SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
TAHUN 2017/2018
Mata Pelajaran/Kelas : Bahasa Indonesia / X
Hari/tanggal :
Waktu : 07.30 s.d. 09.00 WIB
=====================================================================
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan ( ● ) huruf A, B, C, D, E pada LJK!
1. Perhatikan teks negosiasi di bawah ini!
|
Proses tawar-menawar antara Dima dengan kepala sekolah terjadi pada nomor….
A. 1,2,3,4
B. 5,6,7,8
C. 7,8,9,10
D. 3,4,5,6
E. 2,3,4,5
2. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
|
Pasangan tuturan yang tepat berdasarkan kutipan teks negosiasi di atas adalah….
A. Mengucapkan salam – membalas salam
B. Bertanya – menjawab /tidak menjawab
C. Meminta tolong – memenuhi/menolak permintaan
D. Menawarkan – menerima/menolak tawaran
E. Mengusulkan – menerima/menolak usulan.
3. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
|
Bentuk di atas dalam negosiasi disebut kalimat .…
A. interogatif
B. eksklamatif
C. persuasif
D. deklaratif
E. imperatif
4. Perhatikan teks negosiasi berikut!
|
Kalimat argumentasi pada teks negosiasi di atas ditunjukkan oleh nomor….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 5
C. 3 dan 5
D. 1 dan 4
E. 3 dan 4
5. Perhatikan teks negosiasi berikut!
|
Menurut informasi pada teks di atas penyebab Cetta menjual power bank ke sahabatnya karena ....
A. Cetta dibelikan power bank ayahnya padahal dia juga memesan di Manda.
B. Azra menyetujui untuk melakukan dua kali pembayaran.
C. Cetta dan Azra bersahabat.
D. Harga power bank di Manda lebih murah.
E. Cetta takut dimarahi ayahnya.
6. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
|
Hal yang dilakukan Paijo sehingga dia dapat terus mengikuti seleksi calon pegawai padahal dia tidak bisa mengikuti seleksi tes wawancara pada hari Rabu adalah....
a. Paijo mengikuti tes wawancara pada hari Selasa.
b. Paijo meminta ijin tidak mengikuti tes wawancara pada pegawai di perusahaan percetakan.
c. Paijo membuat negosiasi bersedia ditempatkan di bagian mana saja dengan bagian personalia perusahaan.
d. Paijo menjadi wakil keluarga pada pernikahan adiknya.
e. Paijo memiliki jiwa kepribadian yang santun dan disiplin.
C
7. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
|
Trik negosiasi yang dilakukan oleh Widjaksono adalah ...
A. berbicara dengan menggunakan bahasa asing agar terlihat cerdas.
B. menggunakan kata ganti kami.
C. melakukan kontak mata.
D. mengambil kesimpulan dengan cepat
E. membuat suasana menjadi santai.
E
8. Cermatilah teks berikut!
|
Berdasarkan negosiasi tersebut, hambatan yang terjadi adalah ...
A. komunikasi hanya satu arah.
B. perbedaan pandangan.
C. adanya kesalahpahaman
D. umpan balik tidak tepat.
E. topik tidak fokus.
B
9. Bacalah teks negosiasi di bawah ini!
|
Unsur apa yang paling dominan dari penggalan teks negosiasi tersebut…
A. Persetujuan
B. Penawaran
C. Pemenuhan
D. Tawar-menawar
E. Pembukaan
A
10. Bacalah teks negosiasi di bawah ini!
|
Unsur apa yang paling dominan dari penggalan teks negosiasi tersebut…
A. Persetujuan
B. Penawaran
C. Pemenuhan
D. Penutup
E. Pembelian
B
11. Perhatikan cuplikan debat berikut ini!
Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri, kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi, kalau benar-benar kita mau berdisiplin, kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah, kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan meningkatkan teknologi bangsa kita. Untuk apa rekan-rekan? Untuk kejayaan bangsa kita pada masa yang akan datang. Mari kita buktikan itu! |
Kalimat persuasif teks di atas adalah ….
A. Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri
B. Kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi
C. Kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah
D. Kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan berteknologi tinggi.
E. Untuk kejayaan bangsa kita pada masa yang akan datang. Mari kita buktikan itu!
E
12. Bacalah nukilan teks debat berikut dengan saksama!
Bacalah nukilan teks debat berikut dengan saksama!
|
Kalimat yang paling tepat untuk menanggapi wacana tersebut adalah ...
A. Sebaiknya produk-produk gorengan yang sudah menjadi besar ditinggalkan.
B. Makanan siap saji boleh saja dikonsumsi berlebihan.
C. Sebaiknya mengkonsumsi makanan siap saji tidak berlebihan karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.
D. Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.
E. Ketidakseimbangan gizi makanan siap saji disebabkan kurangnya kandungan sayuran.
C
13. Bacalah puisi di bawah ini dengan cermat!
|
Makna kata pikiran-pikiran beku dalam kutipan puisi tersebut mengkritik ...
A. peraturan yang ketat
B. orang-orang yang pola pikirnya tidak berkembang
C. orang-orang yang merusak lingkungan hidup
D. orang-orang yang tidak menjaga lingkungan
E. orang-orang kampung yang enggan bepergian.
B
14. Bacalah nukilan debat di bawah ini dengan saksama!
|
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi nukilan debat di atas adalah …
A. Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.
B. Melalui proses pembangunan pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia seutuhnya.
C. Sebaiknya kita harus membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
D. Atas dasar itulah langkah kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.
E. Marilah kita antisipasi arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.
A
15. Bacalah nukilan materi debat berikut!
|
Kalimat tanggapan yang tepat sesuai dengan materi debat di atas adalah ...
A. Sebaiknya produk-produk gorengan yang sudah menjadi besar ditinggalkan.
B. Makanan siap saji boleh saja dikonsumsi berlebihan.
C. Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.
D. Sebaiknya mengkonsumsi makanan siap saji tidak berlebihan karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.
E. Ketidakseimbangan gizi makanan siap saji disebabkan kurangnya kandungan sayuran.
D
16. Perhatikan teks di bawah ini!
|
Kesimpulan generalisasi teks di atas adalah ...
A. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
B. Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.
C. Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari negara asing.
D. Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah dari Arab, Jepang, Jerman, Korea.
E. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
A
17. Bacalah teks di bawah ini secara cermat!
|
Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...
A. Jadi, dapat dikatakan bahwa orang tua adalah guru kita.
B. Jadi, dapat dikatakan bahwa para guru adalah orang tua kita di sekolah.
C. Jadi, para guru bukan orang tua kita.
D. Jadi, orang tua selalu mendidik kita seperti guru.
E. Jadi, kita dimarahi guru di sekolah seperti halnya orang tua kita.
B
18. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
|
Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran sebab-akibat maka jawaban yang paling tepat adalah ...
a. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dalam.
b. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai kering.
c. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dangkal.
d. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai berlebihan.
e. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai disedot.
B
19. Bacalah topik debat di bawah ini secara saksama!
|
Kalimat persuasif yang sesuai dengan topik debat tersebut terdapat pada kalimat nomor …
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (4) dan (5)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)
C
20. Bacalah pernyataan berikut dengan saksama!
Kecenderungan pada sebagian remaja adalah tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah. Wujud dari kecenderungan tersebut adalah munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan sering menyimpang dari aturan yang berlaku di sekolah. Penyebabnya, karena sejak kecil orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak. Wajarnya, orang tua harus mampu memberikan hukuman pada saat anak memunculkan perilaku yang salah dan memberikan pujian atau hadiah saat anak memunculkan perilaku yang baik atau benar. |
Apa penyebab sebagian remaja tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah? Jawaban yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah karena …
A. Munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan menyimpang dari aturan.
B. Orang tua tidak pernah memberikan hukuman kepada anak yang salah.
C. Orang tua tidak pernah memberikan hadiah kepada anak yang baik.
D. Orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak.
E. Anak yang sering melakukan kesalahan di sekolah orang tua tidak menghukumnya.
D
21. Bacalah kutipan debat di bawah ini dengan saksama!
|
Kalimat persuasif yang paling tepat untuk melengkapi kutipan debat di atas adalah …
A. Melalui proses pembangunan pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia modern.
B. Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.
C. Sebaiknya kita harus membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
D. Atas dasar itulah langkah kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.
E. Marilah kita antisipasi arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan dan pelayanan masyarakat.
B
22. Baca cuplikan bagian debat di bawah ini dengan cermat!
|
Agar menjadi baik, kalimat simpulan yang paling sesuai untuk nukilan debat tersebut adalah …
A. Akan tetapi, kaum wanita selama ini masih dipandang sebagai objek, bukan sebagai subjek.
B. Dengan demikian, bekerja atau tidaknya para wanita di luar rumah tetap berpengaruh terhadap kesejahteraan sebuah keluarga.
C. Meskipun demikian, tidak serta-merta wanita harus ditempatkan sebagai pelaku tunggal dalam segala sesuatu.
D. Oleh karena itu, sesuatu bisa terjadi bila wanita tidak diberikan kesempatan dalam menentukan kesejahteraan sebuah keluarga.
E. Untuk itu, pemerintah perlu memperhatikan nasib kaum wanita yang suami mereka terkena PHK.
E
23. Cermatilah penggalan biografi berikut!
Hamdan Zoelva menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) justru di kala lembaga ini terpuruk di jurang paling dalam. Ketuanya pada saat itu Akil Mochtar, ditangkap KPK karena menerima suap. Peristiwa itu mengonfirmasi bisik-bisik tak sedap yan ada terkait penanganan perkara pilkada. Namun dalam waktu setahun nama MK dan kepercayaan masyarakat berangsur-angsur pulih. Itu antara lain karena MK di bawah Hamdan berperan penting menjaga tegaknya demokrasi konstitusional. MK turut mengawal suara rakyat dan mengembalikan kepada yang berhak melalui proses sengketa pemilu baik pemilu legislatif dan pemilu presiden. Di situlah keberadaan Hamdan menarik perhatian masyarakat Indonesia. Kompas, 4 November 2016 |
Hal yang menarik berdasarkan biografi tersebut adalah ….
A. Hidupnya dipertaruhkan untuk perkembangan sejarah dan keruwetan negara.
B. Hidupnya tanpa pengabdian masyarakat, hanya untuk hukum semata.
C. Hidup tanpa waktu untuk keluarga hanya untuk negara dan bangsa.
D. Prestasinya dalam membenahi lembaga yang sedang terpuruk.
E. Kariernya menanjak di usia yang hampir memasuki masa pensiun.
D
24. Bacalah kutipan biografi berikut dengan baik!
Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah pada 20 Maret 1940 ini, mengaku tak pernah berencana menjadi penyair. Dia berkenalan dengan puisi pun secara tak sengaja. Sejak masih belia, putra Sadyaka dan Apariyah itu sering membenamkan diri dalam tulisan-tulisan. Bahkan, ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam. Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Kemudian, ketika duduk di SMA, ia memilih jurusan Sastra dan kemudian melanjutkan pendidikan di fakultas Sastra UGM. |
Hal yang menarik dalam kutipan biografi tersebut adalah ….
A. Pria kelahiran Solo ini, mengaku tak pernah berencana menjadi penyair
B. Ia memilih jurusan Sastra dan melanjutkan pendidikan di fakultas Sastra UGM.
C. Sejak masih belia sering membenamkan diri dalam berbagai tulisan.
D. Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih SMAP.
E. Ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam.
E
25. Bacalah teks biografi berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu Rai. Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada tahun 1925. |
Isi penggalan biografi tersebut adalah … .
A. riwayat pribadi tokoh
B. pendidikan tokoh
C. kehidupan orang tua tokoh
D. karakter tokoh
E. cita-cita tokoh
A
26. Keistimewaan tokoh yang disampaikan dalam biografi tersebut adalah bahwa tokoh itu …
A. keturunan bangsawan
B. termasuk orang pandai
C. akan mampu menjadi pemimpin
D. menjadi seorang insinyur
E. anak priyayi, guru dan bangsawan
B
27. Perhatikan biografi berikut ini!
|
Masalah yang dialami Kang Atun dalam biografi tersebut adalah …
A. Ia terlahir dari keluarga penyair
B. Ramadhan K.H. pernah terpikat perempuan lain dan menceraikan istrinya
C. Orang tuanya bercerai ketika ia masih balita
D. Sejak kecil ia menderita kanker prostat
E. Ia terlahir dengan sepuluh bersaudara
C
28. Hal yang bisa diteladani dari tokoh dalam biografi tersebut adalah …
A. Ayahnya adalah seorang patih Kabupaten Bandung
B. Ia memiliki kakak yang juga seorang penyair dan novelis
C. Ia hanya mampu menulis biografi
D. Menjadikan masa lalunya menjadi pengalaman yang berharga
E. Ia hanya akrab bergaul dengan kaum perempuan
D
29. Bacalah nukilan biografi berikut ini!
|
Ungkapan bermulut besar dalam kalimat di atas adalah …
A. orang yang gemar mengejek lawannya
B. orang yang gemar membentak lawannya
C. orang yang gemar membuka mulutnya lebar-lebar
D. orang yang gemar memukul mulut lawannya
E. orang yang gemar diwawancarai
A
30. Bacalah penggalan biografi di bawah ini dengan saksama!
|
Hal yang menarik dari biografi di atas adalah ...
A. H.B. Jassin mendapat gelar doktor honoris causa.
B. H.B. Jassin mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.
C. Ia memberikan teladan kepada para mahasiswa untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi mahasiswa dan mahaguru sekaligus.
D. Ia mengajarkan mata kuliah sastra modern.
E. Ia tidak menguasai mata kuliah sastra lama.
C
31. Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah …
A. Mengapa H.B. Jassin memilih kuliah di UI?
B. Bagaimana riwayat pendidikan dasar H.B. Jassin?
C. Bahasa asing apa saja yang dia ajarkan?
D. Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI?
E. Kapan H.B. Jassin memperoleh gelar dokter?
d
32. Bacalah penggalan riwayat hidup tokoh berikut ini!
|
Teks di atas menjelaskan tentang ....
A. kelahiran Albert Einstein
B. ciri-ciri fisik Albert Einstein
C. Albert Einstein terlambat bicara
D. sisi lain dari nama Albert Einstein
E. tanggal dan tahun kelahiran Albert Einstein
A
33. Bacalah penggalan biografi berikut!
|
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ...
A. Banyak hal diteladani dari kehidupan tokoh dunia.
B. Untuk menjadi tokoh ternama harus bekerja dengan keras.
C. Para tokoh ternama menjalani hidupnya dengan sederhana.
D. Tokoh ternama telah mendarmakan baktinya bagi kehidupan manusia.
E. Keberhasilan hanya dapat tercapai dengan bekerja keras.
C
34. Bacalah penggalan riwayat hidup tokoh berikut ini!
|
Kutipan biografi di atas menonjolkan unsur ....
A. biodata tokoh
B. keluarga tokoh
C. keunikan tokoh
D. pekerjaan tokoh
E. pendidikan tokoh
A
35. Bacalah biografi tokoh berikut!
|
Hal menarik dari penggalan biografi di atas adalah ...
A. Bob Sadino mendirikan usaha dari bawah.
B. Bob Sadino merupakan enterpreuner sukses.
C. Bob Sadino pemilik Kem Chicks supermarket.
D. Bob Sadino merupakan mantan karyawan unilever.
E. Bob sadino, pengusaha yang selalu berpakaian “dinas” santai.
E
36. Bacalah puisi di bawah ini!
|
Puisi tersebut menggunakan rima …
A. Rima sejajar berpola; a-a-a-a
B. Rima kembar berpola : a-a-b-b
C. Rima berpeluk berpola a-b-b-a
D. Rima bersilang abab
E. Aliterasi
A
37. Bacalah puisi di bawah ini!
|
Puisi tersebut menggunakan rima …
A. Rima sejajar berpola; a-a-a-a
B. Rima kembar berpola : a-a-b-b
C. Rima berpeluk berpola a-b-b-a
D. Rima bersilang abab
E. Aliterasi
B
38. Bacalah puisi di bawah ini!
|
Puisi tersebut menggunakan rima …
A. Rima sejajar berpola; a-a-a-a
B. Rima kembar berpola : a-a-b-b
C. Rima berpeluk berpola a-b-b-a
D. Rima bersilang abab
E. Aliterasi
C
39. Bacalah puisi di bawah ini!
|
Puisi tersebut menggunakan rima …
A. Rima sejajar berpola; a-a-a-a
B. Rima kembar berpola : a-a-b-b
C. Rima berpeluk berpola a-b-b-a
D. Rima bersilang a-b-a-b
E. Aliterasi
D
40. Bacalah puisi berikut dengan cermat!
Sebab Dikau
Kasihkan hidup sebab dikau
Segala kuntum mengoyak kepak
Membunga cinta dalam hatiku
Mewangi sari dalam jantungku
Hidup seperti mimpi
Laku lakon di layar terkelar
Aku pemimpi lagi penari
Sadar siuman bertukar-tukar
Maka merupa di datar layar
Wayang warna menayang rasa
Kalbu rindu turun mengikuti
Dua sukma esa-mesra
Aku boneka engkau boneka
Penghibur dalang mengatur tembang
Dilayar kembang bertukar pandang
Hanya selagu, sepanjang dendang
Golek gemilang ditukarnya pula
Aku engkau di kotak terletak
Aku boneka engkau boneka
Penyenang dalang pengarak sajak
Amir Hamzah
Makna kias dari kata aku engkau di kotak terletak dalam puisi tersebut adalah....
A. perjuangan hidup
B. akhir kehidupan
C. awal kehidupan
D. kesia-siaan hidup
E. keinginan hidup
B
41. Makna lambang dari kata kuntum pada puisi tersebut adalah....
A. Cinta
B. Putus asa
C. Kehidupan
D. Harapan
E. Perpisahan
D
42. Maksud majas simile hidup seperti mimpi dalam puisi tersebut adalah....
A. Hidup hanya sebentar
B. Hidup hanya semalam
C. Hidup dalam khayalan
D. Hidup adalah kenyataan yang harus dihadapi.
E. Hidup harus penuh dengan impian dan harapan.
A
43. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!
|
Puisi tersebut menggunakan citraan …
A. Penglihatan
B. Pendengaran
C. Perabaan
D. Penciuman
E. Pencecapan.
A
44. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!
|
Puisi tersebut menggunakan citraan …
A. Penglihatan
B. Pendengaran
C. Perabaan
D. Penciuman
E. Pencecapan.
D
45. Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!
|
Puisi tersebut menggunakan citraan …
A. Penglihatan
B. Pendengaran
C. Perabaan
D. Penciuman
E. Pencecapan.
E
46. Bacalah puisi di bawah ini secara saksama!
Doa
(Amir Hamzah)
Dengan apakah kubandingkan pertemuan kita, kekasihku?
Dengan senja samar sepoi, pada masa purnama
meningkat naik. setelah menghalaukan panas payah terik
Angin malam menghembus lemah, menyejuk badan
melambung rasa menayang pikir, membawa angan ke bawah kursimu
Hatiku terang menerima kasihmu, bagai bintang memasang lilinnya
Kalbuku terbuka menunggu kasihmu, bagai sedap malam menyirak kelopak
Aduh, kekasihku, isi hatiku dengan katamu
penuhi dadaku dengan cayamu, biar bersinar
mataku sendu biar berbinar gelakku rayu!
Tema puisi tersebut adalah ...
A. Protes sosial
B. Humanisme
C. Religius
D. Kritik sosial
E. Kisah cinta lelaki dengan wanita pujaan hatinya
C
47. Cermatilah puisi berikut!
Dengan bapak jangan durhaka Supaya Allah tidak murka Dengan ibu hendaklah hormat Supaya badan dapat selamat |
Maksud kutipan puisi tersebut adalah ....
- Seseorang akan bahagia hidupnya bila patuh dan berbakti kepada orang tua.
- Allah akan memurkai seseorang yang durhaka kepada bapaknya.
- Kesuksesan seseorang sering dikaitkan dengan kepatuhan kepada ibunya.
- Seseorang yang sukses hidupnya akan selalu memuliakan kedua orang tua.
- Seseorang akan selamat dan disayang Tuhan bila menghargai ibunya.
A
48. Cermatilah kutipan puisi berikut dengan saksama!
… Rambutnya indah sepanjang khatulistiwa membujur Rambutnya hitam terbantum ombak Gelung-bergelung berkilauan mandi sinar matahari |
Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi penggalan puisi tersebut adalah … .
A. Gadis cantik tengah tidur mendengkur
B. Seorang puteri cantik sedang melamun
C. Perempuan muda terlelap tidur
D. Bunga kampung telah tidur
E. Wanita sedang tidur nyenyak sekali.
D
49. Perhatikan kutipan puisi berikut dengan baik!
Sajak Sebatang Lisong W.S. Rendra …. Dan di langi para teknokrat berkata: Bahwa bangsa kita adalah malas Bahwa bangsa mesti dibangun Mesti diup-grade Disesuaikan dengan teknologi yang diimpor
Gunung-gunung menjulang …. Dan aku melihat Protes-protes yang terpendam Terimpit di bawah tilam …. |
Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf kedua kalimat kedua adalah ….
A. Langit pesta warna di dalam senjakala
B. Langit pesta warna di dalam horison
C. Langit pesta warna di dalam alam raya
D. Langit pesta warna di dalam semesta
E. Langit pesta warna di hati sang pemuja
A
50. Bacalah penggalan puisi di bawah ini dengan saksama!
|
Kalimat kritik yang paling tepat untuk mengulas puisi tersebut adalah...
A. Untuk memahami makna puisi ini harus memahami pola berpikir penyair.
B. Puisi ini kaya dengan imaginasi karena bulan Juni bukan musim penghujan.
C. Bait-bait yang digunakan dalam puisi ini menunjukkan penyair masih terikat dengan syarat puisi lama
D. Persoalan hujan merupakan masalah yang masih sangat sederhana.
E. Penyair tidak mementingankan rima namun mementingkan imaginasi.
C
d
Sebab Dikau
Kasihkan hidup sebab dikau
Segala kuntum mengoyak kepak
Membunga cinta dalam hatiku
Mewangi sari dalam jantungku
Hidup seperti mimpi
Laku lakon di layar terkelar
Aku pemimpi lagi penari
Sadar siuman bertukar-tukar
Maka merupa di datar layar
Wayang warna menayang rasa
Kalbu rindu turun mengikuti
Dua sukma esa-mesra
Aku boneka engkau boneka
Penghibur dalang mengatur tembang
Dilayar kembang bertukar pandang
Hanya selagu, sepanjang dendang
Golek gemilang ditukarnya pula
Aku engkau di kotak terletak
Aku boneka engkau boneka
Penyenang dalang pengarak sajak
Amir Hamzah
119. Tema puisi tersebut adalah..
A. ketuhanan
B. kemesraan
C. kehidupan
D. kemanusiaan
E. kemasyarakatan
A
120. Amanat yang terkandung dalam puisi tersebut adalah...
A. Jika mencintai seseorang, cintailah dengan ketulusan.
B. Hidup hanya sebuah permainan, jadi mainkan peranan itu sebaik-baiknya.
C. Hidup hanya sebuah lakon seperti boneka maka berserahlah pada Tuhan sebagai dalangnya.
D. Kehidupan dan kematian pasti akan dialami oleh manusia, jadi harus mengisi hidup ini dengan sebaiknya.
E. Kehidupan kadang tidak ubahnya seperti boneka yang diatur oleh dalang
C
121. Nilai yang terkandung dalam puisi tersebut adalah....
A. budaya
B. moral
C. relegi
D. pendidikan
E. sosial
C
122. Makna kias dari kata aku engkau di kotak terletak dalam puisi tersebut adalah....
F. perjuangan hidup
G. akhir kehidupan
H. awal kehidupan
I. kesia-siaan hidup
J. keinginan hidup
B
123. Makna lambang dari kata kuntum pada puisi tersebut adalah....
F. Cinta
G. Putus asa
H. Kehidupan
I. Harapan
J. Perpisahan
D
124. Maksud majas simile hidup seperti mimpi dalam puisi tersebut adalah....
F. Hidup hanya sebentar
G. Hidup hanya semalam
H. Hidup dalam khayalan
I. Hidup adalah kenyataan yang harus dihadapi.
J. Hidup harus penuh dengan impian dan harapan.
A
KAMPUNG
Kalau aku pergi ke luar negeri, dik
Karena hawa di sini sudah pengap oleh
Pikiran-pikiran beku
Hidup di negeri ini seperti di dalam kampung
Di mana setiap orang ingin bikin peraturan
Mengenai lalu lintas di gang, jaga malam
Dan daftar diri di kemantren
...
111. Makna kata pikiran-pikiran beku dalam kutipan puisi tersebut adalah ...
A. peraturan yang ketat
B. orang-orang yang pola pikirnya tidak berkembang
C. orang-orang yang merusak lingkungan hidup
D. orang-orang yang tidak menjaga lingkungan
E. orang-orang kampung yang enggan bepergian
b
112. Puisi tersebut mengungkapkan …
A. Orang yang bertahan di kampung halamannya
B. Orang yang mencintai tanah airnya
C. Orang yang tidak betah menghadapi lingkungannya
D. Orang yang mengutuk penduduk kampung
E. Orang yang tidak suka bepergian
c
Menanti Esok
Aku relakan hari kemarin
Meniti lalu resah dan lelah,
Karena tekadku di dalam batin,
Menanti esok, lega,dan cerah.
Aku biarkan hati merana,
....
Karena hasratku di dalam dada,
Menanti esok, kasih dan lagu,
Tetapi semua hari terbenam dan lalu,
Rinduku habis termakan umur:
Dan esok lewat, satu demi satu
Jauhkan nantiku ke mimpi dan uzur
113. Larik yang tepat untuk melengkapi bait yang rumpang dalam puisi tersebut adalah....
A. Terasa hari semakin panjang
B. Melangkah lalu, bimbang dan kaku
C. Lurus, kaku, membisu, tanpa arah dan tujuan
D. Malam yang semakin kelam tanpa suara terasa nestapa
E. Bulan memerah, langit menghitam, kelam dan pekat.
B
32. Bacalah pantun berikut dengan seksama !
Memakan garam meminum peluh Jangan coba meminum jamu Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh Agar menjadi orang yang berilmu
|
Pantun tersebut berisi ….
A. nasihat
B. sindiran
C. gurauan
D. ejekan
E.curahan isi hati
A
33. Bacalah pantun berikut dengan seksama !
Tak ada guna menebang semak belukar Kalau tidak sampai tangkai …. Kalau moral tidak dipakai
|
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
A. Mari kita mencari damai
B. Tak ada guna disebut pintar
C. Janganlah berkata benar
D. Lebih baik kita bersabar
E. Janganlah suka bercerai berai.
B
34. Bacalah pantun berikut dengan seksama!
Besar awak besar badan Tak berani tak melawan Walau penampilan preman Yang penting hati beriman |
Pantun tersebut bertemakan ….
A. kepahlawanan
B. keagamaan
C. kejenakaan
D. pelipur lara
E. adat istiadat
B
35. Maksud larik pertama puisi tersebut adalah ….
A. puncak suatu perjuangan
B. puncak peristiwa yang terjadi
C. puncak suatu prestasi
D. perjalanan generasi muda
E. kenang-kenangan generasi muda
C
36. Makna kata puncak gunung fantasi dalam puisi tersebut melambangkan ...
A. kebanggaan
B. perjuangan
C. kesombongan
D. kemegahan
E. kebahagiaan
A
37. Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut ….
A. bingung
B. khawatir
C. bangga
D. gembira
E. semangat
E
E
Perhatikan puisi berikut dengan seksama untuk mengerjakan soal no. 38-40!
Senja di Pelabuhan Kecil
Ini kali tidak ada yang mencari cinta Di antara gudang, rumah tua, pada cerita tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang menyinggung muram, desir hari lari berenang menemu bujuk pangkal pangkal akanan. tidak bergerak dan kini tanah dan air tidur hilang ombak. Tiada lagi. Aku sendiri.berjalan Menyisir semenanjung, masih pengap harap Sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan Dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap
Chairil Anwar |
38. Puisi tersebut jika dibacakan ,dengan perasaan …..
A. sedih
B. gembira
C. marah
D. kesal
E. kasih
A
39. Imaji yang terdapat pada baris pertama hingga ketiga dalam kutipan puisi tersebut adalah ….
A. pendengaran
B. penglihatan
C. perasaan
D. penciuman
E. pengecapan
B
40 Majas yang terdapat dalam larik dan kini tanah dan air tidur hilang ombak adalah ….
A. paradoks
B. personifikasi
C. metafora
D. litotes
E. hiperbola
B
1. Cermatilah kutipan puisi berikut dengan saksama!
… Rambutnya indah sepanjang khatulistiwa membujur Rambutnya hitam terbantum ombak Gelung-bergelung berkilauan mandi sinar matahari |
Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi penggalan puisi tersebut adalah … .
F. Gadis cantik tengah tidur mendengkur
G. Seorang puteri cantik sedang melamun
H. Perempuan muda terlelap tidur
I. Bunga kampung telah tidur
J. Wanita molek sedang tidur nyenyak
D
- Perhatikan penggalan pantun berikut!
Galau hati buatku sesak Melihat dirimu yang sendiri … Manusia juga yang merugi |
Larik pantun yang tepat untuk mengisi bagian yan rumpang tersebut adalah … .
A. Bangau di sawah mulai punah
B. Ibu berani dengan bapak
C. Kalau bumi ini rusak
D. Anak tak berbakti pada emak
E. Dinaikkannya harga minyak
C
1. Perhatikan kutipan puisi berikut dengan baik!
Sajak Sebatang Lisong W.S. Rendra …. Dan di langi para teknokrat berkata: Bahwa bangsa kita adalah malas Bahwa bangsa mesti dibangun Mesti diup-grade Disesuaikan dengan teknologi yang diimpor
Gunung-gunung menjulang …. Dan aku melihat Protes-protes yang terpendam Terimpit di bawah tilam …. |
Ungkapan yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf kedua kalimat kedua adalah ….
F. Langit pesta warna di dalam senjakala
G. Langit pesta warna di dalam horison
H. Langit pesta warna di dalam alam raya
I. Langit pesta warna di dalam semesta
J. Langit pesta warna di hati sang pemuja
A
2. Cermati kutipan pantun berikut!
Ambil kawat terus pilinkan Kawat nan dari Inderagiri Walaupun surat hamba kirimkan …. |
Larik yang tepat untuk mengisi bagian rumpang kutipan pantun tersebut adalah ….
A. Seperti badan datangnya sendiri
B. Seperti badan datang berdiri sendiri
C. Seperti badan datang sendirian
D. Seperti badan datang menyendiri
E. Seperti badan datang sendiri
E
Bacalah puisi berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor dan !
PERTEMUAN
Meniti tasbih Malam pelan-pelan Dan burung pedasih Menggaris gelap di kejauhan Kemudian adalah pesona Wajah-Nya tersandar ke kaca jendela Memandang kita, memandang kita lama-lama ….
|
3. Makna lambang “kaca jendela” adalah ….
A. Sesuatu yang mengerikan
B. Sesuatu yang menyenangkan
C. Sesuatu hal yang menakutkan
D. Mengharapkan sesuatu
E. Berserah diri kepada Tuhan
E
4. Maksud isi puisi tersebut adalah ….
A. Manusia yang dititipkan ke bumi dan masuk surga.
B. Manusia yang ingin bertemu Tuhannya melalui berzikir.
C. Tuhan memandang manusia yang baik-baik.
D. Manusia yang selalu bertasbih pada malam hari.
E. Manusia yang menyandarkan diri di kaca jendela.
B
5. Perhatikan penggalan puisi berikut!
Naik andong pergi ke Karangkates Di tengah jalan perampok mengejar Jika kamu ingin jadi orang sukses Hendaklah tiada hari tanpa belajar |
Maksud puisi tersebut adalah ….
A. Kita harus hati-hati jika bepergian
B. Belajar adalah kunci kesuksesan
C. Kita harus belajar yang rajin
D. Kesuksesan perlu diperjuangkan
E. Orang sukses harus gigih dan tekun
B
6. Cermatilah puisi berikut!
Dengan bapak jangan durhaka Supaya Allah tidak murka Dengan ibu hendaklah hormat Supaya badan dapat selamat |
Maksud kutipan puisi tersebut adalah ....
- Seseorang akan bahagia hidupnya bila patuh dan berbakti kepada orang tua.
- Allah akan memurkai seseorang yang durhaka kepada bapaknya.
- Kesuksesan seseorang sering dikaitkan dengan kepatuhan kepada ibunya.
- Seseorang yang sukses hidupnya akan selalu memuliakan kedua orang tua.
- Seseorang akan selamat dan disayang Tuhan bila menghargai ibunya.
A
1. Bacalah teks di bawah ini!
|
Menurut informasi di atas, syarat negosiasi yang harus dipenuhi gadis itu untuk dapat memarkirkan sepeda motornya adalah ....
a. Membayar denda dua kali lipat.
b. Memberikan KTP sebagai jaminan dan membayar denda dua kali lipat.
c. Memberikan KTP sebagai jaminan.
d. Menandatangani surat denda.
e. Memarkir sepeda motor di luar mal.
B
2. Cermatilah teks berikut!
|
Berdasarkan cerita tersebut, negosiator seharusnya ...
a. mengucapkan salam pembuka.
b. menggunakan kata yang tepat.
c. intonasi suara harus jelas
d. berbicara secara santun.
e. memperhatikan giliran berbicara.
B
3. Cermatilah teks berikut!
|
Berdasarkan percakapan negosiasi tersebut, yang dilakukan Mukidi adalah ...
a. menyampaikan pendapat disertai dengan bukti atau fakta.
b. menghindari tuturan yang mengandung ejekan atau sindiran.
c. menyampaikan pendapat dengan bahasa yang santun.
d. menyampaikan pendapat secara berbelit-belit.
e. menyampaikan pendapat tanpa mempedulikan pendapat lain.
A
4. Kalimat-kalimat berikut tidak mengandung santun dalam bernegosiasi ...
a. Berdasarkan bukti-bukti yang telah Saudara kemukakan, saya dapat menarik kesimpulan sebagai berikut.
b. Mohon pertanyaan Saudara dipersingkat, mengingat waktu yang sangat terbatas.
c. Pendapat Anda sebenarnya baik, tetapi sebaiknya ditinjau ulang.
d. Saya anjurkan agar negosiasi ini segera diakhiri karena tidak ada gunanya.
e. Jika tidak salah pemahaman saya, kita sekarang tidak membahas masalah itu.
D
Bacalah teks di bawah ini
soal untuk nomor 6 – 8 !
|
5. Kalimat simpulan dari teks negosiasi di atas ialah ....
a. Tugas projek naskah drama Elen tertinggal di rumah.
b. Bapak guru memberi nilai 0 bagi siswa yang tidak mengumpulkan tugas projek hari ini.
c. Elen meminta orang tuanya untuk mengantarkan tugas projek ke sekolah.
d. Elen akan memberikan tugas projek bapak guru sebelum pukul 12.00.
e.
Elen meminta izin untuk menghubungi mamanya.
D
6. Penulisan judul teks negosiasi di atas salah, yang benar adalah ….
a. Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1.
b. Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia Di Kelas X IPA 1
c. Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1
d. Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1
e. Suasana Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X IPA 1
E
7. Negosiasi dapat dilakukan menggunakan bahasa persuasif. Bahasa persuasif adalah bahasa yang digunakan untuk…
a. Bertanya
b. Menjawab
c. Meminta
d. Menerima
e. Membujuk
E
8. Cermatilah teks berikut ini!
|
Negosiasi tersebut termasuk dalam negosiasi ...
a. kolaborasi
b. dominasi
c. akomodasi
d. menghindari konflik
e. kesamaan.
A
9. Berikut ini yang bukan merupakan trik dalam bernegosiasi adalah ...
a. mengambil kesimpulan secara tepat.
b. melakukan kontak mata dengan lawan negosiasi.
c. berbicara secara santun kepada lawan negosiasi.
d. negosiator mengambil kesimpulan secara tepat.
e. negosiator terus-menerus memuji lawan negosiasi.
E
10. Bacalah kutipan teks negosiasi berikut ini!
“Baik, Pak. Terima Kasih. Boleh saya keluar?”
kalimat tersebut merupakan struktur negosiasi bagian dari....
a. Orientasi
b. Penutup
c. Isi
d. Persetujuan
e. Persuasif
B
11. Bacalah nukilan teks negosiasi berikut ini!
|
Unsur apa yang paling dominan dari penggalan teks negosiasi tersebut…
a. Persetujuan
b. Penawaran
c. Pemenuhan
d. Penutup
e. Pembelian
B
12. Bacalah penggalan teks negosiasi berikut ini!
|
Struktur negosiasi bagian apa yang mewakili dialog di atas
a. Pembelian
b. Persetujuan
c. Penutup
d. Penawaran
e. Pemenuhan
C
13. Orang yang bertindak memandu dan menengahi pembicaraan dalam debat disebut ...
a. Juri
b. Pencatat waktu
c. Tim afirmasi
d. Tim oposisi.
e. Moderator
E
14. Perhatikan materi debat berikut ini!
Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri, kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi, kalau benar-benar kita mau berdisiplin, kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah, kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan meningkatkan teknologi bangsa kita. Untuk apa rekan-rekan? Untuk kejayaan bangsa kita pada masa yang akan datang. Mari kita buktikan itu! |
Kalimat persuasif teks di atas adalah ….
F. Untuk kejayaan bangsa kita mendatang. Mari kita buktikan itu!
G. Kalau benar-benar kita bertekad ingin meningkatkan diri
H. Kalau benar-benar berupaya menguasai ilmu dan teknologi
I. Kalau benar-benar kita mempunyai semangat pantang menyerah
J. Kita pasti dapat menjadi manusia berkualitas dan berteknologi tinggi.
A
15. Simaklah teks di bawah ini secara saksama!
Seorang pendaki tebing memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain: ia harus kuat, penuh perhitungan, belajar dari pengalaman, hati-hati, pantang menyerah, dan disiplin. Hal ini sama dengan seseorang yang sedang belajar untuk meraih cita-cita. Cita-cita akan tercapai jika seseorang tersebut memiliki persyaratan yang hampir sama seperti seseorang yang sedang mendaki tebing. |
Apabila permasalahan tersebut disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...
A. Jadi, seorang pendaki gunung dan pelajar mempunyai persyaratan yang hamper sama.
B. Jadi, syarat orang yang ingin sukses dengan pendaki gunung dapat dipastikan hamper sama.
C. Jadi, persyaratan sukses seorang pelajar yang ingin meraih cita-cita; sama dengan seorang pendaki tebing.
D. Jadi, keduanya harus memiliki persyaratan yang sama seperti hati-hati, pantang menyerah, dan hati-hati.
E. Jadi, kesuksesan seorang pelajar dan pendaki gunung memiliki kesamaan persyaratan.
C
16. Bacalah nukilan teks debat berikut dengan saksama!
Kecenderungan pada sebagian remaja adalah tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah. Wujud dari kecenderungan tersebut adalah munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan sering menyimpang dari aturan yang berlaku di sekolah. Penyebabnya, karena sejak kecil orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak. Wajarnya, orang tua harus mampu memberikan hukuman pada saat anak memunculkan perilaku yang salah dan memberikan pujian atau hadiah saat anak memunculkan perilaku yang baik atau benar. |
Apa penyebab sebagian remaja tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah?
Jawaban yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah karena …
A. Munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan menyimpang dari aturan.
B. Orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak
C. Orang tua tidak pernah memberikan hukuman kepada anak yang salah.
D. Orang tua tidak pernah memberikan hadiah kepada anak yang baik.
E. Anak yang sering melakukan kesalahan di sekolah orang tua tidak menghukumnya.
B
17. Bacalah secara saksama teks di bawah ini!
|
Kalimat persuasif yang sesuai dengan mosi tersebut terdapat pada kalimat nomor …
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (4) dan (5).
E. (3) dan (4)
D
18. Bacalah nukilan debat di bawah ini dengan saksama!
|
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi nukilan debat di atas adalah …
F. Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.
G. Melalui proses pembangunan pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia seutuhnya.
H. Sebaiknya kita harus membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
I. Atas dasar itulah langkah kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.
J. Marilah kita antisipasi arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.
A
19. Bacalah teks di bawah ini dengan saksama!
|
Kesimpulan paling tepat generalisasi di atas adalah …
a. Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak gunung berapi.
b. Di seluruh Indonesia terdapat gunung berapi yang masih aktif.
c. Wilayah Indonesia kaya gunung berapi yang masih aktif.
d. Di wilayah laut Indonesia pun terdapat gunung berapi.
e. Di Indonesia sering terjadi bencana karena banyak gunung berapi yang aktif.
C
20. Bacalah paragraf berikut!
|
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ...
a. Sebaiknya, pemerintah Cina memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia.
b. Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk menambah modalnya.
c. Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan pemerintah Cina supaya ekonomi Indonesia maju.
d. Pemerintah Indonesia sebaiknya tidak usah mencontoh kebijakan pemerintah Cina.
e. Pengusaha Indonesia bergairah menanamkan modalnya karena perhatian pemerintah begitu besar.
C
21. Bacalah paragraf berikut!
|
Mosi bacaan di atas adalah ....
a. bahasa dapat menimbulkan perang.
b. bahasa dapat menjadikan manusia kreatif.
c. bahasa dapat menciptakan kembali manusia dan kebudayaan.
d. bahasa memiliki kuasa yang ampuh.
e. bahasa sebagai alat komunikasi yang tidak dapat dimanipulasi pemakainya.
E
22. Bacalah nukilan materi debat berikut!
|
Kalimat tanggapan yang tepat sesuai dengan materi debat di atas adalah ...
F. Sebaiknya mengkonsumsi makanan siap saji tidak berlebihan karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.
G. Sebaiknya produk-produk gorengan yang sudah menjadi besar ditinggalkan.
H. Makanan siap saji boleh saja dikonsumsi berlebihan.
I. Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.
J. Ketidakseimbangan gizi makanan siap saji disebabkan kurangnya kandungan sayuran.
A
23. Perhatikan teks di bawah ini!
|
Kesimpulan generalisasi teks di atas adalah ...
F. Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.
G. Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari negara asing.
H. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
I. Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah dari Arab, Jepang, Jerman, Korea.
J. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
C
24. Bacalah teks di bawah ini secara cermat!
|
Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...
F. Jadi, dapat dikatakan bahwa orang tua adalah guru kita.
G. Jadi, dapat dikatakan bahwa para guru adalah orang tua kita di sekolah.
H. Jadi, para guru bukan orang tua kita.
I. Jadi, orang tua selalu mendidik kita seperti guru.
J. Jadi, kita dimarahi guru di sekolah seperti halnya orang tua kita.
B
25. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
|
Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran sebab-akibat maka jawaban yang paling tepat adalah ...
f. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai kering.
g. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dalam.
h. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dangkal.
i. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai berlebihan.
j. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai disedot.
A
26. Bacalah kutipan paragraf sebab akibat berikut dengan baik!
Pendidikan kesenian di sekolah, hingga kini, masih belum mendapatkan perhatian serius. Sekolah-sekolah yang masih menunggu petunjuk di Depdiknas menempatkan kesenian bukan sebagi hal mendesak. …. |
Kalimat akibat untuk mengisi pada bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah….
a. Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah tak terlampau dapat diharapkan.
b. Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah berjalan tanpa arah yang tak jelas.
c. Maka, pendidikan di sekolah keseniannya tak dapat diandalkan warga sekolah.
d. Maka, pendidikan kesenian di sekolah sama sekali tak berjalan dengan wajar.
e. Akibatnya, pendidikan kesenian di sekolah hanya berjalan ala kadarnya.
E
27. Baca nukilan debat di bawah ini!
|
Kalimat simpulan yang paling sesuai untuk nukilan debat di atas adalah …
F. Akan tetapi, kaum wanita selama ini masih dipandang sebagai objek, bukan sebagai subjek.
G. Dengan demikian, bekerja atau tidaknya para wanita di luar rumah tetap berpengaruh terhadap kesejahteraan sebuah keluarga.
H. Meskipun demikian, tidak serta-merta wanita harus ditempatkan sebagai pelaku tunggal dalam segala sesuatu.
I. Untuk itu, pemerintah perlu memperhatikan nasib kaum wanita yang suami mereka terkena PHK.
J. Oleh karena itu, sesuatu bisa terjadi bila wanita tidak diberikan kesempatan dalam menentukan kesejahteraan sebuah keluarga.
D
28. Bacalah nukilan biografi di bawah ini!
|
Klausa nominal dalam kalimat tersebut adalah …
a. Henry, pemain yang besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini
b. pemain yang besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini
c. besar di Arsenal sejak 1999 – 2007 ini
d. Henry yang begitu manis di ajang Premier League
e. pemain yang besar di Arsenal yang begitu manis
B
29. Cermatilah kalimat acak berikut!
|
Urutan kalimat yang benar agar menjadi biografi yang bagus adalah ....
a. (1), (3), (4), (2), (5)
b. (4), (2), (3), (5), (1)
c. (5), (3), (4), (2), (1)
d. (2), (4), (1), (3), (5)
e. (3), (1), (4), (5), (2)
D
30. Bacalah nukilan biografi Arafat berikut secara saksama!
|
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. sudah mengambil, telah menduduki, sudah tiada.
b. tiada mengangkat, telah berdiri, telah merangkul.
c. sudah menyisihkan, selalu mengambil, telah menarik.
d. telah menghabiskan, selalu mengambil, telah meninggalkan.
e. hampir menyumbangkan, telah mengambil, telah tiada.
D
31. Bacalah penggalan biografi di bawah ini dengan saksama!
|
Hal yang menarik dari biografi di atas adalah ...
a. H.B. Jassin mendapat gelar doktor honoris causa.
b. H.B. Jassin mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.
c. Ia memberikan teladan kepada para mahasiswa untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi mahasiswa dan mahaguru sekaligus.
d. Ia mengajarkan mata kuliah sastra modern.
e. Ia tidak menguasai mata kuliah sastra lama.
C
32. Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah …
a. Mengapa H.B. Jassin memilih kuliah di UI?
b. Bagaimana riwayat pendidikan dasar H.B. Jassin?
c. Bahasa asing apa saja yang dia ajarkan?
d. Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI?
e. Kapan H.B. Jassin memperoleh gelar dokter?
D
33. Perhatikan biografi berikut ini!
|
Masalah yang dialami Kang Atun dalam biografi tersebut adalah …
a. Ia terlahir dari keluarga penyair
b. Ramadhan K.H. pernah terpikat perempuan lain dan menceraikan istrinya
c. Orang tuanya bercerai ketika ia masih balita
d. Sejak kecil ia menderita kanker prostat
e. Ia terlahir dengan sepuluh bersaudara
C
34. Hal yang bisa diteladani dari tokoh dalam biografi tersebut adalah …
a. Ayahnya adalah seorang patih Kabupaten Bandung
b. Ia memiliki kakak yang juga seorang penyair dan novelis
c. Ia hanya mampu menulis biografi
d. Menjadikan masa lalunya menjadi pengalaman yang berharga
e. Ia hanya akrab bergaul dengan kaum perempuan
D
35. Bacalah penggalan biografi tokoh berikut ini!
|
Teks di atas menjelaskan tentang ....
a. kelahiran Albert Einstein.
b. ciri-ciri fisik Albert Einstein.
c. Albert Einstein terlambat bicara.
d. sisi lain dari nama Albert Einstein.
e. tanggal dan tahun kelahiran Albert Einstein
A
36. Bacalah penggalan teks biografi berikut!
|
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ...
a. Banyak hal diteladani dari kehidupan tokoh dunia.
b. Untuk menjadi tokoh ternama harus bekerja dengan keras.
c. Para tokoh ternama menjalani hidupnya dengan sederhana.
d. Tokoh ternama telah mendarmakan baktinya bagi kehidupan manusia.
e. Keberhasilan hanya dapat tercapai dengan bekerja keras.
C
37. Bacalah biografi tokoh berikut!
|
Hal menarik dari penggalan biografi di atas adalah ...
a. Bob Sadino mendirikan usaha dari bawah.
b. Bob Sadino merupakan enterpreuner sukses.
c. Bob Sadino pemilik Kem Chicks supermarket.
d. Bob Sadino merupakan mantan karyawan unilever.
e. Bob sadino, pengusaha yang selalu berpakaian “dinas” santai.
E
Kunci
1 |
C |
11 |
A |
21 |
A |
31 |
B |
2 |
B |
12 |
E |
22 |
C |
32 |
D |
3 |
B |
13 |
B |
23 |
C |
33 |
D |
4 |
A |
14 |
B |
24 |
E |
34 |
C |
5 |
D |
15 |
C |
25 |
A |
35 |
D |
6 |
D |
16 |
E |
26 |
C |
36 |
C |
7 |
E |
17 |
A |
27 |
B |
37 |
D |
8 |
E |
18 |
C |
28 |
A |
38 |
A |
9 |
E |
19 |
B |
29 |
E |
39 |
C |
10 |
B |
20 |
D |
30 |
D |
40 |
E |
No comments:
Post a Comment