², yang tersebar di masing-masing wilayah agihannya. Pada sisi yang lain,
masih sangat sedikit yang diketahui mengenai sifat-sifat
biologis dan ekologis kebanyakan jenis itu.
Kerentanan ini masih ditambah lagi dengan sifat intrinsik bambu perihal
perbungaan serempak yang diikuti dengan kematian massal pada jenis-jenis
bambu tertentu; yang apabila berbetulan dengan kejadian kebakaran atau
kerusakan hutan yang luas, dapat mengarahkan jenis-jenis itu pada
kepunahan.Sejauh ini, Daftar merah IUCN baru mendaftar sekitar 20 spesies bambu Amerika, 16 bambu Asia, dan satu Afrika; tak satupun dari 25 spesies asli Madagaskar, walau 10 spesies di antaranya cuma didapati pada habitat seluas kurang
dari 2000 km², yang tercantum di situ |
1. Paragraf tersebut
merupakan struktur bagian teks laporan hasil observasi yang berupa ....
A.
pernyataan
umum/
B.
deskripsi
umum
C.
deskripsi
bagian
D.
tesis
E.
deskripsi
manfaat
2.
Ciri
penanda bahwa paragraf tersebut merupakan teks laporan hasil observasi adalah …
.
A.
isi
berupa fakta
B. menyampaikan hal yang aktual
C. bersifat subyektif
D. terdapat deskripsi umum
E.
mengandung
verba
Bacalah
wacana berikut untuk menjawab soal no. 3-5!
Perdu, bisa mencapai 7
meter tinggi, dengan cabang agak jarang.(1) Akar tunggang dengan sejumlah
akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan.(2) Ukuran
umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm,
tergantung dari klon/kultivar.(3) Bagian dalam
umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. (4)Umbi singkong tidak tahan
simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin.(5) Gejala kerusakan ditandai
dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat
meracun bagi manusia.(6) Umbi ketela pohon merupakan sumber energi yang kaya
karbohidrat namun sangat miskin protein. (7)Sumber protein
yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina.(8) |
3.
Informasi
yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah … .
A.
sejarah
singkong
B. deskripsi singkong
C. manfaat singkong
D. kandungan singkong
E. ukuran singkong
4.
Kalimat
definisi dalam paragraf tersebut terdapat dalam kalimat nomor … .
A.
1
B.
2
C.
4
D.
6
E.
7
Cermatilah
teks berikut untuk menjawab soal no. 5 dan 6 !
Air
adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk
kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain.(1) Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi.(2) Air
1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi.(3) Air sebagian
besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan
puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat
hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap ait, dan lautan
es.(4) Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air,
yaitu: melalui penguapan, hujan,
dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai,
muara) menuju laut.(5) |
5.
Dalam
paragraf tersebut kalimat simplek terdapat dalam kalimat nomor … .
A.
1
dan 2
B.
2
dan 3
C.
3
dan 4
D.
4
dan 5
E.
1
dan 5
6.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah…
A. Air menutupi hampir 1,4 triliun
kilometer kubik permukaan bumi.
B. Air adalah senyawa yang penting bagi
kehidupan manusia yang diketahui sampai saat ini di bumi.
C. 330 juta mil³ air tersedia di bumi.
D. Air terdapat juga di planet selain
bumi.
E. Semua air berubah menjadi awan
bergerak mengikuti suatu siklus air melalui penguapan.
7.
Kata-kata
yang dicetak tebal dalam paragraf tersebut sebagai frasa verba adalah … .
A.
bentuk
kehidupan
B.
planet lain
C.
dapat hadir
D.
melalui
penguapan
E.
menuju laut
8.
Bacalah dengan cermat dua kutipan teks
laporan hasil observasi berikut!
Kutipan
teks laporan
hasil observasi 1 |
Kutipan teks laporan hasil observasi 2 |
Di Indonesia, tunas bambu yang akan di konsumsi dipotong tipis-tipis
dan direbus untuk menghilangkan senyawa toksin,lalu di cuci bersih untuk
kemudian dapat di tambahkan santan dan rempah-rempah untuk membuat gulai
rebung. Resep lain yang memanfaatkan tunas bambu yaitu sayur lodeh dan
lumpia. Tunas bambu yang telah diiris dicuci bersih dan/atau direbus sebelum
dimakan untuk menghilangkan toksin. Acar tunas bambu digunakan sebagai
pelengkap makanan, bisa juga dibuat dari inti batang bambu muda (pith).
Cairan yang keluar dari batang bambu muda disadap ketika musim hujan untuk
menghasilkan minuman beralkohol. Daun bambu yang cukup besar dipakai sebagai
pembungkus makanan ringan |
Wayang kulit dilihat dari umur, dan
gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis. Jenis yang paling
terkenal, karena diperkirakan memiliki umur paling tua adalah wayang purwa.
Purwa berasal dari bahasa Jawa, yang berarti awal. Wayang ini terbuat dari
kulit kerbau yang ditatah, dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang
pendalangan, serta diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah
sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri dari: tuding dan gapit. Wayang wong (bahasa
Jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan wayang yang
diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar
adalah wayang gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah wayang topeng.
Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng. |
Perbandingan isi kedua kutipan teks laporan
hasil observasi tersebut adalah….
|
Isi Kutipan Teks Laporan Hasil Observasi 1 |
Isi Kutipan Teks Laporan Hasil
Observasi 2 |
A. |
Makanan dari tunas bambu |
Fungsi wayang |
B. |
Deskripsi bambu |
Perbedaan wayang kulit dan wong |
C. |
Resep masakan rebung |
Deskripsi wayang |
D. |
Jenis-jenis masakan bambu muda |
Wayang kulit tertua |
E. |
Manfaat bambu |
Jenis-jenis wayang |
9.
Bacalah
teks berikut secara saksama!
Air adalah senyawa
yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di
Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air
menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330
juta mil³) tersedia di Bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin)
dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi
juga dapat hadir sebagaiawan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap ait,
danlautan es. Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus
air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah
(runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. |
Deskripsi
manfaat yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah … .
A.
Air
penting bagi kehidupan.Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat
yang penting untuk adanya kehidupan. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat
membuat senyawa organik melakukan replikasi. Semua makhluk hidup yang diketahui
memiliki ketergantungan terhadap air. Air merupakan zat pelarut yang penting
untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme. Air
juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan
respirasi. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom
hidroden dengan oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan
oksigen akan dilepas ke udara.
B. Air memiliki sifat-sifat kimia dan fisika.
Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun
atas dua atom hidrogen yang terikat secara pada satu atom oksigen. Air bersifat
tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada
tekanan 100 kPa (1 bar) dan temperatur 273,15 K (0 °C). Zat kimia ini merupakan
suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat
kimia lainnya, sepertigaram-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak
macam molekul organik.
C. Keadaan air yang berbentuk cair
merupakan suatu keadaan yang tidak umum dalam kondisi normal, terlebih lagi
dengan memperhatikan hubungan antara hidrida-hidrida lain yang mirip dalam
kolom oksigen pada tabel periodik, yang mengisyaratkan bahwa air seharusnya
berbentuk gas, sebagaimana hidrogen sulfida. Dengan memperhatikan tabel
periodik, terlihat bahwa unsur-unsur yang mengelilingi oksigen adalah nitrogen,
flor, dan fosfor, sulfur dan klor. Semua elemen-elemen ini apabila berikatan
dengan hidrogen akan menghasilkan gas pada temperatur dan tekanan normal.
Alasan mengapa hidrogen berikatan dengan oksigen membentuk fase berkeadaan cair,
adalah karena oksigen lebih bersifat elektronegatif ketimbang elemen-elemen
lain tersebut (kecuali flor)..
D.
Tarikan
atom oksigen pada elektron-elektron ikatan jauh lebih kuat daripada yang
dilakukan oleh atom hidrogen, meninggalkan jumlah muatan positif pada kedua
atom hidrogen, dan jumlah muatan negatif pada atom oksigen. Adanya muatan pada
tiap-tiap atom tersebut membuat molekul air memiliki sejumlah momen dipol. Gaya
tarik-menarik listrik antar molekul-molekul air akibat adanya dipol ini membuat
masing-masing molekul saling berdekatan, membuatnya sulit untuk dipisahkan dan
yang pada akhirnya menaikkan titik didih air. Gaya tarik-menarik ini disebut
sebagai ikatan hidrogen..
E. Molekul air dapat diuraikan menjadi
unsur-unsur asalnya dengan mengalirinya arus listrik. Proses ini disebut
elektrolisis air. Pada katode, dua molekul air bereaksi dengan menangkap dua
elektron, tereduksi menjadi gas H2 dan ion hidroksida (OH-). Sementara itu pada
anode, dua molekul air lain terurai menjadi gas oksigen (O2), melepaskan 4 ion
H+ serta mengalirkan elektron ke katode. Ion H+ dan OH- mengalami netralisasi
sehingga terbentuk kembali beberapa molekul air. Gas hidrogen dan oksigen yang
dihasilkan dari reaksi ini membentuk gelembung pada elektrode dan dapat
dikumpulkan. Prinsip ini kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan hidrogen dan
hidrogen peroksida (H2O2) yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan
hidrogen.
10.
Cermatilah
wacana berikut dengan saksama!
1)
Bangunan
kios onderdil di jalan Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Barat, telah ditertibkan oleh aparat gabungan. Puluhan
pemulung mengepung area bangunan yang sudah rata dengan tanah itu. “Lumayan
Mas, masih ada besi-besi yang bisa dijual lagi. Kayu-kayunya juga lumayan,”
Ujar Sudirman. Menurut pria yang mengenakan topi hijau itu, dirinya baru saja
datang karena diberitahu temannya. Bapak dua anak itu menjelaskan beberapa
temannya ada yang sudah bolak-balik sebanyak dua kali. “Ada yang fokus memunguti besi-besi serta rolling
door-nya. Ada juga yang mencari kayu dan papan. Bahkan, teman saya sampai
rela menyewa mobil supaya bisa membawa banyak,” katanya. Para pemulung ini tidak bekerja
sendirian. Mereka saling membantu satu sama lain, lalu membagi rata hasilnya.
Bahkan, beberapa pemulung ada yang mengajak anaknya untuk mengangkut
puing-puing tersebut. |
Informasi penting dalam teks laporan
hasil opservasi tersebut adalah …
A. Petugas aparat gabungan membantu para
pemulung mengambil besi dan kayu.
B. Para pemulung menjual besi dan kayu kepada pengepul barang
bekas.
C. Para pemulung menjual besi dan kayu
tersebut kepada pengepul barang bekas.
D. Pemulung mengepung bekas kios onderdil, mengambil besi dan kayu bekas.
E. Keluarga pemulung beramai-ramai
memungut puing-puing bekas bangunan
Cermatilah wacana
berikut secara saksama untuk memnjawab soal no. 11 dan 12!
Uang Uang
dalam ilmu ekonomi tradisional dimaknakan sebagai setiap alat tukar yang
dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apa pun yang
dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang
dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang
tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian
barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk
pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat
penunda pembayaran. Secara kesimpulan, uang adalah suatu benda yang diterima
secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan
pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan
bertindak sebagai alat penimbun kekayaan. Keberadaan uang menyediakan
alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks,
tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena
membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan
pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang
didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan
dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktivitas dan
kemakmuran. Pada
awalnya di Indonesia, uang —dalam hal ini uang kartal— diterbitkan oleh
pemerintah Republik Indonesia. Namun sejak dikeluarkannya UU No. 13 tahun
1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah untuk mencetak uang dicabut. Pemerintah
kemudian menetapkan Bank Sentral, Bank Indonesia, sebagai satu-satunya
lembaga yang berhak menciptakan uang kartal. Hak untuk menciptakan uang itu
disebut dengan hak oktroi. |
11. Teks yang berjudul
“Uang”
termasuk teks laporan hasil observasi
karena ....
A.
Mengandung opini, gaya informasi membujuk, terdapat
argumen penulis.
B.
Bersifat humor, bersifat menyindir, menghibur.
C.
Terdapat kalimat definisi, bersifat objektif, terdapat
deskripsi manfaat.
D.
Membahas suatu fenomena alam, menggunakan kata penanda
urutan, fokus pada hal umum.
E.
Berisi tentang peristiwa, gaya bahasa naratif, terdapat
urutan cerita.
12.
Paragraf
pertama bacaan tersebut struktur bagian yang berupa pernyataan umum karena terdapat
… .
A. kalimat deskripsi
B. kalimat transitif
C. kalimat retoris
D. kalimat pengklasifikasian
E. kalimat definisi
13.
Cermatilah
wacana berikut secara saksama!
Kebanyakan
kambing di alam tumbuh dua batang tanduk yang memiliki berbagai bentuk dan
ukuran menurut jenisnya. Kambing tumbuh tanduk melainkan ia "dinyah
tanduk" (polled), yaitu ketidakmampuan dalam pertumbuhan tanduk disebabkan genetik atau tanduk tersebut
dicabut, biasanya terjadi setelah lahir.[ Terdapat kejadian kambing poliserat
(tumbuh banyak tanduk, sebanyak-banyak lapan batang), namun ini merupakan
kelainan genetik yang dipikirkan
adalah turun-temurun. Pencabutan tanduk paling sering terjadi dalam kelompok
kambing menyusui (untuk
perdagangan) untuk mengurangi cedera terhadap manusia dan kambing lain. Tidak
seperti sapi, kambing tidak berhasil disilangkan jenisnya untuk diubah bentuk
tanduk yang sesungguhnya karena gen-gen yang menentukan jenis kelamin berkaitan erat dengan yang menentukan
tanduk. Percobaan menyilangkan dua ekor kambing yang diubah tanduk secara
menghasilkan sejumlah besar individu interseks yang rata-rata mandul dalam
kalangan anak-anak kambing. Tanduk kambing tersusun atas tulang hidup yang dibalut oleh keratin dan protein
lainnya, digunakan untuk pertahanan, penguasaan, dan perwilayahan. |
Kata
dicetak tebal tersebut menggunakan
imbuhan yang mengubah verba menjadi
nomina adalah … .
A.
pertumbuhan
B.
dipikirkan
C.
menyusui
D.
berkaitan
E.
tersusun
14.
Cermatilah
wacana berikut secara saksama!
Peningkatan penanaman singkong sejalan … pertumbuhan penduduk Pulau Jawa
yang pesat. Ditambah lagi produksi padi tertinggal di belakang pertumbuhan
penduduk. “Singkong khususnya menjadi sumber pangan tambahan yang disukai,”
tulis Marwati Djoened Poesponegoro … Nugroho Notosusanto dalam Sejarah
Nasional Indonesia V. Hingga saat ini, singkong telah menjadi salah satu
bahan pangan yang utama, tidak saja di Indonesia , … juga di dunia. Di
Indonesia, singkong merupakan makanan pokok ketiga setelah padi-padian dan
jagung |
Konjungsi
yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang tersebut adalah … .
A.
dan,
sedangkan, maka
B.
atau,
maka, tetapi
C.
dengan,
dan, tetapi
D.
dan, maka, sejak
E.
atau,
agar, namun
Cermatilah wacana berikut
untuk menjawab soal no.15 dan 16 !
Pendidikan merupakan
senjata yang paling ampuh, karena
dengan pendidikan mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa arti itu pendidikan?
Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang
sangat bermanfaat. Pendidikan yang
saat ini ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik.
Pemerintah sudah mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya
merenovasi dan membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya
pendidikan. Apa yang harusnya sekarang disadari oleh para pelajar yaitu
adanya keinginan belajar dan berprestasi. Dengan tekad kuat
untuk membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, maka para pelajar harus
segera menyadari bahwa pemerintah telah membantu mereka secara tak langsung
dengan memudahkan proses penyelenggaraan pendidikan Indonesia. Pelajar
harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan
yang ada sudah ditopang oleh pemerintah. Dengan begitu,
derajat bangsa Indonesia akan lebih diakui dikancah internasional dunia.
Selain itu, Indonesia juga tidak akan dianggap remeh, sehingga mampu
meningkatkan perekonomian dalam negeri. Namun, pendidikan yang ada sering
kali dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab, hal itu
mencoreng dunia pendidikan Indonesia Maka dari itu tugas
kita sekarang adalah tetap mempertahankan pendidikan yang ada. Membantu
keseimbangan dalam sistem pendidikan dan juga terus memperbaiki kekeliruan
terkait pendidikan yang terjadi di sekitar kita |
15.
Pernyataan
yang sesuai dengan teks eksposisi tersebut adalah … .
A.
Pendidikan adalah sebuah prasarana dimana kita bisa
mempelajari banyak hal yang agak bermanfaat
B.
pemerintah
telah membantu mereka secara tak langsung dengan memudahkan proses
penyelenggaraan pendidikan Indonesia.
C.
Pelajar
harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan yang
ada belum ditopang oleh pemerintah.
D.
pendidikan
yang ada selalu dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab.
E.
Pemerintah
belum mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya merenovasi dan
membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya pendidikan.
16.
Teks
wacana tersebut termasuk teks eksposisi dengan adanya karakteristik yang berupa … .
A.
tesis
dan argumentasi
B.
argumentasi
dan rekomendasi
C.
tesis
dan abstraksi
D.
abstraksi
dan koda
E.
orientasi
dan abstraksi
17.
Cermatilah
wacana berikut dengan saksama !
Sistem pendidikan
Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan.
Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia
pendidikan Indonesia.. |
Yang menandai teks tersebut sebagai
tesis karena dalam teks terdapat … .
A.
adjectiva
B.
verba
C.
nomina
D.
adverbial
E.
numeral
Cermatilah wacana berikut dengan
saksama untuk soal no.18 s.d. 21 !
Keyakinan
itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang
yang berada di kelompok Consuming Class. Angka itu adalah angka terbesar di
dunia setelah China dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030
Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai
pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian,
konsumsi, dan energi. Indonesia saat ini sedang berada pada laju
transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia
berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846
milliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8
triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika,
Jepang,China, Brasil, dan Rusia yang berada di atas Indonesia. Kekuatan
terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh
kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik
dan jasa-jasa,yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Melihat potensi
yang sedemikian besar dalam beberapa pertemuan intrnasional. |
18.
Pendapat
atau opini penulis dalam teks eksposisi tersebut adalah ....
A.
Indonesia
memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok Consuming Class.
B.
Pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi
nomor tujuh dunia
C.
ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia
dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 milliar dolar AS.
D.
Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia terletak pada
ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas.
E.
Kekuatan ekonomi Indonesia terletak pada konsumsi
domestik dan jasa-jasa,yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.
19.
Alasan
penulis yang terdapat pada teks eksposisi tersebut adalah ....
A.
Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang
yang berada di kelompok Consuming Class
B.
Angka 90 juta tersebut adalah angka terbesar di dunia
diikuti China dan India.
C.
Indonesia saat ini sedang berada pada laju
transformasi yang pesat menuju ekonomi mandiri.
D.
Pada tahun 2030 hanya Amerika, Jepang,China, Brasil,
dan rusia yang berada di atas Indonesia
E. Melihat
potensi yang sedemikian besar dalam beberapa pertemuan internasional.
20.
Kalimat
fakta yang sesuai dengan teks eksposisi tersebut adalah ....
A.
Angka 90 % adalah angka terbesar di dunia setelah
China dan India
B.
Pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan
ekonomi nomor tujuh dunia.
C.
Pada tahun 2030 pendapatan nasional sebesar 1,8
triliun dolar AS.
D.
Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8
triliun dolar AS mulai tahun 2017.
E.
Pada tahun 2030 hanya Amerika, Jepang,China, Brasil,
dan Rusia yang berada di atas Indonesia
21.
Penegasan
ulang atau rekomendasi pendapat dari wacana di atas yang benar adalah....
A. Saat ini
perteumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen hingga 6
persen , apabila dapat dipertahankan akan menambah jumlah masyarakat kelas
menengah bertambah dengan peningkatan pendapatan
B. Harapan para
investor merupakan peluang dan tantangan bagi indonesia. Dengan ekonomi
yang kian menguat akan terus diincar para investor menanamkan modalnya di
Indonesia
C. Pembenahan di
sektor riil dan infrastruktur perlu terus dilakukan secara serius guna
mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar
di AsiaTenggara
D. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi
dan momentum yang baik atau dilewatkan begitu saja, prediksi para investor
tidak akan menjadi kenyataan
E. Indonesia menjadi buah bibir pada saat
pelaksanaan sidang tahunan International Monetery fund ( IMF ) 2012 di Tokyo.
22.
Cermatilah
wacana berikut dengan saksama !
Tesis :
Betapa pun kecilnya, tumpukan sampah akan berpengaruh pada lingkungan dan kesehatan Argumentasi : 1.
Sampah akan mengundang bencana banjir. 2.
Sampah akan menimbulkan bencana ekologi
lainnya. 3.
Sampah akan menyebarkan bibit penyakit. 4.
Tumpukan sampah akan menyebarkan bau tak
sedap |
Urutan argumen yang
tepat untuk tesis tersebut adalah ....
A.
(1), (2), (3), dan (4)
B.
(2), (3), (4), dan (1)
C.
(3), (4), (1), dan (2)
D.
(4), (3), (1), dan (2)
E.
(4), (2), (3), dan (1)
Cermatilah
teks berikut secara saksama !
(1)Bencana
tanah longsor, banjir bandang, dan limpasan air sungai yang sering terjadi di
sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran air (DAS). (2) Kawasan
hulu hingga hilir harus direhabilitasi pemerintah untuk mengatasi bencana
hidrologi ini. (3)Pertambahan
penduduk yang bermukim di daerah sungai telah melemahkan daya dukung
lingkngan tersebut. (4) Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS
mendorong konversi hutan menjadi areal perkebnan dan permukiman.(4)
Berkurangnya areal vegetasi akan mengurangi daya serap air. (6) perubahan
lahan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan berupa erosi dan longsor. |
23.
Kalimat
yang tidak mendukung tesis adalah kalimat ....
A. nomor
( 2 )
B. nomor
( 3 )
C. nomor
( 4 )
D. nomor
( 5 )
E. nomor ( 6 )
Cermatilah
teks berikut secara saksama untuk mengerjakan no.24 s.d. 27 !
(1) Wacana full day school masih menjadi kontroversi dengan pro dan kontra
yang mengelelilinginya. (2) Ada yang berpendapat bahwa full day school akan menambah kompetensi pendidikan bagi siswa.
(3) Namun, ada juga pendapat yang sebaliknya. (4) Program full day school justru akan membuat
beban siswa semakin berat. (5) Dengan beban yang semakin berat, siswa tidak
akan fokus belajar dan hasilnya kompetensi pendidikan akan turun. (6) Tidak
seharusnya usia sekolah hanya dibebani oleh pendidikan di kelas, namun juga
pendidikan di luar sekolah yang berupa pengalaman sehari-hari. (7) Full day school yang mengurangi waktu
bermain juga dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan psikologis anak di
kemudian hari. |
24.
Istilah kompetensi pada teks tersebut dapat dimaknai
dengan...
A.
kewenangan
B.
kekuasaan
C.
kemampuan
D.
keahlian
E.
kecakapan
25.
Frasa adjektiva pada teks tersebut adalah...
A.
menjadi kontroversi
B.
akan membuat
C.
semakin berat
D.
usia sekolah
E.
perkembangan psikologis
26.
Nomina bentukan (kata benda berimbuhan) yang terdapat
dalam teks tersebut adalah...
A.
berpendapat
B.
pendidikan
C.
siswa
D.
dibebani
E.
dikhawatirkan
27.
Kalimat transitif pada teks tersebut ditunjukkan pada
kalimat nomor...
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
28.
Cermatilah
teks berikut secara saksama untuk mengerjakan no.24 s.d. 27 !
Kalimat
utama : Jepang termasuk negara di dunia
yang sangat peduli dengan lingkungan. Kalimat
penjelas : 1.
Misalnya,
Jepang menjadi negara sponsor dalam konferensi tentang lingkungan di Kyoto 2.
Beragam
sapek kehidupan di negara itu mengacu pada komitmen peduli lingkungan. 3.
Terakhir,
Jepang berusaha memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan. 4.
Selain
itu, Jepang selalu melakukan daur
ulang sampah dan membangun kawasan industri bebas polusi. |
Untuk
menjadikan paragraf yang baik, urutan kalimat penjelas yang benar adalah ....
A.
1
– 2 – 3 dan 4
B.
2
- 3 – 4 dan 1
C.
3
– 4 – 1 dan 2
D.
4
– 1 – 2 dan 3
E.
2
– 1 – 4 dan 3
Cermatilah teks berikut secara saksama untuk
mengerjakan no. s.d. !
(1) Pendidikan karakter memiliki esensi
dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan akhlak. (2) Tujuan pendidikan
karakter adalah membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia, warga
masyarakat, dan warga negara yang baik. (3) Oleh karena itu, pendidikan
karakter dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah pendidikan nilai-nilai
luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri. |
29. Makna kata esensi yang
digunakan dalam teks ekposisi di atas
adalah...
A. sumber
B. dasar
C. inti
D. sari
A. isi
30. Konjungsi antarkalimat
pada kalimat nomor 3 teks di atas menyatakan...
A. hubungan pertentangan
B. hubungan temporal
C. hubungan pengakibatan
D. hubungan syarat
E. hubungan penyebaban
31.
Kalimat pertama pada paragraf
di atas adalah kalimat . . . .
A. aktif
transitif
B. aktif
intransitif
C. pasif
D. ellips
E. inversi
Cermatilah teks berikut dengan saksama untuk
menjawab soal no. 32 s.d 33 !
(1)
Suatu
hari, Duta Besar Belanda berkunjung ke Balai Kota Jakarta untuk memenuhi undangan Pak
Gubernur. Di tengah percakapan mereka terjadi obrolan berikut. (2) “Mengingat
adanya kedekatan historis, emosionl, dan serasi antara Indonesia dengan
Belanda, sebaiknya Jakarta ganti nama saja yang mirip dengan
Ansterdam,” ujar Dubes
Belanda (3) “Ide
bagus, Pak, lalu, nama apa yang pas?” tanya pak Gubernur. (4) “Terendam,”
jawab Dubes Belanda dengan tegas. (5) Sontak,
pecahlah tawa mereka berdua. |
32.
Isi
sindiran anekdot tersebut adalah Ibu Kota Jakarta … .
A. yang
sering macet
B. terlalu
padat penduduknya
C. sering
banjir
D. banyak
gedung menjulang
E. suhu
udara sangat panas
Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal
no.
1 |
Warna Danau Suatu hari di
sebuah danau, ada 4 orang laki-laki zaman now yang sedang menikmati keindahan
dan kesejukan alam danau tersebut. |
2 |
Laki-laki 1: Gila
coy, danau ini sejuk sekali ditambah dengan keindahan danau dengan airnya
yang berwarna biru Laki-laki 2: Biru
dari mananya itu bro, kan air danau itu warnanya coklat, ah buta warna lu nih Laki-laki 3: Hahaha
kalian ini ngarang-ngarang saja kerjaannya. Kalian salah semua, yang benar
itu airnya danau ini berwarna hijau, itu mata apa hiasan?Ke tiga laki-laki
tadi pun akhirnya berantem untuk memenangkan pendapatnya masing-masing
tentang warna air danau tersebut. |
3 |
Kemudian laki-laki
ke 4 pun berbicara setelah merasa kesal dengan ketiga temannya itu. Laki-laki 4: Dasar
ya lu pade, warna air danau ini bening bro, biru dari mananya coba, coklat
sama hijau apalagi. Coba lu pade buka semua kaca mata gih, huh, dasar ya
kalian ini seperti anak kecil saja, kerjaannya bertengkar aja. |
4 |
Lalu ketiga
laki-laki itu pun membuka kaca matanya, dan ternyata semuanya nyengir enggak
jelas. (Ternyata ketiga laki-laki tersebut memakai kacamata berwarna). |
33.
Bagian
nomor 3 wacana tersebut sebagai struktur bagian yang berupa … .
A.
koda
B.
abstraksi
C.
orientasi
D.
reaksi
E.
krisis
Cermatilah
wacana berikut dengan saksama !
Pak
Jono dan Pak Hari merupakan salah satu kader parpol yang sama-sama
mencalonkan diri untuk menjadi anggota MPR. Suatu ketika saat mereka selesai
menyerahkan berkas-berkas pencalonan ke KPU mereka menyempatkan diri untuk
mengobrol di sebuah kantin yang berada di dalam gedung. Pak
Jono : “Jika nanti kita terpilih menjadi anggota MPR apa yang akan kamu
lakuin?“ Pak
Hari : “Saya akan menjadi anggota MPR yang memperjuangkan aspirasi rakyat, sebab,
dari awal kita telah dititipi aspirasi oleh rakyat. Jadi sebagai wakil rakyat
kita harus menjalankan amanah tersebut sebaik-baiknya sehingga dapat tercipta
kehidupan masyarakat yang sejahtera, masyarakat yang adil, serta masyarakat
yang makmur”. Pak
Jono pun manggut-manggut mendengar jawaban dari Pak Hari mengenai pertanyaan
yang sebelumnya ia tanyakan. Namun setelah itu Pak Jono melontarkan satu
pertanyaan lagi. Pak
Jono : “Kalo pendapatmu tentang korupsi apa?”. Pak
Hari: “Kalo kurupsi itu menurut saya merupakan tindakan yang tak bermoral yang
seharusnya tidak dilakukan oleh siapa pun termasuk kita sebagai wakil rakyat
yang telah diberikan amanah oleh rakyat agar kelak kita dapat menciptakan
masyarakat yang sejahtera bersama-sama. Jika saya menjadi anggota MPR nanti
saya akan membuat mengenai hukuman yang cocok bagi para pelaku koruptor,
yaitu hukuman mati. Dengan cara tersebut akan membuat dampak jera bagi
oknum-oknum yang ingin korupsi”. Mendengar
jawaban dari Pak Hari tersebut entah mengapa Pak Jono malah tertawa
terbahak-bahak, lalu ia berkata Pak Jono :” Kamu ini mau jadi anggota MPR
atau majelis ta’lim?” |
34.
Sasaran
yang dikritik dalam teks anekdot
tersebut adalah....
A.
majelis
taklim
B.
anggota
MPR
C.
lembaga
MPR
D.
kinerja
anggota MPR
E.
calon
anggota MPR
35.
Makna
tersirat yang tampak pada teks anekdot tersebut adalah....
A.
Anggota
MPR memiliki persamaan dengan majelis taklim
B.
Perbedaan
visi sebelum dan sesudah menjdi anggota MPR
C.
Anggota
MPR sudah melegalkan perilaku korupsi
D.
Banyak
anggota MPR yang tidak mau melakukan korupsi
E.
.Korupsi
sudah menjadi budaya para pejabat tinggi
36.
Berdasar
teks anekdot tersebut, kalimat berikut ini menggunakan frasa idomatis ...
A.
Mereka menyempatkan diri untuk mengobrol di sebuah
kantin.
B.
Saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat.
C. Menurut
saya korupsi merupakan tindakan yang tak bermoral.
D.
Saya akan membuat hukuman yang cocok bagi para pelaku
korupsi.
E. Kamu
ini mau menjadi anggota MPR atau majelis ta’lim?
37.
Bagian
krisis teks anekdot tersebut adalah ....
A.
Pak Jono pun manggut-manggut mendengar jawaban dari
Pak Hari.
B.
Mendengar jawaban dari Pak Hari tersebut entah mengapa
Pak Jono malah tertawa terbahak-bahak.
C.
Kamu ini mau menjadi anggota MPR atau majelis
ta’lim??”
D.
Menurut saya korupsi merupakan tindakan yang tak
bermoral
E.
Saya akan membuat hukuman yang cocok bagi para pelaku
korupsi.
38.
Bagian
reaksi teks anekdot tersebut adalah ....
A. Pak
Jono pun manggut-manggut mendengar jawaban dari Pak Hari.
B.
Mendengar jawaban dari Pak Hari tersebut entah mengapa
Pak Jono malah tertawa terbahak-bahak.
C.
Kamu ini mau menjadi anggota MPR atau majelis ta’lim?”
D.
Menurut saya korupsi merupakan tindakan yang tak
bermoral
E.
Saya akan membuat hukuman yang cocok bagi para pelaku
korupsi
Cermatilah teks berikut dengan saksama
Bu
guru pun tersenyum.(1) ”Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan
hukum di negeri kita?” tanya Bu guru di depan kelas.(2) Bu guru bertanya
kenapa disebut hukum kantong kresek.(3) Tidak lama kemudian seseorang
menjawab dengan lantang.(4) “Hukum kantong kresek, Bu,” kata anak itu.(5)
“Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak muat.”(6) |
39. Urutan kalimat di atas agar menjadi
teks anekdot yaitu nomor .
. . .
A.
1-
2- 3- 4- 5- 6
B. 2- 4- 5- 3- 6- 1
C.
3-
2- 1- 4- 5- 6
D.
1-
2- 4- 5- 3- 6
E.
2-
3- 1- 4- 5- 6
Cermatilah wacana
berikut untuk menjawab soal no.40 s.d. 42 !
Dua orang kader
parpol sebut saja namanya Arya dan Abdillah sama-sama bermaksud mencalonkan
dirinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Setelah menyerahkan
berkas pencalonannya ke KPU di daerahnya, Arya dan Abdillah mengobrol sambil
meminum kopi di kantin gedung tersebut. Mereka berdua terlibat percakapan
yang seru. Arya : “Di, banyak
politisi di negeri kita yang sudah kaya raya!” Abdillah : “Kalau
masalah itu Dilah juga sudah tau, Ya!” Arya : “Sangking
kayanya mereka, mereka mampu mempunyai baju termahal di Indonesia.” Abdillah : “Loh,
maksud Arya baju termahal itu apa ?” Arya : “Yah,
apalagi kalau bukan baju tahanan KPK.” Abdillah : “Kok
malah baju tahanan KPK ?” (Bingung) Arya : “Iyalah,
coba saja Dilah pikir, seorang politisi minimal harus mencuri uang negara 1
milyar terlebih dahulu baru bisa memakai baju tersebut.” Abdillah : “Ooohh,
maksud Arya gito toh, baru ngerti Dilah.” Mereka kemudian
memesan kopi lagi sambil mengenang teman-teman mereka yang sudah bisa memakai
baju termahal tersebut.” |
40. Isi
sindiran yang ada dalam anekdot tersebut
adalah ... .
A. Banyaknya politisi yang korupsi
B. Banyak politisi yang mempunyai tujuan
untuk korupsi
C. Baju KPK yang terlalu mahal
D. Banyaknya anggota dewan yang kaya
E. Keinginan seseorang menjadi politisi
agar menjadi kaya
41. Pronomina
yang digunakan dalam anekdot tersebut menggunakan ... .
A.
Orang pertama tunggal
B.
Orang pertama jamak
C.
Orang kedua tunggal
D.
Orang ketiga tunggal
E.
Orang ketiga jamak
42. Kata kerja mental dalam paragraf
tersebut adalah … .
A. memakai
B. mengenang
C. menyerahkan
D. mengobrol
E. mencuri
Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal
no.43
dan 45 !
Pada suatu pagi,
Arya sedang asik makan soto di warung makan kesukaannya. Setelah kenyang Arya
bergegas untuk segera pulang. Di tengah
perjalanan pulang Arya mengalami kecelakaan terserempet oleh sepeda motor
yang ugal-ugalan. Kecelakaan tersebut mengakibatkan sandal Arya putus. Dengan terpaksa
Arya berjalan kaki tanpa menggunakan sandal. Karena rumahnya jauh, ia
memutuskan untuk pergi ke toko terdekat untuk membeli sandal. Tapi apa daya
uangnya tidak mencukupi. Karena uangnya
tidak mencukupi, Arya pun mempunyai niat untuk mencuri sandal di masjid yang
letaknya hanya beberapa meter dari toko tersebut. Arya hendak mengambil
sandal terbaik yang ada di masjid itu. Sambil duduk
diteras masjid, ia memperhatikan setiap orang yang akan masuk ke masjid. Jadi
ketika targetnya sibuk beribadah ia segera mengambil sandal tersebut. Ternyata aksinya berjalan
dengan lancar, Arya berhasil mendapatkan sandal berwarna hitam yang merupakan
sandal terbagus di masjid tersebut. Tidak diduga sang pemilik sandal
menyadari bahwa Arya telah mencuri sandalnya. Pemilik sandal
langsung teriak dan mengejar Arya. Apes sekali Arya, perutnya yang buncit
membuat ia tidak bisa berlari kencang. Arya pun dibawa ke kantor polisi. Setelah dilakukan
penyelidikan, Arya di vonis dengan pasal pencurian dan kasusnya akan
disidangkan satu minggu lagi. Sial sekali bagi Arya, hal sepele ini
membuatnya harus terseret ke meja hijau. Hari persidangan
telah tiba, Arya duduk di kursi tersangka dengan wajah tertunduk. Hakim : “Baiklah,
Arya, umur 24 tahun, telah terbukti telah mencuri sandal seharga 30.000
rupiah. Dengan ini anda dihukum selama 5 tahun penjara.” Arya : “loh?! Pak,
ini tidak adil, mengapa hukuman saya jauh lebih berat dibandingkan dengan
para koruptor ?” Kemudian hakim
memberikan penjelasan kepada Arya, bahwa ia mencuri sendal sehingga merugikan
seseorang 30.000 rupiah. Sedangkan para koruptor mencuri uang 2 miliar
sehingga merugikan 200 juta rakyat Indonesia. |
43.
Berdasarkan
kaidah kebahasaannya, teks tersebut
memiliki karakteristik sebagai anekdot karena ....
A. mengandung kalimat langsung
B. banyak menggunakan kata benda
C. adanya humor dan sindiran
D. menggunakan kata bermakna penyebaban
E. diakhiri dengan suatu koda
44. Konjungsi bermakna urutan waktu di
dalam cuplikan anekdot tersebut
adalah ....
A. kemudian
B. kepada
C. dengan
D. adalah
E. sehingga
45. Frasa yang mengandung makna idomatis dalam cuplikan anekdot tersebut adalah ....
A. sandal terbaik
B. kantor polisi
C. wajah tertunduk
D. pasal pencurian
E. meja hijau
Cermatilah
wacana berikut untuk menjawab soal no.46 dan
47
!
Dahulu
kala, ada seorang raja yang memiliki sepuluh orang putri yang cantik-cantik.
Sang raja dikenal sebagai raja yang bijaksana, tetapi ia terlalu sibuk dengan
kepemimpinannya. Karena itu ia tidak mampu mendidik anak-anaknya. Istri sang
raja sudah meninggal ketika melahirkan anaknya yang bungsu sehingga anak sang
raja diasuh oleh inang pengasuh. Putri-putri raja menjadi manja dan nakal.
Mereka hanya suka bermain di danau. Mereka tak mau belajar dan juga tak mau
membantu ayah mereka. Pertengkaran sering terjadi di antara mereka. ................................................................. “Hikayat Bunga Kemuning” |
46. Berdasarkan penggalan hikayat
tersebut, salah satu ciri hikayat adalah ....
A.
latar
cerita ada di dalam istana
B.
banyak
menggunakan kata arkais (maka)
C.
adanya
cerita yang mustahil
D.
memuculkan
hal kesaktian
E.
tokohnya
adalah hewan
47. Nilai yang terkandung dalam hikayat
tersebut adalah ....
A.
raja
yang mempunyai banyak puteri yang cantik-cantik
B.
puteri-puteri
yang suka bermain di danau
C.
isteri
raja yang meninggal saat melhirkan puterinya yang bungsu
D.
raja
yang memimpin dengan bijaksana
E.
pendidikan
puteri-puteri raja yang diasuh oleh inang pengasuh
Cermatilah wacana berikut sengan
saksama !
Maka si Miskin itupun
sampailah ke penghadapan itu. Setelah dilihat oleh orang banyak. Si Miskin
laki bini dengan rupa kainnya seperti dimamah anjing rupanya. Maka orang
banyak itupun ramailah ia tertawa seraya mengambil kayu dan batu.
”Hikayat Si Miskin” |
48.
Gaya bahasa yang digunakan dalam kutipan
hikayat dan cerpen tersebut adalah... .
A. hiperbola
B. personifikasi
C. simile
D. antonomasia
E. metafora
49. Kata
arkais yang terdapat dalam hikayat tersebut adalah … .
A. Si
miskin
B. maka
C. setelah
D. penghadapan
E. dimamah
50. Cermatilah wacana berikut!
Inilah suatu kisah yang diceritakan oleh orang tua-tua, asal raja yang
berbuat negeri Patani Darussalam itu. Adapun raja di Kota Maligai itu namanya
Paya Tu Kerub Mahajana. Maka Paya Tu Kerub Mahajana pun beranak seorang
laki-laki, maka dinamai anakanda baginda itu Paya Tu Antara. Hatta berapa
lamanya maka Paya Tu Kerub Mahajana pun matilah. Syahdan maka Paya Tu Antara
pun kerajaanlah menggantikan ayahanda baginda itu. Ia menamai dirinya Paya Tu
Naqpa. Selama Paya Tu Naqpa kerajaan itu sentiasa ia pergi berburu.
“Hikayat Patani” |
Nilai yang terdapat dalam penggal
hikayat tersebut adalah … .
A.
pendidikan
B.
religius
C.
kesehatan
D.
lingkungan
E.
budaya
KUNCI JAWABAN