Monday, 2 November 2020

KUMPULAN SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 10 SEMESTER 1

 

 

SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL

TAHUN 2017/2018

 

Mata Pelajaran/Kelas    :    Bahasa Indonesia / X

Hari/tanggal                  :   

Waktu                           :    07.30 s.d. 09.00 WIB

=====================================================================

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan ( ● )  huruf A, B, C, D, E pada LJK!

1.      Perhatikan teks negosiasi di bawah ini!

(Dima selaku ketua OSIS menghadap kepala sekolah untuk menyerahkan proposal kegiatan latihan dasar kepemimpinan)

(1)  Dima         : Selamat siang, Pak.

(2)  Kepsek                  : Siang, masuk Dima! Ada apa, Dim?

(3)  Dima         : Ini Pak, ada proposal acara kegiatan latihan dasar kepemimpinan

                          untuk bulan depan.

(4)  Kepsek      : Coba Bapak lihat! (sambil membolak-balik halaman proposal) Ini     

                          acara puncaknya di luar sekolah, Dima?

(5)  Dima         : Iya, Pak. Rencana mau kami adakan di Kaliurang.

(6)  Kepsek      : Kalau untuk ini, mohon maaf, bapak tidak bisa izinkan. Risikonya

                          terlalu besar untuk dilaksanakan di luar sekolah, apalagi di gunung.

                          Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja? Biaya sedikit dan

                          tanggung jawabnya tidak terlalu berat.

(7)  Dima         : Kami sudah memikirkan soal risiko itu, Pak. Pak Yuman sebagai

                          pembina sudah sepakat. Kaliurang tidak terlalu tinggi. Kami pun

                          akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50 % ditanggung

                          alumni, tetapi dengan syarat acara outbond diadakan di luar.

(8)  Kepsek      : Begitu ya? Baiklah, nanti akan Bapak pertimbangkan.

(9)  Dima         : Terima kasih, Pak.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Proses tawar-menawar antara Dima dengan kepala sekolah terjadi pada nomor….

A.    1,2,3,4

B.     5,6,7,8

C.     7,8,9,10

D.    3,4,5,6

E.     2,3,4,5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      Bacalah teks di bawah ini secara saksama!



Pramuniaga : Sebentar, Kak, saya cek dulu barangnya. Ada Kak. Telepon merek Sambung Galaksih warna transparan. Harga lima juta, gratis micro sd 8 GB, pelapis anticakar, dan garansi toko seumur hidup.

 

Calon pembeli : Wah, itu kemahalan, Mbak. Ini kan tipe lama. Harga pasarannya empat juta. Empat juta saja ya…

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Pasangan tuturan yang tepat berdasarkan kutipan teks negosiasi di atas adalah….

A.    Mengucapkan salam – membalas salam

B.     Bertanya – menjawab /tidak menjawab

C.     Meminta tolong – memenuhi/menolak permintaan

D.    Menawarkan – menerima/menolak tawaran

E.     Mengusulkan – menerima/menolak usulan.

 

 

3.      Bacalah teks di bawah ini secara saksama!

“Di tempat lain harganya bisa lebih mahal, Pak. Ini sudah paling murah jadi Bapak tidak akan rugi beli di sini.”

 

 

 

 
 

 

 


Bentuk di atas dalam negosiasi disebut kalimat .…

A.    interogatif

B.     eksklamatif

C.     persuasif

D.    deklaratif

E.     imperatif

 

4.      Perhatikan teks negosiasi berikut!

(1). Pengembang : Bagaimana, Pak? Tertarik dengan tawaran kami yang kemarin? Tanah Bapak kami beli seharga 3 juta per meternya.

(2). Pemilik tanah : Tidak tertarik, kecuali jika Anda berani menaikkan harga jualnya menjadi lima juta per meter.

(3). Pengembang : Kami sudah taksir nilai investasi tanah Bapak. Lima juta itu diluar prospek kami. Baiklah, saya berani tawarkan 3,5 juta per meter. Ini sudah cukup tinggi mengingat warga yang lain melepas tanahnya hanya dengan harga 2,5 juta per meter.

(4). Pemilik tanah : Lima juta dan kita deal.

(5). Pengembang : Keputusan ada di tangan Bapak. Kami hanya menyarankan untuk secepatnya menerima tawaran kami, kecuali Bapak ingin nilai investasi tanah Bapak turun menjadi dua juta per meter. 3.5 juta atau kami tidak jadi membeli tanah Bapak.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kalimat argumentasi pada teks negosiasi di atas ditunjukkan oleh nomor….

A.    1 dan 2

B.     2 dan 5

C.     3 dan 5

D.    1 dan 4

E.     3 dan 4

 

 

 

 

 

 

 

5.      Perhatikan teks negosiasi berikut!

Cetta : “Zra kemarin aku kan pesan power bank di Manda kamu tahu kan?”

Azra : “Ya, memangnya kenapa Cett? Apa barangnya rusak?”

Cetta : “Ternyata ayahku memberi aku hadiah power bank juga karena

            ulangan bahasa Indonesiaku dapat 100. Aku bingung ini kan mubazir

            punya 2. Kamu mau beli satu tidak?”

Azra : “Waduhh aku lagi gak punya uang nih Cett.”

Cetta : “Gimana kalau kamu bayar dua kali Zhra, asalkan kamu mau beli.”

Azra : “Oke deh. Wah kalau sudah kena rayuanmu Aku pasti nyerah deh.”

Cetta : “Terima kasih ya sahabatku tercinta.”

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Menurut informasi pada teks di atas penyebab Cetta menjual power bank ke sahabatnya karena ....

A.    Cetta dibelikan power bank ayahnya padahal dia juga memesan di Manda.

B.     Azra menyetujui untuk melakukan dua kali pembayaran.

C.     Cetta dan Azra bersahabat.

D.    Harga power bank di Manda lebih murah.

E.     Cetta takut dimarahi ayahnya.

 

6.      Bacalah teks di bawah ini secara saksama!

Pada hari Senin ada seorang pemuda menemui bagian personalia di perusahaan percetakan.

Paijo      : "Selamat pagi, Pak. Saya Paijo. Saya calon pegawai yang kemarin dipanggil untuk menjalani tes wawancara sebagai kepala gudang. Begini, Pak. Kebetulan pada hari Rabu, saya menghadiri upacara pernikahan adik saya. Bolehkah tes wawancaranya diundur?”

Pegawai: "Kalau tidak bisa besok berarti Bapak gugur sebagai calon pegawai di sini?”

Paijo       :   "Jangan, Pak, sebagai kompensasi Saya boleh ditempatkan di bagian mana saja

               asalkan saya tetap diterima di sini, Pak.”

Pegawai: " Baiklah akan saya catat di sini.”

Paijo       : "Baik. Terima kasih atas kebaikannya, Pak. Saya permisi dulu.”

Mereka berdua berjabat tangan dan Paijo berpamitan.

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Hal yang dilakukan Paijo sehingga dia dapat terus mengikuti seleksi calon pegawai padahal dia tidak bisa mengikuti seleksi tes wawancara pada hari Rabu adalah....

a.       Paijo mengikuti tes wawancara pada hari Selasa.

b.      Paijo meminta ijin tidak mengikuti tes wawancara pada pegawai di perusahaan percetakan.

c.       Paijo membuat negosiasi bersedia ditempatkan di bagian mana saja dengan bagian personalia perusahaan.

d.      Paijo menjadi wakil keluarga pada pernikahan adiknya.

e.       Paijo memiliki jiwa kepribadian yang santun dan disiplin.

C

 

 

7.      Bacalah teks di bawah ini secara saksama!

 

Widjaksono dan Nunung Bingungwati serta Aziz Gagap sedang bernegosiasi dengan calon sponsor mereka. Mereka mewakili karang taruna untuk mencari dana. Dana tersebut akan digunakan untuk acara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan. Dalam negosiasi tersebut, Widjaksono merasa suasananya sangat formal dan tegang. Nunung Bingungwati dan Aziz Gagap tampak bingung dan gugup. Lawan negosiasi mereka juga tampak tidak ramah. Oleh karena itu, Widjaksono berusaha mendinginkan suasana dengan sedikit bergurau tanpa mengurangi keformalan negosiasi.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 


Trik negosiasi yang dilakukan oleh Widjaksono adalah ...

A.    berbicara dengan menggunakan bahasa asing agar terlihat cerdas.

B.     menggunakan kata ganti kami.

C.     melakukan kontak mata.

D.    mengambil kesimpulan dengan cepat

E.     membuat suasana menjadi santai.

E

 

8.      Cermatilah teks berikut!

 

Maskulin : "Untuk memperingati HUT sekolah kita, lebih baik kita menampilkan tari

                   kuda lumping."

Masbro    : "Lebih oke, kita menampilkan musik dangdut Sagitu saja, pasti ‘kan lebih

                    seru!"

Maskulin : "Tari kuda lumping juga bisa lebih seru, Masbro!"

Masbro    : "Penonton akan lebih menyukai musik dangdut daripada tarian."

Maskulin : "Tapi kita punya beberapa penari kuda lumping di kelas. Ini pasti

                   menarik."

Masbro    : "Kita juga punya beberapa penyanyi hebat."

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan negosiasi tersebut, hambatan yang terjadi adalah ...

A.    komunikasi hanya satu arah.

B.     perbedaan pandangan.

C.     adanya kesalahpahaman

D.    umpan balik tidak tepat.

E.     topik tidak fokus.

B

 

9.      Bacalah teks negosiasi di bawah ini!

Penjual          : Bagimana kalau Bapak tambahin seratus, jadi pasnya 1 juta; soalnya walaupun bekas tetapi baru dipakai seminggu.  Surat, casnya pun masih lengkap, dan garansinya masih berlaku Pak. Bagimana?

Pembeli        : Oke deh kalau begitu. Satu juta boleh juga.

 



 
 

 

 

 

 

 


Unsur apa yang paling dominan dari penggalan teks negosiasi tersebut…

A.    Persetujuan

B.     Penawaran

C.     Pemenuhan

D.    Tawar-menawar

E.     Pembukaan

A

 

10.  Bacalah teks negosiasi di bawah ini!

Pembeli         :  1,3 juta? Wah koq masih mahal banget ya. HP ini kan sudah bekas, boleh ditawarkan?

Penjual          :  Mau tawar berapa, Mas Jek?

Pembeli         :  Bagaimana kalau 9 ratus, soalnya layar sudah ada yang tergores.  

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 


Unsur apa yang paling dominan dari penggalan teks negosiasi tersebut…

A.    Persetujuan

B.     Penawaran

C.     Pemenuhan

D.    Penutup

E.     Pembelian

 

B

 

11.  Perhatikan cuplikan debat berikut ini!

Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri, kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi, kalau benar-benar kita mau berdisiplin, kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah, kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan meningkatkan teknologi bangsa kita. Untuk apa rekan-rekan? Untuk kejayaan bangsa kita pada masa yang akan datang. Mari kita buktikan itu!

 

Kalimat persuasif teks di atas adalah ….

A.    Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri

B.     Kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi

C.     Kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah

D.    Kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan berteknologi tinggi.

E.     Untuk kejayaan bangsa kita pada masa yang akan datang. Mari kita buktikan itu!

 

E

 

 

12.  Bacalah nukilan teks debat berikut dengan saksama!

Bacalah nukilan teks debat berikut dengan saksama!

 

Produk-produk gorengan yang kini sudah menjadi industri besar baik di kota kecil maupun di kota besar antara lain adalah fastfood. Tidak ada yang jelek dengan makanan yang siap saji itu, kecuali bila dikonsumsi berlebihan. Bagaimanapun juga bahan dasar kelompok santapan ini adalah makanan bergizi seperti daging ayam atau daging sapi dan kentang atau nasi. Ketidakseimbangan gizi muncul karena porsi pangan hewannya yang di dalamnya terkandung cukup banyak kolesterol terlalu besar. Sebaliknya kandungan sayuran dalam makanan siap saji ini umumnya rendah.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Kalimat yang paling tepat untuk menanggapi wacana tersebut adalah ...

A.    Sebaiknya produk-produk gorengan yang sudah menjadi besar ditinggalkan.

B.     Makanan siap saji boleh saja dikonsumsi berlebihan.

C.     Sebaiknya mengkonsumsi makanan siap saji tidak berlebihan karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.

D.    Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

E.     Ketidakseimbangan gizi makanan siap saji disebabkan kurangnya kandungan sayuran.

 

C

13.  Bacalah puisi di bawah ini dengan cermat!



KAMPUNG

(Subagyo Sastrowardoyo)

Kalau aku pergi ke luar  negeri, dik

Karena hawa di sini sudah pengap oleh

Pikiran-pikiran beku

Hidup di negeri ini seperti di dalam kampung

Di mana setiap orang ingin bikin peraturan

Mengenai lalu lintas di gang, jaga malam

Dan daftar diri di kemantren

...

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Makna kata pikiran-pikiran beku dalam kutipan puisi tersebut mengkritik  ...

A.   peraturan yang ketat

B.   orang-orang yang pola pikirnya tidak berkembang

C.   orang-orang yang merusak lingkungan hidup

D.   orang-orang yang tidak menjaga lingkungan

E.    orang-orang kampung yang enggan bepergian.

B

 

14.  Bacalah nukilan debat di bawah ini dengan saksama!



Saudara-saudara yang saya hormati,

Harus kita akui bahwa pembangunan pendidikan di Indonesia selama ini telah banyak mengalami kemajuan yang cukup berarti, tetapi kita juga menyadari bahwa masih terdapat banyak persoalan pendidikan yang harus diselesaikan secara bersama dan bertahap sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan di era global.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi nukilan debat di atas adalah …

A.    Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.

B.     Melalui proses pembangunan pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia seutuhnya.

C.     Sebaiknya kita harus membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.

D.    Atas dasar itulah langkah kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.

E.     Marilah kita antisipasi arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.

A

 

15.  Bacalah nukilan materi debat berikut!

Produk-produk gorengan yang kini sudah menjadi industri besar baik di kota kecil maupun di kota besar antara lain adalah fastfood. Tidak ada yang jelek dengan makanan yang siap saji itu, kecuali bila dikonsumsi berlebihan. Bagaimanapun juga bahan dasar kelompok santapan ini adalah makanan bergizi seperti daging ayam atau daging sapi dan kentang atau nasi. Ketidakseimbangan gizi muncul karena porsi pangan hewannya yang di dalamnya terkandung cukup banyak kolesterol terlalu besar. Sebaliknya kandungan sayuran dalam makanan siap saji ini umumnya rendah.

 

 
    

 

 

           

 

 

 

 

 

Kalimat tanggapan yang tepat sesuai dengan materi debat di atas adalah ...

A.    Sebaiknya produk-produk gorengan yang sudah             menjadi besar ditinggalkan.

B.     Makanan siap saji boleh saja dikonsumsi berlebihan.

C.     Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

D.    Sebaiknya mengkonsumsi makanan siap saji tidak berlebihan karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.

E.     Ketidakseimbangan gizi makanan siap saji disebabkan kurangnya kandungan sayuran.

D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

16.  Perhatikan teks di bawah ini!

 

Pernyataan khusus:

1. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dari bahasa Arab terutama yang berkaitan dengan masalah agama, terutama agama Islam.

2. Contoh kosa kata hasil penyerapan dari bahasa Arab adalah musyawarah, hak, salat, dan taubat.

3. Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari bahasa Jepang, Jerman, Korea dan negara lainnya.

4. Kosa kata dan istilah teknologi hasil penyerapan dari negara-negara tersebut antara lain komputer, gadget, televisi, internet, dan astronot.

5. Tak hanya itu, bahasa Indonesia juga menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.

6. Contoh kosa kata hasil penyerapan terakhir antara lain  karate, dansa, bakso, cwimie, dan kimono.

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kesimpulan generalisasi teks di atas adalah ...

A.    Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.

B.     Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.

C.     Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari negara asing.

D.    Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah dari Arab, Jepang, Jerman, Korea.

E.     Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.

A

 

17.  Bacalah teks di bawah ini secara cermat!

 

Orang tua mendidik kita di rumah dengan penuh kasih sayang. Mereka mengajari kita banyak hal. Tak jarang kita dimarahi ketika kita nakal dan tidak mematuhi nasihat mereka. Di sekolah para guru juga mendidik kita dengan penuh kasih sayang. Guru-guru kita mengajari kita berbagai ilmu pengetahuan dan ketrampilan, bahkan juga memberikan teladan akhlak yang baik. Demi menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab, para guru pun acapkali memberi hukuman pada kita.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 


Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...

A.    Jadi, dapat dikatakan bahwa orang tua adalah guru kita.

B.     Jadi, dapat dikatakan bahwa para guru adalah orang tua kita di sekolah.

C.     Jadi, para guru bukan orang tua kita.

D.    Jadi, orang tua selalu mendidik kita seperti guru.

E.     Jadi, kita dimarahi guru di sekolah seperti halnya orang tua kita.

 

B

 

 

 

 

 

18.  Bacalah teks di bawah ini secara saksama!



Penyedotan air semakin berlebih saat pasokan air tidak mencukupi laju pertambahan aktivitas komersial. Penyedotan secara berlebihan, terutama oleh pengelola gedung-gedung bertingkat, tidak hanya dilakukan pada sumur dalam, tetapi juga sumur dangkal. ... .

 

 
 

 

 

 

 

 


Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran sebab-akibat maka jawaban yang paling tepat adalah ...

a.       Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dalam.

b.      Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai kering.

c.       Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dangkal.

d.      Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai berlebihan.

e.       Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai disedot.

B

 

 

19.  Bacalah topik debat di bawah ini secara saksama!

 

 

Topik debat: Mencintai dan Menekuni Pekerjaan

Kalimat persuasif:

(1)   Oleh karena itu, saya anjurkan Bapak dan Ibu memiliki tujuan pekerjaan.

(2)   Dengan demikian, semua pekerjaan hendaknya dilakukan sesuai dengan tujuan.

(3)   Jadi, semua pekerjaan yang akan kita lakukan haruslah memiliki tujuan yang diharapkan.

(4)   Karena itu, kita hendaknya mencintai pekerjaan yang akan kita lakukan.

(5)   Dengan demikian, marilah kita tekuni setiap pekerjaan yang kita lakukan agar memperoleh hasil maksimal.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kalimat persuasif yang sesuai dengan topik debat tersebut terdapat pada kalimat nomor …

A.   (1) dan (2)

B.   (1) dan (3)

C.   (4) dan (5)

D.   (2) dan (3)

E.    (3) dan (4)

 

C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20.  Bacalah pernyataan berikut dengan saksama!           

 

Kecenderungan pada sebagian remaja adalah tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah. Wujud dari kecenderungan tersebut adalah munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan sering menyimpang dari aturan yang berlaku di sekolah. Penyebabnya, karena sejak kecil orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak. Wajarnya, orang tua harus mampu memberikan hukuman pada saat anak memunculkan perilaku yang salah dan memberikan pujian atau hadiah saat anak memunculkan perilaku yang baik atau benar.

 

Apa penyebab sebagian remaja tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah? Jawaban yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah karena …

A.   Munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan menyimpang dari aturan.

B.    Orang tua tidak pernah memberikan hukuman kepada anak yang salah.

C.    Orang tua tidak pernah memberikan hadiah kepada anak yang baik.

D.   Orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak.

E.    Anak yang sering melakukan kesalahan di sekolah orang tua tidak menghukumnya.

D

 

21.  Bacalah kutipan debat di bawah ini dengan saksama!

 

Saudara-saudara yang saya hormati,

Harus kita akui bahwa pembangunan pendidikan di Indonesia selama ini telah banyak mengalami kemajuan yang cukup berarti, tetapi kita juga menyadari bahwa masih terdapat banyak persoalan pendidikan yang harus diselesaikan secara bersama dan bertahap sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan di era global.

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Kalimat persuasif yang paling tepat untuk melengkapi kutipan debat di atas adalah …

A.      Melalui proses pembangunan pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia modern.

B.       Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.

C.       Sebaiknya kita harus membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.

D.      Atas dasar itulah langkah kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.

E.       Marilah kita antisipasi arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan dan pelayanan masyarakat.

B

 

 

 

22.  Baca cuplikan bagian debat di bawah ini dengan cermat!

 

Peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Baik pria maupun wanita, hendaknya selalu meningkatkan rasa tanggung jawab mereka terhadap kesejahteraan bersama. Kader-kader wanita diharapkan juga peduli terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Banyak kaum wanita yang terpaksa bekerja karena suami mereka terkena PHK.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Agar menjadi baik, kalimat simpulan yang paling sesuai untuk nukilan debat  tersebut adalah …

A.      Akan tetapi, kaum wanita selama ini masih dipandang sebagai objek, bukan sebagai subjek.

B.       Dengan demikian, bekerja atau tidaknya para wanita di luar rumah tetap berpengaruh terhadap kesejahteraan sebuah keluarga.

C.       Meskipun demikian, tidak serta-merta wanita harus ditempatkan sebagai pelaku tunggal dalam segala sesuatu.

D.      Oleh karena itu, sesuatu bisa terjadi bila wanita tidak diberikan kesempatan dalam menentukan kesejahteraan sebuah keluarga.

E.       Untuk itu, pemerintah perlu memperhatikan nasib kaum wanita yang suami mereka terkena PHK.

E

 

 

23.  Cermatilah penggalan biografi berikut!

Hamdan Zoelva menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) justru di kala lembaga ini terpuruk di jurang paling dalam. Ketuanya pada saat itu Akil Mochtar, ditangkap KPK karena menerima suap. Peristiwa itu mengonfirmasi bisik-bisik tak sedap yan ada terkait penanganan perkara pilkada. Namun dalam waktu setahun nama MK dan kepercayaan masyarakat berangsur-angsur pulih.

Itu antara lain karena MK di bawah Hamdan berperan penting menjaga tegaknya demokrasi konstitusional. MK turut mengawal suara rakyat dan mengembalikan kepada yang berhak melalui proses sengketa pemilu baik pemilu legislatif dan pemilu presiden. Di situlah keberadaan Hamdan menarik perhatian masyarakat Indonesia.

                                                                                                 Kompas, 4 November 2016  

Hal yang menarik berdasarkan biografi tersebut adalah ….

A.    Hidupnya dipertaruhkan untuk perkembangan sejarah dan keruwetan negara.

B.    Hidupnya tanpa pengabdian masyarakat, hanya untuk hukum semata.

C.    Hidup tanpa waktu untuk keluarga hanya untuk negara dan bangsa.

D.    Prestasinya dalam membenahi lembaga yang sedang terpuruk.

E.    Kariernya menanjak di usia yang hampir memasuki masa pensiun.

D

 

24.  Bacalah kutipan biografi berikut dengan baik!

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah pada 20 Maret 1940 ini, mengaku tak pernah berencana menjadi penyair. Dia berkenalan dengan puisi pun secara tak sengaja. Sejak masih belia, putra Sadyaka dan Apariyah itu sering membenamkan diri dalam tulisan-tulisan. Bahkan, ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam. Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Kemudian, ketika duduk di SMA, ia memilih jurusan Sastra dan kemudian melanjutkan pendidikan di fakultas Sastra UGM.

Hal yang menarik dalam kutipan biografi tersebut adalah ….

A.    Pria kelahiran Solo ini, mengaku tak pernah berencana menjadi penyair

B.    Ia memilih jurusan Sastra dan melanjutkan pendidikan di fakultas Sastra UGM.

C.     Sejak masih belia sering membenamkan diri dalam berbagai tulisan.

D.    Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih SMAP.

E.     Ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam.

 

E

 

25.  Bacalah teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!

Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada tahun 1925.

 

Isi penggalan biografi tersebut adalah  … .

A.    riwayat pribadi tokoh

B.     pendidikan tokoh

C.     kehidupan orang tua tokoh

D.    karakter tokoh

E.     cita-cita tokoh

A

 

26.  Keistimewaan tokoh yang disampaikan dalam biografi tersebut adalah bahwa tokoh itu …

A.    keturunan bangsawan

B.     termasuk orang pandai

C.     akan mampu menjadi pemimpin

D.    menjadi seorang insinyur

E.     anak priyayi, guru dan bangsawan

B

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

27.  Perhatikan biografi berikut ini!



Ramadan K.H. yang nama lengkapnya adalah Ramadan Karta Hadimadja (lahir di Bandoeng, 16 Maret 1927 – meninggal di Cape Town, Afrika Selatan, 16 Maret 2006 pada umur 79 tahun) adalah seorang penulis biografi Indonesia. Ia meninggal setelah menderita kanker prostat selama ±3 bulan.

Kang Atun, panggilan akrab Ramadan, adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Ayahnya, Rd. Edjeh Kartahadimadja, adalah seorang patih Kabupaten Bandung pada masa kekuasaan Hindia Belanda. Ia dilahirkan dari perkawinan ayahnya dengan Saidah. Aoh K. Hadimadja (1911 - 1972) yang juga dikenal sebagai penyair dan novelis itu, adalah kakak kandung seayah Ramadan yang lahir dari rahim istri pertama ayahnya yakni Rd. Djuwariah binti Martalogawa. Ketika usia Ramadan masih belum genap tiga bulan, ayahnya terpikat perempuan lain dan menceraikan Saidah yang langsung dikembalikan ke kampung. Pengalaman tersebut membuat ia dekat dengan sosok ibu dan menghayati derita kaum perempuan.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 


      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

       Masalah yang dialami Kang Atun dalam biografi tersebut adalah …

A. Ia terlahir dari keluarga penyair

B.    Ramadhan K.H. pernah terpikat perempuan lain dan menceraikan istrinya

C.    Orang tuanya bercerai ketika ia masih balita

D.   Sejak kecil ia menderita kanker prostat

E.  Ia terlahir dengan sepuluh bersaudara

C

 

28.  Hal yang bisa diteladani dari tokoh dalam biografi tersebut adalah …

A.   Ayahnya adalah seorang patih Kabupaten Bandung

B.    Ia memiliki kakak yang juga seorang penyair dan novelis

C. Ia hanya mampu menulis biografi

D.   Menjadikan masa lalunya menjadi pengalaman yang berharga

E.    Ia hanya akrab bergaul dengan kaum perempuan

D

 

 

 

29.  Bacalah nukilan biografi berikut ini!

Dalam dunia pertinjuan, Muhammad Ali terkenal sebagai petinju bermulut besar.

 

 
 

 

 

 


Ungkapan bermulut besar dalam kalimat di atas adalah …

A.   orang yang gemar mengejek lawannya

B.   orang yang gemar membentak lawannya

C.   orang yang gemar membuka mulutnya lebar-lebar

D.   orang yang gemar memukul mulut lawannya

E.    orang yang gemar diwawancarai

A

 

 

30.  Bacalah penggalan biografi di bawah ini dengan saksama!

 

Gelar sarjana sastra diraihnya pada 1957, dan doktor honoris causa, delapan belas tahun kemudian -- keduanya di Fakultas Sastra UI. Ia juga sempat mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS. Ia menguasai bahasa Inggris, Belanda, Prancis, dan Jerman.

Ada kisah unik saat ia menempuh pendidikan di UI. Saat itu, HB Jassin merangkap sebagai mahasiswa dan mahaguru sekaligus. Ketika kuliah sastra-lama, terutama mata pelajaran Jawa Kuno, Sanskerta, HB Jassin menjadi mahasiswa, tekun duduk bersama mahasisawa lainnya dan penuh perhatian pada mata kuliahnya. Akan tetapi, begitu berganti mata kuliah Sastra Modern, Masa Kekinian, HB Jassin berdiri dan maju ke depan, berdiri di podium lalu memberi kuliah, karena memang sebagai doktor Sastra Modern.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Hal yang menarik dari biografi di atas adalah ...

A.   H.B. Jassin mendapat gelar doktor honoris causa.

B.    H.B. Jassin mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.

C.    Ia memberikan teladan kepada para mahasiswa untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi mahasiswa dan mahaguru sekaligus.

D.   Ia mengajarkan mata kuliah sastra modern.

E.    Ia tidak menguasai mata kuliah sastra lama.

C

 

31.  Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah …

       A. Mengapa H.B. Jassin memilih kuliah di UI?

B.    Bagaimana riwayat pendidikan dasar H.B. Jassin?

C.    Bahasa asing apa saja yang dia ajarkan?

D.   Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI?

E.    Kapan H.B. Jassin memperoleh gelar dokter?

d

 

32.  Bacalah penggalan riwayat hidup tokoh berikut ini!

 

Albert Einstein lahir hari Jumat, 14 Maret 1879, di sebuah kota yang makmur, di bagian selatan Jerman. Sejak masih bayi, Einstein sudah mengundang komentar. Ibunya merasa bentuk kepalanya tidak seperti bayi-bayi lain. Dan lebih dari itu, dia juga merasa takut kalau Albert Einstein menderita cacat mental karena dia terlambat bicara.

 

 
 

 

 

 

 

 

 


            Teks di atas menjelaskan tentang ....

            A.        kelahiran Albert Einstein

            B.        ciri-ciri fisik Albert Einstein

            C.        Albert Einstein terlambat bicara

            D.        sisi lain dari nama Albert Einstein

            E.         tanggal dan tahun kelahiran Albert Einstein

A

 

33.  Bacalah penggalan biografi  berikut!

 

Albert Einstein tak memerlukan uang, gelar-gelar dan pujian. Ia menciptakan kebahagiaan tersendiri dengan hal-hal yang sederhana, misalnya bermain bola atau bekerja. Walt Disney hanya mengendarai mobil bekas, Rolls Royce juga bisa mengendarai mobil mewah jika ia mau. Wright bersaudara si pencipta pesawat terbang sangat sederhana hidup dan tingkah lakunya, sampai-sampai enggan diberitakan dan dipotret. Thomas Alfa Edison senang bekerja di laboratorium semalam suntuk. Alferd Nobel mewariskan seluruh kekayaannya yang sangat besar untuk penghargaan bagi penemu atau ilmuwan yang berjasa bagi kehidupan manusia.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ...

A. Banyak hal diteladani dari kehidupan tokoh dunia.

B.    Untuk menjadi tokoh ternama harus bekerja dengan keras.

C.    Para tokoh ternama menjalani hidupnya dengan sederhana.

D.   Tokoh ternama telah mendarmakan baktinya bagi kehidupan manusia.

E.    Keberhasilan hanya dapat tercapai dengan bekerja keras.

C

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

34.  Bacalah penggalan riwayat hidup tokoh berikut ini!

 

Dr. Nuri Maulida lahir di Jakarta, 20 Februari 1961. Dia telah dikaruniai dua orang putra. Nuri menempuh pendidikan S2 di Universitas Indonesia tahun 1995. Istri dari Muhamad Fikri ini, aktif menyumbangkan keahlian budidaya anggrek secara tradisional maupun teknik cloning kepada para petani tanaman hias menggunakan laboratorium pribadi di rumahnya.

 

 
 

 

 

 

 


           

 

Kutipan biografi di atas menonjolkan unsur ....

            A.        biodata tokoh

            B.        keluarga tokoh

            C.        keunikan tokoh

            D.        pekerjaan tokoh

            E.         pendidikan tokoh

A

 

 

35.  Bacalah biografi tokoh berikut!

 

 

Pria itu selalu berpakaian “dinas” celana pendek jeans dan kemeja lengan pendek yang ujung lengannya tidak dijahit. Namun demikian, dia adalah salah satu sosok enterpreuner sukses. Dia memulai usahanya benar-benar dari bawah dan bukan dari keluarga wirausaha. Pendiri dan pemilk kem chicks supermarket ini, merupakan sopir taksi dan karyawan unilever yang kemudian menjadi pengusaha sukses. (Biografi, Bob Sadino).

 

 
 

 

 

 

 

 


           

 

 

Hal menarik dari penggalan biografi di atas adalah ...

            A.        Bob Sadino mendirikan usaha dari bawah.

            B.        Bob Sadino merupakan enterpreuner sukses.

            C.        Bob Sadino pemilik Kem Chicks supermarket.

            D.        Bob Sadino merupakan mantan karyawan unilever.

E.         Bob sadino, pengusaha yang selalu berpakaian “dinas” santai.

 

E

36.  Bacalah puisi di bawah ini!

 



Dengarlah wahai ananda

Rajinlah belajar sepanjang masa

Ilmu tiada habis dieja

Sebagai bekal sepanjang usia

 

 
 

 

 

 

 

 


Puisi tersebut menggunakan rima …

A.    Rima sejajar berpola; a-a-a-a

B.     Rima kembar berpola : a-a-b-b

C.     Rima berpeluk berpola a-b-b-a

D.    Rima bersilang abab

E.     Aliterasi

 

A

 

 

37.  Bacalah puisi di bawah ini!

 



Di malam suram

Aku mendendam

Di pagi berkabut

Hati merajut

 

 
 

 

 

 

 

 

 


Puisi tersebut menggunakan rima …

 

 

A.    Rima sejajar berpola; a-a-a-a

B.     Rima kembar berpola : a-a-b-b

C.     Rima berpeluk berpola a-b-b-a

D.    Rima bersilang abab

E.     Aliterasi

 

B

 

38.  Bacalah puisi di bawah ini!

 



Ketika hati dilanda kalut

Engkau datang mengisi jiwa

Kau hadir di saat duka

Menghibur hati yang berliput kabut

 

 
 

 

 

 

 

 

 


Puisi tersebut menggunakan rima …

A.    Rima sejajar berpola; a-a-a-a

B.     Rima kembar berpola : a-a-b-b

C.     Rima berpeluk berpola a-b-b-a

D.    Rima bersilang abab

E.     Aliterasi

 

C

 

39.  Bacalah puisi di bawah ini!

 



Ibu memakai sebuah gelang

Perut lapar segera makan

Lima waktu janganlah hilang

Di manapun selalu tunaikan

 

 
 

 

 

 

 

 

 


Puisi tersebut menggunakan rima …

A.    Rima sejajar berpola; a-a-a-a

B.     Rima kembar berpola : a-a-b-b

C.     Rima berpeluk berpola a-b-b-a

D.    Rima bersilang a-b-a-b

E.     Aliterasi

 

D

 

40.  Bacalah puisi berikut dengan cermat!

 

 

 

 

 

 

Sebab Dikau

 

Kasihkan hidup sebab dikau

Segala kuntum mengoyak kepak

Membunga cinta dalam hatiku

Mewangi sari dalam jantungku

 

Hidup seperti mimpi

Laku lakon di layar terkelar

 

Aku pemimpi lagi penari

Sadar siuman bertukar-tukar

 

Maka merupa di datar layar

Wayang warna menayang rasa

Kalbu rindu turun mengikuti

Dua sukma esa-mesra

 

Aku boneka engkau boneka

Penghibur dalang mengatur tembang

Dilayar kembang bertukar pandang

Hanya selagu, sepanjang dendang

 

Golek gemilang ditukarnya pula

Aku engkau di kotak terletak

Aku boneka engkau boneka

Penyenang dalang pengarak sajak

                               Amir Hamzah

 

Makna kias dari kata aku engkau di kotak terletak dalam puisi tersebut adalah....

A.    perjuangan hidup

B.     akhir kehidupan

C.     awal kehidupan

D.    kesia-siaan hidup

E.     keinginan hidup

B

 

41.  Makna lambang dari kata kuntum pada puisi tersebut adalah....

A.    Cinta

B.     Putus asa

C.     Kehidupan

D.    Harapan

E.     Perpisahan

D

 

42.  Maksud majas simile hidup seperti mimpi dalam puisi tersebut adalah....

A.    Hidup hanya sebentar

B.     Hidup hanya semalam

C.     Hidup dalam khayalan

D.    Hidup adalah kenyataan yang harus dihadapi.

E.     Hidup harus penuh dengan impian dan harapan.

A

 

 

43.  Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!



PERAHU KERTAS

(Karya Sapardi Djoko Damono)

 

Waktu masih kanak-kanak Kau membuat perahu kertas

dan kau

layarkan di tepi kali; alirnya sangat tenang, dan perahumu

bergoyang menuju lautan.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Puisi tersebut menggunakan citraan …

A.    Penglihatan

B.     Pendengaran

C.     Perabaan

D.    Penciuman

E.     Pencecapan.

A

 

 

44.  Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!



PEMANDANGAN SENJAKALA

(Karya W.S. Rendra)

Senja yang basah meredakan hutan terbakar

Kelelawar-kelelawar raksasa datang dari langit kelabu tua

Bau mesiu di udara, Bau mayat. Bau kotoran kuda.

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Puisi tersebut menggunakan citraan …

A.    Penglihatan

B.     Pendengaran

C.     Perabaan

D.    Penciuman

E.     Pencecapan.

 

D

 

 

45.  Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!



PEMBICARAAN

(Karya Subagio Sastrowardojo)

Hari mekar dan bercahaya:

yang ada hanya sorga. Neraka

adalah rasa pahit di mulut

waktu bangun pagi

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Puisi tersebut menggunakan citraan …

A.    Penglihatan

B.     Pendengaran

C.     Perabaan

D.    Penciuman

E.     Pencecapan.

 

E

 

 

46.  Bacalah puisi di bawah ini secara saksama!

 

Doa

(Amir Hamzah)

 

Dengan apakah kubandingkan pertemuan kita, kekasihku?

Dengan senja samar sepoi, pada masa purnama

meningkat naik. setelah menghalaukan panas payah terik

Angin malam menghembus lemah, menyejuk badan

melambung rasa menayang pikir, membawa angan ke bawah kursimu

Hatiku terang menerima kasihmu, bagai bintang memasang lilinnya

Kalbuku terbuka menunggu kasihmu, bagai sedap malam menyirak kelopak

Aduh, kekasihku, isi hatiku dengan katamu

penuhi dadaku dengan cayamu, biar bersinar

mataku sendu biar berbinar gelakku rayu!

 

 

Tema puisi tersebut adalah ...

A.    Protes sosial

B.     Humanisme

C.     Religius

D.    Kritik sosial

E.     Kisah cinta lelaki dengan wanita pujaan hatinya

C

47.  Cermatilah puisi berikut!

Dengan bapak jangan durhaka

Supaya Allah tidak murka

Dengan ibu hendaklah hormat

Supaya badan dapat selamat

Maksud kutipan puisi tersebut adalah ....

  1. Seseorang akan bahagia hidupnya bila patuh dan berbakti kepada orang tua.
  2. Allah akan memurkai seseorang yang durhaka kepada bapaknya.
  3. Kesuksesan seseorang sering dikaitkan dengan kepatuhan kepada ibunya.
  4. Seseorang yang sukses hidupnya akan selalu memuliakan kedua orang tua.
  5. Seseorang akan selamat dan disayang Tuhan bila menghargai ibunya.

A

 

48.  Cermatilah kutipan puisi berikut dengan saksama!

Rambutnya indah sepanjang khatulistiwa membujur

Rambutnya hitam terbantum ombak

Gelung-bergelung berkilauan mandi sinar matahari

Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi penggalan puisi tersebut adalah … .

A.    Gadis cantik tengah tidur mendengkur

B.     Seorang puteri cantik sedang melamun

C.     Perempuan muda terlelap tidur

D.    Bunga kampung telah tidur

E.     Wanita sedang tidur nyenyak sekali.

D

 

49.  Perhatikan kutipan puisi berikut dengan baik!

Sajak Sebatang Lisong

W.S. Rendra

….

Dan di langi para teknokrat berkata:

Bahwa bangsa kita adalah malas

Bahwa bangsa mesti dibangun

Mesti diup-grade

Disesuaikan dengan teknologi yang diimpor

 

Gunung-gunung menjulang

….

Dan aku melihat

Protes-protes yang terpendam

Terimpit di bawah tilam

….

Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf kedua kalimat kedua adalah ….

A.    Langit pesta warna di dalam senjakala

B.     Langit pesta warna di dalam horison

C.     Langit pesta warna di dalam alam raya

D.    Langit pesta warna di dalam semesta

E.     Langit pesta warna di hati sang pemuja

A

 

50.  Bacalah penggalan puisi di bawah ini dengan saksama!

Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono

tak ada yang lebih tabah

dari hujan bulan Juni

dirahasiakannya rintik rindunya

kepada pohon berbunga itu

 

tak ada yang lebih bijak

dari hujan bulan Juni

            dihapusnya jejak-jejak kakinya

            yang ragu-ragu di jalan itu

 

tak ada yang lebih arif

dari hujan bulan Juni

dibiarkannya yang tak terucapkan

diserap akar pohon bunga itu

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


       Kalimat kritik yang paling tepat untuk mengulas puisi tersebut adalah...

A.  Untuk memahami makna puisi ini harus memahami pola berpikir penyair.

B.  Puisi ini kaya dengan imaginasi karena bulan Juni bukan musim penghujan.

C.  Bait-bait yang digunakan dalam puisi ini menunjukkan penyair masih terikat dengan syarat puisi lama

D.  Persoalan hujan merupakan masalah yang masih sangat sederhana.

E.   Penyair tidak mementingankan rima namun mementingkan imaginasi.

C

 

 

 

 

 

 

d

 

 

 

 

Sebab Dikau

 

Kasihkan hidup sebab dikau

Segala kuntum mengoyak kepak

Membunga cinta dalam hatiku

Mewangi sari dalam jantungku

 

Hidup seperti mimpi

Laku lakon di layar terkelar

 

Aku pemimpi lagi penari

Sadar siuman bertukar-tukar

 

Maka merupa di datar layar

Wayang warna menayang rasa

Kalbu rindu turun mengikuti

Dua sukma esa-mesra

 

Aku boneka engkau boneka

Penghibur dalang mengatur tembang

Dilayar kembang bertukar pandang

Hanya selagu, sepanjang dendang

 

Golek gemilang ditukarnya pula

Aku engkau di kotak terletak

Aku boneka engkau boneka

Penyenang dalang pengarak sajak

                               Amir Hamzah

119.     Tema puisi tersebut adalah..

A.    ketuhanan

B.     kemesraan

C.     kehidupan

D.    kemanusiaan

E.     kemasyarakatan

A

120.     Amanat yang terkandung dalam puisi tersebut adalah...

A.    Jika mencintai seseorang, cintailah dengan ketulusan.

B.     Hidup hanya sebuah permainan, jadi mainkan peranan itu sebaik-baiknya.

C.     Hidup hanya sebuah lakon seperti boneka maka berserahlah pada Tuhan sebagai dalangnya.

D.    Kehidupan dan kematian pasti akan dialami oleh manusia, jadi harus mengisi hidup ini dengan sebaiknya.

E.     Kehidupan kadang tidak ubahnya seperti boneka yang diatur oleh dalang

C

121.     Nilai yang terkandung dalam puisi tersebut adalah....

A.    budaya

B.     moral

C.     relegi

D.    pendidikan

E.     sosial

C

122.     Makna kias dari kata aku engkau di kotak terletak dalam puisi tersebut adalah....

F.      perjuangan hidup

G.    akhir kehidupan

H.    awal kehidupan

I.       kesia-siaan hidup

J.       keinginan hidup

B

123.     Makna lambang dari kata kuntum pada puisi tersebut adalah....

F.      Cinta

G.    Putus asa

H.    Kehidupan

I.       Harapan

J.       Perpisahan

D

124.     Maksud majas simile hidup seperti mimpi dalam puisi tersebut adalah....

F.      Hidup hanya sebentar

G.    Hidup hanya semalam

H.    Hidup dalam khayalan

I.       Hidup adalah kenyataan yang harus dihadapi.

J.       Hidup harus penuh dengan impian dan harapan.

A

 

 

KAMPUNG

Kalau aku pergi ke luar  negeri, dik

Karena hawa di sini sudah pengap oleh

Pikiran-pikiran beku

Hidup di negeri ini seperti di dalam kampung

Di mana setiap orang ingin bikin peraturan

Mengenai lalu lintas di gang, jaga malam

Dan daftar diri di kemantren

...

111.     Makna kata pikiran-pikiran beku dalam kutipan puisi tersebut adalah ...

A.   peraturan yang ketat

B.   orang-orang yang pola pikirnya tidak berkembang

C.   orang-orang yang merusak lingkungan hidup

D.   orang-orang yang tidak menjaga lingkungan

E.    orang-orang kampung yang enggan bepergian

b

 

112.     Puisi tersebut mengungkapkan …

A.      Orang yang bertahan di kampung halamannya

B.    Orang yang mencintai tanah airnya

C.      Orang yang tidak betah menghadapi lingkungannya

D.      Orang yang mengutuk penduduk kampung

E.    Orang yang tidak suka bepergian

c

                  Menanti Esok

    Aku relakan hari kemarin

    Meniti lalu resah dan lelah,

    Karena tekadku di dalam batin,

    Menanti esok, lega,dan cerah.

 

    Aku biarkan hati merana,

    ....

    Karena hasratku di dalam dada,

    Menanti esok, kasih dan lagu,

 

    Tetapi semua hari terbenam dan lalu,

    Rinduku habis termakan umur:

    Dan esok lewat, satu demi satu

    Jauhkan nantiku ke mimpi dan uzur

             

113.     Larik yang tepat untuk melengkapi bait yang rumpang dalam puisi tersebut adalah....

A. Terasa hari semakin panjang

B. Melangkah lalu, bimbang dan kaku

C. Lurus, kaku, membisu, tanpa arah dan tujuan

D. Malam yang semakin kelam tanpa suara terasa nestapa

E. Bulan memerah, langit menghitam, kelam dan pekat.

 

B

 

 

 

32.          Bacalah pantun berikut dengan seksama !

Memakan garam meminum  peluh

Jangan coba meminum jamu

Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh

Agar menjadi orang yang berilmu

 

Pantun tersebut berisi  ….

    A. nasihat

    B. sindiran

    C. gurauan

    D. ejekan

    E.curahan isi hati

A

33. Bacalah pantun berikut dengan seksama !

Tak ada guna menebang semak belukar

Kalau  tidak sampai tangkai

….

Kalau moral tidak dipakai

 

Larik  yang tepat untuk melengkapi  pantun tersebut adalah ….

A.      Mari kita mencari damai

B.       Tak ada guna disebut pintar

C.       Janganlah berkata benar

D.      Lebih baik kita bersabar 

E.       Janganlah  suka bercerai berai.

B

34.  Bacalah pantun berikut dengan seksama!

Besar awak besar badan

Tak berani tak melawan

Walau penampilan preman

Yang penting hati beriman

  Pantun tersebut bertemakan  ….

A.       kepahlawanan

B.       keagamaan

C.       kejenakaan

D.       pelipur lara

E.        adat istiadat

B

35. Maksud larik pertama puisi tersebut adalah ….

A.     puncak suatu perjuangan 

B.     puncak peristiwa yang terjadi 

C.     puncak suatu prestasi 

D.     perjalanan  generasi muda

E.     kenang-kenangan  generasi muda

C

36. Makna  kata  puncak gunung fantasi dalam puisi tersebut melambangkan ...

 A.   kebanggaan 

   B. perjuangan

   C. kesombongan

   D. kemegahan 

   E. kebahagiaan 

A

37.     Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut  ….

A.  bingung

B.  khawatir

C. bangga

D. gembira

E.  semangat

E

E

Perhatikan puisi berikut dengan seksama untuk mengerjakan soal no. 38-40!

Senja di Pelabuhan Kecil

 

Ini kali tidak ada yang mencari cinta

Di antara gudang, rumah tua, pada cerita

tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut

gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang

menyinggung muram, desir hari lari berenang

menemu bujuk pangkal pangkal akanan. tidak bergerak dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.

Tiada lagi. Aku sendiri.berjalan

Menyisir semenanjung, masih pengap harap

Sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan

Dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap

 

                                                             Chairil Anwar 

 

38.  Puisi tersebut jika dibacakan ,dengan perasaan  …..

A.    sedih

B.     gembira

C.     marah

D.    kesal

E.     kasih

A

39. Imaji yang terdapat pada baris pertama hingga ketiga dalam kutipan puisi tersebut adalah  ….

     A. pendengaran

     B. penglihatan

     C. perasaan 

     D. penciuman 

     E. pengecapan

B

 40  Majas yang terdapat  dalam larik dan kini tanah dan air tidur hilang ombak adalah  ….

A.    paradoks

B.     personifikasi

C.     metafora

D.    litotes

E.     hiperbola

 

B

 

1.      Cermatilah kutipan puisi berikut dengan saksama!

Rambutnya indah sepanjang khatulistiwa membujur

Rambutnya hitam terbantum ombak

Gelung-bergelung berkilauan mandi sinar matahari

Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi penggalan puisi tersebut adalah … .

F.      Gadis cantik tengah tidur mendengkur

G.    Seorang puteri cantik sedang melamun

H.    Perempuan muda terlelap tidur

I.       Bunga kampung telah tidur

J.       Wanita molek sedang tidur nyenyak

D

  1. Perhatikan penggalan pantun berikut!

Galau hati buatku sesak

Melihat dirimu yang sendiri

Manusia juga yang merugi

Larik pantun yang tepat untuk mengisi bagian yan rumpang tersebut adalah … .

A.    Bangau di sawah mulai punah

B.     Ibu berani dengan bapak

C.     Kalau bumi ini rusak

D.    Anak tak berbakti pada emak

E.     Dinaikkannya harga minyak

C

 

 

1.      Perhatikan kutipan puisi berikut dengan baik!

Sajak Sebatang Lisong

W.S. Rendra

….

Dan di langi para teknokrat berkata:

Bahwa bangsa kita adalah malas

Bahwa bangsa mesti dibangun

Mesti diup-grade

Disesuaikan dengan teknologi yang diimpor

 

Gunung-gunung menjulang

….

Dan aku melihat

Protes-protes yang terpendam

Terimpit di bawah tilam

….

Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf kedua kalimat kedua adalah ….

F.      Langit pesta warna di dalam senjakala

G.    Langit pesta warna di dalam horison

H.    Langit pesta warna di dalam alam raya

I.       Langit pesta warna di dalam semesta

J.       Langit pesta warna di hati sang pemuja

A

2.      Cermati kutipan pantun berikut!

Ambil kawat terus pilinkan

Kawat nan dari Inderagiri

Walaupun surat hamba kirimkan

….

Larik yang tepat untuk mengisi bagian rumpang kutipan pantun tersebut adalah ….

A.    Seperti badan datangnya sendiri

B.     Seperti badan datang berdiri sendiri

C.     Seperti badan datang sendirian

D.    Seperti badan datang menyendiri

E.     Seperti badan datang sendiri

E

 

Bacalah puisi berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor  dan !

             PERTEMUAN

 

Meniti tasbih

Malam pelan-pelan

Dan burung pedasih

Menggaris gelap di kejauhan

Kemudian adalah pesona

Wajah-Nya tersandar ke kaca jendela

Memandang kita, memandang kita lama-lama ….

 

3.        Makna lambang “kaca jendela” adalah ….

A.    Sesuatu yang mengerikan

B.     Sesuatu yang menyenangkan

C.     Sesuatu hal yang menakutkan

D.    Mengharapkan sesuatu

E.     Berserah diri kepada Tuhan

E

4.        Maksud isi puisi tersebut adalah ….

A.    Manusia yang dititipkan ke bumi dan masuk surga.

B.     Manusia yang ingin bertemu Tuhannya melalui berzikir.

C.     Tuhan memandang manusia yang baik-baik.

D.    Manusia yang selalu bertasbih pada malam hari.

E.     Manusia yang menyandarkan diri di kaca jendela.

B

5.        Perhatikan penggalan puisi berikut!

Naik andong pergi ke Karangkates

Di tengah jalan perampok mengejar

Jika kamu ingin jadi orang sukses

Hendaklah tiada hari tanpa belajar

Maksud puisi tersebut adalah ….

A.    Kita harus hati-hati jika bepergian

B.     Belajar adalah kunci kesuksesan

C.     Kita harus belajar yang rajin

D.    Kesuksesan perlu diperjuangkan

E.     Orang sukses harus gigih dan tekun

B

6.        Cermatilah puisi berikut!

Dengan bapak jangan durhaka

Supaya Allah tidak murka

Dengan ibu hendaklah hormat

Supaya badan dapat selamat

Maksud kutipan puisi tersebut adalah ....

  1. Seseorang akan bahagia hidupnya bila patuh dan berbakti kepada orang tua.
  2. Allah akan memurkai seseorang yang durhaka kepada bapaknya.
  3. Kesuksesan seseorang sering dikaitkan dengan kepatuhan kepada ibunya.
  4. Seseorang yang sukses hidupnya akan selalu memuliakan kedua orang tua.
  5. Seseorang akan selamat dan disayang Tuhan bila menghargai ibunya.

A

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Bacalah teks di bawah ini!

Latar tempat parkiran mal. Seorang gadis akan memarkirkan sepeda motornya.

Tukang parkir : “Permisi Mbak , boleh saya lihat STNK-nya?

Gadis               : “Astaga, saya lupa membawa Pak, ada di tas saya satunya.”

Tukang parkir : “Mohon maaf, Mbak, Anda tidak bisa parkir di sini karena tidak

                          membawa STNK.”

Gadis               : “Tolonglah, Pak, adik saya sedang mengikuti lomba menyanyi di

                          dalam!”

Tukang parkir : “Sebaiknya Anda parkir saja di luar, Mbak.”

Gadis               : “Begini, Pak. Ini KTP saya sebagai jaminan dan saya bersedia  

                           membayar denda dua kali lipat asalkan saya bisa parkir di sini.”

Tukang parkir : “Baiklah mari ikut saya ke kantor .”

Gadis               : “Iya, Pak. Terima kasih atas bantuannya.”

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Menurut informasi di atas, syarat negosiasi yang harus dipenuhi gadis itu untuk dapat memarkirkan sepeda motornya adalah ....

a.       Membayar denda dua kali lipat.

b.      Memberikan KTP sebagai jaminan dan membayar denda dua kali lipat.

c.       Memberikan KTP sebagai jaminan.

d.      Menandatangani surat denda.

e.       Memarkir sepeda motor di luar mal.

B

2.      Cermatilah teks berikut!



Beberapa ketua OSIS dari berbagai sekolah sedang berdiskusi. Mereka akan mengadakan kegiatan bersama dalam rangka memperingati hari Pahlawan. Negosiasi berlangsung alot. Tumini, salah satu ketua OSIS, selalu berbicara dengan bahasa yang berbelit-belit sehingga perkataannya membingungkan peserta negosiasi lain.

 

 
 

 

 

 

 

 


Berdasarkan cerita tersebut, negosiator seharusnya ...

a.       mengucapkan salam pembuka.

b.      menggunakan kata yang tepat.

c.       intonasi suara harus jelas

d.      berbicara secara santun.

e.       memperhatikan giliran berbicara.

B

3.      Cermatilah teks berikut!



Mukidi            : "Jika upah buruh tidak dinaikkan, kesejahteraan mereka akan terganggu.

                Harga bahan bakar minyak baru saja naik. Faktanya, harga berbagai barang

                kebutuhan pokok juga telah menyusul naik. Akibatnya, kinerja mereka akan

                menurun."

Si Bos  : "Tapi kita tidak bisa melakukannya dalam waktu dekat ini. Mungkin tindakan

               itu baru bisa kita lakukan beberapa bulan lagi."

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan percakapan negosiasi tersebut, yang dilakukan Mukidi adalah ...

a.       menyampaikan pendapat disertai dengan bukti atau fakta.

b.      menghindari tuturan yang mengandung ejekan atau sindiran.

c.       menyampaikan pendapat dengan bahasa yang santun.

d.      menyampaikan pendapat secara berbelit-belit.

e.       menyampaikan pendapat tanpa mempedulikan pendapat lain.

 

A

 

 

 

4.      Kalimat-kalimat berikut tidak mengandung santun dalam bernegosiasi ...

a.       Berdasarkan bukti-bukti yang telah Saudara kemukakan, saya dapat menarik kesimpulan sebagai berikut.

b.      Mohon pertanyaan Saudara dipersingkat, mengingat waktu yang sangat terbatas.

c.       Pendapat Anda sebenarnya baik, tetapi sebaiknya ditinjau ulang.

d.      Saya anjurkan agar negosiasi ini segera diakhiri karena tidak ada gunanya.

e.       Jika tidak salah pemahaman saya, kita sekarang tidak membahas masalah itu.

D

Bacalah teks di bawah ini

soal untuk nomor 6 – 8 !

 



Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1.

 

Guru : “Pagi anak-anak! Silakan dikumpulkan tugas projek pembuatan naskah

              drama yang bapak berikan satu minggu yang lalu.”

(Semua anak maju kecuali Elen).

 

Elen : “Pak, mohon maaf tugas saya tertinggal. Padahal tadi, saya sudah siapkan. Karena 

           terburu-buru berangkat, saya lupa memasukkannya ke dalam tas, Pak.”

 

Guru : “Makanya di malam hari itu dipakai untuk belajar, selesai belajar buku-buku disiapkan, lalu masukan ke dalam tas. Jangan nonton televisi saja. Kalau ada yang tertinggal di rumah, ini indikasinya di malam hari tidak belajar. Saya juga kan sudah bilang, siapa saja yang tidak mengumpulkan pada hari ini dengan alasan apapun nilainya 0.”

 

Elen : “Pada hari ini kan, Pak? Jadi, kalau saya kumpulkan nanti siang boleh, Pak? Saya

            izin telpon mamah papah saya untuk mengantarkan ke sekolah, setelah itu saya langsung  memberikan ke Bapak. Bagaimana, Pak?”

 

Guru : “Baiklah kalau begitu Elen. Bapak tunggu sebelum pukul 12.00 WIB, ya.”

 

Elen : “Baik, Pak terima kasih atas kemurahan hati Bapak.”

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


5.      Kalimat simpulan dari teks negosiasi di atas ialah ....

a.       Tugas projek naskah drama Elen tertinggal di rumah.

b.      Bapak guru memberi nilai 0 bagi siswa yang tidak mengumpulkan tugas projek hari ini.

c.       Elen meminta orang tuanya untuk mengantarkan tugas projek ke sekolah.

d.      Elen akan memberikan tugas projek bapak guru sebelum pukul 12.00.

e.       Elen meminta izin untuk menghubungi mamanya.
D

6.      Penulisan judul teks negosiasi di atas salah, yang benar adalah ….

a.       Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1.

b.      Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia Di Kelas X IPA 1

c.       Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1

d.      Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1

e.       Suasana Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X IPA 1

E

7.      Negosiasi dapat dilakukan menggunakan bahasa persuasif. Bahasa persuasif adalah bahasa yang digunakan untuk…

a.       Bertanya

b.      Menjawab

c.       Meminta

d.      Menerima

e.       Membujuk

E

 

 

8.      Cermatilah teks berikut ini!



Rudi bernegosiasi mewakili perusahaannya. Ia bernegosiasi dengan perwakilan perusahaan lain. Negosiasi tersebut bertujuan untuk mengadakan hubungan kerja sama antardua perusahaan tersebut. Akhirnya, negosiasi tersebut menghasilkan kesepakatan. Kedua pihak sepakat untuk menggabungkan kepentingan perusahaan masing-masing. Dengan demikian, kedua perusahaan akan sama-sama mendapat keuntungan.

 

 
 

 

 

 

 

 

 


Negosiasi tersebut termasuk dalam negosiasi ...

a.       kolaborasi

b.      dominasi

c.       akomodasi

d.      menghindari konflik

e.       kesamaan.

A

 

9.      Berikut ini yang bukan merupakan trik dalam bernegosiasi adalah ...

a.       mengambil kesimpulan secara tepat.

b.      melakukan kontak mata dengan lawan negosiasi.

c.       berbicara secara santun kepada lawan negosiasi.

d.      negosiator mengambil kesimpulan secara tepat.

e.       negosiator terus-menerus memuji lawan negosiasi.

E

10.  Bacalah kutipan teks negosiasi berikut ini!

 

“Baik, Pak. Terima Kasih. Boleh saya keluar?”

 

kalimat tersebut merupakan struktur negosiasi bagian dari....

a.       Orientasi

b.      Penutup

c.       Isi

d.      Persetujuan

e.      Persuasif

B

11.  Bacalah nukilan teks negosiasi berikut ini!



Pembeli         :  1,3 juta itu harga baru co, tetapi ini HP bekas boleh nego lagi?

Penjual          :  Bapak mau tawar berapa?

Pembeli         :  Bagimana kalau 9 ratus, soalnya layar sudah ada yang tergores.  

 

 
 

 

 

 

 


Unsur apa yang paling dominan dari penggalan teks negosiasi tersebut…

a.       Persetujuan

b.      Penawaran

c.       Pemenuhan

d.      Penutup

e.       Pembelian

 

B

12.  Bacalah penggalan teks negosiasi berikut ini!

 



Penjual          :  Terima kasih Pak atas kerja samanya. Semoga HP ini bisa membantu memudahkan aktivitas dan komunikasi Bapak dengan saudara maupun rekan bisnis.

Pembeli         :  Iya sama-sama, senang melakukan transaksi dengan Bapak.

 

 
 

 

 

 

 

 

 


Struktur negosiasi bagian apa yang mewakili dialog di atas

a.             Pembelian

b.            Persetujuan

c.             Penutup

d.            Penawaran

e.             Pemenuhan

C

13.  Orang yang bertindak memandu dan menengahi pembicaraan dalam debat disebut  ...

a.       Juri

b.      Pencatat waktu

c.       Tim afirmasi

d.      Tim oposisi.

e.       Moderator

E

 

 

14.  Perhatikan materi debat berikut ini!

Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri, kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi, kalau benar-benar kita mau berdisiplin, kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah, kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan meningkatkan teknologi bangsa kita. Untuk apa rekan-rekan? Untuk kejayaan bangsa kita pada masa yang akan datang. Mari kita buktikan itu!

 

Kalimat persuasif teks di atas adalah ….

F.      Untuk kejayaan bangsa kita mendatang. Mari kita buktikan itu!

G.    Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri

H.    Kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi

I.       Kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah

J.       Kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan berteknologi tinggi.

A

15.  Simaklah teks di bawah ini secara saksama!

Seorang pendaki tebing memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain: ia harus kuat, penuh perhitungan, belajar dari pengalaman, hati-hati, pantang menyerah, dan disiplin. Hal ini sama dengan seseorang yang sedang belajar untuk meraih cita-cita. Cita-cita akan tercapai jika seseorang tersebut memiliki persyaratan yang hampir sama seperti seseorang yang sedang mendaki tebing.

 

Apabila permasalahan tersebut disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...

A.  Jadi, seorang pendaki gunung dan pelajar mempunyai persyaratan yang hamper sama.

B.  Jadi, syarat orang yang ingin sukses dengan pendaki gunung dapat dipastikan hamper sama.

C.  Jadi, persyaratan sukses seorang pelajar yang ingin meraih cita-cita; sama dengan seorang pendaki tebing.

D.  Jadi, keduanya harus memiliki persyaratan yang sama seperti hati-hati, pantang menyerah, dan hati-hati.

E.   Jadi, kesuksesan seorang pelajar dan pendaki gunung memiliki kesamaan persyaratan.

C

16.  Bacalah nukilan teks debat berikut dengan saksama!

Kecenderungan pada sebagian remaja adalah tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah. Wujud dari kecenderungan tersebut adalah munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan sering menyimpang dari aturan yang berlaku di sekolah. Penyebabnya, karena sejak kecil orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak. Wajarnya, orang tua harus mampu memberikan hukuman pada saat anak memunculkan perilaku yang salah dan memberikan pujian atau hadiah saat anak memunculkan perilaku yang baik atau benar.

Apa penyebab sebagian remaja tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah?

Jawaban yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah karena …

A.    Munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan menyimpang dari aturan.

B.     Orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak

C.     Orang tua tidak pernah memberikan hukuman kepada anak yang salah.

D.    Orang tua tidak pernah memberikan hadiah kepada anak yang baik.

E.     Anak yang sering melakukan kesalahan di sekolah orang tua tidak menghukumnya.

 

B

 

 

 

 

17.  Bacalah secara saksama teks di bawah ini!



Mosi: Mencintai dan Menekuni Pekerjaan

Kalimat persuasif:

(1) Oleh karena itu, saya anjurkan Bapak dan Ibu memiliki tujuan pekerjaan.

(2) Dengan demikian, semua pekerjaan hendaknya dilakukan sesuai dengan tujuan.

(3) Jadi, semua pekerjaan yang akan kita lakukan haruslah memiliki tujuan yang diharapkan.

(4) Karena itu, kita hendaknya mencintai pekerjaan yang akan kita lakukan.

(5) Dengan demikian, marilah kita tekuni setiap pekerjaan yang kita lakukan agar memperoleh hasil maksimal.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kalimat persuasif yang sesuai dengan mosi tersebut terdapat pada kalimat nomor …

A.    (1) dan (2)

B.     (1) dan (3)

C.     (2) dan (3)

D.    (4) dan (5).

E.     (3) dan (4)

D

18.  Bacalah nukilan debat di bawah ini dengan saksama!



Saudara-saudara yang saya hormati,

Harus kita akui bahwa pembangunan pendidikan di Indonesia selama ini telah banyak mengalami kemajuan yang cukup berarti, tetapi kita juga menyadari bahwa masih terdapat banyak persoalan pendidikan yang harus diselesaikan secara bersama dan bertahap sejalan dengan perkembangan zaman dan tuntutan di era global.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi nukilan debat di atas adalah …

F.      Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.

G.    Melalui proses pembangunan pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia seutuhnya.

H.    Sebaiknya kita harus membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.

I.       Atas dasar itulah langkah kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.

J.       Marilah kita antisipasi arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.

A

19.  Bacalah teks di bawah ini dengan saksama!

November 2010, erupsi Merapi yang terletak di perbatasan DIY - Jawa Tengah mengakibatkan adanya perubahan ekosistem di kawasan tersebut. Akhir November itu pula, Gunung Sorik Marapi di Sumatera Barat memuntahkan lahar. Kerugian cukup besar akibat erupsi itu. Di Jawa Timur, Gunung Bromo dan Gunung Ijen memuntahkan material dari perutnya sehingga kerugian miliaran rupiah. Di Maluku Utara, tepatnya di Ternate, Gunung Gamalama pun meletus. Akibatnya, Bandara Baabullah tutup total karena tertutup abu vulkanik. Sementara Gunung Sindoro di Jawa Tengah mulai bergemuruh sehingga diberi status siaga. Begitupun Gunung Krakatau di Selat Sunda melontarkan abu vulkanik ratusan kali.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kesimpulan paling tepat generalisasi di atas adalah …

a.       Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak gunung berapi.

b.      Di seluruh Indonesia terdapat gunung berapi yang masih aktif.

c.       Wilayah Indonesia kaya gunung berapi yang masih aktif.

d.      Di wilayah laut Indonesia pun terdapat gunung berapi.

e.       Di Indonesia sering terjadi bencana karena banyak gunung berapi yang aktif.

C

20.  Bacalah paragraf berikut!



Menurut Anton J. Supit, Ketua Aprisindo (Asosiasi Persepatuan Indonesia), pemerintah Cina memberikan dukungan penuh kepada para pengusahanya untuk melakukan ekspansi bisnis dan investasi. Para pengusaha dan asosiasi di Indonesia justru sibuk menyikapi kebijakan pemerintah yang berubah-ubah.

 

 
 

 

 

 

 

 

 


Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ...

a.       Sebaiknya, pemerintah Cina memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia.

b.      Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk menambah modalnya.

c.       Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan pemerintah Cina supaya ekonomi Indonesia maju.

d.      Pemerintah Indonesia sebaiknya tidak usah mencontoh kebijakan pemerintah Cina.

e.       Pengusaha Indonesia bergairah menanamkan modalnya karena perhatian pemerintah begitu besar.

C

21.  Bacalah paragraf berikut!

Bahasa sebagai alat komunikasi manusiawi yang otonom, tidak dapat dimanipulasi masyarakat pemakainya. Bahasa mempunyai daya kreatif bagi manusia. Bahasa bisa membentuk kebudayaan baru, sebagai contoh barangkali dapat disebut bahasa politis. Bahasa para politisi di meja perundingan dapat mengubah wilayah kebudayaan dari mana kedua politisi itu muncul menjadi medan perang kalau tidak tercapai kata sepakat. 

 

 
 

 

 

 

 


  

 

 

   Mosi bacaan di atas adalah ....

a.       bahasa dapat menimbulkan perang.

b.      bahasa dapat menjadikan manusia kreatif.

c.       bahasa dapat menciptakan kembali manusia dan kebudayaan.

d.      bahasa memiliki kuasa yang ampuh.

e.       bahasa sebagai alat komunikasi yang tidak dapat dimanipulasi pemakainya.

E

22.  Bacalah  nukilan materi debat berikut!

Produk-produk gorengan yang kini sudah menjadi industri besar baik di kota kecil maupun di kota besar antara lain adalah fastfood. Tidak ada yang jelek dengan makanan yang siap saji itu, kecuali bila dikonsumsi berlebihan. Bagaimanapun juga bahan dasar kelompok santapan ini adalah makanan bergizi seperti daging ayam atau daging sapi dan kentang atau nasi. Ketidakseimbangan gizi muncul karena porsi pangan hewannya yang di dalamnya terkandung cukup banyak kolesterol terlalu besar. Sebaliknya kandungan sayuran dalam makanan siap saji ini umumnya rendah.

 

 
    

 

 

           

 

 

 

 

 

 

Kalimat tanggapan yang tepat sesuai dengan materi debat di atas adalah ...

F.      Sebaiknya mengkonsumsi makanan siap saji tidak berlebihan karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.

G.    Sebaiknya produk-produk gorengan yang sudah             menjadi besar ditinggalkan.

H.    Makanan siap saji boleh saja dikonsumsi berlebihan.

I.       Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

J.       Ketidakseimbangan gizi makanan siap saji disebabkan kurangnya kandungan sayuran.

A

 

 

 

23.  Perhatikan teks di bawah ini!



Pernyataan khusus:

1. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dari bahasa Arab terutama yang berkaitan dengan masalah agama, terutama agama Islam.

2. Contoh kosa kata hasil penyerapan dari bahasa Arab adalah musyawarah, hak, salat, dan taubat.

3. Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari bahasa Jepang, Jerman, Korea dan negara lainnya.

4. Kosa kata dan istilah teknologi hasil penyerapan dari negara-negara tersebut antara lain komputer, gadget, televisi, internet, dan astronot.

5. Tak hanya itu, bahasa Indonesia juga menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.

6. Contoh kosa kata hasil penyerapan terakhir antara lain  karate, dansa, bakso, cwimie, dan kimono.

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kesimpulan generalisasi teks di atas adalah ...

F.      Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.

G.    Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari negara asing.

H.    Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.

I.       Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah dari Arab, Jepang, Jerman, Korea.

J.       Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.

C

24.  Bacalah teks di bawah ini secara cermat!



Orang tua mendidik kita di rumah dengan penuh kasih sayang. Mereka mengajari kita banyak hal. Tak jarang kita dimarahi ketika kita nakal dan tidak mematuhi nasihat mereka. Di sekolah para guru juga mendidik kita dengan penuh kasih sayang. Guru-guru kita mengajari kita berbagai ilmu pengetahuan dan ketrampilan, bahkan juga memberikan teladan akhlak yang baik. Demi menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab, para guru pun acapkali memberi hukuman pada kita.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...

F.      Jadi, dapat dikatakan bahwa orang tua adalah guru kita.

G.    Jadi, dapat dikatakan bahwa para guru adalah orang tua kita di sekolah.

H.    Jadi, para guru bukan orang tua kita.

I.       Jadi, orang tua selalu mendidik kita seperti guru.

J.       Jadi, kita dimarahi guru di sekolah seperti halnya orang tua kita.

B

25.  Bacalah teks di bawah ini secara saksama!



Penyedotan air semakin berlebih saat pasokan air tidak mencukupi laju pertambahan aktivitas komersial. Penyedotan secara berlebihan, terutama oleh pengelola gedung-gedung bertingkat, tidak hanya dilakukan pada sumur dalam, tetapi juga sumur dangkal. ... .

 

 
 

 

 

 

 

 


Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran sebab-akibat maka jawaban yang paling tepat adalah ...

f.       Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai kering.

g.      Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dalam.

h.      Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dangkal.

i.        Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai berlebihan.

j.        Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai disedot.

A

26.  Bacalah kutipan paragraf sebab akibat berikut dengan baik!

 

Pendidikan kesenian di sekolah, hingga kini, masih belum mendapatkan perhatian serius. Sekolah-sekolah yang masih menunggu petunjuk di Depdiknas menempatkan kesenian bukan sebagi hal mendesak. ….

 

Kalimat akibat untuk mengisi pada bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah….

a.        Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah tak terlampau dapat diharapkan.

b.       Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah berjalan tanpa arah yang tak jelas.

c.        Maka, pendidikan di sekolah keseniannya tak dapat diandalkan warga sekolah.

d.       Maka, pendidikan kesenian di sekolah sama sekali tak berjalan dengan wajar.

e.        Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah hanya berjalan ala kadarnya.

E

27.  Baca nukilan debat di bawah ini!

Peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Baik pria maupun wanita, hendaknya selalu meningkatkan rasa tanggung jawab mereka terhadap kesejahteraan bersama. Kader-kader wanita diharapkan juga peduli terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Banyak kaum wanita yang terpaksa bekerja karena suami mereka terkena PHK.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 


Kalimat simpulan yang paling sesuai untuk nukilan debat  di atas adalah …

F.        Akan tetapi, kaum wanita selama ini masih dipandang sebagai objek, bukan sebagai subjek.

G.      Dengan demikian, bekerja atau tidaknya para wanita di luar rumah tetap berpengaruh terhadap kesejahteraan sebuah keluarga.

H.      Meskipun demikian, tidak serta-merta wanita harus ditempatkan sebagai pelaku tunggal dalam segala sesuatu.

I.         Untuk itu, pemerintah perlu memperhatikan nasib kaum wanita yang suami mereka terkena PHK.

J.         Oleh karena itu, sesuatu bisa terjadi bila wanita tidak diberikan kesempatan dalam menentukan kesejahteraan sebuah keluarga.

D

28.  Bacalah nukilan biografi di bawah ini!

 

Henry, pemain yang besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini sempat membuat kado perpisahan yang begitu manis di ajang Premier League.

 

 

 
 

 

 

 


Klausa nominal dalam kalimat tersebut adalah …

a.         Henry, pemain yang besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini

b.         pemain yang besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini

c.         besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini

d.        Henry yang begitu manis di ajang Premier League

e.         pemain yang besar di Arsenal yang begitu manis

B

 

 

 

 

 

29.  Cermatilah kalimat acak berikut!

 

(1)        Sajak ”Perempuan-Perempuan Perkasa” yang ditulisnya menggambarkan kehidupan rakyat yang bekerja keras.

(2)        Hartoyo Andang Jaya adalah seorang guru, penyair, esais, sekaligus penerjemah.

(3)        Ia menulis sajak tersebut karena kekaguman terhadap para perempuan yang bekerja dari pagi hingga petang.

(4)        Ia mulai menulis sejak sekolah menengah di Solo.

(5)        Dengan sajak yang satu ini nama Hartoyo disebut-sebut dalam dunia kepenyairan.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Urutan kalimat yang benar agar menjadi biografi yang bagus adalah ....

a.       (1), (3), (4), (2), (5)

b.      (4), (2), (3), (5), (1)

c.       (5), (3), (4), (2), (1)

d.      (2), (4), (1), (3), (5)

e.       (3), (1), (4), (5), (2)

D

 

30.  Bacalah nukilan biografi Arafat berikut secara saksama!

 

Arafat ... seluruh hidupnya untuk bangsa Palestina. Selama ini Arafat ... posisi paling depan dan paling berbahaya dalam menghadapi agresi Israel. Arafat merupakan ikon perjuangan bangsa Palestina. Sekarang Arafat ... rakyat yang dicintainya. Tentu semua merasa kehilangan.

 

 
 

 

 

 

 

 


Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....

a.       sudah mengambil, telah menduduki, sudah tiada.

b.      tiada mengangkat, telah berdiri, telah merangkul.

c.       sudah menyisihkan, selalu mengambil, telah menarik.

d.      telah menghabiskan, selalu mengambil, telah meninggalkan.

e.       hampir menyumbangkan, telah mengambil, telah tiada.

D

 

31.  Bacalah penggalan biografi di bawah ini dengan saksama!

Gelar sarjana sastra diraihnya pada 1957, dan doktor honoris causa, delapan belas tahun kemudian -- keduanya di Fakultas Sastra UI. Ia juga sempat mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS. Ia menguasai bahasa Inggris, Belanda, Prancis, dan Jerman.

Ada kisah unik saat ia menempuh pendidikan di UI. Saat itu, HB Jassin merangkap sebagai mahasiswa dan mahaguru sekaligus. Ketika kuliah sastra-lama, terutama mata pelajaran Jawa Kuno, Sanskerta, HB Jassin menjadi mahasiswa, tekun duduk bersama mahasisawa lainnya dan penuh perhatian pada mata kuliahnya. Akan tetapi, begitu berganti mata kuliah Sastra Modern, Masa Kekinian, HB Jassin berdiri dan maju ke depan, berdiri di podium lalu memberi kuliah, karena memang sebagai doktor Sastra Modern.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


       Hal yang menarik dari biografi di atas adalah ...

a.       H.B. Jassin mendapat gelar doktor honoris causa.

b.         H.B. Jassin mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.

c.         Ia memberikan teladan kepada para mahasiswa untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi mahasiswa dan mahaguru sekaligus.

d.        Ia mengajarkan mata kuliah sastra modern.

e.         Ia tidak menguasai mata kuliah sastra lama.

C

32.  Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah …

a.         Mengapa H.B. Jassin memilih kuliah di UI?

b.         Bagaimana riwayat pendidikan dasar H.B. Jassin?

c.         Bahasa asing apa saja yang dia ajarkan?

d.        Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI?

e.         Kapan H.B. Jassin memperoleh gelar dokter?

D

 

33.  Perhatikan biografi berikut ini!

Ramadan K.H. yang nama lengkapnya adalah Ramadan Karta Hadimadja (lahir di Bandoeng, 16 Maret 1927 – meninggal di Cape Town, Afrika Selatan, 16 Maret 2006 pada umur 79 tahun) adalah seorang penulis biografi Indonesia. Ia meninggal setelah menderita kanker prostat selama ±3 bulan.

Kang Atun, panggilan akrab Ramadan, adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara. Ayahnya, Rd. Edjeh Kartahadimadja, adalah seorang patih Kabupaten Bandung pada masa kekuasaan Hindia Belanda. Ia dilahirkan dari perkawinan ayahnya dengan Saidah. Aoh K. Hadimadja (1911 - 1972) yang juga dikenal sebagai penyair dan novelis itu, adalah kakak kandung seayah Ramadan yang lahir dari rahim istri pertama ayahnya yakni Rd. Djuwariah binti Martalogawa. Ketika usia Ramadan masih belum genap tiga bulan, ayahnya terpikat perempuan lain dan menceraikan Saidah yang langsung dikembalikan ke kampung. Pengalaman tersebut membuat ia dekat dengan sosok ibu dan menghayati derita kaum perempuan.

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Masalah yang dialami Kang Atun dalam biografi tersebut adalah …

a.       Ia terlahir dari keluarga penyair

b.      Ramadhan K.H. pernah terpikat perempuan lain dan menceraikan istrinya

c.       Orang tuanya bercerai ketika ia masih balita

d.      Sejak kecil ia menderita kanker prostat

e.       Ia terlahir dengan sepuluh bersaudara

      C

34.  Hal yang bisa diteladani dari tokoh dalam biografi tersebut adalah …

a.       Ayahnya adalah seorang patih Kabupaten Bandung

b.      Ia memiliki kakak yang juga seorang penyair dan novelis

c.       Ia hanya mampu menulis biografi

d.      Menjadikan masa lalunya menjadi pengalaman yang berharga

e.       Ia hanya akrab bergaul dengan kaum perempuan

D

35.  Bacalah penggalan biografi tokoh berikut ini!

Albert Einstein lahir hari Jumat, 14 Maret 1879, di sebuah kota yang makmur, di bagian selatan Jerman. Sejak masih bayi, Einstein sudah mengundang komentar. Ibunya merasa bentuk kepalanya tidak seperti bayi-bayi lain. Dan lebih dari itu, dia juga merasa takut kalau Albert Einstein menderita cacat mental karena dia terlambat bicara.

 

 
 

 

 

 

 

 

 


            Teks di atas menjelaskan tentang ....

a.       kelahiran Albert Einstein.

b.      ciri-ciri fisik Albert Einstein.

c.       Albert Einstein terlambat bicara.

d.      sisi lain dari nama Albert Einstein.

e.       tanggal dan tahun kelahiran Albert Einstein

A

 

36.  Bacalah penggalan teks biografi berikut!

Albert Einstein tak memerlukan uang, gelar-gelar dan pujian. Ia menciptakan kebahagiaan tersendiri dengan hal-hal yang sederhana, misalnya bermain bola atau bekerja. Walt Disney hanya mengendarai mobil bekas, Rolls Royce juga bisa mengendarai mobil mewah jika ia mau. Wright bersaudara si pencipta pesawat terbang sangat sederhana hidup dan tingkah lakunya, sampai-sampai enggan diberitakan dan dipotret. Thomas Alfa Edison senang bekerja di laboratorium semalam suntuk. Alferd Nobel mewariskan seluruh kekayaannya yang sangat besar untuk penghargaan bagi penemu atau ilmuwan yang berjasa bagi kehidupan manusia.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ...

a.         Banyak hal diteladani dari kehidupan tokoh dunia.

b.         Untuk menjadi tokoh ternama harus bekerja dengan keras.

c.         Para tokoh ternama menjalani hidupnya dengan sederhana.

d.        Tokoh ternama telah mendarmakan baktinya bagi kehidupan manusia.

e.         Keberhasilan hanya dapat tercapai dengan bekerja keras.

C

37.  Bacalah biografi tokoh berikut!

Pria itu selalu berpakaian “dinas” celana pendek jeans dan kemeja lengan pendek yang ujung lengannya tidak dijahit. Namun demikian, dia adalah salah satu sosok enterpreuner sukses. Dia memulai usahanya benar-benar dari bawah dan bukan dari keluarga wirausaha. Pendiri dan pemilk kem chicks supermarket ini, merupakan sopir taksi dan karyawan unilever yang kemudian menjadi pengusaha sukses. (Biografi, Bob Sadino).

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 


            Hal menarik dari penggalan biografi di atas adalah ...

a.       Bob Sadino mendirikan usaha dari bawah.

b.      Bob Sadino merupakan enterpreuner sukses.

c.       Bob Sadino pemilik Kem Chicks supermarket.

d.      Bob Sadino merupakan mantan karyawan unilever.

e.       Bob sadino, pengusaha yang selalu berpakaian “dinas” santai.

 

 

E

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunci

1

C

11

A

21

A

31

B

2

B

12

E

22

C

32

D

3

B

13

B

23

C

33

D

4

A

14

B

24

E

34

C

5

D

15

C

25

A

35

D

6

D

16

E

26

C

36

C

7

E

17

A

27

B

37

D

8

E

18

C

28

A

38

A

9

E

19

B

29

E

39

C

10

B

20

D

30

D

40

E